
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini |
8620702276 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
4 |
1 Juli 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Yes Matheos Lasarus Malaikosa, M.Pd
|
Dr. Yes Matheos Lasarus Malaikosa, M.Pd
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi dalam penyelenggaran pendidikan anak usia dini. |
PLO-7 |
Menguasai kurikulum, teori belajar, model pembelajaran dan asesmen anak usia dini dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menunjukkan sikap profesional, etis, dan bertanggung jawab dalam mengelola lembaga PAUD berbasis prinsip manajemen pendidikan anak usia dini.
|
PO - 2 |
Mampu merancang strategi manajemen PAUD (perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan) sesuai prinsip manajemen pendidikan yang kontekstual.
|
PO - 3 |
Mampu bekerja sama dalam tim dan menyampaikan hasil analisis serta solusi manajerial PAUD secara lisan dan tertulis dengan efektif dan argumentatif.
|
PO - 4 |
Menguasai konsep, prinsip, teori, dan model manajemen pendidikan anak usia dini serta relevansinya dalam pengelolaan lembaga PAUD yang berkualitas.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-4 | PLO-6 | PLO-7 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | | ✔ | | PO-3 | | ✔ | | | PO-4 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | | ✔ | | | | ✔ | | | | | | | ✔ | | | | PO-4 | | | | | ✔ | | | ✔ | | ✔ | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini dirancang sebagai pengembangan dari Mata Kuliah Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan dengan fokus khusus pada penerapan prinsip-prinsip manajemen di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Melalui pendekatan teoritis dan praktis, mahasiswa akan diajak untuk memahami dan menganalisis berbagai aspek penyelenggaraan PAUD, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, hingga evaluasi program pendidikan. Konsep utama yang dikaji mencakup teori-teori manajemen pendidikan yang diaplikasikan secara khusus dalam konteks PAUD, dengan memperhatikan karakteristik unik pengelolaan lembaga pendidikan untuk anak usia dini. Untuk memperkaya pemahaman mahasiswa, mata kuliah ini menggunakan berbagai metode pembelajaran yang beragam, meliputi klarifikasi konsep melalui ceramah interaktif, sesi tanya jawab untuk memperdalam pemahaman, pemberian tugas analisis kasus, presentasi kelompok mahasiswa, serta diskusi kelas yang mendorong partisipasi aktif. Selain itu, mahasiswa juga akan melakukan pengembangan materi mandiri melalui observasi langsung di lapangan atau lembaga PAUD, yang bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis dalam menganalisis penerapan teori manajemen pendidikan di dunia nyata. Kombinasi antara pembelajaran teoritis dan praktik lapangan ini diharapkan dapat membekali mahasiswa dengan kompetensi yang komprehensif dalam mengelola lembaga PAUD secara efektif dan efisien, sekaligus mempersiapkan mereka untuk menghadapi berbagai tantangan nyata di bidang pendidikan anak usia dini. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Malaikosa, Y. M. L. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 1. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i1.20270
- Sabrina, F. F., Darmiyanti, A., & BK, M. T. (2020). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Guru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 239. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16740
- Malaikosa, Y. M. L., Widyadharma, A. P., & Pangestu, W. T. (2022). Curriculum and learning management: Integration of creative economy value to improve students’ life skill. Jurnal Pendidikan Vokasi, 12(1), 76–85. https://doi.org/10.21831/jpv.v12i1.44253
- Moloney, M., Pettersen, J., (2017) Early Childhood Education Management: Insights into business practice and leadership
- Nuttall, J. (2010). Leadership and Management in Early Years Education. Sage Publications.
- Bush, T., & Middlewood, D. (2013). Leading and Managing People in Education. Sage Publications.
- Mulford, B. (2011). The Leadership Challenge. Sage Publications.
- Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational Leadership (2nd ed.). Lawrence Erlbaum Associates.
- Nutbrown, C., & Clough, P. (2014). Early Childhood Education: History, Philosophy and Experience (2nd ed.). Sage Publications.
- Sciarra, D. J., Lynch, E. M., Adams, S. M., & Dorsey, A. G. (2021). Developing and Administering a Child Care and Education Program (10th ed.). Cengage Learning.
- Penn, H. (2021). Understanding Early Childhood: Issues and Controversies (4th ed.). Open University Press.
- Sakr, M., & O'Sullivan, J. (2022). Social Leadership in Early Childhood Education and Care: An Introduction. Bloomsbury Academic.
- Meier, C., & Marais, P. (2024). Management in Early Childhood Education (4th ed.). Van Schaik.
|
Pendukung : |
|
- Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production
- Damayanti, D., & Marlina, L. (2022). Manajemen Evaluasi Program Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4415-4425.
- Ramadani, A., & Hadi, S. (2023). Inovasi Manajerial dalam Pengelolaan Lembaga PAUD Berbasis Komunitas. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 50–58.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Yes Matheos Lasarus Malaikosa, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menganalisis konsep dasar manajemen PAUD berbasis teori manajemen pendidikan |
- Menjelaskan perbedaan POAC, sistem, dan kepemimpinan dalam PAUD
- Membandingkan teori manajemen klasik dan modern
|
Kriteria:
- Ketepatan penjelasan konsep
- Kualitas perbandingan teori
- Kemampuan menyampaikan secara sistematis dan logis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif, diskusi kelompok terfokus (FGD), studi pustaka terarah 100 menit |
Penugasan Terstruktur 170 menit |
Materi: Pengantar manajemen pendidikan- Konsep POAC- Teori manajemen klasik vs modern- Sistem dan kepemimpinan Pustaka: Nuttall, J. (2010). Leadership and Management in Early Years Education. Sage Publications. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mengevaluasi fungsi-fungsi manajemen (POAC) dalam praktik kelembagaan PAUD |
- Mengidentifikasi penerapan POAC
- Menganalisis kekuatan dan kelemahan
- Memberi saran perbaikan
|
Kriteria:
Kedalaman analisis, kualitas penjelasan, kreativitas strategi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus, observasi, presentasi 100 menit |
Penugasan Terstruktur 170 menit |
Materi: Fungsi POAC, Contoh praktik, Analisis SWOT Pustaka: Moloney, M., Pettersen, J., (2017) Early Childhood Education Management: Insights into business practice and leadership |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Merancang struktur organisasi PAUD berdasarkan prinsip efektivitas |
- Menghasilkan bagan organisasi
- Menjelaskan fungsi posisi
- Menyesuaikan dengan kebutuhan lembaga
|
Kriteria:
Kreativitas desain, ketepatan fungsi, relevansi kebutuhan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project-based learning, simulasi organisasi 100 menit |
Penugasan Terstruktur 170 menit |
Materi: Struktur organisasi, Prinsip efektivitas, Fungsi tiap posisi Pustaka: Mulford, B. (2011). The Leadership Challenge. Sage Publications. |
6% |
4
Minggu ke 4 |
Menyusun perencanaan strategis PAUD berbasis kebutuhan |
- Menyusun visi-misi
- Melakukan analisis SWOT
- Merumuskan kebijakan strategis
|
Kriteria:
Keterpaduan dokumen, kejelasan arah kebijakan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem-based learning, praktik dokumen 100 menit |
Penugasan Terstruktur 170 menit |
Materi: Keterpaduan dokumen, kejelasan arah kebijakan Pustaka: Bush, T., & Middlewood, D. (2013). Leading and Managing People in Education. Sage Publications. |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mengembangkan sistem supervisi dan evaluasi lembaga PAUD |
- Menyusun instrumen supervisi
- Menyusun jadwal evaluasi
- Melibatkan stakeholder
|
Kriteria:
Kualitas instrumen, keteraturan jadwal, tingkat partisipasi Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Ceramah dan Diskusi 150 Menit |
|
Materi: Prinsip supervisi, Teknik evaluasiZ, Partisipasi stakeholder Pustaka: Sabrina, F. F., Darmiyanti, A., & BK, M. T. (2020). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Guru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 239. https://doi.org/... |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis peran kepala/guru sebagai pemimpin transformasional di PAUD |
- Menganalisis gaya kepemimpinan
- Menjelaskan kepemimpinan partisipatif
- Merumuskan strategi kepemimpinan
|
Kriteria:
Kedalaman analisis, kualitas penjelasan, kreativitas strategi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi video studi kasus, refleksi kritis 150 Menit |
|
Materi: Gaya kepemimpinan PAUD, Kepemimpinan transformasional, Strategi efektif Pustaka: Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational Leadership (2nd ed.). Lawrence Erlbaum Associates. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mengembangkan strategi manajemen SDM yang mendorong kolaborasi, motivasi, dan profesionalisme |
- Memahami isi peraturan menteri pendidikan nomor 137 tahun 2014
- Analisa pelaksanaan di lapangan
|
Kriteria:
Ketepatan analisis, keterpaduan strategi Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Brainstorming, workshop, studi dokumen 150 Menit |
|
Materi: Manajemen SDM, Strategi pengembangan, Motivasi guru Pustaka: Mulford, B. (2011). The Leadership Challenge. Sage Publications. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
Mahasiswa mampu menyelesaikan UTS |
Bentuk Penilaian : Tes |
Exam Paper 150 Menit |
|
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mengevaluasi efektivitas pengelolaan sarana-prasarana PAUD |
- Menilai kesesuaian fasilitas
- Mengidentifikasi fungsi dan kelayakan ruang
- Menyusun rekomendasi perbaikan
|
Kriteria:
Ketelitian evaluasi, kesesuaian rekomendasi, kualitas laporan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Observasi, laporan evaluatif, diskusi 150 Menit |
Tugas Terstruktur 170 Menit |
Materi: Standar sarpras, Teknik evaluasi, Penyusunan rekomendasi Pustaka: Nuttall, J. (2010). Leadership and Management in Early Years Education. Sage Publications. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mengembangkan sistem pembiayaan lembaga PAUD yang transparan dan akuntabel |
- Menyusun rencana anggaran
- Menganalisis sumber dana
- Mengaitkan dengan akuntabilitas
|
Kriteria:
Akurasi anggaran, relevansi sumber dana, prinsip akuntabilitas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Simulasi RAPB/RKAS, proyek keuangan lembaga 150 Menit |
|
Materi: Manajemen Keuangan PAUD: RAPB, RKAS, Prinsip Keuangan, dan Akuntabilitas Pustaka: Nuttall, J. (2010). Leadership and Management in Early Years Education. Sage Publications. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Merancang model kemitraan antara PAUD dengan masyarakat |
- Mengidentifikasi potensi kolaborasi
- Menyusun proposal kegiatan
- Menentukan indikator keberhasilan
|
Kriteria:
Potensi kemitraan yang tergali, kualitas proposal, indikator keberhasilan yang terukur Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Service learning, diskusi partisipatif 150 Menit |
|
Materi: Konsep kemitraan, Proposal kegiatan, Indikator keberhasilan Pustaka: Bush, T., & Middlewood, D. (2013). Leading and Managing People in Education. Sage Publications. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa menganalisis pelaksanaan Pos PAUD Terpadu (PPT) |
Mengkaji tentang pedoman penyelenggaraan PAUD terpadu |
Kriteria:
- Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
- Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi 150 Menit |
|
Materi: Ruang Lingkup Manajemen Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa menganalisis pembelajaran multikultural pada PAUD |
1. Memahami definisi pembelajaran multikultural 2. Rancangan pembelajaran pada konteks multikultural |
Kriteria:
- Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
- Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi 150 Menit |
|
Materi: Ruang Lingkup Manajemen Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa memahami analisis kasus tentang pembaharuan PAUD |
1. Mengkaji satu kasus tentang pembaharuan/ perubahan tata kelola PAUD 2. Melakukan analisa dari substansi manajemen pendidikan |
Kriteria:
- Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
- Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi 150 Menit |
|
Materi: Ruang Lingkup Manajemen Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Membangun jejaring kemitraan untuk kemandirian PAUD |
1. Definisi kemitraan 2. Komponen kerjasama dalam pengelolaan PAUD |
Kriteria:
- Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
- Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi 150 Menit |
|
Materi: Ruang Lingkup Manajemen Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Membangun jejaring kemitraan untuk kemandirian PAUD |
Mahasiswa mampu mengerjalan tugas akhir hasil Project berupa Laporan Makalah |
Kriteria:
- Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
- Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
Bentuk Penilaian : Tes |
Exam Paper 150 Menit |
|
Materi: UAS Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production |
15% |