
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Akuntansi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Perilaku Organisasi |
6220103169 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
5 |
10 Juni 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Bayu Rama Laksono, SE., M.Ak.
|
Bayu Rama Laksono, SE., M.Ak.
|
Dr. Rohmawati Kusumaningtias, S.E., Ak., MSA. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-8 |
Mampu menyusun, menyajikan, menganalisis dan menginterprestasi laporan keuangan dan non keuangan dengan mempertimbangkan keberlanjutan untuk tujuan pengambilan keputusan pada level strategis sesuai kode etik profesi dengan dukungan teknologi informasi |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Ketepatan dalam menunjukkan nilai-nilai etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
|
PO - 2 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
|
PO - 3 |
Ketepatan dalam menyusun, menyajikan, menganalisis dan menginterprestasi laporan keuangan dan non keuangan dengan mempertimbangkan keberlanjutan untuk tujuan pengambilan keputusan pada level strategis sesuai Kode Etik Profesi dengan dukungan teknologi informasi;
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | | PO-3 | | | ✔ | | | | ✔ | | | | | | ✔ | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Perilaku Organisasi membahas tentang teori dan studi kasus pada perilaku karyawan di dalam organisasi pada level individu, kelompok, dan organisasi. Topik pembahasan dalam Perilaku organisasi yaitu mengkaji tentang kepemimpinan, komunikasi organisasi, perubahan organisasi, dinamika kelompok, dan pengembangan orgnaisasi. Untuk mencapai pengembangan organisasi maka diperlukan kajian yang komprehensif pada suatu organisasi. Metode pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini dengan menggunakan pendekatan studi kasus dan Problem Based Learning (PBL) untuk mengasah pemahaman mahasiswa terhadap teori perilaku organisasi. Mahasiswa mencari studi kasus yang terjadi pada organisasi kemudian memecahkan kasus tersebut berdasarkan pada teori dan kajian penelitian. Output dari pembelajaran pada mata kuliah perilaku orgnaisasi yaitu laporan berdasarkan pada studi kasus yang telah dikaji. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Alessandra Ricciardelli, Marco Valeri. 2025. Organisational Behaviour and Design: Implications for Management
- Dr. L. Santhana Raj. 2023. An Introduction To Organizational Behaviour
- Stephen Robbins, Timothy A. Judge. 2021. Organizational Behavior
- Juliana, Amelda Pramezwary, Arifin Djakasaputra. 2021. Hospitality Organizational Behavior
- Stephen P. Robbins, Timothy Judge, Tim Judge. 2018. Essentials of Organizational Behavior
- Dr. Sry Rosita, S.E., M.M., Feny Tialonawarmi, S.E., M.M., Dr. Musnaini, S.E., M.M. 2024. Buku Ajar Perilaku Organisasi
- Muhammad Hasan, Ujang Enas, Angga Ranggana Putra. 2022. Perilaku Organisasi (Organizational Behaviour)
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Ketepatan dalam memahami hakekat dan perkembangan perilaku organisasi (OB) |
- Ketepatan dalam mendefinisikan OB
- Ketepatan dalam mendeskripsikan apa yang dilakukan manajer
- Ketepatan dalam menjelaskan nilai dari studi sistematik OB
- Ketepatan dalam mengidentifikasi tantangan dan peluang bagi manajer dengan konsep OB
- Ketepatan dalam menjelaskan perkembangan ilmu OB
- Ketepatan dalam menjelaskan tujuan memahami OB (mandiri)
|
Kriteria:
- Kriteria Penilaian secara Umum:
- UTS tulis (bobot 80) Karakter 20 total 100
- Tagihan (Tugas):
- Liputan kunjungan proyek ke mangrove (bobot 20)
- Laporan proyek (Bobot 40)
- power point (bobot 20)
- Karakter (bobot 20).. Total 100
- Partisipasi
- Absen (bobot 40)
- Diskusi (bobot 40)
- Karakter (bobot20).. Total 100
- UAS tulis (bobot 80) Karakter 20 . Total 100
- Nilai akhir (102 103 102 103):10 100
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 SKS
(1x(2x170’)):
TM
(1x(2x50’)):
Penjelasan
materi dan
diskusi
BM
(1x(2x60’)):
Pemahaman
materi
PT
(1x(2x60’)):
