
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Matematika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kurikulum Matematika Sekolah (School Mathematics Curriculum) |
8410203172 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
2 |
1 Januari 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Ismail, M.Pd. Rooselyna Ekawati, Ph. D.
|
Dr. Ismail, M.Pd.
|
Dr. Agung Lukito, M.S. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu mendemonstrasikan pengetahuan dan pemahaman matematika, konten pedagogis matematika, dan penelitian pendidikan matematika |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu akses sejarah perkembangan kurikulum matematika sekolah dan teori terkait pengembangan kurikulum pendidikan matematika
|
PO - 2 |
Menguasai pengetahuan terkait proses pengembangan kurikulum pendidikan matematika di Indonesia antara lain: needs and situational analyses, stating goals and instructional objectives, choosing syllabus framework, providing for effective teaching dan instructional materials development (the link between syllabus and audience)
|
PO - 3 |
Mengambil keputusan strategis dalam simulasi pengembangan kurikulum matematika sekolah
|
PO - 4 |
Bertanggung jawab dan berkarakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh dalam penyelesaian tugas yang terkait pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum terbaru
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | | ✔ | PO-3 | | ✔ | PO-4 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini memberi mahasiswa wawasan, pengetahuan, dan keterampilan dalam menerapkan kurikulum matematika sekolah terkini. Cakupan materi meliputi konsep kurikulum, perkembangan kurikulum sekolah, pembandingan dengan kurikulum matematika Internasional, analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan materi, perumusan tujuan dan indikator ketercapaian, konsep-konsep esensial matematika sekolah dasar dan menengah dan pembelajarannya. Pembelajaran matakuliah ini disajikan melalui kegiatan studi literatur, pencarian artikel mutakhir tentang perkembangan kurikulum dan kurikulum matematika Internasional melalui internet dan penugasan merancang perangkat berdasar kurikulum terkini. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Goos, M., Stillman, G., Vale, C. (2007). Teaching Secondary School Mathematics Reasearch and Practice for the 21st Century. Australia: Allen & Unwin.
- Ibrahim, dkk. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada.
|
Pendukung : |
|
- Hamdani, Hamid. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
- Roschelle, J., Shechtman, N., Tatar, D., Hegedus, S., Hopkins, B., Empson, S., ... & Gallagher, L. P. (2010). Integration of technology, curriculum, and professional development for advancing middle school mathematics: Three large-scale studies. American Educational Research Journal, 47(4), 833878.
- Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Yee, Lee Peng. (2006). Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book. McGraw-Hill
- Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. (2022). Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: BSKAP
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Ismail, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami konsep kurikulum |
Menjelaskan pengertian, peranan, fungsi dan prinsip-prinsip kurikulum |
Kriteria:
Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, dan penugasan 3 x 50 menit |
|
Materi: Konsep dasar kurikulum; Azas-azas kurikulum; Komponen komponen kurikulum Pustaka: Goos, M., Stillman, G., Vale, C. (2007). Teaching Secondary School Mathematics Reasearch and Practice for the 21st Century. Australia: Allen & Unwin. Materi: Konsep dasar kurikulum; Azas-azas kurikulum; Komponen komponen kurikulum Pustaka: Ibrahim, dkk. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada. Materi: Konsep dasar kurikulum; Azas-azas kurikulum; Komponen komponen kurikulum Pustaka: Hamdani, Hamid. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Materi: Konsep dasar kurikulum; Azas-azas kurikulum; Komponen komponen kurikulum Pustaka: Roschelle, J., Shechtman, N., Tatar, D., Hegedus, S., Hopkins, B., Empson, S., ... & Gallagher, L. P. (2010). Integration of technology, curriculum, and professional development for advancing middle school mathematics: Three large-scale studies. American Educational Research Journal, 47(4), 833878. Materi: Konsep dasar kurikulum; Azas-azas kurikulum; Komponen komponen kurikulum Pustaka: Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. Materi: Konsep dasar kurikulum; Azas-azas kurikulum; Komponen komponen kurikulum Pustaka: Yee, Lee Peng. (2006). Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book. McGraw-Hill |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami konsep kurikulum |
Menjelaskan pengertian, peranan, fungsi dan prinsip-prinsip kurikulum |
Kriteria:
Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, dan penugasan 3 x 50 menit |
|
Materi: Konsep dasar kurikulum; Azas-azas kurikulum; Komponen komponen kurikulum Pustaka: Goos, M., Stillman, G., Vale, C. (2007). Teaching Secondary School Mathematics Reasearch and Practice for the 21st Century. Australia: Allen & Unwin. Materi: Konsep dasar kurikulum; Azas-azas kurikulum; Komponen komponen kurikulum Pustaka: Ibrahim, dkk. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada. Materi: Konsep dasar kurikulum; Azas-azas kurikulum; Komponen komponen kurikulum Pustaka: Hamdani, Hamid. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Materi: Konsep dasar kurikulum; Azas-azas kurikulum; Komponen komponen kurikulum Pustaka: Roschelle, J., Shechtman, N., Tatar, D., Hegedus, S., Hopkins, B., Empson, S., ... & Gallagher, L. P. (2010). Integration of technology, curriculum, and professional development for advancing middle school mathematics: Three large-scale studies. American Educational Research Journal, 47(4), 833878. Materi: Konsep dasar kurikulum; Azas-azas kurikulum; Komponen komponen kurikulum Pustaka: Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. Materi: Konsep dasar kurikulum; Azas-azas kurikulum; Komponen komponen kurikulum Pustaka: Yee, Lee Peng. (2006). Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book. McGraw-Hill |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami perkembangan kurikulum sekolah |
