Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kajian Teori Bermain AUD

8610703025

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=6.72

1

17 Juni 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Wulan Patria Saroinsong, S.Psi., M.Pd., Ph.D.




Dr. Nurul Khotimah, S.Pd., M.Pd.




Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-7

Mendesain program PAUD yang adaptif terhadap tantangan serta mengembangkan model-model pembelajaran anak usia dini dengan berbagai sumber belajar multi moda yang menyesuaikan dengan berbagai situasi dan tantangan dalam implementasi kebijakan PAUD melalui pendekatan inter- dan multidisipliner. (Keterampilan Khusus)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menunjukkan sikap kolaboratif, reflektif, dan proaktif dalam pengembangan diri serta kerja tim dalam penyusunan kajian teori dan strategi pembelajaran berbasis bermain.

PO - 2

Mahasiswa mampu menganalisis teori-teori bermain yang relevan dengan konteks perkembangan anak usia dini secara kritis dan komprehensif.

PO - 3

Mahasiswa mampu merancang strategi atau model pembelajaran berbasis bermain yang inovatif, adaptif, dan kontekstual di satuan PAUD.

PO - 4

Mahasiswa mampu mengintegrasikan hasil kajian teori bermain sebagai dasar penyusunan proposal tesis secara sistematis dan ilmiah.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-7
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini dirancang untuk mahasiswa program magister Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) guna memperdalam pemahaman tentang teori-teori bermain yang relevan dalam konteks perkembangan anak usia dini. Fokus utama adalah pada konsep dasar, teori kunci, dan aplikasi praktis dari bermain dalam pendidikan anak usia dini, sehingga menghasilkan produk strategi maupun model pembelajaran yang inovatif. Mata kuliah ini juga bertujuan mengarahkan mahasiswa dalam menyusun kajian teoritik sebagai dasar proposal tesis.

Pustaka

Utama :

  1. Fleer, M. (2021). Theorising play in the early years. Cambridge University Press.
  2. Rogers, S. (Ed.). (2011). Rethinking play and pedagogy in early childhood education: Concepts, contexts, and cultures. Routledge.
  3. Fleer, M. (2018). Child development in educational settings. Cambridge University Press.
  4. Hirsh-Pasek, K., & Golinkoff, R. M. (2009). A mandate for playful learning in preschool: Presenting the evidence. Oxford University Press.
  5. Golinkoff, R. M., Hirsh-Pasek, K., & Singer, D. G. (Eds.). (2006). Play=learning: How play motivates and enhances children's cognitive and social-emotional growth. Oxford University Press.
  6. Wood, E., & Hedges, H. (Eds.). (2016). Play and learning in the early years: From research to practice. Routledge.
  7. Bruce, T. (2011). Early childhood education: A developmental curriculum. Hodder Education.
  8. Moyles, J. R. (2010). The excellence of play. Open University Press.
  9. Nutbrown, C. (2011). Playing to learn: The role of play in the early years. SAGE Publications.
  10. Whitebread, D. (2012). The importance of play: A report on the value of children's play with a series of policy recommendations. Toy Industries of Europe.

Pendukung :

  1. Nilsson, M., Ferholt, B., & Lecusay, R. (2018). The playing-exploring child: Reconceptualizing the relationship between play and learning in early childhood education. Contemporary Issues in Early Childhood, 19(3), 243–257. https://doi.org/10.1177/1463949117710800
  2. Harris, M. (2023). The role of play-based learning in early childhood education. Frontiers of Educational Review, 5(2), 45. https://doi.org/10.69610/j.fer.20231230
  3. Yee, L. J., Radzi, N. M. M., & Mamat, N. (2022). Learning through play in early childhood: A systematic review. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 11(4), 917–961.
  4. Ermiyati, E., Rohmadheny, P. S., Rosada, U. D., & Hastuti, D. (2024). Early childhood education teachers’ perspectives on play-based learning: A survey in Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 9(2), 291–300. https://doi.org/10.14421/jga.2024.92-10
  5. Sitorus, R. W., Siregar, K. P., & Sari, R. I. (2025). The role of play-based learning in early childhood development. Educia Journal, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.71435/610424

Dosen Pengampu

Wulan Patria Saroinsong, S.Psi., M.Pd., Ph.D.

Dr. Mallevi Agustin Ningrum, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjelaskan konsep dasar bermain dalam PAUD

Mahasiswa mampu menyebutkan pengertian dan tujuan bermain dalam PAUD

Kriteria:

Ketepatan dan kelengkapan isi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah interaktif, diskusi
150

Materi: Konsep dasar bermain anak usia dini
Pustaka: Fleer, M. (2021). Theorising play in the early years. Cambridge University Press.
5%

2

Minggu ke 2

Mengidentifikasi jenis-jenis permainan anak usia dini

Mampu membedakan berbagai jenis permainan berdasarkan kategori usia

Kriteria:

Ketepatan klasifikasi dan contoh


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok, presentasi
150
Mengamati Video
150
Materi: Jenis-jenis permainan (fungsi, bentuk, tujuan)
Pustaka: Rogers, S. (Ed.). (2011). Rethinking play and pedagogy in early childhood education: Concepts, contexts, and cultures. Routledge.
5%

3

Minggu ke 3

Menganalisis teori bermain klasik dan modern

Mampu membandingkan teori bermain klasik vs. kontemporer

Kriteria:

Kedalaman dan relevansi analisis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Studi literatur, diskusi
150
Diskusi
150
Materi: Teori Piaget, Vygotsky, Parten, Erikson, Froebel
Pustaka: Moyles, J. R. (2010). The excellence of play. Open University Press.
5%

4

Minggu ke 4

Mendeskripsikan perkembangan bermain berdasarkan tahapan usia

Mampu menjelaskan tahap bermain menurut usia (infant – early childhood)

Kriteria:

Ketepatan pengelompokan tahapan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Studi kasus, simulasi
150

Materi: Tahapan bermain (sensorimotor, simbolik, sosial)
Pustaka: Rogers, S. (Ed.). (2011). Rethinking play and pedagogy in early childhood education: Concepts, contexts, and cultures. Routledge.
5%

5

Minggu ke 5

Menjelaskan hubungan antara bermain dan perkembangan anak

Mampu menjelaskan hubungan kognitif, sosial-emosional, bahasa

Kriteria:

Argumentasi ilmiah dan relevansi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi
150

150
Materi: Peran bermain dalam perkembangan anak
Pustaka: Fleer, M. (2018). Child development in educational settings. Cambridge University Press.
5%

6

Minggu ke 6

Menjelaskan karakteristik bermain edukatif

Mampu menyusun ciri bermain yang mendidik dan bermakna

Kriteria:

Kesesuaian dengan teori perkembangan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, observasi
150
Mengamati Video
150
Materi: Ciri bermain edukatif
Pustaka: Hirsh-Pasek, K., & Golinkoff, R. M. (2009). A mandate for playful learning in preschool: Presenting the evidence. Oxford University Press.
5%

7

Minggu ke 7

Menganalisis konteks budaya dalam bermain anak

Mampu menunjukkan pengaruh budaya dalam pola bermain

Kriteria:

Ketajaman analisis dan contoh


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Studi pustaka, presentasi kelompok
150

Materi: Bermain dalam konteks budaya dan lokalitas
Pustaka: Golinkoff, R. M., Hirsh-Pasek, K., & Singer, D. G. (Eds.). (2006). Play=learning: How play motivates and enhances children's cognitive and social-emotional growth. Oxford University Press.

