Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Politik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

teori politik

6720103047

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

2

25 September 2022

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Moch. Arif Affandi, S.IP., M.Si.




Dr. Moch. Arif Affandi, S.IP., M.Si.




Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menginternalisasi nilai, norma, etika akademik serta kepedulian terhadap kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (CPL Asosiasi)

PLO-7

Mampu menganalisis fenomena politik dan isu-isu kontemporer. (CPL Asosiasi)

PLO-9

Mampu mengkomunikasikan gagasan dan hasil kajian politik secara efektif melalui media serta membangun jejaring kerja lintas sektor di era digital

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menjelaskan konsep-konsep dasar teori politik

PO - 2

Menganalisis berbagai teori politik

PO - 3

Membandingkan pendekatan-pendekatan teori politik

PO - 4

Menerapkan teori-teori politik dalam menganalisis fenomena politik kontemporer.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-7PLO-9
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas berbagai Teori Politik klasik dan kontemporer yang membentuk dasar pemikiran politik modern. Mahasiswa akan mempelajari pemikiran poliik dari zaman Yunani Kuno hingga pemilik politik kontemporer, serta implikasinya dalam analisis politik saat ini.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Harmanto, S.Pd., M.Pd.

Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP.

Dr. Mochamad Arif Affandi, S.IP., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami silabus singkat, rencana penugasan, dan kontrak Perkuliahan.

  1. Mahasiswa mampu memahami rencana perkuliahan
  2. Mahasiswa mampu merespon dengan baik terkait kontrak kuliah dan penugasan yang akan diberikan.
Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam penentuan kontrak perkuliahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
-Tatap muka
-Ceramah dan tanya jawab
150 menit

Materi: Silabus singkat dan rencana penugasan.
Pustaka:
3%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menjelaskan dan membandingkan teori negara dari berbagai aliran pemikiran klasik serta menganalisis penerapannya dalam konteks kenegaraan modern

Mahasiswa mampu menganalisa konsep dasar teori politik

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
-Pembelajaran tatap muka
-Ceramah dan tanya jawab
150 menit

Materi: Miriam Budiardjo. (2008). Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Pustaka:
3%

3

Minggu ke 3

Mampu menjelaskan dan membedakan pandangan tokoh-tokoh utama teori elite politik serta menganalisis pengaruh elite dalam dinamika kekuasaan modern, khususnya di Indonesia

Ketepatan dalam memahami teori elit politik

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
-Tatap muka
-Ceramah dan tanya jawab
150 menit

Materi: Michels, Robert. (2001). Political Parties: A Sociological Study of the Oligarchical Tendencies of Modern Democracy. Ontorio: Batoche Books.
Pustaka:
3%

4

Minggu ke 4

Mampu menjelaskan konsep dasar demokrasi deliberatif serta menganalisis relevansi dan tantangannya dalam praktik politik Indonesia

  1. Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan
  2. Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan.
Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Tes
-Tatap muka
-Ceramah dan tanya jawab
150

Materi: Gutmann, Amy & Thompson, Dennis. (2004). Why Deliberative Democracy? Princeton: Princeton University Press
Pustaka:
3%

5

Minggu ke 5

Mampu menerapkan teori hegemoni dalam menganalisis praktik kekuasaan simbolik dan dominasi ideologis dalam konteks lokal dan global

Respon aktif mahasiswa di kelas.

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
-Tatap muka
-Ceramah dan tanya jawab
150

Materi: Simon, Roger. (1991). Gramsci's Political Thought: An Introduction. London: Lawrence & Wishart.
Pustaka:
3%

6

Minggu ke 6

Mampu menjelaskan konsep kekuasaan dan tipe-tipe otoritas menurut Max Weber serta mengaplikasikannya dalam analisis fenomena kekuasaan politik kontemporer

Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang disampaikan.

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
-Tatap muka
-Ceramah dan tanya jawab
150 menit

Materi: Weber, Max. (1978). Economy and Society: An Outline of Interpretive Sociology. Berkeley: University of California Press.
Pustaka:
3%

7

Minggu ke 7

Mampu menganalisis dan menjelaskan teori kekuasaan menurut Michael Fuucault serta menggunakannya untuk menganalisis praktik politik dan institusi sosial kontemporer

Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan.

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
-Tatap muka
Ceramah dan tanya jawab
150

Materi: Smart, Barry. (2002). Michael Fuucault: Revised edition. London: Routledge
Pustaka:
3%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
150 Menit

Materi: UTS.
Pustaka:
20%

9

Minggu ke 9

Mampu menjelaskan berbagai teori-teori politik klasik dan kontemporer

Mahasiswa mampu mendeskripsikan teori discourse dan tokoh-tokoh utamanya

Kriteria:

Melalui partisipasi diskusi yang interaktif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah interaktif
150 menit

Materi: Foucault, Michel. (1972). The Archaeology of Knowledge. Pantheon Books
Pustaka:
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menganalisis fenomena politik dan kebijakan publik menggunakan teori teori politik

Mahasiswa dapat menjelaskan teori-teori kebijakan publik dan tokoh utamanya

Kriteria:

Mahasiswa berdiskusi secara interaktif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah interaktif dan diskusi kelompok
150 menit

Materi: Dye, Thomas R. (2017). Understanding Public Policy. Pearson.
Pustaka:
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menganalisis fenomena gerakan sosial menggunakan prespektif teori politik

Mahasiswa mampu mendeskripsikan teori-teori gerakan sosial dan menjelaskan faktor penyebab lahirnya gerakan sosial

Kriteria:

Melalui partisipasi diskusi yang interaktif dan paper analisis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah interaktif dan diskusi kelompok
150 menit

Materi: Tilly, Charles. (2004). Social Movements, 1768-2004. Paradigm Publishers
Pustaka:
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menganalisis teori-teori negara dalam kontes pemikiran politik Indonesia

Mahasiswa mampu menyebutkan ciri-ciri negara integralistik serta aktif berdiskusi tentang kelebihan dan kritik terhadap teori ini.

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah interaktif dan tanya jawab
150 menit

Materi: Soepomo. (1945) Pidato di Sidang BPUPKI 31 Mei 1945.
Pustaka:
5%

13

Minggu ke 13

Mampu merancang prinsip-prinsip utama teori sosialisme dan menerapkannya dalam analisis terhadap sistem ekonomi-politik serta kebijakan sosial kontemporer

Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan.

Kriteria:
  1. Kemampuan dalam mengamati dan menganalisis program pemberdayaan masyarakat
  2. Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah interaktif dan tanya jawab
150 menit

Materi: Wright, Erik Olin. (2010). Envisioning Real Utopias. London: Verso.
Pustaka:
3%

14

Minggu ke 14

Mampu menjelaskan teori-teori Neo-Marxis dan menggunakannya untuk menganalisis struktur kekuasaan, ideologi, serta praktik politik kontemporer

Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan.

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah interaktif dan tanya jawab
150 menit

Materi: Horkheimer, Max & Adorno, Theodor. (2002). Dialectic of Enlightment. Stanford: Standford University Press
Pustaka:
3%

15

Minggu ke 15

Mampu menganalisis prinsip-prinsip utama teori politik kontemporer serta mengaplikasikannya untuk membaca dinamika politik mutakhir secara kritis dan reflektif

Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan.

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah interaktif dan tanya jawan
150 menit

Materi: Bauman, Zygmunt. (2000). Liquid Modernity. Cambridge: Polity Press
Pustaka:
3%

16

Minggu ke 16

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
150

Materi: UTS.
Pustaka:
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 44.5%
2. Tes 55.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.