
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Matematika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pembelajaran Matematika Berbasis Sosio-Ekologis |
8400203085 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
2 |
25 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd
|
Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd
|
TATAG YULI EKO SISWONO |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu menguasai paradigma berpikir dalam filsafat pendidikan matematika, konsep-konsep psikologi kognitif, dan konsep-konsep pendidikan dalam perspektif sosio-kultural yang dikembangkan untuk memecahkan masalah pendidikan matematika. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mendeskripsikan rasional dan konsep pembelajaran matematika berbasis sosio-ekologis sesuai sikap ilmiah dan kritis
|
PO - 2 |
Mendeskripsikan sejarah perkembangan pembelajaran matematika berbasis sosio-ekologis dengan argumen yang efektif dan komunikatif
|
PO - 3 |
Merancang aplikasi pembelajaran berbasis sosio-ekologis sesuai tingkat sekolah
|
PO - 4 |
Merancang evaluasi pembelajaran matematika berbasis sosio-ekologis sesuai tingkat sekolah
|
PO - 5 |
Menerapkan pembelajaran matematika berbasis sosio-ekologis yang efektif, kreatif, dan inovatif.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-4 | PLO-5 | PO-1 | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | | PO-4 | ✔ | | PO-5 | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pengkajian konsep dan aplikasi pembelajaran matematika berbasis sosio-ekologis dalam pendidikan matematika, pembelajaran dan evaluasi berbasis sosio-ekologis, dan pengembangan penelitian pendidikan matematika berbasis sosio-ekologis. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep pembelajaran matematika dan sosio-ekologis serta perkembangan terkini dalam dunia pendidikan khususnya Pendidikan Matematika, diskusi dan telaah literature primer mutakhir untuk mencari state of the art pembelajaran matematika dan sosio-ekologis, implementasi/ riset dalam scope kecil yang mengimplementasikan TIK dalam Pendidikan Matematika. Sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi berupa keaktivan dalam forum diskusi (20%), penilaian tengah semester (20%) dan Proyek akhir perkuliahan (30%). |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Coles, A. (2022). Towards A Socio-Ecological Perspective Within Mathematics Education. Proceedings of the British Society for Research into Learning Mathematics, 42(3), 1-6.
- Coles, A. (2023, July). Teaching in the new climatic regime: Steps to a socio-ecology of mathematics education. In Proceedings of the 46th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education (Vol. 1, pp. 17-33). Haifa: PME
- Coles, A., Solares-Rojas, A., & le Roux, K. (2024). Socio-ecological gestures of mathematics education. Educational Studies in Mathematics, 1-19.
|
Pendukung : |
|
- Louie, N., & Zhan, W. Y. (2022). A socio-ecological framework for research in mathematics education. Journal for Research in Mathematics Education, 53(5), 365-371
- Fong, C. J., García, A. J., & Kundu, D. (2023). A socio-ecological outcome investigation of the student engagement, achievement, and satisfaction of latino men in community college developmental mathematics. Community College Journal of Research and Practice, 47(2), 157-160
- Fong, C. J., García, A. J., & Kundu, D. (2023). A socio-ecological outcome investigation of the student engagement, achievement, and satisfaction of latino men in community college developmental mathematics. Community College Journal of Research and Practice, 47(2), 157-160.
- Chekanushkina, E. N., Pirova, D. F., & Kolyvanova, L. A. (2020, December). Mathematical Modeling as a Method of Solving Socio-Ecological Problems. In Proceedings of the International Conference Digital Age: Traditions, Modernity and Innovations (ICDATMI 2020) (pp. 45-49). Atlantis Press.
- Amico, A., Andrà, C., Chorney, S., Coles, A., Doria, L., Helliwell, T., ... & Solares, A. (2023, July). How socio-ecological issues are urging changes in curriculum (and beyond). In 46 th CONFERENCE (p. 71).
