
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Fisika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Listrik Magnet dan Optika Dasar |
4520104273 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=1 |
ECTS=6.36 |
2 |
4 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Nugrahani P. Putri, M.Si.
|
Endah Rahmawati, S.T., M.Si.
|
Prof. Dr. Munasir, S.Si., M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menguasai dan mendemonstrasikan prinsip-prinsip dan teori Fisika Klasik dan Modern |
PLO-6 |
Mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi dan eksperimen, serta memodelkannya menggunakan matematika dan komputasi untuk pengambilan keputusan yang tepat baik dalam masalah familier maupun baru |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mendemonstrasikan pemahaman konsep listrik statis dan dinamis melalui penyelesaian tugas dengan baik
|
PO - 2 |
Mendemonstrasikan pemahaman konsep listrik statis dan dinamis melalui evaluasi ujian tengah semester dengan baik
|
PO - 3 |
Mendemonstrasikan pemahaman kemagnetan melalui penyelesaian tugas dengan baik
|
PO - 4 |
Mendemonstrasikan pemahaman konsep optik melalui penyelesaian tugas dengan baik
|
PO - 5 |
Mendemonstrasikan pemahaman konsep fisika modern melalui penyelesaian tugas dengan baik
|
PO - 6 |
Mendemonstrasikan pemahaman konsep kemagnetan, optik dan fisika modern melalui evaluasi akhir semester dengan baik
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PO-1 | | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | | PO-3 | | ✔ | ✔ | PO-4 | | ✔ | ✔ | PO-5 | | ✔ | ✔ | PO-6 | ✔ | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
MK Listrik Magnet dan Optika Dasar ini terdiri dari dua macam ilmu Fisika, yaitu Listrik Magnet dan Optik. Pembahasan akan mencakup Medan listrik, Hukum Gauss, Potensial Listrik, Kapasitansi dan Dielektrik, Arus dan Hambatan, Rangkaian arus searah, Medan magnet, Sumber medan magnet, Hukum Faraday, Induktansi, Rangkaian arus bolak-balik, Gelombang elektromagnetik. Sedangkan untuk materi Optik, terdiri dari optik sebagai cahaya (optika geometri), dilanjutkan dengan interaksi antara cahaya dengan materi, yaitu refleksi, refraksi, interferensi gelombang cahaya, difraksi dan polarisasi gelombang. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Bueche, F.J., 2000, Schaum&rsquos Outline of College Physics, McGraw-Hill.
- Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika.
- Yesigat, A. (2023). Electrical Component Measurement, Mechanics and Optics in Fundamental Physics-Laboratory Manual-Volume I.
- Prahani, B.K., Jatmiko, B., & Amelia, T. 2023. Fisika Dasar: Rangkaian Listrik dan Hukum Ohm dałam Rangkaian Listrik. Sidoarjo: PT Mitra Edukasi dan Publikasi.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Zainul Arifin Imam Supardi, M.Si. Dr. Diah Hari Kusumawati, S.Si., M.Si. Endah Rahmawati, S.T., M.Si. Dr. Eng. Evi Suaebah, M.Si., M.Sc. Dr. Fitriana, S.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mendemonstrasikan pemahaman konsep listrik statis melalui penyelesaian tugas dengan baik |
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep medan listrik, interaksi Coulomb, dan hukum Gauss |
Kriteria:
Pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode Kontekstual: diskusi, studi kasus, tanya jawab 4 x 50 menit |
Metode Kontekstual: diskusi, studi kasus, tanya jawab 4 x 50 menit |
Materi: 1. Concepts of electricity – part 1: electric field, Coulomb interaction, and Gauss law. 2. Introduction of electrical measuring instruments Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika. Materi: 1. Concepts of electricity – part 1: electric field, Coulomb interaction, and Gauss law. 2. Introduction of electrical measuring instruments Pustaka: Yesigat, A. (2023). Electrical Component Measurement, Mechanics and Optics in Fundamental Physics-Laboratory Manual-Volume I. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mendemonstrasikan pemahaman konsep listrik statis melalui penyelesaian tugas dengan baik |
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep medan listrik, interaksi Coulomb, dan hukum Gauss |
Kriteria:
Pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode Kontekstual: diskusi, studi kasus, tanya jawab 4 x 50 menit |
Metode Kontekstual: diskusi, studi kasus, tanya jawab 4 x 50 menit |
Materi: 1. Concepts of electricity – part 1: electric field, Coulomb interaction, and Gauss law. 2. Introduction of electrical measuring instruments Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika. Materi: 1. Concepts of electricity – part 1: electric field, Coulomb interaction, and Gauss law. 2. Introduction of electrical measuring instruments Pustaka: Yesigat, A. (2023). Electrical Component Measurement, Mechanics and Optics in Fundamental Physics-Laboratory Manual-Volume I. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mendemonstrasikan pemahaman konsep listrik statis melalui penyelesaian tugas dengan baik |
Mahasiswa mampu menganalisis konsep potensial listrik |
Kriteria:
Pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode Kontekstual: diskusi, studi kasus, tanya jawab 4 x 50 menit |
Metode Kontekstual: diskusi, studi kasus, tanya jawab 4 x 50 menit |
Materi: Potensial listrik, energi potensial listrik, kekekalan energi, kapasitansi dan dielektrik. Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika. Materi: Potensial listrik, energi potensial listrik, kekekalan energi, kapasitansi dan dielektrik Pustaka: Yesigat, A. (2023). Electrical Component Measurement, Mechanics and Optics in Fundamental Physics-Laboratory Manual-Volume I. Materi: Potensial listrik, energi potensial listrik, kekekalan energi, kapasitansi dan dielektrik. Pustaka: Prahani, B.K., Jatmiko, B., & Amelia, T. 2023. Fisika Dasar: Rangkaian Listrik dan Hukum Ohm dałam Rangkaian Listrik. Sidoarjo: PT Mitra Edukasi dan Publikasi. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mendemonstrasikan pemahaman konsep listrik statis melalui penyelesaian tugas dengan baik |
Mahasiswa mampu menganalisis konsep potensial listrik |
Kriteria:
Pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode Kontekstual: diskusi, studi kasus, tanya jawab 4 x 50 menit |
Metode Kontekstual: diskusi, studi kasus, tanya jawab 4 x 50 menit |
Materi: Potensial listrik, energi potensial listrik, kekekalan energi, kapasitansi dan dielektrik. Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika. Materi: Potensial listrik, energi potensial listrik, kekekalan energi, kapasitansi dan dielektrik Pustaka: Yesigat, A. (2023). Electrical Component Measurement, Mechanics and Optics in Fundamental Physics-Laboratory Manual-Volume I. Materi: Potensial listrik, energi potensial listrik, kekekalan energi, kapasitansi dan dielektrik. Pustaka: Prahani, B.K., Jatmiko, B., & Amelia, T. 2023. Fisika Dasar: Rangkaian Listrik dan Hukum Ohm dałam Rangkaian Listrik. Sidoarjo: PT Mitra Edukasi dan Publikasi. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
- Mendemonstrasikan pemahaman konsep listrik dinamis melalui penyelesaian tugas dengan baik
- Merancang dan melaksanakan praktikum topik listrik dinamis
- Mahasiswa mampu mengkomunikasikan gagasannya dalam bentuk laporan tertulis dan menyajikan hasil praktikum secara lisan
|
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep arus listrik, dan menganalisis rangkaian seri dan paralel
- Mahasiswa mampu melaksanakan praktikum dan melaporkan hasil praktikum dengan baik
|
Kriteria:
Pedoman penskoran dan rubrik penilaian praktikum Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Metode Kontekstual: diskusi, praktikum dan tanya jawab 4 x 50 menit |
Metode Kontekstual: diskusi,praktikum dan tanya jawab 4 x 50 menit |
Materi: Kepadatan arus, konduktivitas listrik, resivitas listrik, hukum Ohm, hukum Kirchoff I dan II Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika. Materi: Kepadatan arus, konduktivitas listrik, resivitas listrik, hukum Ohm, hukum Kirchoff I dan II Pustaka: Yesigat, A. (2023). Electrical Component Measurement, Mechanics and Optics in Fundamental Physics-Laboratory Manual-Volume I. Materi: Kepadatan arus, konduktivitas listrik, resivitas listrik, hukum Ohm, hukum Kirchoff I dan II Pustaka: Prahani, B.K., Jatmiko, B., & Amelia, T. 2023. Fisika Dasar: Rangkaian Listrik dan Hukum Ohm dałam Rangkaian Listrik. Sidoarjo: PT Mitra Edukasi dan Publikasi. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
