
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini |
8620702260 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
2 |
1 Februari 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.
|
Prof. Dr. Hj. Rachma Hasibuan, M.Kes.
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Menguasai kemampuan pedagogis dalam pembelajaran anak usia dini yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa |
PLO-7 |
Menguasai kurikulum, teori belajar, model pembelajaran dan asesmen anak usia dini dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
|
PO - 2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
|
PO - 3 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
|
PO - 4 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implmentasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
|
PO - 5 |
Menguasai konsep dasar dan kurikulum PAUD.
|
PO - 6 |
Menyusun Kurikulum Operational Satuan Pendidikan
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-4 | PLO-5 | PLO-7 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | | ✔ | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | ✔ | | | PO-5 | | | ✔ | PO-6 | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Pengembangan Kurikulum Anak Usia Dini memberikan pemahaman mendalam mengenai konsep, prinsip, dan praktik dalam merancang serta mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak usia dini. Mahasiswa akan diajak untuk mengkaji hakikat kurikulum PAUD yang berpijak pada landasan filosofis, psikologis, sosiologis, dan yuridis, sebagai dasar dalam menyusun kurikulum yang berorientasi pada perkembangan holistik anak. Pemahaman ini menjadi landasan utama dalam membentuk kurikulum yang tidak hanya berpusat pada materi, tetapi juga pada pengalaman belajar yang bermakna bagi anak. Selain itu, mahasiswa akan mempelajari kerangka pengembangan kurikulum yang meliputi perumusan tujuan pembelajaran, pemilihan isi dan materi, perencanaan strategi pembelajaran, serta pengembangan sistem penilaian yang sesuai dengan prinsip tumbuh kembang anak. Dalam proses pembelajaran, digunakan strategi yang beragam seperti ceramah interaktif untuk pemahaman teori, diskusi kelompok untuk membangun pemikiran kritis, pembelajaran berbasis proyek untuk mendorong penerapan praktis, serta simulasi untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam menyusun dan menyajikan dokumen kurikulum yang kontekstual. Dengan pendekatan ini, mahasiswa tidak hanya dituntut memahami teori, tetapi juga mampu mengimplementasikannya dalam konteks nyata di satuan PAUD. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD.
- Hasibuan, R., Fitri, R., Maureen, I. Y., & Pratiwi, A. P. (2022). Penyusunan kurikulum operasional pada satuan paud berbasis kurikulum merdeka. Transformasi Dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 87-92.
- Wahyuni, S., & Reswita, R. (2020). Pengembangan model pembelajaran sains, technology, art, engineering and mathemathic pada kurikulum PAUD. Jurnal Golden Age, 4(02), 297-309.
- Nugroho, T., & Narawaty, D. (2022). Kurikulum 2013, kurikulum darurat, dan kurikulum prototipe (2020-2021) atau kurikulum merdeka (2022) mata pelajaran bahasa inggris: suatu kajian bandingan. In SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra (Vol. 1, pp. 373-382).
- Fadlillah, M. (2017). Model kurikulum pendidikan multikultural di taman kanak-kanak. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 5(1), 42-51.
- Hasibuan, R., Fitri, R., Maureen, I. Y., & Pratiwi, A. P. (2022). Penyusunan kurikulum operasional pada satuan paud berbasis kurikulum merdeka. Transformasi Dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 87-92.
- Pendergast, D., & Garvis, S. (Eds.). (2023). Teaching early years: Curriculum, pedagogy, and assessment (2nd ed.). Routledge.
- Winterbottom, C., Lake, V. E., & Malek-Lasater, A. (2024). Community-based transformational learning in early childhood settings: Integrating experiences of teachers, students, and the community. Routledge.
|
Pendukung : |
|
- Harahap, E. (2022). Inovasi Kurikulum. Penerbit NEM.
