
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif |
8710303087 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
2 |
8 Januari 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Raya Sulistyowati, S.Pd., M.Pd.
|
Prof.Dr. Waspodo Tjipto Subroto, M.Pd.
|
Dwi Yuli Rakhmawati, S.Si., M.Si., Ph.D. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Menguasai teori ekonomi yang diperlukan untuk mengembangkan pembelajaran ekonomi yang logis, kritis, dan inovatif dengan mengedepankan nilai-nilai budaya lokal dan nasional |
PLO-6 |
Menguasai teori perencanaan, strategi, dan asesmen serta pengelolaan kelas sehingga mampu mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi yang inovatif, efektif, dan sesuai perkembangan IPTEKS |
PLO-7 |
Menguasai metodologi penelitian untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di bidang pendidikan ekonomi melalui riset atau karya inovatif yang teruji dengan pendekatan inter atau multidisiplin dengan penuh tanggung jawab sesuai kaidah dan etika ilmiah |
PLO-8 |
Menguasai teori manajerial dan mengembangkannya dengan didukung oleh soft competency dalam bisang pendidikan ekonomi dengan penuh tanggung jawab serta menjunjung nilai-nilai budaya lokal dan nasional |
PLO-9 |
Mampu merencanakan dan mengimplementasikan pembelajaran ekonomi secara inovatif dengan pendekatan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) sesuai etika profesi dengan penuh tanggungjawab |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
CPMK1 Mahasiswa memahami metode dan strategi pengembangan mindset serta perilaku entrepreneur, soft skills, kreativitas, serta strategi integrasi dan implementasi dalam pembelajaran
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mengkaji tentang konsep kewirausahaan, pengembangan softskills, menyusun bussiness plan dan aplikasinya dalam pembelajaran
kewirausahaan. Meliputi penanaman dan pengembangan mindset serta perilaku entrepreneur. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Joshua C. Hall, Russel S. Sobel. 2006. Public policy and enterpreneurship. School of business
- Alberta Charmey.,Gary D. Libecap. 1998. impact of enterpreneurship education. a kauffman research series
- Langdon Morris. 2007. Creating the innovation culture. Genuines, champions and leaders
- Zimmerrer W. Thomas, Scarborough. M. Norman. 2009. Essential of entrepreneurship and small business management. Pearson Education
- Moore, Petty, Palich, Longenecker. 2008. Managing small business, an entrepreneurial emphasis. South Western: Chengage Learning
- Berry. Barnet, Byard.Ann, Wieder.Alan., 2013. Teacherpreneurs, Innovative teachers who lead but don’t leave. Jossey-Bass, A wiley Brand
- Bygrave W., Andrew Z., 2011. Entrepreneurship, second Ed. John Wiley & Sons, Inc
|
Pendukung : |
|
- Hariyati. 2020. PKM KECE Unesa Disinfectant untuk Memberantas Covid 19 (PKM Penugasan Kebijakan Strategi Universitas PNBP 2020)
|
Dosen Pengampu
|
HARTI Prof. Dr. Susanti, S.Pd., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menganalisis strategi pengembangan lembaga pendidikan berwawasan kewirausahaan |
- 1. Pemahaman mahasiswa dan ketajaman berpikir mahasiswa dalam mengenali strategi lembaga pendidikan yang berwawasan kewirausahaan
- 2. Kemampuan menganalisis strategi yang dapat diterapkan lembaga pendidikan yang berorientasi kewirausahaan
|
Kriteria:
non test: mengidentifikasi dan menganalisis strategi pengembangan lembaga pendidikan berwawasan kewirausahaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penugasan, membaca
literatur, dan
mengkritisi penjelasan
tentang strategi
pengembangan
lembaga pendidikan
berwawasan
kewirausahaan 2x50 |
Penugasan, membaca
literatur, dan
mengkritisi penjelasan
tentang strategi
pengembangan
lembaga pendidikan
berwawasan
kewirausahaan 2x50 |
Materi: 1. lembaga pendidikan 2. Strategi pengelolaan lembaga pendidikan 3. Karakteristik kewirausahaan 4. Strategi pengembangan karakter kewirausahaan Pustaka: Joshua C. Hall, Russel S. Sobel. 2006. Public policy and enterpreneurship. School of business |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa memiliki kemampuan mengidentifikasi dan mengkaji metode- metode pembelajaran kewirausahaan |
- 1. pemahaman mahasiswa dan ketajaman berpikir mahasiswa dalam mengenali metode- metode pembelajaran kewirausahaan
- 2. Kemampuan menganalisis metode-metode pembelajaran kewirausahaan
|
Kriteria:
non test: mengidentifikasi dan mengkaji metode- metode pembelajaran kewirausahaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
penugasan dan diskusi 2x50 |
penugasan dan diskusi 2x50 |
Materi: 1. Macam-macam metode dan strategi pembelajaran 2. Mengenal softskill dan hardskill 3. Psikologi belajar 4. Metode pembelajaran kewirausahaan Pustaka: Alberta Charmey.,Gary D. Libecap. 1998. impact of enterpreneurship education. a kauffman research series |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa memiliki kemampuan mengidentifikasi dan menganalisis strategi dan faktorfaktor yang mempengaruhi pembentukan minat berwirausaha |
- 1. Pemahaman mahasiswa dan ketajaman berpikir mahasiswa dalam mengenali strategi pembentukan minat berwirausaha
- 2. Kemampuan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha
|
Kriteria:
non test: mengidentifikasi dan menganalisis strategi dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan minat berwirausaha Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penugasan, membaca
literatur, dan
mengkritisi penjelasan
tentang strategi dan
faktor-faktor yang
mempengaruhi
pembentukan minat
berwirausaha 2x50 |
Penugasan, membaca
literatur, dan
mengkritisi penjelasan
tentang strategi dan
faktor-faktor yang
mempengaruhi
pembentukan minat
berwirausaha 2x50 |
Materi: 1. Teori minat berwirausaha 2. Identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha 3. Strategi pembentukan minaat berwirausaha Pustaka: Langdon Morris. 2007. Creating the innovation culture. Genuines, champions and leaders |
7% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa memiliki kemampuan mengidentifikasi dan menganalisis peran keluarga dalam pembentukan karakter wirausaha |
- 1. Pemahaman mahasiswa dan ketajaman berpikir mahasiswa dalam mengenali peran keluarga dalam pembentukan karakter wirausaha
- 2. kemampuan menganalisis peran keluarga dalam pembentukan karakter wirausaha
|
Kriteria:
non test: mengidentifikasi dan menganalisis peran keluarga dalam pembentukan karakter wirausaha Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
pendekatan scientfik,
metode Penugasan,
membaca literatur,
dan mengkritisi
penjelasan tentang strategi
pengembangan 2x50 |
pendekatan scientfik,
metode Penugasan,
membaca literatur,
dan mengkritisi
penjelasan tentang strategi
pengembangan 2x50 |
Materi: 1.teori lingkungan pendidikan 2. Peran faktor lingkungan keluarga dalam pembentuka n karakter dan jiwa wirausaha 3.Menganalisis peran dan faktor yang mempengaruhi dalam pembentukan karakter wirausaha Pustaka: Zimmerrer W. Thomas, Scarborough. M. Norman. 2009. Essential of entrepreneurship and small business management. Pearson Education |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa memiliki kemampuan mengidentifikasi dan menganalisis integrasi environment etic dalam pengembangan sikap kewirausahaan |
- 1. pemahaman mahasiswa dan ketajaman berpikir mahasiswa dalam mengenali strategi integrasi environment etic dalam pengembangan sikap kewirausahaan
- 2. Kemampuan menganalisis strategi yang dapat diterapkan lembaga pendidikan dalam integrasi environment etic dalam pengembangan sikap kewirausahaan
|
Kriteria:
non test: mengidentifikasi dan menganalisis integrasi environment etic dalam pengembangan sikap kewirausahaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
pendekatan saintifik,
metode diskusi dan
penugasan 2x50 |
pendekatan saintifik,
metode diskusi dan
penugasan 2x50 |
Materi: 1.pengetahuan keberlanjutan lingkungan dalam pengembang an usaha 2.Faktor ketahanan lingkungan alam dan sumber daya dalam mendukung perekonomian 3. Strategi pembelajaran yang berorientasi pada lingkungan Pustaka: Moore, Petty, Palich, Longenecker. 2008. Managing small business, an entrepreneurial emphasis. South Western: Chengage Learning |
7% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa memiliki kemampuan mengidentifikasi dan menganalisis skill dan atitude development dalam pengembangan sumberdaya manusia abad 21 |
- 1. pemahaman mahasiswa dan ketajaman berpikir mahasiswa dalam mengenali skill dan atitude development dalam pengembangan sumber daya manusia abad 21
- 2. kemampuan menganalisis strategi pembelajaran skill dan atitude development dalam pengembangan sumber daya manusia abad 21
|
Kriteria:
non test: mengidentifikasi dan menganalisis skill dan atitude development dalam pengembangan sumberdaya manusia abad 21 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penugasan, membaca
literatur, dan
mengkritisi penjelasan
tentang skils dan
atitude development
dalam pengembangan
sumberdaya manusia abad 21 2x50 |
Penugasan, membaca
literatur, dan
mengkritisi penjelasan
tentang skils dan
atitude development
dalam pengembangan
sumberdaya manusia abad 21 2x50 |
Materi: 1.skills dan attitude yang diperlukan dalam abad 21 2. Strategi pengembang dan skills dan attitude yang diperlukan dalam abad 21 3. Metode pembelajara n yang relevan untuk pengembang an sikap dan ketrampilan abad 21 Pustaka: Berry. Barnet, Byard.Ann, Wieder.Alan., 2013. Teacherpreneurs, Innovative teachers who lead but don’t leave. Jossey-Bass, A wiley Brand |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa memiliki kemampuan mengidentifikasi dan menganalisis starategi membangun literasi ekonomi dan kewirausahaan |
