
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Politik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Agama dan Politik |
6720102020 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
25 September 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP.
|
.......................................
|
Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa dapat memahami pengertian dan relasi antara agama dengan politik
|
PO - 2 |
Mahasiswa dapat memahami tentang politisasi agama
|
PO - 3 |
Mahasiswa dapat menganalisis dan mengevaluasi relasi agama dengan politik
|
PO - 4 |
Mahasiswa dapat memberikan sumbangan pemikiran dan praktek untuk mencegah dampak negatif dari politisasi agama
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | | PO-4 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | ✔ | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas tentang relasi agama dan politik, adanya politisasi agama.perkuliahan ini juga akan memberi pengenalan lebih jauh mengenai cara - cara untuk mengatasi dampak negatif adanya politisasi agama, khususnya mencegah perpecahan politik karena adanya politisasi agama. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Castellss,Manuel . 2010. The Power of identity. Wiley-Blackwell: John Wiley Publication
- 2. Osella,F. 2010. Islam, Politics, Antropology. Wiley-Blackwell: John Wiley Publication
- 3. Gaus,Gerald, dkk,. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Bandung: Nusa Media
- 4. Suseno, Frans Magnis.2013. Dari Mao ke Marcuse. Jakarta: Gramedia
- 5. Chilcote.Ronald H. 2010. Teori Perbandingan Politik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
- 6. Riyanto,Armada.2014. Berfilsafat Politik. Jogyakarta: Kanisius.
- 7. Gilbert,Paul. 2010. Cultural Identity and Political Ethics. Edinburg: Edinburg University Press
- 8. Luke.Goode 2014. Juergen Habermas,Democracy and The Public Service . London: Pluto Press.
- 9. Mubarak, MZ. 2004. Geneologi Islam Radikal di Indonesia. Jakarta: LPES.
|
Pendukung : |
|
- 1. Diamond, L .2003. Developing Democracy. Yogyakarta: IRE
- 2. Feulner, Frank. 2001. “Consolidating Democracy in Indonesia: Contributions of Civil Society and State. Part One: Civil Society”, United Nations Support Facility for Indonesian Recovery (UNSFIR),
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP. Prof. Dr. H. Muhammad Turhan Yani, M.A. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menganalisis silabus singkat, rencana penugasan, dan kontrak perkuliahan |
- Mahasiswa mampu memahami rencana perkuliahan
- Mahasiswa mampu merespon dengan baik terkait kontrak kuliah
|
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab 60 menit |
|
Materi: Silabus singkat, rencana penugasan Pustaka: Materi: Kontrak perkuliahan Pustaka: |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu menganalisis silabus singkat, rencana penugasan, dan kontrak perkuliahan. |
- Mahasiswa mampu memahami rencana perkuliahan
- Mahasiswa mampu merespon dengan baik terkait kontrak kuliah
|
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab 60 menit |
|
Materi: Silabus singkat, rencana penugasan Pustaka: Materi: Kontrak perkuliahan Pustaka: |
7% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis agama sebagai konstruksi sosial |
Ketepatan dalam memahami agama sebagai konstruksi sosial |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab 60 menit |
|
Materi: - Pustaka: 7. Gilbert,Paul. 2010. Cultural Identity and Political Ethics. Edinburg: Edinburg University Press |
7% |
4
Minggu ke 4 |
Ketepatan menganalisis dan membuat materi yang diberikan. |
- Ketepatan menganalisis dan membuat materi yang diberikan.
- Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang diprensentasikan
|
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
DL PBL 100 menit |
|
Materi: - Pustaka: 8. Luke.Goode 2014. Juergen Habermas,Democracy and The Public Service . London: Pluto Press. |
7% |
5
Minggu ke 5 |
Respon aktif mahasiswa di kelas. |
Respon aktif mahasiswa di kelas |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab 120 menit |
|
Materi: - Pustaka: 3. Gaus,Gerald, dkk,. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Bandung: Nusa Media |
7% |
6
Minggu ke 6 |
Ketepatan menganalisis dan membuat materi yang diberikan. |
- Ketapatan memahami dan membuat materi yang diberikan.
- Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang diprensentasikan
- Materi yang di presentasikan
|
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab 120 menit |
|
Materi: - Pustaka: 6. Riyanto,Armada.2014. Berfilsafat Politik. Jogyakarta: Kanisius. Materi: - Pustaka: 2. Feulner, Frank. 2001. “Consolidating Democracy in Indonesia: Contributions of Civil Society and State. Part One: Civil Society”, United Nations Support Facility for Indonesian Recovery (UNSFIR), |
7% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menganalisis hubungan islam dan politik. |
Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan. |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab 120 menit |
|
Materi: - Pustaka: 2. Osella,F. 2010. Islam, Politics, Antropology. Wiley-Blackwell: John Wiley Publication |
7% |
8
Minggu ke 8 |
UTS. |
UTS. |
Kriteria:
UTS. Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 120 menit |
|
Materi: UTS. Pustaka: |
7% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu memahami tentang politik islam kontemporer |
- Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan.
- penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
|
Kriteria:
- Kemampuan kelompokdalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah
- Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan
Bentuk Penilaian : Tes |
Diskusi tanya jawab 120 menit |
|
Materi: - Pustaka: 9. Mubarak, MZ. 2004. Geneologi Islam Radikal di Indonesia. Jakarta: LPES. Materi: - Pustaka: 1. Diamond, L .2003. Developing Democracy. Yogyakarta: IRE |
20% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu memahami politik agama sebagai gerakan protes. |
- Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan.
- Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
|
Kriteria:
Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah Bentuk Penilaian : Tes |
Diskusi dan tanya jawab 120 menit |
|
Materi: - Pustaka: 1. Castellss,Manuel . 2010. The Power of identity. Wiley-Blackwell: John Wiley Publication |
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu keberpihakan agama kepada rakyat |
- Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan.
- Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
|
Kriteria:
- Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah
- Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Diskusi dan tanya jawab 120 menit |
|
Materi: - Pustaka: 3. Gaus,Gerald, dkk,. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Bandung: Nusa Media |
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu memahami politik agama sebagai perubahan sosial |
- Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan.
- Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
|
Kriteria:
Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah Bentuk Penilaian : Tes |
Diskusi dan tanya jawab 120 menit |
|
Materi: - Pustaka: 6. Riyanto,Armada.2014. Berfilsafat Politik. Jogyakarta: Kanisius. |
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menganalisis praktik agama untuk politik keadilan. |
- Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan.
- Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
|
Kriteria:
- Kemampuan kelompok dalam mengamati dan menganalisis program pemberdayaan masyarakat
- Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab.
Bentuk Penilaian : Tes |
Diskusi dan tanya jawab 120 menit |
|
Materi: - Pustaka: 4. Suseno, Frans Magnis.2013. Dari Mao ke Marcuse. Jakarta: Gramedia |
10% |
14
Minggu ke 14 |
- Mampu memahami agama dalam perspektif sosialisme
- Etika protestan
- Legitimasi agama bagi politik
- Agama untuk status quo
|
- Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan.
- Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan.
|
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab 120 menit |
|
Materi: - Pustaka: 4. Suseno, Frans Magnis.2013. Dari Mao ke Marcuse. Jakarta: Gramedia Materi: - Pustaka: 3. Gaus,Gerald, dkk,. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Bandung: Nusa Media Materi: - Pustaka: 5. Chilcote.Ronald H. 2010. Teori Perbandingan Politik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada |
7% |
15
Minggu ke 15 |
- Mampu memahami agama dalam perspektif sosialisme.
- Etika protestan
- Legitimasi agama bagi politik
- agama untuk status quo
|
- Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan.
- Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
- Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
- Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan.
|
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab 120 menit |
|
Materi: - Pustaka: 4. Suseno, Frans Magnis.2013. Dari Mao ke Marcuse. Jakarta: Gramedia Materi: - Pustaka: 3. Gaus,Gerald, dkk,. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Bandung: Nusa Media Materi: - Pustaka: 5. Chilcote.Ronald H. 2010. Teori Perbandingan Politik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada |
7% |
16
Minggu ke 16 |
- Mampu memahami agama dalam perspektif sosialisme.
- Etika protestan
- Legitimasi agama bagi politik
- agama untuk status quo
|
- Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan.
- Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
- Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
- Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan.
|
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab 120 menit |
|
Materi: - Pustaka: 4. Suseno, Frans Magnis.2013. Dari Mao ke Marcuse. Jakarta: Gramedia Materi: - Pustaka: 3. Gaus,Gerald, dkk,. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Bandung: Nusa Media Materi: - Pustaka: 5. Chilcote.Ronald H. 2010. Teori Perbandingan Politik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada |
7% |