- Li, P. H., & Chen, J. J. (2023). Embracing complexity and diversity: A vision of early childhood curriculum. SAGE Open, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.1177/20965311221141446
- Nuttall, J. (2022). Early childhood curriculum and learning frameworks. In M. A. Peters (Ed.), Encyclopedia of teacher education (pp. 521–525). Springer. https://doi.org/10.1007/978-981-16-8679-5_100
- Yang, W., Li, P. H., & Chen, J. J. (2023). Embracing complexity and diversity: A vision of early childhood curriculum. SAGE Open, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.1177/20965311221141446
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Hj. Rachma Hasibuan, M.Kes. Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa memahami sebaran kajian pengembangan kurikulum PAUD |
Mampu mengetahui sebaran kajian dalam pengembangan kurikulum |
Kriteria:
Kedalaman RPS dan kontrak perkuliahan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah dan tanya jawab 2 X 50 |
2 X 50 |
Materi: Hakekat dan Komponen dalam Kurikulum Pustaka: Kostelnik, Marjory. 2000. Developmentally Appropriate Curriculum. New Jersey: Merril Materi: Kurikulum PAUD Pustaka: Carol. E. 1999. Early Childhood Curriculum. A Creative-Play Model. New Jersey: Prentice-Hall, Inc. Materi: Kurikulum PAUD Pustaka: Essa, Eva L. 2003. Introduction To Earlychildhood Education. Canada: Thompson Delmar Learning. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami pengertian, hakekat, fungsi dan peranan kurikulum PAUD |
- Mahasiswa mampu memahami penngertian kurikulum PAUD
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi fungsi dan peranan kurikulum PAUD
|
Kriteria:
- Kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
- Kedalaman analisis jawaban
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi, diskusi, dan simulasi 2 X 50 |
2 X 50 |
Materi: Fungsi Kurikulum Pustaka: Kostelnik, Marjory. 2000. Developmentally Appropriate Curriculum. New Jersey: Merril Materi: definisi kurikulum PAUD Pustaka: Idi, Abdullah. 2007. Pengembangan Kurikulum. Teori & Praktek. Yogyakarta: Ar Ruz Media |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami macam-macam model pengembangan kurikulum PAUD |
- Memahami ragam model pengembangan kurikulum
- Mengidentifikasi model pengembangan kurikulum yang digunakan di lembaga
|
Kriteria:
- Kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
- Kedalaman analisis jawaban
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi, diskusi, dan tanya jawab 2 X 50 |
2 X 50 |
Materi: model pengembangan kurikulum Pustaka: Carol. E. 1999. Early Childhood Curriculum. A Creative-Play Model. New Jersey: Prentice-Hall, Inc. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis model-model pengembangan kurikulum PAUD |
Analisis model-model pengembangan kurikulum PAUD di video maupun melalui studi lapangan |
Kriteria:
- Kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
- Kedalaman analisis jawaban
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
2 X 50 |
presentasi, diskusi, dan tanya jawab 2 X 50 |
Materi: Perubahan-perubahan Kurikulum di Indonesia Pustaka: Idi, Abdullah. 2007. Pengembangan Kurikulum. Teori & Praktek. Yogyakarta: Ar Ruz Media Materi: Model Kurikulum Pustaka: Eliason, Claudia dan Jenkin, Loa. 1994. Practical Guide to Early Childhood Curriculum. New York: Merril Print of MacMillan, College. Diroktorat PAUD. 2015. Buku panduan kurikulum pendidikan anak usia dini apa, mengapa, dan bagaimana . Jakarta: Direktorat PAUD. |
6% |
5
Minggu ke 5 |
Menganalisis model-model pengembangan kurikulum PAUD |
Menganalisis teori pengembangan yang digunakan dalam lembaga |
Kriteria:
- Kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
