Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pemrograman Basis Data

5720103140

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

25 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




I KADEK DWI NURYANA

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

Mampu membangun, mengelola, menggunakan dan mengamankan database dengan alat dan teknik dalam sistem basis data yang akan menghasilkan model relasional

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu melakukan Query pada Database

PO - 2

Mampu mengelola trigger dan function pada Database

PO - 3

Mampu menjelaskan struktur dan jenis Database

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-7
PO-1 
PO-2 
PO-3 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Pemrograman Basis Data membekali mahasiswa dengan konsep dan teknik pemrograman untuk mengelola dan memanipulasi basis data. Mata kuliah ini mencakup pengenalan sistem basis data, model data relasional, bahasa SQL untuk query dan manipulasi data, serta teknik pemrograman menggunakan bahasa pemrograman seperti Python atau Java untuk berinteraksi dengan basis data. Tujuannya adalah agar mahasiswa mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengelola aplikasi berbasis data yang efisien dan aman. Ruang lingkup meliputi normalisasi basis data, transaksi, keamanan data, dan integrasi basis data dalam pengembangan perangkat lunak.

Pustaka

Utama :

  1. Silberschatz, A., Korth, H. F., & Sudarshan, S. (2020). Database System Concepts (7th Edition). McGraw-Hill Education. ISBN: 978-1260084504

Pendukung :

Dosen Pengampu

CENDRA DEVAYANA PUTRA

Cendra Devayana Putra, S.Kom., M.IM.

Cendra Devayana Putra, S.Kom., M.IM.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Review basis data dan SQL Dasar, EERD

  1. Mampu menulis query SELECT untuk mengambil data dari tabel
  2. Mampu menggunakan klausa WHERE untuk menyaring data
  3. Mampu mengurutkan data menggunakan klausa ORDER BY
  4. Mampu membatasi hasil query menggunakan klausa LIMIT

Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Tes
ceramah, diskusi
150

Materi: Konsep dasar query database, Struktur perintah SELECT, Klausa WHERE untuk filtering, Klausa ORDER BY untuk sorting, Klausa LIMIT untuk membatasi hasil
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa dapat membuat dan menjalankan query SELECT

  1. Mampu menulis query SELECT dengan klausa WHERE, ORDER BY, dan LIMIT
  2. Mampu melakukan operasi INSERT data ke dalam tabel
  3. Mampu melakukan operasi UPDATE data yang sudah ada
  4. Mampu melakukan operasi DELETE data dari tabel
  5. Mampu menggunakan fungsi agregat dasar (COUNT, SUM, AVG, MAX, MIN)
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Tes
ceramah, diskusi
150

Materi: Pengenalan Structured Query Language (SQL), Syntax dasar SELECT statement, Filtering data dengan klausa WHERE, Sorting data dengan ORDER BY, Membatasi hasil dengan LIMIT, Operasi DML: INSERT, UPDATE, DELETE, Fungsi agregat dasar
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa dapat menulis dan menjalankan query INSERT, UPDATE, DELETE dengan sintaks yang benar serta memahami penggunaan klausa WHERE, ORDER BY, dan fungsi agregat dasar.

  1. Kemampuan menulis query SELECT untuk mengambil data dari satu tabel
  2. Kemampuan menggunakan klausa WHERE untuk filtering data
  3. Kemampuan menggunakan klausa ORDER BY untuk pengurutan data
  4. Kemampuan menulis query INSERT, UPDATE, DELETE untuk manipulasi data
  5. Kemampuan menggunakan fungsi agregat dasar seperti COUNT, SUM, AVG

Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Tes
Ceramah interaktif, demonstrasi langsung, latihan terstruktur, dan diskusi kelompok.

Materi: Pengenalan Structured Query Language (SQL), Syntax dasar query SELECT, Klausa WHERE untuk filtering data, Klausa ORDER BY untuk pengurutan, Query INSERT, UPDATE, DELETE, Fungsi agregat dasar (COUNT, SUM, AVG, MIN, MAX)
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengelola trigger dalam database untuk mendukung kebutuhan bisnis dan integritas data.

