
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
PERENCANAAN PROGRAM LATIHAN CABANG OLAHRAGA PICKLEBALL |
8520204753 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=1 |
P=2 |
ECTS=4.77 |
4 |
13 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dani Primanata, S.Pd., M.Pd
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu merancang program latihan yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru di berbagai cabang olahraga. |
PLO-8 |
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi. |
PLO-9 |
Bertanggung jawab secara profesional terhadap kinerja individu dan kelompok |
PLO-10 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
PLO-11 |
Menguasai konsep, teoritis dan praktis bidang kepelatihan dan kependidikan olahraga |
PLO-13 |
Mampu melatih teknik, fisik, taktik, dan mental dalam bidang olahraga |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menganalisis dan mengevaluasi
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-5 | PLO-8 | PLO-9 | PLO-10 | PLO-11 | PLO-13 | PO-1 | | | ✔ | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Perencanaan Program Latihan Cabang Olahraga Pickleball bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dalam merancang program latihan yang efektif dan efisien untuk atlet cabang olahraga pickleball. Mahasiswa akan mempelajari konsep perencanaan program latihan, analisis kebutuhan atlet, pengembangan program latihan yang sesuai dengan karakteristik pickleball, serta evaluasi dan penyesuaian program latihan. Ruang lingkup mata kuliah mencakup teori dan praktik perencanaan program latihan, strategi pengembangan program latihan yang variatif, serta penerapan teknik evaluasi untuk meningkatkan performa atlet dalam cabang olahraga pickleball. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge.
|
Pendukung : |
|
- Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge.
|
Dosen Pengampu
|
Dani Primanata, S.Pd.,M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dna praktek
|
ceramah dna praktek
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
25% |
2
Minggu ke 2 |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dna praktek
|
ceramah dna praktek
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dna praktek
|
ceramah dna praktek
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dna praktek
|
ceramah dna praktek
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dna praktek
|
ceramah dna praktek
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dna praktek
|
ceramah dna praktek
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dna praktek
|
ceramah dna praktek
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dna praktek
|
ceramah dna praktek
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dna praktek
|
ceramah dna praktek
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dna praktek
|
ceramah dna praktek
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dna praktek
|
ceramah dna praktek
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dna praktek
|
ceramah dna praktek
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dna praktek
|
ceramah dna praktek
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dna praktek
|
ceramah dna praktek
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dna praktek
|
ceramah dna praktek
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dna praktek
|
ceramah dna praktek
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |