
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Teknologi Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Proposal Tugas Akhir |
8610302066 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
2 |
11 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. H. Andi Mariono, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-7 |
Mampu mengembangkan pemikiran logis, etis, kritis, sistematis, dan kreatif yang meliputi disain, pengembangan (penciptaan), pengelolaan, pemanfaatan dan evaluasi dalam sistem pendidikan dan pembelajaran dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui perencanaan, proses, evaluasi dan desiminasi berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah. |
PLO-8 |
Mampu menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta melalui kajian sesuai bidang keahliannya untuk menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri |
PLO-9 |
Mampu menyelesaikan permasalahan pendidikan melalui kajian teknologi pendidikan/ pembelajaran secara multidispliner dengan memperhatikan faktor ekonomi, sosial kultural, teknologi informasi |
PLO-12 |
Mampu menguasai pengetahuan tentang teori penerapan program pendidikan dan pelatihan (teknologi kinerja); konsep umum pengembangan kurikulum, pembelajaran, sumber belajar melalui pendekatan multidisipliner, riset dan pengembangan teknologi pendidikan/pembelajaran/ pelatihan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, mendapat pengakuan nasional maupun internasional |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami penelitian dalam kawasan teknologi pendidikan
|
PO - 2 |
Menentukan ide dasar penelitian dalam bidang Teknologi Pendidikan
|
PO - 3 |
Menentukan penelitian pengembangan dalam bidang Teknologi Pendidikan
|
PO - 4 |
Menentukan Penelitian kuantitatif dalam Teknologi Pendidikan
|
PO - 5 |
Menentukan penelitian kualitatif dalam Teknologi Pendidikan
|
PO - 6 |
Menentukan instrumen penelitian yang sesuai dengan jenis penelitian
|
PO - 7 |
Menentukan keterkaitan antara permaslahan, jenis penelitian, desain penelitian, dan teknik analisis data
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-9 | PLO-12 | PO-1 | ✔ | | ✔ | ✔ | | | PO-2 | ✔ | ✔ | | | ✔ | | PO-3 | ✔ | ✔ | | | ✔ | | PO-4 | | ✔ | | | ✔ | | PO-5 | | ✔ | | | ✔ | | PO-6 | | ✔ | ✔ | | | ✔ | PO-7 | | ✔ | | | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Proposal Tugas Akhir pada jenjang S2 program studi Teknologi Pendidikan bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang proposal penelitian yang akan menjadi dasar pelaksanaan tugas akhir. Mahasiswa akan mempelajari langkah-langkah dalam menyusun proposal penelitian, termasuk perumusan masalah, tinjauan pustaka, metode penelitian, dan analisis data. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman konsep-konsep dasar penelitian, teknik pengumpulan data, serta penyusunan proposal yang sesuai dengan standar akademik dan metodologi penelitian yang relevan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York
- Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon
- John W. Creswell. 2013. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, Inc
- Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The systematic design of instruction. Pearso: New York
- Joost Lowyck (auth.), J. Michael Spector, M. David Merrill, Jan Elen, M. J. Bishop. 2017. Handbook of Research on Educational Communications and Technology. Springer-Verlag: New York
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Rusijono, M.Pd. Dr. H. Lamijan Hadi Susarno, M.Pd. Dr. H. Andi Mariono, M.Pd. Prof. Dr. Mustaji, M.Pd. Dr. Hari Sugiharto Setyaedhi, M.Si. Prof. Dr. Bachtiar Sjaiful Bachri, M.Pd. Dr. Fajar Arianto, S.Pd., M.Pd. Dr. Alim Sumarno, M.Pd. Dr. Khusnul Khotimah, S.Pd., M.Pd. Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd. Prof. Dr. Andi Kristanto, S.Pd., M.Pd. Dr. Citra Fitri Kholidya, S.Pd., M.Pd. Dr. Syaiputra Wahyuda Meisa Diningrat, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Memahami bidang garapan teknologi pendidikan
- Mengidentifiasi jenis penelitian pengembangan, pemanfaatan, dan evaluasi
|
ketapatan dalam menentukan penelitian di bidang teknologi pendidikan |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
mengkaji bidang garapan teknologi pendidikan yang terkini dan mengidentifikasi permaslahan bidang teknologi pendidikan melalui hasil penelitian sebelumnya 300 |
Mengkaji kawasan teknologi pendidikan dan bidang garapan untuk menemukan permasalahan penelitian
