Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini

8620702260

T=2

P=0

ECTS=3.18

2

1 Februari 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.




Prof. Dr. Hj. Rachma Hasibuan, M.Kes.




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menguasai kemampuan pedagogis dalam pembelajaran anak usia dini yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa

PLO-7

Menguasai kurikulum, teori belajar, model pembelajaran dan asesmen anak usia dini dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.

PO - 2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

PO - 3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

PO - 4

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implmentasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

PO - 5

Menguasai konsep dasar dan kurikulum PAUD.

PO - 6

Menyusun Kurikulum Operational Satuan Pendidikan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-5PLO-7
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Pengembangan Kurikulum Anak Usia Dini memberikan pemahaman mendalam mengenai konsep, prinsip, dan praktik dalam merancang serta mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak usia dini. Mahasiswa akan diajak untuk mengkaji hakikat kurikulum PAUD yang berpijak pada landasan filosofis, psikologis, sosiologis, dan yuridis, sebagai dasar dalam menyusun kurikulum yang berorientasi pada perkembangan holistik anak. Pemahaman ini menjadi landasan utama dalam membentuk kurikulum yang tidak hanya berpusat pada materi, tetapi juga pada pengalaman belajar yang bermakna bagi anak. Selain itu, mahasiswa akan mempelajari kerangka pengembangan kurikulum yang meliputi perumusan tujuan pembelajaran, pemilihan isi dan materi, perencanaan strategi pembelajaran, serta pengembangan sistem penilaian yang sesuai dengan prinsip tumbuh kembang anak. Dalam proses pembelajaran, digunakan strategi yang beragam seperti ceramah interaktif untuk pemahaman teori, diskusi kelompok untuk membangun pemikiran kritis, pembelajaran berbasis proyek untuk mendorong penerapan praktis, serta simulasi untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam menyusun dan menyajikan dokumen kurikulum yang kontekstual. Dengan pendekatan ini, mahasiswa tidak hanya dituntut memahami teori, tetapi juga mampu mengimplementasikannya dalam konteks nyata di satuan PAUD.

Pustaka

Utama :

  1. Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD.
  2. Hasibuan, R., Fitri, R., Maureen, I. Y., & Pratiwi, A. P. (2022). Penyusunan kurikulum operasional pada satuan paud berbasis kurikulum merdeka. Transformasi Dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 87-92.
  3. Wahyuni, S., & Reswita, R. (2020). Pengembangan model pembelajaran sains, technology, art, engineering and mathemathic pada kurikulum PAUD. Jurnal Golden Age, 4(02), 297-309.
  4. Nugroho, T., & Narawaty, D. (2022). Kurikulum 2013, kurikulum darurat, dan kurikulum prototipe (2020-2021) atau kurikulum merdeka (2022) mata pelajaran bahasa inggris: suatu kajian bandingan. In SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra (Vol. 1, pp. 373-382).
  5. Fadlillah, M. (2017). Model kurikulum pendidikan multikultural di taman kanak-kanak. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 5(1), 42-51.
  6. Hasibuan, R., Fitri, R., Maureen, I. Y., & Pratiwi, A. P. (2022). Penyusunan kurikulum operasional pada satuan paud berbasis kurikulum merdeka. Transformasi Dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 87-92.
  7. Pendergast, D., & Garvis, S. (Eds.). (2023). Teaching early years: Curriculum, pedagogy, and assessment (2nd ed.). Routledge.
  8. Winterbottom, C., Lake, V. E., & Malek-Lasater, A. (2024). Community-based transformational learning in early childhood settings: Integrating experiences of teachers, students, and the community. Routledge.

Pendukung :

  1. Harahap, E. (2022). Inovasi Kurikulum. Penerbit NEM.
  2. Li, P. H., & Chen, J. J. (2023). Embracing complexity and diversity: A vision of early childhood curriculum. SAGE Open, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.1177/20965311221141446
  3. Nuttall, J. (2022). Early childhood curriculum and learning frameworks. In M. A. Peters (Ed.), Encyclopedia of teacher education (pp. 521–525). Springer. https://doi.org/10.1007/978-981-16-8679-5_100
  4. Yang, W., Li, P. H., & Chen, J. J. (2023). Embracing complexity and diversity: A vision of early childhood curriculum. SAGE Open, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.1177/20965311221141446

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Hj. Rachma Hasibuan, M.Kes.

Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa memahami sebaran kajian pengembangan kurikulum PAUD

Mampu mengetahui sebaran kajian dalam pengembangan kurikulum

Kriteria:

Kedalaman RPS dan kontrak perkuliahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah dan tanya jawab
2 X 50

2 X 50
Materi: Hakekat dan Komponen dalam Kurikulum
Pustaka: Kostelnik, Marjory. 2000. Developmentally Appropriate Curriculum. New Jersey: Merril

Materi: Kurikulum PAUD
Pustaka: Carol. E. 1999. Early Childhood Curriculum. A Creative-Play Model. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Materi: Kurikulum PAUD
Pustaka: Essa, Eva L. 2003. Introduction To Earlychildhood Education. Canada: Thompson Delmar Learning.
3%

2

Minggu ke 2

Memahami pengertian, hakekat, fungsi dan peranan kurikulum PAUD

  1. Mahasiswa mampu memahami penngertian kurikulum PAUD
  2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi fungsi dan peranan kurikulum PAUD
Kriteria:
  1. Kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
  2. Kedalaman analisis jawaban

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
presentasi, diskusi, dan simulasi
2 X 50

2 X 50
Materi: Fungsi Kurikulum
Pustaka: Kostelnik, Marjory. 2000. Developmentally Appropriate Curriculum. New Jersey: Merril

Materi: definisi kurikulum PAUD
Pustaka: Idi, Abdullah. 2007. Pengembangan Kurikulum. Teori & Praktek. Yogyakarta: Ar Ruz Media
3%

3

Minggu ke 3

Memahami macam-macam model pengembangan kurikulum PAUD

  1. Memahami ragam model pengembangan kurikulum
  2. Mengidentifikasi model pengembangan kurikulum yang digunakan di lembaga
Kriteria:
  1. Kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
  2. Kedalaman analisis jawaban

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
presentasi, diskusi, dan tanya jawab
2 X 50

2 X 50
Materi: model pengembangan kurikulum
Pustaka: Carol. E. 1999. Early Childhood Curriculum. A Creative-Play Model. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
3%

4

Minggu ke 4

Menganalisis model-model pengembangan kurikulum PAUD

Analisis model-model pengembangan kurikulum PAUD di video maupun melalui studi lapangan

Kriteria:
  1. Kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
  2. Kedalaman analisis jawaban

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja

2 X 50
presentasi, diskusi, dan tanya jawab
2 X 50
Materi: Perubahan-perubahan Kurikulum di Indonesia
Pustaka: Idi, Abdullah. 2007. Pengembangan Kurikulum. Teori & Praktek. Yogyakarta: Ar Ruz Media

Materi: Model Kurikulum
Pustaka: Eliason, Claudia dan Jenkin, Loa. 1994. Practical Guide to Early Childhood Curriculum. New York: Merril Print of MacMillan, College. Diroktorat PAUD. 2015. Buku panduan kurikulum pendidikan anak usia dini apa, mengapa, dan bagaimana . Jakarta: Direktorat PAUD.
6%

5

Minggu ke 5

Menganalisis model-model pengembangan kurikulum PAUD

Menganalisis teori pengembangan yang digunakan dalam lembaga

Kriteria:
  1. Kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
  2. Kedalaman analisis jawaban

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan simulasi
2 X 50

2 X 50
Materi: Perubahan-perubahan Kurikulum di Indonesia
Pustaka: Idi, Abdullah. 2007. Pengembangan Kurikulum. Teori & Praktek. Yogyakarta: Ar Ruz Media

