Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

DIGITAL CONTENT CREATIVE

6120903078

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

7

26 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




HUJJATULLAH FAZLURRAHMAN

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh

PLO-7

Mampu mengembangkan ide bisnis digital secara kreatif dan inovatif

PLO-11

Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan prinsip desain visual dan strategi konten digital untuk menciptakan materi pemasaran yang efektif (C3)

PO - 2

Menganalisis tren pasar dan perilaku konsumen digital untuk mengembangkan strategi konten yang relevan (C4)

PO - 3

Mengevaluasi kualitas dan efektivitas konten digital berdasarkan metrik performa dan standar industri (C5)

PO - 4

Menciptakan kampanye konten digital yang inovatif dan terintegrasi untuk mendukung tujuan bisnis (C6)

PO - 5

Menerapkan teknik storytelling digital untuk membangun engagement dan loyalitas audiens (C3)

PO - 6

Menganalisis data analytics konten digital untuk optimasi strategi dan pengambilan keputusan (C4)

PO - 7

Mengevaluasi etika dan regulasi konten digital dalam konteks bisnis yang berkelanjutan (C5)

PO - 8

Menciptakan konten multimedia yang kreatif dan adaptif untuk berbagai platform digital (C6)

PO - 9

Menerapkan tools dan teknologi terkini dalam produksi dan distribusi konten digital (C3)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-5PLO-7PLO-11
PO-1    
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   
PO-6   
PO-7   
PO-8   
PO-9   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Digital Content Creative membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam menciptakan serta memasarkan konten digital kreatif, baik untukpersonal branding maupun kebutuhan bisnis. Mahasiswa akan mengembangkan portofolio, mengaplikasikan tools digital & AI, serta berlatih menjual jasa konten di marketplace global seperti Fiverr. Melalui pendekatan project-based, mahasiswa diharapkan mampu menghasilkkarya digital yang relevan dengan kebutuhan industri dan memiliki nilai jual di pasar global.

Pustaka

Utama :

  1. Pulizzi, J., & Barrett, B. (2023). Epic Content Marketing (2nd ed.). McGraw-Hill
  2. Handley, A. (2022). Everybody Writes (2nd ed.). Wiley.
  3. Bly, R. W. (2020). The Copywriter’s Handbook (4th ed.). St. Martin's Griffin

Pendukung :

  1. Williams, R. (2019). The Non-Designer’s Design Book (5th ed.). Peachpit Press.
  2. Hughes, S. (2022). The Digital Video Editing Handbook. Routledge.
  3. Meinzer, K. (2022). So You Want to Start a Podcast. William Morrow.

Dosen Pengampu

RATIH AMELIA

MUHAMMAD FACHMI

NADIA NUR THAHIRRAH

Dr Muhammad Fachmi, S.E., M.M.

Dr Muhammad Fachmi, S.E., M.M.

Dr. Ratih Amelia, S.E., M.M.

Dr. Ratih Amelia, S.E., M.M.

Dr. Ratih Amelia, S.E., M.M.

Nadia Nur Thahirrah, S.E., M.SM.

Nadia Nur Thahirrah, S.E., M.SM.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa dapat mengidentifikasi, menganalisis, dan menerapkan elemen desain visual serta strategi konten untuk menghasilkan materi pemasaran digital yang menarik dan berdampak.

  1. Kemampuan menerapkan prinsip desain visual (seperti kontras, alignment, repetition, proximity) dalam materi
  2. Kemampuan merancang strategi konten yang sesuai dengan audiens dan platform digital
  3. Kualitas hasil akhir materi pemasaran dalam hal efektivitas komunikasi dan estetika
Kriteria:

Partisipasi, diskusi aktif, kritis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan praktik langsung menggunakan tools desain.
135 menit
Ceramah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan praktik langsung menggunakan tools desain.
135 menit
Materi: Defining Your Content Niche and Strategy
Pustaka: Pulizzi, J., & Barrett, B. (2023). Epic Content Marketing (2nd ed.). McGraw-Hill
4%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa dapat mengidentifikasi, menganalisis, dan menerapkan elemen desain visual serta strategi konten untuk menghasilkan materi pemasaran digital yang menarik dan berdampak.

  1. Kemampuan menerapkan prinsip desain visual (seperti kontras, alignment, repetition, proximity) dalam materi
  2. Kemampuan merancang strategi konten yang sesuai dengan audiens dan platform digital
  3. Kualitas hasil akhir materi pemasaran dalam hal efektivitas komunikasi dan estetika
Kriteria:

Kuis, analisis,relevansi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan praktik langsung menggunakan tools desain.
135 menit
Pembuatan konten pemasaran digital berdasarkan studi kasus yang diberikan
135 menit
Materi: Managing the Content Process, CHAPTER 14. Content Types
Pustaka: Pulizzi, J., & Barrett, B. (2023). Epic Content Marketing (2nd ed.). McGraw-Hill
4%

3

Minggu ke 3

  1. Mahasiswa dapat mengidentifikasi tren pasar terkini
  2. Mahasiswa dapat menganalisis data perilaku konsumen digital
  3. Mahasiswa dapat merumuskan strategi konten yang sesuai dengan kebutuhan pasar
  1. Kemampuan mengidentifikasi audience
  2. Kemampuan menganalisis data perilaku audience
  3. Kemampuan merumuskan strategi konten berdasarkan identifikasi dan data perilaku audience
  4. Kemampuan merancang copywriting yang efektif untuk berbagai konten
Kriteria:

Brief tertulis, kreativitas, sistematis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan praktik langsung menggunakan tools desain.
Ceramah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan praktik langsung menggunakan tools desain.
Materi: Chapter 15. Writing For Social Media, Chapter 16. Writing For Video, 1Chapter 17. Writing For Content Marketing
Pustaka: Bly, R. W. (2020). The Copywriter’s Handbook (4th ed.). St. Martin's Griffin
4%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa dapat membuat konten visual/grafis menggunakan tools digital

  1. Mampu membuat konten visual/grafis
  2. Mampu menggunakan tools digital
  3. Mampu merancang strategi konten yang relevan dan terukur
Kriteria:

Produk grafis, orisinal, teknis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan presentasi.
150 menit
Kuliah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan presentasi.
150 menit
6%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 8.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 2.5%
3. Penilaian Portofolio 1.5%
4. Penilaian Praktikum 1%
5. Praktik / Unjuk Kerja 4.5%
18%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.