Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Matematika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pembelajaran Matematika Berbasis Sosio-Ekologis

8400203085

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=5.04

2

7 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd




Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd




Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu menguasai paradigma berpikir dalam filsafat pendidikan matematika, konsep-konsep psikologi kognitif, dan konsep-konsep pendidikan dalam perspektif sosio-kultural yang dikembangkan untuk memecahkan masalah pendidikan matematika.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mendeskripsikan rasional dan konsep pembelajaran matematika berbasis sosio-ekologis sesuai sikap ilmiah dan kritis

PO - 2

Mendeskripsikan sejarah perkembangan pembelajaran matematika berbasis sosio-ekologis dengan argumen yang efektif dan komunikatif

PO - 3

Merancang aplikasi pembelajaran berbasis sosio-ekologis sesuai tingkat sekolah

PO - 4

Merancang evaluasi pembelajaran matematika berbasis sosio-ekologis sesuai tingkat sekolah

PO - 5

Menerapkan pembelajaran matematika berbasis sosio-ekologis yang efektif, kreatif, dan inovatif.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-5
PO-1
PO-2
PO-3 
PO-4 
PO-5 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pengkajian konsep dan aplikasi pembelajaran matematika berbasis sosio-ekologis dalam pendidikan matematika, pembelajaran dan evaluasi berbasis sosio-ekologis, dan pengembangan penelitian pendidikan matematika berbasis sosio-ekologis. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep pembelajaran matematika dan sosio-ekologis serta perkembangan terkini dalam dunia pendidikan khususnya Pendidikan Matematika, diskusi dan telaah literature primer mutakhir untuk mencari state of the art pembelajaran matematika dan sosio-ekologis, implementasi/ riset dalam scope kecil yang mengimplementasikan TIK dalam Pendidikan Matematika. Sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi berupa keaktivan dalam forum diskusi (20%), penilaian tengah semester (20%) dan Proyek akhir perkuliahan (30%).

Pustaka

Utama :

  1. Coles, A. (2022). Towards A Socio-Ecological Perspective Within Mathematics Education. Proceedings of the British Society for Research into Learning Mathematics, 42(3), 1-6.
  2. Coles, A. (2023, July). Teaching in the new climatic regime: Steps to a socio-ecology of mathematics education. In Proceedings of the 46th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education (Vol. 1, pp. 17-33). Haifa: PME
  3. Coles, A., Solares-Rojas, A., & le Roux, K. (2024). Socio-ecological gestures of mathematics education. Educational Studies in Mathematics, 1-19.

Pendukung :

  1. Louie, N., & Zhan, W. Y. (2022). A socio-ecological framework for research in mathematics education. Journal for Research in Mathematics Education, 53(5), 365-371
  2. Fong, C. J., García, A. J., & Kundu, D. (2023). A socio-ecological outcome investigation of the student engagement, achievement, and satisfaction of latino men in community college developmental mathematics. Community College Journal of Research and Practice, 47(2), 157-160
  3. Fong, C. J., García, A. J., & Kundu, D. (2023). A socio-ecological outcome investigation of the student engagement, achievement, and satisfaction of latino men in community college developmental mathematics. Community College Journal of Research and Practice, 47(2), 157-160.
  4. Chekanushkina, E. N., Pirova, D. F., & Kolyvanova, L. A. (2020, December). Mathematical Modeling as a Method of Solving Socio-Ecological Problems. In Proceedings of the International Conference Digital Age: Traditions, Modernity and Innovations (ICDATMI 2020) (pp. 45-49). Atlantis Press.
  5. Amico, A., Andrà, C., Chorney, S., Coles, A., Doria, L., Helliwell, T., ... & Solares, A. (2023, July). How socio-ecological issues are urging changes in curriculum (and beyond). In 46 th CONFERENCE (p. 71).

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, S.Pd., M.Pd.

Dr. Abdul Haris Rosyidi, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mendeskripsikan rasional pembelajaran matematika berbasi sosio-ekologis (PMSE)

menjelaskan rasional PMSE

Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, tanya jawab dan refleksi awal. Penugasan
2 x 50‘
Pengantar video, diskusi di LMS
2x50‘
Materi: Rasional PMSE
Pustaka: Coles, A. (2022). Towards A Socio-Ecological Perspective Within Mathematics Education. Proceedings of the British Society for Research into Learning Mathematics, 42(3), 1-6.
2%

2

Minggu ke 2

Mendeskripsikan konsep umum pembelajaran matematika berbasi sosio-ekologis (PMSE)

menjelaskan konsep umum PMSE

Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penugasan, diskusi, tanya jawab dan refleksi.
2 x 50"
Diskusi di LMS melalui GMeet
2 x 50‘
Materi: Konsep Umu PMSE
Pustaka: Coles, A. (2023, July). Teaching in the new climatic regime: Steps to a socio-ecology of mathematics education. In Proceedings of the 46th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education (Vol. 1, pp. 17-33). Haifa: PME
3%

3

Minggu ke 3

Mendeskripsikan sejarah pembelajaran matematika berbasi sosio-ekologis (PMSE)

menjelaskan sejarah PMSE

Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penugasan, diskusi, tanya jawab dan refleksi.
2 x 50
Diskusi di LMS melalui GMeet
2 x 50‘
Materi: Sejarah PMSE
Pustaka: Coles, A. (2022). Towards A Socio-Ecological Perspective Within Mathematics Education. Proceedings of the British Society for Research into Learning Mathematics, 42(3), 1-6.
3%

4

Minggu ke 4

Menganalisis prinsip dan karakteristik pembelajaran matematika berbasi sosio-ekologis (PMSE)

Mendeskripsikan s prinsip dan karakteristik pembelajaran matematika berbasi sosio-ekologis (PMSE)

Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penugasan, diskusi, tanya jawab dan refleksi.
2 x 50
Diskusi di LMS melalui GMeet
2 x 50‘
Materi: Prinsip dan karakteristik PMSE
Pustaka: Louie, N., & Zhan, W. Y. (2022). A socio-ecological framework for research in mathematics education. Journal for Research in Mathematics Education, 53(5), 365-371
3%

5

Minggu ke 5

Menganalisis prinsip dan karakteristik pembelajaran matematika berbasi sosio-ekologis (PMSE)

Mendeskripsikan s prinsip dan karakteristik pembelajaran matematika berbasi sosio-ekologis (PMSE)

Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penugasan, diskusi, tanya jawab dan refleksi.
2 x 50
Diskusi di LMS melalui GMeet
2 x 50‘
Materi: Prinsip dan karakteristik PMSE
Pustaka: Louie, N., & Zhan, W. Y. (2022). A socio-ecological framework for research in mathematics education. Journal for Research in Mathematics Education, 53(5), 365-371
3%

6

Minggu ke 6

Menganalisis prinsip dan karakteristik pembelajaran matematika berbasi sosio-ekologis (PMSE)

Mendeskripsikan s prinsip dan karakteristik pembelajaran matematika berbasi sosio-ekologis (PMSE)

Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penugasan, diskusi, tanya jawab dan refleksi.
2 x 50
Diskusi di LMS melalui GMeet
2 x 50‘
Materi: Prinsip dan karakteristik PMSE
Pustaka: Louie, N., & Zhan, W. Y. (2022). A socio-ecological framework for research in mathematics education. Journal for Research in Mathematics Education, 53(5), 365-371
3%

7

Minggu ke 7

Menganalisis kerangka teori pembelajaran matematika berbasi sosio-ekologis (PMSE)

Mendeskripsikankerangka teoritik pembelajaran matematika berbasi sosio-ekologis (PMSE)

Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penugasan, diskusi, tanya jawab dan refleksi.
2 x 50
Diskusi di LMS melalui GMeet
2 x 50‘
Materi: Kerangka Teoritis PMSE
Pustaka: Louie, N., & Zhan, W. Y. (2022). A socio-ecological framework for research in mathematics education. Journal for Research in Mathematics Education, 53(5), 365-371

Materi: Kerangka Teoritis PMSE
Pustaka: Coles, A., Solares-Rojas, A., & le Roux, K. (2024). Socio-ecological gestures of mathematics education. Educational Studies in Mathematics, 1-19.
3%

8

Minggu ke 8

Menghasilkan kerangka teori sesuai prinsip dan karakteristik PMSE

Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
UTS: Kinerja menyusun framework PMSE
2x50‘
UTS: Kinerja menyusun framework PMSE
2x50‘
20%

9

Minggu ke 9

Merancang strategi pembelajaran tingkat SMP

Menghasilkan rencana pemebelajaran PMSE untuk SMP

Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penugasan, diskusi, tanya jawab, dan refleksi
2x50‘
Pemanfaatan LMS dan GMeet untuk presentasi
2x50‘
Materi: Strategi Pebelajaran PMSE
Pustaka: Fong, C. J., García, A. J., & Kundu, D. (2023). A socio-ecological outcome investigation of the student engagement, achievement, and satisfaction of latino men in community college developmental mathematics. Community College Journal of Research and Practice, 47(2), 157-160
3%

10

Minggu ke 10

Merancang strategi pembelajaran untuk materi SMA

menghasilkan rencnpa pembelajaran berdasar PMSE

Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%)