Tugas
Individu
2 X 50
|
ViLearning: SIDIA
|
Materi: organizational behavior Pustaka: Dr. L. Santhana Raj. 2023. An Introduction To Organizational Behaviour |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Mengkaji berbagai karakteristik yang melekat pada individu dan determinan lainnya yang menentukan perilaku individu |
- Ketepatan dalam menjelaskan & mengidentifikasi karakter2 biografis, tipe keKetepatan dalam an, dan teori pembelajaran Ketepatan dalam menjelaskan determinan persepsi dan bagaimana persepsi mempengaruhi pengambilan keputusan, serta kriteria pengambilan keputusan yang etis
- Ketepatan dalam menjelaskan sumber sistem nilai, hubungan sikap & perilaku, dan determain kepuasan kerja
- Ketepatan dalam menjelaskan determinan kepribadian dan emosi, serta memahami bagaimana membaca emosi
- Ketepatan dalam menjelaskan determinan persepsi dan bagaimana persepsi mempengaruhi pengambilan keputusan, serta kriteria pengambilan keputusan yang etis
|
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 SKS
(1x(2x170’)):
TM
(1x(2x50’)):
Penjelasan
materi dan
diskusi
BM
(1x(2x60’)):
Pemahaman
materi
PT
(1x(2x60’)):
Tugas
Individu
2 X 50
|
ViLearning: SIDIA
|
Materi: organizational behavior Pustaka: Stephen Robbins, Timothy A. Judge. 2021. Organizational Behavior |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Mengkaji berbagai karakteristik yang melekat pada individu dan determinan lainnya yang menentukan perilaku individu |
- Ketepatan dalam menjelaskan & mengidentifikasi karakter2 biografis, tipe keKetepatan dalam an, dan teori pembelajaran Ketepatan dalam menjelaskan determinan persepsi dan bagaimana persepsi mempengaruhi pengambilan keputusan, serta kriteria pengambilan keputusan yang etis
- Ketepatan dalam menjelaskan sumber sistem nilai, hubungan sikap & perilaku, dan determain kepuasan kerja
- Ketepatan dalam menjelaskan determinan kepribadian dan emosi, serta memahami bagaimana membaca emosi
- Ketepatan dalam menjelaskan determinan persepsi dan bagaimana persepsi mempengaruhi pengambilan keputusan, serta kriteria pengambilan keputusan yang etis
|
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 SKS
(1x(2x170’)):
TM
(1x(2x50’)):
Penjelasan
materi dan
diskusi
BM
(1x(2x60’)):
Pemahaman
materi
PT
(1x(2x60’)):
Tugas
Individu
2 X 50
|
ViLearning: SIDIA
|
Materi: organizational behavior Pustaka: Stephen Robbins, Timothy A. Judge. 2021. Organizational Behavior |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami teori-teori motivasi dan mengaplikasikan dalam kehidupan berorganisasi |
- Ketepatan dalam mendefinisikan motivasi dan menjelaskan proses motivasi
- Ketepatan dalam menjelaskan hirarki kebutuhan Maslow, membedakan Teori X dan teori Y, dan Teori Motivasi Higiene
- Ketepatan dalam menjelaskan teori- teori kontemporer motivasi
- ketepatan dalam mengaplikasikan konsep motivasi dalam beberapa kaus
- ketetapan dalam mendeskripsikan berbagai isu terkini tentang motivasi
|
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 SKS
(1x(2x170’)):
TM
(1x(2x50’)):
Penjelasan
materi dan
diskusi
BM
(1x(2x60’)):
Pemahaman
materi
PT
(1x(2x60’)):
Tugas
Individu
2 X 50
|
Sidia Vilearning
|
Materi: organizational behavior Pustaka: Stephen Robbins, Timothy A. Judge. 2021. Organizational Behavior |
2% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami teori-teori motivasi dan mengaplikasikan dalam kehidupan berorganisasi |
- Ketepatan dalam mendefinisikan motivasi dan menjelaskan proses motivasi
- Ketepatan dalam menjelaskan hirarki kebutuhan Maslow, membedakan Teori X dan teori Y, dan Teori Motivasi Higiene
- Ketepatan dalam menjelaskan teori- teori kontemporer motivasi
- Ketepatan dalam mengaplikasikan konsep motivasi dalam beberapa kaus
- Ketepatan dalam mendeskripsikan berbagai isu terkini tentang motivasi
|
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 SKS
(1x(2x170’)):
TM
(1x(2x50’)):
Penjelasan
materi dan
diskusi
BM
(1x(2x60’)):
Pemahaman
materi
PT
(1x(2x60’)):
Tugas
Individu
2 X 50
|
sidia vilearning
|