- Kedalaman analisis jawaban
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan simulasi 2 X 50 |
2 X 50 |
Materi: Perubahan-perubahan Kurikulum di Indonesia Pustaka: Idi, Abdullah. 2007. Pengembangan Kurikulum. Teori & Praktek. Yogyakarta: Ar Ruz Media Materi: Model Kurikulum Pustaka: Eliason, Claudia dan Jenkin, Loa. 1994. Practical Guide to Early Childhood Curriculum. New York: Merril Print of MacMillan, College. Diroktorat PAUD. 2015. Buku panduan kurikulum pendidikan anak usia dini apa, mengapa, dan bagaimana . Jakarta: Direktorat PAUD. |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Melakukan presentasi hasil proyek |
- Konten Presentasi
- Struktur Presentasi
- Keterampilan Komunikasi
|
Kriteria:
- Presentasi memiliki konten yang sangat informatif dan terorganisir dengan baik, disampaikan dengan keterampilan komunikasi yang sangat baik, serta visualisasi yang jelas dan mendukung
- Presentasi memiliki konten yang informatif dan terstruktur dengan baik, disampaikan dengan keterampilan komunikasi yang baik, serta visualisasi yang cukup jelas dan mendukung
- Presentasi memiliki konten yang cukup informatif, meskipun mungkin agak kurang terstruktur, disampaikan dengan keterampilan komunikasi yang cukup, dan visualisasi yang cukup memadai
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
2 X 50 |
presentasi, diskusi, dan tanya jawab 2 X 50 |
Materi: Model Kurikulum Kreatif di PAUD Pustaka: Carol. E. 1999. Early Childhood Curriculum. A Creative-Play Model. New Jersey: Prentice-Hall, Inc. |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Melakukan presentasi hasil proyek |
- Konten Presentasi
- Struktur Presentasi
- Keterampilan Komunikasi
|
Kriteria:
- Presentasi memiliki konten yang sangat informatif dan terorganisir dengan baik, disampaikan dengan keterampilan komunikasi yang sangat baik, serta visualisasi yang jelas dan mendukung
- Presentasi memiliki konten yang informatif dan terstruktur dengan baik, disampaikan dengan keterampilan komunikasi yang baik, serta visualisasi yang cukup jelas dan mendukung
- Presentasi memiliki konten yang cukup informatif, meskipun mungkin agak kurang terstruktur, disampaikan dengan keterampilan komunikasi yang cukup, dan visualisasi yang cukup memadai
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan simulasi 2 X 50 |
2 X 50 |
Materi: Model Kurikulum Kreatif di PAUD Pustaka: Carol. E. 1999. Early Childhood Curriculum. A Creative-Play Model. New Jersey: Prentice-Hall, Inc. |
10% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Tengah Semester |
Kriteria:
Mahasiswa mengerjakan Ujian Tengah Semester dengan baik Bentuk Penilaian : Tes |
Tes Sumatif 2 X 50 |
Tes Sumatif
|
Materi: Ujian Tengah Semester (UTS) Pustaka: Hasibuan, R., Fitri, R., Maureen, I. Y., & Pratiwi, A. P. (2022). Penyusunan kurikulum operasional pada satuan paud berbasis kurikulum merdeka. Transformasi Dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 87-92. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami konsep kurikulum merdeka |
- Pembelajaran berdiferensiasi
- Konsep penyusunan KOSP
- Penyusunan Projek Pengenalan Profil Pelajar Pancasila
|
Kriteria:
- Proyek memiliki konten yang sangat informatif dan terorganisir dengan baik, disertai dengan presentasi yang menarik dan inovatif, serta keterlibatan aktif dalam diskusi.
- Proyek memiliki konten yang informatif dan terstruktur dengan baik, disertai dengan presentasi yang jelas dan berkesan, serta keterlibatan yang cukup dalam diskusi.
- Proyek memiliki konten yang cukup informatif, meskipun mungkin ada sedikit kekurangan dalam struktur atau presentasi, serta keterlibatan yang terbatas dalam diskusi.
