Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Matematika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kurikulum Matematika Sekolah (School Mathematics Curriculum)

8410203172

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=6.72

2

1 Januari 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Ismail, M.Pd. Rooselyna Ekawati, Ph. D.




Dr. Ismail, M.Pd.




Dr. Agung Lukito, M.S.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu mendemonstrasikan pengetahuan dan pemahaman matematika, konten pedagogis matematika, dan penelitian pendidikan matematika

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu akses sejarah perkembangan kurikulum matematika sekolah dan teori terkait pengembangan kurikulum pendidikan matematika

PO - 2

Menguasai pengetahuan terkait proses pengembangan kurikulum pendidikan matematika di Indonesia antara lain: needs and situational analyses, stating goals and instructional objectives, choosing syllabus framework, providing for effective teaching dan instructional materials development (the link between syllabus and audience)

PO - 3

Mengambil keputusan strategis dalam simulasi pengembangan kurikulum matematika sekolah

PO - 4

Bertanggung jawab dan berkarakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh dalam penyelesaian tugas yang terkait pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum terbaru

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini memberi mahasiswa wawasan, pengetahuan, dan keterampilan dalam menerapkan kurikulum matematika sekolah terkini. Cakupan materi meliputi konsep kurikulum, perkembangan kurikulum sekolah, pembandingan dengan kurikulum matematika Internasional, analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan materi, perumusan tujuan dan indikator ketercapaian, konsep-konsep esensial matematika sekolah dasar dan menengah dan pembelajarannya. Pembelajaran matakuliah ini disajikan melalui kegiatan studi literatur, pencarian artikel mutakhir tentang perkembangan kurikulum dan kurikulum matematika Internasional melalui internet dan penugasan merancang perangkat berdasar kurikulum terkini.

Pustaka

Utama :

  1. Goos, M., Stillman, G., Vale, C. (2007). Teaching Secondary School Mathematics Reasearch and Practice for the 21st Century. Australia: Allen & Unwin.
  2. Ibrahim, dkk. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada.

Pendukung :

  1. Hamdani, Hamid. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
  2. Roschelle, J., Shechtman, N., Tatar, D., Hegedus, S., Hopkins, B., Empson, S., ... & Gallagher, L. P. (2010). Integration of technology, curriculum, and professional development for advancing middle school mathematics: Three large-scale studies. American Educational Research Journal, 47(4), 833878.
  3. Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  4. Yee, Lee Peng. (2006). Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book. McGraw-Hill
  5. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. (2022). Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: BSKAP

Dosen Pengampu

Dr. Ismail, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep kurikulum

Menjelaskan pengertian, peranan, fungsi dan prinsip-prinsip kurikulum

Kriteria:

Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, dan penugasan
3 x 50 menit

Materi: Konsep dasar kurikulum; Azas-azas kurikulum; Komponen komponen kurikulum
Pustaka: Goos, M., Stillman, G., Vale, C. (2007). Teaching Secondary School Mathematics Reasearch and Practice for the 21st Century. Australia: Allen & Unwin.

Materi: Konsep dasar kurikulum; Azas-azas kurikulum; Komponen komponen kurikulum
Pustaka: Ibrahim, dkk. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada.

Materi: Konsep dasar kurikulum; Azas-azas kurikulum; Komponen komponen kurikulum
Pustaka: Hamdani, Hamid. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Materi: Konsep dasar kurikulum; Azas-azas kurikulum; Komponen komponen kurikulum
Pustaka: Roschelle, J., Shechtman, N., Tatar, D., Hegedus, S., Hopkins, B., Empson, S., ... & Gallagher, L. P. (2010). Integration of technology, curriculum, and professional development for advancing middle school mathematics: Three large-scale studies. American Educational Research Journal, 47(4), 833878.

