
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Review of Recent Literature Research |
8800103155 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=7.56 |
2 |
24 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
SUHARTONO |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-5 |
Mampu menguasai filsafat pendidikan, filsafat bahasa dan sastra, dan teori-teori mutakhir bidang bahasa, sastra, dan pembelajarannya |
PLO-8 |
Mampu mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru berbasis pengelolaan data dan informasi hasil penelitian dan memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memerhatikan nilai humaniora, metodologi ilmiah, dan perkembangan dunia akademik |
PLO-11 |
Mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi bidang pendidikan bahasa dan sastra atau praktik profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif bidang pendidikan bahasa dan sastra yang original dan teruji |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis isu-isu dan tren terkini dalam penelitian sastra untuk mengkaji permasalahan sosial dan budaya secara kritis.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mengintegrasikan teori dan metodologi terkini dalam penelitian sastra melalui kegiatan tatap muka, pembimbingan, tugas terstruktur, belajar mandiri, dan simulasi untuk menghasilkan sintesis penelitian yang relevan dan inovatif.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil sintesis penelitian sastra dengan argumentasi yang kuat dan kritis dalam forum diskusi akademik sebagai kontribusi terhadap perkembangan ilmu sastra.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu mengkaji dan mengevaluasi secara kritis berbagai pendekatan dan hasil penelitian sastra mutakhir, serta mengembangkan rancangan riset yang orisinal, teruji, dan kontributif bagi pengembangan pendidikan bahasa dan sastra.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-5 | PLO-8 | PLO-11 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | | ✔ | | PO-3 | | ✔ | | | PO-4 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Menguasai isu-isu dan trend terkini dalam penelitian sastra untuk mengkaji permasalahan di masyarakat secara kritis. Kuliah dilakukan melalui kegiatan tatap muka, pembimbingan, tugas terstruktur, belajar mandiri, dan simulasi guna menghasilkan sintesis penelitian sastra untuk dipresentasikan dalam forum diskusi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Somani, P. (2020). Current trends in modern day literature. International Journal of Arts, Humanities & Social Science, 1(4), 18-27.
- Crystal, D. (2011). Internet linguistics: A student guide. New York: Routledge.
- Moretti, F. (2000). Conjectures on world literature. New left review, 54-68.
- Schiff, K. (2003). Literature and Digital Technologies. Clemson: Clemson University Digital Press.
|
Pendukung : |
|
- https://www.scopus.com/home.uri
- https://scholar.google.com/
- https://clarivate.com/
|
Dosen Pengampu
|
MUCH. KOIRI PRATIWI RETNANINGDYAH SUHARTONO ALI MUSTOFA Prof. Dra. Pratiwi Retnaningdyah, M.Hum., M.A., Ph.D. Prof. Dra. Pratiwi Retnaningdyah, M.Hum., M.A., Ph.D. Prof. Dr. Suhartono, M.Pd. Prof. Dr. Suhartono, M.Pd. Dr. Much. Koiri, M.Si. Dr. Much. Koiri, M.Si. Dr. Ali Mustofa, S.S., M.Pd. Dr. Ali Mustofa, S.S., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa memahami ruang lingkup dan urgensi kajian sastra kontemporer |
- Mahasiswa menjelaskan urgensi kajian sastra kontemporer secara lisan/tulisan
- Mahasiswa mengidentifikasi cakupan penelitian sastra mutakhir
|
Kriteria:
Kejelasan pemahaman (20%); Argumentasi awal (20%); Partisipasi diskusi (10%); ugas refleksi (50%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi pengantar tren dan isu terkini dalam penelitian sastra
|
|
Materi: Pengantar Kajian Penelitian Sastra Mutakhir Pustaka: |
6% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi isu sosial dan budaya dalam karya dan penelitian sastra |
- Mahasiswa mampu menyebutkan isu sosial dalam kajian sastra terkini
- Mahasiswa menghubungkan teks sastra dengan realitas sosial
|
Kriteria:
Kesesuaian isu (30%); Relevansi contoh (30%); Kritis dalam telaah (40%) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Telaah artikel jurnal, studi kasus teks sastra
|
|
Materi: Isu-Isu Sosial Budaya dalam Penelitian Sastra Pustaka: |
6% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa menelaah tren penelitian sastra berdasarkan publikasi akademik terkini |
- Mahasiswa menelusuri data tren publikasi penelitian sastra
- Mahasiswa membandingkan arah penelitian sastra nasional vs global
|
Kriteria:
Keakuratan data (30%) Kedalaman analisis tren (40%) Presentasi kelompok (30%) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok berbasis data publikasi (SINTA, Scopus, dll.)
