Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Evaluasi Pembelajaran Bhs.jawa

8820202036

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

23 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Latif Nur Hasan, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Deskripsi Matakuliah: Mata kuliah ini berisi pengkajian dasar-dasar teori evaluasi hasil belajar, serta kemampuan menyusun alat evaluasi untukmenilai dan memperbaiki proses pembelajaran bahasa Jawa untuk peningkatan penyelesian berbagaii masalah evaluasipembelajaran serta penerapannya dalam pembelajaran bahasa Jawa di sekolah dengan memanfaatkan IPTEKS yang dilandasi sikap bertanggungjawab. Mata kuliah ini disajikan dengan sistem tugas, praktik, diskusi dan presentasi, dan refleksi.

Pustaka

Utama :

  1. Referensi:
  2. Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  3. Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
  4. Tuckman, Bruce W. 1975. Measuring Educational Outcomes: Fundamentals of Testing. USA: Horcourt Brace Jovanovich, Inc.
  5. McNamara, T.F. 1996. Measuring Second Language Performance. London and New York: Longman.
  6. Purwanto, Ngalim. 1986. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Karya.

Pendukung :

Dosen Pengampu

SRI SULISTIANI

Dr. Octo Dendy Andriyanto, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menguasai orientasi konteks mata kuliah Asesmen Proses dan Hasil Belajar Menguasai prinsip umum asesmen/penilaian pendidikan.

Mendiskusikan orientasi konteks mata kuliah Asesmen Proses dan Hasil Belajar Menjelaskan perbedaan konsep penilaian, pengukuran, dan tes dalam proses pembelajaran. Menjelaskan kedudukan penilaian dalam proses pembelajaran

Kriteria:
  1. Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
  2. Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
  3. Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
  4. Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2))
  5. Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
  6. Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Kontekstual, Pembelajaran Langsung Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi
3 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Menguasai prinsip umum penilaian pendidikan. Menguasai kategori penilaian dan mampu menyusun alat penilaian.

Menjelaskan kedudukan penilaian dalam proses pembelajaran Menjelaskan tujuan penilaian dalam pembelajaran.

Kriteria:
  1. Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
  2. Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
  3. Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
  4. Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2)
  5. Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
  6. Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Kontekstual, Pembelajaran Langsung Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi
3 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Menguasai kategori penilaian dan mampu menyusun alat penilaian (1).

Menjelaskan berbagai jenis penilaian dalam pembelajaran Menjelaskan perbedaan alat penilaian tes dan non tes dalam proses pembelajaran.

Kriteria:
  1. Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
  2. Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
  3. Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
  4. Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2))
  5. Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
  6. Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Kontekstual, Pembelajaran Langsung Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi
3 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Menguasai kategori penilaian dan mampu menyusun alat penilaian (2).

Menjelaskan perbedaan alat penilaian tes dan non tes dalam proses pembelajaran. Menjelaskan kriteria penyusunan alat penilaian. Mengidentifikasi alat penilaian berbasis kompetensi.

Kriteria:
  1. Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
  2. Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
  3. Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
  4. Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2))
  5. Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
  6. Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Kontekstual, Pembelajaran Langsung Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi
3 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Menguasai prinsip umum dalam menyusun alat penilaian yang berbasis kompetensi.(1)

Mengidentifikasi alat penilaian berbasis kompetensi. Membedakan alat penilaian berbasis kompetensi.

Kriteria:
  1. Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
  2. Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
  3. Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
  4. Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2))
  5. Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
  6. Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Kontekstual, Pembelajaran Langsung Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi
3 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Menguasai prinsip umum dalam menyusun alat penilaian yang berbasis kompetensi (2).

Mengidentifikasi alat penilaian berbasis kompetensi. Membedakan alat penilaian berbasis kompetensi. Penilaian berbasis KTSP 2013 Mengidentifikasi penilaian berdasar permendikbud

Kriteria:
  1. Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
  2. Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
  3. Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
  4. Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2))
  5. Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
  6. Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Kontekstual, Pembelajaran Langsung Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi
3 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Menguasai konsep dan mampu menyusun alat penilaian kebahasaan dan kesastraan.

