Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kimia Material

8310102145

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

8 November 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Apt. Ibtisam, S.Farm., M.Sc., Ph.D., Dr. Yessy, S.Si., M.Si.




ACHMAD IMAM AGUNG




ACHMAD IMAM AGUNG

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-9

Mampu menyelaraskan kurikulum S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan yang relevan dengan tuntutan perkembangan industri global.

PLO-12

Memiliki pengetahuan yang komprehensif sehingga dapat menyelesaikan permasalahan kompleks yang khas di program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dan mengikuti kaidah penulisan ilmiah

PLO-13

Mampu melakukan analisis pada penelitian dan pengembangan program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan prinsip-prinsip kimia material dalam pengembangan kurikulum pendidikan teknologi kejuruan yang relevan dengan kebutuhan industri global (C3)

PO - 2

Menganalisis struktur dan sifat material untuk menyelesaikan permasalahan kompleks dalam konteks pendidikan teknologi kejuruan (C4)

PO - 3

Mengevaluasi kinerja material berdasarkan kriteria standar industri untuk aplikasi dalam teknologi kejuruan (C5)

PO - 4

Menganalisis hubungan antara struktur mikro material dengan sifat mekanik dan fungsionalnya dalam konteks kejuruan (C4)

PO - 5

Mengevaluasi metode sintesis dan karakterisasi material berdasarkan standar ilmiah dan industri (C5)

PO - 6

Menerapkan prinsip kimia material dalam pengembangan proyek kewirausahaan berbasis teknologi (C3)

PO - 7

Menciptakan solusi material inovatif untuk tantangan sustainability dalam industri teknologi kejuruan (C6)

PO - 8

Mengevaluasi dampak lingkungan dan ekonomi dari pemilihan material dalam konteks pendidikan teknologi kejuruan (C5)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-9PLO-12PLO-13
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4    
PO-5   
PO-6    
PO-7    
PO-8    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Materials chemistry is a comprehensive course that discusses the structure, composition, properties, and transformations of matter, and the energy involved in these processes. Specific structures and compositions produce certain material properties.

Pustaka

Utama :

  1. 2. Callister, W. D., & Rethwisch, D. G. (2016). Fundamentals of Materials Science and Engineering: An Integrated Approach (5th ed.). John Wiley & Sons Inc.

Pendukung :

Dosen Pengampu

ACHMAD IMAM AGUNG

SARI EDI CAHYANINGRUM

YESSY

IBTISAM

Prof. Dr. Sari Edi Cahyaningrum, M.Si.

Prof. Dr. Sari Edi Cahyaningrum, M.Si.

Dr. Yessy, S.Si., M.Si.

Dr. Yessy, S.Si., M.Si.

Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd.

Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa dapat mengidentifikasi, menganalisis, dan mengintegrasikan konsep kimia material ke dalam pengembangan kurikulum teknologi kejuruan yang responsif terhadap tuntutan industri global.

  1. Mampu menjelaskan prinsip dasar kimia material dan kaitannya dengan kebutuhan industri
  2. Mampu menganalisis contoh material yang relevan dalam konteks teknologi kejuruan
  3. Mampu merancang outline kurikulum yang mengintegrasikan kimia material dengan pendekatan berbasis industri

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

1. klasifikasi sifat material yang berbeda yang menentukan penerapannya.
2. komponen yang terlibat dalam desain, produksi, dan pemanfaatan material, dan jelaskan secara singkat keterkaitan antar komponen-komponen ini.
3. kriteria yang penting dalam proses pemilihan material.
4. a.) klasifikasi utama material padat, ciri kimia yang membedakan masing-masing. b.) jenis material canggih dan, untuk masing-masing, ciri khasnya.
5. a.) memahami konsep material/sistem inovatif. b.) memahami konsep nanoteknologi dan bagaimana penerapannya pada material.
100 menit
Materi: Pengenalan kimia material: definisi, ruang lingkup, dan peran dalam industri, Klasifikasi material: logam, polimer, keramik, komposit, Kebutuhan industri global terkait material dan implikasinya pada pendidikan kejuruan, Integrasi prinsip kimia material dalam pengembangan kurikulum teknologi kejuruan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.