Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Biologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Instrumen Penelitian

8410502028

T=3

P=0

ECTS=6.72

2

3 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd. Dr. Ulfi Faizah. M.Si.




Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd.




YULIANI

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya dengan memperhatikan etika akademik dalam menjalankan tugas profesionalnya, dan mampu mewujudkan karakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli dan tangguh dalam perilaku keseharian.

PLO-9

Mampu mengelola pembelajaran dan memecahkan masalah bidang pendidikan Biologi dengan mengembangkan model inovatif (HOTS atau TPACK) berciri eduecopreneurship berbasis kearifan lokal.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menerapkan konsep dasar pengembangan instrumen penelitian dalam perancangan alat ukur yang valid dan reliabel untuk penelitian di bidang Pendidikan Biologi (C3)

PO - 2

Menganalisis berbagai teknik dalam pengembangan instrumen penelitian yang sesuai dengan proposal tesis mahasiswa (C4, C5)

PO - 3

Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam mengembangkan instrumen penelitian (C3)

PO - 4

Menentukan teknik analisis data berdasarkan instrumen penelitian yang dikembangkan (C4)

PO - 5

Menciptakan instrumen penelitian yang sesuai dengan variabel penelitian yang ditentukan (C6)

PO - 6

Menerapkan keterampilan kolaboratif dalam pengembangan instrumen penelitian melalui diskusi kelas (C3)

PO - 7

Melakukan perbaikan instrumen penelitian berdasarkan feedback yang diberikan (C4)

PO - 8

Mampu mengomunikasikan secara lisan dan tertulis terkait produk instrumen penelitian yang telah dikembangkan (C6)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-6PLO-9
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  
PO-8  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Pengembangan Instrumen Penelitian pada jenjang S2 program studi Pendidikan Biologi membahas tentang teori dan praktik dalam pengembangan instrumen penelitian yang valid dan reliabel. Tujuan dari mata kuliah ini adalah untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa mengenai langkah-langkah dalam merancang, dan mengembangkan instrumen penelitian yang sesuai dengan kebutuhan penelitian di bidang Pendidikan Biologi. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pembahasan tentang konsep dasar pengembangan instrumen, jenis-jenis instrumen penelitian, teknik validitas dan reliabilitas, serta proses evaluasi instrumen penelitian. Pembelajaran dilaksanakan secara student center serta menggunakan model Project-Based Learning (PjBL). Mahasiswa diharapkan mampu melakukan proyek dengan menghasilkan produk berupa instrumen penelitian yang berkualitas dan dapat digunakan dalam tesisnya.

Pustaka

Utama :

  1. Dorans, N. J., & Cook, L. L. (2016). Fairness in educational assessment and measurement (p. 328). Taylor & Francis. Kubiszyn, T., & Borich, G. D. (2024). Educational testing and measurement. John Wiley & Sons. Margolis, M. J., & Feinberg, R. A. (2021). Integrating timing considerations to improve testing practices (p. 200). Taylor & Francis.

Pendukung :

  1. Susantini, E., Hariyadi, S., & Qomariyah, N. (2022). Hots-link mobile learning application: Instrument validity using Borich's percentage of agreement. In Teacher Education and Teacher Professional Development in the COVID-19 Turn (pp. 81-87). Routledge. Susantini, E., Sari, Y. M., Asteria, P. V., & Marzuqi, M. I. (2025). Proving Content Validity of Android-Based Higher Order Thinking Skill Assessment for Science and Mathematics Preservice Teacher. Journal of Education and Learning (EduLearn), 19(1), 551-560.

Dosen Pengampu

ENDANG SUSANTINI

ULFI FAIZAH

Dr. Ulfi Faizah, S.Pd., M.Si.

Dr. Ulfi Faizah, S.Pd., M.Si.

Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd.

Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan alat ukur yang valid dan reliabel untuk penelitian di bidang Pendidikan Biologi.