Penilaian berbasis KTSP 2013 Mengidentifikasi penilaian berdasar permendikbud Menjelaskan konsep tes keterampilan berbahasa.

Kriteria:
  1. Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
  2. Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
  3. Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
  4. Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2))
  5. Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
  6. Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Kontekstual, Pembelajaran Langsung Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi
3 X 50

0%

8

Minggu ke 8

UTSSemua kemampuan akhir pertemuan1-7

Semua indikator pertemuan 1-7

Kriteria:
  1. Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
  2. Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
  3. Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
  4. Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2))
  5. Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
  6. Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Kontekstual, Pembelajaran Langsung Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi
3 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Menguasai teknik penilaian alat penilaian

Menjelaskan konsep penilaian alat penilaian.

Kriteria:
  1. Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
  2. Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
  3. Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
  4. Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2))
  5. Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
  6. Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Kontekstual, Pembelajaran Langsung/ Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi
3 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Menguasai penyusunan tes standar

Menjelaskan konsep menyusun tes standar

Kriteria:
  1. Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
  2. Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
  3. Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
  4. Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2))
  5. Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
  6. Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Kontekstual, Pembelajaran Langsung/ Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi
3 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Menguasai teknik penulisan buku Lembar Peseta Didik (LKPD)

Mengidentifikasi dan menjelaskan teknik penulisan buku Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Penulisan buku Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Kriteria:
  1. Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
  2. Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
  3. Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
  4. Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2))
  5. Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
  6. Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Kontekstual, Pembelajaran Langsung/ Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi
3 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Menguasai teknik penulisan buku Lembar Kerja Peserta Didik (PKPD) 2.

Mengidentifikasi dan menjelaskan teknik penulisan buku Lembar Kerja Peserta Didik Penulisan buku LKPD

Kriteria:
  1. Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
  2. Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
  3. Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
  4. Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2))
  5. Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
  6. Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Kontekstual, Pembelajaran Langsung/ Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi
3 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Menguasai teknik menganalisis data hasil tes.

Membedakan pengertian konsep skor dan nilai. Membedakan konsep PAK/PAP dengan PAN

Kriteria:
  1. Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
  2. Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
  3. Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
  4. Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2))
  5. Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
  6. Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Kontekstual, Pembelajaran Langsung/ Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi
3 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Menguasai penghitung-an nilai standar.

Menjelaskan konsep tingkat persentil. Menjelaskan konsep z-skor. Menjelaskan konsep T-skor

Kriteria:
  1. Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
  2. Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
  3. Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
  4. Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2))
  5. Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
  6. Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Kontekstual, Pembelajaran Langsung/ Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi
3 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Menguasai penyusunan nilai akhir

Membuat laporan keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran (nilai rapor dan indeks prestasi)

Kriteria:
  1. Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
  2. Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
  3. Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
  4. Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2))
  5. Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
  6. Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Kontekstual, Pembelajaran Langsung/ Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi
3 X 50

0%

16

Minggu ke 16

UAS

Semua indikator pertemuan 9-15

Kriteria:
  1. Penilaian yang dilakukan terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
  2. Partisipasi saat perkuliahan melalui pengamatan (bobot 2)
  3. Tugas diakses melalui presentasi dan laporan hasil diskusi kelompok, dan laporan studi kasus secara individu. Nilai dirata-rata dan diberi bobot (3)
  4. Tes subsumatif, dilakukan untuk mengakses semua indikator selama setengah semester melalui ujian tulis, dan tugas analisis kasus.Nilai dirata-rata dan diberi bobot (2))
  5. Tes Sumatif dilakukan secara serempak sesuai dengan jadwal. Ujian dilakukan secara tertulis dan diberi bobot (3).
  6. Nilai Akhitr (NA) adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Kontekstual, Pembelajaran Langsung/ Kooperatif, Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Penugasan Presentasi
3 X 50

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.