Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini

8620702276

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

1 Juli 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Yes Matheos Lasarus Malaikosa, M.Pd




Dr. Yes Matheos Lasarus Malaikosa, M.Pd




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi dalam penyelenggaran pendidikan anak usia dini.

PLO-7

Menguasai kurikulum, teori belajar, model pembelajaran dan asesmen anak usia dini dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menunjukkan sikap profesional, etis, dan bertanggung jawab dalam mengelola lembaga PAUD berbasis prinsip manajemen pendidikan anak usia dini.

PO - 2

Mampu merancang strategi manajemen PAUD (perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan) sesuai prinsip manajemen pendidikan yang kontekstual.

PO - 3

Mampu bekerja sama dalam tim dan menyampaikan hasil analisis serta solusi manajerial PAUD secara lisan dan tertulis dengan efektif dan argumentatif.

PO - 4

Menguasai konsep, prinsip, teori, dan model manajemen pendidikan anak usia dini serta relevansinya dalam pengelolaan lembaga PAUD yang berkualitas.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-4PLO-6PLO-7
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini dirancang sebagai pengembangan dari Mata Kuliah Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan dengan fokus khusus pada penerapan prinsip-prinsip manajemen di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Melalui pendekatan teoritis dan praktis, mahasiswa akan diajak untuk memahami dan menganalisis berbagai aspek penyelenggaraan PAUD, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, hingga evaluasi program pendidikan. Konsep utama yang dikaji mencakup teori-teori manajemen pendidikan yang diaplikasikan secara khusus dalam konteks PAUD, dengan memperhatikan karakteristik unik pengelolaan lembaga pendidikan untuk anak usia dini. Untuk memperkaya pemahaman mahasiswa, mata kuliah ini menggunakan berbagai metode pembelajaran yang beragam, meliputi klarifikasi konsep melalui ceramah interaktif, sesi tanya jawab untuk memperdalam pemahaman, pemberian tugas analisis kasus, presentasi kelompok mahasiswa, serta diskusi kelas yang mendorong partisipasi aktif. Selain itu, mahasiswa juga akan melakukan pengembangan materi mandiri melalui observasi langsung di lapangan atau lembaga PAUD, yang bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis dalam menganalisis penerapan teori manajemen pendidikan di dunia nyata. Kombinasi antara pembelajaran teoritis dan praktik lapangan ini diharapkan dapat membekali mahasiswa dengan kompetensi yang komprehensif dalam mengelola lembaga PAUD secara efektif dan efisien, sekaligus mempersiapkan mereka untuk menghadapi berbagai tantangan nyata di bidang pendidikan anak usia dini.

Pustaka

Utama :

  1. Malaikosa, Y. M. L. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 1. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i1.20270
  2. Sabrina, F. F., Darmiyanti, A., & BK, M. T. (2020). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Guru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 239. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16740
  3. Malaikosa, Y. M. L., Widyadharma, A. P., & Pangestu, W. T. (2022). Curriculum and learning management: Integration of creative economy value to improve students’ life skill. Jurnal Pendidikan Vokasi, 12(1), 76–85. https://doi.org/10.21831/jpv.v12i1.44253
  4. Moloney, M., Pettersen, J., (2017) Early Childhood Education Management: Insights into business practice and leadership
  5. Nuttall, J. (2010). Leadership and Management in Early Years Education. Sage Publications.
  6. Bush, T., & Middlewood, D. (2013). Leading and Managing People in Education. Sage Publications.
  7. Mulford, B. (2011). The Leadership Challenge. Sage Publications.
  8. Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational Leadership (2nd ed.). Lawrence Erlbaum Associates.
  9. Nutbrown, C., & Clough, P. (2014). Early Childhood Education: History, Philosophy and Experience (2nd ed.). Sage Publications.
  10. Sciarra, D. J., Lynch, E. M., Adams, S. M., & Dorsey, A. G. (2021). Developing and Administering a Child Care and Education Program (10th ed.). Cengage Learning.
  11. Penn, H. (2021). Understanding Early Childhood: Issues and Controversies (4th ed.). Open University Press.
  12. Sakr, M., & O'Sullivan, J. (2022). Social Leadership in Early Childhood Education and Care: An Introduction. Bloomsbury Academic.
  13. Meier, C., & Marais, P. (2024). Management in Early Childhood Education (4th ed.). Van Schaik.