Materi: Konsep dasar kurikulum; Azas-azas kurikulum; Komponen komponen kurikulum
Pustaka: Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Materi: Konsep dasar kurikulum; Azas-azas kurikulum; Komponen komponen kurikulum
Pustaka: Yee, Lee Peng. (2006). Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book. McGraw-Hill
3%

2

Minggu ke 2

Memahami konsep kurikulum

Menjelaskan pengertian, peranan, fungsi dan prinsip-prinsip kurikulum

Kriteria:

Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, dan penugasan
3 x 50 menit

Materi: Konsep dasar kurikulum; Azas-azas kurikulum; Komponen komponen kurikulum
Pustaka: Goos, M., Stillman, G., Vale, C. (2007). Teaching Secondary School Mathematics Reasearch and Practice for the 21st Century. Australia: Allen & Unwin.

Materi: Konsep dasar kurikulum; Azas-azas kurikulum; Komponen komponen kurikulum
Pustaka: Ibrahim, dkk. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada.

Materi: Konsep dasar kurikulum; Azas-azas kurikulum; Komponen komponen kurikulum
Pustaka: Hamdani, Hamid. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Materi: Konsep dasar kurikulum; Azas-azas kurikulum; Komponen komponen kurikulum
Pustaka: Roschelle, J., Shechtman, N., Tatar, D., Hegedus, S., Hopkins, B., Empson, S., ... & Gallagher, L. P. (2010). Integration of technology, curriculum, and professional development for advancing middle school mathematics: Three large-scale studies. American Educational Research Journal, 47(4), 833878.

Materi: Konsep dasar kurikulum; Azas-azas kurikulum; Komponen komponen kurikulum
Pustaka: Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Materi: Konsep dasar kurikulum; Azas-azas kurikulum; Komponen komponen kurikulum
Pustaka: Yee, Lee Peng. (2006). Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book. McGraw-Hill
3%

3

Minggu ke 3

Memahami perkembangan kurikulum sekolah

Menganisis perkembang kurikulum sekolah dari waktu ke waktu, hingga ke kurikulum yang berlaku sekarang ini

Kriteria:

Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, dan penugasan
3 x 50 menit

Materi: Kajian perkembang kurikulum sekolah dari waktu ke waktu, hingga ke kurikulum yang berlaku sekarang ini
Pustaka: Goos, M., Stillman, G., Vale, C. (2007). Teaching Secondary School Mathematics Reasearch and Practice for the 21st Century. Australia: Allen & Unwin.

Materi: Kajian perkembang kurikulum sekolah dari waktu ke waktu, hingga ke kurikulum yang berlaku sekarang ini
Pustaka: Ibrahim, dkk. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada.

Materi: Kajian perkembang kurikulum sekolah dari waktu ke waktu, hingga ke kurikulum yang berlaku sekarang ini
Pustaka: Hamdani, Hamid. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Materi: Kajian perkembang kurikulum sekolah dari waktu ke waktu, hingga ke kurikulum yang berlaku sekarang ini
Pustaka: Roschelle, J., Shechtman, N., Tatar, D., Hegedus, S., Hopkins, B., Empson, S., ... & Gallagher, L. P. (2010). Integration of technology, curriculum, and professional development for advancing middle school mathematics: Three large-scale studies. American Educational Research Journal, 47(4), 833878.

Materi: Kajian perkembang kurikulum sekolah dari waktu ke waktu, hingga ke kurikulum yang berlaku sekarang ini
Pustaka: Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Materi: Kajian perkembang kurikulum sekolah dari waktu ke waktu, hingga ke kurikulum yang berlaku sekarang ini
Pustaka: Yee, Lee Peng. (2006). Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book. McGraw-Hill
3%

4

Minggu ke 4

Memahami perkembangan kurikulum sekolah

Menganisis perkembang kurikulum sekolah dari waktu ke waktu, hingga ke kurikulum yang berlaku sekarang ini

Kriteria:

Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, dan penugasan
3 x 50 menit

Materi: Kajian perkembang kurikulum sekolah dari waktu ke waktu, hingga ke kurikulum yang berlaku sekarang ini
Pustaka: Goos, M., Stillman, G., Vale, C. (2007). Teaching Secondary School Mathematics Reasearch and Practice for the 21st Century. Australia: Allen & Unwin.