- 1. pemahaman mahasiswa dan ketajaman berpikir mahasiswa dalam mengenali strategi starategi membangunliterasi ekonomi dan kewirausahaan
- 2. Kemampuan menganalisis strategi membangun literasi dan kewirausahaan yang dapat diterapkan
|
Kriteria:
non test: mengidentifikasi dan menganalisis starategi membangun literasi ekonomi dan kewirausahaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penugasan, membaca
literatur, dan
mengkritisi penjelasan tentang strategi
pengembangan 2x50 |
Penugasan, membaca
literatur, dan
mengkritisi penjelasan tentang strategi
pengembangan 2x50 |
Materi: 1. lembaga pendidikan 2. Strategi membangun literasi ekonomi 3. Strategi membangun kewirausahaan Pustaka: Bygrave W., Andrew Z., 2011. Entrepreneurship, second Ed. John Wiley & Sons, Inc |
3% |
8
Minggu ke 8 |
uts |
uts |
Kriteria:
uts Bentuk Penilaian : Tes |
uts 2x50 |
uts 2x50 |
Materi: - Pustaka: |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa memiliki kemampuan mengidentifikasi dan menganalisis strategi membangun kesuksesan berwawasan kewirausahaan |
- 1. Pemahaman mahasiswa dan ketajaman berpikir mahasiswa dalam mengenali strategi membangun kesuksesan berwawasan kewirausahaan
- 2. Kemampuan menganalisis strategi membangun kesuksesan berwawasan kewirausahaan yang dapat diterapkan lembaga pendidikan
|
Kriteria:
non test: mengidentifikasi dan menganalisis strategi membangun kesuksesan berwawasan kewirausahaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penugasan, membaca
literatur, dan
mengkritisi penjelasan
tentang strategi
membagun
kesuksesan
berwawasan
kewirausahaan 2x50 |
Penugasan, membaca
literatur, dan
mengkritisi penjelasan
tentang strategi
membagun
kesuksesan
berwawasan
kewirausahaan 2x50 |
Materi: 1. Strategi membangun kesuksesan berwawasan kewirausahaan 2. Kriteria kesuksesan 3. Srategi sukses dari pengalaman orang-orang yang berhasil Pustaka: Hariyati. 2020. PKM KECE Unesa Disinfectant untuk Memberantas Covid 19 (PKM Penugasan Kebijakan Strategi Universitas PNBP 2020) |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Kegiatan internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan |
Aktivitas mahasiswa berhubungan dengan masyarakat dudi |
Kriteria:
non test: internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Lapangan 2x50 |
Lapangan 2x50 |
Materi: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan Pustaka: Joshua C. Hall, Russel S. Sobel. 2006. Public policy and enterpreneurship. School of business |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Kegiatan internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan |
Aktivitas mahasiswa berhubungan dengan masyarakat dudi |
Kriteria:
non test: internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Lapangan 2x50 |
Lapangan 2x50 |
Materi: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan Pustaka: Joshua C. Hall, Russel S. Sobel. 2006. Public policy and enterpreneurship. School of business |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Kegiatan internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan |
Aktivitas mahasiswa berhubungan dengan masyarakat dudi |
Kriteria:
non test: internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Lapangan 2x50 |
Lapangan 2x50 |
Materi: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan Pustaka: Joshua C. Hall, Russel S. Sobel. 2006. Public policy and enterpreneurship. School of business |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Kegiatan internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan |
Aktivitas mahasiswa berhubungan dengan masyarakat dudi |
Kriteria:
non test: internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Lapangan 2x50 |
Lapangan 2x50 |
Materi: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan Pustaka: Joshua C. Hall, Russel S. Sobel. 2006. Public policy and enterpreneurship. School of business |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Kegiatan internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan |
Aktivitas mahasiswa berhubungan dengan masyarakat dudi |
Kriteria:
non test: internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Lapangan 2x50 |
Lapangan 2x50 |
Materi: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan Pustaka: Joshua C. Hall, Russel S. Sobel. 2006. Public policy and enterpreneurship. School of business |
3% |
15
Minggu ke 15 |
Kegiatan internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan |
Aktivitas mahasiswa berhubungan dengan masyarakat dudi |
Kriteria:
non test: internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Lapangan 2x50 |
Lapangan 2x50 |
Materi: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan Pustaka: Joshua C. Hall, Russel S. Sobel. 2006. Public policy and enterpreneurship. School of business |
3% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 2x50 |
UAS 2x50 |
Materi: - Pustaka: |
30% |