Materi: Model Kurikulum
Pustaka: Eliason, Claudia dan Jenkin, Loa. 1994. Practical Guide to Early Childhood Curriculum. New York: Merril Print of MacMillan, College. Diroktorat PAUD. 2015. Buku panduan kurikulum pendidikan anak usia dini apa, mengapa, dan bagaimana . Jakarta: Direktorat PAUD.
10%

6

Minggu ke 6

Melakukan presentasi hasil proyek

  1. Konten Presentasi
  2. Struktur Presentasi
  3. Keterampilan Komunikasi
Kriteria:
  1. Presentasi memiliki konten yang sangat informatif dan terorganisir dengan baik, disampaikan dengan keterampilan komunikasi yang sangat baik, serta visualisasi yang jelas dan mendukung
  2. Presentasi memiliki konten yang informatif dan terstruktur dengan baik, disampaikan dengan keterampilan komunikasi yang baik, serta visualisasi yang cukup jelas dan mendukung
  3. Presentasi memiliki konten yang cukup informatif, meskipun mungkin agak kurang terstruktur, disampaikan dengan keterampilan komunikasi yang cukup, dan visualisasi yang cukup memadai

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

2 X 50
presentasi, diskusi, dan tanya jawab
2 X 50
Materi: Model Kurikulum Kreatif di PAUD
Pustaka: Carol. E. 1999. Early Childhood Curriculum. A Creative-Play Model. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
10%

7

Minggu ke 7

Melakukan presentasi hasil proyek

  1. Konten Presentasi
  2. Struktur Presentasi
  3. Keterampilan Komunikasi
Kriteria:
  1. Presentasi memiliki konten yang sangat informatif dan terorganisir dengan baik, disampaikan dengan keterampilan komunikasi yang sangat baik, serta visualisasi yang jelas dan mendukung
  2. Presentasi memiliki konten yang informatif dan terstruktur dengan baik, disampaikan dengan keterampilan komunikasi yang baik, serta visualisasi yang cukup jelas dan mendukung
  3. Presentasi memiliki konten yang cukup informatif, meskipun mungkin agak kurang terstruktur, disampaikan dengan keterampilan komunikasi yang cukup, dan visualisasi yang cukup memadai

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan simulasi
2 X 50

2 X 50
Materi: Model Kurikulum Kreatif di PAUD
Pustaka: Carol. E. 1999. Early Childhood Curriculum. A Creative-Play Model. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
10%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Tengah Semester

Kriteria:

Mahasiswa mengerjakan Ujian Tengah Semester dengan baik


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes Sumatif
2 X 50
Tes Sumatif
Materi: Ujian Tengah Semester (UTS)
Pustaka: Hasibuan, R., Fitri, R., Maureen, I. Y., & Pratiwi, A. P. (2022). Penyusunan kurikulum operasional pada satuan paud berbasis kurikulum merdeka. Transformasi Dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 87-92.
5%

9

Minggu ke 9

Memahami konsep kurikulum merdeka

  1. Pembelajaran berdiferensiasi
  2. Konsep penyusunan KOSP
  3. Penyusunan Projek Pengenalan Profil Pelajar Pancasila
Kriteria:
  1. Proyek memiliki konten yang sangat informatif dan terorganisir dengan baik, disertai dengan presentasi yang menarik dan inovatif, serta keterlibatan aktif dalam diskusi.
  2. Proyek memiliki konten yang informatif dan terstruktur dengan baik, disertai dengan presentasi yang jelas dan berkesan, serta keterlibatan yang cukup dalam diskusi.
  3. Proyek memiliki konten yang cukup informatif, meskipun mungkin ada sedikit kekurangan dalam struktur atau presentasi, serta keterlibatan yang terbatas dalam diskusi.

