
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
DIGITAL CONTENT CREATIVE |
6120903078 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
7 |
26 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
HUJJATULLAH FAZLURRAHMAN |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh |
PLO-7 |
Mampu mengembangkan ide bisnis digital secara kreatif dan inovatif |
PLO-11 |
Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan prinsip desain visual dan strategi konten digital untuk menciptakan materi pemasaran yang efektif (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis tren pasar dan perilaku konsumen digital untuk mengembangkan strategi konten yang relevan (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi kualitas dan efektivitas konten digital berdasarkan metrik performa dan standar industri (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan kampanye konten digital yang inovatif dan terintegrasi untuk mendukung tujuan bisnis (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan teknik storytelling digital untuk membangun engagement dan loyalitas audiens (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis data analytics konten digital untuk optimasi strategi dan pengambilan keputusan (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi etika dan regulasi konten digital dalam konteks bisnis yang berkelanjutan (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan konten multimedia yang kreatif dan adaptif untuk berbagai platform digital (C6)
|
PO - 9 |
Menerapkan tools dan teknologi terkini dalam produksi dan distribusi konten digital (C3)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-5 | PLO-7 | PLO-11 | PO-1 | | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | | ✔ | PO-4 | ✔ | | | ✔ | | PO-5 | | | ✔ | | ✔ | PO-6 | | ✔ | | | ✔ | PO-7 | ✔ | ✔ | | | | PO-8 | | | | ✔ | ✔ | PO-9 | ✔ | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Digital Content Creative membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam menciptakan serta memasarkan konten digital kreatif, baik untukpersonal branding maupun kebutuhan bisnis. Mahasiswa akan mengembangkan portofolio, mengaplikasikan tools digital & AI, serta berlatih menjual jasa konten di marketplace global seperti Fiverr. Melalui pendekatan project-based, mahasiswa diharapkan mampu menghasilkkarya digital yang relevan dengan kebutuhan industri dan memiliki nilai jual di pasar global. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Pulizzi, J., & Barrett, B. (2023). Epic Content Marketing (2nd ed.). McGraw-Hill
- Handley, A. (2022). Everybody Writes (2nd ed.). Wiley.
- Bly, R. W. (2020). The Copywriter’s Handbook (4th ed.). St. Martin's Griffin
|
Pendukung : |
|
- Williams, R. (2019). The Non-Designer’s Design Book (5th ed.). Peachpit Press.
- Hughes, S. (2022). The Digital Video Editing Handbook. Routledge.
- Meinzer, K. (2022). So You Want to Start a Podcast. William Morrow.
|
Dosen Pengampu
|
RATIH AMELIA MUHAMMAD FACHMI NADIA NUR THAHIRRAH Dr Muhammad Fachmi, S.E., M.M. Dr Muhammad Fachmi, S.E., M.M. Dr. Ratih Amelia, S.E., M.M. Dr. Ratih Amelia, S.E., M.M. Dr. Ratih Amelia, S.E., M.M. Nadia Nur Thahirrah, S.E., M.SM. Nadia Nur Thahirrah, S.E., M.SM. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa dapat mengidentifikasi, menganalisis, dan menerapkan elemen desain visual serta strategi konten untuk menghasilkan materi pemasaran digital yang menarik dan berdampak. |
- Kemampuan menerapkan prinsip desain visual (seperti kontras, alignment, repetition, proximity) dalam materi
- Kemampuan merancang strategi konten yang sesuai dengan audiens dan platform digital
- Kualitas hasil akhir materi pemasaran dalam hal efektivitas komunikasi dan estetika
|
Kriteria:
Partisipasi, diskusi aktif, kritis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan praktik langsung menggunakan tools desain. 135 menit |
Ceramah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan praktik langsung menggunakan tools desain. 135 menit |
Materi: Defining Your Content Niche and Strategy Pustaka: Pulizzi, J., & Barrett, B. (2023). Epic Content Marketing (2nd ed.). McGraw-Hill |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa dapat mengidentifikasi, menganalisis, dan menerapkan elemen desain visual serta strategi konten untuk menghasilkan materi pemasaran digital yang menarik dan berdampak. |
- Kemampuan menerapkan prinsip desain visual (seperti kontras, alignment, repetition, proximity) dalam materi
- Kemampuan merancang strategi konten yang sesuai dengan audiens dan platform digital
- Kualitas hasil akhir materi pemasaran dalam hal efektivitas komunikasi dan estetika
|
Kriteria:
Kuis, analisis,relevansi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan praktik langsung menggunakan tools desain. 135 menit |
Pembuatan konten pemasaran digital berdasarkan studi kasus yang diberikan 135 menit |
Materi: Managing the Content Process, CHAPTER 14. Content Types Pustaka: Pulizzi, J., & Barrett, B. (2023). Epic Content Marketing (2nd ed.). McGraw-Hill |
4% |
3
Minggu ke 3 |
- Mahasiswa dapat mengidentifikasi tren pasar terkini
- Mahasiswa dapat menganalisis data perilaku konsumen digital
- Mahasiswa dapat merumuskan strategi konten yang sesuai dengan kebutuhan pasar
|
- Kemampuan mengidentifikasi audience
- Kemampuan menganalisis data perilaku audience
- Kemampuan merumuskan strategi konten berdasarkan identifikasi dan data perilaku audience
- Kemampuan merancang copywriting yang efektif untuk berbagai konten
|
Kriteria:
Brief tertulis, kreativitas, sistematis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan praktik langsung menggunakan tools desain.
|
Ceramah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan praktik langsung menggunakan tools desain.
|
Materi: Chapter 15. Writing For Social Media, Chapter 16. Writing For Video, 1Chapter 17. Writing For Content Marketing Pustaka: Bly, R. W. (2020). The Copywriter’s Handbook (4th ed.). St. Martin's Griffin |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa dapat membuat konten visual/grafis menggunakan tools digital |
- Mampu membuat konten visual/grafis
- Mampu menggunakan tools digital
- Mampu merancang strategi konten yang relevan dan terukur
|
Kriteria:
Produk grafis, orisinal, teknis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan presentasi. 150 menit |
Kuliah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan presentasi. 150 menit |
|
6% |
5
Minggu ke 5 |
|
|
|
|
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
|
|
|
|
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
|
|
|
|
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
|
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
|
|
|
|
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
|
|
|
|
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
|
|
|
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
|
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
|
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
|
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |