
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Biologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pembelajaran Adaptif dan Artificial Intelligence |
8410502025 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
17 Juni 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Wisanti, M.S.
|
Prof. Dr. Wisanti, M.S.
|
Prof. Dr. Yuliani, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya dengan memperhatikan etika akademik dalam menjalankan tugas profesionalnya, dan mampu mewujudkan karakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli dan tangguh dalam perilaku keseharian. |
PLO-7 |
Menerapkan konsep eduecopreneurship berbasis kearifan lokal dan memiliki jiwa kepemimpinan untuk menunjang kemandirian masyarakat di era Revolusi Industri. |
PLO-9 |
Mampu mengelola pembelajaran dan memecahkan masalah bidang pendidikan Biologi dengan mengembangkan model inovatif (HOTS atau TPACK) berciri eduecopreneurship berbasis kearifan lokal. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menganalisis prinsip, karakteristik dan pemanfaatan pembelajaran adaptif konteks pendidikan biologi secara logis, kritis, dan sistematis.
|
PO - 2 |
Menunjukkan sikap profesional, bertanggung jawab, serta menjunjung tinggi etika akademik dalam mengeksplorasi pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence dalam pembelajaran biologi.
|
PO - 3 |
Merancang perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI yang inovatif dan kontekstual dengan mengintegrasikan nilai-nilai eduecopreneurship dan kearifan lokal.
|
PO - 4 |
Mengevaluasi perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran biologi dan kemandirian belajar peserta didik.
|
PO - 5 |
Menganalisis prinsip dan karakteristik serta pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam konteks pembelajaran biologi secara logis, kritis, dan sistematis.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | | PO-4 | | | | ✔ | PO-5 | ✔ | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | PO-5 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas konsep dan penerapan pembelajaran adaptif serta Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran biologi. Materi yang dipelajari: karakteristik pembelajaran adaptif, jenis-jenis AI edukatif, serta isu etika dan profesionalisme dalam penggunaannya. Keterampilan yang dilatihkan adalah merancang model pembelajaran inovatif berbasis AI yang kontekstual dan bernilai eduecopreneurship, serta mengevaluasi efektivitasnya. Pembelajaran dilaksanakan secara reflektif, kolaboratif, dan berbasis proyek. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Looi, C-K, McCalla, G., Bredeweg, B., Breuker, J. 2005. Artificial Intelligence in Education, Supporting Learning through Intelligent and Socially Informed Technology. Washington D.C.: IOS Press
- Holmes, W., Bialik, M., Fadel, C. 2019. Artificial Intelligence In Education: Promises and Implications for Teaching and Learning. Boston : The Center for Curriculum Redesign.
- Midgley. C. 2014. Goals, Goal Structures, and Patterns of Adaptive Learning. New York: Routledge
|
Pendukung : |
|
- Gligorea, I., Cioca, M., Oancea, R., Gorski, A.-T., Gorski, H., Tudorache, P. 2023. Adaptive Learning Using Artificial Intelligence in e-Learning: A Literature Review. Education Science. 2023, 13: 2-27. https://doi.org/10.3390/educsci13121216
- Plooy, E du , Casteleijn, D., Franzsen, D. 2024. Personalized adaptive learning in higher education: A scoping review of key characteristics and impact on academic performance and engagement. Heliyon 10: 1-24.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Wisanti, M.S. Dr. Raharjo, M.Si. Dr. Rinie Pratiwi Puspitawati, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mengjelaskan definisi dan prinsip pembelajaran adaptif .
- Mendeskripsikan karakteristik dan prinsip pembelajaran adaptif dalam biologi.
- Mengkaji pembelajaran adaptif dalam konteks e-learning (Adaptive e-learning)
|
- Mahasiswa menjelaskan definisi dan prinsip pembelajaran adaptif secara tertulis.
- Mahasiswa menjelaskan perbedaan pembelajaran adaptif dengan pembelajaran tradisional
- Mahasiswa membuat esai singkat tentang pembelajaran adaptif dalam konteks e-learning (Adaptive e-learning)
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi, tanya jawab
|
|
Materi: Pengertian, kriteria, tipe, kelebihan dan kelemahan, perbedaan dengan pembelajaran tradisional, pembelajaran adaptif dalam konteks e-learning (Adaptive e-learning) Pustaka: Midgley. C. 2014. Goals, Goal Structures, and Patterns of Adaptive Learning. New York: Routledge |
5% |
2
Minggu ke 2 |
- Mengkaji pembelajaran adaptif dalam konteks e-learning (Adaptive e-learning)
- Menganalisis teori belajar yang melandasi pembelajaran adaptif
- Menjelaskan peran personalisasi dan diferensiasi dalam pembelajaran biologi
|
- Mahasiswa membuat esai singkat tentang pembelajaran adaptif dalam konteks e-learning (Adaptive e-learning)
- Menganalisis teori belajar yang melandasi pembelajaran adaptif
- Menjelaskan peran personalisasi dan diferensiasi dalam pembelajaran biologi
|
Kriteria:
- kuantitatif (C3 & C4)
- kualitatif: memberikan umpan balik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
presentasi, diskusi, tanya jawab
|
|
Materi: Teori Belajar yang Melandasi Pembelajaran Adaptif : teori belajar kognitif, konstruktivisme, dan konektivisme; Peran personalisasi dan diferensiasi dalam pembelajaran biologi. Pustaka: Midgley. C. 2014. Goals, Goal Structures, and Patterns of Adaptive Learning. New York: Routledge |
5% |
3
Minggu ke 3 |
- Memahami tipe adaptasi dalam pembelajaran adaptif
- Mengkarakterisasikan platform dan alat digital yang mendukung pembelajaran adaptif
|
- Menjelaskan tipe adaptasi dalam pembelajaran adaptif
- Mengkarakterisasikan platform dan alat digital pembelajaran adaptif yang lazim digunakan dalam pembelajaran Biologi
|
Kriteria:
kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
|
|
Materi: tipe adaptasi dalam pembelajaran adaptif Pustaka: Midgley. C. 2014. Goals, Goal Structures, and Patterns of Adaptive Learning. New York: Routledge Materi: Penggunaan AI dalam pembelajaran adaptif Pustaka: Gligorea, I., Cioca, M., Oancea, R., Gorski, A.-T., Gorski, H., Tudorache, P. 2023. Adaptive Learning Using Artificial Intelligence in e-Learning: A Literature Review. Education Science. 2023, 13: 2-27. https://doi.org/... |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Memahami konsep dasar Artificial Intelligence dan perkembangannya dalam konteks pendidikan
- Mengidentifikasi jenis-jenis aplikasi Artifial IntelligenceI yang relevan untuk mendukung pembelajaran biologi
|
- Menjelaskan konsep dasar Artificial Intelligence dan perkembangannya dalam konteks pendidikan
- Mengidentifikasi jenis-jenis aplikasi Artifial IntelligenceI yang relevan untuk mendukung pembelajaran biologi
|
Kriteria:
- kuantitatif
- kualitatif: umpan balik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Presentasi dan diskusi
|
|
Materi: Artificial Intelligence dan perkembangannya dalam konteks pendidikan; jenis-jenis aplikasi Artifial Intelligence Pustaka: Holmes, W., Bialik, M., Fadel, C. 2019. Artificial Intelligence In Education: Promises and Implications for Teaching and Learning. Boston : The Center for Curriculum Redesign. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
- Menganalisis peran AI dalam personalisasi pembelajaran dan pengambilan keputusan pedagogis.
- Mengkaji potensi AI dalam meningkatkan keterlibatan dan kemandirian peserta didik.
|
Menyusun makalah review referensi tentang analisis peran AI dalam personalisasi pembelajaran dan potensi AI dalam pembelajaran |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi dan diskusi
|
|
Materi: peran AI dalam personalisasi pembelajaran dan pengambilan keputusan pedagogis Pustaka: Looi, C-K, McCalla, G., Bredeweg, B., Breuker, J. 2005. Artificial Intelligence in Education, Supporting Learning through Intelligent and Socially Informed Technology. Washington D.C.: IOS Press Materi: Potensi AI dalam meningkatkan keterlibatan dan kemandirian peserta didik Pustaka: Gligorea, I., Cioca, M., Oancea, R., Gorski, A.-T., Gorski, H., Tudorache, P. 2023. Adaptive Learning Using Artificial Intelligence in e-Learning: A Literature Review. Education Science. 2023, 13: 2-27. https://doi.org/... |
5% |
6
Minggu ke 6 |
- Mengeksplorasi pemanfaatan artificial intelligence dalam pembelajaran Biologi
- Memahami tantangan dan peluang implementasi artificial intelligence dalam pembelajaran biologi
|
- Menyusun makalah kajian referensi tentang pemanfaatan artificial intelligence dalam pembelajaran adaptif