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan simulasi
2 X 50
ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan simulasi
2 X 50
Materi: konsep kurikulum merdeka
Pustaka: Idi, Abdullah. 2007. Pengembangan Kurikulum. Teori & Praktek. Yogyakarta: Ar Ruz Media
3%

10

Minggu ke 10

Memahami konsep kurikulum merdeka

  1. Pembelajaran berdiferensiasi
  2. Konsep penyusunan KOSP
  3. Penyusunan Projek Pengenalan Profil Pelajar Pancasila
Kriteria:
  1. Proyek memiliki konten yang sangat informatif dan terorganisir dengan baik, disertai dengan presentasi yang menarik dan inovatif, serta keterlibatan aktif dalam diskusi.
  2. Proyek memiliki konten yang informatif dan terstruktur dengan baik, disertai dengan presentasi yang jelas dan berkesan, serta keterlibatan yang cukup dalam diskusi.
  3. Proyek memiliki konten yang cukup informatif, meskipun mungkin ada sedikit kekurangan dalam struktur atau presentasi, serta keterlibatan yang terbatas dalam diskusi.

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan simulasi
2 X 50
ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan simulasi
2 X 50
Materi: pengembangan kurikulum merdeka
Pustaka: Idi, Abdullah. 2007. Pengembangan Kurikulum. Teori & Praktek. Yogyakarta: Ar Ruz Media
3%

11

Minggu ke 11

Mengevaluasi implementasi kurikulum di lembaga PAUD.

  1. Kemampuan mahasiswa untuk memahami konsep dan nilai-nilai Pancasila yang relevan dengan profil pelajar PAUD
  2. Kualitas informasi yang disajikan dalam proyek, termasuk keakuratan, relevansi, dan ketepatan dalam menggambarkan profil pelajar Pancasila
  3. Tingkat kekreatifan dan inovasi dalam menyajikan profil pelajar Pancasila, seperti penggunaan pendekatan atau metode yang kreatif dan inovatif.
Kriteria:
  1. Proyek memiliki pemahaman konsep yang mendalam, informasi yang relevan dan akurat, kreativitas yang tinggi dalam penyajian, keterlibatan aktif komunitas PAUD, dan keterampilan presentasi yang sangat baik
  2. Proyek memiliki pemahaman konsep yang baik, informasi yang cukup relevan dan akurat, kreativitas yang memadai dalam penyajian, keterlibatan yang cukup dari komunitas PAUD, dan keterampilan presentasi yang baik.
  3. Proyek memiliki pemahaman konsep yang cukup, informasi yang cukup relevan meskipun mungkin ada beberapa kekurangan, kreativitas yang terbatas dalam penyajian, keterlibatan terbatas dari komunitas PAUD, dan keterampilan presentasi yang cukup

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan simulasi
2 X 50
ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan simulasi
2 X 50
Materi: penyusunan kurikulum KOSP
Pustaka: Eliason, Claudia dan Jenkin, Loa. 1994. Practical Guide to Early Childhood Curriculum. New York: Merril Print of MacMillan, College. Diroktorat PAUD. 2015. Buku panduan kurikulum pendidikan anak usia dini apa, mengapa, dan bagaimana . Jakarta: Direktorat PAUD.
3%

12

Minggu ke 12

Mengevaluasi implementasi kurikulum di lembaga PAUD.

  1. Kemampuan mahasiswa untuk memahami konsep dan nilai-nilai Pancasila yang relevan dengan profil pelajar PAUD
  2. Kualitas informasi yang disajikan dalam proyek, termasuk keakuratan, relevansi, dan ketepatan dalam menggambarkan profil pelajar Pancasila
  3. Tingkat kekreatifan dan inovasi dalam menyajikan profil pelajar Pancasila, seperti penggunaan pendekatan atau metode yang kreatif dan inovatif.
Kriteria:
  1. Proyek memiliki pemahaman konsep yang mendalam, informasi yang relevan dan akurat, kreativitas yang tinggi dalam penyajian, keterlibatan aktif komunitas PAUD, dan keterampilan presentasi yang sangat baik
  2. Proyek memiliki pemahaman konsep yang baik, informasi yang cukup relevan dan akurat, kreativitas yang memadai dalam penyajian, keterlibatan yang cukup dari komunitas PAUD, dan keterampilan presentasi yang baik.
  3. Proyek memiliki pemahaman konsep yang cukup, informasi yang cukup relevan meskipun mungkin ada beberapa kekurangan, kreativitas yang terbatas dalam penyajian, keterlibatan terbatas dari komunitas PAUD, dan keterampilan presentasi yang cukup

