
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S2 Administrasi Publik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Analisis Kebijakan Publik Lanjutan |
6310603010 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
3 |
1 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Suci Megawati, M.Si
|
Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si
|
Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-6 |
Menguasai teori dan praktik dalam kebijakan publik |
PLO-7 |
Mampu menguasai berbagai metode penelitian terkini dalam bidang administrasi publik agar dapat melakukan tugas penelitian, dengan menggunakan metode ilmiah dengan inter dan multidisiplin |
PLO-9 |
Mampu menyusun rekomendasi kebijakan penyelesaian masalah melalui analisis kebijakan publik yang berdasarkan bukti (evidence based) |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu membangun argumen dengan menggunakan pendekatan konseptual dan teoritis dalam lingkup pemerintahan dan kebijakan publik
|
PO - 2 |
Mampu melakukan analisis data dengan berbagai teknik untuk memahami permasalahan masyarakat dan hubungan sebab akibat berdasarkan fakta empiris
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-6 | PLO-7 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | ✔ | | PO-2 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Analisis Kebijakan Publik Lanjutan pada jenjang S2 program studi Administrasi Publik bertujuan untuk mendalami konsep, teori, dan metode analisis kebijakan publik secara lebih mendalam. Mahasiswa akan mempelajari berbagai pendekatan analisis kebijakan yang kompleks dan memahami implementasi kebijakan publik di tingkat lanjutan. Ruang lingkup mata kuliah mencakup analisis kebijakan multi-level, analisis kebijakan sektorial, evaluasi kebijakan, serta studi kasus kebijakan publik kontemporer. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Anderson, J. E. 1979. Public Policy Making. NY: Holt, Rinehart and Winston.
- Dunn, William N. 2000. Pengantar Analisis Kebijakan Publik, Gajahmada Universitas Press, Yogyakarta
- Nugroho D., Riant. 2003. Kebijakan Publik: Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi, Gramedia, Jakarta.
- Subarsono, Drs. AG, M.Si., M A. 2005. Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori, dan Aplikasi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
|
Pendukung : |
|
- Birkland, Thomas. 2011. An Introduction to The Policy Process. ME Sharpe
- Lester, J. and Stewart, Jr. 2000. Public Policy: An Evolutionary Approach. Australia, etc.: Wadsworth.
- Irfan Islamy. 2000. Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijkan Negara, Bumi Aksara, Jakarta.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si. Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd. Dr. Suci Megawati, S.IP., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami makna dan lingkup kebijakan publik |
1.Menjelaskan makna kebijakan 2.Menjelaskan ruang lingkup kebijakan 3.Menjelaskan tujuan kebijakan 4.Menjelaskan pengertian public 5.Menjelaskan nilai publik |
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Daring
Kuliah mimbar via google meet,Tanya jawab, dan Diskusi 3 X 50 |
Materi: Makna dan ruang lingkup kebijakan Pustaka: Dunn, William N. 2000. Pengantar Analisis Kebijakan Publik, Gajahmada Universitas Press, Yogyakarta Materi: Nilai Publik Pustaka: Nugroho D., Riant. 2003. Kebijakan Publik: Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi, Gramedia, Jakarta. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan membangun argumen yang kuat berdasarkan pendekatan konseptual dan teoritis dalam konteks pemerintahan dan kebijakan publik. |
- Pemahaman konsep dasar
- Kemampuan menerapkan teori dalam analisis kebijakan publik
- Konsistensi argumen yang dibangun
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Daring Kuliah mimbar via google meet,Tanya jawab, dan Diskusi
|
Materi: Konsep dasar dalam analisis kebijakan publik, Teori-teori dalam kebijakan publik, Penerapan pendekatan konseptual dalam analisis kebijakan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan analisis kritis dan argumentasi yang didasarkan pada teori-teori terkait dalam pemerintahan dan kebijakan publik. |
- Pemahaman konsep dasar
- Kemampuan menerapkan teori dalam analisis
- Konsistensi argumen
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Daring
Kuliah mimbar via google meet,Tanya jawab, dan Diskusi
|
Materi: Teori-teori pemerintahan, Konsep kebijakan publik, Analisis kebijakan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menerapkan pendekatan konseptual dan teoritis dalam membangun argumen terkait pemerintahan dan kebijakan publik. |
- Pemahaman konsep dasar
- Kemampuan menerapkan teori dalam argumen
- Konsistensi argumen
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang penerapan teori dalam analisis kebijakan
|
Materi: Konsep dasar pemerintahan, Teori kebijakan publik, Pendekatan konseptual dalam analisis kebijakan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan membangun argumen yang didasarkan pada pendekatan konseptual dan teoritis dalam konteks pemerintahan dan kebijakan publik. |
- Pemahaman konsep dasar
- Kemampuan menerapkan teori dalam analisis kebijakan publik
- Konsistensi argumen
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
|
Diskusi daring tentang penerapan teori dalam analisis kebijakan publik 3 X 50 |
Materi: Konsep dasar kebijakan publik, Teori-teori dalam analisis kebijakan publik, Penerapan pendekatan konseptual dalam pemerintahan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan untuk memahami dan menerapkan pendekatan konseptual dan teoritis dalam menganalisis isu-isu pemerintahan dan kebijakan publik. |
- Pemahaman konsep dasar
- Kemampuan menerapkan teori dalam analisis kebijakan publik
- Kemampuan membangun argumen yang kokoh
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, studi kasus, presentasi.
