
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jerman
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Qualitative and Quantitative Research in Education |
8820702301 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
4 |
2 September 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
ARI PUJOSUSANTO |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menguasai berbagai metode penelitian pendidikan bahasa dan sastra dan mampu mengaplikasikannya untuk penulisan proposal dan penelitian pendidikan bahasa dan sastra melalui kegiatan terstruktur dan mandiri untuk menghasilkan sebuah proposal penelitian.
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Deskripsi Matakuliah Mampu menguasai berbagai metode penelitian pendidikan bahasa dan sastra dan mampu mengaplikasikannya untuk penulisan proposal dan penelitian pendidikan bahasa dan sastra melalui kegiatan terstruktur dan mandiri untuk menghasilkan sebuah proposal penelitian. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI)
|
Pendukung : |
|
- Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Antropologi Sastra. Yogyakarta: Ombak.
- Sudaryanto. 2016. Metode Penelitian Bahasa. Yogyakarta
- Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami hakikat, tujuan dan ruang lingkup penelitian |
- Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat penelitian.
- Mahasiswa mampu menjelaskan sumber-sumber ilmu pengetahuan.
- Mahasiswa mampu menjelaskan cara mencaari kebenaran.
- Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan penelitian.
|
Kriteria:
- kehadiran
- kelengkapan unsur
- isi, bahasa, sistematika
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan 3 X 50 |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
|
Materi: Hakikat, tujuan dan ruang lingkup penelitian Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI) |
10% |
2
Minggu ke 2 |
- Mahasiswa mampu memahami hakikat, tujuan dan ruang lingkup penelitian
- Mahasiswa mampu memahami hakikat, tujuan dan ruang lingkup dan jenis-jenis penelitian
|
- Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis Penelitian ditinjau dari tujuan
- Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis Penelitian ditinjau dari Pendekatan
- Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis Penelitian ditinjau dari Segi Metode
|
Kriteria:
- kehadiran
- kelengkapan unsur
- isi, bahasa, sistematika
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan 3 X 50 |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
|
Materi: Ruang lingkup dan Jenis-jenis Penelitian Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI) |
15% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memahami Variabel Penelitian |
- Mahasiswa mampu menjelaskan Macam-macam Variabel
- Mahasiswa mampu menjelaskan Hubungan Antar Variabel
- Mahasiswa mampu menjelaskan Definisi Operasional
|
Kriteria:
- kehadiran
- kelengkapan unsur
- isi, bahasa, sistematika
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan 3 X 50 |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
|
Materi: Macam-macam Variabel, Hubungan Antar Variabel, Definisi Operasional Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI) |
10% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memahami Variabel Penelitian dan rumusan masalah |
- Mahasiswa mampu menjelaskan Definisi Operasional
- Mahasiswa mampu menjelaskan rumusan masalah
|
Kriteria:
- kehadiran
- kelengkapan unsur
- isi, bahasa, sistematika
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan 3 X 50 |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
|
Materi: definisi operasional dan rumusan masalah Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI) |
15% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami rumusan masalah dan paradigma penelitian |
- Mahasiswa mampu menjelaskan rumusan masalah
- Mahasiswa mampu memahami Bentuk-bentuk Rumusan Masalah Penelitian
- Mahasiswa mampu memahami Paradigma Penelitian
|
Kriteria:
- kehadiran
- kelengkapan unsur
- isi, bahasa, sistematika
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan 3 X 50 |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
|
Materi: definisi operasional dan rumusan masalah Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI) Materi: Bentuk-bentuk Rumusan Masalah Penelitian dan Paradigma Penelitian Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI) |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami studi literatur dan hipotesis |
- Mahasiswa mampu memahami Paradigma Penelitian
- Mahasiswa mampu menjelaskan studi literatur
- Mahasiswa mampu menjelaskan hipotesis
|
Kriteria:
- kehadiran
- kelengkapan unsur
- isi, bahasa, sistematika
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan 3 X 50 |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
|
Materi: Bentuk-bentuk Rumusan Masalah Penelitian dan Paradigma Penelitian Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI) Materi: studi literatur dan hipotesis Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI) |
15% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami Populasi penelitian |
- Mahasiswa mampu menjelaskan populasi penelitian
- Mahasiswa mampu menjelaskan sampel penelitian
|
Kriteria:
- kehadiran
- kelengkapan unsur
- isi, bahasa, sistematika
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan 3 X 50 |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
|
Materi: studi literatur dan hipotesis Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI) Materi: populasi Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI) Materi: sampel Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI) |
15% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu mengerjakan soal-soal Ujian Tengah Semester |