Materi: Kajian perkembang kurikulum sekolah dari waktu ke waktu, hingga ke kurikulum yang berlaku sekarang ini
Pustaka: Ibrahim, dkk. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada.

Materi: Kajian perkembang kurikulum sekolah dari waktu ke waktu, hingga ke kurikulum yang berlaku sekarang ini
Pustaka: Hamdani, Hamid. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Materi: Kajian perkembang kurikulum sekolah dari waktu ke waktu, hingga ke kurikulum yang berlaku sekarang ini
Pustaka: Roschelle, J., Shechtman, N., Tatar, D., Hegedus, S., Hopkins, B., Empson, S., ... & Gallagher, L. P. (2010). Integration of technology, curriculum, and professional development for advancing middle school mathematics: Three large-scale studies. American Educational Research Journal, 47(4), 833878.

Materi: Kajian perkembang kurikulum sekolah dari waktu ke waktu, hingga ke kurikulum yang berlaku sekarang ini
Pustaka: Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Materi: Kajian perkembang kurikulum sekolah dari waktu ke waktu, hingga ke kurikulum yang berlaku sekarang ini
Pustaka: Yee, Lee Peng. (2006). Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book. McGraw-Hill
4%

5

Minggu ke 5

Memahami Kurikulum dan Didaktik di abad 21

Menjelaskan kurikulum dan didaktik di abad 21

Kriteria:

Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, dan penugasan
3 x 50 menit

Materi: Kurikulum dan didaktik di abad 21
Pustaka: Yee, Lee Peng. (2006). Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book. McGraw-Hill
4%

6

Minggu ke 6

Memahami perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional

Menjelaskan perbandingan kurikulum matematika sekolah diberbagai Negara (Singapura, Jepang, dan berbagai Negara yang lainnya)

Kriteria:

Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, dan penugasan
3 x 50 menit

Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional
Pustaka: Goos, M., Stillman, G., Vale, C. (2007). Teaching Secondary School Mathematics Reasearch and Practice for the 21st Century. Australia: Allen & Unwin.

Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional
Pustaka: Ibrahim, dkk. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada.

Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional
Pustaka: Hamdani, Hamid. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional
Pustaka: Roschelle, J., Shechtman, N., Tatar, D., Hegedus, S., Hopkins, B., Empson, S., ... & Gallagher, L. P. (2010). Integration of technology, curriculum, and professional development for advancing middle school mathematics: Three large-scale studies. American Educational Research Journal, 47(4), 833878.

Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional
Pustaka: Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional
Pustaka: Yee, Lee Peng. (2006). Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book. McGraw-Hill
4%

7

Minggu ke 7

Memahami perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional

Menjelaskan perbandingan kurikulum matematika sekolah diberbagai Negara (Singapura, Jepang, dan berbagai Negara yang lainnya)

Kriteria:

Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, dan penugasan
3 x 50 menit

Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional
Pustaka: Goos, M., Stillman, G., Vale, C. (2007). Teaching Secondary School Mathematics Reasearch and Practice for the 21st Century. Australia: Allen & Unwin.

Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional
Pustaka: Ibrahim, dkk. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada.

Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional
Pustaka: Hamdani, Hamid. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional
Pustaka: Roschelle, J., Shechtman, N., Tatar, D., Hegedus, S., Hopkins, B., Empson, S., ... & Gallagher, L. P. (2010). Integration of technology, curriculum, and professional development for advancing middle school mathematics: Three large-scale studies. American Educational Research Journal, 47(4), 833878.

Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional
Pustaka: Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional
Pustaka: Yee, Lee Peng. (2006). Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book. McGraw-Hill
4%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

Ketepatan jawaban

Kriteria:

Mampu menyelesaikan soal ujian dengan benar


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes sumatif
3 x 50 menit

Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional
Pustaka: Goos, M., Stillman, G., Vale, C. (2007). Teaching Secondary School Mathematics Reasearch and Practice for the 21st Century. Australia: Allen & Unwin.

Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional
Pustaka: Ibrahim, dkk. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada.

Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional
Pustaka: Hamdani, Hamid. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional
Pustaka: Roschelle, J., Shechtman, N., Tatar, D., Hegedus, S., Hopkins, B., Empson, S., ... & Gallagher, L. P. (2010). Integration of technology, curriculum, and professional development for advancing middle school mathematics: Three large-scale studies. American Educational Research Journal, 47(4), 833878.

Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional
Pustaka: Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Materi: Kajian Perbandingan kurikulum matematika sekolah Internasional
Pustaka: Yee, Lee Peng. (2006). Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book. McGraw-Hill
20%

9

Minggu ke 9

Memahami analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan materi

Menganalisis kurikulum yang berlaku saat ini, meliputi analisis tugas dan analisis materi

Kriteria:

Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, dan penugasan
3 x 50 menit

Materi: Analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan analisis materi
Pustaka: Goos, M., Stillman, G., Vale, C. (2007). Teaching Secondary School Mathematics Reasearch and Practice for the 21st Century. Australia: Allen & Unwin.

Materi: Analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan analisis materi
Pustaka: Ibrahim, dkk. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada.

Materi: Analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan analisis materi
Pustaka: Hamdani, Hamid. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Materi: Analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan analisis materi
Pustaka: Roschelle, J., Shechtman, N., Tatar, D., Hegedus, S., Hopkins, B., Empson, S., ... & Gallagher, L. P. (2010). Integration of technology, curriculum, and professional development for advancing middle school mathematics: Three large-scale studies. American Educational Research Journal, 47(4), 833878.

Materi: Analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan analisis materi
Pustaka: Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Materi: Analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan analisis materi
Pustaka: Yee, Lee Peng. (2006). Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book. McGraw-Hill
2%

10

Minggu ke 10

Memahami analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan materi

Menganalisis kurikulum yang berlaku saat ini, meliputi analisis tugas dan analisis materi

Kriteria:

Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, dan penugasan
3 x 50 menit

Materi: Analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan analisis materi
Pustaka: Goos, M., Stillman, G., Vale, C. (2007). Teaching Secondary School Mathematics Reasearch and Practice for the 21st Century. Australia: Allen & Unwin.

Materi: Analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan analisis materi
Pustaka: Ibrahim, dkk. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada.

Materi: Analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan analisis materi
Pustaka: Hamdani, Hamid. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Materi: Analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan analisis materi
Pustaka: Roschelle, J., Shechtman, N., Tatar, D., Hegedus, S., Hopkins, B., Empson, S., ... & Gallagher, L. P. (2010). Integration of technology, curriculum, and professional development for advancing middle school mathematics: Three large-scale studies. American Educational Research Journal, 47(4), 833878.

Materi: Analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan analisis materi
Pustaka: Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Materi: Analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan analisis materi
Pustaka: Yee, Lee Peng. (2006). Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book. McGraw-Hill
2%

11

Minggu ke 11

Memahami perumusan CP, TP, ATP

Menjelaskan perumusan CP, TP, dan ATP

Kriteria:

Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, dan penugasan
3 x 50 menit

Materi: Perumusan CP, TP, ATP
Pustaka: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. (2022). Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: BSKAP
3%

12

Minggu ke 12

Memahami perumusan CP, TP, ATP

Menjelaskan perumusan CP, TP, dan ATP

Kriteria:

Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, dan penugasan
3 x 50 menit

Materi: Perumusan CP, TP, ATP
Pustaka: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. (2022). Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: BSKAP
3%

13

Minggu ke 13

Memahami konsep-konsep esensial matematika sekolah dan menengah dan pembelajarannya

Menganalisis konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya dari berbagai artikel dan sumber belajar

Kriteria:

Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, dan penugasan
3 x 50 menit

Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya
Pustaka: Goos, M., Stillman, G., Vale, C. (2007). Teaching Secondary School Mathematics Reasearch and Practice for the 21st Century. Australia: Allen & Unwin.

Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya
Pustaka: Ibrahim, dkk. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada.

Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya
Pustaka: Hamdani, Hamid. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya
Pustaka: Roschelle, J., Shechtman, N., Tatar, D., Hegedus, S., Hopkins, B., Empson, S., ... & Gallagher, L. P. (2010). Integration of technology, curriculum, and professional development for advancing middle school mathematics: Three large-scale studies. American Educational Research Journal, 47(4), 833878.

Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya
Pustaka: Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya
Pustaka: Yee, Lee Peng. (2006). Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book. McGraw-Hill
5%

14

Minggu ke 14

Memahami konsep-konsep esensial matematika sekolah dan menengah dan pembelajarannya

Menganalisis konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya dari berbagai artikel dan sumber belajar

Kriteria:

Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, dan penugasan
3 x 50 menit

Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya
Pustaka: Goos, M., Stillman, G., Vale, C. (2007). Teaching Secondary School Mathematics Reasearch and Practice for the 21st Century. Australia: Allen & Unwin.

Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya
Pustaka: Ibrahim, dkk. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada.

Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya
Pustaka: Hamdani, Hamid. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya
Pustaka: Roschelle, J., Shechtman, N., Tatar, D., Hegedus, S., Hopkins, B., Empson, S., ... & Gallagher, L. P. (2010). Integration of technology, curriculum, and professional development for advancing middle school mathematics: Three large-scale studies. American Educational Research Journal, 47(4), 833878.

Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya
Pustaka: Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya
Pustaka: Yee, Lee Peng. (2006). Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book. McGraw-Hill
5%

15

Minggu ke 15

Memahami konsep-konsep esensial matematika sekolah dan menengah dan pembelajarannya

Menganalisis konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya dari berbagai artikel dan sumber belajar

Kriteria:

Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, dan penugasan
3 x 50 menit

Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya
Pustaka: Goos, M., Stillman, G., Vale, C. (2007). Teaching Secondary School Mathematics Reasearch and Practice for the 21st Century. Australia: Allen & Unwin.

Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya
Pustaka: Ibrahim, dkk. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada.

Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya
Pustaka: Hamdani, Hamid. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya
Pustaka: Roschelle, J., Shechtman, N., Tatar, D., Hegedus, S., Hopkins, B., Empson, S., ... & Gallagher, L. P. (2010). Integration of technology, curriculum, and professional development for advancing middle school mathematics: Three large-scale studies. American Educational Research Journal, 47(4), 833878.

Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya
Pustaka: Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya
Pustaka: Yee, Lee Peng. (2006). Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book. McGraw-Hill
10%

16

Minggu ke 16

Memahami konsep-konsep esensial matematika sekolah dan menengah dan pembelajarannya

Menganalisis konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya dari berbagai artikel dan sumber belajar

Kriteria:

Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, dan penugasan
3 x 50 menit

Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya
Pustaka: Goos, M., Stillman, G., Vale, C. (2007). Teaching Secondary School Mathematics Reasearch and Practice for the 21st Century. Australia: Allen & Unwin.

Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya
Pustaka: Ibrahim, dkk. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada.

Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya
Pustaka: Hamdani, Hamid. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya
Pustaka: Roschelle, J., Shechtman, N., Tatar, D., Hegedus, S., Hopkins, B., Empson, S., ... & Gallagher, L. P. (2010). Integration of technology, curriculum, and professional development for advancing middle school mathematics: Three large-scale studies. American Educational Research Journal, 47(4), 833878.

Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya
Pustaka: Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Materi: Kajian artikel terkait konsep-konsep esensial matematika sekolah menengah dan pembelajarannya
Pustaka: Yee, Lee Peng. (2006). Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book. McGraw-Hill
25%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
3. Tes 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.