Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Advanced Communication Skills

8820303341

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

25 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




HIMMAWAN ADI NUGROHO

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan prinsip-prinsip etika akademik dalam merancang penelitian ELT (C3)

PO - 2

Menganalisis karakteristik penelitian ELT yang inovatif dan adaptif terhadap perkembangan pendidikan (C4)

PO - 3

Mengevaluasi berbagai metode penelitian ELT berdasarkan standar keilmuan (C5)

PO - 4

Menciptakan proposal penelitian ELT yang kreatif dan sistematis (C6)

PO - 5

Menerapkan konsep linguistik terapan dalam merancang instrumen penelitian ELT (C3)

PO - 6

Menganalisis data penelitian ELT menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (C4)

PO - 7

Mengevaluasi temuan penelitian ELT berdasarkan kriteria validitas dan reliabilitas (C5)

PO - 8

Menciptakan laporan penelitian ELT yang efektif dan sesuai standar akademik (C6)

PO - 9

Menerapkan prinsip kolaborasi dalam melakukan penelitian ELT (C3)

PO - 10

Menganalisis tren terkini dalam penelitian ELT dari perspektif nasional dan global (C4)

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Research Methods For Elt merupakan matakuliah wajib bagi mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman dan keterampilan dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi penelitian di bidang Pengajaran Bahasa Inggris (ELT). Mata kuliah ini mencakup berbagai metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan campuran, serta teknik pengumpulan dan analisis data yang relevan dengan konteks ELT. Mahasiswa akan mempelajari langkah-langkah penyusunan proposal penelitian, etika penelitian, dan cara menyajikan hasil penelitian secara akademis. Ruang lingkup mata kuliah meliputi pengenalan paradigma penelitian, identifikasi masalah penelitian, perumusan pertanyaan dan hipotesis penelitian, pemilihan metode yang sesuai, serta penulisan laporan penelitian. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip penelitian ilmiah untuk mengembangkan praktik pengajaran bahasa Inggris yang berbasis bukti.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

FAURIS ZUHRI

HIMMAWAN ADI NUGROHO

NUR CHAKIM

ESTI KURNIASIH

ZAINUL AMININ

ABDUR ROSYID

EVA RAHMAWATI

SUEB

RIZKI RAMADHAN

PRIANKA RATU MASITHO

Eva Rahmawati, S.Pd., M.Pd.

Eva Rahmawati, S.Pd., M.Pd.

Nur Chakim, S.Pd., M.Pd.

Nur Chakim, S.Pd., M.Pd.

Esti Kurniasih, S.Pd., M.Pd.

Esti Kurniasih, S.Pd., M.Pd.

Zainul Aminin, S.Pd., M.Pd.

Zainul Aminin, S.Pd., M.Pd.

Sueb, S.Pd., M.Pd.

Sueb, S.Pd., M.Pd.

Rizki Ramadhan, M.Pd.

Rizki Ramadhan, M.Pd.

Abdur Rosyid, S.Pd., M.TESOL.

Abdur Rosyid, S.Pd., M.TESOL.

Fauris Zuhri, S.Pd., M.Hum.

Fauris Zuhri, S.Pd., M.Hum.

Dr. Him'mawan Adi Nugroho, S.Pd., M.Pd.

Dr. Him'mawan Adi Nugroho, S.Pd., M.Pd.

Prianka Ratu Masitho, S.Pd., M.TESOL.

Prianka Ratu Masitho, S.Pd., M.TESOL.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan prinsip-prinsip etika akademik dalam merancang penelitian ELT.

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip etika akademik dalam penelitian ELT.
  2. Mahasiswa dapat mengidentifikasi pelanggaran etika dalam penelitian ELT.
  3. Mahasiswa dapat merancang proposal penelitian ELT yang memenuhi prinsip etika akademik.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes


Materi: Pengertian etika akademik dalam penelitian, Prinsip-prinsip etika akademik (kejujuran, integritas, keadilan, tanggung jawab), Contoh pelanggaran etika dalam penelitian ELT, Langkah-langkah merancang penelitian yang etis
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

2

Minggu ke 2


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


10%

3

Minggu ke 3


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


10%

4

Minggu ke 4


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


10%

5

Minggu ke 5


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


0%

6

Minggu ke 6


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


10%

7

Minggu ke 7


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


10%

8

Minggu ke 8


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


10%

9

Minggu ke 9


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


0%

10

Minggu ke 10


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


10%

11

Minggu ke 11


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


10%

12

Minggu ke 12


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


10%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 45%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
3. Tes 5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.