Menganisis perkembang kurikulum sekolah dari waktu ke waktu, hingga ke kurikulum yang berlaku sekarang ini |
Kriteria:
Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, dan penugasan 3 x 50 menit |
|
Materi: Kajian perkembang kurikulum sekolah dari waktu ke waktu, hingga ke kurikulum yang berlaku sekarang ini Pustaka: Goos, M., Stillman, G., Vale, C. (2007). Teaching Secondary School Mathematics Reasearch and Practice for the 21st Century. Australia: Allen & Unwin. Materi: Kajian perkembang kurikulum sekolah dari waktu ke waktu, hingga ke kurikulum yang berlaku sekarang ini Pustaka: Ibrahim, dkk. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada. Materi: Kajian perkembang kurikulum sekolah dari waktu ke waktu, hingga ke kurikulum yang berlaku sekarang ini Pustaka: Hamdani, Hamid. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Materi: Kajian perkembang kurikulum sekolah dari waktu ke waktu, hingga ke kurikulum yang berlaku sekarang ini Pustaka: Roschelle, J., Shechtman, N., Tatar, D., Hegedus, S., Hopkins, B., Empson, S., ... & Gallagher, L. P. (2010). Integration of technology, curriculum, and professional development for advancing middle school mathematics: Three large-scale studies. American Educational Research Journal, 47(4), 833878. Materi: Kajian perkembang kurikulum sekolah dari waktu ke waktu, hingga ke kurikulum yang berlaku sekarang ini Pustaka: Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. Materi: Kajian perkembang kurikulum sekolah dari waktu ke waktu, hingga ke kurikulum yang berlaku sekarang ini Pustaka: Yee, Lee Peng. (2006). Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book. McGraw-Hill |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami perkembangan kurikulum sekolah |
Menganisis perkembang kurikulum sekolah dari waktu ke waktu, hingga ke kurikulum yang berlaku sekarang ini |
Kriteria:
Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, dan penugasan 3 x 50 menit |
|
Materi: Kajian perkembang kurikulum sekolah dari waktu ke waktu, hingga ke kurikulum yang berlaku sekarang ini Pustaka: Goos, M., Stillman, G., Vale, C. (2007). Teaching Secondary School Mathematics Reasearch and Practice for the 21st Century. Australia: Allen & Unwin. Materi: Kajian perkembang kurikulum sekolah dari waktu ke waktu, hingga ke kurikulum yang berlaku sekarang ini Pustaka: Ibrahim, dkk. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada. Materi: Kajian perkembang kurikulum sekolah dari waktu ke waktu, hingga ke kurikulum yang berlaku sekarang ini Pustaka: Hamdani, Hamid. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Materi: Kajian perkembang kurikulum sekolah dari waktu ke waktu, hingga ke kurikulum yang berlaku sekarang ini Pustaka: Roschelle, J., Shechtman, N., Tatar, D., Hegedus, S., Hopkins, B., Empson, S., ... & Gallagher, L. P. (2010). Integration of technology, curriculum, and professional development for advancing middle school mathematics: Three large-scale studies. American Educational Research Journal, 47(4), 833878. Materi: Kajian perkembang kurikulum sekolah dari waktu ke waktu, hingga ke kurikulum yang berlaku sekarang ini Pustaka: Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. Materi: Kajian perkembang kurikulum sekolah dari waktu ke waktu, hingga ke kurikulum yang berlaku sekarang ini Pustaka: Yee, Lee Peng. (2006). Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book. McGraw-Hill |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami Kurikulum dan Didaktik di abad 21 |
Menjelaskan kurikulum dan didaktik di abad 21 |
Kriteria:
Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, dan penugasan 3 x 50 menit |
|
Materi: Kurikulum dan didaktik di abad 21 Pustaka: Yee, Lee Peng. (2006). Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book. McGraw-Hill |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional |
Menjelaskan perbandingan kurikulum matematika sekolah diberbagai Negara (Singapura, Jepang, dan berbagai Negara yang lainnya) |
Kriteria:
Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, dan penugasan 3 x 50 menit |
|
Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional Pustaka: Goos, M., Stillman, G., Vale, C. (2007). Teaching Secondary School Mathematics Reasearch and Practice for the 21st Century. Australia: Allen & Unwin. Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional Pustaka: Ibrahim, dkk. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada. Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional Pustaka: Hamdani, Hamid. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional Pustaka: Roschelle, J., Shechtman, N., Tatar, D., Hegedus, S., Hopkins, B., Empson, S., ... & Gallagher, L. P. (2010). Integration of technology, curriculum, and professional development for advancing middle school mathematics: Three large-scale studies. American Educational Research Journal, 47(4), 833878. Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional Pustaka: Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional Pustaka: Yee, Lee Peng. (2006). Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book. McGraw-Hill |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional |
Menjelaskan perbandingan kurikulum matematika sekolah diberbagai Negara (Singapura, Jepang, dan berbagai Negara yang lainnya) |
Kriteria:
Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, dan penugasan 3 x 50 menit |
|
Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional Pustaka: Goos, M., Stillman, G., Vale, C. (2007). Teaching Secondary School Mathematics Reasearch and Practice for the 21st Century. Australia: Allen & Unwin. Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional Pustaka: Ibrahim, dkk. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada. Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional Pustaka: Hamdani, Hamid. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional Pustaka: Roschelle, J., Shechtman, N., Tatar, D., Hegedus, S., Hopkins, B., Empson, S., ... & Gallagher, L. P. (2010). Integration of technology, curriculum, and professional development for advancing middle school mathematics: Three large-scale studies. American Educational Research Journal, 47(4), 833878. Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional Pustaka: Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional Pustaka: Yee, Lee Peng. (2006). Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book. McGraw-Hill |
4% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
Ketepatan jawaban |
Kriteria:
Mampu menyelesaikan soal ujian dengan benar Bentuk Penilaian : Tes |
Tes sumatif 3 x 50 menit |
|
Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional Pustaka: Goos, M., Stillman, G., Vale, C. (2007). Teaching Secondary School Mathematics Reasearch and Practice for the 21st Century. Australia: Allen & Unwin. Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional Pustaka: Ibrahim, dkk. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada. Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional Pustaka: Hamdani, Hamid. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional Pustaka: Roschelle, J., Shechtman, N., Tatar, D., Hegedus, S., Hopkins, B., Empson, S., ... & Gallagher, L. P. (2010). Integration of technology, curriculum, and professional development for advancing middle school mathematics: Three large-scale studies. American Educational Research Journal, 47(4), 833878. Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional Pustaka: Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional Pustaka: Yee, Lee Peng. (2006). Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book. McGraw-Hill |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan materi |
Menganalisis kurikulum yang berlaku saat ini, meliputi analisis tugas dan analisis materi |
Kriteria:
Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, dan penugasan 3 x 50 menit |
|
Materi: Analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan analisis materi Pustaka: Goos, M., Stillman, G., Vale, C. (2007). Teaching Secondary School Mathematics Reasearch and Practice for the 21st Century. Australia: Allen & Unwin. Materi: Analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan analisis materi Pustaka: Ibrahim, dkk. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada. Materi: Analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan analisis materi Pustaka: Hamdani, Hamid. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Materi: Analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan analisis materi Pustaka: Roschelle, J., Shechtman, N., Tatar, D., Hegedus, S., Hopkins, B., Empson, S., ... & Gallagher, L. P. (2010). Integration of technology, curriculum, and professional development for advancing middle school mathematics: Three large-scale studies. American Educational Research Journal, 47(4), 833878. Materi: Analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan analisis materi Pustaka: Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. Materi: Analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan analisis materi Pustaka: Yee, Lee Peng. (2006). Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book. McGraw-Hill |
2% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan materi |
Menganalisis kurikulum yang berlaku saat ini, meliputi analisis tugas dan analisis materi |
Kriteria:
Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, dan penugasan 3 x 50 menit |
|
Materi: Analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan analisis materi Pustaka: Goos, M., Stillman, G., Vale, C. (2007). Teaching Secondary School Mathematics Reasearch and Practice for the 21st Century. Australia: Allen & Unwin. Materi: Analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan analisis materi Pustaka: Ibrahim, dkk. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada. Materi: Analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan analisis materi Pustaka: Hamdani, Hamid. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Materi: Analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan analisis materi Pustaka: Roschelle, J., Shechtman, N., Tatar, D., Hegedus, S., Hopkins, B., Empson, S., ... & Gallagher, L. P. (2010). Integration of technology, curriculum, and professional development for advancing middle school mathematics: Three large-scale studies. American Educational Research Journal, 47(4), 833878. Materi: Analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan analisis materi Pustaka: Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. Materi: Analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan analisis materi Pustaka: Yee, Lee Peng. (2006). Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book. McGraw-Hill |
2% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami perumusan CP, TP, ATP |
Menjelaskan perumusan CP, TP, dan ATP |
Kriteria:
Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, dan penugasan 3 x 50 menit |
|
Materi: Perumusan CP, TP, ATP Pustaka: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. (2022). Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: BSKAP |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami perumusan CP, TP, ATP |