  1. Kemampuan merancang alat ukur yang valid
  2. Kemampuan merancang alat ukur yang reliabel
  3. Kemampuan menerapkan konsep dasar pengembangan instrumen penelitian
Kriteria:

Aspek Penilaian: Pemahaman konsep dasar instrument Deskripsi Penilaian: Kemampuan menjelaskan prinsip validitas, reliabilitas, dan pengembangan instrument Sangat Baik (4): Menjelaskan secara komprehensif dan tepat dengan contoh kontekstual Baik (3): Menjelaskan cukup tepat namun tidak mendalam Cukup (2): Menjelaskan secara terbatas atau kurang tepat Kurang (1): Penjelasan tidak sesuai atau tidak memahami konsep


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Proyek.
Diskusi daring tentang langkah-langkah pengembangan instrumen penelitian
Materi: Pengertian instrumen penelitian, Validitas dan reliabilitas instrumen, Langkah-langkah pengembangan instrumen penelitian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan instrumen penelitian yang valid dan reliabel untuk digunakan dalam penelitian di bidang Pendidikan Biologi.

  1. Kemampuan merancang instrumen penelitian yang valid
  2. Kemampuan merancang instrumen penelitian yang reliabel
  3. Kemampuan menjelaskan konsep dasar pengembangan instrumen penelitian
Kriteria:

Aspek Penilaian: Identifikasi teknik pengembangan instrumen Indikator: Mahasiswa dapat mengidentifikasi berbagai teknik (kuantitatif dan kualitatif) dalam pengembangan instrument. Skor 4 (Sangat Baik): Menyebutkan dan menjelaskan secara tepat dan lengkap Skor 3 (Baik): Menyebutkan sebagian besar teknik dengan penjelasan cukup Skor 2 (Cukup): Menyebutkan beberapa teknik dengan penjelasan terbatas Skor 1 (Kurang): Tidak dapat mengidentifikasi teknik secara tepat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Tes
Pembelajaran berbasis proyek.
Penugasan online memungkinkan, Penugasan online: Merancang instrumen penelitian sederhana untuk topik Pendidikan Biologi
Materi: Konsep dasar pengembangan instrumen penelitian, Validitas instrumen penelitian, Reliabilitas instrumen penelitian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi berbagai model dan teknik dalam pengembangan instrumen penelitian untuk memastikan kesesuaian dengan konteks penelitian biologi yang spesifik.

  1. Kemampuan menganalisis model pengembangan instrumen penelitian
  2. Kemampuan mengevaluasi teknik pengembangan instrumen penelitian
Kriteria:

Aspek Penilaian: Partisipasi aktif Indikator: Terlibat secara aktif dalam diskusi kelompok dan kelas Skor 4 (Sangat Baik): Selalu aktif berkontribusi dengan ide, pertanyaan, dan tanggapan Skor 3 (Baik): Aktif dalam sebagian besar diskusi, memberi masukan yang cukup Skor 2 (Cukup): Kadang berpartisipasi, kontribusi terbatas Skor 1 (Kurang): Tidak aktif atau tidak berpartisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi.
Diskusi daring tentang model dan teknik pengembangan instrumen penelitian, Penugasan membuat analisis kritis terhadap sebuah studi kasus pengembangan instrumen penelitian
Materi: Pengenalan model pengembangan instrumen penelitian, Teknik-teknik dalam pengembangan instrumen penelitian, Studi kasus pengembangan instrumen penelitian dalam konteks penelitian biologi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi model serta teknik dalam pengembangan instrumen penelitian untuk memastikan kesesuaian dengan konteks penelitian biologi yang spesifik.

  1. Kemampuan menganalisis model pengembangan instrumen penelitian
  2. Kemampuan mengevaluasi teknik pengembangan instrumen penelitian
  3. Kesesuaian instrumen penelitian dengan konteks penelitian biologi spesifik
Kriteria:

Aspek Penilaian: Kedisiplinan dan ketepatan waktu Indikator: Menyelesaikan tugas pengembangan instrumen sesuai jadwal Skor 4 (Sangat Baik): Selalu tepat waktu tanpa pengingat Skor 3 (Baik): Umumnya tepat waktu dengan sedikit pengingat Skor 2 (Cukup): Sering terlambat atau butuh banyak pengingat Skor 1 (Kurang): Tidak menyelesaikan tugas atau sangat terlambat


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi.
Diskusi daring tentang model pengembangan instrumen penelitian, Penugasan membuat evaluasi teknik pengembangan instrumen penelitian
Materi: Model Pengembangan Instrumen Penelitian, Teknik Pengembangan Instrumen Penelitian, Konteks Penelitian Biologi Spesifik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan instrumen penelitian yang inovatif dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, serta mempertimbangkan aspek kearifan lokal.