|
Materi: jenis penelitian Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon |
5% |
2
Minggu ke 2 |
- Memahami bidang garapan teknologi pendidikan
- Mengidentifiasi jenis penelitian pengembangan, pemanfaatan, dan evaluasi
|
ketapatan dalam menentukan penelitian di bidang teknologi pendidikan |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
mengkaji bidang garapan teknologi pendidikan yang terkini dan mengidentifikasi permaslahan bidang teknologi pendidikan melalui hasil penelitian sebelumnya 300 |
|
Materi: jenis penelitian Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon |
0% |
3
Minggu ke 3 |
- Mengidentifikasi tema penelitian sesuai dengan bidang garapan Teknologi Pendidikan
- Mengidentifikasi jenis penelitian pada Teknologi Pendidikan
|
Ketepatan dalam nentukan tema penelitian di bidang teknologi pendidikan |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
|
Menemukan tema penelitian dan jenis penelitian bidang Teknologi Pendidikan melalui mengkaji artikel. 300 |
Materi: jenis penelitian Pustaka: John W. Creswell. 2013. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, Inc |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Mengidentifikasi model-model pengembangan
- Merancang penelitian pengembangan
|
ketepatan dalam menetukan model pengembangan pada bidang teknologi pendidikan |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mengkaji model-model pengembangan untuk mengidentifikasi tahapan pengembangan
Membuat dasar penelitian pengembangan melalui mengkaji permasalahan yang ada 300 |
|
Materi: metode penelitian dan pengembangan Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon Materi: model pengembangan Pustaka: Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The systematic design of instruction. Pearso: New York |
10% |
5
Minggu ke 5 |
- Mengidentifikasi model-model pengembangan
- Merancang penelitian pengembangan
|
ketepatan dalam menetukan model pengembangan pada bidang teknologi pendidikan |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mengkaji model-model pengembangan untuk mengidentifikasi tahapan pengembangan
Membuat dasar penelitian pengembangan melalui mengkaji permasalahan yang ada 100 |
|
Materi: metode penelitian dan pengembangan Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon Materi: model pengembangan Pustaka: Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The systematic design of instruction. Pearso: New York |
10% |
6
Minggu ke 6 |
- Menentukan permasalahan dalam penelitian
- Menentukan Jenis penelitian kuantitatif sesuai dengan permasalahan
- Merancang penelitian kuantitatif sesuai dengan pendekatan saintifik
|
Ketaoatan rancangan penelitian kuantitatif sesuai dengan metode penelitian dan bidang garapan teknologi pendidikan |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mengkaji jenis dan desain penelitian untuk merancang penelitian kuantitatif berdasarkan pada permasalahan 100 |
|
Materi: metode penelitian kuantitatif Pustaka: Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York Materi: bidang garapan teknologi pendidikan Pustaka: Joost Lowyck (auth.), J. Michael Spector, M. David Merrill, Jan Elen, M. J. Bishop. 2017. Handbook of Research on Educational Communications and Technology. Springer-Verlag: New York |
15% |
7
Minggu ke 7 |
- Menentukan permasalahan dalam penelitian
- Menentukan Jenis penelitian kuantitatif sesuai dengan permasalahan
- Merancang penelitian kuantitatif sesuai dengan pendekatan saintifik
|
Ketaoatan rancangan penelitian kuantitatif sesuai dengan metode penelitian dan bidang garapan teknologi pendidikan |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mengkaji jenis dan desain penelitian untuk merancang penelitian kuantitatif berdasarkan pada permasalahan 100 |
|
Materi: metode penelitian kuantitatif Pustaka: Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York Materi: bidang garapan teknologi pendidikan Pustaka: Joost Lowyck (auth.), J. Michael Spector, M. David Merrill, Jan Elen, M. J. Bishop. 2017. Handbook of Research on Educational Communications and Technology. Springer-Verlag: New York |
0% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
|
uts
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
- Menentukan permasalahan dalam penelitian kuantitatif
- menentukan Jenis penelitian kualitatif bidang teknologi pendidikan
- Merancang penelitian kualitatif bidang teknologi pendidikan
|
