
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
MANAJEMEN PENYELENGGARAAN DAN PERWASITAN CABOR WOODBALL |
8520204749 |
|
T=1 |
P=1 |
ECTS=3.18 |
6 |
9 September 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
MUHAMMAD |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-9 |
Bertanggung jawab secara profesional terhadap kinerja individu dan kelompok |
PLO-10 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menjelaskan prinsip-prinsip manajemen dalam penyelenggaraan perlombaan woodball.
|
PO - 2 |
Mendesain rencana penyelenggaraan perlombaan woodball.
|
PO - 3 |
Memahami peraturan-peraturan dasar dalam perwasitan cabang olahraga woodball.
|
PO - 4 |
Mengaplikasikan keterampilan perwasitan dalam simulasi perlombaan woodball.
|
PO - 5 |
Menunjukkan sikap profesional, etis, dan bertanggung jawab dalam praktik perwasitan dan manajemen perlombaan.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-9 | PLO-10 | PO-1 | | | ✔ | | | PO-2 | | | | ✔ | | PO-3 | ✔ | | | | | PO-4 | | ✔ | | | | PO-5 | | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional dalam mengelola penyelenggaraan perlombaan serta menjalankan tugas perwasitan pada cabang olahraga woodball. Mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip manajemen olahraga, termasuk perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan perlombaan woodball. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Sudjana. (2015). Manajemen Pendidikan dan Latihan Olahraga. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Martens, R. (2004). Successful Coaching. Human Kinetics.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
MOHAMMAD FARUK Mohammad Faruk, S.Pd., M.Kes. Mohammad Faruk, S.Pd., M.Kes. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pendahuluan: Ruang lingkup manajemen perlombaan dan perwasitan woodball |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Diskusi 100 menit |
mencari referensi yang relevan di Internet 100 menit |
|
5% |
2
Minggu ke 2 |
Prinsip manajemen olahraga: Perencanaan, organisasi, pengarahan, pengawasan |
Tugas Individu |
Kriteria:
Menyelesaikan tugas Individu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Studi kasus 100 |
mencari referensi di Internet 100 |
Materi: perencanaan program Pustaka: Sudjana. (2015). Manajemen Pendidikan dan Latihan Olahraga. Bandung: Remaja Rosdakarya. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Struktur organisasi panitia lomba woodball |
Tugas Kelompok |
Kriteria:
Menyelesaikan tugas kelompok Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, kerja kelompok 200 menit |
Mencari bahan rujukan di internet 100 menit |
Materi: Filosofi kerja tim Pustaka: Martens, R. (2004). Successful Coaching. Human Kinetics. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Penyusunan proposal kegiatan lomba woodball |
Proposal Lomba |
Kriteria:
menyelesaikan proposal lomba Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Simulasi, Presentasi 200 menit |
Workshop online 100 menit |
Materi: prinsip penyelenggaraan even Pustaka: Sudjana. (2015). Manajemen Pendidikan dan Latihan Olahraga. Bandung: Remaja Rosdakarya. |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Rencana teknis lomba: venue, perlengkapan, jadwal pertandingan |
Laporan kunjungan lapangan |
Kriteria:
menyelesaikan laporan kunjungan lapangan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi Lapangan 200 menit |
progress report 50 menit |
Materi: survey lapangan Pustaka: Sudjana. (2015). Manajemen Pendidikan dan Latihan Olahraga. Bandung: Remaja Rosdakarya. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Sejarah dan filosofi woodball |
mengerjakan kuis |
Kriteria:
mampu menjawab semua pertanyaan kuis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah Interaktif 200 menit |
Kuis 100 menit |
Materi: chapter 1 Pustaka: Martens, R. (2004). Successful Coaching. Human Kinetics. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Peraturan dasar dan teknik permainan woodball |
ujian praktik dasar |
Kriteria:
mengikuti ujian praktek dasar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Praktik, Video analisis 200 menit |
- 0 |
Materi: Bab 1 dan 2 Pustaka: Sudjana. (2015). Manajemen Pendidikan dan Latihan Olahraga. Bandung: Remaja Rosdakarya. |
10% |
8
Minggu ke 8 |
Posisi dan tugas wasit dalam pertandingan woodball |
Tugas observasi |
Kriteria:
melaksanakan observasi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Simulasi 200 menit |
mencari referensi di internet 200 menit |
Materi: bab 3 Pustaka: Sudjana. (2015). Manajemen Pendidikan dan Latihan Olahraga. Bandung: Remaja Rosdakarya. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Teknik dasar perwasitan woodball |
Penilaian praktik |
Kriteria:
melaksanakan penilaian praktik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik 200 menit |
studi literatur 100 menit |
Materi: penilaian Pustaka: Sudjana. (2015). Manajemen Pendidikan dan Latihan Olahraga. Bandung: Remaja Rosdakarya. |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Penerapan sistem skor dan pelaporan hasil perlombaan |
|
Kriteria:
menyelesaikan soal yang diberikan Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Simulasi, latihan soal 200 menit |
|
Materi: chapter 2 Pustaka: Martens, R. (2004). Successful Coaching. Human Kinetics. |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Simulasi perlombaan dan perwasitan woodball |
Penilaian kinerja |
Kriteria:
praktik lapangan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik lapangan 200 menit |
studi literatur 100 menit |
|
10% |
12
Minggu ke 12 |
Etika perwasitan dan manajemen konflik dalam perlombaan |
Refleksi |
Kriteria:
refleksi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi kasus 200 menit |
studi literatur 100 menit |
Materi: bab 6 Pustaka: Sudjana. (2015). Manajemen Pendidikan dan Latihan Olahraga. Bandung: Remaja Rosdakarya. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Evaluasi penyelenggaraan dan perwasitan lomba |
laporan |
Kriteria:
10 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, Laporan 200 menit |
Studi literatur 100 menit |
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Uji coba perlombaan dan perwasitan woodball (Mini Event) |
observasi dosen |
Kriteria:
praktik menjadi wasit Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Praktek 200 menit |
studi literatur 100 menit |
|
10% |
15
Minggu ke 15 |
Uji coba perlombaan dan perwasitan woodball (Mini Event) |
observasi dosen |
Kriteria:
praktik menjadi wasit Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Praktek 200 menit |
studi literatur 100 menit |
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
Evaluasi dan Ujian Akhir Semester |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
UAS 100 menit |
|
Materi: chapter 1-5 Pustaka: Martens, R. (2004). Successful Coaching. Human Kinetics. |
5% |