Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

MANAJEMEN PENYELENGGARAAN DAN PERWASITAN CABOR WOODBALL

8520204749

T=1

P=1

ECTS=3.18

6

9 September 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




MUHAMMAD

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-9

Bertanggung jawab secara profesional terhadap kinerja individu dan kelompok

PLO-10

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menjelaskan prinsip-prinsip manajemen dalam penyelenggaraan perlombaan woodball.

PO - 2

Mendesain rencana penyelenggaraan perlombaan woodball.

PO - 3

Memahami peraturan-peraturan dasar dalam perwasitan cabang olahraga woodball.

PO - 4

Mengaplikasikan keterampilan perwasitan dalam simulasi perlombaan woodball.

PO - 5

Menunjukkan sikap profesional, etis, dan bertanggung jawab dalam praktik perwasitan dan manajemen perlombaan.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-9PLO-10
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4    
PO-5    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional dalam mengelola penyelenggaraan perlombaan serta menjalankan tugas perwasitan pada cabang olahraga woodball. Mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip manajemen olahraga, termasuk perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan perlombaan woodball.

Pustaka

Utama :

  1. Sudjana. (2015). Manajemen Pendidikan dan Latihan Olahraga. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  2. Martens, R. (2004). Successful Coaching. Human Kinetics.

Pendukung :

Dosen Pengampu

MOHAMMAD FARUK

Mohammad Faruk, S.Pd., M.Kes.

Mohammad Faruk, S.Pd., M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pendahuluan: Ruang lingkup manajemen perlombaan dan perwasitan woodball


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Diskusi
100 menit
mencari referensi yang relevan di Internet
100 menit
5%

2

Minggu ke 2

Prinsip manajemen olahraga: Perencanaan, organisasi, pengarahan, pengawasan

Tugas Individu

Kriteria:

Menyelesaikan tugas Individu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Studi kasus
100
mencari referensi di Internet
100
Materi: perencanaan program
Pustaka: Sudjana. (2015). Manajemen Pendidikan dan Latihan Olahraga. Bandung: Remaja Rosdakarya.
5%

3

Minggu ke 3

Struktur organisasi panitia lomba woodball

Tugas Kelompok

Kriteria:

Menyelesaikan tugas kelompok


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, kerja kelompok
200 menit
Mencari bahan rujukan di internet
100 menit
Materi: Filosofi kerja tim
Pustaka: Martens, R. (2004). Successful Coaching. Human Kinetics.
5%

4

Minggu ke 4

Penyusunan proposal kegiatan lomba woodball

Proposal Lomba

Kriteria:

menyelesaikan proposal lomba


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Simulasi, Presentasi
200 menit
Workshop online
100 menit
Materi: prinsip penyelenggaraan even
Pustaka: Sudjana. (2015). Manajemen Pendidikan dan Latihan Olahraga. Bandung: Remaja Rosdakarya.
10%

5

Minggu ke 5

Rencana teknis lomba: venue, perlengkapan, jadwal pertandingan

Laporan kunjungan lapangan

Kriteria:

menyelesaikan laporan kunjungan lapangan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi Lapangan
200 menit
progress report
50 menit
Materi: survey lapangan
Pustaka: Sudjana. (2015). Manajemen Pendidikan dan Latihan Olahraga. Bandung: Remaja Rosdakarya.
5%

6

Minggu ke 6

Sejarah dan filosofi woodball

mengerjakan kuis

Kriteria:

mampu menjawab semua pertanyaan kuis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah Interaktif
200 menit
Kuis
100 menit
Materi: chapter 1
Pustaka: Martens, R. (2004). Successful Coaching. Human Kinetics.
5%

7

Minggu ke 7

Peraturan dasar dan teknik permainan woodball

ujian praktik dasar

Kriteria:

mengikuti ujian praktek dasar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Praktik, Video analisis
200 menit
-
0
Materi: Bab 1 dan 2
Pustaka: Sudjana. (2015). Manajemen Pendidikan dan Latihan Olahraga. Bandung: Remaja Rosdakarya.
10%

8

Minggu ke 8

Posisi dan tugas wasit dalam pertandingan woodball

Tugas observasi

Kriteria:

melaksanakan observasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Simulasi
200 menit
mencari referensi di internet
200 menit
Materi: bab 3
Pustaka: Sudjana. (2015). Manajemen Pendidikan dan Latihan Olahraga. Bandung: Remaja Rosdakarya.
5%

9

Minggu ke 9

Teknik dasar perwasitan woodball

Penilaian praktik

Kriteria:

melaksanakan penilaian praktik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Praktik
200 menit
studi literatur
100 menit
Materi: penilaian
Pustaka: Sudjana. (2015). Manajemen Pendidikan dan Latihan Olahraga. Bandung: Remaja Rosdakarya.
10%

10

Minggu ke 10

Penerapan sistem skor dan pelaporan hasil perlombaan

Kriteria:

menyelesaikan soal yang diberikan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
Simulasi, latihan soal
200 menit

Materi: chapter 2
Pustaka: Martens, R. (2004). Successful Coaching. Human Kinetics.
10%

11

Minggu ke 11

Simulasi perlombaan dan perwasitan woodball

Penilaian kinerja

Kriteria:

praktik lapangan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik lapangan
200 menit
studi literatur
100 menit
10%

12

Minggu ke 12

Etika perwasitan dan manajemen konflik dalam perlombaan

Refleksi

Kriteria:

refleksi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi kasus
200 menit
studi literatur
100 menit
Materi: bab 6
Pustaka: Sudjana. (2015). Manajemen Pendidikan dan Latihan Olahraga. Bandung: Remaja Rosdakarya.
5%

13

Minggu ke 13

Evaluasi penyelenggaraan dan perwasitan lomba

laporan

Kriteria:

10


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, Laporan
200 menit
Studi literatur
100 menit
0%

14

Minggu ke 14

Uji coba perlombaan dan perwasitan woodball (Mini Event)

observasi dosen

Kriteria:

praktik menjadi wasit


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Praktek
200 menit
studi literatur
100 menit
10%

15

Minggu ke 15

Uji coba perlombaan dan perwasitan woodball (Mini Event)

observasi dosen

Kriteria:

praktik menjadi wasit


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Praktek
200 menit
studi literatur
100 menit
0%

16

Minggu ke 16

Evaluasi dan Ujian Akhir Semester

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
UAS
100 menit

Materi: chapter 1-5
Pustaka: Martens, R. (2004). Successful Coaching. Human Kinetics.
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 42.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 22.5%
3. Penilaian Praktikum 10%
4. Praktik / Unjuk Kerja 17.5%
5. Tes 7.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.