
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Evaluasi Pembelajaran Bhs.jawa |
8820202036 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
4 |
23 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Latif Nur Hasan, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Deskripsi Matakuliah: Mata kuliah ini berisi pengkajian dasar-dasar teori evaluasi hasil belajar, serta kemampuan menyusun alat evaluasi untukmenilai dan memperbaiki proses pembelajaran bahasa Jawa untuk peningkatan penyelesian berbagaii masalah evaluasipembelajaran serta penerapannya dalam pembelajaran bahasa Jawa di sekolah dengan memanfaatkan IPTEKS yang dilandasi sikap bertanggungjawab. Mata kuliah ini disajikan dengan sistem tugas, praktik, diskusi dan presentasi, dan refleksi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Referensi:
- Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
- Tuckman, Bruce W. 1975. Measuring Educational Outcomes: Fundamentals of Testing. USA: Horcourt Brace Jovanovich, Inc.
- McNamara, T.F. 1996. Measuring Second Language Performance. London and New York: Longman.
- Purwanto, Ngalim. 1986. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Karya.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
SRI SULISTIANI Dr. Octo Dendy Andriyanto, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menguasai orientasi konteks mata kuliah Asesmen Proses dan Hasil Belajar Menguasai prinsip umum asesmen/penilaian pendidikan. |
Mendiskusikan orientasi konteks mata kuliah Asesmen Proses dan Hasil Belajar Menjelaskan perbedaan konsep penilaian, pengukuran, dan tes dalam proses pembelajaran. Menjelaskan kedudukan penilaian dalam proses pembelajaran |
Kriteria:
- Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
- Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
- Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
- Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2))
- Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
- Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Kontekstual, Pembelajaran Langsung Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi 3 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Menguasai prinsip umum penilaian pendidikan. Menguasai kategori penilaian dan mampu menyusun alat penilaian. |
Menjelaskan kedudukan penilaian dalam proses pembelajaran Menjelaskan tujuan penilaian dalam pembelajaran. |
Kriteria:
- Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
- Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
- Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
- Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2)
- Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
- Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Kontekstual, Pembelajaran Langsung Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi 3 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Menguasai kategori penilaian dan mampu menyusun alat penilaian (1). |
Menjelaskan berbagai jenis penilaian dalam pembelajaran Menjelaskan perbedaan alat penilaian tes dan non tes dalam proses pembelajaran. |
Kriteria:
- Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
- Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
- Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
- Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2))
- Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
- Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Kontekstual, Pembelajaran Langsung Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi 3 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Menguasai kategori penilaian dan mampu menyusun alat penilaian (2). |
Menjelaskan perbedaan alat penilaian tes dan non tes dalam proses pembelajaran. Menjelaskan kriteria penyusunan alat penilaian. Mengidentifikasi alat penilaian berbasis kompetensi. |
Kriteria:
- Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
- Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
- Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
- Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2))
- Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
- Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Kontekstual, Pembelajaran Langsung Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi 3 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Menguasai prinsip umum dalam menyusun alat penilaian yang berbasis kompetensi.(1) |
Mengidentifikasi alat penilaian berbasis kompetensi. Membedakan alat penilaian berbasis kompetensi. |
Kriteria:
- Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
- Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
- Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
- Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2))
- Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
- Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Kontekstual, Pembelajaran Langsung Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi 3 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Menguasai prinsip umum dalam menyusun alat penilaian yang berbasis kompetensi (2). |
Mengidentifikasi alat penilaian berbasis kompetensi. Membedakan alat penilaian berbasis kompetensi. Penilaian berbasis KTSP 2013 Mengidentifikasi penilaian berdasar permendikbud |
Kriteria:
- Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
- Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
- Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
- Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2))
- Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
- Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Kontekstual, Pembelajaran Langsung Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi 3 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Menguasai konsep dan mampu menyusun alat penilaian kebahasaan dan kesastraan. |
Penilaian berbasis KTSP 2013 Mengidentifikasi penilaian berdasar permendikbud Menjelaskan konsep tes keterampilan berbahasa. |
Kriteria:
- Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
- Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
- Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
- Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2))
- Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
- Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Kontekstual, Pembelajaran Langsung Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi 3 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
UTSSemua kemampuan akhir pertemuan1-7 |
Semua indikator pertemuan 1-7 |
Kriteria:
- Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
- Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
- Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
- Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2))
- Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
- Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Kontekstual, Pembelajaran Langsung Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi 3 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Menguasai teknik penilaian alat penilaian |
Menjelaskan konsep penilaian alat penilaian. |
Kriteria:
- Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
- Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
- Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
- Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2))
- Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
- Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Kontekstual, Pembelajaran Langsung/ Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi 3 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Menguasai penyusunan tes standar |
Menjelaskan konsep menyusun tes standar |
Kriteria:
- Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
- Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
- Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
- Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2))
- Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
- Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Kontekstual, Pembelajaran Langsung/ Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi 3 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Menguasai teknik penulisan buku Lembar Peseta Didik (LKPD) |
Mengidentifikasi dan menjelaskan teknik penulisan buku Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Penulisan buku Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) |
Kriteria:
- Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
- Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
- Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
- Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2))
- Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
- Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Kontekstual, Pembelajaran Langsung/ Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi 3 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Menguasai teknik penulisan buku Lembar Kerja Peserta Didik (PKPD) 2. |
Mengidentifikasi dan menjelaskan teknik penulisan buku Lembar Kerja Peserta Didik Penulisan buku LKPD |
Kriteria:
- Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
- Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
- Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
- Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2))
- Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
- Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Kontekstual, Pembelajaran Langsung/ Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi 3 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Menguasai teknik menganalisis data hasil tes. |
Membedakan pengertian konsep skor dan nilai. Membedakan konsep PAK/PAP dengan PAN |
Kriteria:
- Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
- Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
- Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
- Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2))
- Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
- Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Kontekstual, Pembelajaran Langsung/ Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi 3 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Menguasai penghitung-an nilai standar. |
Menjelaskan konsep tingkat persentil. Menjelaskan konsep z-skor. Menjelaskan konsep T-skor |
Kriteria:
- Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
- Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
- Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
- Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2))
- Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
- Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Kontekstual, Pembelajaran Langsung/ Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi 3 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Menguasai penyusunan nilai akhir |
Membuat laporan keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran (nilai rapor dan indeks prestasi) |
Kriteria:
- Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
- Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
- Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
- Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2))
- Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
- Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Kontekstual, Pembelajaran Langsung/ Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi 3 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Semua indikator pertemuan 9-15 |
Kriteria:
- Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
- Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
- Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
- Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2))
- Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
- Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Kontekstual, Pembelajaran Langsung/ Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi 3 X 50 |
|
|
0% |