
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Fisika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Fisika Matematika III |
4520104294 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=4 |
P=0 |
ECTS=6.36 |
3 |
26 Juli 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Nugrahani Primary Putri, M.Si.
|
Dr. Z. A. Imam Supardi, M.Si.
|
MUNASIR |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi dan eksperimen, serta memodelkannya menggunakan matematika dan komputasi untuk pengambilan keputusan yang tepat baik dalam masalah familier maupun baru |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis matematis sesuai dengan bidang fisika
|
PO - 2 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan analisis matematis
|
PO - 3 |
Mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi, serta memodelkannya menggunakan matematika dan komputasi untuk pengambilan keputusan di bidang Fisika
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-4 | PLO-6 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | ✔ | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | ✔ | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | ✔ | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
This course examines: Fourier series, special functions, solutions to differential equations, and partial differential equations through active learning with a combination of discussion methods, question and answer and IT-assisted assignments. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
|
Pendukung : |
|
- Riley, K.F., Hobson, M.P., Bence, S.J. 2006. Mathematical Methods for Physics and Engineering, edisi 3, Cambridge Univ. Press.
|
Dosen Pengampu
|
ZAINUL ARIFIN IMAM SUPARDI DZULKIFLIH NUGRAHANI PRIMARY PUTRI ROHIM AMINULLAH FIRDAUS ARIE REALITA MUHIMMATUL KHOIRO Dr. Rohim Aminullah Firdaus, S.Pd, M.Si Dr. Rohim Aminullah Firdaus, S.Pd, M.Si Dzulkiflih, S.Si., M.T. Dzulkiflih, S.Si., M.T. Dr. Nugrahani Primary Putri, S.Si., M.Si. Dr. Nugrahani Primary Putri, S.Si., M.Si. Dr. Zainul Arifin Imam Supardi, M.Si. Dr. Zainul Arifin Imam Supardi, M.Si. Arie Realita, M.Si. Arie Realita, M.Si. Dr. Muhimmatul Khoiro, S. Si. Dr. Muhimmatul Khoiro, S. Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis deret Fourier sesuai dengan bidang fisika
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan deret Fourier
- Mahasiswa mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi, serta memodelkannya menggunakan deret Fourier dan komputasi untuk pengambilan keputusan di bidang Fisika
|
Students are able to determine the average value of a function |
Kriteria:
Students will get full marks if they meet the assessment indicators Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Materi: Ch 7 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
- Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis deret Fourier sesuai dengan bidang fisika
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan deret Fourier
- Mahasiswa mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi, serta memodelkannya menggunakan deret Fourier dan komputasi untuk pengambilan keputusan di bidang Fisika
|
- Students are able to determine the average value of a function
- Students are able to identify the periodic function and the periodicity of a function
- Students are able to determine the value of the coefficient of the Fourier series
|
Kriteria:
Students will get full marks if they meet the assessment indicators Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Materi: Ch 7 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
- Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis deret Fourier sesuai dengan bidang fisika
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan deret Fourier
- Mahasiswa mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi, serta memodelkannya menggunakan deret Fourier dan komputasi untuk pengambilan keputusan di bidang Fisika
|
- Students are able to determine the value of the coefficient of the Fourier series
- Students are able to identify odd and even functions
- Students can change the form of Fourier series to complex form
- Students can solve Fourier series with different intervals
|
Kriteria:
Students will get full marks if they meet the assessment indicators Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Materi: Ch 7 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis fungsi khusus sesuai dengan bidang fisika
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan analisis fungsi khusus
- Mahasiswa mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi, serta memodelkannya menggunakan analisis fungsi khusus dan komputasi untuk pengambilan keputusan di bidang Fisika
|
Students are able to perform integral solutions using the gamma and beta functions |
Kriteria:
Students will get full marks if they meet the assessment indicators Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Materi: Ch 11 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
- Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis fungsi khusus sesuai dengan bidang fisika
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan analisis fungsi khusus
- Mahasiswa mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi, serta memodelkannya menggunakan analisis fungsi khusus dan komputasi untuk pengambilan keputusan di bidang Fisika
|
- Students are able to perform integral solutions using the gamma and beta functions
- Students are able to perform integral solutions using error function and elliptic functions
|
Kriteria:
Students will get full marks if they meet the assessment indicators Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Materi: Ch 11 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
6
Minggu ke 6 |
- Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis fungsi khusus sesuai dengan bidang fisika
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan analisis fungsi khusus
- Mahasiswa mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi, serta memodelkannya menggunakan analisis fungsi khusus dan komputasi untuk pengambilan keputusan di bidang Fisika
|
- Students are able to perform integral solutions using the gamma and beta functions
- Students are able to perform integral solutions using error function and elliptic functions
