Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Musik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis & Kritik Musik

9122102002

T=2

P=0

ECTS=3.18

5

12 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dhani Kristiandri, S.Pd., M.Sn.




Dhani Kristiandri, S.Pd., M.Sn.




Agus Suwahyono, S.Sn., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memiliki sikap disiplin dan tanggung jawab yang tinggi dalam Kritik Musik

PO - 2

Memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mendukung perancangan dan pelaksanaan perkuliahan Kritik Musik meliputi studi pustaka untuk mendapatkan data bentuk bentuk model Kritik Musik , melakukan browsing internet untuk mendapatkan

PO - 3

Merancang/ menyusun/ mendiskusikan/ mempresentasikan/ bentuk pola-pola baru dalam Kritik Musik .

PO - 4

Memiliki pengetahuan tentang Kritik Musik , ketrampilan Kritik Musik dengan berbagai macam teknik Kritik Musik, serta dapat menyajikan lagu untuk latihan Kritik Musik di depan kelas.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini merupakan penguasaan pengetahuan dan keterampilan menulis kritik karya musik secara estetis, ekspresi dan interpretasi. Pembahasan diawali dengan memahami pengertian kritik seni musik, kemudian menginterpretasikan karya seni musik , selanjutnya menuangkannya ke dalam tulisan.

Pustaka

Utama :

  1. Harjana, Suka. 2004. Musik antara Kritik dan Seni. Jakarta: Buku Kompas
  2. Noth, Winfried. 1990. Handbook of Semiotics. USA: The Association of American University Press.
  3. Sumardjo, Jakob. 2000. Filsafat Seni. Bandung: ITB.
  4. Sumardjo, Jacob. 2006. Estetika Paradoks. Bandung: Sunan Ambu Press.
  5. Sachari, Agus. 2002. Estetika(Makna, symbol dan Daya). Bandung: ITB.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

    Mahasiswa mampu menjelaskan kembali pengertian kritik seni musik

    Kriteria:

    Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    LurinCeramah dan tanya jawab mengenai tujuan dan pengertian Kritik Musik.g
    Luring
    Materi: Kritik Seni
    Pustaka: Harjana, Suka. 2004. Musik antara Kritik dan Seni. Jakarta: Buku Kompas
    5%

    2

    Minggu ke 2

    Memahami tujuan mata kuliah kritik seni musik dan menjelaskan pengertian kritik seni musik

    Mahasiswa mampu menjelaskan kembali pengertian kritik seni musik

    Kriteria:

    Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring
    Luring
    Materi: Kritik Seni
    Pustaka: Harjana, Suka. 2004. Musik antara Kritik dan Seni. Jakarta: Buku Kompas
    5%

    3

    Minggu ke 3

    Memahami tujuan mata kuliah kritik seni musik dan menjelaskan pengertian kritik seni musik

    Mahasiswa mampu menjelaskan kembali pengertian kritik seni musik

    Kriteria:

    Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring
    Luring
    Materi: Kritik Seni
    Pustaka: Harjana, Suka. 2004. Musik antara Kritik dan Seni. Jakarta: Buku Kompas
    5%

    4

    Minggu ke 4

    Memahami tujuan mata kuliah kritik seni musik dan menjelaskan pengertian kritik seni musik

    Mahasiswa mampu menjelaskan kembali pengertian kritik seni musik

    Kriteria:

    Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring
    Luring
    Materi: Kritik Seni
    Pustaka: Harjana, Suka. 2004. Musik antara Kritik dan Seni. Jakarta: Buku Kompas
    5%

    5

    Minggu ke 5

    Memahami tujuan mata kuliah kritik seni musik dan menjelaskan pengertian kritik seni musik

    Mahasiswa mampu menjelaskan kembali pengertian kritik seni musik

    Kriteria:

    Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring
    Luring
    Materi: Kritik Seni
    Pustaka: Harjana, Suka. 2004. Musik antara Kritik dan Seni. Jakarta: Buku Kompas
    5%

    6

    Minggu ke 6

    Memahami tujuan mata kuliah kritik seni musik dan menjelaskan pengertian kritik seni musik

    Mahasiswa mampu menjelaskan kembali pengertian kritik seni musik

    Kriteria:

    Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring
    Luring
    Materi: Kritik Seni
    Pustaka: Harjana, Suka. 2004. Musik antara Kritik dan Seni. Jakarta: Buku Kompas
    5%

