
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Matematika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Praktik Pengalaman Lapangan (Field Study) |
8410202182 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
3 |
2 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Agung Lukito, M.S.
|
Dr. Agung Lukito, M.S.
|
AGUNG LUKITO |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-7 |
Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika yang efektif dan inovatif |
PLO-8 |
Mampu mengerjakan suatu masalah yang kompleks dalam matematika dan pendidikan matematika, mempresentasikan, dan mendiskusikan hasilnya secara ilmiah baik secara lisan maupun tertulis. |
PLO-9 |
Mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi secara mandiri dan kritis penelitian pendidikan matematika kontemporer |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu mendemonstrasikan pengetahuan yang diperoleh dari bagian awal program dan merefleksikan bagaimana pengetahuan ini diterapkan dan/atau ditingkatkan melalui praktik pengalaman lapangan
|
PO - 2 |
Mampu mendemonstrasikan pengetahuan menyeluruh tentang kegiatan dan prosedur kerja organisasi tempat praktik pengalaman lapangan berlangsung
|
PO - 3 |
Mampu menghubungkan pengetahuan akademik dengan kegiatan yang dilakukan selama praktik pengalaman lapangan
|
PO - 4 |
Mampu memilih dan menerapkan teori dan metode yang relevan untuk mengkonsolidasikan pengetahuan yang diperoleh selama praktik pengalaman lapangan
|
PO - 5 |
Mampu merancang, mengembangkan, dan menyajikan kajian mandiri baik secara lisan maupun tulisan
|
PO - 6 |
Mampu merefleksikan bagaimana pengetahuan dan pengalaman yang terakumulasi selama praktik pengalaman lapangan dapat menginformasikan penelitian akademis lebih lanjut
|
PO - 7 |
Berkolaborasi dan bertanggung jawab secara profesional dan etis dalam menyelesaikan tugas praktik pengalaman lapangan
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-9 | PO-1 | | | ✔ | | PO-2 | | | ✔ | | PO-3 | | ✔ | | | PO-4 | | ✔ | | | PO-5 | | ✔ | | | PO-6 | | | | ✔ | PO-7 | ✔ | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | ✔ | ✔ | PO-6 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Praktek Kerja Lapangan (field work study) adalah kegiatan belajar dan mengajar untuk memahami (to insight) paradigma ilmu, mengimplementasikan teori dan penggunaan metodologi sosiologi yang dilaksanakan pada latar alamiah (natural backward) obyek ilmu sosiologi, yang disesuaikan matakuliah yang diasuh berdasarkan kurikulum Program Studi.
Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menghabiskan satu semester dalam organisasi yang relevan dengan pendidikan matematika. Selama semester itu mahasiswa terus terlibat dalam kegiatan organisasi yang menyelenggarakan praktik pengalaman lapangan, bekerja dengan tugas-tugas yang relevan terkait dengan pendidikan matematika. Mahasiswa dibimbing dan didukung oleh pembimbing yang ditunjuk oleh organisasi tempat praktik pengalaman lapangan berlangsung. Berjalan paralel dengan praktik pengalaman lapangan ini, kuliah ini mengundang mahasiswa untuk merefleksikan sinergi antara pengetahuan yang diperoleh di bagian awal program pendidikan dan pengalamannya selama praktik pengalaman lapangan. Sebagai bagian dari kuliah, mahasiswa juga menerima panduan tentang cara merancang dan mengembangkan kajian mandiri. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Universitas Negeri Surabaya. (2024). Pedoman tugas akhir Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: UNESA Press.
- Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2017). Research methods in education (8th ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315456539
- Creswell, J. W., & Guetterman, T. C. (2019). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (6th ed.). Pearson.
- Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (6th ed.). SAGE Publications.
|
Pendukung : |
|
- Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2021). The systematic design of instruction (9th ed.). Pearson.
- Panduan Praktik Lapangan UNESA (2024)
|
Dosen Pengampu
|
RINI SETIANINGSIH ISMAIL Dr. Ismail, M.Pd. Dr. Ismail, M.Pd. Dr. Rini Setianingsih, M.Kes. Dr. Rini Setianingsih, M.Kes. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Orientasi awal praktik lapangan |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang pengertian media pembelajaran |
Kriteria:
Kehadiran penuh, partisipasi aktif dalam diskusi orientasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik Lapangan, Observasi 2 x 50 menit |
|
Materi: Pengenalan instansi/organisasi dan aturan kerja Pustaka: Panduan Praktik Lapangan UNESA (2024) |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Refleksi pengetahuan awal |
Mampu mengidentifikasi keterkaitan pengetahuan awal dengan praktik |
Kriteria:
Refleksi tertulis relevan dan logis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, Praktik Lapangan 2 x 50 menit |
|
Materi: . Pustaka: Creswell, J. W., & Guetterman, T. C. (2019). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (6th ed.). Pearson. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Identifikasi prosedur kerja instansi |
Menjelaskan prosedur kerja utama di instansi |
Kriteria:
Deskripsi alur kerja runtut dan akurat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Observasi, Praktik Lapangan 2 x 50 menit |
|
Materi: . Pustaka: Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2017). Research methods in education (8th ed.). Routledge. https://doi.org/... |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Penerapan prosedur kerja |
Melaksanakan prosedur sesuai arahan |
Kriteria:
Pelaksanaan sesuai SOP instansi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Praktik Lapangan 2 x 50 menit |
|
Materi: . Pustaka: Panduan Praktik Lapangan UNESA (2024) |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Analisis keterkaitan teori dan praktik |
Memberikan contoh keterkaitan teori dengan praktik |
Kriteria:
Minimal 2 contoh relevan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, Observasi 2 x 50 menit |
|
Materi: . Pustaka: Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2021). The systematic design of instruction (9th ed.). Pearson. |
18% |
6
Minggu ke 6 |
Studi kasus praktik |
Mampu menyelesaikan kasus dengan mengaitkan teori |
Kriteria:
Solusi argumentatif dan tepat Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Praktik Lapangan, Diskusi 2 x 50 menit |
|
Materi: . Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (6th ed.). SAGE Publications. |
0% |
7
Minggu ke 7 |
Pemilihan metode kerja |
Menentukan metode sesuai konteks |
Kriteria:
Pemilihan metode logis dan realistis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, Praktik Lapangan 2 x 50 menit |
|
Materi: . Pustaka: Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2017). Research methods in education (8th ed.). Routledge. https://doi.org/... |
14% |
8
Minggu ke 8 |
Implementasi metode kerja |
Penerapan metode efektif dan sesuai prosedur |
Kriteria:
Hasil kerja sesuai target Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Praktik Lapangan 2 x 50 menit |
|
Materi: . Pustaka: Panduan Praktik Lapangan UNESA (2024) |
0% |
9
Minggu ke 9 |
Penyusunan kajian mandiri awal |
Laporan awal tersusun dengan sistematis |
Kriteria:
Struktur sesuai format akademik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penugasan Mandiri 2 x 50 menit |
|
Materi: . Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (6th ed.). SAGE Publications. |
0% |
10
Minggu ke 10 |
Presentasi hasil sementara |
Penyajian lisan jelas dan runtut |
Kriteria:
Komunikasi efektif dan isi tepat Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi kajian mandiri secara lisan 2 x 50 menit |
|
Materi: . Pustaka: Universitas Negeri Surabaya. (2024). Pedoman tugas akhir Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: UNESA Press. |
27% |
11
Minggu ke 11 |
Refleksi awal |
Refleksi memuat pengalaman dan pembelajaran |
Kriteria:
Analisis kritis dan mendalam Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Refleksi Individu (Catatan reflektif praktik yang sudah dijalani) 2 x 50 menit |
|
Materi: . Pustaka: Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2021). The systematic design of instruction (9th ed.). Pearson. |
0% |
12
Minggu ke 12 |
Integrasi refleksi dengan penelitian |
Mengidentifikasi topik penelitian relevan |
Kriteria:
Topik spesifik dan terhubung praktik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, Penugasan (Potensi topik penelitian dari praktik) 2 x 50 menit |
|
Materi: . Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (6th ed.). SAGE Publications. |
0% |
13
Minggu ke 13 |
Kolaborasi tim |
Kerja sama aktif dan kontribusi nyata |
Kriteria:
Partisipasi seimbang antar anggota Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Praktik Lapangan 2 x 50 menit |
|
Materi: . Pustaka: Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2017). Research methods in education (8th ed.). Routledge. https://doi.org/... |
21% |
14
Minggu ke 14 |
Etika profesional |
Menunjukkan sikap profesional |
Kriteria:
Tidak melanggar etika kerja Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Praktik Lapangan, Observasi (Penerapan sikap etis dalam praktik) 2 x 50 menit |
|
Materi: . Pustaka: Panduan Praktik Lapangan UNESA (2024) |
0% |
15
Minggu ke 15 |
Finalisasi laporan praktik |
Laporan akhir lengkap dan sistematis |
Kriteria:
Sesuai format akademik dan instruksi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penugasan Mandiri (Penyusunan laporan akhir) 2 x 50 menit |
|
Materi: . Pustaka: Universitas Negeri Surabaya. (2024). Pedoman tugas akhir Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: UNESA Press. |
0% |
16
Minggu ke 16 |
Seminar akhir praktik |
Presentasi runtut, argumentatif, menjawab pertanyaan dengan baik |
Kriteria:
Komunikasi profesional, isi valid dan berbobot Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, Diskusi (Presentasi laporan akhir) 2 x 50 menit |
|
Materi: . Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (6th ed.). SAGE Publications. |
0% |