Mahasiswa mampu menyelesaikan Ujian Tengah semester dengan tepat waktu |
Kriteria:
Tuntas: nilai minimal 65 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ujian tulis 3 X 50 |
Ujian tulis melalui gform
|
Materi: Hakikat, Tujuan, ruang lingkup Penelitian, jenis, variable penelitan, rumusan masalah, studi literatur, hipotesis dan populasi Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI) |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memahami Teknik Sampling |
- Mahasiswa mampu menjelaskan Pengertian Teknik Sampling
- Mahasiswa mampu menjelaskan Jenis Teknik Sampling
|
Kriteria:
- Keseuain dengan kriteria
- Isi, bahasa, dan sistematika
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan 3 X 50 |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
|
Materi: Pengertian Teknik Sampling dan Jenis Teknik Sampling Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI) |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memahami Data |
- Mahasiswa mampu menjelaskan Pengertian Data
- Mahasiswa mampu menjelaskan Teknik Pengumpulan Data
|
Kriteria:
- Keseuain dengan kriteria
- Isi, bahasa, dan sistematika
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Tes |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan 3 X 50 |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
|
Materi: Pengertian Data dan Teknik Pengumpulan Data Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI) |
15% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memahami Skala Ukur Data, Cara Pengukuran, Macam-macam Skala Pengukuran |
- Mahasiswa mampu menjelaskan Skala Ukur Data
- Mahasiswa mampu menjelaskan Cara Pengukuran
- Mahasiswa mampu menjelaskan Macam-macam Skala Pengukuran
|
Kriteria:
- Keseuain dengan kriteria
- Isi, bahasa, dan sistematika
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan 3 X 50 |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
|
Materi: Skala Ukur Data, Cara Pengukuran dan Macam-macam Skala Pengukuran Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI) |
15% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu memahami Analisis Data |
- Mahasiswa mampu menjelaskan Analisis Data Kualitatif
- Mahasiswa mampu menjelaskan Analisis Data Kuantitatif
|
Kriteria:
- Keseuain dengan kriteria
- Isi, bahasa, dan sistematika
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan 3 X 50 |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
|
Materi: Analisis Data Kualitatif dan Analisis Data Kuantitatif Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI) |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu memahami Penulisan Karya Tulis Ilmiah |
- Mahasiswa mampu menjelaskan cara menulis Karya Tulis Ilmiah sesuai pedoman
- Mahasiswa mampu menjelaskan Komponen Penyusunan Laporan Penelitian
- Mahasiswa mampu menulis proposal penelitian
|
Kriteria:
- Keseuain dengan kriteria
- Isi, bahasa, dan sistematika
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan 3 X 50 |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
|
Materi: Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah, Komponen Penyusunan Laporan Penelitian dan Proposal Penelitian Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI) |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu memahami Penelitian Kuantitatif |
- Mahasiswa mampu menjelaskan Pengertian Penelitian Kuantitatif
- Mahasiswa mampu menjelaskan Karakteristik Penelitian Kuantitatif
- Mahasiswa mampu menjelaskan Penerapan Penelitian Kuantitatif
- Mahasiswa mampu menjelaskan Perbandingan Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif
|
Kriteria:
- Keseuain dengan kriteria
- Isi, bahasa, dan sistematika
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan 3 X 50 |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
|
Materi: Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah, Komponen Penyusunan Laporan Penelitian dan Proposal Penelitian Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI) Materi: Pengertian Penelitian Kuantitatif, Karakteristik Penelitian Kuantitatif, Penerapan Penelitian Kuantitatif, Perbandingan Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI) |
9% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu memahami Pengertian Penelitian Kualitatif, Jenis Penelitian Kualitatif, Proses Penelitian Kualitatif dan Perbandingan dan Karakteristik Penelitian Kualitatif |
- Mahasiswa mampu menjelaskan Perbandingan Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif
- Mahasiswa mampu menjelaskan Pengertian Penelitian Kualitatif
- Mahasiswa mampu menjelaskan Jenis Penelitian Kualitatif
- Mahasiswa mampu menjelaskan Proses Penelitian Kualitatif
- Mahasiswa mampu menjelaskan Perbandingan dan Karakteristik Penelitian Kualitatif
|
Kriteria:
- Keseuain dengan kriteria
- Isi, bahasa, dan sistematika
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan 3 X 50 |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Penugasan
|
Materi: Pengertian Penelitian Kualitatif, Jenis Penelitian Kualitatif, Proses Penelitian Kualitatif dan Perbandingan dan Karakteristik Penelitian Kualitatif Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI) |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu menyelesaikan soal-soal Ujian Akhir Semester |
Mahasiswa mengerjakan soal ujian tulis secara tuntas sesuai waktu yang diberikan |
Kriteria:
Tuntas: nilai minimal 65 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ujian tulis
|
Ujian tulis melalui gform
|
Materi: Teknik Sampling. Data, Skala Pengukuran, Analisis Data, karya tulis, Proposal, penelitian kuantitatif dan kualitatif Pustaka: Danuri. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2019. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI) |
10% |