Pendukung :

  1. Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production
  2. Damayanti, D., & Marlina, L. (2022). Manajemen Evaluasi Program Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4415-4425.
  3. Ramadani, A., & Hadi, S. (2023). Inovasi Manajerial dalam Pengelolaan Lembaga PAUD Berbasis Komunitas. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 50–58.

Dosen Pengampu

Dr. Yes Matheos Lasarus Malaikosa, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menganalisis konsep dasar manajemen PAUD berbasis teori manajemen pendidikan

  1. Menjelaskan perbedaan POAC, sistem, dan kepemimpinan dalam PAUD
  2. Membandingkan teori manajemen klasik dan modern
Kriteria:
  1. Ketepatan penjelasan konsep
  2. Kualitas perbandingan teori
  3. Kemampuan menyampaikan secara sistematis dan logis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah interaktif, diskusi kelompok terfokus (FGD), studi pustaka terarah
100 menit
Penugasan Terstruktur
170 menit
Materi: Pengantar manajemen pendidikan- Konsep POAC- Teori manajemen klasik vs modern- Sistem dan kepemimpinan
Pustaka: Nuttall, J. (2010). Leadership and Management in Early Years Education. Sage Publications.
2%

2

Minggu ke 2

Mengevaluasi fungsi-fungsi manajemen (POAC) dalam praktik kelembagaan PAUD

  1. Mengidentifikasi penerapan POAC
  2. Menganalisis kekuatan dan kelemahan
  3. Memberi saran perbaikan
Kriteria:

Kedalaman analisis, kualitas penjelasan, kreativitas strategi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Studi kasus, observasi, presentasi
100 menit
Penugasan Terstruktur
170 menit
Materi: Fungsi POAC, Contoh praktik, Analisis SWOT
Pustaka: Moloney, M., Pettersen, J., (2017) Early Childhood Education Management: Insights into business practice and leadership
5%

3

Minggu ke 3

Merancang struktur organisasi PAUD berdasarkan prinsip efektivitas

  1. Menghasilkan bagan organisasi
  2. Menjelaskan fungsi posisi
  3. Menyesuaikan dengan kebutuhan lembaga
Kriteria:

Kreativitas desain, ketepatan fungsi, relevansi kebutuhan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project-based learning, simulasi organisasi
100 menit
Penugasan Terstruktur
170 menit
Materi: Struktur organisasi, Prinsip efektivitas, Fungsi tiap posisi
Pustaka: Mulford, B. (2011). The Leadership Challenge. Sage Publications.
6%

4

Minggu ke 4

Menyusun perencanaan strategis PAUD berbasis kebutuhan

  1. Menyusun visi-misi
  2. Melakukan analisis SWOT
  3. Merumuskan kebijakan strategis
Kriteria:

Keterpaduan dokumen, kejelasan arah kebijakan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Problem-based learning, praktik dokumen
100 menit
Penugasan Terstruktur
170 menit
Materi: Keterpaduan dokumen, kejelasan arah kebijakan
Pustaka: Bush, T., & Middlewood, D. (2013). Leading and Managing People in Education. Sage Publications.
4%

5

Minggu ke 5

Mengembangkan sistem supervisi dan evaluasi lembaga PAUD

  1. Menyusun instrumen supervisi
  2. Menyusun jadwal evaluasi
  3. Melibatkan stakeholder
Kriteria:

Kualitas instrumen, keteraturan jadwal, tingkat partisipasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Ceramah dan Diskusi
150 Menit

Materi: Prinsip supervisi, Teknik evaluasiZ, Partisipasi stakeholder
Pustaka: Sabrina, F. F., Darmiyanti, A., & BK, M. T. (2020). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Guru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 239. https://doi.org/...
5%

6

Minggu ke 6

Menganalisis peran kepala/guru sebagai pemimpin transformasional di PAUD

  1. Menganalisis gaya kepemimpinan
  2. Menjelaskan kepemimpinan partisipatif
  3. Merumuskan strategi kepemimpinan
Kriteria:

Kedalaman analisis, kualitas penjelasan, kreativitas strategi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi video studi kasus, refleksi kritis
150 Menit

Materi: Gaya kepemimpinan PAUD, Kepemimpinan transformasional, Strategi efektif
Pustaka: Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational Leadership (2nd ed.). Lawrence Erlbaum Associates.
5%

7

Minggu ke 7

Mengembangkan strategi manajemen SDM yang mendorong kolaborasi, motivasi, dan profesionalisme

  1. Memahami isi peraturan menteri pendidikan nomor 137 tahun 2014
  2. Analisa pelaksanaan di lapangan
Kriteria:

Ketepatan analisis, keterpaduan strategi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Brainstorming, workshop, studi dokumen
150 Menit

Materi: Manajemen SDM, Strategi pengembangan, Motivasi guru
Pustaka: Mulford, B. (2011). The Leadership Challenge. Sage Publications.
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

Mahasiswa mampu menyelesaikan UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
Exam Paper
150 Menit

15%

9

Minggu ke 9

Mengevaluasi efektivitas pengelolaan sarana-prasarana PAUD

  1. Menilai kesesuaian fasilitas
  2. Mengidentifikasi fungsi dan kelayakan ruang
  3. Menyusun rekomendasi perbaikan
Kriteria:

Ketelitian evaluasi, kesesuaian rekomendasi, kualitas laporan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Observasi, laporan evaluatif, diskusi
150 Menit
Tugas Terstruktur
170 Menit
Materi: Standar sarpras, Teknik evaluasi, Penyusunan rekomendasi
Pustaka: Nuttall, J. (2010). Leadership and Management in Early Years Education. Sage Publications.
5%

10

Minggu ke 10

Mengembangkan sistem pembiayaan lembaga PAUD yang transparan dan akuntabel

  1. Menyusun rencana anggaran
  2. Menganalisis sumber dana
  3. Mengaitkan dengan akuntabilitas
Kriteria:

Akurasi anggaran, relevansi sumber dana, prinsip akuntabilitas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Simulasi RAPB/RKAS, proyek keuangan lembaga
150 Menit

Materi: Manajemen Keuangan PAUD: RAPB, RKAS, Prinsip Keuangan, dan Akuntabilitas
Pustaka: Nuttall, J. (2010). Leadership and Management in Early Years Education. Sage Publications.
5%

11

Minggu ke 11

Merancang model kemitraan antara PAUD dengan masyarakat

  1. Mengidentifikasi potensi kolaborasi
  2. Menyusun proposal kegiatan
  3. Menentukan indikator keberhasilan
Kriteria:

Potensi kemitraan yang tergali, kualitas proposal, indikator keberhasilan yang terukur


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Service learning, diskusi partisipatif
150 Menit

Materi: Konsep kemitraan, Proposal kegiatan, Indikator keberhasilan
Pustaka: Bush, T., & Middlewood, D. (2013). Leading and Managing People in Education. Sage Publications.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa menganalisis pelaksanaan Pos PAUD Terpadu (PPT)

Mengkaji tentang pedoman penyelenggaraan PAUD terpadu

Kriteria:
  1. Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  2. Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  3. Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
  4. Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi
150 Menit

Materi: Ruang Lingkup Manajemen
Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa menganalisis pembelajaran multikultural pada PAUD

1. Memahami definisi pembelajaran multikultural 2. Rancangan pembelajaran pada konteks multikultural

Kriteria:
  1. Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  2. Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  3. Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
  4. Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi
150 Menit

Materi: Ruang Lingkup Manajemen
Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production
3%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa memahami analisis kasus tentang pembaharuan PAUD

1. Mengkaji satu kasus tentang pembaharuan/ perubahan tata kelola PAUD 2. Melakukan analisa dari substansi manajemen pendidikan

Kriteria:
  1. Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  2. Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  3. Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
  4. Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi
150 Menit

Materi: Ruang Lingkup Manajemen
Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production
5%

15

Minggu ke 15

Membangun jejaring kemitraan untuk kemandirian PAUD

1. Definisi kemitraan 2. Komponen kerjasama dalam pengelolaan PAUD

Kriteria:
  1. Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  2. Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  3. Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
  4. Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi
150 Menit

Materi: Ruang Lingkup Manajemen
Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production
10%

16

Minggu ke 16

Membangun jejaring kemitraan untuk kemandirian PAUD

Mahasiswa mampu mengerjalan tugas akhir hasil Project berupa Laporan Makalah

Kriteria:
  1. Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  2. Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  3. Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
  4. Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan

Bentuk Penilaian :
Tes
Exam Paper
150 Menit

Materi: UAS
Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 55%
2. Penilaian Portofolio 15%
3. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.