- Students are able to apply the concepts of gamma, beta, error functions and elliptic functions to solve physics problems
|
Kriteria:
Students will get full marks if they meet the assessment indicators Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Materi: Ch 11 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menggunakan polinomial Legendre sesuai dengan bidang fisika |
Students are able to solve differential equations related to physics concepts using Legendre polynomials |
Kriteria:
Students will get full marks if they meet the assessment indicators Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Materi: Ch 12 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
8
Minggu ke 8 |
|
Mahasiswa dapat menyelesaikan semua soal terkait deret Fourier dan fungsi khusus |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Tes |
UTS
|
UTS
|
Materi: Ch7 dan Ch 11 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan polinomial Legendre
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan polinomial Bessel
|
Students are able to solve differential equations related to physics concepts using Bessel polynomials |
Kriteria:
Students will get full marks if they meet the assessment indicators Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Materi: Ch 12 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
10
Minggu ke 10 |
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan polinomial Legendre
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan polinomial Bessel
- Mahasiswa mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi, serta memodelkannya menggunakan polinomial Legendre dan Bessel dan komputasi untuk pengambilan keputusan di bidang Fisika
|
Students are able to solve differential equations related to physics concepts using Bessel polynomials |
Kriteria:
Students will get full marks if they meet the assessment indicators Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Materi: Ch 12 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan polinomial Legendre
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan polinomial Bessel
- Mahasiswa mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi, serta memodelkannya menggunakan polinomial Legendre dan Bessel dan komputasi untuk pengambilan keputusan di bidang Fisika
|
Students are able to solve differential equations related to physics concepts using Bessel polynomials |
Kriteria:
Students will get full marks if they meet the assessment indicators Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Materi: Ch 12 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
4% |
12
Minggu ke 12 |
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan polinomial Legendre
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan polinomial Bessel
- Mahasiswa mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi, serta memodelkannya menggunakan polinomial Legendre dan Bessel dan komputasi untuk pengambilan keputusan di bidang Fisika
|
Students are able to solve differential equations related to physics concepts using Bessel polynomials |
Kriteria:
Students will get full marks if they meet the assessment indicators Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Materi: Ch 12 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
4% |
13
Minggu ke 13 |
- Students are able to formulate simple physical system related to classical physics into mathematical model using partial differential equation
- Students are able to solve problems of simple physical system related to classical physics into mathematical model using partial differential equation and computational tools
- Students are able to analyze problems of simple physical system related to classical physics into mathematical model using partial differential equation and computational tools.
|
- 1. Students are able to explain the types of partial differential equations
- 2. Students are able to solve 2-dimensional (2D) Laplace equations
|
Kriteria:
Students will get full marks if they meet the assessment indicators Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, penugasan 4 x 50 menit |
|
Materi: Ch 13 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
14
Minggu ke 14 |
- Students are able to formulate simple physical system related to classical physics into mathematical model using partial differential equation
- Students are able to solve problems of simple physical system related to classical physics into mathematical model using partial differential equation and computational tools
- Students are able to analyze problems of simple physical system related to classical physics into mathematical model using partial differential equation and computational tools.
|
- 3. Students are able to solve 1-dimensional (1D) wave equations
- 4. Students are able to solve steady-state temperature distribution in cylindrical rods
|
Kriteria:
Students will get full marks if they meet the assessment indicators Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, penugasan 4 x 50 menit |
|
Materi: Ch 13 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
15
Minggu ke 15 |
- Students are able to formulate simple physical system related to classical physics into mathematical model using partial differential equation
- Students are able to solve problems of simple physical system related to classical physics into mathematical model using partial differential equation and computational tools
- Students are able to analyze problems of simple physical system related to classical physics into mathematical model using partial differential equation and computational tools.
|
- 5. Students are able to explain the vibration of the circular membrane (drum)
- 6. Students are able to solve steady-state temperature distribution in solid sphere
|
Kriteria:
Students will get full marks if they meet the assessment indicators Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, penugasan 4 x 50 menit |
|
Materi: Ch 13 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan konsep solusi PDB dan PDP |
Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan konsep solusi PDB dan PDP |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 2 x 50 menit |
|
Materi: Ch 12 dan 13 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
30% |