Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Akuntansi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Perilaku Organisasi

6220103169

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=0

ECTS=0

5

10 Juni 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Bayu Rama Laksono, SE., M.Ak.




Bayu Rama Laksono, SE., M.Ak.




Dr. Rohmawati Kusumaningtias, S.E., Ak., MSA.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-8

Mampu menyusun, menyajikan, menganalisis dan menginterprestasi laporan keuangan dan non keuangan dengan mempertimbangkan keberlanjutan untuk tujuan pengambilan keputusan pada level strategis sesuai kode etik profesi dengan dukungan teknologi informasi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Ketepatan dalam menunjukkan nilai-nilai etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PO - 2

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PO - 3

Ketepatan dalam menyusun, menyajikan, menganalisis dan menginterprestasi laporan keuangan dan non keuangan dengan mempertimbangkan keberlanjutan untuk tujuan pengambilan keputusan pada level strategis sesuai Kode Etik Profesi dengan dukungan teknologi informasi;

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-8
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Perilaku Organisasi membahas tentang teori dan studi kasus pada perilaku karyawan di dalam organisasi pada level individu, kelompok, dan organisasi. Topik pembahasan dalam Perilaku organisasi yaitu mengkaji tentang kepemimpinan, komunikasi organisasi, perubahan organisasi, dinamika kelompok, dan pengembangan orgnaisasi. Untuk mencapai pengembangan organisasi maka diperlukan kajian yang komprehensif pada suatu organisasi. Metode pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini dengan menggunakan pendekatan studi kasus dan Problem Based Learning (PBL) untuk mengasah pemahaman mahasiswa terhadap teori perilaku organisasi. Mahasiswa mencari studi kasus yang terjadi pada organisasi kemudian memecahkan kasus tersebut berdasarkan pada teori dan kajian penelitian. Output dari pembelajaran pada mata kuliah perilaku orgnaisasi yaitu laporan berdasarkan pada studi kasus yang telah dikaji.

Pustaka

Utama :

  1. Alessandra Ricciardelli, Marco Valeri. 2025. Organisational Behaviour and Design: Implications for Management
  2. Dr. L. Santhana Raj. 2023. An Introduction To Organizational Behaviour
  3. Stephen Robbins, Timothy A. Judge. 2021. Organizational Behavior
  4. Juliana, Amelda Pramezwary, Arifin Djakasaputra. 2021. Hospitality Organizational Behavior
  5. Stephen P. Robbins, Timothy Judge, Tim Judge. 2018. Essentials of Organizational Behavior
  6. Dr. Sry Rosita, S.E., M.M., Feny Tialonawarmi, S.E., M.M., Dr. Musnaini, S.E., M.M. 2024. Buku Ajar Perilaku Organisasi
  7. Muhammad Hasan, Ujang Enas, Angga Ranggana Putra. 2022. Perilaku Organisasi (Organizational Behaviour)

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Ketepatan dalam memahami hakekat dan perkembangan perilaku organisasi (OB)

  1. Ketepatan dalam mendefinisikan OB
  2. Ketepatan dalam mendeskripsikan apa yang dilakukan manajer
  3. Ketepatan dalam menjelaskan nilai dari studi sistematik OB
  4. Ketepatan dalam mengidentifikasi tantangan dan peluang bagi manajer dengan konsep OB
  5. Ketepatan dalam menjelaskan perkembangan ilmu OB
  6. Ketepatan dalam menjelaskan tujuan memahami OB (mandiri)
Kriteria:
  1. Kriteria Penilaian secara Umum:
  2. UTS tulis (bobot 80) Karakter 20 total 100
  3. Tagihan (Tugas):
  4. Liputan kunjungan proyek ke mangrove (bobot 20)
  5. Laporan proyek (Bobot 40)
  6. power point (bobot 20)
  7. Karakter (bobot 20).. Total 100
  8. Partisipasi
  9. Absen (bobot 40)
  10. Diskusi (bobot 40)
  11. Karakter (bobot20).. Total 100
  12. UAS tulis (bobot 80) Karakter 20 . Total 100
  13. Nilai akhir (102 103 102 103):10 100

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
2 SKS
(1x(2x170’)):
TM
(1x(2x50’)):
Penjelasan
materi dan
diskusi
BM
(1x(2x60’)):
Pemahaman
materi
PT
(1x(2x60’)):
Tugas
Individu
2 X 50
ViLearning: SIDIA
Materi: organizational behavior
Pustaka: Dr. L. Santhana Raj. 2023. An Introduction To Organizational Behaviour
4%

2

Minggu ke 2

Mengkaji berbagai karakteristik yang melekat pada individu dan determinan lainnya yang menentukan perilaku individu