Menjelaskan perumusan CP, TP, dan ATP |
Kriteria:
Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, dan penugasan 3 x 50 menit |
|
Materi: Perumusan CP, TP, ATP Pustaka: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. (2022). Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: BSKAP |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami konsep-konsep esensial matematika sekolah dan menengah dan pembelajarannya |
Menganalisis konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya dari berbagai artikel dan sumber belajar |
Kriteria:
Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, dan penugasan 3 x 50 menit |
|
Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya Pustaka: Goos, M., Stillman, G., Vale, C. (2007). Teaching Secondary School Mathematics Reasearch and Practice for the 21st Century. Australia: Allen & Unwin. Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya Pustaka: Ibrahim, dkk. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada. Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya Pustaka: Hamdani, Hamid. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya Pustaka: Roschelle, J., Shechtman, N., Tatar, D., Hegedus, S., Hopkins, B., Empson, S., ... & Gallagher, L. P. (2010). Integration of technology, curriculum, and professional development for advancing middle school mathematics: Three large-scale studies. American Educational Research Journal, 47(4), 833878. Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya Pustaka: Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya Pustaka: Yee, Lee Peng. (2006). Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book. McGraw-Hill |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami konsep-konsep esensial matematika sekolah dan menengah dan pembelajarannya |
Menganalisis konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya dari berbagai artikel dan sumber belajar |
Kriteria:
Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, dan penugasan 3 x 50 menit |
|
Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya Pustaka: Goos, M., Stillman, G., Vale, C. (2007). Teaching Secondary School Mathematics Reasearch and Practice for the 21st Century. Australia: Allen & Unwin. Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya Pustaka: Ibrahim, dkk. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada. Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya Pustaka: Hamdani, Hamid. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya Pustaka: Roschelle, J., Shechtman, N., Tatar, D., Hegedus, S., Hopkins, B., Empson, S., ... & Gallagher, L. P. (2010). Integration of technology, curriculum, and professional development for advancing middle school mathematics: Three large-scale studies. American Educational Research Journal, 47(4), 833878. Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya Pustaka: Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya Pustaka: Yee, Lee Peng. (2006). Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book. McGraw-Hill |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami konsep-konsep esensial matematika sekolah dan menengah dan pembelajarannya |
Menganalisis konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya dari berbagai artikel dan sumber belajar |
Kriteria:
Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, dan penugasan 3 x 50 menit |
|
Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya Pustaka: Goos, M., Stillman, G., Vale, C. (2007). Teaching Secondary School Mathematics Reasearch and Practice for the 21st Century. Australia: Allen & Unwin. Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya Pustaka: Ibrahim, dkk. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada. Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya Pustaka: Hamdani, Hamid. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya Pustaka: Roschelle, J., Shechtman, N., Tatar, D., Hegedus, S., Hopkins, B., Empson, S., ... & Gallagher, L. P. (2010). Integration of technology, curriculum, and professional development for advancing middle school mathematics: Three large-scale studies. American Educational Research Journal, 47(4), 833878. Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya Pustaka: Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya Pustaka: Yee, Lee Peng. (2006). Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book. McGraw-Hill |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Memahami konsep-konsep esensial matematika sekolah dan menengah dan pembelajarannya |
Menganalisis konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya dari berbagai artikel dan sumber belajar |
Kriteria:
Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, dan penugasan 3 x 50 menit |
|
Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya Pustaka: Goos, M., Stillman, G., Vale, C. (2007). Teaching Secondary School Mathematics Reasearch and Practice for the 21st Century. Australia: Allen & Unwin. Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya Pustaka: Ibrahim, dkk. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada. Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya Pustaka: Hamdani, Hamid. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya Pustaka: Roschelle, J., Shechtman, N., Tatar, D., Hegedus, S., Hopkins, B., Empson, S., ... & Gallagher, L. P. (2010). Integration of technology, curriculum, and professional development for advancing middle school mathematics: Three large-scale studies. American Educational Research Journal, 47(4), 833878. Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya Pustaka: Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya Pustaka: Yee, Lee Peng. (2006). Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book. McGraw-Hill |
25% |