  1. Kemampuan mengidentifikasi kebutuhan penelitian
  2. Kemampuan merancang instrumen penelitian yang inovatif
  3. Kemampuan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
  4. Kemampuan mempertimbangkan aspek kearifan lokal
Kriteria:

Aspek yang Dinilai: Pemahaman Teknik Pengembangan Instrumen Skor 4 (Sangat Baik): Menunjukkan pemahaman mendalam dan menyeluruh terhadap berbagai teknik (validitas, reliabilitas, uji coba, dsb.) Skor 3 (Baik): Menunjukkan pemahaman cukup baik terhadap sebagian besar Teknik Skor 2 (Cukup): Menunjukkan pemahaman terbatas dan hanya pada sebagian kecil Teknik Skor 1 (Kurang): Tidak menunjukkan pemahaman yang memadai terhadap teknik-teknik yang relevan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran berbasis proyek.
Diskusi daring tentang penerapan teknologi informasi dalam penelitian
Materi: Pengembangan instrumen penelitian, Pemanfaatan teknologi informasi dalam penelitian, Pertimbangan kearifan lokal dalam penelitian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan instrumen penelitian yang inovatif dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, serta mempertimbangkan aspek kearifan lokal.

  1. Kemampuan mengidentifikasi kebutuhan instrumen penelitian
  2. Kemampuan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengembangan instrumen penelitian
  3. Kemampuan mempertimbangkan aspek kearifan lokal dalam instrumen penelitian
Kriteria:

Aspek Penilaian Identifikasi Teknik Pengembangan Instrumen Deskripsi Skor 4 (Sangat Baik) Mengidentifikasi secara lengkap dan tepat berbagai teknik pengembangan instrumen (validitas, reliabilitas, konstruksi, dll) sesuai pendekatan penelitian Deskripsi Skor 3 (Baik) Mengidentifikasi sebagian besar teknik dengan cukup tepat Deskripsi Skor 2 (Cukup) Mengidentifikasi beberapa teknik namun ada ketidaktepatan atau kekeliruan Deskripsi Skor 1 (Kurang) Tidak mampu mengidentifikasi teknik yang relevan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Pembelajaran berbasis proyek.
Penugasan online memungkinkan, Penugasan online dapat berupa pengembangan prototipe instrumen penelitian menggunakan teknologi informasi
Materi: Pengembangan instrumen penelitian, Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, Pertimbangan kearifan lokal dalam penelitian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip etika penelitian dalam pengembangan dan penerapan instrumen penelitian serta menunjukkan tanggung jawab profesional dalam konteks penelitian.

  1. Penerapan prinsip etika penelitian
  2. Menunjukkan tanggung jawab profesional
Kriteria:

Aspek Penilaian: Kejelasan dan Ketepatan Komunikasi Lisan Skor 4 (Sangat Baik): Menjelaskan isi dan tujuan instrumen secara sangat jelas, runtut, dan meyakinkan, menggunakan bahasa ilmiah yang tepat Skor 3 (Baik): Penjelasan cukup jelas dan runtut, meskipun ada sedikit kekurangan dalam penggunaan istilah atau alur Skor 2 (Cukup): Penjelasan kurang runtut atau ada bagian penting yang tidak dijelaskan dengan baik Skor 1 (Kurang): Penjelasan tidak jelas, membingungkan, dan banyak kekeliruan terminologi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran kolaboratif.
Diskusi daring tentang dilema etika penelitian yang dihadapi dalam pengembangan instrumen penelitian.
Materi: Prinsip Etika Penelitian, Tanggung Jawab Profesional dalam Penelitian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa dapat menerapkan keterampilan kolaboratif dalam pengembangan instrumen penelitian dari hasil diskusi kelas dari pertemuan 1-7

Mahasiswa dapat menerapkan keterampilan kolaboratif dalam pengembangan instrumen penelitian dari hasil diskusi kelas dari pertemuan 1-7

Kriteria:

Mahasiswa dapat mengerjakan soal UTS dengan mengembangankan instrumen penelitian tesisnya


Bentuk Penilaian :
Tes

26 Maret 2025
Daring
26 Maret 2025
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi instrumen penelitian dengan kritis dan mampu mempertimbangkan aspek ilmiah dan praktis dalam peningkatan kualitas data penelitian.