|
Dosen Pengampu
|
TATAG YULI EKO SISWONO ABDUL HARIS ROSYIDI Dr. Abdul Haris Rosyidi, S.Pd., M.Pd. Dr. Abdul Haris Rosyidi, S.Pd., M.Pd. Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, S.Pd., M.Pd. Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mendeskripsikan rasional pembelajaran matematika berbasi sosio-ekologis (PMSE) |
menjelaskan rasional PMSE |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, tanya jawab dan refleksi awal. Penugasan 2 x 50‘ |
Pengantar video, diskusi di LMS 2x50‘ |
Materi: Rasional PMSE Pustaka: Coles, A. (2022). Towards A Socio-Ecological Perspective Within Mathematics Education. Proceedings of the British Society for Research into Learning Mathematics, 42(3), 1-6. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mendeskripsikan konsep umum pembelajaran matematika berbasi sosio-ekologis (PMSE) |
menjelaskan konsep umum PMSE |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penugasan, diskusi, tanya jawab dan refleksi. 2 x 50" |
Diskusi di LMS melalui GMeet 2 x 50‘ |
Materi: Konsep Umu PMSE Pustaka: Coles, A. (2023, July). Teaching in the new climatic regime: Steps to a socio-ecology of mathematics education. In Proceedings of the 46th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education (Vol. 1, pp. 17-33). Haifa: PME |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mendeskripsikan sejarah pembelajaran matematika berbasi sosio-ekologis (PMSE) |
menjelaskan sejarah PMSE |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penugasan, diskusi, tanya jawab dan refleksi. 2 x 50 |
Diskusi di LMS melalui GMeet 2 x 50‘ |
Materi: Sejarah PMSE Pustaka: Coles, A. (2022). Towards A Socio-Ecological Perspective Within Mathematics Education. Proceedings of the British Society for Research into Learning Mathematics, 42(3), 1-6. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis prinsip dan karakteristik pembelajaran matematika berbasi sosio-ekologis (PMSE) |
Mendeskripsikan s prinsip dan karakteristik pembelajaran matematika berbasi sosio-ekologis (PMSE) |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penugasan, diskusi, tanya jawab dan refleksi. 2 x 50 |
Diskusi di LMS melalui GMeet 2 x 50‘ |
Materi: Prinsip dan karakteristik PMSE Pustaka: Louie, N., & Zhan, W. Y. (2022). A socio-ecological framework for research in mathematics education. Journal for Research in Mathematics Education, 53(5), 365-371 |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Menganalisis prinsip dan karakteristik pembelajaran matematika berbasi sosio-ekologis (PMSE) |
Mendeskripsikan s prinsip dan karakteristik pembelajaran matematika berbasi sosio-ekologis (PMSE) |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penugasan, diskusi, tanya jawab dan refleksi. 2 x 50 |
Diskusi di LMS melalui GMeet 2 x 50‘ |
Materi: Prinsip dan karakteristik PMSE Pustaka: Louie, N., & Zhan, W. Y. (2022). A socio-ecological framework for research in mathematics education. Journal for Research in Mathematics Education, 53(5), 365-371 |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis prinsip dan karakteristik pembelajaran matematika berbasi sosio-ekologis (PMSE) |
Mendeskripsikan s prinsip dan karakteristik pembelajaran matematika berbasi sosio-ekologis (PMSE) |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penugasan, diskusi, tanya jawab dan refleksi. 2 x 50 |
Diskusi di LMS melalui GMeet 2 x 50‘ |
Materi: Prinsip dan karakteristik PMSE Pustaka: Louie, N., & Zhan, W. Y. (2022). A socio-ecological framework for research in mathematics education. Journal for Research in Mathematics Education, 53(5), 365-371 |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Menganalisis kerangka teori pembelajaran matematika berbasi sosio-ekologis (PMSE) |
Mendeskripsikankerangka teoritik pembelajaran matematika berbasi sosio-ekologis (PMSE) |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penugasan, diskusi, tanya jawab dan refleksi. 2 x 50 |
Diskusi di LMS melalui GMeet 2 x 50‘ |
Materi: Kerangka Teoritis PMSE Pustaka: Louie, N., & Zhan, W. Y. (2022). A socio-ecological framework for research in mathematics education. Journal for Research in Mathematics Education, 53(5), 365-371 Materi: Kerangka Teoritis PMSE Pustaka: Coles, A., Solares-Rojas, A., & le Roux, K. (2024). Socio-ecological gestures of mathematics education. Educational Studies in Mathematics, 1-19. |
3% |
8
Minggu ke 8 |
|
Menghasilkan kerangka teori sesuai prinsip dan karakteristik PMSE |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
UTS: Kinerja menyusun framework PMSE 2x50‘ |
UTS: Kinerja menyusun framework PMSE 2x50‘ |
|
20% |
9
Minggu ke 9 |
Merancang strategi pembelajaran tingkat SMP |
Menghasilkan rencana pemebelajaran PMSE untuk SMP |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penugasan, diskusi, tanya jawab, dan refleksi 2x50‘ |
Pemanfaatan LMS dan GMeet untuk presentasi 2x50‘ |
