Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Biologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pembelajaran Adaptif dan Artificial Intelligence

8410502025

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

17 Juni 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Wisanti, M.S.




Prof. Dr. Wisanti, M.S.




Prof. Dr. Yuliani, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya dengan memperhatikan etika akademik dalam menjalankan tugas profesionalnya, dan mampu mewujudkan karakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli dan tangguh dalam perilaku keseharian.

PLO-7

Menerapkan konsep eduecopreneurship berbasis kearifan lokal dan memiliki jiwa kepemimpinan untuk menunjang kemandirian masyarakat di era Revolusi Industri.

PLO-9

Mampu mengelola pembelajaran dan memecahkan masalah bidang pendidikan Biologi dengan mengembangkan model inovatif (HOTS atau TPACK) berciri eduecopreneurship berbasis kearifan lokal.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis prinsip, karakteristik dan pemanfaatan pembelajaran adaptif konteks pendidikan biologi secara logis, kritis, dan sistematis.

PO - 2

Menunjukkan sikap profesional, bertanggung jawab, serta menjunjung tinggi etika akademik dalam mengeksplorasi pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence dalam pembelajaran biologi.

PO - 3

Merancang perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI yang inovatif dan kontekstual dengan mengintegrasikan nilai-nilai eduecopreneurship dan kearifan lokal.

PO - 4

Mengevaluasi perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran biologi dan kemandirian belajar peserta didik.

PO - 5

Menganalisis prinsip dan karakteristik serta pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam konteks pembelajaran biologi secara logis, kritis, dan sistematis.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-6PLO-7PLO-9
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep dan penerapan pembelajaran adaptif serta Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran biologi. Materi yang dipelajari: karakteristik pembelajaran adaptif, jenis-jenis AI edukatif, serta isu etika dan profesionalisme dalam penggunaannya. Keterampilan yang dilatihkan adalah merancang model pembelajaran inovatif berbasis AI yang kontekstual dan bernilai eduecopreneurship, serta mengevaluasi efektivitasnya. Pembelajaran dilaksanakan secara reflektif, kolaboratif, dan berbasis proyek.

Pustaka

Utama :

  1. Looi, C-K, McCalla, G., Bredeweg, B., Breuker, J. 2005. Artificial Intelligence in Education, Supporting Learning through Intelligent and Socially Informed Technology. Washington D.C.: IOS Press
  2. Holmes, W., Bialik, M., Fadel, C. 2019. Artificial Intelligence In Education: Promises and Implications for Teaching and Learning. Boston : The Center for Curriculum Redesign.
  3. Midgley. C. 2014. Goals, Goal Structures, and Patterns of Adaptive Learning. New York: Routledge

Pendukung :

  1. Gligorea, I., Cioca, M., Oancea, R., Gorski, A.-T., Gorski, H., Tudorache, P. 2023. Adaptive Learning Using Artificial Intelligence in e-Learning: A Literature Review. Education Science. 2023, 13: 2-27. https://doi.org/10.3390/educsci13121216
  2. Plooy, E du , Casteleijn, D., Franzsen, D. 2024. Personalized adaptive learning in higher education: A scoping review of key characteristics and impact on academic performance and engagement. Heliyon 10: 1-24.

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Wisanti, M.S.

Dr. Raharjo, M.Si.

Dr. Rinie Pratiwi Puspitawati, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mengjelaskan definisi dan prinsip pembelajaran adaptif .
  2. Mendeskripsikan karakteristik dan prinsip pembelajaran adaptif dalam biologi.
  3. Mengkaji pembelajaran adaptif dalam konteks e-learning (Adaptive e-learning)
  1. Mahasiswa menjelaskan definisi dan prinsip pembelajaran adaptif secara tertulis.
  2. Mahasiswa menjelaskan perbedaan pembelajaran adaptif dengan pembelajaran tradisional
  3. Mahasiswa membuat esai singkat tentang pembelajaran adaptif dalam konteks e-learning (Adaptive e-learning)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, diskusi, tanya jawab

Materi: Pengertian, kriteria, tipe, kelebihan dan kelemahan, perbedaan dengan pembelajaran tradisional, pembelajaran adaptif dalam konteks e-learning (Adaptive e-learning)
Pustaka: Midgley. C. 2014. Goals, Goal Structures, and Patterns of Adaptive Learning. New York: Routledge
5%