- Menjelaskan tantangan dan peluang implementasi artificial intelligence dalam pembelajaran biologi
|
Kriteria:
kuantitatif: kuis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi dan diskusi
|
|
Materi: Tantangan dan peluang implementasi artificial intelligence Pustaka: Holmes, W., Bialik, M., Fadel, C. 2019. Artificial Intelligence In Education: Promises and Implications for Teaching and Learning. Boston : The Center for Curriculum Redesign. Materi: Pemanfaatan artificial intelligence dalam pembelajaran adaptif Pustaka: Gligorea, I., Cioca, M., Oancea, R., Gorski, A.-T., Gorski, H., Tudorache, P. 2023. Adaptive Learning Using Artificial Intelligence in e-Learning: A Literature Review. Education Science. 2023, 13: 2-27. https://doi.org/... |
5% |
7
Minggu ke 7 |
- Mengeksplorasi pemanfaatan artificial intelligence dalam pembelajaran Biologi
- Memahami tantangan dan peluang implementasi artificial intelligence dalam pembelajaran biologi
|
- Menyusun makalah kajian referensi tentang pemanfaatan artificial intelligence dalam pembelajaran adaptif
- Menjelaskan tantangan dan peluang implementasi artificial intelligence dalam pembelajaran biologi
|
Kriteria:
kuantitatif: kuis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi dan diskusi
|
|
Materi: Tantangan dan peluang implementasi artificial intelligence Pustaka: Holmes, W., Bialik, M., Fadel, C. 2019. Artificial Intelligence In Education: Promises and Implications for Teaching and Learning. Boston : The Center for Curriculum Redesign. Materi: Pemanfaatan artificial intelligence dalam pembelajaran adaptif Pustaka: Gligorea, I., Cioca, M., Oancea, R., Gorski, A.-T., Gorski, H., Tudorache, P. 2023. Adaptive Learning Using Artificial Intelligence in e-Learning: A Literature Review. Education Science. 2023, 13: 2-27. https://doi.org/... |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Menganalisis tren dan Isu terkini dalam pembelajaran adaptif dan AI |
- Menyusun makalah kajian referensi tentang isu etika dan privasi dalam penggunaan AI untuk pembelajaran
- Menjelaskan perkembangan terbaru dalam teknologi AI dalam pembelajaran adaptif
|
Kriteria:
kuantitatif: kuis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
presentasi dan diskusi
|
|
Materi: Tantangan dan peluang implementasi artificial intelligence Pustaka: Holmes, W., Bialik, M., Fadel, C. 2019. Artificial Intelligence In Education: Promises and Implications for Teaching and Learning. Boston : The Center for Curriculum Redesign. Materi: Pemanfaatan artificial intelligence dalam pembelajaran adaptif Pustaka: Gligorea, I., Cioca, M., Oancea, R., Gorski, A.-T., Gorski, H., Tudorache, P. 2023. Adaptive Learning Using Artificial Intelligence in e-Learning: A Literature Review. Education Science. 2023, 13: 2-27. https://doi.org/... |
10% |
9
Minggu ke 9 |
- Mendesain strategi pembelajaran adaptif yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik
- Mengintegrasikan teknologi AI secara tepat dalam rancangan perangkat pembelajaran
- Mengintegrasikan nilai eduecopreneurship dan kearifan lokal dalam perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI
- Mengembangkan asesmen yang adaptif sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik
|
- Merancang tahapan pembelajaran yang memfasilitasi personalisasi pembelajaran
- Menyusun perangkat pembelajaran (Rencana pembelajaran, modul ajar dan LKPD) yang menyertakan penggunaan AI
- Menyusun modul ajar dan LKPD dengan mengintegrasikan potensi lokal atau kearifan lokal dengan aktivitas berbasis eduecopreneurship
- Menyusun perangkat pembelajaran dengan unsur kebaruan (ide, pendekatan, atau media) yang kontekstual dan aplikatif
|
Kriteria:
- Kuantitatif
- Kualitatif: umpan balik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi, tugas mandiri
|
|
Materi: desain pembelajaran adaptif Pustaka: Midgley. C. 2014. Goals, Goal Structures, and Patterns of Adaptive Learning. New York: Routledge Materi: pembelajaran personalisasi Pustaka: Plooy, E du , Casteleijn, D., Franzsen, D. 2024. Personalized adaptive learning in higher education: A scoping review of key characteristics and impact on academic performance and engagement. Heliyon 10: 1-24. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- Mendesain strategi pembelajaran adaptif yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik
- Mengintegrasikan teknologi AI secara tepat dalam rancangan perangkat pembelajaran
- Mengintegrasikan nilai eduecopreneurship dan kearifan lokal dalam perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI
- Mengembangkan asesmen yang adaptif sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik
|
- Merancang tahapan pembelajaran yang memfasilitasi personalisasi pembelajaran
- Menyusun perangkat pembelajaran (Rencana pembelajaran, modul ajar dan LKPD) yang menyertakan penggunaan AI
- Menyusun modul ajar dan LKPD dengan mengintegrasikan potensi lokal atau kearifan lokal dengan aktivitas berbasis eduecopreneurship
- Menyusun perangkat pembelajaran dengan unsur kebaruan (ide, pendekatan, atau media) yang kontekstual dan aplikatif
|
Kriteria:
- Kuantitatif
- Kualitatif: umpan balik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi, tugas mandiri
|
|
Materi: desain pembelajaran adaptif Pustaka: Midgley. C. 2014. Goals, Goal Structures, and Patterns of Adaptive Learning. New York: Routledge Materi: pembelajaran personalisasi Pustaka: Plooy, E du , Casteleijn, D., Franzsen, D. 2024. Personalized adaptive learning in higher education: A scoping review of key characteristics and impact on academic performance and engagement. Heliyon 10: 1-24. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
- Mendesain strategi pembelajaran adaptif yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik
- Mengintegrasikan teknologi AI secara tepat dalam rancangan perangkat pembelajaran
- Mengintegrasikan nilai eduecopreneurship dan kearifan lokal dalam perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI
- Mengembangkan asesmen yang adaptif sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik
|
- Merancang tahapan pembelajaran yang memfasilitasi personalisasi pembelajaran
- Menyusun perangkat pembelajaran (Rencana pembelajaran, modul ajar dan LKPD) yang menyertakan penggunaan AI
- Menyusun modul ajar dan LKPD dengan mengintegrasikan potensi lokal atau kearifan lokal dengan aktivitas berbasis eduecopreneurship
- Menyusun perangkat pembelajaran dengan unsur kebaruan (ide, pendekatan, atau media) yang kontekstual dan aplikatif
|
Kriteria:
- Kuantitatif
- Kualitatif: umpan balik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi, tugas mandiri
|
|
Materi: desain pembelajaran adaptif Pustaka: Midgley. C. 2014. Goals, Goal Structures, and Patterns of Adaptive Learning. New York: Routledge Materi: pembelajaran personalisasi Pustaka: Plooy, E du , Casteleijn, D., Franzsen, D. 2024. Personalized adaptive learning in higher education: A scoping review of key characteristics and impact on academic performance and engagement. Heliyon 10: 1-24. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
- Mendesain strategi pembelajaran adaptif yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik
- Mengintegrasikan teknologi AI secara tepat dalam rancangan perangkat pembelajaran
- Mengintegrasikan nilai eduecopreneurship dan kearifan lokal dalam perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI
- Mengembangkan asesmen yang adaptif sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik
|
- Merancang tahapan pembelajaran yang memfasilitasi personalisasi pembelajaran
- Menyusun perangkat pembelajaran (Rencana pembelajaran, modul ajar dan LKPD) yang menyertakan penggunaan AI
- Menyusun modul ajar dan LKPD dengan mengintegrasikan potensi lokal atau kearifan lokal dengan aktivitas berbasis eduecopreneurship
- Menyusun perangkat pembelajaran dengan unsur kebaruan (ide, pendekatan, atau media) yang kontekstual dan aplikatif
|
Kriteria:
Kualitatif: umpan balik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
diskusi, tugas mandiri
|
|
Materi: desain pembelajaran adaptif Pustaka: Midgley. C. 2014. Goals, Goal Structures, and Patterns of Adaptive Learning. New York: Routledge Materi: pembelajaran personalisasi Pustaka: Plooy, E du , Casteleijn, D., Franzsen, D. 2024. Personalized adaptive learning in higher education: A scoping review of key characteristics and impact on academic performance and engagement. Heliyon 10: 1-24. |
10% |
13
Minggu ke 13 |
- Mendesain strategi pembelajaran adaptif yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik
- Mengintegrasikan teknologi AI secara tepat dalam rancangan perangkat pembelajaran
- Mengintegrasikan nilai eduecopreneurship dan kearifan lokal dalam perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI
- Mengembangkan asesmen yang adaptif sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik
|
- Merancang tahapan pembelajaran yang memfasilitasi personalisasi pembelajaran
- Menyusun perangkat pembelajaran (Rencana pembelajaran, modul ajar dan LKPD) yang menyertakan penggunaan AI
- Menyusun modul ajar dan LKPD dengan mengintegrasikan potensi lokal atau kearifan lokal dengan aktivitas berbasis eduecopreneurship
- Menyusun perangkat pembelajaran dengan unsur kebaruan (ide, pendekatan, atau media) yang kontekstual dan aplikatif