  1. Kemampuan memahami konsep trigger dan function
  2. Kemampuan membuat trigger dan function sederhana
  3. Kemampuan mengaplikasikan trigger dan function dalam skenario nyata
  4. Kemampuan menguji dan men-debug trigger serta function

Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah interaktif, demonstrasi, diskusi kelompok, dan praktikum mandiri dengan studi kasus..
150
Praktikum mandiri membuat trigger dan function berdasarkan studi kasus yang diberikan, Kuis online tentang konsep trigger dan function
Materi: Konsep dasar trigger: definisi, jenis, dan kegunaan, Konsep dasar function: definisi, jenis, dan perbedaan dengan stored procedure, Syntax pembuatan trigger dan function dalam SQL, Aplikasi trigger untuk menjaga integritas data dan audit trail, Aplikasi function untuk kalkulasi dan transformasi data, Best practices dan troubleshooting trigger serta function
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengelola Function dalam database untuk mendukung kebutuhan bisnis dan integritas data.

  1. Kemampuan memahami konsep trigger dan function
  2. Kemampuan membuat trigger dan function sederhana
  3. Kemampuan mengaplikasikan trigger dan function dalam skenario nyata
  4. Kemampuan menguji dan men-debug trigger serta function

Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah interaktif, demonstrasi, diskusi kelompok, dan praktikum mandiri dengan studi kasus..
150
Praktikum mandiri membuat trigger dan function berdasarkan studi kasus yang diberikan, Kuis online tentang konsep trigger dan function
Materi: Konsep dasar trigger: definisi, jenis, dan kegunaan, Konsep dasar function: definisi, jenis, dan perbedaan dengan stored procedure, Syntax pembuatan trigger dan function dalam SQL, Aplikasi trigger untuk menjaga integritas data dan audit trail, Aplikasi function untuk kalkulasi dan transformasi data, Best practices dan troubleshooting trigger serta function
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

6

Minggu ke 6

Latihan

  1. Kemampuan memahami konsep trigger dan function
  2. Kemampuan membuat trigger dan function sederhana
  3. Kemampuan mengaplikasikan trigger dan function dalam skenario nyata
  4. Kemampuan menguji dan men-debug trigger serta function

Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah interaktif, demonstrasi, diskusi kelompok, dan praktikum mandiri dengan studi kasus..
150
Praktikum mandiri membuat trigger dan function berdasarkan studi kasus yang diberikan, Kuis online tentang konsep trigger dan function
Materi: Konsep dasar trigger: definisi, jenis, dan kegunaan, Konsep dasar function: definisi, jenis, dan perbedaan dengan stored procedure, Syntax pembuatan trigger dan function dalam SQL, Aplikasi trigger untuk menjaga integritas data dan audit trail, Aplikasi function untuk kalkulasi dan transformasi data, Best practices dan troubleshooting trigger serta function
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu Optimasi Query pada database untuk mendukung kebutuhan bisnis dan aplikasi.

  1. Mampu menjelaskan konsep trigger dan function
  2. Mampu membuat trigger untuk otomatisasi operasi database
  3. Mampu membuat function untuk pemrosesan data yang kompleks
  4. Mampu menguji dan mengevaluasi kinerja trigger dan function

Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah interaktif, demonstrasi, praktikum mandiri, dan diskusi kasus.
150

Materi: Konsep dasar trigger dan function, Syntax pembuatan trigger (CREATE TRIGGER), Syntax pembuatan function (CREATE FUNCTION), Implementasi trigger untuk validasi dan auditing, Implementasi function untuk kalkulasi dan transformasi data, Best practices dan optimasi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

8

Minggu ke 8

Presentasi Project Database

  1. Mampu membuat query dengan multiple JOIN operations
  2. Mampu menggunakan subquery dalam perintah SQL
  3. Mampu menerapkan fungsi agregat dan GROUP BY
  4. Mampu mengoptimalkan query untuk performa yang lebih baik
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Tes
Ceramah interaktif, demonstrasi, praktikum terstruktur, dan diskusi kasus.
150

Materi: JOIN operations (INNER JOIN, LEFT JOIN, RIGHT JOIN), Subquery dan correlated subquery, Fungsi agregat (SUM, AVG, COUNT, MAX, MIN), GROUP BY dan HAVING clause, Query optimization techniques
Pustaka: Handbook Perkuliahan
30%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa dapat mengidentifikasi dan membedakan berbagai jenis database serta menjelaskan struktur database Client-Server

  1. Kemampuan menjelaskan struktur database relasional
  2. Kemampuan membedakan jenis-jenis database (SQL vs NoSQL)
  3. Pemahaman terhadap komponen utama sistem basis data
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Tes
Ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan demonstrasi visual.
150