2

Minggu ke 2

  1. Mengkaji pembelajaran adaptif dalam konteks e-learning (Adaptive e-learning)
  2. Menganalisis teori belajar yang melandasi pembelajaran adaptif
  3. Menjelaskan peran personalisasi dan diferensiasi dalam pembelajaran biologi
  1. Mahasiswa membuat esai singkat tentang pembelajaran adaptif dalam konteks e-learning (Adaptive e-learning)
  2. Menganalisis teori belajar yang melandasi pembelajaran adaptif
  3. Menjelaskan peran personalisasi dan diferensiasi dalam pembelajaran biologi
Kriteria:
  1. kuantitatif (C3 & C4)
  2. kualitatif: memberikan umpan balik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
presentasi, diskusi, tanya jawab

Materi: Teori Belajar yang Melandasi Pembelajaran Adaptif : teori belajar kognitif, konstruktivisme, dan konektivisme; Peran personalisasi dan diferensiasi dalam pembelajaran biologi.
Pustaka: Midgley. C. 2014. Goals, Goal Structures, and Patterns of Adaptive Learning. New York: Routledge
5%

3

Minggu ke 3

  1. Memahami tipe adaptasi dalam pembelajaran adaptif
  2. Mengkarakterisasikan platform dan alat digital yang mendukung pembelajaran adaptif
  1. Menjelaskan tipe adaptasi dalam pembelajaran adaptif
  2. Mengkarakterisasikan platform dan alat digital pembelajaran adaptif yang lazim digunakan dalam pembelajaran Biologi
Kriteria:

kuantitatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes


Materi: tipe adaptasi dalam pembelajaran adaptif
Pustaka: Midgley. C. 2014. Goals, Goal Structures, and Patterns of Adaptive Learning. New York: Routledge

Materi: Penggunaan AI dalam pembelajaran adaptif
Pustaka: Gligorea, I., Cioca, M., Oancea, R., Gorski, A.-T., Gorski, H., Tudorache, P. 2023. Adaptive Learning Using Artificial Intelligence in e-Learning: A Literature Review. Education Science. 2023, 13: 2-27. https://doi.org/...
5%

4

Minggu ke 4

  1. Memahami konsep dasar Artificial Intelligence dan perkembangannya dalam konteks pendidikan
  2. Mengidentifikasi jenis-jenis aplikasi Artifial IntelligenceI yang relevan untuk mendukung pembelajaran biologi
  1. Menjelaskan konsep dasar Artificial Intelligence dan perkembangannya dalam konteks pendidikan
  2. Mengidentifikasi jenis-jenis aplikasi Artifial IntelligenceI yang relevan untuk mendukung pembelajaran biologi
Kriteria:
  1. kuantitatif
  2. kualitatif: umpan balik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Presentasi dan diskusi

Materi: Artificial Intelligence dan perkembangannya dalam konteks pendidikan; jenis-jenis aplikasi Artifial Intelligence
Pustaka: Holmes, W., Bialik, M., Fadel, C. 2019. Artificial Intelligence In Education: Promises and Implications for Teaching and Learning. Boston : The Center for Curriculum Redesign.
5%

5

Minggu ke 5

  1. Menganalisis peran AI dalam personalisasi pembelajaran dan pengambilan keputusan pedagogis.
  2. Mengkaji potensi AI dalam meningkatkan keterlibatan dan kemandirian peserta didik.

Menyusun makalah review referensi tentang analisis peran AI dalam personalisasi pembelajaran dan potensi AI dalam pembelajaran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
presentasi dan diskusi

Materi: peran AI dalam personalisasi pembelajaran dan pengambilan keputusan pedagogis
Pustaka: Looi, C-K, McCalla, G., Bredeweg, B., Breuker, J. 2005. Artificial Intelligence in Education, Supporting Learning through Intelligent and Socially Informed Technology. Washington D.C.: IOS Press

Materi: Potensi AI dalam meningkatkan keterlibatan dan kemandirian peserta didik
Pustaka: Gligorea, I., Cioca, M., Oancea, R., Gorski, A.-T., Gorski, H., Tudorache, P. 2023. Adaptive Learning Using Artificial Intelligence in e-Learning: A Literature Review. Education Science. 2023, 13: 2-27. https://doi.org/...
5%

6

Minggu ke 6

  1. Mengeksplorasi pemanfaatan artificial intelligence dalam pembelajaran Biologi
  2. Memahami tantangan dan peluang implementasi artificial intelligence dalam pembelajaran biologi
  1. Menyusun makalah kajian referensi tentang pemanfaatan artificial intelligence dalam pembelajaran adaptif
  2. Menjelaskan tantangan dan peluang implementasi artificial intelligence dalam pembelajaran biologi
Kriteria:

kuantitatif: kuis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
presentasi dan diskusi

Materi: Tantangan dan peluang implementasi artificial intelligence
Pustaka: Holmes, W., Bialik, M., Fadel, C. 2019. Artificial Intelligence In Education: Promises and Implications for Teaching and Learning. Boston : The Center for Curriculum Redesign.

