
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Fisika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Fisika Matematik III |
8420304299 |
|
T=4 |
P=0 |
ECTS=6.36 |
3 |
25 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
MITA ANGGARYANI |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa menguasai pengetahuan fisika klasik dan modern untuk mengidentifikasi sifat-sifat suatu sistem fisis sederhana menggunakan pendekatan fisika matematika
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu memformulasikan problematika suatu sistem fisis sederhana menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menggunakan proses berpikir tingkat tinggi untuk membentuk solusi dari model fisis sederhana tersebut
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menggunakan sikap ilmiah, pemikiran kritis dan keterampilan inovasi untuk mengkaji persoalan pembelajaran fisika berbantuan matematika
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji tentang : matriks dan ruang vektor, analisis vektor 3 dimensi, analisis tensor, dan fungsi variable kompleks melalui pembelajaran aktif dengan kombinasi metode diskusi, tanya jawab dan pemberian tugas berbantuan IT. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
- Anton, H. and Kaul, A., 2019. Elementary linear algebra 12th Edition. John Wiley & Sons. New York
|
Pendukung : |
|
- Arfken, G. 1995. Mathematical Methods for Physicists , Academic Press.
- Riley, K.F., Hobson, M.P., Bence, S.J. 2006. Mathematical Methods for Physics and Engineering, edisi 3, Cambridge Univ. Press.
- Hassani, Sadri. 2009. Mathematical methods for students of physics and related fields , 2nd ed. Springer, Illinois.
|
Dosen Pengampu
|
ZAINUL ARIFIN IMAM SUPARDI DZULKIFLIH NUGRAHANI PRIMARY PUTRI EVI SUAEBAH ARIE REALITA MUHIMMATUL KHOIRO Dzulkiflih, S.Si., M.T. Dzulkiflih, S.Si., M.T. Dr. Eng. Evi Suaebah, M.Si., M.Sc. Dr. Eng. Evi Suaebah, M.Si., M.Sc. Dr. Nugrahani Primary Putri, S.Si., M.Si. Dr. Nugrahani Primary Putri, S.Si., M.Si. Dr. Zainul Arifin Imam Supardi, M.Si. Dr. Zainul Arifin Imam Supardi, M.Si. Arie Realita, M.Si. Arie Realita, M.Si. Dr. Muhimmatul Khoiro, S. Si. Dr. Muhimmatul Khoiro, S. Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mahasiswa menguasai pengetahuan gelombang dan fisika modern untuk mengidentifikasi sifat-sifat suatu sistem fisis sederhana yang relevan
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan sikap ilmiah, pemikiran kritis dan keterampilan inovasi untuk mengkaji persoalan pembelajaran gelombang dan fisika modern di sekolah menengah berbantuan matematika
|
- Mahasiswa mampu melakukan reduksi baris pada sebuah matriks
- Mahasiswa mampu menentukan determinan suatu matriks menggunakan aturan Cramer
|
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal 150 menit |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal 150 menit |
Materi: Linear Algebra : Introduction, Matrices Row Reduction, Determinants, Cramer's Rule Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
- Mahasiswa menguasai pengetahuan gelombang dan fisika modern untuk mengidentifikasi sifat-sifat suatu sistem fisis sederhana yang relevan
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan sikap ilmiah, pemikiran kritis dan keterampilan inovasi untuk mengkaji persoalan pembelajaran gelombang dan fisika modern di sekolah menengah berbantuan matematika
|
- Mahasiswa mampu melakukan reduksi baris pada sebuah matriks
- Mahasiswa mampu menentukan determinan suatu matriks menggunakan aturan Cramer
|
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal 150 menit |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal 150 menit |
Materi: Linear Algebra: Vectors, Lines and Planes, Matrix Operations, Linear Combination, Linear Function, Linear Operation Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
4% |
3
Minggu ke 3 |
- Mahasiswa menguasai pengetahuan gelombang dan fisika modern untuk mengidentifikasi sifat-sifat suatu sistem fisis yang relevan
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan sikap ilmiah, pemikiran kritis dan keterampilan inovasi untuk mengkaji persoalan pembelajaran gelombang dan fisika modern di sekolah menengah berbantuan matematika
|
- Mahasiswa memahami konsep ruang vektor linier
- Mahasiswa dapat menentukan nilai eigen dan fungsi eigen
|
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal 150 menit |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal 150 menit |
Materi: Linear Algebra: Linear Vector Spaces Eigenvalues and Eigenvectors, Diagonalizing Matrices Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
- Mahasiswa menguasai pengetahuan gelombang dan fisika modern untuk mengidentifikasi sifat-sifat suatu sistem fisis sederhana yang relevan
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan sikap ilmiah, pemikiran kritis dan keterampilan inovasi untuk mengkaji persoalan pembelajaran gelombang dan fisika modern di sekolah menengah berbantuan matematika
|
Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan gelombang dan fisika modern menggunakan konsep matriks dan ruang vector |
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal 150 menit |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal 150 menit |
Materi: Linear Algebra : Application of Diagonalization Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
- Mahasiswa menguasai pengetahuan gelombang dan fisika modern untuk mengidentifikasi sifat-sifat suatu sistem fisis
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan sikap ilmiah, pemikiran kritis dan keterampilan inovasi untuk mengkaji persoalan pembelajaran gelombang dan fisika modern di sekolah menengah berbantuan matematika
|
- Mahasiswa mampu menggunakan operator vektor del dalam koordinat 3D silinder dan bola
- Mahasiswa mampu melakukan operasi gradient, divergence dan curl pada koordinat 3D silinder dan bola
|
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal 150 menit |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal 150 menit |
Materi: Vector Analysis: Introduction, Application of Vector Multipilication, Tripel Product, Differentiation Vectors, Field, Directional Derivative Gradient Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
4% |
6
Minggu ke 6 |
- Mahasiswa menguasai pengetahuan gelombang dan fisika modern untuk mengidentifikasi sifat-sifat suatu sistem fisis sederhana yang relevan
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik dan numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan sikap ilmiah, pemikiran kritis dan keterampilan inovasi untuk mengkaji persoalan pembelajaran gelombang dan fisika modern di sekolah menengah berbantuan matematika
