
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Perkembangan Anak Usia Dini |
8620703248 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
1 |
1 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Eka Cahya Maulidiyah, M.Pd.
|
Muhammad Reza, S.Psi, M.Si.
|
KARTIKA RINAKIT ADHE |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-8 |
Menguasai tahap perkembangan, konsep hidup sehat, dan teknik pengasuhan untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami secara mendalam prinsip-prinsip perkembangan fisik, kognitif, sosio-emosional, dan bahasa pada anak usia dini, serta mampu mengaitkan prinsip-prinsip ini dalam merancang dan melaksanakan program pendidikan.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menguasai beragam strategi pengajaran yang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini, termasuk penggunaan pendekatan bermain, pembelajaran berbasis proyek, dan penggunaan media pembelajaran yang tepat.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan pemikiran logis untuk memahami secara mendalam konsep-konsep perkembangan fisik, kognitif, sosio-emosional, dan bahasa pada anak usia dini, serta menggunakan pemikiran kritis untuk mengevaluasi berbagai teori dan penelitian terkait.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menguasai berbagai teknik pengasuhan yang didukung oleh bukti ilmiah, termasuk teknik pemberian stimulasi, pemberian dukungan emosional, dan pembentukan kebiasaan yang positif.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-8 | | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-2 | ✔ | ✔ | | | | | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | | | | | PO-3 | | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | ✔ | ✔ | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | | | | ✔ | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji tentang pola pertumbuhan dan perkembangan AUD ditinjau dari aspek fisik, phsikis, sosial, permasalahan, dan penanganannya serta membahas juga tentang kajian neurosains dalam tumbuh kembang anak. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Hurlock, Elizabeth. 2008. Perkembangan. Jakarta: Airlangga.
- Benokraitis, Nijole V. 2011. Marriages & Families . New York: Pearson.
- Santrock, John W. . 2009. Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Airlangga..
- Engel, Joyce K. 2006. Pocket Guide Series Pediatric Assessment . Missouri: Mosby Elsevier.
- Byrd-Bredbenner, Carol, dkk. 2009. Wardlaw’s Perspectives in Nutrition Eighth Edition . New York: Higher Education.
- Hay, William W, dkk. 2011. Current Diagnosis & Treatment Pediatric 20th Edition . New York: Mc Graw Hill Lange.
- Illingworth, Ronald S. 1979. The Normal Child (Some Problems of The Early Years and Their Treatment) . New York: Churchill Livingstone.
|
Pendukung : |
|
- Azizah, C., Hasanah, U., Komalasari, D., Saroinsong, W. P., & Ningrum, M. A. (2022). Pengembangan Permainan Engklek Kucing (ENGCI) untuk Menstimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(2), 208–219. https://doi.org/10.29062/SELING.V8I2.1235
- Hasibuan, R., & Ningrum, M. A. (2016). Pengaruh Bermain Outdoor Dan Kegiatan Finger Painting Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 1(1), 73-81.
- Ningrum, M. A., & Wardhani, A. M. R. (2021). Pengembangan Buku Panduan Anti-Bullying untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(3), 131-142.
- Ningrum, M. A., Hasibuan, R., & Fitri, R. (2023). PAUD holistik integratif berdimensi profil pelajar Pancasila. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 563-574.
- Ningrum, M. A., Lischa, D. C. N. N., & Maziyatul, H. (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Halang Rintang pada Anak Usia Dini. Jurnal obsesi: jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5133-5142.
- Nursalim, M., Sujarwananto, M. P., Yuliana, I., Rifayanti, Z. E. T., Jannah, N. L., Adhe, K. R., ... & M Bambang Edi Siswanto, M. (2022). Antologi Neurosains dalam Pendidikan. Jakad Media Publishing.
- Fitri, R., Reza, M., & Ningrum, M. A. (2020). Instrumen kesiapan belajar: asesmen non-tes untuk mengukur kesiapan belajar anak usia dini dalam perspektif neurosains. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 1(1), 17-32.
- Ningrum, M. A., Maulidiyah, E. C., & Khotimah, N. (2020). Pelatihan Pembuatan Fun Games bagi Guru PAUD di Kabupaten Jombang Jawa Timur. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(3), 724-732.
|
Dosen Pengampu
|
Muhammad Reza, S.Psi., M.Si. Wulan Patria Saroinsong, S.Psi., M.Pd., Ph.D. Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. Dhian Gowinda Luh Safitri, S.Pd., M.Ed. Melia Dwi Widayanti, M.Pd. Novi Anggraeni, S.Pd., M.Pd. Fatiha Khoirotunnisa Elfahmi , S.Pd., M.Ed., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pemahaman tentang pola pertumbuhan dan perkembangan AUD |
- Mendefinisikan pengertian AUD
- Menjelaskan pola pertumbuhan dan perkembangan AUD
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak menyimak penjelasan dosen dengan baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kolaboratif 3 X 50 |
|
Materi: konsep perkembangan anak Pustaka: Hurlock, Elizabeth. 2008. Perkembangan. Jakarta: Airlangga. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu memahami prinsip-prinsip perkembangan AUD |
- Mendiskusikan prinsip-prinsip perkembangan AUD
- Mengemukakan pentingnya tumbuh kembang AUD
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak menjawab dan memahami pertanyaan dengan baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kolaboratif 3 X 50 |
|
Materi: prinsip perkembangan anak Pustaka: Santrock, John W. . 2009. Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Airlangga.. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memahami pertumbuhan dan perkembangan prenatal |
- Menganalisis tahap pertumbuhan prenatal
- Menganalisis tahap perkembangan prenatal
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak menyimak penjelasan dosen dengan baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Saintifik 3 X 50 |
|
Materi: perkembangan anak dalam kandungan Pustaka: Hurlock, Elizabeth. 2008. Perkembangan. Jakarta: Airlangga. |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu memahami perkembangan prenatal dan pascanatal |
- Menjelaskan pentingnya perkembangan prenatal
- Mengemukakan pentingnya perkembangan pascanatal
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak menyimak penjelasan dosen dengan baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Saintifik 3 X 50 |
|
Materi: perkembangan anak dalam kandungan Pustaka: Hurlock, Elizabeth. 2008. Perkembangan. Jakarta: Airlangga. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu memahami pertumbuhan dan perkembangan otak AUD |
- Mengemukakan pentingnya memahami pertumbuhan dan perkembangan otak AUD
- Menjelaskan struktur dan fungsi otak
- Menjelaskan stimulasi yang tepat terhadap pertumbuhan dan perkembangan otak AUD
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak menyimak penjelasan dosen dengan baik
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Saintifik 3 X 50 |
|
Materi: perkembangan anak Pustaka: Santrock, John W. . 2009. Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Airlangga.. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu memahami pertumbuhan dan perkembangan perinatal (ketika dilahirkan) |
Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan perinatal (ketika dilahirkan) |
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak menyimak penjelasan dosen dengan baik
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Saintifik 3 X 50 |
|
Materi: perkembangan anak Pustaka: Hurlock, Elizabeth. 2008. Perkembangan. Jakarta: Airlangga. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu mengkaji pertumbuhan dan perkembangan anak yang diberi ASI dan susu formula |
- Mengidentifikasi pertumbuhan dan perkembangan anak yang diberi ASI
- Mengidentifikasi pertumbuhan dan perkembangan anak yang diberi susu formula
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak menjawab dan memahami pertanyaan dengan baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Saintifik 3 X 50 |
|
Materi: kesehatan dan gizi anak Pustaka: Byrd-Bredbenner, Carol, dkk. 2009. Wardlaw’s Perspectives in Nutrition Eighth Edition . New York: Higher Education. |
10% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu mengerjakan ujian tengah semester |
Mahasiswa mampu mengerjakan ujian tengah semester dengan baik |
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan tes tulis dengan lengkap dan dianalisis
- 2 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan tes tulis dengan cukup lengkap dan dianalisis
- 1 = Mahasiswa menjawab dan memahami pertanyaan tes tulis, namun tidak lengkap dan tidak dianalisis
Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian Tulis 3 X 50 |
|
Materi: permasalahan anak usia dini Pustaka: Illingworth, Ronald S. 1979. The Normal Child (Some Problems of The Early Years and Their Treatment) . New York: Churchill Livingstone. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu mengkaji pertumbuhan dan perkembangan anak yang orangtua sibuk bekerja dan orangtua yang memiliki banyak waktu di rumah |
- Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan anak yang orangtuanya sibuk bekerja
- Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan anak yang orangtuanya memiliki banyak waktu di rumah
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak menjawab dan memahami pertanyaan dengan baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Saintifik 3 X 50 |
|
Materi: perkembangan Pustaka: Hurlock, Elizabeth. 2008. Perkembangan. Jakarta: Airlangga. |
2% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu mengkaji pertumbuhan dan perkembangan anak yang dimasukkan ke lembaga PAUD dan yang tidak dimasukkan ke lembaga PAUD |
- Mengemukakan pertumbuhan dan perkembangan anak yang dimasukkan ke lembaga PAUD
- Mengemukakan pertumbuhan dan perkembangan anak yang tidak dimasukkan ke lembaga PAUD
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Humanistik 3 X 50 |
|
Materi: permasalahana anak Pustaka: Benokraitis, Nijole V. 2011. Marriages & Families . New York: Pearson. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu mengkaji karakteristik perkembangan fisik motorik AUD, permasalahan yang dialami beserta penanganannya |
- Mengidentifikasi karakteristik perkembangan fisik motorik AUD
- Menjelaskan permasalahan fisik motorik AUD
- Menjelaskan penanganan yang tepat bagi permasalahan fisik motorik AUD
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Case Study 3 X 50 |
|
Materi: permasalahan anak Pustaka: Illingworth, Ronald S. 1979. The Normal Child (Some Problems of The Early Years and Their Treatment) . New York: Churchill Livingstone. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu mengkaji karakteristik perkembangan kognitif AUD, permasalahan yang dialami beserta penanganannya |
- Mengidentifikasi karakteristik perkembangan kognitif AUD
- Menjelaskan permasalahan kognitif AUD
- Menjelaskan penanganan yang tepat bagi permasalahan kognitif AUD
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Saintifik, Humanistik 3 X 50 |
|
Materi: perkembangan kognitif Pustaka: Santrock, John W. . 2009. Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Airlangga.. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu mengkaji karakteristik perkembangan bahasa AUD, permasalahan yang dialami beserta penanganannya |
- Mengidentifikasi karakteristik perkembangan bahasa AUD
- Menjelaskan permasalahan bahasa AUD
- Menjelaskan penanganan yang tepat bagi permasalahan bahasa AUD
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Saintifik, Humanistik 3 X 50 |
|
Materi: permasalahan anak Pustaka: Engel, Joyce K. 2006. Pocket Guide Series Pediatric Assessment . Missouri: Mosby Elsevier. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu mengkaji karakteristik perkembangan sosial emosi AUD, permasalahan yang dialami beserta penanganannya |
- Mengidentifikasi karakteristik perkembangan sosial emosi AUD
- Menjelaskan permasalahan sosial emosi AUD
- Menjelaskan penanganan yang tepat bagi permasalahan sosial emosi AUD
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Saintifik, Humanistik 3 X 50 |
|
Materi: permasalahan anak Pustaka: Azizah, C., Hasanah, U., Komalasari, D., Saroinsong, W. P., & Ningrum, M. A. (2022). Pengembangan Permainan Engklek Kucing (ENGCI) untuk Menstimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(2), 208–219. https://doi.org/... |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu mengkaji karakteristik perkembangan moral agama AUD, permasalahan yang dialami beserta penanganannya |
- Mengidentifikasi karakteristik perkembangan moral agama AUD
- Menjelaskan permasalahan moral agama AUD
- Menjelaskan penanganan yang tepat bagi permasalahan moral agama AUD
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Saintifik, Humanistik 3 X 50 |
|
Materi: permasalahan anak Pustaka: Engel, Joyce K. 2006. Pocket Guide Series Pediatric Assessment . Missouri: Mosby Elsevier. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu mengerjakan soal US |
Mahasiswa mampu mengerjakan soal US |
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan tes tulis dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan tes tulis dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak mampu menjawab dan memahami pertanyaan tes tulis dengan baik
Bentuk Penilaian : Tes |
Saintifik 3 X 50 |
|
Materi: perkembangan anak Pustaka: Hurlock, Elizabeth. 2008. Perkembangan. Jakarta: Airlangga. Materi: PAUD Holistik Integratif Pustaka: Ningrum, M. A., Hasibuan, R., & Fitri, R. (2023). PAUD holistik integratif berdimensi profil pelajar Pancasila. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 563-574. |
15% |