
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kimia Material |
8310102145 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
8 November 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Apt. Ibtisam, S.Farm., M.Sc., Ph.D., Dr. Yessy, S.Si., M.Si.
|
ACHMAD IMAM AGUNG
|
ACHMAD IMAM AGUNG |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-9 |
Mampu menyelaraskan kurikulum S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan yang relevan dengan tuntutan perkembangan industri global. |
PLO-12 |
Memiliki pengetahuan yang komprehensif sehingga dapat menyelesaikan permasalahan kompleks yang khas di program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dan mengikuti kaidah penulisan ilmiah |
PLO-13 |
Mampu melakukan analisis pada penelitian dan pengembangan program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan prinsip-prinsip kimia material dalam pengembangan kurikulum pendidikan teknologi kejuruan yang relevan dengan kebutuhan industri global (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis struktur dan sifat material untuk menyelesaikan permasalahan kompleks dalam konteks pendidikan teknologi kejuruan (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi kinerja material berdasarkan kriteria standar industri untuk aplikasi dalam teknologi kejuruan (C5)
|
PO - 4 |
Menganalisis hubungan antara struktur mikro material dengan sifat mekanik dan fungsionalnya dalam konteks kejuruan (C4)
|
PO - 5 |
Mengevaluasi metode sintesis dan karakterisasi material berdasarkan standar ilmiah dan industri (C5)
|
PO - 6 |
Menerapkan prinsip kimia material dalam pengembangan proyek kewirausahaan berbasis teknologi (C3)
|
PO - 7 |
Menciptakan solusi material inovatif untuk tantangan sustainability dalam industri teknologi kejuruan (C6)
|
PO - 8 |
Mengevaluasi dampak lingkungan dan ekonomi dari pemilihan material dalam konteks pendidikan teknologi kejuruan (C5)
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-9 | PLO-12 | PLO-13 | | PO-1 | | | ✔ | | | | PO-2 | | | | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | | | | PO-4 | | ✔ | | | | | PO-5 | | ✔ | | | ✔ | | PO-6 | | | | ✔ | | | PO-7 | ✔ | | | | | | PO-8 | | ✔ | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Materials chemistry is a comprehensive course that discusses the structure, composition, properties, and transformations of matter, and the energy involved in these processes. Specific structures and compositions produce certain material properties. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 2. Callister, W. D., & Rethwisch, D. G. (2016). Fundamentals of Materials Science and Engineering: An Integrated Approach (5th ed.). John Wiley & Sons Inc.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
ACHMAD IMAM AGUNG SARI EDI CAHYANINGRUM YESSY IBTISAM Prof. Dr. Sari Edi Cahyaningrum, M.Si. Prof. Dr. Sari Edi Cahyaningrum, M.Si. Dr. Yessy, S.Si., M.Si. Dr. Yessy, S.Si., M.Si. Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd. Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa dapat mengidentifikasi, menganalisis, dan mengintegrasikan konsep kimia material ke dalam pengembangan kurikulum teknologi kejuruan yang responsif terhadap tuntutan industri global. |
- Mampu menjelaskan prinsip dasar kimia material dan kaitannya dengan kebutuhan industri
- Mampu menganalisis contoh material yang relevan dalam konteks teknologi kejuruan
- Mampu merancang outline kurikulum yang mengintegrasikan kimia material dengan pendekatan berbasis industri
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
1. klasifikasi sifat material yang berbeda yang menentukan penerapannya.
2. komponen yang terlibat dalam desain, produksi, dan pemanfaatan material, dan jelaskan secara singkat keterkaitan antar komponen-komponen ini.
3. kriteria yang penting dalam proses pemilihan material.
4. a.) klasifikasi utama material padat, ciri kimia yang membedakan masing-masing. b.) jenis material canggih dan, untuk masing-masing, ciri khasnya.
5. a.) memahami konsep material/sistem inovatif. b.) memahami konsep nanoteknologi dan bagaimana penerapannya pada material. 100 menit |
Materi: Pengenalan kimia material: definisi, ruang lingkup, dan peran dalam industri, Klasifikasi material: logam, polimer, keramik, komposit, Kebutuhan industri global terkait material dan implikasinya pada pendidikan kejuruan, Integrasi prinsip kimia material dalam pengembangan kurikulum teknologi kejuruan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
2
Minggu ke 2 |
|
|
|
|
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
|
|
|
|
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
|
|
|
|
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
|
|
|
|
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
|
|
|
|
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
|
|
|
|
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
|
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
|
|
|
|
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
|
|
|
|
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
|
|
|
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
|
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
|
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
|
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |