Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S2 Administrasi Publik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis Kebijakan Publik Lanjutan

6310603010

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=6.72

3

1 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Suci Megawati, M.Si




Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si




Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Menguasai teori dan praktik dalam kebijakan publik

PLO-7

Mampu menguasai berbagai metode penelitian terkini dalam bidang administrasi publik agar dapat melakukan tugas penelitian, dengan menggunakan metode ilmiah dengan inter dan multidisiplin

PLO-9

Mampu menyusun rekomendasi kebijakan penyelesaian masalah melalui analisis kebijakan publik yang berdasarkan bukti (evidence based)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu membangun argumen dengan menggunakan pendekatan konseptual dan teoritis dalam lingkup pemerintahan dan kebijakan publik

PO - 2

Mampu melakukan analisis data dengan berbagai teknik untuk memahami permasalahan masyarakat dan hubungan sebab akibat berdasarkan fakta empiris

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-7PLO-9
PO-1 
PO-2  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Analisis Kebijakan Publik Lanjutan pada jenjang S2 program studi Administrasi Publik bertujuan untuk mendalami konsep, teori, dan metode analisis kebijakan publik secara lebih mendalam. Mahasiswa akan mempelajari berbagai pendekatan analisis kebijakan yang kompleks dan memahami implementasi kebijakan publik di tingkat lanjutan. Ruang lingkup mata kuliah mencakup analisis kebijakan multi-level, analisis kebijakan sektorial, evaluasi kebijakan, serta studi kasus kebijakan publik kontemporer.

Pustaka

Utama :

  1. Anderson, J. E. 1979. Public Policy Making. NY: Holt, Rinehart and Winston.
  2. Dunn, William N. 2000. Pengantar Analisis Kebijakan Publik, Gajahmada Universitas Press, Yogyakarta
  3. Nugroho D., Riant. 2003. Kebijakan Publik: Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi, Gramedia, Jakarta.
  4. Subarsono, Drs. AG, M.Si., M A. 2005. Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori, dan Aplikasi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Pendukung :

  1. Birkland, Thomas. 2011. An Introduction to The Policy Process. ME Sharpe
  2. Lester, J. and Stewart, Jr. 2000. Public Policy: An Evolutionary Approach. Australia, etc.: Wadsworth.
  3. Irfan Islamy. 2000. Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijkan Negara, Bumi Aksara, Jakarta.

Dosen Pengampu

Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si.

Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd.

Dr. Suci Megawati, S.IP., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami makna dan lingkup kebijakan publik

1.Menjelaskan makna kebijakan 2.Menjelaskan ruang lingkup kebijakan 3.Menjelaskan tujuan kebijakan 4.Menjelaskan pengertian public 5.Menjelaskan nilai publik

Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Daring
Kuliah mimbar via google meet,Tanya jawab, dan Diskusi
3 X 50
Materi: Makna dan ruang lingkup kebijakan
Pustaka: Dunn, William N. 2000. Pengantar Analisis Kebijakan Publik, Gajahmada Universitas Press, Yogyakarta

Materi: Nilai Publik
Pustaka: Nugroho D., Riant. 2003. Kebijakan Publik: Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi, Gramedia, Jakarta.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan membangun argumen yang kuat berdasarkan pendekatan konseptual dan teoritis dalam konteks pemerintahan dan kebijakan publik.

  1. Pemahaman konsep dasar
  2. Kemampuan menerapkan teori dalam analisis kebijakan publik
  3. Konsistensi argumen yang dibangun
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok dan presentasi.
Daring Kuliah mimbar via google meet,Tanya jawab, dan Diskusi
Materi: Konsep dasar dalam analisis kebijakan publik, Teori-teori dalam kebijakan publik, Penerapan pendekatan konseptual dalam analisis kebijakan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan analisis kritis dan argumentasi yang didasarkan pada teori-teori terkait dalam pemerintahan dan kebijakan publik.

  1. Pemahaman konsep dasar
  2. Kemampuan menerapkan teori dalam analisis
  3. Konsistensi argumen
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok dan presentasi.
Daring
Kuliah mimbar via google meet,Tanya jawab, dan Diskusi
Materi: Teori-teori pemerintahan, Konsep kebijakan publik, Analisis kebijakan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menerapkan pendekatan konseptual dan teoritis dalam membangun argumen terkait pemerintahan dan kebijakan publik.

  1. Pemahaman konsep dasar
  2. Kemampuan menerapkan teori dalam argumen
  3. Konsistensi argumen
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok dan presentasi.
Diskusi daring tentang penerapan teori dalam analisis kebijakan
Materi: Konsep dasar pemerintahan, Teori kebijakan publik, Pendekatan konseptual dalam analisis kebijakan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan membangun argumen yang didasarkan pada pendekatan konseptual dan teoritis dalam konteks pemerintahan dan kebijakan publik.

  1. Pemahaman konsep dasar
  2. Kemampuan menerapkan teori dalam analisis kebijakan publik
  3. Konsistensi argumen
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio

Diskusi daring tentang penerapan teori dalam analisis kebijakan publik
3 X 50
Materi: Konsep dasar kebijakan publik, Teori-teori dalam analisis kebijakan publik, Penerapan pendekatan konseptual dalam pemerintahan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan untuk memahami dan menerapkan pendekatan konseptual dan teoritis dalam menganalisis isu-isu pemerintahan dan kebijakan publik.