Materi: Pengenalan struktur database: tabel, kolom, baris, kunci, Jenis database: relasional (SQL), NoSQL (dokumen, grafik, kolom, key-value), Komponen sistem basis data: DBMS, skema, indeks, transaksi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa dapat mengidentifikasi dan membedakan berbagai jenis database serta menjelaskan struktur database Terdistribusi

  1. Kemampuan menjelaskan struktur database relasional
  2. Kemampuan membedakan jenis-jenis database (SQL vs NoSQL)
  3. Pemahaman terhadap komponen utama sistem basis data
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Tes
Ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan demonstrasi visual.
150

Materi: Pengenalan struktur database: tabel, kolom, baris, kunci, Jenis database: relasional (SQL), NoSQL (dokumen, grafik, kolom, key-value), Komponen sistem basis data: DBMS, skema, indeks, transaksi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa dapat mengidentifikasi dan membedakan berbagai jenis database serta menjelaskan struktur database Cloud

  1. Kemampuan menjelaskan struktur database relasional
  2. Kemampuan membedakan jenis-jenis database (SQL vs NoSQL)
  3. Pemahaman terhadap komponen utama sistem basis data
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Tes
Ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan demonstrasi visual.
150

Materi: Pengenalan struktur database: tabel, kolom, baris, kunci, Jenis database: relasional (SQL), NoSQL (dokumen, grafik, kolom, key-value), Komponen sistem basis data: DBMS, skema, indeks, transaksi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa dapat mengidentifikasi dan membedakan berbagai jenis database serta menjelaskan struktur database Spasial

  1. Kemampuan menjelaskan struktur database relasional
  2. Kemampuan membedakan jenis-jenis database (SQL vs NoSQL)
  3. Pemahaman terhadap komponen utama sistem basis data
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Tes
Ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan demonstrasi visual.
150

Materi: Pengenalan struktur database: tabel, kolom, baris, kunci, Jenis database: relasional (SQL), NoSQL (dokumen, grafik, kolom, key-value), Komponen sistem basis data: DBMS, skema, indeks, transaksi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa dapat mengidentifikasi dan membedakan berbagai jenis database serta menjelaskan struktur database No Sql (Firebase)

  1. Kemampuan menjelaskan struktur database relasional
  2. Kemampuan membedakan jenis-jenis database (SQL vs NoSQL)
  3. Pemahaman terhadap komponen utama sistem basis data
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Tes
Ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan demonstrasi visual.
150

Materi: Pengenalan struktur database: tabel, kolom, baris, kunci, Jenis database: relasional (SQL), NoSQL (dokumen, grafik, kolom, key-value), Komponen sistem basis data: DBMS, skema, indeks, transaksi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa dapat mengidentifikasi dan membedakan berbagai jenis database serta menjelaskan struktur Datawarehouse

  1. Kemampuan menjelaskan struktur database relasional
  2. Kemampuan membedakan jenis-jenis database (SQL vs NoSQL)
  3. Pemahaman terhadap komponen utama sistem basis data
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Tes
Ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan demonstrasi visual.
150

Materi: Pengenalan struktur database: tabel, kolom, baris, kunci, Jenis database: relasional (SQL), NoSQL (dokumen, grafik, kolom, key-value), Komponen sistem basis data: DBMS, skema, indeks, transaksi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa dapat mengetahui Data Mining dan Big Data

  1. Kemampuan menjelaskan struktur database relasional
  2. Kemampuan membedakan jenis-jenis database (SQL vs NoSQL)
  3. Pemahaman terhadap komponen utama sistem basis data
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Tes
Ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan demonstrasi visual.
150

Materi: Pengenalan struktur database: tabel, kolom, baris, kunci, Jenis database: relasional (SQL), NoSQL (dokumen, grafik, kolom, key-value), Komponen sistem basis data: DBMS, skema, indeks, transaksi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

16

Minggu ke 16

Tes Lisan tentang Pemrograman Database secara berkelompok

  1. Kemampuan menjelaskan struktur database relasional
  2. Kemampuan membedakan jenis-jenis database (SQL vs NoSQL)
  3. Pemahaman terhadap komponen utama sistem basis data
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Tes
Ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan demonstrasi visual.
150

Materi: Pengenalan struktur database: tabel, kolom, baris, kunci, Jenis database: relasional (SQL), NoSQL (dokumen, grafik, kolom, key-value), Komponen sistem basis data: DBMS, skema, indeks, transaksi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
25%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Praktikum 20%
2. Tes 80%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.