ketepatan dalam merancang penelitian kualitatif bidang teknologi pendidikan |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Mengkaji jenis dan desain penelitian untuk merancang penelitian kualitatif berdasarkan pada permasalahan
|
Materi: penelitian kualitatif Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon Materi: bidang garapan teknologi pendidikan Pustaka: Joost Lowyck (auth.), J. Michael Spector, M. David Merrill, Jan Elen, M. J. Bishop. 2017. Handbook of Research on Educational Communications and Technology. Springer-Verlag: New York |
15% |
10
Minggu ke 10 |
- Menentukan permasalahan dalam penelitian kuantitatif
- menentukan Jenis penelitian kualitatif bidang teknologi pendidikan
- Merancang penelitian kualitatif bidang teknologi pendidikan
|
ketepatan dalam merancang penelitian kualitatif bidang teknologi pendidikan |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Mengkaji jenis dan desain penelitian untuk merancang penelitian kualitatif berdasarkan pada permasalahan
|
Materi: penelitian kualitatif Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon Materi: bidang garapan teknologi pendidikan Pustaka: Joost Lowyck (auth.), J. Michael Spector, M. David Merrill, Jan Elen, M. J. Bishop. 2017. Handbook of Research on Educational Communications and Technology. Springer-Verlag: New York |
15% |
11
Minggu ke 11 |
- Menentukan Jenis instrumen penelitian
- Menyusun instrumen penelitian sesuai dengan jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian
- Menganalisis hasil validasi intrumen
|
- ketepatan dalam menyusun intrumen penelitian
- ketepatan dalam validasi instrumen penelitian
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Mengkaji jenis instrumen penelitian untuk menghasilkan instumen yang valid
|
Materi: instrumen dan validasi Pustaka: Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York |
10% |
12
Minggu ke 12 |
- Menentukan Jenis instrumen penelitian
- Menyusun instrumen penelitian sesuai dengan jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian
- Menganalisis hasil validasi intrumen
|
- ketepatan dalam menyusun intrumen penelitian
- ketepatan dalam validasi instrumen penelitian
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Mengkaji jenis instrumen penelitian untuk menghasilkan instumen yang valid
|
Materi: instrumen dan validasi Pustaka: Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York |
0% |
13
Minggu ke 13 |
- Menyusun draft penelitian yang sesuai dengan jenis peneltian
- Menentukan desain penelitian berdarakan rumusan yang dibuat
- Menentuka instrumen dan validasinya
- Menentukan teknik analisis data
|
Ketapatan dalam menyusun rancangan penelitian bidang teknologi pendidian yang sesuai dengan metode penelitian |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Mengkaji metode penelitian untuk menghasilkan draft penelitian
|
Materi: metode penelitian Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon Materi: pengembangan Pustaka: Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The systematic design of instruction. Pearso: New York |
15% |
14
Minggu ke 14 |
- Menyusun draft penelitian yang sesuai dengan jenis peneltian
- Menentukan desain penelitian berdarakan rumusan yang dibuat
- Menentuka instrumen dan validasinya
- Menentukan teknik analisis data
|
Ketapatan dalam menyusun rancangan penelitian bidang teknologi pendidian yang sesuai dengan metode penelitian |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Mengkaji metode penelitian untuk menghasilkan draft penelitian
|
Materi: metode penelitian Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon Materi: pengembangan Pustaka: Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The systematic design of instruction. Pearso: New York |
0% |
15
Minggu ke 15 |
- Menyusun draft penelitian yang sesuai dengan jenis peneltian
- Menentukan desain penelitian berdarakan rumusan yang dibuat
- Menentuka instrumen dan validasinya
- Menentukan teknik analisis data
|
Ketapatan dalam menyusun rancangan penelitian bidang teknologi pendidian yang sesuai dengan metode penelitian |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Mengkaji metode penelitian untuk menghasilkan draft penelitian
|
Materi: metode penelitian Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon Materi: pengembangan Pustaka: Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The systematic design of instruction. Pearso: New York |
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
UAS
|
|
|
0% |