Materi: motivation theorities Pustaka: Stephen Robbins, Timothy A. Judge. 2021. Organizational Behavior |
2% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami dinamika kelompok dan implikasinya terhadap perilaku individu dan kinerja organisasi |
- Ketepatan dalam membedakan kelompok formal vs informal
- Ketepatan dalam membandingkan dua model perkembangan kelompok
- Ketepatan dalam menganalisis interaksi kelompok
- Ketepatan dalam menjelaskan implikasi kondisi eksternal terhadap perilaku individu
- Mengetahui sumberdaya anggota kelompok
- Ketepatan dalam menjelaskan struktur, proses, tugas2 dan pengambilan keputusan kelompok
- Ketepatan dalam membedakan tim kerja vs kelompok
- Ketepatan dalam memahami bagaimana mengelola tim kerja
|
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 SKS
(1x(2x170’)):
TM
(1x(2x50’)):
Penjelasan
materi dan
diskusi
BM
(1x(2x60’)):
Pemahaman
materi
PT
(1x(2x60’)):
Tugas
Individu
2 X 50
|
Sidia Vilearning
|
Materi: group dynamics Pustaka: Stephen Robbins, Timothy A. Judge. 2021. Organizational Behavior |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami peran komunikasi bagi efektifitas pencapaian tujuan organisasi |
- Ketepatan dalam menjelaskan fungsi komunikasi
- Ketepatan dalam mendiskripsikan proses komunikasi
- Ketepatan dalam membedakan jenis komunikasi
- Ketepatan dalam mengidentifikasi hambatan- hambatan komunikasi
- Ketepatan dalam mencari strategi bagi komunikasi yang efektif
|
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
2 SKS
(1x(2x170’)):
TM
(1x(2x50’)):
Penjelasan
materi dan
diskusi
BM
(1x(2x60’)):
Pemahaman
materi
PT
(1x(2x60’)):
Tugas
Individu
2 X 50
|
Sidia Vilearning
|
Materi: role of communication Pustaka: Stephen Robbins, Timothy A. Judge. 2021. Organizational Behavior Materi: role of communication Pustaka: Alessandra Ricciardelli, Marco Valeri. 2025. Organisational Behaviour and Design: Implications for Management |
8% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
Ketepatan dalam memahami teori-teori kepemimpinan dan berbagai isu kontemporer dalam kepemimpinan |
- Ketepatan dalam membedakan kepemimpinan vs manajemen Ketepatan dalam menjelaskan teori- teori kepemimpinan
- Ketepatan dalam mengidentifikasi 4 dimensi trust
- Ketepatan dalam menjelaskan 4 komponen EQ, dan peranannya terhadap efektivitas kepemimpinan
- Ketepatan dalam menjelaskan peran mentor
- Ketepatan dalam mengidentifikasi berbagai tantangan dalam membangun kepemimpinan
|
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 SKS
(1x(2x170’)):
TM
(1x(2x50’)):
Penjelasan
materi dan
diskusi
BM
(1x(2x60’)):
Pemahaman
materi
PT
(1x(2x60’)):
Tugas
Individu
2 X 50
|
Sidia Vilearning
|
Materi: leadership Pustaka: Stephen Robbins, Timothy A. Judge. 2021. Organizational Behavior Materi: leadership Pustaka: Alessandra Ricciardelli, Marco Valeri. 2025. Organisational Behaviour and Design: Implications for Management |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami power dan hubungannya dengan otoritas dan pengaruh, serta implikasinya terhadap perilaku politik |
- Ketepatan dalam mengidentifikasi power, serta hubungannya dengan otoritas dan pengaruh
- Ketepatan dalam mengidentifikasi jenis-jenis power
- Ketepatan dalam mendiskusikan berbagai pendekatan kontigensi tentang power
- Ketepatan dalam menjelaskan pandangan makro tentang power
- Ketepatan dalam menghubungkan implikasi politik terhadap power
- Ketepatan dalam menjelaskan strategi politik terhadap akuisisi power dalam organisasi modern
|
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 SKS
(1x(2x170’)):
TM
(1x(2x50’)):
Penjelasan
materi dan
diskusi
BM
(1x(2x60’)):
Pemahaman
materi
PT
(1x(2x60’)):
Tugas
Individu
2 X 50
|
Sidia Vilearning
|
Materi: hubungan otoritas dan pengaruh implikasinya terhadap perilaku politik Pustaka: Dr. Sry Rosita, S.E., M.M., Feny Tialonawarmi, S.E., M.M., Dr. Musnaini, S.E., M.M. 2024. Buku Ajar Perilaku Organisasi |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mengidentifikasi konflik dan menentukan strategi negosiasi yang efektif |