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan simulasi
2 X 50
ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan simulasi
2 X 50
Materi: penyusunan kurikulum KOSP
Pustaka: Eliason, Claudia dan Jenkin, Loa. 1994. Practical Guide to Early Childhood Curriculum. New York: Merril Print of MacMillan, College. Diroktorat PAUD. 2015. Buku panduan kurikulum pendidikan anak usia dini apa, mengapa, dan bagaimana . Jakarta: Direktorat PAUD.

Materi: penyusunan profil pelajar pancasila
Pustaka: Essa, Eva L. 2003. Introduction To Earlychildhood Education. Canada: Thompson Delmar Learning.
6%

13

Minggu ke 13

Membuat kurikulum KOSP

  1. Kemampuan mahasiswa untuk memahami konsep dan prinsip dasar dalam merancang kurikulum operasional tingkat satuan pendidikan untuk PAUD.
  2. Tingkat relevansi dan keterpaduan antara tujuan pembelajaran, metode pengajaran, penilaian, dan pengorganisasian kegiatan pembelajaran dalam kurikulum yang dibuat.
  3. Kemampuan mahasiswa untuk menghadirkan gagasan-gagasan kreatif dan inovatif dalam merancang kurikulum yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak usia dini
Kriteria:
  1. Kurikulum operasional menunjukkan pemahaman konsep yang mendalam, relevansi yang tinggi dengan kebutuhan dan karakteristik anak usia dini, kreativitas dan inovasi dalam penyusunan, penerapan prinsip pembelajaran aktif yang kuat, dan keterpaduan yang baik dengan konteks sekolah dan lingkungan.
  2. Kurikulum operasional menunjukkan pemahaman konsep yang baik, relevansi yang cukup dengan kebutuhan dan karakteristik anak usia dini, kreativitas dan inovasi yang memadai dalam penyusunan, penerapan prinsip pembelajaran aktif yang cukup, dan keterpaduan yang cukup dengan konteks sekolah dan lingkungan
  3. Kurikulum operasional menunjukkan pemahaman konsep yang cukup, relevansi yang terbatas dengan kebutuhan dan karakteristik anak usia dini, kreativitas dan inovasi yang terbatas dalam penyusunan, penerapan prinsip pembelajaran aktif yang terbatas, dan keterpaduan yang terbatas dengan konteks sekolah dan lingkungan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan simulasi
2 X 50

2 X 50
Materi: penyusunan kurikulum KOSP
Pustaka: Eliason, Claudia dan Jenkin, Loa. 1994. Practical Guide to Early Childhood Curriculum. New York: Merril Print of MacMillan, College. Diroktorat PAUD. 2015. Buku panduan kurikulum pendidikan anak usia dini apa, mengapa, dan bagaimana . Jakarta: Direktorat PAUD.

Materi: pengembangan kurikulum KOSP
Pustaka: Kostelnik, Marjory. 2000. Developmentally Appropriate Curriculum. New Jersey: Merril
10%

