Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Teknologi Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Proposal Tugas Akhir

8610302066

T=3

P=0

ECTS=6.72

2

11 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. H. Andi Mariono, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

Mampu mengembangkan pemikiran logis, etis, kritis, sistematis, dan kreatif yang meliputi disain, pengembangan (penciptaan), pengelolaan, pemanfaatan dan evaluasi dalam sistem pendidikan dan pembelajaran dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui perencanaan, proses, evaluasi dan desiminasi berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.

PLO-8

Mampu menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta melalui kajian sesuai bidang keahliannya untuk menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri

PLO-9

Mampu menyelesaikan permasalahan pendidikan melalui kajian teknologi pendidikan/ pembelajaran secara multidispliner dengan memperhatikan faktor ekonomi, sosial kultural, teknologi informasi

PLO-12

Mampu menguasai pengetahuan tentang teori penerapan program pendidikan dan pelatihan (teknologi kinerja); konsep umum pengembangan kurikulum, pembelajaran, sumber belajar melalui pendekatan multidisipliner, riset dan pengembangan teknologi pendidikan/pembelajaran/ pelatihan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, mendapat pengakuan nasional maupun internasional

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami penelitian dalam kawasan teknologi pendidikan

PO - 2

Menentukan ide dasar penelitian dalam bidang Teknologi Pendidikan

PO - 3

Menentukan penelitian pengembangan dalam bidang Teknologi Pendidikan

PO - 4

Menentukan Penelitian kuantitatif dalam Teknologi Pendidikan

PO - 5

Menentukan penelitian kualitatif dalam Teknologi Pendidikan

PO - 6

Menentukan instrumen penelitian yang sesuai dengan jenis penelitian

PO - 7

Menentukan keterkaitan antara permaslahan, jenis penelitian, desain penelitian, dan teknik analisis data

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-7PLO-8PLO-9PLO-12
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4    
PO-5    
PO-6   
PO-7   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Proposal Tugas Akhir pada jenjang S2 program studi Teknologi Pendidikan bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang proposal penelitian yang akan menjadi dasar pelaksanaan tugas akhir. Mahasiswa akan mempelajari langkah-langkah dalam menyusun proposal penelitian, termasuk perumusan masalah, tinjauan pustaka, metode penelitian, dan analisis data. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman konsep-konsep dasar penelitian, teknik pengumpulan data, serta penyusunan proposal yang sesuai dengan standar akademik dan metodologi penelitian yang relevan.

Pustaka

Utama :

  1. Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York
  2. Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon
  3. John W. Creswell. 2013. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, Inc
  4. Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The systematic design of instruction. Pearso: New York
  5. Joost Lowyck (auth.), J. Michael Spector, M. David Merrill, Jan Elen, M. J. Bishop. 2017. Handbook of Research on Educational Communications and Technology. Springer-Verlag: New York

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Rusijono, M.Pd.

Dr. H. Lamijan Hadi Susarno, M.Pd.

Dr. H. Andi Mariono, M.Pd.

Prof. Dr. Mustaji, M.Pd.

Dr. Hari Sugiharto Setyaedhi, M.Si.

Prof. Dr. Bachtiar Sjaiful Bachri, M.Pd.

Dr. Fajar Arianto, S.Pd., M.Pd.

Dr. Alim Sumarno, M.Pd.

Dr. Khusnul Khotimah, S.Pd., M.Pd.

Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd.

Prof. Dr. Andi Kristanto, S.Pd., M.Pd.

Dr. Citra Fitri Kholidya, S.Pd., M.Pd.

Dr. Syaiputra Wahyuda Meisa Diningrat, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Memahami bidang garapan teknologi pendidikan
  2. Mengidentifiasi jenis penelitian pengembangan, pemanfaatan, dan evaluasi

ketapatan dalam menentukan penelitian di bidang teknologi pendidikan

Kriteria:

rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
mengkaji bidang garapan teknologi pendidikan yang terkini dan mengidentifikasi permaslahan bidang teknologi pendidikan melalui hasil penelitian sebelumnya
300
Mengkaji kawasan teknologi pendidikan dan bidang garapan untuk menemukan permasalahan penelitian
Materi: jenis penelitian
Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon
5%