  1. Pemahaman konsep dasar
  2. Kemampuan menerapkan teori dalam analisis kebijakan publik
  3. Kemampuan membangun argumen yang kokoh
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, studi kasus, presentasi.
Diskusi daring, Penugasan tulis
3 X 50
Materi: Konsep dasar pendekatan konseptual, Teori-teori dalam analisis kebijakan publik, Teknik membangun argumen yang kuat
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menerapkan konsep dan teori dalam membangun argumen yang kuat dalam konteks pemerintahan dan kebijakan publik.

  1. Pemahaman konsep dan teori yang digunakan dalam membangun argumen
  2. Kemampuan menerapkan konsep dan teori dalam konteks pemerintahan dan kebijakan publik
  3. Kualitas argumen yang dibangun
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis diskusi dan analisis kasus.
Diskusi online tentang studi kasus pembangunan argumen
3 X 50
Materi: Konsep dasar argumen, Teori-teori yang mendukung pembangunan argumen dalam pemerintahan dan kebijakan publik, Studi kasus dalam membangun argumen
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menerapkan konsep dan teori dalam membangun argumen yang kuat dalam konteks pemerintahan dan kebijakan publik

  1. Pemahaman konsep teoritis yang relevan
  2. Kemampuan menerapkan konsep teoritis dalam membangun argumen
  3. Ketepatan penggunaan pendekatan konseptual dalam analisis kebijakan
Kriteria:
  1. Kejelasan konsep yang disusun
  2. Ketepatan argumen
  3. Ketepatan penggunaan pendekatan

Bentuk Penilaian :
Tes

Ujian Tengah Semester
3 X 50
Materi: Konsep dasar pemerintahan, Teori-teori kebijakan publik, Pendekatan konseptual dalam analisis kebijakan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menguasai teknik analisis data yang relevan untuk memahami permasalahan masyarakat dan hubungan sebab akibat

  1. Analisis data yang tepat
  2. Pemahaman hubungan sebab akibat
  3. Penggunaan fakta empiris
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang penerapan teknik analisis data pada studi kasus tertentu
3 X 50
Materi: Teknik analisis data, Pemahaman hubungan sebab akibat, Penggunaan fakta empiris
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu menguasai teknik analisis data yang relevan untuk memahami permasalahan masyarakat dan hubungan sebab akibat.

  1. Analisis data yang tepat
  2. Pemahaman hubungan sebab akibat
  3. Penggunaan fakta empiris
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi Online
Materi: Teknik Analisis Data, Hubungan Sebab Akibat, Fakta Empiris
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu menguasai teknik analisis data untuk memahami permasalahan masyarakat dan hubungan sebab akibat secara empiris.

  1. Analisis data yang tepat
  2. Pemahaman hubungan sebab akibat
  3. Penggunaan teknik analisis yang sesuai
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Diskusi online tentang penerapan teknik analisis data dalam studi kasus dan Pembelajaran berbasis masalah.
3 X 50
Materi: Teknik analisis data, Pemahaman permasalahan masyarakat, Hubungan sebab akibat
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu menguasai teknik analisis data yang relevan untuk memahami permasalahan masyarakat dan hubungan sebab akibat

  1. analisis data masyarakat
  2. hubungan sebab akibat
  3. fakta empiris
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Diskusi Online
3 X 50
Materi: Teknik Analisis Data, Permasalahan Masyarakat, Hubungan Sebab Akibat, Fakta Empiris
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu menguasai teknik analisis data untuk memahami permasalahan masyarakat secara empiris

  1. Kemampuan mengidentifikasi permasalahan masyarakat
  2. Kemampuan menerapkan teknik analisis data dengan tepat
  3. Kemampuan menyusun hubungan sebab akibat berdasarkan fakta empiris
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Diskusi daring tentang penerapan teknik analisis data dalam kasus nyata
3 X 50
Materi: Teknik analisis data, Hubungan sebab akibat, Fakta empiris dalam kebijakan publik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu menguasai teknik analisis data untuk memahami permasalahan masyarakat dan hubungan sebab akibat secara empiris

  1. Analisis data dengan tepat
  2. Mampu mengidentifikasi hubungan sebab akibat
  3. Menggunakan teknik analisis data yang sesuai
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Diskusi daring tentang penerapan teknik analisis data pada kasus kebijakan publik
3 X 50
Materi: Teknik analisis data, Hubungan sebab akibat, Fakta empiris dalam analisis kebijakan publik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menguasai teknik analisis data yang relevan untuk memahami permasalahan masyarakat dan hubungan sebab akibat.

  1. Analisis data yang tepat
  2. Pemahaman hubungan sebab akibat
  3. Penggunaan fakta empiris dalam analisis
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Diskusi daring tentang penerapan teknik analisis data dalam kasus kebijakan publik dan Pembelajaran berbasis masalah, diskusi, dan studi kasus.
3 X 50
Materi: Teknik analisis data, Penggunaan data empiris dalam kebijakan publik, Hubungan sebab akibat dalam analisis kebijakan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa diharapkan mampu menguasai teknik analisis data yang relevan untuk memahami permasalahan masyarakat dan hubungan sebab akibat

  1. Analisis data menggunakan teknik yang tepat
  2. Mampu mengidentifikasi hubungan sebab akibat dari data yang dianalisis
Kriteria:
  1. ketepatan data yang dianalisis
  2. kejelasan data kebijakan yang dianalisis
  3. kejelasan identifikasi kebijakan yang disusun

Bentuk Penilaian :
Tes

Ujian Akhir Semester
3 X 50
Materi: Pengumpulan Data, Pengolahan Data, Analisis Data, Interpretasi Data
Pustaka: Handbook Perkuliahan
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 55%
2. Penilaian Portofolio 15%
3. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.