Materi: Bermain dalam konteks budaya dan lokalitas
Pustaka: Ermiyati, E., Rohmadheny, P. S., Rosada, U. D., & Hastuti, D. (2024). Early childhood education teachers’ perspectives on play-based learning: A survey in Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 9(2), 291–300. https://doi.org/...
5%

8

Minggu ke 8

Mengkaji peran guru dan lingkungan dalam mendukung bermain

Dapat menjelaskan peran guru, lingkungan, dan media

Kriteria:

Kesesuaian Argumentasi


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Tengah Semester
150

Materi: Ujian Tengah Semester
Pustaka: Moyles, J. R. (2010). The excellence of play. Open University Press.
20%

9

Minggu ke 9

Mendesain strategi pembelajaran berbasis bermain

Mampu merancang strategi pembelajaran berbasis bermain

Kriteria:

Kreativitas dan keterpaduan desain


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Workshop, kerja kelompok
150

Materi: Strategi pembelajaran berbasis bermain
Pustaka: Wood, E., & Hedges, H. (Eds.). (2016). Play and learning in the early years: From research to practice. Routledge.
5%

10

Minggu ke 10

Mengembangkan alat permainan edukatif

Mahasiswa menghasilkan APE yang sesuai usia

Kriteria:

Kesesuaian fungsi, keamanan, kreativitas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Praktikum, demonstrasi
150

Materi: Prinsip desain APE
Pustaka: Moyles, J. R. (2010). The excellence of play. Open University Press.
5%

11

Minggu ke 11

Menilai permainan dari aspek perkembangan dan pembelajaran

Mampu menilai manfaat permainan untuk capaian perkembangan

Kriteria:

Objektivitas dan keterukuran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Diskusi kasus, peer review
150

Materi: Penilaian terhadap bermain anak
Pustaka: Nutbrown, C. (2011). Playing to learn: The role of play in the early years. SAGE Publications.
5%

12

Minggu ke 12

Mengkaji hasil penelitian tentang bermain anak usia dini

Mampu menelaah hasil riset empiris

Kriteria:

Kedalaman sintesis dan evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bedah jurnal, diskusi
150

Materi: Studi kasus dan temuan penelitian terbaru
Pustaka: Yee, L. J., Radzi, N. M. M., & Mamat, N. (2022). Learning through play in early childhood: A systematic review. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 11(4), 917–961.

Materi: Studi kasus dan temuan penelitian terbaru
Pustaka: Nilsson, M., Ferholt, B., & Lecusay, R. (2018). The playing-exploring child: Reconceptualizing the relationship between play and learning in early childhood education. Contemporary Issues in Early Childhood, 19(3), 243–257. https://doi.org/...
5%

13

Minggu ke 13

Menyusun rencana program bermain terstruktur

Mampu membuat rencana harian mingguan berbasis bermain

Kriteria:

Sistematis dan aplikatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Bermain
150

Materi: Perencanaan pembelajaran berbasis bermain
Pustaka: Whitebread, D. (2012). The importance of play: A report on the value of children's play with a series of policy recommendations. Toy Industries of Europe.
5%

14

Minggu ke 14

Mempresentasikan program bermain terstruktur

Mahasiswa mampu menjelaskan dan mempertahankan programnya

Kriteria:

Kemampuan komunikasi, argumentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi mahasiswa
150

Materi: Presentasi program pembelajaran
Pustaka: Nutbrown, C. (2011). Playing to learn: The role of play in the early years. SAGE Publications.
5%

15

Minggu ke 15

Refleksi dan sintesis teori bermain dalam praktik PAUD

Mahasiswa dapat merefleksikan keterkaitan teori dan praktik

Kriteria:

Kedalaman refleksi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi panel reflektif
150

Materi: Integrasi teori dan praktik bermain
Pustaka: Rogers, S. (Ed.). (2011). Rethinking play and pedagogy in early childhood education: Concepts, contexts, and cultures. Routledge.
5%

16

Minggu ke 16

Ujian akhir semester (UAS)

Mahasiswa menjawab soal terkait teori, analisis, dan aplikasi

Kriteria:

Ketepatan, kedalaman jawaban


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Ujian Akhir Semester
150

Materi: Seluruh materi kuliah (komprehensif)
Pustaka: Fleer, M. (2021). Theorising play in the early years. Cambridge University Press.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 12.5%
3. Penilaian Portofolio 17.5%
4. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.