
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Politik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
teori politik |
6720103047 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
2 |
25 September 2022 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Moch. Arif Affandi, S.IP., M.Si.
|
Dr. Moch. Arif Affandi, S.IP., M.Si.
|
Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menginternalisasi nilai, norma, etika akademik serta kepedulian terhadap kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (CPL Asosiasi) |
PLO-7 |
Mampu menganalisis fenomena politik dan isu-isu kontemporer. (CPL Asosiasi) |
PLO-9 |
Mampu mengkomunikasikan gagasan dan hasil kajian politik secara efektif melalui media serta membangun jejaring kerja lintas sektor di era digital |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menjelaskan konsep-konsep dasar teori politik
|
PO - 2 |
Menganalisis berbagai teori politik
|
PO - 3 |
Membandingkan pendekatan-pendekatan teori politik
|
PO - 4 |
Menerapkan teori-teori politik dalam menganalisis fenomena politik kontemporer.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-7 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | | PO-4 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas berbagai Teori Politik klasik dan kontemporer yang membentuk dasar pemikiran politik modern. Mahasiswa akan mempelajari pemikiran poliik dari zaman Yunani Kuno hingga pemilik politik kontemporer, serta implikasinya dalam analisis politik saat ini. |
Pustaka
|
Utama : |
|
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Harmanto, S.Pd., M.Pd. Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP. Dr. Mochamad Arif Affandi, S.IP., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memahami silabus singkat, rencana penugasan, dan kontrak Perkuliahan. |
- Mahasiswa mampu memahami rencana perkuliahan
- Mahasiswa mampu merespon dengan baik terkait kontrak kuliah dan penugasan yang akan diberikan.
|
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam penentuan kontrak perkuliahan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
-Tatap muka
-Ceramah dan tanya jawab 150 menit |
|
Materi: Silabus singkat dan rencana penugasan. Pustaka: |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan membandingkan teori negara dari berbagai aliran pemikiran klasik serta menganalisis penerapannya dalam konteks kenegaraan modern |
Mahasiswa mampu menganalisa konsep dasar teori politik |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
-Pembelajaran tatap muka
-Ceramah dan tanya jawab 150 menit |
|
Materi: Miriam Budiardjo. (2008). Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Pustaka: |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu menjelaskan dan membedakan pandangan tokoh-tokoh utama teori elite politik serta menganalisis pengaruh elite dalam dinamika kekuasaan modern, khususnya di Indonesia |
Ketepatan dalam memahami teori elit politik |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
-Tatap muka
-Ceramah dan tanya jawab 150 menit |
|
Materi: Michels, Robert. (2001). Political Parties: A Sociological Study of the Oligarchical Tendencies of Modern Democracy. Ontorio: Batoche Books. Pustaka: |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menjelaskan konsep dasar demokrasi deliberatif serta menganalisis relevansi dan tantangannya dalam praktik politik Indonesia |
- Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan
- Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan.
|
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Tes |
-Tatap muka
-Ceramah dan tanya jawab 150 |
|
Materi: Gutmann, Amy & Thompson, Dennis. (2004). Why Deliberative Democracy? Princeton: Princeton University Press Pustaka: |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menerapkan teori hegemoni dalam menganalisis praktik kekuasaan simbolik dan dominasi ideologis dalam konteks lokal dan global |
Respon aktif mahasiswa di kelas. |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
-Tatap muka
-Ceramah dan tanya jawab 150 |
|
Materi: Simon, Roger. (1991). Gramsci's Political Thought: An Introduction. London: Lawrence & Wishart. Pustaka: |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menjelaskan konsep kekuasaan dan tipe-tipe otoritas menurut Max Weber serta mengaplikasikannya dalam analisis fenomena kekuasaan politik kontemporer |
Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang disampaikan. |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
-Tatap muka
-Ceramah dan tanya jawab 150 menit |
|
Materi: Weber, Max. (1978). Economy and Society: An Outline of Interpretive Sociology. Berkeley: University of California Press. Pustaka: |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menganalisis dan menjelaskan teori kekuasaan menurut Michael Fuucault serta menggunakannya untuk menganalisis praktik politik dan institusi sosial kontemporer |
Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan. |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
-Tatap muka
Ceramah dan tanya jawab 150 |
|
Materi: Smart, Barry. (2002). Michael Fuucault: Revised edition. London: Routledge Pustaka: |
3% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 150 Menit |
|
Materi: UTS. Pustaka: |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menjelaskan berbagai teori-teori politik klasik dan kontemporer |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan teori discourse dan tokoh-tokoh utamanya |
Kriteria:
Melalui partisipasi diskusi yang interaktif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah interaktif 150 menit |
|
Materi: Foucault, Michel. (1972). The Archaeology of Knowledge. Pantheon Books Pustaka: |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menganalisis fenomena politik dan kebijakan publik menggunakan teori teori politik |
Mahasiswa dapat menjelaskan teori-teori kebijakan publik dan tokoh utamanya |
Kriteria:
Mahasiswa berdiskusi secara interaktif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif dan diskusi kelompok 150 menit |
|
Materi: Dye, Thomas R. (2017). Understanding Public Policy. Pearson. Pustaka: |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menganalisis fenomena gerakan sosial menggunakan prespektif teori politik |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan teori-teori gerakan sosial dan menjelaskan faktor penyebab lahirnya gerakan sosial |
Kriteria:
Melalui partisipasi diskusi yang interaktif dan paper analisis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah interaktif dan diskusi kelompok 150 menit |
|
Materi: Tilly, Charles. (2004). Social Movements, 1768-2004. Paradigm Publishers Pustaka: |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menganalisis teori-teori negara dalam kontes pemikiran politik Indonesia |
Mahasiswa mampu menyebutkan ciri-ciri negara integralistik serta aktif berdiskusi tentang kelebihan dan kritik terhadap teori ini. |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif dan tanya jawab 150 menit |
|
Materi: Soepomo. (1945) Pidato di Sidang BPUPKI 31 Mei 1945. Pustaka: |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu merancang prinsip-prinsip utama teori sosialisme dan menerapkannya dalam analisis terhadap sistem ekonomi-politik serta kebijakan sosial kontemporer |
Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan. |
Kriteria:
- Kemampuan dalam mengamati dan menganalisis program pemberdayaan masyarakat
- Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif dan tanya jawab 150 menit |
|
Materi: Wright, Erik Olin. (2010). Envisioning Real Utopias. London: Verso. Pustaka: |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menjelaskan teori-teori Neo-Marxis dan menggunakannya untuk menganalisis struktur kekuasaan, ideologi, serta praktik politik kontemporer |
Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan. |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif dan tanya jawab 150 menit |
|
Materi: Horkheimer, Max & Adorno, Theodor. (2002). Dialectic of Enlightment. Stanford: Standford University Press Pustaka: |
3% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menganalisis prinsip-prinsip utama teori politik kontemporer serta mengaplikasikannya untuk membaca dinamika politik mutakhir secara kritis dan reflektif |
Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan. |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif dan tanya jawan 150 menit |
|
Materi: Bauman, Zygmunt. (2000). Liquid Modernity. Cambridge: Polity Press Pustaka: |
3% |
16
Minggu ke 16 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 150 |
|
Materi: UTS. Pustaka: |
30% |