2

Minggu ke 2

  1. Memahami bidang garapan teknologi pendidikan
  2. Mengidentifiasi jenis penelitian pengembangan, pemanfaatan, dan evaluasi

ketapatan dalam menentukan penelitian di bidang teknologi pendidikan

Kriteria:

rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
mengkaji bidang garapan teknologi pendidikan yang terkini dan mengidentifikasi permaslahan bidang teknologi pendidikan melalui hasil penelitian sebelumnya
300

Materi: jenis penelitian
Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon
0%

3

Minggu ke 3

  1. Mengidentifikasi tema penelitian sesuai dengan bidang garapan Teknologi Pendidikan
  2. Mengidentifikasi jenis penelitian pada Teknologi Pendidikan

Ketepatan dalam nentukan tema penelitian di bidang teknologi pendidikan

Kriteria:

rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja

Menemukan tema penelitian dan jenis penelitian bidang Teknologi Pendidikan melalui mengkaji artikel.
300
Materi: jenis penelitian
Pustaka: John W. Creswell. 2013. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, Inc
5%

4

Minggu ke 4

  1. Mengidentifikasi model-model pengembangan
  2. Merancang penelitian pengembangan

ketepatan dalam menetukan model pengembangan pada bidang teknologi pendidikan

Kriteria:

rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mengkaji model-model pengembangan untuk mengidentifikasi tahapan pengembangan
Membuat dasar penelitian pengembangan melalui mengkaji permasalahan yang ada
300

Materi: metode penelitian dan pengembangan
Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon

Materi: model pengembangan
Pustaka: Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The systematic design of instruction. Pearso: New York
10%

5

Minggu ke 5

  1. Mengidentifikasi model-model pengembangan
  2. Merancang penelitian pengembangan

ketepatan dalam menetukan model pengembangan pada bidang teknologi pendidikan

Kriteria:

rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mengkaji model-model pengembangan untuk mengidentifikasi tahapan pengembangan
Membuat dasar penelitian pengembangan melalui mengkaji permasalahan yang ada
100

Materi: metode penelitian dan pengembangan
Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon

Materi: model pengembangan
Pustaka: Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The systematic design of instruction. Pearso: New York
10%

6

Minggu ke 6

  1. Menentukan permasalahan dalam penelitian
  2. Menentukan Jenis penelitian kuantitatif sesuai dengan permasalahan
  3. Merancang penelitian kuantitatif sesuai dengan pendekatan saintifik

Ketaoatan rancangan penelitian kuantitatif sesuai dengan metode penelitian dan bidang garapan teknologi pendidikan

Kriteria:

rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mengkaji jenis dan desain penelitian untuk merancang penelitian kuantitatif berdasarkan pada permasalahan
100

Materi: metode penelitian kuantitatif
Pustaka: Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York

Materi: bidang garapan teknologi pendidikan
Pustaka: Joost Lowyck (auth.), J. Michael Spector, M. David Merrill, Jan Elen, M. J. Bishop. 2017. Handbook of Research on Educational Communications and Technology. Springer-Verlag: New York
15%

7

Minggu ke 7

  1. Menentukan permasalahan dalam penelitian
  2. Menentukan Jenis penelitian kuantitatif sesuai dengan permasalahan
  3. Merancang penelitian kuantitatif sesuai dengan pendekatan saintifik

Ketaoatan rancangan penelitian kuantitatif sesuai dengan metode penelitian dan bidang garapan teknologi pendidikan

Kriteria:

rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mengkaji jenis dan desain penelitian untuk merancang penelitian kuantitatif berdasarkan pada permasalahan
100

Materi: metode penelitian kuantitatif
Pustaka: Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York

Materi: bidang garapan teknologi pendidikan
Pustaka: Joost Lowyck (auth.), J. Michael Spector, M. David Merrill, Jan Elen, M. J. Bishop. 2017. Handbook of Research on Educational Communications and Technology. Springer-Verlag: New York
0%

8

Minggu ke 8

uts

0%

9

Minggu ke 9

  1. Menentukan permasalahan dalam penelitian kuantitatif
  2. menentukan Jenis penelitian kualitatif bidang teknologi pendidikan
  3. Merancang penelitian kualitatif bidang teknologi pendidikan

ketepatan dalam merancang penelitian kualitatif bidang teknologi pendidikan

Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Mengkaji jenis dan desain penelitian untuk merancang penelitian kualitatif berdasarkan pada permasalahan
Materi: penelitian kualitatif
Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon

Materi: bidang garapan teknologi pendidikan
Pustaka: Joost Lowyck (auth.), J. Michael Spector, M. David Merrill, Jan Elen, M. J. Bishop. 2017. Handbook of Research on Educational Communications and Technology. Springer-Verlag: New York
15%

10

Minggu ke 10

  1. Menentukan permasalahan dalam penelitian kuantitatif
  2. menentukan Jenis penelitian kualitatif bidang teknologi pendidikan
  3. Merancang penelitian kualitatif bidang teknologi pendidikan

ketepatan dalam merancang penelitian kualitatif bidang teknologi pendidikan

Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Mengkaji jenis dan desain penelitian untuk merancang penelitian kualitatif berdasarkan pada permasalahan
Materi: penelitian kualitatif
Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon

Materi: bidang garapan teknologi pendidikan
Pustaka: Joost Lowyck (auth.), J. Michael Spector, M. David Merrill, Jan Elen, M. J. Bishop. 2017. Handbook of Research on Educational Communications and Technology. Springer-Verlag: New York
15%

11

Minggu ke 11

  1. Menentukan Jenis instrumen penelitian
  2. Menyusun instrumen penelitian sesuai dengan jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian
  3. Menganalisis hasil validasi intrumen
  1. ketepatan dalam menyusun intrumen penelitian
  2. ketepatan dalam validasi instrumen penelitian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Mengkaji jenis instrumen penelitian untuk menghasilkan instumen yang valid
Materi: instrumen dan validasi
Pustaka: Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York
10%

12

Minggu ke 12

  1. Menentukan Jenis instrumen penelitian
  2. Menyusun instrumen penelitian sesuai dengan jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian
  3. Menganalisis hasil validasi intrumen
  1. ketepatan dalam menyusun intrumen penelitian
  2. ketepatan dalam validasi instrumen penelitian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Mengkaji jenis instrumen penelitian untuk menghasilkan instumen yang valid
Materi: instrumen dan validasi
Pustaka: Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York
0%

13

Minggu ke 13

  1. Menyusun draft penelitian yang sesuai dengan jenis peneltian
  2. Menentukan desain penelitian berdarakan rumusan yang dibuat
  3. Menentuka instrumen dan validasinya
  4. Menentukan teknik analisis data

Ketapatan dalam menyusun rancangan penelitian bidang teknologi pendidian yang sesuai dengan metode penelitian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Mengkaji metode penelitian untuk menghasilkan draft penelitian
Materi: metode penelitian
Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon

Materi: pengembangan
Pustaka: Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The systematic design of instruction. Pearso: New York
15%

14

Minggu ke 14

  1. Menyusun draft penelitian yang sesuai dengan jenis peneltian
  2. Menentukan desain penelitian berdarakan rumusan yang dibuat
  3. Menentuka instrumen dan validasinya
  4. Menentukan teknik analisis data

Ketapatan dalam menyusun rancangan penelitian bidang teknologi pendidian yang sesuai dengan metode penelitian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Mengkaji metode penelitian untuk menghasilkan draft penelitian
Materi: metode penelitian
Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon

Materi: pengembangan
Pustaka: Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The systematic design of instruction. Pearso: New York
0%

15

Minggu ke 15

  1. Menyusun draft penelitian yang sesuai dengan jenis peneltian
  2. Menentukan desain penelitian berdarakan rumusan yang dibuat
  3. Menentuka instrumen dan validasinya
  4. Menentukan teknik analisis data

Ketapatan dalam menyusun rancangan penelitian bidang teknologi pendidian yang sesuai dengan metode penelitian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Mengkaji metode penelitian untuk menghasilkan draft penelitian
Materi: metode penelitian
Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon

Materi: pengembangan
Pustaka: Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The systematic design of instruction. Pearso: New York
0%

16

Minggu ke 16

UAS

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 90%
3. Praktik / Unjuk Kerja 5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.