Materi: Pemanfaatan artificial intelligence dalam pembelajaran adaptif
Pustaka: Gligorea, I., Cioca, M., Oancea, R., Gorski, A.-T., Gorski, H., Tudorache, P. 2023. Adaptive Learning Using Artificial Intelligence in e-Learning: A Literature Review. Education Science. 2023, 13: 2-27. https://doi.org/...
5%

7

Minggu ke 7

  1. Mengeksplorasi pemanfaatan artificial intelligence dalam pembelajaran Biologi
  2. Memahami tantangan dan peluang implementasi artificial intelligence dalam pembelajaran biologi
  1. Menyusun makalah kajian referensi tentang pemanfaatan artificial intelligence dalam pembelajaran adaptif
  2. Menjelaskan tantangan dan peluang implementasi artificial intelligence dalam pembelajaran biologi
Kriteria:

kuantitatif: kuis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
presentasi dan diskusi

Materi: Tantangan dan peluang implementasi artificial intelligence
Pustaka: Holmes, W., Bialik, M., Fadel, C. 2019. Artificial Intelligence In Education: Promises and Implications for Teaching and Learning. Boston : The Center for Curriculum Redesign.

Materi: Pemanfaatan artificial intelligence dalam pembelajaran adaptif
Pustaka: Gligorea, I., Cioca, M., Oancea, R., Gorski, A.-T., Gorski, H., Tudorache, P. 2023. Adaptive Learning Using Artificial Intelligence in e-Learning: A Literature Review. Education Science. 2023, 13: 2-27. https://doi.org/...
5%

8

Minggu ke 8

Menganalisis tren dan Isu terkini dalam pembelajaran adaptif dan AI

  1. Menyusun makalah kajian referensi tentang isu etika dan privasi dalam penggunaan AI untuk pembelajaran
  2. Menjelaskan perkembangan terbaru dalam teknologi AI dalam pembelajaran adaptif
Kriteria:

kuantitatif: kuis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
presentasi dan diskusi

Materi: Tantangan dan peluang implementasi artificial intelligence
Pustaka: Holmes, W., Bialik, M., Fadel, C. 2019. Artificial Intelligence In Education: Promises and Implications for Teaching and Learning. Boston : The Center for Curriculum Redesign.

Materi: Pemanfaatan artificial intelligence dalam pembelajaran adaptif
Pustaka: Gligorea, I., Cioca, M., Oancea, R., Gorski, A.-T., Gorski, H., Tudorache, P. 2023. Adaptive Learning Using Artificial Intelligence in e-Learning: A Literature Review. Education Science. 2023, 13: 2-27. https://doi.org/...
10%

9

Minggu ke 9

  1. Mendesain strategi pembelajaran adaptif yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik
  2. Mengintegrasikan teknologi AI secara tepat dalam rancangan perangkat pembelajaran
  3. Mengintegrasikan nilai eduecopreneurship dan kearifan lokal dalam perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI
  4. Mengembangkan asesmen yang adaptif sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik
  1. Merancang tahapan pembelajaran yang memfasilitasi personalisasi pembelajaran
  2. Menyusun perangkat pembelajaran (Rencana pembelajaran, modul ajar dan LKPD) yang menyertakan penggunaan AI
  3. Menyusun modul ajar dan LKPD dengan mengintegrasikan potensi lokal atau kearifan lokal dengan aktivitas berbasis eduecopreneurship
  4. Menyusun perangkat pembelajaran dengan unsur kebaruan (ide, pendekatan, atau media) yang kontekstual dan aplikatif
Kriteria:
  1. Kuantitatif
  2. Kualitatif: umpan balik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi, tugas mandiri

Materi: desain pembelajaran adaptif
Pustaka: Midgley. C. 2014. Goals, Goal Structures, and Patterns of Adaptive Learning. New York: Routledge

Materi: pembelajaran personalisasi
Pustaka: Plooy, E du , Casteleijn, D., Franzsen, D. 2024. Personalized adaptive learning in higher education: A scoping review of key characteristics and impact on academic performance and engagement. Heliyon 10: 1-24.
5%