Materi: Strategi Pebelajaran PMSE Pustaka: Fong, C. J., García, A. J., & Kundu, D. (2023). A socio-ecological outcome investigation of the student engagement, achievement, and satisfaction of latino men in community college developmental mathematics. Community College Journal of Research and Practice, 47(2), 157-160 |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Merancang strategi pembelajaran untuk materi SMA |
menghasilkan rencnpa pembelajaran berdasar PMSE |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%) Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan, diskusi, tanya jawab, menggunakan media teknologi (AI), refleksi 2x50‘ |
Presentasi menggunakan Gmeet dan LMS 2x50‘ |
Materi: Strategi Pembelajaran PMSE Pustaka: Amico, A., Andrà, C., Chorney, S., Coles, A., Doria, L., Helliwell, T., ... & Solares, A. (2023, July). How socio-ecological issues are urging changes in curriculum (and beyond). In 46 th CONFERENCE (p. 71). |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Merancang evaluasii pembelajaran untuk materi SMP/SMA |
menghasilkan lembar evaluasi pembelajaran berdasar PMSE |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan, diskusi, tanya jawab, menggunakan media teknologi (AI), refleksi 2x50‘ |
Presentasi menggunakan Gmeet dan LMS 2x50‘ |
Materi: Evaluasi PMSE Pustaka: Fong, C. J., García, A. J., & Kundu, D. (2023). A socio-ecological outcome investigation of the student engagement, achievement, and satisfaction of latino men in community college developmental mathematics. Community College Journal of Research and Practice, 47(2), 157-160. |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Menerapkan PMSE untuk materi SMP/SMA/PT |
menghasilkan laporan evaluasi pelaksanaan pembelajaran berdasar PMSE |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan, diskusi, tanya jawab, menggunakan media teknologi (AI), refleksi 2x50‘ |
Presentasi menggunakan Gmeet dan LMS 2x50‘ |
Materi: Penerapan PMSE Pustaka: Chekanushkina, E. N., Pirova, D. F., & Kolyvanova, L. A. (2020, December). Mathematical Modeling as a Method of Solving Socio-Ecological Problems. In Proceedings of the International Conference Digital Age: Traditions, Modernity and Innovations (ICDATMI 2020) (pp. 45-49). Atlantis Press. |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Menerapkan PMSE untuk materi SMP/SMA/PT |
menghasilkan laporan evaluasi pelaksanaan pembelajaran berdasar PMSE |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan, diskusi, tanya jawab, menggunakan media teknologi (AI), refleksi 2x50‘ |
Presentasi menggunakan Gmeet dan LMS 2x50‘ |
Materi: Penerapan PMSE Pustaka: Chekanushkina, E. N., Pirova, D. F., & Kolyvanova, L. A. (2020, December). Mathematical Modeling as a Method of Solving Socio-Ecological Problems. In Proceedings of the International Conference Digital Age: Traditions, Modernity and Innovations (ICDATMI 2020) (pp. 45-49). Atlantis Press. |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Menerapkan PMSE untuk materi SMP/SMA/PT |
menghasilkan laporan evaluasi pelaksanaan pembelajaran berdasar PMSE |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan, diskusi, tanya jawab, menggunakan media teknologi (AI), refleksi 2x50‘ |
Presentasi menggunakan Gmeet dan LMS 2x50‘ |
Materi: Penerapan PMSE Pustaka: Chekanushkina, E. N., Pirova, D. F., & Kolyvanova, L. A. (2020, December). Mathematical Modeling as a Method of Solving Socio-Ecological Problems. In Proceedings of the International Conference Digital Age: Traditions, Modernity and Innovations (ICDATMI 2020) (pp. 45-49). Atlantis Press. |
3% |
15
Minggu ke 15 |
Menyusun laporan dalam bentuk artikel PMSE |
menghasilkan draf artikel pelaksanaan pembelajaran berdasar PMSE |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan, diskusi, tanya jawab, menggunakan media teknologi (AI), refleksi 2x50‘ |
Presentasi menggunakan Gmeet dan LMS 2x50‘ |
Materi: Penerapan PMSE Pustaka: Chekanushkina, E. N., Pirova, D. F., & Kolyvanova, L. A. (2020, December). Mathematical Modeling as a Method of Solving Socio-Ecological Problems. In Proceedings of the International Conference Digital Age: Traditions, Modernity and Innovations (ICDATMI 2020) (pp. 45-49). Atlantis Press. |
2% |
16
Minggu ke 16 |
Menghasilkan artikel PMSE |
menghasilkan artikel PMSE yang terpublikasikan |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penugasan, diskusi, tanya jawab, menggunakan media teknologi (AI), refleksi 2x50‘ |
Presentasi menggunakan Gmeet dan LMS 2x50‘ |
Materi: Penerapan PMSE Pustaka: Chekanushkina, E. N., Pirova, D. F., & Kolyvanova, L. A. (2020, December). Mathematical Modeling as a Method of Solving Socio-Ecological Problems. In Proceedings of the International Conference Digital Age: Traditions, Modernity and Innovations (ICDATMI 2020) (pp. 45-49). Atlantis Press. |
40% |