- Mendemonstrasikan pemahaman konsep listrik dinamis melalui penyelesaian tugas dengan baik
- Merancang dan melaksanakan praktikum topik listrik dinamis
- Mahasiswa mampu mengkomunikasikan gagasannya dalam bentuk laporan tertulis dan menyajikan hasil praktikum secara lisan
|
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep arus listrik, dan menganalisis rangkaian seri dan paralel
- Mahasiswa mampu melaksanakan praktikum dan melaporkan hasil praktikum dengan baik
|
Kriteria:
Pedoman penskoran dan rubrik penilaian praktikum Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Metode Kontekstual: diskusi, praktikum dan tanya jawab 4 x 50 menit |
Metode Kontekstual: diskusi,praktikum dan tanya jawab 4 x 50 menit |
Materi: Kepadatan arus, konduktivitas listrik, resivitas listrik, hukum Ohm, hukum Kirchoff I dan II Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika. Materi: Kepadatan arus, konduktivitas listrik, resivitas listrik, hukum Ohm, hukum Kirchoff I dan II Pustaka: Yesigat, A. (2023). Electrical Component Measurement, Mechanics and Optics in Fundamental Physics-Laboratory Manual-Volume I. Materi: Kepadatan arus, konduktivitas listrik, resivitas listrik, hukum Ohm, hukum Kirchoff I dan II Pustaka: Prahani, B.K., Jatmiko, B., & Amelia, T. 2023. Fisika Dasar: Rangkaian Listrik dan Hukum Ohm dałam Rangkaian Listrik. Sidoarjo: PT Mitra Edukasi dan Publikasi. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menganalisis konsep arus bolak-balik dan rangkaian RLC |
Mahasiswa mampu menganalisis konsep arus bolak-balik dan rangkaian RLC. |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode Kontekstual: diskusi, studi kasus dan tanya jawab 4 x 50 menit |
Metode Kontekstual: diskusi, studi kasus dan tanya jawab 4 x 50 menit |
Materi: Arus bolak-balik dan rangkaian RLC Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika. |
4% |
8
Minggu ke 8 |
Mendemonstrasikan pemahaman konsep listrik statis dan dinamis melalui evaluasi ujian tengah semester dengan baik |
Mendemonstrasikan pemahaman konsep listrik statis dan dinamis melalui evaluasi ujian tengah semester dengan baik |
Kriteria:
Pedoman penskoran UTS Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 2 x 50 |
UTS 2 x 50 |
Materi: Ch 15-21 Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika. |
14% |
9
Minggu ke 9 |
- Mahasiswa mampu mendemonstrasikan pemahaman konsep kemagnetan melalui penyelesaian tugas dengan baik
- Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan praktikum terkait kemagnetan
- Mahasiswa mampu mengkomunikasikan gagasannya dalam bentuk laporan tertulis dan menyajikan hasil praktikum secara lisan
|
- Mahasiswa dapat mengidentifikasi induksi magnetik dan fluks magnet, gerakan muatan listrik dalam medan magnet, kumparan dalam medan magnet, dan penggunaan medan magnet
- Mahasiswa mampu melaksanakan praktikum dan melaporkan hasil praktikum dengan baik
|
Kriteria:
Pedoman penskoran dan rubrik penilaian praktikum Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Metode Kontekstual: Diskusi, praktikum dan tanya jawab 4 X 50 |
Metode Kontekstual: Diskusi, praktikum dan tanya jawab
Metode Kontekstual: Diskusi, praktikum dan tanya jawab 4 x 50 |
Materi: Medan magnet (hukum Biot-Savart), sumber medan magnet, hukum Faraday, induksi elektromagnetik Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- Mahasiswa mampu mendemonstrasikan pemahaman konsep kemagnetan melalui penyelesaian tugas dengan baik
- Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan praktikum terkait kemagnetan
- Mahasiswa mampu mengkomunikasikan gagasannya dalam bentuk laporan tertulis dan menyajikan hasil praktikum secara lisan
|
- Mahasiswa dapat mengidentifikasi induksi magnetik dan fluks magnet, gerakan muatan listrik dalam medan magnet, kumparan dalam medan magnet, dan penggunaan medan magnet
- Mahasiswa mampu melaksanakan praktikum dan melaporkan hasil praktikum dengan baik
|
Kriteria:
Pedoman penskoran dan rubrik penilaian praktikum Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Metode Kontekstual: Diskusi, praktikum dan tanya jawab 4 X 50 |