  1. Ketepatan dalam menjelaskan & mengidentifikasi karakter2 biografis, tipe keKetepatan dalam an, dan teori pembelajaran Ketepatan dalam menjelaskan determinan persepsi dan bagaimana persepsi mempengaruhi pengambilan keputusan, serta kriteria pengambilan keputusan yang etis
  2. Ketepatan dalam menjelaskan sumber sistem nilai, hubungan sikap & perilaku, dan determain kepuasan kerja
  3. Ketepatan dalam menjelaskan determinan kepribadian dan emosi, serta memahami bagaimana membaca emosi
  4. Ketepatan dalam menjelaskan determinan persepsi dan bagaimana persepsi mempengaruhi pengambilan keputusan, serta kriteria pengambilan keputusan yang etis
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
2 SKS
(1x(2x170’)):
TM
(1x(2x50’)):
Penjelasan
materi dan
diskusi
BM
(1x(2x60’)):
Pemahaman
materi
PT
(1x(2x60’)):
Tugas
Individu
2 X 50
ViLearning: SIDIA
Materi: organizational behavior
Pustaka: Stephen Robbins, Timothy A. Judge. 2021. Organizational Behavior
4%

3

Minggu ke 3

Mengkaji berbagai karakteristik yang melekat pada individu dan determinan lainnya yang menentukan perilaku individu

  1. Ketepatan dalam menjelaskan & mengidentifikasi karakter2 biografis, tipe keKetepatan dalam an, dan teori pembelajaran Ketepatan dalam menjelaskan determinan persepsi dan bagaimana persepsi mempengaruhi pengambilan keputusan, serta kriteria pengambilan keputusan yang etis
  2. Ketepatan dalam menjelaskan sumber sistem nilai, hubungan sikap & perilaku, dan determain kepuasan kerja
  3. Ketepatan dalam menjelaskan determinan kepribadian dan emosi, serta memahami bagaimana membaca emosi
  4. Ketepatan dalam menjelaskan determinan persepsi dan bagaimana persepsi mempengaruhi pengambilan keputusan, serta kriteria pengambilan keputusan yang etis
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
2 SKS
(1x(2x170’)):
TM
(1x(2x50’)):
Penjelasan
materi dan
diskusi
BM
(1x(2x60’)):
Pemahaman
materi
PT
(1x(2x60’)):
Tugas
Individu
2 X 50
ViLearning: SIDIA
Materi: organizational behavior
Pustaka: Stephen Robbins, Timothy A. Judge. 2021. Organizational Behavior
4%

4

Minggu ke 4

Memahami teori-teori motivasi dan mengaplikasikan dalam kehidupan berorganisasi

  1. Ketepatan dalam mendefinisikan motivasi dan menjelaskan proses motivasi
  2. Ketepatan dalam menjelaskan hirarki kebutuhan Maslow, membedakan Teori X dan teori Y, dan Teori Motivasi Higiene
  3. Ketepatan dalam menjelaskan teori- teori kontemporer motivasi
  4. ketepatan dalam mengaplikasikan konsep motivasi dalam beberapa kaus
  5. ketetapan dalam mendeskripsikan berbagai isu terkini tentang motivasi
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
2 SKS
(1x(2x170’)):
TM
(1x(2x50’)):
Penjelasan
materi dan
diskusi
BM
(1x(2x60’)):
Pemahaman
materi
PT
(1x(2x60’)):
Tugas
Individu
2 X 50
Sidia Vilearning
Materi: organizational behavior
Pustaka: Stephen Robbins, Timothy A. Judge. 2021. Organizational Behavior
2%

5

Minggu ke 5

Memahami teori-teori motivasi dan mengaplikasikan dalam kehidupan berorganisasi

  1. Ketepatan dalam mendefinisikan motivasi dan menjelaskan proses motivasi
  2. Ketepatan dalam menjelaskan hirarki kebutuhan Maslow, membedakan Teori X dan teori Y, dan Teori Motivasi Higiene
  3. Ketepatan dalam menjelaskan teori- teori kontemporer motivasi
  4. Ketepatan dalam mengaplikasikan konsep motivasi dalam beberapa kaus
  5. Ketepatan dalam mendeskripsikan berbagai isu terkini tentang motivasi
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
2 SKS
(1x(2x170’)):
TM
(1x(2x50’)):
Penjelasan
materi dan
diskusi
BM
(1x(2x60’)):
Pemahaman
materi
PT
(1x(2x60’)):
Tugas
Individu
2 X 50
sidia vilearning
Materi: motivation theorities
Pustaka: Stephen Robbins, Timothy A. Judge. 2021. Organizational Behavior
2%

6

Minggu ke 6

Memahami dinamika kelompok dan implikasinya terhadap perilaku individu dan kinerja organisasi