- Ketepatan dalam mendefinisikan konflik dan negosiasi
- Ketepatan dalam membedakan berbagai pandangan tentang konflik
- Ketepatan dalam membedakan fungsi, hubungan, dan proses konflik
- Ketepatan dalam menentukan strategi penanganan konflik
- Ketepatan dalam menentukan strategi bernegosiasi yang efektifKetepatan dalam mendiskripsikan proses negosiasi
|
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 SKS
(1x(2x170’)):
TM
(1x(2x50’)):
Penjelasan
materi dan
diskusi
BM
(1x(2x60’)):
Pemahaman
materi
PT
(1x(2x60’)):
Tugas
Individu
2 X 50
|
Sidia Vilearning
|
Materi: konflik dan strategi negosiasi yang efektif Pustaka: Alessandra Ricciardelli, Marco Valeri. 2025. Organisational Behaviour and Design: Implications for Management |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Ketepatan dalam memahami akibat, indikator dan sumber stress, serta strategi mengatasi stress dalam organisasi |
- Ketepatan dalam mendefinisikan stress
- Ketepatan dalam mengidentifikasi akibat dan tanda-tanda stress
- Ketepatan dalam menentukan strategi mengurangi stress dalam organisasi
- ketepatan dalam menjelaskan sumber-sumber stress
|
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 SKS
(1x(2x170’)):
TM
(1x(2x50’)):
Penjelasan
materi dan
diskusi
BM
(1x(2x60’)):
Pemahaman
materi
PT
(1x(2x60’)):
Tugas
Individu
2 X 50
|
Sidia Vilearning
|
Materi: stress Pustaka: Stephen Robbins, Timothy A. Judge. 2021. Organizational Behavior |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Ketepatan dalam memahami bagaimana mendesain struktur organisasi yang tepat |
- Ketepatan dalam mengidentifikasi enam elemen kunci struktur organisasi
- Ketepatan dalam menerangkan ciri-ciri struktur simple, birokrasi, matrik, tim dan virtual organization
- Ketepatan dalam membandingkan model struktur mekanistik dan organistik
- Ketepatan dalam menjelaskan implikasi desain organisasi terhadap perilaku karyawan
|
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 SKS
(1x(2x170’)):
TM
(1x(2x50’)):
Penjelasan
materi dan
diskusi
BM
(1x(2x60’)):
Pemahaman
materi
PT
(1x(2x60’)):
Tugas
Individu
2 X 50
|
Sidia Vilearning
|
Materi: organization structure Pustaka: Stephen Robbins, Timothy A. Judge. 2021. Organizational Behavior |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Ketepatan dalam memahami bagaimana membangun dan memelihara budaya organisasi |
- Ketepatan dalam mendefinisikan budaya organisasi dan karakteristiknya, serta membandingkan budaya organisasi yang lemah vs kuat; budaya organisasi vs budaya nasional
- Ketepatan dalam menjelaskan determinan budaya organisasi
- Ketepatan dalam mengklarifikasi bagaimana karyawan belajar organisasi Mendiskripsikan budaya pelanggan responsitif, dan budaya etis
- Ketepatan dalam mengidentifikasi karakteristik budaya spiritual
|
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 SKS
(1x(2x170’)):
TM
(1x(2x50’)):
Penjelasan
materi dan
diskusi
BM
(1x(2x60’)):
Pemahaman
materi
PT
(1x(2x60’)):
Tugas
Individu
2 X 50
|
Sidia Vilearning
|
Materi: culture Pustaka: Stephen Robbins, Timothy A. Judge. 2021. Organizational Behavior Materi: culture Pustaka: Stephen P. Robbins, Timothy Judge, Tim Judge. 2018. Essentials of Organizational Behavior |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami akrakteristik OD dan bagaimana mengelola perubahan |
- Ketepatan dalam menganalisis perubahan lingkungan mempengaruhi organisasi
- Ketepatan dalam menjelaskan bagaimana mengelola perubahan
- Ketepatan dalam mengidentifikasi resistensi perubahan Dalam menerangkan teknik – teknik dalam OD
- Ketepatan dalam mengidentifikasi trend perubahan kontemporer
|
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
(1x(2x170’)):
TM
(1x(2x50’)):
Penjelasan
materi dan
diskusi
BM
(1x(2x60’)):
Pemahaman
materi
PT
(1x(2x60’)):
Tugas
Individu
2 X 50
|
Sidia Vilearning
|
Materi: characteristic of OD Pustaka: Stephen Robbins, Timothy A. Judge. 2021. Organizational Behavior |
8% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
|
20% |