  1. Kemampuan menganalisis kriteria ilmiah instrumen penelitian
  2. Kemampuan menganalisis kriteria praktis instrumen penelitian
  3. Kemampuan menyusun rekomendasi perbaikan instrumen penelitian
Kriteria:

Aspek ppenilaian: Pemahaman terhadap instrument Indikator:Menunjukkan pemahaman atas fungsi, jenis, dan karakteristik instrumen penelitian. Skor 4 (Sangat Baik): Menjelaskan secara lengkap dan akurat dengan contoh relevan. Skor 3 (Baik): Menjelaskan dengan cukup tepat, namun kurang contoh Skor 2 (Cukup): Menjelaskan sebagian, ada kesalahan konsep Skor 1 (Kurang): Tidak memahami dan penjelasan salah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi, Studi Kasus, Peer Review.
9 April 2025
Diskusi Online
9 April 2025
Materi: Kriteria Ilmiah Instrumen Penelitian, Kriteria Praktis Instrumen Penelitian, Peningkatan Kualitas Data Penelitian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menganalisis bentuk instrumen penelitian yang mengukur keterampilan yang dilatihkan dalam penelitian tesis yang dikembangkan sesuai dengan pola dan tren dalam konteks Pendidikan Biologi.

  1. Kemampuan menganalisis bentuk instrumen penelitian untuk mengukur suatu keterampilan yang diteliti dalam suatu penelitian.
  2. Kemampuan mengidentifikasi pola dan tren pengembangan instrumen penelitian untuk mengukur suatu keterampilan yang diteliti dalam suatu penelitian.
  3. Kemampuan menyimpulkan temuan dari diskusi tentang instrumen penelitian untuk mengukur suatu keterampilan yang diteliti dalam suatu penelitian.
Kriteria:

4 (Sangat Baik): Dapat mengidentifikasi dengan tepat bentuk instrumen yang sesuai dengan keterampilan yang diteliti, menjelaskan alasan pemilihan bentuk instrumen secara logis, dan mengaitkan dengan teori atau referensi yang relevan. Mampu menilai kekuatan dan kelemahan instrumen secara kritis. 3 (Baik): Dapat mengidentifikasi bentuk instrumen yang cukup sesuai dan memberikan alasan yang logis, namun analisis terhadap kekuatan/kelemahan masih terbatas atau belum dikaitkan secara mendalam dengan teori. 2 (Cukup): Mengidentifikasi bentuk instrumen secara umum, namun tidak spesifik atau kurang tepat untuk keterampilan yang diteliti. Alasan yang diberikan kurang kuat atau belum mendalam, dan minim referensi. 1 (Kurang): Tidak dapat mengidentifikasi bentuk instrumen yang tepat, atau bentuk yang dipilih tidak sesuai dengan keterampilan yang diteliti. Tidak memberikan alasan atau alasan tidak logis dan tanpa dasar teori. 0 (Tidak Ada Jawaban): Tidak menjawab atau jawaban tidak relevan sama sekali.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Mahasiswa yang hadir offline melakukan diskusi dari hasil analisis mereka tentang bentuk instrumen penelitian yang mengukur keterampilan yang dilatihkan dalam penelitian tesis yang dikembangkan sesuai dengan pola dan tren dalam konteks Pendidikan Biologi.
16 April 2025
Mahasiswa yang hadir online juga aktif melakukan diskusi dari hasil analisis mereka tentang bentuk instrumen penelitian yang mengukur keterampilan yang dilatihkan dalam penelitian tesis yang dikembangkan sesuai dengan pola dan tren dalam konteks Pendidikan Biologi.
16 April 2025
Materi: Konsep dasar analisis data penelitian, Metode analisis data statistik dalam Pendidikan Biologi, Interpretasi pola dan tren dalam data
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan pendekatan baru dalam pengembangan instrumen penelitian yang sesuai dengan konteks Pendidikan Biologi saat ini.