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan simulasi 2 X 50 |
ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan simulasi 2 X 50 |
Materi: konsep kurikulum merdeka Pustaka: Idi, Abdullah. 2007. Pengembangan Kurikulum. Teori & Praktek. Yogyakarta: Ar Ruz Media |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami konsep kurikulum merdeka |
- Pembelajaran berdiferensiasi
- Konsep penyusunan KOSP
- Penyusunan Projek Pengenalan Profil Pelajar Pancasila
|
Kriteria:
- Proyek memiliki konten yang sangat informatif dan terorganisir dengan baik, disertai dengan presentasi yang menarik dan inovatif, serta keterlibatan aktif dalam diskusi.
- Proyek memiliki konten yang informatif dan terstruktur dengan baik, disertai dengan presentasi yang jelas dan berkesan, serta keterlibatan yang cukup dalam diskusi.
- Proyek memiliki konten yang cukup informatif, meskipun mungkin ada sedikit kekurangan dalam struktur atau presentasi, serta keterlibatan yang terbatas dalam diskusi.
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan simulasi 2 X 50 |
ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan simulasi 2 X 50 |
Materi: pengembangan kurikulum merdeka Pustaka: Idi, Abdullah. 2007. Pengembangan Kurikulum. Teori & Praktek. Yogyakarta: Ar Ruz Media |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mengevaluasi implementasi kurikulum di lembaga PAUD. |
- Kemampuan mahasiswa untuk memahami konsep dan nilai-nilai Pancasila yang relevan dengan profil pelajar PAUD
- Kualitas informasi yang disajikan dalam proyek, termasuk keakuratan, relevansi, dan ketepatan dalam menggambarkan profil pelajar Pancasila
- Tingkat kekreatifan dan inovasi dalam menyajikan profil pelajar Pancasila, seperti penggunaan pendekatan atau metode yang kreatif dan inovatif.
|
Kriteria:
- Proyek memiliki pemahaman konsep yang mendalam, informasi yang relevan dan akurat, kreativitas yang tinggi dalam penyajian, keterlibatan aktif komunitas PAUD, dan keterampilan presentasi yang sangat baik
- Proyek memiliki pemahaman konsep yang baik, informasi yang cukup relevan dan akurat, kreativitas yang memadai dalam penyajian, keterlibatan yang cukup dari komunitas PAUD, dan keterampilan presentasi yang baik.
- Proyek memiliki pemahaman konsep yang cukup, informasi yang cukup relevan meskipun mungkin ada beberapa kekurangan, kreativitas yang terbatas dalam penyajian, keterlibatan terbatas dari komunitas PAUD, dan keterampilan presentasi yang cukup
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan simulasi 2 X 50 |
ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan simulasi 2 X 50 |
Materi: penyusunan kurikulum KOSP Pustaka: Eliason, Claudia dan Jenkin, Loa. 1994. Practical Guide to Early Childhood Curriculum. New York: Merril Print of MacMillan, College. Diroktorat PAUD. 2015. Buku panduan kurikulum pendidikan anak usia dini apa, mengapa, dan bagaimana . Jakarta: Direktorat PAUD. |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mengevaluasi implementasi kurikulum di lembaga PAUD. |
- Kemampuan mahasiswa untuk memahami konsep dan nilai-nilai Pancasila yang relevan dengan profil pelajar PAUD
- Kualitas informasi yang disajikan dalam proyek, termasuk keakuratan, relevansi, dan ketepatan dalam menggambarkan profil pelajar Pancasila
- Tingkat kekreatifan dan inovasi dalam menyajikan profil pelajar Pancasila, seperti penggunaan pendekatan atau metode yang kreatif dan inovatif.
|
Kriteria:
- Proyek memiliki pemahaman konsep yang mendalam, informasi yang relevan dan akurat, kreativitas yang tinggi dalam penyajian, keterlibatan aktif komunitas PAUD, dan keterampilan presentasi yang sangat baik
- Proyek memiliki pemahaman konsep yang baik, informasi yang cukup relevan dan akurat, kreativitas yang memadai dalam penyajian, keterlibatan yang cukup dari komunitas PAUD, dan keterampilan presentasi yang baik.