  1. Ketepatan dalam membedakan kelompok formal vs informal
  2. Ketepatan dalam membandingkan dua model perkembangan kelompok
  3. Ketepatan dalam menganalisis interaksi kelompok
  4. Ketepatan dalam menjelaskan implikasi kondisi eksternal terhadap perilaku individu
  5. Mengetahui sumberdaya anggota kelompok
  6. Ketepatan dalam menjelaskan struktur, proses, tugas2 dan pengambilan keputusan kelompok
  7. Ketepatan dalam membedakan tim kerja vs kelompok
  8. Ketepatan dalam memahami bagaimana mengelola tim kerja
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
2 SKS
(1x(2x170’)):
TM
(1x(2x50’)):
Penjelasan
materi dan
diskusi
BM
(1x(2x60’)):
Pemahaman
materi
PT
(1x(2x60’)):
Tugas
Individu
2 X 50
Sidia Vilearning
Materi: group dynamics
Pustaka: Stephen Robbins, Timothy A. Judge. 2021. Organizational Behavior
3%

7

Minggu ke 7

Memahami peran komunikasi bagi efektifitas pencapaian tujuan organisasi

  1. Ketepatan dalam menjelaskan fungsi komunikasi
  2. Ketepatan dalam mendiskripsikan proses komunikasi
  3. Ketepatan dalam membedakan jenis komunikasi
  4. Ketepatan dalam mengidentifikasi hambatan- hambatan komunikasi
  5. Ketepatan dalam mencari strategi bagi komunikasi yang efektif
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
2 SKS
(1x(2x170’)):
TM
(1x(2x50’)):
Penjelasan
materi dan
diskusi
BM
(1x(2x60’)):
Pemahaman
materi
PT
(1x(2x60’)):
Tugas
Individu
2 X 50
Sidia Vilearning
Materi: role of communication
Pustaka: Stephen Robbins, Timothy A. Judge. 2021. Organizational Behavior

Materi: role of communication
Pustaka: Alessandra Ricciardelli, Marco Valeri. 2025. Organisational Behaviour and Design: Implications for Management
8%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester


Bentuk Penilaian :
Tes


15%

9

Minggu ke 9

Ketepatan dalam memahami teori-teori kepemimpinan dan berbagai isu kontemporer dalam kepemimpinan

  1. Ketepatan dalam membedakan kepemimpinan vs manajemen Ketepatan dalam menjelaskan teori- teori kepemimpinan
  2. Ketepatan dalam mengidentifikasi 4 dimensi trust
  3. Ketepatan dalam menjelaskan 4 komponen EQ, dan peranannya terhadap efektivitas kepemimpinan
  4. Ketepatan dalam menjelaskan peran mentor
  5. Ketepatan dalam mengidentifikasi berbagai tantangan dalam membangun kepemimpinan
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
2 SKS
(1x(2x170’)):
TM
(1x(2x50’)):
Penjelasan
materi dan
diskusi
BM
(1x(2x60’)):
Pemahaman
materi
PT
(1x(2x60’)):
Tugas
Individu
2 X 50
Sidia Vilearning
Materi: leadership
Pustaka: Stephen Robbins, Timothy A. Judge. 2021. Organizational Behavior

Materi: leadership
Pustaka: Alessandra Ricciardelli, Marco Valeri. 2025. Organisational Behaviour and Design: Implications for Management
5%

10

Minggu ke 10

Memahami power dan hubungannya dengan otoritas dan pengaruh, serta implikasinya terhadap perilaku politik

  1. Ketepatan dalam mengidentifikasi power, serta hubungannya dengan otoritas dan pengaruh
  2. Ketepatan dalam mengidentifikasi jenis-jenis power
  3. Ketepatan dalam mendiskusikan berbagai pendekatan kontigensi tentang power
  4. Ketepatan dalam menjelaskan pandangan makro tentang power
  5. Ketepatan dalam menghubungkan implikasi politik terhadap power
  6. Ketepatan dalam menjelaskan strategi politik terhadap akuisisi power dalam organisasi modern
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
2 SKS
(1x(2x170’)):
TM
(1x(2x50’)):
Penjelasan
materi dan
diskusi
BM
(1x(2x60’)):
Pemahaman
materi
PT
(1x(2x60’)):
Tugas
Individu
2 X 50
Sidia Vilearning
Materi: hubungan otoritas dan pengaruh implikasinya terhadap perilaku politik
Pustaka: Dr. Sry Rosita, S.E., M.M., Feny Tialonawarmi, S.E., M.M., Dr. Musnaini, S.E., M.M. 2024. Buku Ajar Perilaku Organisasi
5%

11

Minggu ke 11

Mengidentifikasi konflik dan menentukan strategi negosiasi yang efektif

  1. Ketepatan dalam mendefinisikan konflik dan negosiasi
  2. Ketepatan dalam membedakan berbagai pandangan tentang konflik
  3. Ketepatan dalam membedakan fungsi, hubungan, dan proses konflik
  4. Ketepatan dalam menentukan strategi penanganan konflik
  5. Ketepatan dalam menentukan strategi bernegosiasi yang efektifKetepatan dalam mendiskripsikan proses negosiasi
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
2 SKS
(1x(2x170’)):
TM
(1x(2x50’)):
Penjelasan
materi dan
diskusi
BM
(1x(2x60’)):
Pemahaman
materi
PT
(1x(2x60’)):
Tugas
Individu
2 X 50
Sidia Vilearning
Materi: konflik dan strategi negosiasi yang efektif
Pustaka: Alessandra Ricciardelli, Marco Valeri. 2025. Organisational Behaviour and Design: Implications for Management
5%

12

Minggu ke 12

Ketepatan dalam memahami akibat, indikator dan sumber stress, serta strategi mengatasi stress dalam organisasi

  1. Ketepatan dalam mendefinisikan stress
  2. Ketepatan dalam mengidentifikasi akibat dan tanda-tanda stress
  3. Ketepatan dalam menentukan strategi mengurangi stress dalam organisasi
  4. ketepatan dalam menjelaskan sumber-sumber stress
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
2 SKS
(1x(2x170’)):
TM
(1x(2x50’)):
Penjelasan
materi dan
diskusi
BM
(1x(2x60’)):
Pemahaman
materi
PT
(1x(2x60’)):
Tugas
Individu
2 X 50
Sidia Vilearning
Materi: stress
Pustaka: Stephen Robbins, Timothy A. Judge. 2021. Organizational Behavior
5%

13

Minggu ke 13

Ketepatan dalam memahami bagaimana mendesain struktur organisasi yang tepat

  1. Ketepatan dalam mengidentifikasi enam elemen kunci struktur organisasi
  2. Ketepatan dalam menerangkan ciri-ciri struktur simple, birokrasi, matrik, tim dan virtual organization
  3. Ketepatan dalam membandingkan model struktur mekanistik dan organistik
  4. Ketepatan dalam menjelaskan implikasi desain organisasi terhadap perilaku karyawan
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
2 SKS
(1x(2x170’)):
TM
(1x(2x50’)):
Penjelasan
materi dan
diskusi
BM
(1x(2x60’)):
Pemahaman
materi
PT
(1x(2x60’)):
Tugas
Individu
2 X 50
Sidia Vilearning
Materi: organization structure
Pustaka: Stephen Robbins, Timothy A. Judge. 2021. Organizational Behavior
5%

14

Minggu ke 14

Ketepatan dalam memahami bagaimana membangun dan memelihara budaya organisasi

  1. Ketepatan dalam mendefinisikan budaya organisasi dan karakteristiknya, serta membandingkan budaya organisasi yang lemah vs kuat; budaya organisasi vs budaya nasional
  2. Ketepatan dalam menjelaskan determinan budaya organisasi
  3. Ketepatan dalam mengklarifikasi bagaimana karyawan belajar organisasi Mendiskripsikan budaya pelanggan responsitif, dan budaya etis
  4. Ketepatan dalam mengidentifikasi karakteristik budaya spiritual
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
2 SKS
(1x(2x170’)):
TM
(1x(2x50’)):
Penjelasan
materi dan
diskusi
BM
(1x(2x60’)):
Pemahaman
materi
PT
(1x(2x60’)):
Tugas
Individu
2 X 50
Sidia Vilearning
Materi: culture
Pustaka: Stephen Robbins, Timothy A. Judge. 2021. Organizational Behavior

Materi: culture
Pustaka: Stephen P. Robbins, Timothy Judge, Tim Judge. 2018. Essentials of Organizational Behavior
5%

15

Minggu ke 15

Memahami akrakteristik OD dan bagaimana mengelola perubahan

  1. Ketepatan dalam menganalisis perubahan lingkungan mempengaruhi organisasi
  2. Ketepatan dalam menjelaskan bagaimana mengelola perubahan
  3. Ketepatan dalam mengidentifikasi resistensi perubahan Dalam menerangkan teknik – teknik dalam OD
  4. Ketepatan dalam mengidentifikasi trend perubahan kontemporer
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
(1x(2x170’)):
TM
(1x(2x50’)):
Penjelasan
materi dan
diskusi
BM
(1x(2x60’)):
Pemahaman
materi
PT
(1x(2x60’)):
Tugas
Individu
2 X 50
Sidia Vilearning
Materi: characteristic of OD
Pustaka: Stephen Robbins, Timothy A. Judge. 2021. Organizational Behavior
8%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester


Bentuk Penilaian :
Tes


20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 53%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 4%
3. Praktik / Unjuk Kerja 8%
4. Tes 35%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.