Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajemen Unit Layanan Disabilitas

8620202453

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

17 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. H. Pamuji, M.Kes.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Menguasai dasar-dasar perancangan, penerapan, penilaian layanan bagi PDBK

PLO-8

Merancang kurikulum dan program layanan pendidikan khusus

PLO-10

Memanfaatkan media dan teknologi asistif dalam layanan pendidikan khusus

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan konsep dasar manajemen dalam pengelolaan unit layanan disabilitas di lembaga pendidikan (C3)

PO - 2

Menganalisis kebutuhan layanan disabilitas untuk mengembangkan program yang efektif dan inklusif (C4)

PO - 3

Mengevaluasi efektivitas dan efisiensi operasional unit layanan disabilitas menggunakan berbagai metode penilaian (C5)

PO - 4

Menciptakan strategi inovatif untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan bagi penyandang disabilitas (C6)

PO - 5

Menerapkan teknologi asistif dalam pengembangan dan penyelenggaraan layanan pendidikan khusus (C3)

PO - 6

Menganalisis dan menyesuaikan kurikulum untuk memenuhi kebutuhan spesifik penyandang disabilitas (C4)

PO - 7

Mengevaluasi kepatuhan terhadap regulasi dan standar layanan disabilitas di lembaga pendidikan (C5)

PO - 8

Menciptakan program pelatihan untuk staf unit layanan disabilitas yang berfokus pada penggunaan teknologi asistif (C6)

PO - 9

Menganalisis dampak sosial dan pendidikan dari implementasi layanan disabilitas di lembaga pendidikan (C4)

PO - 10

Menciptakan kerjasama antar unit layanan disabilitas untuk pertukaran pengetahuan dan sumber daya (C6)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-8PLO-10
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  
PO-8  
PO-9 
PO-10

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Manajemen Unit Layanan Disabilitas pada jenjang S1 program studi Pendidikan Luar Biasa bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang konsep, prinsip, dan praktik manajemen yang berkaitan dengan unit layanan bagi individu dengan disabilitas. Mata kuliah ini mencakup pembahasan mengenai perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian unit layanan disabilitas, serta strategi manajemen yang efektif dalam meningkatkan kualitas layanan bagi individu dengan disabilitas. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman tentang kebutuhan individu dengan disabilitas, kebijakan layanan disabilitas, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, evaluasi program, dan isu-isu terkini dalam manajemen unit layanan disabilitas.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.