Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Politik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Agama dan Politik

6720102020

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

25 September 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP.




.......................................




Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat memahami pengertian dan relasi antara agama dengan politik

PO - 2

Mahasiswa dapat memahami tentang politisasi agama

PO - 3

Mahasiswa dapat menganalisis dan mengevaluasi relasi agama dengan politik

PO - 4

Mahasiswa dapat memberikan sumbangan pemikiran dan praktek untuk mencegah dampak negatif dari politisasi  agama

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang relasi agama dan politik, adanya politisasi agama.perkuliahan ini juga akan memberi pengenalan lebih jauh mengenai cara - cara untuk mengatasi dampak negatif adanya politisasi agama, khususnya mencegah perpecahan politik karena adanya politisasi agama.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Castellss,Manuel . 2010. The Power of identity. Wiley-Blackwell: John Wiley Publication
  2. 2. Osella,F. 2010. Islam, Politics, Antropology. Wiley-Blackwell: John Wiley Publication
  3. 3. Gaus,Gerald, dkk,. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Bandung: Nusa Media
  4. 4. Suseno, Frans Magnis.2013. Dari Mao ke Marcuse. Jakarta: Gramedia
  5. 5. Chilcote.Ronald H. 2010. Teori Perbandingan Politik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  6. 6. Riyanto,Armada.2014. Berfilsafat Politik. Jogyakarta: Kanisius.
  7. 7. Gilbert,Paul. 2010. Cultural Identity and Political Ethics. Edinburg: Edinburg University Press
  8. 8. Luke.Goode 2014. Juergen Habermas,Democracy and The Public Service . London: Pluto Press.
  9. 9. Mubarak, MZ. 2004. Geneologi Islam Radikal di Indonesia. Jakarta: LPES.

Pendukung :

  1. 1. Diamond, L .2003. Developing Democracy. Yogyakarta: IRE
  2. 2. Feulner, Frank. 2001. “Consolidating Democracy in Indonesia: Contributions of Civil Society and State. Part One: Civil Society”, United Nations Support Facility for Indonesian Recovery (UNSFIR),

Dosen Pengampu

Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP.

Prof. Dr. H. Muhammad Turhan Yani, M.A.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menganalisis silabus singkat, rencana penugasan, dan kontrak perkuliahan

  1. Mahasiswa mampu memahami rencana perkuliahan
  2. Mahasiswa mampu merespon dengan baik terkait kontrak kuliah
Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab
60 menit

Materi: Silabus singkat, rencana penugasan
Pustaka:

Materi: Kontrak perkuliahan
Pustaka:
0%

2

Minggu ke 2

Mampu menganalisis silabus singkat, rencana penugasan, dan kontrak perkuliahan.

  1. Mahasiswa mampu memahami rencana perkuliahan
  2. Mahasiswa mampu merespon dengan baik terkait kontrak kuliah
Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab
60 menit

Materi: Silabus singkat, rencana penugasan
Pustaka:

Materi: Kontrak perkuliahan
Pustaka:
7%

3

Minggu ke 3

Menganalisis agama sebagai konstruksi sosial

Ketepatan dalam memahami agama sebagai konstruksi sosial

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab
60 menit

Materi: -
Pustaka: 7. Gilbert,Paul. 2010. Cultural Identity and Political Ethics. Edinburg: Edinburg University Press
7%

4

Minggu ke 4

Ketepatan menganalisis dan membuat materi yang diberikan.

  1. Ketepatan menganalisis dan membuat materi yang diberikan.
  2. Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang diprensentasikan
Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
DL PBL
100 menit

Materi: -
Pustaka: 8. Luke.Goode 2014. Juergen Habermas,Democracy and The Public Service . London: Pluto Press.
7%

5

Minggu ke 5

Respon aktif mahasiswa di kelas.

Respon aktif mahasiswa di kelas

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab
120 menit

Materi: -
Pustaka: 3. Gaus,Gerald, dkk,. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Bandung: Nusa Media
7%

6

Minggu ke 6

Ketepatan menganalisis dan membuat materi yang diberikan.

  1. Ketapatan memahami dan membuat materi yang diberikan.
  2. Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang diprensentasikan
  3. Materi yang di presentasikan
Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab
120 menit

Materi: -
Pustaka: 6. Riyanto,Armada.2014. Berfilsafat Politik. Jogyakarta: Kanisius.

Materi: -
Pustaka: 2. Feulner, Frank. 2001. “Consolidating Democracy in Indonesia: Contributions of Civil Society and State. Part One: Civil Society”, United Nations Support Facility for Indonesian Recovery (UNSFIR),
7%

7

Minggu ke 7

Mampu menganalisis hubungan islam dan politik.

Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan.

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab
120 menit

Materi: -
Pustaka: 2. Osella,F. 2010. Islam, Politics, Antropology. Wiley-Blackwell: John Wiley Publication
7%

8

Minggu ke 8

UTS.

UTS.

Kriteria:

UTS.


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
120 menit

Materi: UTS.
Pustaka:
7%

9

Minggu ke 9

Mampu memahami tentang politik islam kontemporer

  1. Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan.
  2. penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
Kriteria:
  1. Kemampuan kelompokdalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah
  2. Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan

Bentuk Penilaian :
Tes
Diskusi tanya jawab
120 menit

Materi: -
Pustaka: 9. Mubarak, MZ. 2004. Geneologi Islam Radikal di Indonesia. Jakarta: LPES.

Materi: -
Pustaka: 1. Diamond, L .2003. Developing Democracy. Yogyakarta: IRE
20%

10

Minggu ke 10

Mampu memahami politik agama sebagai gerakan protes.

  1. Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan.
  2. Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
Kriteria:

Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah


Bentuk Penilaian :
Tes
Diskusi dan tanya jawab
120 menit

Materi: -
Pustaka: 1. Castellss,Manuel . 2010. The Power of identity. Wiley-Blackwell: John Wiley Publication
0%

11

Minggu ke 11

Mampu keberpihakan agama kepada rakyat

  1. Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan.
  2. Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
Kriteria:
  1. Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah
  2. Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Diskusi dan tanya jawab
120 menit

Materi: -
Pustaka: 3. Gaus,Gerald, dkk,. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Bandung: Nusa Media
0%

12

Minggu ke 12

Mampu memahami politik agama sebagai perubahan sosial

  1. Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan.
  2. Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
Kriteria:

Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah


Bentuk Penilaian :
Tes
Diskusi dan tanya jawab
120 menit

Materi: -
Pustaka: 6. Riyanto,Armada.2014. Berfilsafat Politik. Jogyakarta: Kanisius.
0%

13

Minggu ke 13

Mampu menganalisis praktik agama untuk politik keadilan.

  1. Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan.
  2. Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
Kriteria:
  1. Kemampuan kelompok dalam mengamati dan menganalisis program pemberdayaan masyarakat
  2. Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab.

Bentuk Penilaian :
Tes
Diskusi dan tanya jawab
120 menit

Materi: -
Pustaka: 4. Suseno, Frans Magnis.2013. Dari Mao ke Marcuse. Jakarta: Gramedia
10%

14

Minggu ke 14

  1. Mampu memahami agama dalam perspektif sosialisme
  2. Etika protestan
  3. Legitimasi agama bagi politik
  4. Agama untuk status quo
  1. Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan.
  2. Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan.
Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab
120 menit

Materi: -
Pustaka: 4. Suseno, Frans Magnis.2013. Dari Mao ke Marcuse. Jakarta: Gramedia

Materi: -
Pustaka: 3. Gaus,Gerald, dkk,. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Bandung: Nusa Media

Materi: -
Pustaka: 5. Chilcote.Ronald H. 2010. Teori Perbandingan Politik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
7%

15

Minggu ke 15

  1. Mampu memahami agama dalam perspektif sosialisme.
  2. Etika protestan
  3. Legitimasi agama bagi politik
  4. agama untuk status quo
  1. Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan.
  2. Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
  3. Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
  4. Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan.
Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab
120 menit

Materi: -
Pustaka: 4. Suseno, Frans Magnis.2013. Dari Mao ke Marcuse. Jakarta: Gramedia

Materi: -
Pustaka: 3. Gaus,Gerald, dkk,. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Bandung: Nusa Media

Materi: -
Pustaka: 5. Chilcote.Ronald H. 2010. Teori Perbandingan Politik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
7%

16

Minggu ke 16

  1. Mampu memahami agama dalam perspektif sosialisme.
  2. Etika protestan
  3. Legitimasi agama bagi politik
  4. agama untuk status quo
  1. Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan.
  2. Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
  3. Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
  4. Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan.
Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab
120 menit

Materi: -
Pustaka: 4. Suseno, Frans Magnis.2013. Dari Mao ke Marcuse. Jakarta: Gramedia

Materi: -
Pustaka: 3. Gaus,Gerald, dkk,. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Bandung: Nusa Media

Materi: -
Pustaka: 5. Chilcote.Ronald H. 2010. Teori Perbandingan Politik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
7%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 63%
2. Tes 37%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.