14

Minggu ke 14

Membuat kurikulum KOSP

  1. Kemampuan mahasiswa untuk memahami konsep dan prinsip dasar dalam merancang kurikulum operasional tingkat satuan pendidikan untuk PAUD.
  2. Tingkat relevansi dan keterpaduan antara tujuan pembelajaran, metode pengajaran, penilaian, dan pengorganisasian kegiatan pembelajaran dalam kurikulum yang dibuat.
  3. Kemampuan mahasiswa untuk menghadirkan gagasan-gagasan kreatif dan inovatif dalam merancang kurikulum yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak usia dini
Kriteria:
  1. Kurikulum operasional menunjukkan pemahaman konsep yang mendalam, relevansi yang tinggi dengan kebutuhan dan karakteristik anak usia dini, kreativitas dan inovasi dalam penyusunan, penerapan prinsip pembelajaran aktif yang kuat, dan keterpaduan yang baik dengan konteks sekolah dan lingkungan.
  2. Kurikulum operasional menunjukkan pemahaman konsep yang baik, relevansi yang cukup dengan kebutuhan dan karakteristik anak usia dini, kreativitas dan inovasi yang memadai dalam penyusunan, penerapan prinsip pembelajaran aktif yang cukup, dan keterpaduan yang cukup dengan konteks sekolah dan lingkungan
  3. Kurikulum operasional menunjukkan pemahaman konsep yang cukup, relevansi yang terbatas dengan kebutuhan dan karakteristik anak usia dini, kreativitas dan inovasi yang terbatas dalam penyusunan, penerapan prinsip pembelajaran aktif yang terbatas, dan keterpaduan yang terbatas dengan konteks sekolah dan lingkungan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan simulasi
2 X 50

2 X 50
Materi: penyusunan kurikulum KOSP
Pustaka: Idi, Abdullah. 2007. Pengembangan Kurikulum. Teori & Praktek. Yogyakarta: Ar Ruz Media
10%

15

Minggu ke 15

Membuat kurikulum KOSP

  1. Kemampuan mahasiswa untuk memahami konsep dan prinsip dasar dalam merancang kurikulum operasional tingkat satuan pendidikan untuk PAUD.
  2. Tingkat relevansi dan keterpaduan antara tujuan pembelajaran, metode pengajaran, penilaian, dan pengorganisasian kegiatan pembelajaran dalam kurikulum yang dibuat.
  3. Kemampuan mahasiswa untuk menghadirkan gagasan-gagasan kreatif dan inovatif dalam merancang kurikulum yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak usia dini
Kriteria:
  1. Kurikulum operasional menunjukkan pemahaman konsep yang mendalam, relevansi yang tinggi dengan kebutuhan dan karakteristik anak usia dini, kreativitas dan inovasi dalam penyusunan, penerapan prinsip pembelajaran aktif yang kuat, dan keterpaduan yang baik dengan konteks sekolah dan lingkungan.
  2. Kurikulum operasional menunjukkan pemahaman konsep yang baik, relevansi yang cukup dengan kebutuhan dan karakteristik anak usia dini, kreativitas dan inovasi yang memadai dalam penyusunan, penerapan prinsip pembelajaran aktif yang cukup, dan keterpaduan yang cukup dengan konteks sekolah dan lingkungan
  3. Kurikulum operasional menunjukkan pemahaman konsep yang cukup, relevansi yang terbatas dengan kebutuhan dan karakteristik anak usia dini, kreativitas dan inovasi yang terbatas dalam penyusunan, penerapan prinsip pembelajaran aktif yang terbatas, dan keterpaduan yang terbatas dengan konteks sekolah dan lingkungan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan simulasi
2 X 50

2 X 50
Materi: penyusunan kurikulum KOSP
Pustaka: Idi, Abdullah. 2007. Pengembangan Kurikulum. Teori & Praktek. Yogyakarta: Ar Ruz Media
10%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

Mahasiswa mengerjakan Ujian Akhir Semester

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes Sumatif
2 X 50

2 X 50
Materi: Ujian Akhir Semester
Pustaka: Hasibuan, R., Fitri, R., Maureen, I. Y., & Pratiwi, A. P. (2022). Penyusunan kurikulum operasional pada satuan paud berbasis kurikulum merdeka. Transformasi Dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 87-92.
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 45.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 21.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 23%
4. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.