|
Kriteria:
Kuantitatif: proses dan hasil Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
diskusi, tugas mandiri
|
|
Materi: desain pembelajaran adaptif Pustaka: Midgley. C. 2014. Goals, Goal Structures, and Patterns of Adaptive Learning. New York: Routledge Materi: pembelajaran personalisasi Pustaka: Plooy, E du , Casteleijn, D., Franzsen, D. 2024. Personalized adaptive learning in higher education: A scoping review of key characteristics and impact on academic performance and engagement. Heliyon 10: 1-24. |
10% |
14
Minggu ke 14 |
- Mengembangkan instrumen rubrik penilaian kelayakan teoretis perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI
- Mengevaluasi perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI terhadap kemandirian belajar peserta didik
- Mengkaji hasil evaluasi perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI terhadap kemandirian belajarn peserta didik
|
- Menyusun indikator penilaian perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI yang terukur dan relevan dengan
- Menggunakan instrumen penilaian untuk menentukan kelayakan perangkat pembelajaran yang sudah dikembangkan
- Menyusun laporan evaluasi kelayakan perangkat pembelajaran secara komprehensif dan reflektif
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
|
Materi: pembelajaran adaptif Pustaka: Gligorea, I., Cioca, M., Oancea, R., Gorski, A.-T., Gorski, H., Tudorache, P. 2023. Adaptive Learning Using Artificial Intelligence in e-Learning: A Literature Review. Education Science. 2023, 13: 2-27. https://doi.org/... Materi: personalisasi pembelajaran adaptif Pustaka: Plooy, E du , Casteleijn, D., Franzsen, D. 2024. Personalized adaptive learning in higher education: A scoping review of key characteristics and impact on academic performance and engagement. Heliyon 10: 1-24. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
- Mengembangkan instrumen rubrik penilaian kelayakan teoretis perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI
- Mengevaluasi perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI terhadap kemandirian belajar peserta didik
- Mengkaji hasil evaluasi perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI terhadap kemandirian belajarn peserta didik
|
- Menyusun indikator penilaian perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI yang terukur dan relevan dengan
- Menggunakan instrumen penilaian untuk menentukan kelayakan perangkat pembelajaran yang sudah dikembangkan
- Menyusun laporan evaluasi kelayakan perangkat pembelajaran secara komprehensif dan reflektif
|
Kriteria:
Kualitatif: umpan balik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
|
Materi: pembelajaran adaptif Pustaka: Gligorea, I., Cioca, M., Oancea, R., Gorski, A.-T., Gorski, H., Tudorache, P. 2023. Adaptive Learning Using Artificial Intelligence in e-Learning: A Literature Review. Education Science. 2023, 13: 2-27. https://doi.org/... Materi: personalisasi pembelajaran adaptif Pustaka: Plooy, E du , Casteleijn, D., Franzsen, D. 2024. Personalized adaptive learning in higher education: A scoping review of key characteristics and impact on academic performance and engagement. Heliyon 10: 1-24. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
- Mengembangkan instrumen rubrik penilaian kelayakan teoretis perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI
- Mengevaluasi perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI terhadap kemandirian belajar peserta didik
- Mengkaji hasil evaluasi perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI terhadap kemandirian belajarn peserta didik
|
- Menyusun indikator penilaian perangkat pembelajaran adaptif berbasis AI yang terukur dan relevan dengan
- Menggunakan instrumen penilaian untuk menentukan kelayakan perangkat pembelajaran yang sudah dikembangkan
- Menyusun laporan evaluasi kelayakan perangkat pembelajaran secara komprehensif dan reflektif
|
Kriteria:
Kuantitatif, teknik penilaian: proses dan hasil Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan diskusi
|
|
Materi: pembelajaran adaptif Pustaka: Gligorea, I., Cioca, M., Oancea, R., Gorski, A.-T., Gorski, H., Tudorache, P. 2023. Adaptive Learning Using Artificial Intelligence in e-Learning: A Literature Review. Education Science. 2023, 13: 2-27. https://doi.org/... Materi: personalisasi pembelajaran adaptif Pustaka: Plooy, E du , Casteleijn, D., Franzsen, D. 2024. Personalized adaptive learning in higher education: A scoping review of key characteristics and impact on academic performance and engagement. Heliyon 10: 1-24. |
10% |