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan, diskusi, tanya jawab, menggunakan media teknologi (AI), refleksi
2x50‘
Presentasi menggunakan Gmeet dan LMS
2x50‘
Materi: Strategi Pembelajaran PMSE
Pustaka: Amico, A., Andrà, C., Chorney, S., Coles, A., Doria, L., Helliwell, T., ... & Solares, A. (2023, July). How socio-ecological issues are urging changes in curriculum (and beyond). In 46 th CONFERENCE (p. 71).
3%

11

Minggu ke 11

Merancang evaluasii pembelajaran untuk materi SMP/SMA

menghasilkan lembar evaluasi pembelajaran berdasar PMSE

Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan, diskusi, tanya jawab, menggunakan media teknologi (AI), refleksi
2x50‘
Presentasi menggunakan Gmeet dan LMS
2x50‘
Materi: Evaluasi PMSE
Pustaka: Fong, C. J., García, A. J., & Kundu, D. (2023). A socio-ecological outcome investigation of the student engagement, achievement, and satisfaction of latino men in community college developmental mathematics. Community College Journal of Research and Practice, 47(2), 157-160.
3%

12

Minggu ke 12

Menerapkan PMSE untuk materi SMP/SMA/PT

menghasilkan laporan evaluasi pelaksanaan pembelajaran berdasar PMSE

Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan, diskusi, tanya jawab, menggunakan media teknologi (AI), refleksi
2x50‘
Presentasi menggunakan Gmeet dan LMS
2x50‘
Materi: Penerapan PMSE
Pustaka: Chekanushkina, E. N., Pirova, D. F., & Kolyvanova, L. A. (2020, December). Mathematical Modeling as a Method of Solving Socio-Ecological Problems. In Proceedings of the International Conference Digital Age: Traditions, Modernity and Innovations (ICDATMI 2020) (pp. 45-49). Atlantis Press.
3%

13

Minggu ke 13

Menerapkan PMSE untuk materi SMP/SMA/PT

menghasilkan laporan evaluasi pelaksanaan pembelajaran berdasar PMSE

Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan, diskusi, tanya jawab, menggunakan media teknologi (AI), refleksi
2x50‘
Presentasi menggunakan Gmeet dan LMS
2x50‘
Materi: Penerapan PMSE
Pustaka: Chekanushkina, E. N., Pirova, D. F., & Kolyvanova, L. A. (2020, December). Mathematical Modeling as a Method of Solving Socio-Ecological Problems. In Proceedings of the International Conference Digital Age: Traditions, Modernity and Innovations (ICDATMI 2020) (pp. 45-49). Atlantis Press.
3%

14

Minggu ke 14

Menerapkan PMSE untuk materi SMP/SMA/PT

menghasilkan laporan evaluasi pelaksanaan pembelajaran berdasar PMSE

Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan, diskusi, tanya jawab, menggunakan media teknologi (AI), refleksi
2x50‘
Presentasi menggunakan Gmeet dan LMS
2x50‘
Materi: Penerapan PMSE
Pustaka: Chekanushkina, E. N., Pirova, D. F., & Kolyvanova, L. A. (2020, December). Mathematical Modeling as a Method of Solving Socio-Ecological Problems. In Proceedings of the International Conference Digital Age: Traditions, Modernity and Innovations (ICDATMI 2020) (pp. 45-49). Atlantis Press.
3%

15

Minggu ke 15

Menyusun laporan dalam bentuk artikel PMSE

menghasilkan draf artikel pelaksanaan pembelajaran berdasar PMSE

Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan, diskusi, tanya jawab, menggunakan media teknologi (AI), refleksi
2x50‘
Presentasi menggunakan Gmeet dan LMS
2x50‘
Materi: Penerapan PMSE
Pustaka: Chekanushkina, E. N., Pirova, D. F., & Kolyvanova, L. A. (2020, December). Mathematical Modeling as a Method of Solving Socio-Ecological Problems. In Proceedings of the International Conference Digital Age: Traditions, Modernity and Innovations (ICDATMI 2020) (pp. 45-49). Atlantis Press.
2%

16

Minggu ke 16

Menghasilkan artikel PMSE

menghasilkan artikel PMSE yang terpublikasikan

Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penugasan, diskusi, tanya jawab, menggunakan media teknologi (AI), refleksi
2x50‘
Presentasi menggunakan Gmeet dan LMS
2x50‘
Materi: Penerapan PMSE
Pustaka: Chekanushkina, E. N., Pirova, D. F., & Kolyvanova, L. A. (2020, December). Mathematical Modeling as a Method of Solving Socio-Ecological Problems. In Proceedings of the International Conference Digital Age: Traditions, Modernity and Innovations (ICDATMI 2020) (pp. 45-49). Atlantis Press.
40%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 60%
3. Praktik / Unjuk Kerja 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.