Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Matematika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Praktik Pengalaman Lapangan (Field Study)

8410202182

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

3

2 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Agung Lukito, M.S.




Dr. Agung Lukito, M.S.




AGUNG LUKITO

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-7

Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika yang efektif dan inovatif

PLO-8

Mampu mengerjakan suatu masalah yang kompleks dalam matematika dan pendidikan matematika, mempresentasikan, dan mendiskusikan hasilnya secara ilmiah baik secara lisan maupun tertulis.

PLO-9

Mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi secara mandiri dan kritis penelitian pendidikan matematika kontemporer

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu mendemonstrasikan pengetahuan yang diperoleh dari bagian awal program dan merefleksikan bagaimana pengetahuan ini diterapkan dan/atau ditingkatkan melalui praktik pengalaman lapangan

PO - 2

Mampu mendemonstrasikan pengetahuan menyeluruh tentang kegiatan dan prosedur kerja organisasi tempat praktik pengalaman lapangan berlangsung

PO - 3

Mampu menghubungkan pengetahuan akademik dengan kegiatan yang dilakukan selama praktik pengalaman lapangan

PO - 4

Mampu memilih dan menerapkan teori dan metode yang relevan untuk mengkonsolidasikan pengetahuan yang diperoleh selama praktik pengalaman lapangan

PO - 5

Mampu merancang, mengembangkan, dan menyajikan kajian mandiri baik secara lisan maupun tulisan

PO - 6

Mampu merefleksikan bagaimana pengetahuan dan pengalaman yang terakumulasi selama praktik pengalaman lapangan dapat menginformasikan penelitian akademis lebih lanjut

PO - 7

Berkolaborasi dan bertanggung jawab secara profesional dan etis dalam menyelesaikan tugas praktik pengalaman lapangan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-7PLO-8PLO-9
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   
PO-6   
PO-7   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Praktek Kerja Lapangan (field work study) adalah kegiatan belajar dan mengajar untuk memahami (to insight) paradigma ilmu, mengimplementasikan teori dan penggunaan metodologi sosiologi yang dilaksanakan pada latar alamiah (natural backward) obyek ilmu sosiologi, yang disesuaikan matakuliah yang diasuh berdasarkan kurikulum Program Studi. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menghabiskan satu semester dalam organisasi yang relevan dengan pendidikan matematika. Selama semester itu mahasiswa terus terlibat dalam kegiatan organisasi yang menyelenggarakan praktik pengalaman lapangan, bekerja dengan tugas-tugas yang relevan terkait dengan pendidikan matematika. Mahasiswa dibimbing dan didukung oleh pembimbing yang ditunjuk oleh organisasi tempat praktik pengalaman lapangan berlangsung. Berjalan paralel dengan praktik pengalaman lapangan ini, kuliah ini mengundang mahasiswa untuk merefleksikan sinergi antara pengetahuan yang diperoleh di bagian awal program pendidikan dan pengalamannya selama praktik pengalaman lapangan. Sebagai bagian dari kuliah, mahasiswa juga menerima panduan tentang cara merancang dan mengembangkan kajian mandiri.

Pustaka

Utama :

  1. Universitas Negeri Surabaya. (2024). Pedoman tugas akhir Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: UNESA Press.
  2. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2017). Research methods in education (8th ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315456539
  3. Creswell, J. W., & Guetterman, T. C. (2019). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (6th ed.). Pearson.
  4. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (6th ed.). SAGE Publications.

Pendukung :

  1. Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2021). The systematic design of instruction (9th ed.). Pearson.
  2. Panduan Praktik Lapangan UNESA (2024)

Dosen Pengampu

RINI SETIANINGSIH

ISMAIL

Dr. Ismail, M.Pd.

Dr. Ismail, M.Pd.

Dr. Rini Setianingsih, M.Kes.

Dr. Rini Setianingsih, M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Orientasi awal praktik lapangan

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang pengertian media pembelajaran

Kriteria:

Kehadiran penuh, partisipasi aktif dalam diskusi orientasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan, Observasi
2 x 50 menit

Materi: Pengenalan instansi/organisasi dan aturan kerja
Pustaka: Panduan Praktik Lapangan UNESA (2024)
5%

2

Minggu ke 2

Refleksi pengetahuan awal

Mampu mengidentifikasi keterkaitan pengetahuan awal dengan praktik

Kriteria:

Refleksi tertulis relevan dan logis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, Praktik Lapangan
2 x 50 menit

Materi: .
Pustaka: Creswell, J. W., & Guetterman, T. C. (2019). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (6th ed.). Pearson.
5%

3

Minggu ke 3

Identifikasi prosedur kerja instansi

Menjelaskan prosedur kerja utama di instansi

Kriteria:

Deskripsi alur kerja runtut dan akurat


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Observasi, Praktik Lapangan
2 x 50 menit

Materi: .
Pustaka: Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2017). Research methods in education (8th ed.). Routledge. https://doi.org/...
5%

4

Minggu ke 4

Penerapan prosedur kerja

Melaksanakan prosedur sesuai arahan

Kriteria:

Pelaksanaan sesuai SOP instansi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Praktik Lapangan
2 x 50 menit

Materi: .
Pustaka: Panduan Praktik Lapangan UNESA (2024)
5%

5

Minggu ke 5

Analisis keterkaitan teori dan praktik

Memberikan contoh keterkaitan teori dengan praktik

Kriteria:

Minimal 2 contoh relevan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, Observasi
2 x 50 menit

Materi: .
Pustaka: Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2021). The systematic design of instruction (9th ed.). Pearson.
18%

6

Minggu ke 6

Studi kasus praktik

Mampu menyelesaikan kasus dengan mengaitkan teori

Kriteria:

Solusi argumentatif dan tepat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Praktik Lapangan, Diskusi
2 x 50 menit

Materi: .
Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (6th ed.). SAGE Publications.
0%

7

Minggu ke 7

Pemilihan metode kerja

Menentukan metode sesuai konteks

Kriteria:

Pemilihan metode logis dan realistis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, Praktik Lapangan
2 x 50 menit

Materi: .
Pustaka: Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2017). Research methods in education (8th ed.). Routledge. https://doi.org/...
14%

8

Minggu ke 8

Implementasi metode kerja

Penerapan metode efektif dan sesuai prosedur

Kriteria:

Hasil kerja sesuai target


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Praktik Lapangan
2 x 50 menit

Materi: .
Pustaka: Panduan Praktik Lapangan UNESA (2024)
0%

9

Minggu ke 9

Penyusunan kajian mandiri awal

Laporan awal tersusun dengan sistematis

Kriteria:

Struktur sesuai format akademik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penugasan Mandiri
2 x 50 menit

Materi: .
Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (6th ed.). SAGE Publications.
0%

10

Minggu ke 10

Presentasi hasil sementara

Penyajian lisan jelas dan runtut

Kriteria:

Komunikasi efektif dan isi tepat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi kajian mandiri secara lisan
2 x 50 menit

Materi: .
Pustaka: Universitas Negeri Surabaya. (2024). Pedoman tugas akhir Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: UNESA Press.
27%

11

Minggu ke 11

Refleksi awal

Refleksi memuat pengalaman dan pembelajaran

Kriteria:

Analisis kritis dan mendalam


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Refleksi Individu (Catatan reflektif praktik yang sudah dijalani)
2 x 50 menit

Materi: .
Pustaka: Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2021). The systematic design of instruction (9th ed.). Pearson.
0%

12

Minggu ke 12

Integrasi refleksi dengan penelitian

Mengidentifikasi topik penelitian relevan

Kriteria:

Topik spesifik dan terhubung praktik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, Penugasan (Potensi topik penelitian dari praktik)
2 x 50 menit

Materi: .
Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (6th ed.). SAGE Publications.
0%

13

Minggu ke 13

Kolaborasi tim

Kerja sama aktif dan kontribusi nyata

Kriteria:

Partisipasi seimbang antar anggota


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Praktik Lapangan
2 x 50 menit

Materi: .
Pustaka: Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2017). Research methods in education (8th ed.). Routledge. https://doi.org/...
21%

14

Minggu ke 14

Etika profesional

Menunjukkan sikap profesional

Kriteria:

Tidak melanggar etika kerja


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Praktik Lapangan, Observasi (Penerapan sikap etis dalam praktik)
2 x 50 menit

Materi: .
Pustaka: Panduan Praktik Lapangan UNESA (2024)
0%

15

Minggu ke 15

Finalisasi laporan praktik

Laporan akhir lengkap dan sistematis

Kriteria:

Sesuai format akademik dan instruksi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penugasan Mandiri (Penyusunan laporan akhir)
2 x 50 menit

Materi: .
Pustaka: Universitas Negeri Surabaya. (2024). Pedoman tugas akhir Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: UNESA Press.
0%

16

Minggu ke 16

Seminar akhir praktik

Presentasi runtut, argumentatif, menjawab pertanyaan dengan baik

Kriteria:

Komunikasi profesional, isi valid dan berbobot


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, Diskusi (Presentasi laporan akhir)
2 x 50 menit

Materi: .
Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (6th ed.). SAGE Publications.
0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 17.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 80%
3. Praktik / Unjuk Kerja 2.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.