10

Minggu ke 10

  1. Mendesain strategi pembelajaran adaptif yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik
  2. Mengintegrasikan teknologi AI secara tepat dalam rancangan perangkat pembelajaran
  3. Mengintegrasikan nilai eduecopreneurship dan kearifan lokal dalam perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI
  4. Mengembangkan asesmen yang adaptif sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik
  1. Merancang tahapan pembelajaran yang memfasilitasi personalisasi pembelajaran
  2. Menyusun perangkat pembelajaran (Rencana pembelajaran, modul ajar dan LKPD) yang menyertakan penggunaan AI
  3. Menyusun modul ajar dan LKPD dengan mengintegrasikan potensi lokal atau kearifan lokal dengan aktivitas berbasis eduecopreneurship
  4. Menyusun perangkat pembelajaran dengan unsur kebaruan (ide, pendekatan, atau media) yang kontekstual dan aplikatif
Kriteria:
  1. Kuantitatif
  2. Kualitatif: umpan balik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi, tugas mandiri

Materi: desain pembelajaran adaptif
Pustaka: Midgley. C. 2014. Goals, Goal Structures, and Patterns of Adaptive Learning. New York: Routledge

Materi: pembelajaran personalisasi
Pustaka: Plooy, E du , Casteleijn, D., Franzsen, D. 2024. Personalized adaptive learning in higher education: A scoping review of key characteristics and impact on academic performance and engagement. Heliyon 10: 1-24.
5%

11

Minggu ke 11

  1. Mendesain strategi pembelajaran adaptif yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik
  2. Mengintegrasikan teknologi AI secara tepat dalam rancangan perangkat pembelajaran
  3. Mengintegrasikan nilai eduecopreneurship dan kearifan lokal dalam perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI
  4. Mengembangkan asesmen yang adaptif sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik
  1. Merancang tahapan pembelajaran yang memfasilitasi personalisasi pembelajaran
  2. Menyusun perangkat pembelajaran (Rencana pembelajaran, modul ajar dan LKPD) yang menyertakan penggunaan AI
  3. Menyusun modul ajar dan LKPD dengan mengintegrasikan potensi lokal atau kearifan lokal dengan aktivitas berbasis eduecopreneurship
  4. Menyusun perangkat pembelajaran dengan unsur kebaruan (ide, pendekatan, atau media) yang kontekstual dan aplikatif
Kriteria:
  1. Kuantitatif
  2. Kualitatif: umpan balik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi, tugas mandiri

Materi: desain pembelajaran adaptif
Pustaka: Midgley. C. 2014. Goals, Goal Structures, and Patterns of Adaptive Learning. New York: Routledge

Materi: pembelajaran personalisasi
Pustaka: Plooy, E du , Casteleijn, D., Franzsen, D. 2024. Personalized adaptive learning in higher education: A scoping review of key characteristics and impact on academic performance and engagement. Heliyon 10: 1-24.
5%

12

Minggu ke 12

  1. Mendesain strategi pembelajaran adaptif yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik
  2. Mengintegrasikan teknologi AI secara tepat dalam rancangan perangkat pembelajaran
  3. Mengintegrasikan nilai eduecopreneurship dan kearifan lokal dalam perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI
  4. Mengembangkan asesmen yang adaptif sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik
  1. Merancang tahapan pembelajaran yang memfasilitasi personalisasi pembelajaran
  2. Menyusun perangkat pembelajaran (Rencana pembelajaran, modul ajar dan LKPD) yang menyertakan penggunaan AI
  3. Menyusun modul ajar dan LKPD dengan mengintegrasikan potensi lokal atau kearifan lokal dengan aktivitas berbasis eduecopreneurship
  4. Menyusun perangkat pembelajaran dengan unsur kebaruan (ide, pendekatan, atau media) yang kontekstual dan aplikatif
Kriteria:

Kualitatif: umpan balik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi, tugas mandiri

Materi: desain pembelajaran adaptif
Pustaka: Midgley. C. 2014. Goals, Goal Structures, and Patterns of Adaptive Learning. New York: Routledge

Materi: pembelajaran personalisasi
Pustaka: Plooy, E du , Casteleijn, D., Franzsen, D. 2024. Personalized adaptive learning in higher education: A scoping review of key characteristics and impact on academic performance and engagement. Heliyon 10: 1-24.
10%

13

Minggu ke 13

  1. Mendesain strategi pembelajaran adaptif yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik
  2. Mengintegrasikan teknologi AI secara tepat dalam rancangan perangkat pembelajaran
  3. Mengintegrasikan nilai eduecopreneurship dan kearifan lokal dalam perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI
  4. Mengembangkan asesmen yang adaptif sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik
  1. Merancang tahapan pembelajaran yang memfasilitasi personalisasi pembelajaran
  2. Menyusun perangkat pembelajaran (Rencana pembelajaran, modul ajar dan LKPD) yang menyertakan penggunaan AI
  3. Menyusun modul ajar dan LKPD dengan mengintegrasikan potensi lokal atau kearifan lokal dengan aktivitas berbasis eduecopreneurship
  4. Menyusun perangkat pembelajaran dengan unsur kebaruan (ide, pendekatan, atau media) yang kontekstual dan aplikatif
Kriteria:

Kuantitatif: proses dan hasil


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi, tugas mandiri

Materi: desain pembelajaran adaptif
Pustaka: Midgley. C. 2014. Goals, Goal Structures, and Patterns of Adaptive Learning. New York: Routledge

Materi: pembelajaran personalisasi
Pustaka: Plooy, E du , Casteleijn, D., Franzsen, D. 2024. Personalized adaptive learning in higher education: A scoping review of key characteristics and impact on academic performance and engagement. Heliyon 10: 1-24.
10%

14

Minggu ke 14

  1. Mengembangkan instrumen rubrik penilaian kelayakan teoretis perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI
  2. Mengevaluasi perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI terhadap kemandirian belajar peserta didik
  3. Mengkaji hasil evaluasi perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI terhadap kemandirian belajarn peserta didik
  1. Menyusun indikator penilaian perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI yang terukur dan relevan dengan
  2. Menggunakan instrumen penilaian untuk menentukan kelayakan perangkat pembelajaran yang sudah dikembangkan
  3. Menyusun laporan evaluasi kelayakan perangkat pembelajaran secara komprehensif dan reflektif

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Materi: pembelajaran adaptif
Pustaka: Gligorea, I., Cioca, M., Oancea, R., Gorski, A.-T., Gorski, H., Tudorache, P. 2023. Adaptive Learning Using Artificial Intelligence in e-Learning: A Literature Review. Education Science. 2023, 13: 2-27. https://doi.org/...

Materi: personalisasi pembelajaran adaptif
Pustaka: Plooy, E du , Casteleijn, D., Franzsen, D. 2024. Personalized adaptive learning in higher education: A scoping review of key characteristics and impact on academic performance and engagement. Heliyon 10: 1-24.
5%

15

Minggu ke 15

  1. Mengembangkan instrumen rubrik penilaian kelayakan teoretis perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI
  2. Mengevaluasi perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI terhadap kemandirian belajar peserta didik
  3. Mengkaji hasil evaluasi perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI terhadap kemandirian belajarn peserta didik
  1. Menyusun indikator penilaian perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI yang terukur dan relevan dengan
  2. Menggunakan instrumen penilaian untuk menentukan kelayakan perangkat pembelajaran yang sudah dikembangkan
  3. Menyusun laporan evaluasi kelayakan perangkat pembelajaran secara komprehensif dan reflektif
Kriteria:

Kualitatif: umpan balik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Materi: pembelajaran adaptif
Pustaka: Gligorea, I., Cioca, M., Oancea, R., Gorski, A.-T., Gorski, H., Tudorache, P. 2023. Adaptive Learning Using Artificial Intelligence in e-Learning: A Literature Review. Education Science. 2023, 13: 2-27. https://doi.org/...

Materi: personalisasi pembelajaran adaptif
Pustaka: Plooy, E du , Casteleijn, D., Franzsen, D. 2024. Personalized adaptive learning in higher education: A scoping review of key characteristics and impact on academic performance and engagement. Heliyon 10: 1-24.
5%

16

Minggu ke 16

  1. Mengembangkan instrumen rubrik penilaian kelayakan teoretis perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI
  2. Mengevaluasi perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI terhadap kemandirian belajar peserta didik
  3. Mengkaji hasil evaluasi perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI terhadap kemandirian belajarn peserta didik
  1. Menyusun indikator penilaian perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI yang terukur dan relevan dengan
  2. Menggunakan instrumen penilaian untuk menentukan kelayakan perangkat pembelajaran yang sudah dikembangkan
  3. Menyusun laporan evaluasi kelayakan perangkat pembelajaran secara komprehensif dan reflektif
Kriteria:

Kuantitatif, teknik penilaian: proses dan hasil


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan diskusi

Materi: pembelajaran adaptif
Pustaka: Gligorea, I., Cioca, M., Oancea, R., Gorski, A.-T., Gorski, H., Tudorache, P. 2023. Adaptive Learning Using Artificial Intelligence in e-Learning: A Literature Review. Education Science. 2023, 13: 2-27. https://doi.org/...

Materi: personalisasi pembelajaran adaptif
Pustaka: Plooy, E du , Casteleijn, D., Franzsen, D. 2024. Personalized adaptive learning in higher education: A scoping review of key characteristics and impact on academic performance and engagement. Heliyon 10: 1-24.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 42.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
3. Tes 7.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.