Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kajian Teori Bermain AUD

8610703025

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=6.72

1

16 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Wulan Patria Saroinsong, S.Psi., M.Pd., Ph.D.




.......................................




Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menguasai konsep dan teori PAUD, metode penelitian terkini tentang anak usia dini, konsep manajemen mutu, dan mampu mengakses, mengembangkan, serta menggunakan sumber belajar multi moda sesuai prinsip adaptif dengan menyesuaikan pada dinamika lingkungan pendidikan, teknologi, kebijakan, dan kebutuhan anak usia dini; (Pengetahuan) (profile 1, 2, 3);

PLO-7

Mensintesis teori-teori pendidikan dan pembelajaran anak usia dini dan melakukan penelitian anak dengan berbagai pendekatan yang inovatif; (Keterampilan Khusus) (profile 1);

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep-konsep dasar dan teori-teori kunci dalam bermain yang relevan dengan perkembangan anak usia dini.

PO - 2

Mahasiswa mampu mengkritisi dan mengevaluasi aplikasi praktis dari teori-teori bermain dalam konteks pendidikan anak usia dini.

PO - 3

Mahasiswa mampu mengembangkan produk strategi atau model pembelajaran inovatif berbasis teori bermain

PO - 4

Mahasiswa mampu menyusun kajian teoritik yang komprehensif untuk proposal tesis berbasis teori bermain.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-7
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah yang membahas secara mendalam teori, konsep, dan penelitian terkait bermain pada anak usia dini. Mahasiswa akan mengeksplorasi perspektif historis dan kontemporer tentang bermain, peran bermain dalam perkembangan anak (kognitif, sosial, emosional, dan fisik), serta kaitannya dengan praktik pendidikan. Mata kuliah ini juga mengintegrasikan kajian literatur, analisis kasus, dan diskusi untuk memahami implementasi bermain dalam lingkungan pendidikan anak usia dini yang berkualitas.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Smith, P. K., & Pellegrini, A. (2008).
  2. 2. Frost, J. L., Wortham, S. C., & Reifel, R. S. (2011).
  3. 3. Artikel-artikel dari jurnal terkait perkembangan anak usia dini dan teori bermain.
  4. 4. Panduan penyusunan tesis.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Wulan Patria Saroinsong, S.Psi., M.Pd., Ph.D.

Dr. Mallevi Agustin Ningrum, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
150

50%

2

Minggu ke 2


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi Kelompok Kecil
150
Mengamati Video
150
0%

3

Minggu ke 3


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi
150
Diskusi
150
0%

4

Minggu ke 4

Diskusi Kelompok Kecil
150
Mengamati Video
150
0%

5

Minggu ke 5


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Kelompok Kecil
150
Menonton Video
150
0%

6

Minggu ke 6

Diskusi Kelompok Kecil
150
Mengamati Video
150
50%

7

Minggu ke 7

Diskusi strategi bermain dalam pembelajaran
150

0%

8

Minggu ke 8

Kriteria:

20


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Tengah Semester
150

20%

9

Minggu ke 9

Diskusi dan workshop kreativitas dalam bermain

0%

10

Minggu ke 10

Diskusi dampak teknologi pada bermain
150
Mengamati Video
150
0%

11

Minggu ke 11

Analisis penerapan teori bermain dalam kurikulum
150

0%

12

Minggu ke 12

Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Bermain
150

0%

13

Minggu ke 13

Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Bermain
150

0%

14

Minggu ke 14

Evaluasi Model Pembelajaran Berbasis Bermain
150

0%

15

Minggu ke 15

Penyusunan Kajian Teoritik dalam Proposal Tesis
150

0%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Ujian Akhir Semester
150

30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 15%
3. Tes 35%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.