|
Diskusi daring, Penugasan tulis 3 X 50 |
Materi: Konsep dasar pendekatan konseptual, Teori-teori dalam analisis kebijakan publik, Teknik membangun argumen yang kuat Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menerapkan konsep dan teori dalam membangun argumen yang kuat dalam konteks pemerintahan dan kebijakan publik. |
- Pemahaman konsep dan teori yang digunakan dalam membangun argumen
- Kemampuan menerapkan konsep dan teori dalam konteks pemerintahan dan kebijakan publik
- Kualitas argumen yang dibangun
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis diskusi dan analisis kasus.
|
Diskusi online tentang studi kasus pembangunan argumen 3 X 50 |
Materi: Konsep dasar argumen, Teori-teori yang mendukung pembangunan argumen dalam pemerintahan dan kebijakan publik, Studi kasus dalam membangun argumen Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menerapkan konsep dan teori dalam membangun argumen yang kuat dalam konteks pemerintahan dan kebijakan publik |
- Pemahaman konsep teoritis yang relevan
- Kemampuan menerapkan konsep teoritis dalam membangun argumen
- Ketepatan penggunaan pendekatan konseptual dalam analisis kebijakan
|
Kriteria:
- Kejelasan konsep yang disusun
- Ketepatan argumen
- Ketepatan penggunaan pendekatan
Bentuk Penilaian : Tes |
|
Ujian Tengah Semester 3 X 50 |
Materi: Konsep dasar pemerintahan, Teori-teori kebijakan publik, Pendekatan konseptual dalam analisis kebijakan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu menguasai teknik analisis data yang relevan untuk memahami permasalahan masyarakat dan hubungan sebab akibat |
- Analisis data yang tepat
- Pemahaman hubungan sebab akibat
- Penggunaan fakta empiris
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Diskusi daring tentang penerapan teknik analisis data pada studi kasus tertentu 3 X 50 |
Materi: Teknik analisis data, Pemahaman hubungan sebab akibat, Penggunaan fakta empiris Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu menguasai teknik analisis data yang relevan untuk memahami permasalahan masyarakat dan hubungan sebab akibat. |
- Analisis data yang tepat
- Pemahaman hubungan sebab akibat
- Penggunaan fakta empiris
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi Online
|
Materi: Teknik Analisis Data, Hubungan Sebab Akibat, Fakta Empiris Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu menguasai teknik analisis data untuk memahami permasalahan masyarakat dan hubungan sebab akibat secara empiris. |
- Analisis data yang tepat
- Pemahaman hubungan sebab akibat
- Penggunaan teknik analisis yang sesuai
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Diskusi online tentang penerapan teknik analisis data dalam studi kasus dan Pembelajaran berbasis masalah. 3 X 50 |
Materi: Teknik analisis data, Pemahaman permasalahan masyarakat, Hubungan sebab akibat Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu menguasai teknik analisis data yang relevan untuk memahami permasalahan masyarakat dan hubungan sebab akibat |
- analisis data masyarakat
- hubungan sebab akibat
- fakta empiris
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Diskusi Online 3 X 50 |
Materi: Teknik Analisis Data, Permasalahan Masyarakat, Hubungan Sebab Akibat, Fakta Empiris Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu menguasai teknik analisis data untuk memahami permasalahan masyarakat secara empiris |
- Kemampuan mengidentifikasi permasalahan masyarakat
- Kemampuan menerapkan teknik analisis data dengan tepat
- Kemampuan menyusun hubungan sebab akibat berdasarkan fakta empiris
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Diskusi daring tentang penerapan teknik analisis data dalam kasus nyata 3 X 50 |
Materi: Teknik analisis data, Hubungan sebab akibat, Fakta empiris dalam kebijakan publik Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu menguasai teknik analisis data untuk memahami permasalahan masyarakat dan hubungan sebab akibat secara empiris |
- Analisis data dengan tepat
- Mampu mengidentifikasi hubungan sebab akibat
- Menggunakan teknik analisis data yang sesuai
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Diskusi daring tentang penerapan teknik analisis data pada kasus kebijakan publik 3 X 50 |
Materi: Teknik analisis data, Hubungan sebab akibat, Fakta empiris dalam analisis kebijakan publik Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu menguasai teknik analisis data yang relevan untuk memahami permasalahan masyarakat dan hubungan sebab akibat. |
- Analisis data yang tepat
- Pemahaman hubungan sebab akibat
- Penggunaan fakta empiris dalam analisis
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Diskusi daring tentang penerapan teknik analisis data dalam kasus kebijakan publik dan Pembelajaran berbasis masalah, diskusi, dan studi kasus. 3 X 50 |
Materi: Teknik analisis data, Penggunaan data empiris dalam kebijakan publik, Hubungan sebab akibat dalam analisis kebijakan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa diharapkan mampu menguasai teknik analisis data yang relevan untuk memahami permasalahan masyarakat dan hubungan sebab akibat |
- Analisis data menggunakan teknik yang tepat
- Mampu mengidentifikasi hubungan sebab akibat dari data yang dianalisis
|
Kriteria:
- ketepatan data yang dianalisis
- kejelasan data kebijakan yang dianalisis
- kejelasan identifikasi kebijakan yang disusun
Bentuk Penilaian : Tes |
|
Ujian Akhir Semester 3 X 50 |
Materi: Pengumpulan Data, Pengolahan Data, Analisis Data, Interpretasi Data Pustaka: Handbook Perkuliahan |
15% |