Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jerman

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Qualitative and Quantitative Research in Education

8820702301

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

2 September 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




ARI PUJOSUSANTO

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menguasai berbagai metode penelitian pendidikan bahasa dan sastra dan mampu mengaplikasikannya untuk penulisan proposal dan penelitian pendidikan bahasa dan sastra melalui kegiatan terstruktur dan mandiri untuk menghasilkan sebuah proposal penelitian.

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Deskripsi Matakuliah Mampu menguasai berbagai metode penelitian pendidikan bahasa dan sastra dan mampu mengaplikasikannya untuk penulisan proposal dan penelitian pendidikan bahasa dan sastra melalui kegiatan terstruktur dan mandiri untuk menghasilkan sebuah proposal penelitian.

Pustaka

Utama :

  1. Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI)

Pendukung :

  1. Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Antropologi Sastra. Yogyakarta: Ombak.
  2. Sudaryanto. 2016. Metode Penelitian Bahasa. Yogyakarta
  3. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami hakikat, tujuan dan ruang lingkup penelitian

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat penelitian.
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan sumber-sumber ilmu pengetahuan.
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan cara mencaari kebenaran.
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan penelitian.
Kriteria:
  1. kehadiran
  2. kelengkapan unsur
  3. isi, bahasa, sistematika

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
3 X 50
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
Materi: Hakikat, tujuan dan ruang lingkup penelitian
Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI)
10%

2

Minggu ke 2

  1. Mahasiswa mampu memahami hakikat, tujuan dan ruang lingkup penelitian
  2. Mahasiswa mampu memahami hakikat, tujuan dan ruang lingkup dan jenis-jenis penelitian
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis Penelitian ditinjau dari tujuan
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis Penelitian ditinjau dari Pendekatan
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis Penelitian ditinjau dari Segi Metode
Kriteria:
  1. kehadiran
  2. kelengkapan unsur
  3. isi, bahasa, sistematika

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
3 X 50
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
Materi: Ruang lingkup dan Jenis-jenis Penelitian
Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI)
15%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami Variabel Penelitian

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan Macam-macam Variabel
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan Hubungan Antar Variabel
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan Definisi Operasional
Kriteria:
  1. kehadiran
  2. kelengkapan unsur
  3. isi, bahasa, sistematika

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
3 X 50
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
Materi: Macam-macam Variabel, Hubungan Antar Variabel, Definisi Operasional
Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI)
10%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memahami Variabel Penelitian dan rumusan masalah

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan Definisi Operasional
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan rumusan masalah
Kriteria:
  1. kehadiran
  2. kelengkapan unsur
  3. isi, bahasa, sistematika

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
3 X 50
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
Materi: definisi operasional dan rumusan masalah
Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI)
15%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami rumusan masalah dan paradigma penelitian

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan rumusan masalah
  2. Mahasiswa mampu memahami Bentuk-bentuk Rumusan Masalah Penelitian
  3. Mahasiswa mampu memahami Paradigma Penelitian
Kriteria:
  1. kehadiran
  2. kelengkapan unsur
  3. isi, bahasa, sistematika

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
3 X 50
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
Materi: definisi operasional dan rumusan masalah
Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI)

Materi: Bentuk-bentuk Rumusan Masalah Penelitian dan Paradigma Penelitian
Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI)
10%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami studi literatur dan hipotesis

  1. Mahasiswa mampu memahami Paradigma Penelitian
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan studi literatur
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan hipotesis
Kriteria:
  1. kehadiran
  2. kelengkapan unsur
  3. isi, bahasa, sistematika

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
3 X 50
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
Materi: Bentuk-bentuk Rumusan Masalah Penelitian dan Paradigma Penelitian
Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI)

Materi: studi literatur dan hipotesis
Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI)
15%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami Populasi penelitian

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan populasi penelitian
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan sampel penelitian
Kriteria:
  1. kehadiran
  2. kelengkapan unsur
  3. isi, bahasa, sistematika

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
3 X 50
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
Materi: studi literatur dan hipotesis
Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI)

Materi: populasi
Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI)

Materi: sampel
Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI)
15%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu mengerjakan soal-soal Ujian Tengah Semester

Mahasiswa mampu menyelesaikan Ujian Tengah semester dengan tepat waktu

Kriteria:

