
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kajian Teori Bermain AUD |
8610703025 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
1 |
17 Juni 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Wulan Patria Saroinsong, S.Psi., M.Pd., Ph.D.
|
Dr. Nurul Khotimah, S.Pd., M.Pd.
|
Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-7 |
Mendesain program PAUD yang adaptif terhadap tantangan serta mengembangkan model-model pembelajaran anak usia dini dengan berbagai sumber belajar multi moda yang menyesuaikan dengan berbagai situasi dan tantangan dalam implementasi kebijakan PAUD melalui pendekatan inter- dan multidisipliner. (Keterampilan Khusus) |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap kolaboratif, reflektif, dan proaktif dalam pengembangan diri serta kerja tim dalam penyusunan kajian teori dan strategi pembelajaran berbasis bermain.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis teori-teori bermain yang relevan dengan konteks perkembangan anak usia dini secara kritis dan komprehensif.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu merancang strategi atau model pembelajaran berbasis bermain yang inovatif, adaptif, dan kontekstual di satuan PAUD.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu mengintegrasikan hasil kajian teori bermain sebagai dasar penyusunan proposal tesis secara sistematis dan ilmiah.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-4 | PLO-7 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | | ✔ | PO-3 | | ✔ | PO-4 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini dirancang untuk mahasiswa program magister Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) guna memperdalam pemahaman tentang teori-teori bermain yang relevan dalam konteks perkembangan anak usia dini. Fokus utama adalah pada konsep dasar, teori kunci, dan aplikasi praktis dari bermain dalam pendidikan anak usia dini, sehingga menghasilkan produk strategi maupun model pembelajaran yang inovatif. Mata kuliah ini juga bertujuan mengarahkan mahasiswa dalam menyusun kajian teoritik sebagai dasar proposal tesis. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Fleer, M. (2021). Theorising play in the early years. Cambridge University Press.
- Rogers, S. (Ed.). (2011). Rethinking play and pedagogy in early childhood education: Concepts, contexts, and cultures. Routledge.
- Fleer, M. (2018). Child development in educational settings. Cambridge University Press.
- Hirsh-Pasek, K., & Golinkoff, R. M. (2009). A mandate for playful learning in preschool: Presenting the evidence. Oxford University Press.
- Golinkoff, R. M., Hirsh-Pasek, K., & Singer, D. G. (Eds.). (2006). Play=learning: How play motivates and enhances children's cognitive and social-emotional growth. Oxford University Press.
- Wood, E., & Hedges, H. (Eds.). (2016). Play and learning in the early years: From research to practice. Routledge.
- Bruce, T. (2011). Early childhood education: A developmental curriculum. Hodder Education.
- Moyles, J. R. (2010). The excellence of play. Open University Press.
- Nutbrown, C. (2011). Playing to learn: The role of play in the early years. SAGE Publications.
- Whitebread, D. (2012). The importance of play: A report on the value of children's play with a series of policy recommendations. Toy Industries of Europe.
|
Pendukung : |
|
- Nilsson, M., Ferholt, B., & Lecusay, R. (2018). The playing-exploring child: Reconceptualizing the relationship between play and learning in early childhood education. Contemporary Issues in Early Childhood, 19(3), 243–257. https://doi.org/10.1177/1463949117710800
- Harris, M. (2023). The role of play-based learning in early childhood education. Frontiers of Educational Review, 5(2), 45. https://doi.org/10.69610/j.fer.20231230
- Yee, L. J., Radzi, N. M. M., & Mamat, N. (2022). Learning through play in early childhood: A systematic review. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 11(4), 917–961.
- Ermiyati, E., Rohmadheny, P. S., Rosada, U. D., & Hastuti, D. (2024). Early childhood education teachers’ perspectives on play-based learning: A survey in Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 9(2), 291–300. https://doi.org/10.14421/jga.2024.92-10
- Sitorus, R. W., Siregar, K. P., & Sari, R. I. (2025). The role of play-based learning in early childhood development. Educia Journal, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.71435/610424
|
Dosen Pengampu
|
Wulan Patria Saroinsong, S.Psi., M.Pd., Ph.D. Dr. Mallevi Agustin Ningrum, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan konsep dasar bermain dalam PAUD |
Mahasiswa mampu menyebutkan pengertian dan tujuan bermain dalam PAUD |
Kriteria:
Ketepatan dan kelengkapan isi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif, diskusi 150 |
|
Materi: Konsep dasar bermain anak usia dini Pustaka: Fleer, M. (2021). Theorising play in the early years. Cambridge University Press. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mengidentifikasi jenis-jenis permainan anak usia dini |
Mampu membedakan berbagai jenis permainan berdasarkan kategori usia |
Kriteria:
Ketepatan klasifikasi dan contoh Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok, presentasi 150 |
Mengamati Video 150 |
Materi: Jenis-jenis permainan (fungsi, bentuk, tujuan) Pustaka: Rogers, S. (Ed.). (2011). Rethinking play and pedagogy in early childhood education: Concepts, contexts, and cultures. Routledge. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis teori bermain klasik dan modern |
Mampu membandingkan teori bermain klasik vs. kontemporer |
Kriteria:
Kedalaman dan relevansi analisis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi literatur, diskusi 150 |
Diskusi 150 |
Materi: Teori Piaget, Vygotsky, Parten, Erikson, Froebel Pustaka: Moyles, J. R. (2010). The excellence of play. Open University Press. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mendeskripsikan perkembangan bermain berdasarkan tahapan usia |
Mampu menjelaskan tahap bermain menurut usia (infant – early childhood) |
Kriteria:
Ketepatan pengelompokan tahapan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus, simulasi 150 |
|
Materi: Tahapan bermain (sensorimotor, simbolik, sosial) Pustaka: Rogers, S. (Ed.). (2011). Rethinking play and pedagogy in early childhood education: Concepts, contexts, and cultures. Routledge. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Menjelaskan hubungan antara bermain dan perkembangan anak |
Mampu menjelaskan hubungan kognitif, sosial-emosional, bahasa |
Kriteria:
Argumentasi ilmiah dan relevansi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, diskusi 150 |
150 |
Materi: Peran bermain dalam perkembangan anak Pustaka: Fleer, M. (2018). Child development in educational settings. Cambridge University Press. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menjelaskan karakteristik bermain edukatif |
Mampu menyusun ciri bermain yang mendidik dan bermakna |
Kriteria:
Kesesuaian dengan teori perkembangan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, observasi 150 |
Mengamati Video 150 |
Materi: Ciri bermain edukatif Pustaka: Hirsh-Pasek, K., & Golinkoff, R. M. (2009). A mandate for playful learning in preschool: Presenting the evidence. Oxford University Press. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menganalisis konteks budaya dalam bermain anak |
Mampu menunjukkan pengaruh budaya dalam pola bermain |
Kriteria:
Ketajaman analisis dan contoh Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Studi pustaka, presentasi kelompok 150 |
|
Materi: Bermain dalam konteks budaya dan lokalitas Pustaka: Golinkoff, R. M., Hirsh-Pasek, K., & Singer, D. G. (Eds.). (2006). Play=learning: How play motivates and enhances children's cognitive and social-emotional growth. Oxford University Press. Materi: Bermain dalam konteks budaya dan lokalitas Pustaka: Ermiyati, E., Rohmadheny, P. S., Rosada, U. D., & Hastuti, D. (2024). Early childhood education teachers’ perspectives on play-based learning: A survey in Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 9(2), 291–300. https://doi.org/... |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mengkaji peran guru dan lingkungan dalam mendukung bermain |
Dapat menjelaskan peran guru, lingkungan, dan media |
Kriteria:
Kesesuaian Argumentasi Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian Tengah Semester 150 |
|
Materi: Ujian Tengah Semester Pustaka: Moyles, J. R. (2010). The excellence of play. Open University Press. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mendesain strategi pembelajaran berbasis bermain |
Mampu merancang strategi pembelajaran berbasis bermain |
Kriteria:
Kreativitas dan keterpaduan desain Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Workshop, kerja kelompok 150 |
|
Materi: Strategi pembelajaran berbasis bermain Pustaka: Wood, E., & Hedges, H. (Eds.). (2016). Play and learning in the early years: From research to practice. Routledge. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mengembangkan alat permainan edukatif |
Mahasiswa menghasilkan APE yang sesuai usia |
Kriteria:
Kesesuaian fungsi, keamanan, kreativitas Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Praktikum, demonstrasi 150 |
|
Materi: Prinsip desain APE Pustaka: Moyles, J. R. (2010). The excellence of play. Open University Press. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Menilai permainan dari aspek perkembangan dan pembelajaran |
Mampu menilai manfaat permainan untuk capaian perkembangan |
Kriteria:
Objektivitas dan keterukuran Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Diskusi kasus, peer review 150 |
|
Materi: Penilaian terhadap bermain anak Pustaka: Nutbrown, C. (2011). Playing to learn: The role of play in the early years. SAGE Publications. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mengkaji hasil penelitian tentang bermain anak usia dini |
Mampu menelaah hasil riset empiris |
Kriteria:
Kedalaman sintesis dan evaluasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bedah jurnal, diskusi 150 |
|
Materi: Studi kasus dan temuan penelitian terbaru Pustaka: Yee, L. J., Radzi, N. M. M., & Mamat, N. (2022). Learning through play in early childhood: A systematic review. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 11(4), 917–961. Materi: Studi kasus dan temuan penelitian terbaru Pustaka: Nilsson, M., Ferholt, B., & Lecusay, R. (2018). The playing-exploring child: Reconceptualizing the relationship between play and learning in early childhood education. Contemporary Issues in Early Childhood, 19(3), 243–257. https://doi.org/... |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Menyusun rencana program bermain terstruktur |
Mampu membuat rencana harian mingguan berbasis bermain |
Kriteria:
Sistematis dan aplikatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Bermain 150 |
|
Materi: Perencanaan pembelajaran berbasis bermain Pustaka: Whitebread, D. (2012). The importance of play: A report on the value of children's play with a series of policy recommendations. Toy Industries of Europe. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mempresentasikan program bermain terstruktur |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mempertahankan programnya |
Kriteria:
Kemampuan komunikasi, argumentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi mahasiswa 150 |
|
Materi: Presentasi program pembelajaran Pustaka: Nutbrown, C. (2011). Playing to learn: The role of play in the early years. SAGE Publications. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Refleksi dan sintesis teori bermain dalam praktik PAUD |
Mahasiswa dapat merefleksikan keterkaitan teori dan praktik |
Kriteria:
Kedalaman refleksi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi panel reflektif 150 |
|
Materi: Integrasi teori dan praktik bermain Pustaka: Rogers, S. (Ed.). (2011). Rethinking play and pedagogy in early childhood education: Concepts, contexts, and cultures. Routledge. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian akhir semester (UAS) |
Mahasiswa menjawab soal terkait teori, analisis, dan aplikasi |
Kriteria:
Ketepatan, kedalaman jawaban Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ujian Akhir Semester 150 |
|
Materi: Seluruh materi kuliah (komprehensif) Pustaka: Fleer, M. (2021). Theorising play in the early years. Cambridge University Press. |
20% |