- Proyek memiliki pemahaman konsep yang cukup, informasi yang cukup relevan meskipun mungkin ada beberapa kekurangan, kreativitas yang terbatas dalam penyajian, keterlibatan terbatas dari komunitas PAUD, dan keterampilan presentasi yang cukup
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan simulasi 2 X 50 |
ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan simulasi 2 X 50 |
Materi: penyusunan kurikulum KOSP Pustaka: Eliason, Claudia dan Jenkin, Loa. 1994. Practical Guide to Early Childhood Curriculum. New York: Merril Print of MacMillan, College. Diroktorat PAUD. 2015. Buku panduan kurikulum pendidikan anak usia dini apa, mengapa, dan bagaimana . Jakarta: Direktorat PAUD. Materi: penyusunan profil pelajar pancasila Pustaka: Essa, Eva L. 2003. Introduction To Earlychildhood Education. Canada: Thompson Delmar Learning. |
6% |
13
Minggu ke 13 |
Membuat kurikulum KOSP |
- Kemampuan mahasiswa untuk memahami konsep dan prinsip dasar dalam merancang kurikulum operasional tingkat satuan pendidikan untuk PAUD.
- Tingkat relevansi dan keterpaduan antara tujuan pembelajaran, metode pengajaran, penilaian, dan pengorganisasian kegiatan pembelajaran dalam kurikulum yang dibuat.
- Kemampuan mahasiswa untuk menghadirkan gagasan-gagasan kreatif dan inovatif dalam merancang kurikulum yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak usia dini
|
Kriteria:
- Kurikulum operasional menunjukkan pemahaman konsep yang mendalam, relevansi yang tinggi dengan kebutuhan dan karakteristik anak usia dini, kreativitas dan inovasi dalam penyusunan, penerapan prinsip pembelajaran aktif yang kuat, dan keterpaduan yang baik dengan konteks sekolah dan lingkungan.
- Kurikulum operasional menunjukkan pemahaman konsep yang baik, relevansi yang cukup dengan kebutuhan dan karakteristik anak usia dini, kreativitas dan inovasi yang memadai dalam penyusunan, penerapan prinsip pembelajaran aktif yang cukup, dan keterpaduan yang cukup dengan konteks sekolah dan lingkungan
- Kurikulum operasional menunjukkan pemahaman konsep yang cukup, relevansi yang terbatas dengan kebutuhan dan karakteristik anak usia dini, kreativitas dan inovasi yang terbatas dalam penyusunan, penerapan prinsip pembelajaran aktif yang terbatas, dan keterpaduan yang terbatas dengan konteks sekolah dan lingkungan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan simulasi 2 X 50 |
2 X 50 |
Materi: penyusunan kurikulum KOSP Pustaka: Eliason, Claudia dan Jenkin, Loa. 1994. Practical Guide to Early Childhood Curriculum. New York: Merril Print of MacMillan, College. Diroktorat PAUD. 2015. Buku panduan kurikulum pendidikan anak usia dini apa, mengapa, dan bagaimana . Jakarta: Direktorat PAUD. Materi: pengembangan kurikulum KOSP Pustaka: Kostelnik, Marjory. 2000. Developmentally Appropriate Curriculum. New Jersey: Merril |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Membuat kurikulum KOSP |
- Kemampuan mahasiswa untuk memahami konsep dan prinsip dasar dalam merancang kurikulum operasional tingkat satuan pendidikan untuk PAUD.
- Tingkat relevansi dan keterpaduan antara tujuan pembelajaran, metode pengajaran, penilaian, dan pengorganisasian kegiatan pembelajaran dalam kurikulum yang dibuat.