    7

    Minggu ke 7

    Memahami tujuan mata kuliah kritik seni musik dan menjelaskan pengertian kritik seni musik

    Mahasiswa mampu menjelaskan kembali pengertian kritik seni musik

    Kriteria:

    Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring
    Luring
    Materi: Kritik Seni
    Pustaka: Harjana, Suka. 2004. Musik antara Kritik dan Seni. Jakarta: Buku Kompas
    5%

    8

    Minggu ke 8

    Memahami tujuan mata kuliah kritik seni musik dan menjelaskan pengertian kritik seni musik

    Mahasiswa mampu menjelaskan kembali pengertian kritik seni musik

    Kriteria:

    Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Portofolio
    Luring
    Luring
    Materi: Kritik Seni
    Pustaka: Harjana, Suka. 2004. Musik antara Kritik dan Seni. Jakarta: Buku Kompas
    10%

    9

    Minggu ke 9

    Memahami tujuan mata kuliah kritik seni musik dan menjelaskan pengertian kritik seni musik

    Mahasiswa mampu menjelaskan kembali pengertian kritik seni musik

    Kriteria:

    Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring
    Luring
    Materi: Kritik Seni
    Pustaka: Harjana, Suka. 2004. Musik antara Kritik dan Seni. Jakarta: Buku Kompas
    5%

    10

    Minggu ke 10

    Memahami tujuan mata kuliah kritik seni musik dan menjelaskan pengertian kritik seni musik

    Mahasiswa mampu menjelaskan kembali pengertian kritik seni musik

    Kriteria:

    Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring
    Luring
    Materi: Kritik Seni
    Pustaka: Harjana, Suka. 2004. Musik antara Kritik dan Seni. Jakarta: Buku Kompas
    5%

    11

    Minggu ke 11

    Memahami tujuan mata kuliah kritik seni musik dan menjelaskan pengertian kritik seni musik

    Mahasiswa mampu menjelaskan kembali pengertian kritik seni musik

    Kriteria:

    Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring
    Luring
    Materi: Kritik Seni
    Pustaka: Harjana, Suka. 2004. Musik antara Kritik dan Seni. Jakarta: Buku Kompas
    5%

    12

    Minggu ke 12

    Memahami tujuan mata kuliah kritik seni musik dan menjelaskan pengertian kritik seni musik

    Mahasiswa mampu menjelaskan kembali pengertian kritik seni musik

    Kriteria:

    Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring
    Luring
    Materi: Kritik Seni
    Pustaka: Harjana, Suka. 2004. Musik antara Kritik dan Seni. Jakarta: Buku Kompas
    5%

    13

    Minggu ke 13

    Memahami tujuan mata kuliah kritik seni musik dan menjelaskan pengertian kritik seni musik

    Mahasiswa mampu menjelaskan kembali pengertian kritik seni musik

    Kriteria:

    Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring
    Luring
    Materi: Kritik Seni
    Pustaka: Harjana, Suka. 2004. Musik antara Kritik dan Seni. Jakarta: Buku Kompas
    5%

    14

    Minggu ke 14

    Memahami tujuan mata kuliah kritik seni musik dan menjelaskan pengertian kritik seni musik

    Mahasiswa mampu menjelaskan kembali pengertian kritik seni musik

    Kriteria:

    Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring
    Luring
    Materi: Kritik Seni
    Pustaka: Harjana, Suka. 2004. Musik antara Kritik dan Seni. Jakarta: Buku Kompas
    5%

    15

    Minggu ke 15

    Memahami tujuan mata kuliah kritik seni musik dan menjelaskan pengertian kritik seni musik

    Mahasiswa mampu menjelaskan kembali pengertian kritik seni musik

    Kriteria:

    Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring
    Luring
    Materi: Kritik Seni
    Pustaka: Harjana, Suka. 2004. Musik antara Kritik dan Seni. Jakarta: Buku Kompas
    5%

    16

    Minggu ke 16

    Memahami tujuan mata kuliah kritik seni musik dan menjelaskan pengertian kritik seni musik

    Mahasiswa mampu menjelaskan kembali pengertian kritik seni musik

    Kriteria:

    Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
    Luring
    Luring
    Materi: Kritik Seni
    Pustaka: Harjana, Suka. 2004. Musik antara Kritik dan Seni. Jakarta: Buku Kompas
    20%



    Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 80%
    2. Penilaian Portofolio 20%
    100%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.