|
|
Materi: Tren Penelitian Sastra di Indonesia dan Global Pustaka: |
6% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menganalisis kritis atas satu tema penelitian sastra |
Mahasiswa mampu mengevaluasi pendekatan yang digunakan dalam jurnal sastra |
Kriteria:
Argumentasi kritis (50%) Struktur penulisan esai (30%) Referensi yang digunakan (20%) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi
|
|
Materi: Analisis Kritis terhadap Penelitian Sastra Terkini Pustaka: |
7% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi teori sastra yang relevan dengan isu terkini |
- Mahasiswa menyusun peta konsep teori mutakhir
- Mahasiswa menjelaskan relevansi teori terhadap topik penelitian
|
Kriteria:
Kelengkapan peta konsep (30%) Kejelasan hubungan teori-topik (40%) Presentasi konsep (30%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi pustaka, ceramah dosen, telaah teori
|
|
Materi: Pemilihan Teori Sastra Kontemporer Pustaka: |
6% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami dan memilih metodologi yang sesuai untuk penelitian sastra |
- Mahasiswa menjelaskan kelebihan dan keterbatasan metode penelitian
- Mahasiswa memilih pendekatan metodologis yang sesuai
|
Kriteria:
Pemilihan metode (40%) Ketepatan penjelasan (30%) Argumentasi pilihan (30%) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi metodologi, pemetaan desain riset
|
|
Materi: Metodologi Penelitian Sastra Mutakhir Pustaka: |
6% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu mengintegrasikan teori dan metode dalam kerangka penelitian sastra |
Mahasiswa merancang kerangka teoritis dan metodologis terintegrasi |
Kriteria:
Keterpaduan kerangka (50%) Kejelasan tujuan riset (30%) Argumentasi integratif (20%) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penyusunan kerangka riset
|
|
Materi: Integrasi Teori dan Metode dalam Desain Riset Pustaka: |
6% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa menyusun dan mensimulasikan rancangan sintesis penelitian |
- Mahasiswa menyusun sintesis awal dalam bentuk makalah
- Mahasiswa memaparkan rancangan dalam forum kecil
|
Kriteria:
Struktur makalah (40%) Orisinalitas gagasan (30%) Teknik presentasi (30%) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi awal rancangan riset, diskusi revisi
|
|
Materi: Sintesis Awal Penelitian Pustaka: |
7% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa memahami cara menyampaikan hasil kajian secara akademik |
- Mahasiswa menguasai teknik menyampaikan argumen ilmiah
- Mahasiswa menyusun bahan presentasi efektif
|
Kriteria:
Kekuatan argumentasi (40%) Visual dan struktur presentasi (30%) Partisipasi dan feedback (30%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi , praktik singkat
|
|
Materi: Teknik Presentasi dan Argumentasi Akademik Pustaka: |
6% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menyampaikan sintesis riset secara akademik dan kritis |
Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil sintesis dengan argumentasi kuat |
Kriteria:
Kejelasan isi (40%) Ketajaman analisis (30%) Respons terhadap pertanyaan (30%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi
|
|
Materi: Sintesis Penelitian Pustaka: |
6% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memberikan umpan balik argumentatif terhadap presentasi teman sejawat |
Mahasiswa menyampaikan kritik dan saran ilmiah terhadap karya sejawat |
Kriteria:
Ketepatan kritik (30%) Argumentasi akademik (40%) Etika diskusi (30%) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
diskusi
|
|
Materi: Presentasi Sintesis Penelitian Pustaka: |
6% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menganalisis kontribusi sintesis terhadap pengembangan ilmu sastra |
Mahasiswa menyimpulkan kontribusi penelitiannya terhadap keilmuan |
Kriteria:
Orisinalitas refleksi (40%) Ketepatan sintesis (30%) Partisipasi dalam diskusi panel (30%) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi
|
|
Materi: Diskusi Panel dan Kontribusi Kajian Sastra Pustaka: |
7% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi kelebihan dan keterbatasan pendekatan-pendekatan yang telah dipelajari |
Mahasiswa mampu membandingkan beberapa pendekatan dalam riset sastra |
Kriteria:
Kritis dalam evaluasi (40%) Argumentasi tertulis (30%) Tabel perbandingan (30%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus dan perbandingan pendekatan
|
|
Materi: Evaluasi Pendekatan Penelitian Sastra Pustaka: |
6% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu merancang dan mengembangkan proposal riset yang kontributif |
Mahasiswa mampu menyusun rancangan awal proposal riset doktoral |
Kriteria:
Struktur proposal (30%) Relevansi dan kebaruan topik (40%) Dukungan teori-metode (30%) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Klinik proposal dan review sejawat
|
|
Materi: Penyusunan Proposal Penelitian Sastra Doktoral Pustaka: |
6% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan proposal riset orisinal dan mendapatkan masukan |
Mahasiswa mampu mempertahankan proposal riset secara akademik |
Kriteria:
Ketajaman sintesis (30%) Argumentasi dan pertahanan ide (40%) Masukan dan revisi (30%) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi
|
|
Materi: Proposal Penelitian Pustaka: |
6% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu merefleksikan capaian dan arah pengembangan riset ke depan |
Mahasiswa menyusun refleksi capaian pembelajaran dan rencana ke depan |
Kriteria:
Kedalaman refleksi (50%) Realisme rencana publikasi/riset (30%) Komitmen dan kontribusi ilmiah (20%) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Refleksi pertemuan, evaluasi pembelajaran, diskusi strategi publikasi
|
|
Materi: Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran Pustaka: |
7% |