  1. Kemampuan menganalisis tantangan kontemporer dalam Pendidikan Biologi
  2. Kemampuan mengidentifikasi kebutuhan instrumen penelitian yang sesuai
  3. Kemampuan menciptakan pendekatan baru dalam pengembangan instrumen penelitian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Proyek.
23 April 2025
Diskusi daring tentang pendekatan baru dalam pengembangan instrumen penelitian
23 April 2025
Materi: Tantangan Kontemporer dalam Pendidikan Biologi, Kebutuhan Instrumen Penelitian di Pendidikan Biologi, Pendekatan Baru dalam Pengembangan Instrumen Penelitian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan keterampilan kolaboratif dalam pengembangan instrumen penelitian serta mampu memahami pentingnya integrasi dan sinergi antar disiplin ilmu dalam konteks pengembangan instrumen penelitian.

  1. Kemampuan berkolaborasi dalam tim
  2. Kemampuan mengidentifikasi disiplin ilmu yang relevan
  3. Kemampuan mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Kolaboratif.
30 April 2025
Diskusi daring tentang penerapan keterampilan kolaboratif dalam pengembangan instrumen penelitian
30 April 2025
Materi: Pengertian kolaborasi dalam pengembangan instrumen penelitian, Pentingnya integrasi antar disiplin ilmu dalam penelitian, Teknik sinergi antar disiplin ilmu
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan keterampilan kolaboratif dalam pengembangan instrumen penelitian serta mampu mengidentifikasi dan mengintegrasikan konsep-konsep dari berbagai disiplin ilmu yang relevan.

  1. Kemampuan berkolaborasi dalam tim
  2. Integrasi konsep dari disiplin ilmu yang berbeda
  3. Kualitas instrumen penelitian yang dikembangkan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran kolaboratif, diskusi kelompok, studi kasus.
7 April 2025
Diskusi daring tentang integrasi konsep dari disiplin ilmu yang berbeda
7 April 2025
Materi: Pengembangan instrumen penelitian, Keterampilan kolaboratif, Integrasi disiplin ilmu
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis feedback yang diperoleh dari penggunaan instrumen penelitian untuk meningkatkan kualitas penelitian pada siklus berikutnya.

  1. Kemampuan menganalisis feedback dari penggunaan instrumen penelitian
  2. Kemampuan melakukan perbaikan dan penyesuaian dalam siklus penelitian berikutnya

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok dan presentasi.
14 Mei 2025
Diskusi daring tentang analisis feedback dan perbaikan penelitian
14 Mei 2025
Materi: Penggunaan instrumen penelitian, Analisis feedback, Perbaikan dan penyesuaian dalam penelitian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi instrumen penelitian yang dikembangkan dengan memastikan memenuhi standar etika dan integritas akademik.

  1. Kemampuan menilai kepatuhan instrumen penelitian terhadap standar etika
  2. Kemampuan mengidentifikasi potensi pelanggaran integritas akademik dalam instrumen penelitian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok dan studi kasus.
21 Mei 2025
Diskusi daring tentang dilema etika dalam penelitian
21 Mei 2025
Materi: Prinsip Etika dalam Penelitian, Standar Integritas Akademik, Prosedur Evaluasi Instrumen Penelitian
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Standar Etika dan Integritas
Pustaka: Dorans, N. J., & Cook, L. L. (2016). Fairness in educational assessment and measurement (p. 328). Taylor & Francis. Kubiszyn, T., & Borich, G. D. (2024). Educational testing and measurement. John Wiley & Sons. Margolis, M. J., & Feinberg, R. A. (2021). Integrating timing considerations to improve testing practices (p. 200). Taylor & Francis.
5%

16

Minggu ke 16



5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30.85%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 12.52%
3. Penilaian Portofolio 26.68%
4. Praktik / Unjuk Kerja 3.33%
5. Tes 21.67%
95.05%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.