Tuntas: nilai minimal 65


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Ujian tulis
3 X 50
Ujian tulis melalui gform
Materi: Hakikat, Tujuan, ruang lingkup Penelitian, jenis, variable penelitan, rumusan masalah, studi literatur, hipotesis dan populasi
Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI)
5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami Teknik Sampling

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan Pengertian Teknik Sampling
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan Jenis Teknik Sampling
Kriteria:
  1. Keseuain dengan kriteria
  2. Isi, bahasa, dan sistematika

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
3 X 50
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
Materi: Pengertian Teknik Sampling dan Jenis Teknik Sampling
Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI)
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memahami Data

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan Pengertian Data
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan Teknik Pengumpulan Data
Kriteria:
  1. Keseuain dengan kriteria
  2. Isi, bahasa, dan sistematika

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Tes
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
3 X 50
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
Materi: Pengertian Data dan Teknik Pengumpulan Data
Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI)
15%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami Skala Ukur Data, Cara Pengukuran, Macam-macam Skala Pengukuran

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan Skala Ukur Data
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan Cara Pengukuran
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan Macam-macam Skala Pengukuran
Kriteria:
  1. Keseuain dengan kriteria
  2. Isi, bahasa, dan sistematika

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
3 X 50
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
Materi: Skala Ukur Data, Cara Pengukuran dan Macam-macam Skala Pengukuran
Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI)
15%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami Analisis Data

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan Analisis Data Kualitatif
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan Analisis Data Kuantitatif
Kriteria:
  1. Keseuain dengan kriteria
  2. Isi, bahasa, dan sistematika

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
3 X 50
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
Materi: Analisis Data Kualitatif dan Analisis Data Kuantitatif
Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI)
10%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu memahami Penulisan Karya Tulis Ilmiah

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan cara menulis Karya Tulis Ilmiah sesuai pedoman
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan Komponen Penyusunan Laporan Penelitian
  3. Mahasiswa mampu menulis proposal penelitian
Kriteria:
  1. Keseuain dengan kriteria
  2. Isi, bahasa, dan sistematika

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
3 X 50
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
Materi: Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah, Komponen Penyusunan Laporan Penelitian dan Proposal Penelitian
Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI)
10%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu memahami Penelitian Kuantitatif

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan Pengertian Penelitian Kuantitatif
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan Karakteristik Penelitian Kuantitatif
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan Penerapan Penelitian Kuantitatif
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan Perbandingan Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif
Kriteria:
  1. Keseuain dengan kriteria
  2. Isi, bahasa, dan sistematika

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
3 X 50
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
Materi: Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah, Komponen Penyusunan Laporan Penelitian dan Proposal Penelitian
Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI)

Materi: Pengertian Penelitian Kuantitatif, Karakteristik Penelitian Kuantitatif, Penerapan Penelitian Kuantitatif, Perbandingan Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif
Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI)
9%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu memahami Pengertian Penelitian Kualitatif, Jenis Penelitian Kualitatif, Proses Penelitian Kualitatif dan Perbandingan dan Karakteristik Penelitian Kualitatif

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan Perbandingan Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan Pengertian Penelitian Kualitatif
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan Jenis Penelitian Kualitatif
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan Proses Penelitian Kualitatif
  5. Mahasiswa mampu menjelaskan Perbandingan dan Karakteristik Penelitian Kualitatif
Kriteria:
  1. Keseuain dengan kriteria
  2. Isi, bahasa, dan sistematika

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
3 X 50
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
Materi: Pengertian Penelitian Kualitatif, Jenis Penelitian Kualitatif, Proses Penelitian Kualitatif dan Perbandingan dan Karakteristik Penelitian Kualitatif
Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI)
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu menyelesaikan soal-soal Ujian Akhir Semester

Mahasiswa mengerjakan soal ujian tulis secara tuntas sesuai waktu yang diberikan

Kriteria:

Tuntas: nilai minimal 65


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ujian tulis
Ujian tulis melalui gform
Materi: Teknik Sampling. Data, Skala Pengukuran, Analisis Data, karya tulis, Proposal, penelitian kuantitatif dan kualitatif
Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI)
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 57.25%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 39.75%
3. Penilaian Portofolio 8%
4. Penilaian Praktikum 6.75%
5. Praktik / Unjuk Kerja 5%
6. Tes 57.25%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.