Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Review of Recent Literature Research

8800103155

T=3

P=0

ECTS=7.56

2

24 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




SUHARTONO

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-5

Mampu menguasai filsafat pendidikan, filsafat bahasa dan sastra, dan teori-teori mutakhir bidang bahasa, sastra, dan pembelajarannya

PLO-8

Mampu mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru berbasis pengelolaan data dan informasi hasil penelitian dan memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memerhatikan nilai humaniora, metodologi ilmiah, dan perkembangan dunia akademik

PLO-11

Mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi bidang pendidikan bahasa dan sastra atau praktik profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif bidang pendidikan bahasa dan sastra yang original dan teruji

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis isu-isu dan tren terkini dalam penelitian sastra untuk mengkaji permasalahan sosial dan budaya secara kritis.

PO - 2

Mahasiswa mampu mengintegrasikan teori dan metodologi terkini dalam penelitian sastra melalui kegiatan tatap muka, pembimbingan, tugas terstruktur, belajar mandiri, dan simulasi untuk menghasilkan sintesis penelitian yang relevan dan inovatif.

PO - 3

Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil sintesis penelitian sastra dengan argumentasi yang kuat dan kritis dalam forum diskusi akademik sebagai kontribusi terhadap perkembangan ilmu sastra.

PO - 4

Mahasiswa mampu mengkaji dan mengevaluasi secara kritis berbagai pendekatan dan hasil penelitian sastra mutakhir, serta mengembangkan rancangan riset yang orisinal, teruji, dan kontributif bagi pengembangan pendidikan bahasa dan sastra.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-5PLO-8PLO-11
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Menguasai isu-isu dan trend terkini dalam penelitian sastra untuk mengkaji permasalahan di masyarakat secara kritis. Kuliah dilakukan melalui kegiatan tatap muka, pembimbingan, tugas terstruktur, belajar mandiri, dan simulasi guna menghasilkan sintesis penelitian sastra untuk dipresentasikan dalam forum diskusi.

Pustaka

Utama :

  1. Somani, P. (2020). Current trends in modern day literature. International Journal of Arts, Humanities & Social Science, 1(4), 18-27.
  2. Crystal, D. (2011). Internet linguistics: A student guide. New York: Routledge.
  3. Moretti, F. (2000). Conjectures on world literature. New left review, 54-68.
  4. Schiff, K. (2003). Literature and Digital Technologies. Clemson: Clemson University Digital Press.

Pendukung :

  1. https://www.scopus.com/home.uri
  2. https://scholar.google.com/
  3. https://clarivate.com/

Dosen Pengampu

MUCH. KOIRI

PRATIWI RETNANINGDYAH

SUHARTONO

ALI MUSTOFA

Prof. Dra. Pratiwi Retnaningdyah, M.Hum., M.A., Ph.D.

Prof. Dra. Pratiwi Retnaningdyah, M.Hum., M.A., Ph.D.

Prof. Dr. Suhartono, M.Pd.

Prof. Dr. Suhartono, M.Pd.

Dr. Much. Koiri, M.Si.

Dr. Much. Koiri, M.Si.

Dr. Ali Mustofa, S.S., M.Pd.

Dr. Ali Mustofa, S.S., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa memahami ruang lingkup dan urgensi kajian sastra kontemporer

  1. Mahasiswa menjelaskan urgensi kajian sastra kontemporer secara lisan/tulisan
  2. Mahasiswa mengidentifikasi cakupan penelitian sastra mutakhir
Kriteria:

Kejelasan pemahaman (20%); Argumentasi awal (20%); Partisipasi diskusi (10%); ugas refleksi (50%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi pengantar tren dan isu terkini dalam penelitian sastra

Materi: Pengantar Kajian Penelitian Sastra Mutakhir
Pustaka:
6%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu mengidentifikasi isu sosial dan budaya dalam karya dan penelitian sastra

  1. Mahasiswa mampu menyebutkan isu sosial dalam kajian sastra terkini
  2. Mahasiswa menghubungkan teks sastra dengan realitas sosial
Kriteria:

Kesesuaian isu (30%); Relevansi contoh (30%); Kritis dalam telaah (40%)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Telaah artikel jurnal, studi kasus teks sastra

Materi: Isu-Isu Sosial Budaya dalam Penelitian Sastra
Pustaka:
6%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa menelaah tren penelitian sastra berdasarkan publikasi akademik terkini

  1. Mahasiswa menelusuri data tren publikasi penelitian sastra
  2. Mahasiswa membandingkan arah penelitian sastra nasional vs global
Kriteria:

Keakuratan data (30%) Kedalaman analisis tren (40%) Presentasi kelompok (30%)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok berbasis data publikasi (SINTA, Scopus, dll.)

Materi: Tren Penelitian Sastra di Indonesia dan Global
Pustaka:
6%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menganalisis kritis atas satu tema penelitian sastra

Mahasiswa mampu mengevaluasi pendekatan yang digunakan dalam jurnal sastra

Kriteria:

Argumentasi kritis (50%) Struktur penulisan esai (30%) Referensi yang digunakan (20%)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi

Materi: Analisis Kritis terhadap Penelitian Sastra Terkini
Pustaka:
7%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu mengidentifikasi teori sastra yang relevan dengan isu terkini

  1. Mahasiswa menyusun peta konsep teori mutakhir
  2. Mahasiswa menjelaskan relevansi teori terhadap topik penelitian
Kriteria:

Kelengkapan peta konsep (30%) Kejelasan hubungan teori-topik (40%) Presentasi konsep (30%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Studi pustaka, ceramah dosen, telaah teori

Materi: Pemilihan Teori Sastra Kontemporer
Pustaka:
6%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami dan memilih metodologi yang sesuai untuk penelitian sastra

  1. Mahasiswa menjelaskan kelebihan dan keterbatasan metode penelitian
  2. Mahasiswa memilih pendekatan metodologis yang sesuai
Kriteria:

Pemilihan metode (40%) Ketepatan penjelasan (30%) Argumentasi pilihan (30%)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi metodologi, pemetaan desain riset

Materi: Metodologi Penelitian Sastra Mutakhir
Pustaka:
6%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu mengintegrasikan teori dan metode dalam kerangka penelitian sastra

Mahasiswa merancang kerangka teoritis dan metodologis terintegrasi

Kriteria:

Keterpaduan kerangka (50%) Kejelasan tujuan riset (30%) Argumentasi integratif (20%)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penyusunan kerangka riset

Materi: Integrasi Teori dan Metode dalam Desain Riset
Pustaka:
6%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa menyusun dan mensimulasikan rancangan sintesis penelitian

  1. Mahasiswa menyusun sintesis awal dalam bentuk makalah
  2. Mahasiswa memaparkan rancangan dalam forum kecil
Kriteria:

Struktur makalah (40%) Orisinalitas gagasan (30%) Teknik presentasi (30%)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi awal rancangan riset, diskusi revisi

Materi: Sintesis Awal Penelitian
Pustaka:
7%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa memahami cara menyampaikan hasil kajian secara akademik

  1. Mahasiswa menguasai teknik menyampaikan argumen ilmiah
  2. Mahasiswa menyusun bahan presentasi efektif
Kriteria:

Kekuatan argumentasi (40%) Visual dan struktur presentasi (30%) Partisipasi dan feedback (30%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi , praktik singkat

Materi: Teknik Presentasi dan Argumentasi Akademik
Pustaka:
6%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menyampaikan sintesis riset secara akademik dan kritis

Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil sintesis dengan argumentasi kuat

Kriteria:

Kejelasan isi (40%) Ketajaman analisis (30%) Respons terhadap pertanyaan (30%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
presentasi

Materi: Sintesis Penelitian
Pustaka:
6%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memberikan umpan balik argumentatif terhadap presentasi teman sejawat

Mahasiswa menyampaikan kritik dan saran ilmiah terhadap karya sejawat

Kriteria:

Ketepatan kritik (30%) Argumentasi akademik (40%) Etika diskusi (30%)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi

Materi: Presentasi Sintesis Penelitian
Pustaka:
6%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menganalisis kontribusi sintesis terhadap pengembangan ilmu sastra

Mahasiswa menyimpulkan kontribusi penelitiannya terhadap keilmuan

Kriteria:

Orisinalitas refleksi (40%) Ketepatan sintesis (30%) Partisipasi dalam diskusi panel (30%)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi

Materi: Diskusi Panel dan Kontribusi Kajian Sastra
Pustaka:
7%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu mengevaluasi kelebihan dan keterbatasan pendekatan-pendekatan yang telah dipelajari

Mahasiswa mampu membandingkan beberapa pendekatan dalam riset sastra

Kriteria:

Kritis dalam evaluasi (40%) Argumentasi tertulis (30%) Tabel perbandingan (30%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Studi kasus dan perbandingan pendekatan

Materi: Evaluasi Pendekatan Penelitian Sastra
Pustaka:
6%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu merancang dan mengembangkan proposal riset yang kontributif

Mahasiswa mampu menyusun rancangan awal proposal riset doktoral

Kriteria:

Struktur proposal (30%) Relevansi dan kebaruan topik (40%) Dukungan teori-metode (30%)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Klinik proposal dan review sejawat

Materi: Penyusunan Proposal Penelitian Sastra Doktoral
Pustaka:
6%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu mempresentasikan proposal riset orisinal dan mendapatkan masukan

Mahasiswa mampu mempertahankan proposal riset secara akademik

Kriteria:

Ketajaman sintesis (30%) Argumentasi dan pertahanan ide (40%) Masukan dan revisi (30%)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi

Materi: Proposal Penelitian
Pustaka:
6%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu merefleksikan capaian dan arah pengembangan riset ke depan

Mahasiswa menyusun refleksi capaian pembelajaran dan rencana ke depan

Kriteria:

Kedalaman refleksi (50%) Realisme rencana publikasi/riset (30%) Komitmen dan kontribusi ilmiah (20%)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Refleksi pertemuan, evaluasi pembelajaran, diskusi strategi publikasi

Materi: Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran
Pustaka:
7%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 70%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.