|
Mahasiswa mampu menggunakan integral garis untuk menyelesaikan persoalan fisika |
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal 150 menit |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal 150 menit |
Materi: Vector Analysis: Line Integrals, Green Theorem in the Plane Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
4% |
7
Minggu ke 7 |
- Mahasiswa menguasai pengetahuan gelombang dan fisika modern untuk mengidentifikasi sifat-sifat suatu sistem fisis sederhana yang relevan
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik dan numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan sikap ilmiah, pemikiran kritis dan keterampilan inovasi untuk mengkaji persoalan pembelajaran gelombang dan fisika modern di sekolah menengah berbantuan matematika
|
- Mahasiswa memahami teorema Divergence dan aplikasinya di fisika
- Mahasiswa mampu menyelesaikan persoalan terkait gelombang dan fisika modern dengan konsep vektor
|
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal 150 menit |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal 150 menit |
Materi: Vector Analysis: The Divergence and the Divergence Theorem, The Curls and Stokes Theorem Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
4% |
8
Minggu ke 8 |
- Mahasiswa menguasai pengetahuan gelombang dan fisika modern untuk mengidentifikasi sifat-sifat suatu sistem fisis sederhana yang relevan
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik dan numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan sikap ilmiah, pemikiran kritis dan keterampilan inovasi untuk mengkaji persoalan pembelajaran gelombang dan fisika modern di sekolah menengah berbantuan matematika
|
Mahasiswa mampu memahami dan menyelesaikan soal-soal USS yang relevan dengan materi ajar aljabar linear dan vektor analysis |
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tes tulis 100 Menit |
Tes tulis 100 menit |
Materi: Materi UTS Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan proses berpikir tingkat tinggi untuk membentuk solusi dari model fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern
|
- Mahasiswa memahami notasi tensor pada koordinat kartesian
- Mahasiswa mampu melakukan operasi tensor
|
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal 150 menit |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal 150 menit |
Materi: Tensor Analysis: Introduction, Cartesian Tensors, Tensor Notation and Operations Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
10
Minggu ke 10 |
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan proses berpikir tingkat tinggi untuk membentuk solusi dari model fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern
|
Mahasiswa memahami konsep tensor inersia dan delta Kronecker |
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal 150 menit |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal 150 menit |
Materi: Tensor Analysis: Inertia Tensor, Kronecker Delta and Levi-Civita Symbol, Pseudovectors and Pseudotensors Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
4% |
11
Minggu ke 11 |
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan proses berpikir tingkat tinggi untuk membentuk solusi dari model fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern
|
- Mahasiswa memahami koordinat kurvilinier
- Mahasiswa dapat melakukan operasi vector pada koordinat kurvilinier
|
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal
|
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal
|
Materi: Tensor Analysis: More about Applications, Curvilinear Coordinates, Vector Operators in Orthogonal Curvilinear Coordinates Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
4% |
12
Minggu ke 12 |
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan proses berpikir tingkat tinggi untuk membentuk solusi dari model fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern
|
- Mahasiswa memahami bentuk fungsi analitik
- Mahasiswa dapat melakukan integral contour
|
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal 150 menit |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal 150 menit |
Materi: Functions of A Complex Variable: Analytic Fuction, Contour Integral Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
13
Minggu ke 13 |
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan proses berpikir tingkat tinggi untuk membentuk solusi dari model fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern
|
- Mahasiswa memahami deret Laurent
- Mahasiswa memahami teorema residu
|
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal 150 menit |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal 150 menit |
Materi: Functions of A Complex Variable: Laurent Series, The Residue Theorem Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
14
Minggu ke 14 |
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan proses berpikir tingkat tinggi untuk membentuk solusi dari model fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern
|
- Mahasiswa dapat menentukan residu dengan beberapa metode
- Mahasiswa memahami proses mapping
|
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal 150 menit |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal 150 menit |
Materi: Functions of A Complex Variable: Methods of Finding Residues, The Point at Infinity; Residues at Infinity, Mapping Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
4% |
15
Minggu ke 15 |
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan proses berpikir tingkat tinggi untuk membentuk solusi dari model fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern
|
Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep fungsi variable kompleks untuk menyelesaikan permasalahan di bidang fisika |
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal 150 menit |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal 150 menit |
Materi: Functions of A Complex Variable: Some Applications of Conformal Mapping Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
4% |
16
Minggu ke 16 |
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan proses berpikir tingkat tinggi untuk membentuk solusi dari model fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern
|
Mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan materi ajar aljabar linear, vektor analysis, tensor analysis dan fungsi variabel kompleks untuk menyelesaikan permasalahan fisika |
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi Hasil Projek 25 menit |
Presentasi Hasil Projek 25 menit |
Materi: Materi UTS Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
30% |