- Kemampuan mahasiswa untuk menghadirkan gagasan-gagasan kreatif dan inovatif dalam merancang kurikulum yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak usia dini
|
Kriteria:
- Kurikulum operasional menunjukkan pemahaman konsep yang mendalam, relevansi yang tinggi dengan kebutuhan dan karakteristik anak usia dini, kreativitas dan inovasi dalam penyusunan, penerapan prinsip pembelajaran aktif yang kuat, dan keterpaduan yang baik dengan konteks sekolah dan lingkungan.
- Kurikulum operasional menunjukkan pemahaman konsep yang baik, relevansi yang cukup dengan kebutuhan dan karakteristik anak usia dini, kreativitas dan inovasi yang memadai dalam penyusunan, penerapan prinsip pembelajaran aktif yang cukup, dan keterpaduan yang cukup dengan konteks sekolah dan lingkungan
- Kurikulum operasional menunjukkan pemahaman konsep yang cukup, relevansi yang terbatas dengan kebutuhan dan karakteristik anak usia dini, kreativitas dan inovasi yang terbatas dalam penyusunan, penerapan prinsip pembelajaran aktif yang terbatas, dan keterpaduan yang terbatas dengan konteks sekolah dan lingkungan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan simulasi 2 X 50 |
2 X 50 |
Materi: penyusunan kurikulum KOSP Pustaka: Idi, Abdullah. 2007. Pengembangan Kurikulum. Teori & Praktek. Yogyakarta: Ar Ruz Media |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Membuat kurikulum KOSP |
- Kemampuan mahasiswa untuk memahami konsep dan prinsip dasar dalam merancang kurikulum operasional tingkat satuan pendidikan untuk PAUD.
- Tingkat relevansi dan keterpaduan antara tujuan pembelajaran, metode pengajaran, penilaian, dan pengorganisasian kegiatan pembelajaran dalam kurikulum yang dibuat.
- Kemampuan mahasiswa untuk menghadirkan gagasan-gagasan kreatif dan inovatif dalam merancang kurikulum yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak usia dini
|
Kriteria:
- Kurikulum operasional menunjukkan pemahaman konsep yang mendalam, relevansi yang tinggi dengan kebutuhan dan karakteristik anak usia dini, kreativitas dan inovasi dalam penyusunan, penerapan prinsip pembelajaran aktif yang kuat, dan keterpaduan yang baik dengan konteks sekolah dan lingkungan.
- Kurikulum operasional menunjukkan pemahaman konsep yang baik, relevansi yang cukup dengan kebutuhan dan karakteristik anak usia dini, kreativitas dan inovasi yang memadai dalam penyusunan, penerapan prinsip pembelajaran aktif yang cukup, dan keterpaduan yang cukup dengan konteks sekolah dan lingkungan
- Kurikulum operasional menunjukkan pemahaman konsep yang cukup, relevansi yang terbatas dengan kebutuhan dan karakteristik anak usia dini, kreativitas dan inovasi yang terbatas dalam penyusunan, penerapan prinsip pembelajaran aktif yang terbatas, dan keterpaduan yang terbatas dengan konteks sekolah dan lingkungan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan simulasi 2 X 50 |
2 X 50 |
Materi: penyusunan kurikulum KOSP Pustaka: Idi, Abdullah. 2007. Pengembangan Kurikulum. Teori & Praktek. Yogyakarta: Ar Ruz Media |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
Mahasiswa mengerjakan Ujian Akhir Semester |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester Bentuk Penilaian : Tes |
Tes Sumatif 2 X 50 |
2 X 50 |
Materi: Ujian Akhir Semester Pustaka: Hasibuan, R., Fitri, R., Maureen, I. Y., & Pratiwi, A. P. (2022). Penyusunan kurikulum operasional pada satuan paud berbasis kurikulum merdeka. Transformasi Dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 87-92. |
5% |