Metode Kontekstual: Diskusi, praktikum dan tanya jawab
Metode Kontekstual: Diskusi, praktikum dan tanya jawab 4 x 50 |
Materi: Medan magnet (hukum Biot-Savart), sumber medan magnet, hukum Faraday, induksi elektromagnetik Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep gelombang elektromagnetik |
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep gelombang elektromagnetik |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Metode Kontekstual: Diskusi, studi kasus dan tanya jawab 4 X 50 |
Metode Kontekstual: Diskusi, studi kasus dan tanya jawab 4 x 50 |
Materi: Gelombang elektromagnet Pustaka: Yesigat, A. (2023). Electrical Component Measurement, Mechanics and Optics in Fundamental Physics-Laboratory Manual-Volume I. Materi: Gelombang elektromagnet Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika. |
4% |
12
Minggu ke 12 |
- Mendemonstrasikan pemahaman konsep optik melalui penyelesaian tugas dengan baik
- Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan praktikum terkait optik
- Mahasiswa mampu mengkomunikasikan gagasannya dalam bentuk laporan tertulis dan menyajikan hasil praktikum secara lisan
|
- Mendemonstrasikan pemahaman konsep optik melalui penyelesaian tugas dengan baik
- Mampu merancang dan melaksanakan praktikum optik dengan baik
|
Kriteria:
Pedoman penskoran dan rubrik penilaian praktikum Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Metode Kontekstual: Diskusi,praktikum dan tanya jawab 4 X 50 |
Metode Kontekstual: Diskusi,praktikum dan tanya jawab 4 x 50 |
Materi: Optic Pustaka: Yesigat, A. (2023). Electrical Component Measurement, Mechanics and Optics in Fundamental Physics-Laboratory Manual-Volume I. Materi: Optics Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
- Mendemonstrasikan pemahaman konsep optik melalui penyelesaian tugas dengan baik
- Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan praktikum terkait optik
- Mahasiswa mampu mengkomunikasikan gagasannya dalam bentuk laporan tertulis dan menyajikan hasil praktikum secara lisan
|
- Mendemonstrasikan pemahaman konsep optik melalui penyelesaian tugas dengan baik
- Mampu merancang dan melaksanakan praktikum optik dengan baik
|
Kriteria:
Pedoman penskoran dan rubrik penilaian praktikum Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Metode Kontekstual: Diskusi,praktikum dan tanya jawab 4 X 50 |
Metode Kontekstual: Diskusi,praktikum dan tanya jawab 4 x 50 |
Materi: Optic Pustaka: Yesigat, A. (2023). Electrical Component Measurement, Mechanics and Optics in Fundamental Physics-Laboratory Manual-Volume I. Materi: Optics Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mendemonstrasikan pemahaman konsep fisika relativitas dan fisika kuantum |
Mahasiswa mampu mendemonstrasikan pemahaman konsep fisika relativitas dan fisika kuantum |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode Kontekstual: Diskusi, pemberian tugas dan tanya jawab 4 X 50 |
Metode Kontekstual: Diskusi, pemberian tugas dan tanya jawab 4 x 50 |
Materi: Ch 27 Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika. |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menganalisis konsep fisika atom dan fisika inti |
- Mahasiswa mampu menganalisis konsep fisika atom dan fisika inti
- Pedoman penskoran
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode Kontekstual: Diskusi, pemberian tugas dan tanya jawab 4 X 50 |
Metode Kontekstual: Diskusi, pemberian tugas dan tanya jawab 4 x 50 |
Materi: Ch 28-29 Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika. Materi: Optics Pustaka: Yesigat, A. (2023). Electrical Component Measurement, Mechanics and Optics in Fundamental Physics-Laboratory Manual-Volume I. |
4% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu menganalisis konsep fisika atom dan fisika inti |
Mendemonstrasikan pemahaman konsep kemagnetan, optik dan fisika modern melalui evaluasi akhir semester dengan baik |
Kriteria:
Pedoman penskoran UAS Bentuk Penilaian : Tes |
Ceramah, diskusi, pemberian tugas 4 X 50 |
Ceramah, diskusi, pemberian tugas 4 x 50 |
Materi: Ch 28-29 Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika. |
20% |