Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Fisika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Listrik Magnet dan Optika Dasar

4520104273

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=1

ECTS=6.36

2

4 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Nugrahani P. Putri, M.Si.




Endah Rahmawati, S.T., M.Si.




Prof. Dr. Munasir, S.Si., M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menguasai dan mendemonstrasikan prinsip-prinsip dan teori Fisika Klasik dan Modern

PLO-6

Mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi dan eksperimen, serta memodelkannya menggunakan matematika dan komputasi untuk pengambilan keputusan yang tepat baik dalam masalah familier maupun baru

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mendemonstrasikan pemahaman konsep listrik statis dan dinamis melalui penyelesaian tugas dengan baik

PO - 2

Mendemonstrasikan pemahaman konsep listrik statis dan dinamis melalui evaluasi ujian tengah semester dengan baik

PO - 3

Mendemonstrasikan pemahaman kemagnetan melalui penyelesaian tugas dengan baik

PO - 4

Mendemonstrasikan pemahaman konsep optik melalui penyelesaian tugas dengan baik

PO - 5

Mendemonstrasikan pemahaman konsep fisika modern melalui penyelesaian tugas dengan baik

PO - 6

Mendemonstrasikan pemahaman konsep kemagnetan, optik dan fisika modern melalui evaluasi akhir semester dengan baik

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-6
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 
PO-6 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

MK Listrik Magnet dan Optika Dasar ini terdiri dari dua macam ilmu Fisika, yaitu Listrik Magnet dan Optik. Pembahasan akan mencakup Medan listrik, Hukum Gauss, Potensial Listrik, Kapasitansi dan Dielektrik, Arus dan Hambatan, Rangkaian arus searah, Medan magnet, Sumber medan magnet, Hukum Faraday, Induktansi, Rangkaian arus bolak-balik, Gelombang elektromagnetik. Sedangkan untuk materi Optik, terdiri dari optik sebagai cahaya (optika geometri), dilanjutkan dengan interaksi antara cahaya dengan materi, yaitu refleksi, refraksi, interferensi gelombang cahaya, difraksi dan polarisasi gelombang.

Pustaka

Utama :

  1. Bueche, F.J., 2000, Schaum&rsquos Outline of College Physics, McGraw-Hill.
  2. Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika.
  3. Yesigat, A. (2023). Electrical Component Measurement, Mechanics and Optics in Fundamental Physics-Laboratory Manual-Volume I.
  4. Prahani, B.K., Jatmiko, B., & Amelia, T. 2023. Fisika Dasar: Rangkaian Listrik dan Hukum Ohm dałam Rangkaian Listrik. Sidoarjo: PT Mitra Edukasi dan Publikasi.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Zainul Arifin Imam Supardi, M.Si.

Dr. Diah Hari Kusumawati, S.Si., M.Si.

Endah Rahmawati, S.T., M.Si.

Dr. Eng. Evi Suaebah, M.Si., M.Sc.

Dr. Fitriana, S.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mendemonstrasikan pemahaman konsep listrik statis melalui penyelesaian tugas dengan baik

Mahasiswa dapat menjelaskan konsep medan listrik, interaksi Coulomb, dan hukum Gauss

Kriteria:

Pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode Kontekstual: diskusi, studi kasus, tanya jawab
4 x 50 menit
Metode Kontekstual: diskusi, studi kasus, tanya jawab
4 x 50 menit
Materi: 1. Concepts of electricity – part 1: electric field, Coulomb interaction, and Gauss law. 2. Introduction of electrical measuring instruments
Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika.

Materi: 1. Concepts of electricity – part 1: electric field, Coulomb interaction, and Gauss law. 2. Introduction of electrical measuring instruments
Pustaka: Yesigat, A. (2023). Electrical Component Measurement, Mechanics and Optics in Fundamental Physics-Laboratory Manual-Volume I.
5%

2

Minggu ke 2

Mendemonstrasikan pemahaman konsep listrik statis melalui penyelesaian tugas dengan baik

Mahasiswa dapat menjelaskan konsep medan listrik, interaksi Coulomb, dan hukum Gauss

Kriteria:

Pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode Kontekstual: diskusi, studi kasus, tanya jawab
4 x 50 menit
Metode Kontekstual: diskusi, studi kasus, tanya jawab
4 x 50 menit
Materi: 1. Concepts of electricity – part 1: electric field, Coulomb interaction, and Gauss law. 2. Introduction of electrical measuring instruments
Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika.

Materi: 1. Concepts of electricity – part 1: electric field, Coulomb interaction, and Gauss law. 2. Introduction of electrical measuring instruments
Pustaka: Yesigat, A. (2023). Electrical Component Measurement, Mechanics and Optics in Fundamental Physics-Laboratory Manual-Volume I.
5%

3

Minggu ke 3

Mendemonstrasikan pemahaman konsep listrik statis melalui penyelesaian tugas dengan baik

Mahasiswa mampu menganalisis konsep potensial listrik

Kriteria:

Pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode Kontekstual: diskusi, studi kasus, tanya jawab
4 x 50 menit
Metode Kontekstual: diskusi, studi kasus, tanya jawab
4 x 50 menit
Materi: Potensial listrik, energi potensial listrik, kekekalan energi, kapasitansi dan dielektrik.
Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika.

Materi: Potensial listrik, energi potensial listrik, kekekalan energi, kapasitansi dan dielektrik
Pustaka: Yesigat, A. (2023). Electrical Component Measurement, Mechanics and Optics in Fundamental Physics-Laboratory Manual-Volume I.

Materi: Potensial listrik, energi potensial listrik, kekekalan energi, kapasitansi dan dielektrik.
Pustaka: Prahani, B.K., Jatmiko, B., & Amelia, T. 2023. Fisika Dasar: Rangkaian Listrik dan Hukum Ohm dałam Rangkaian Listrik. Sidoarjo: PT Mitra Edukasi dan Publikasi.
5%

4

Minggu ke 4

Mendemonstrasikan pemahaman konsep listrik statis melalui penyelesaian tugas dengan baik

Mahasiswa mampu menganalisis konsep potensial listrik

Kriteria:

Pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode Kontekstual: diskusi, studi kasus, tanya jawab
4 x 50 menit
Metode Kontekstual: diskusi, studi kasus, tanya jawab
4 x 50 menit
Materi: Potensial listrik, energi potensial listrik, kekekalan energi, kapasitansi dan dielektrik.
Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika.

Materi: Potensial listrik, energi potensial listrik, kekekalan energi, kapasitansi dan dielektrik
Pustaka: Yesigat, A. (2023). Electrical Component Measurement, Mechanics and Optics in Fundamental Physics-Laboratory Manual-Volume I.

Materi: Potensial listrik, energi potensial listrik, kekekalan energi, kapasitansi dan dielektrik.
Pustaka: Prahani, B.K., Jatmiko, B., & Amelia, T. 2023. Fisika Dasar: Rangkaian Listrik dan Hukum Ohm dałam Rangkaian Listrik. Sidoarjo: PT Mitra Edukasi dan Publikasi.
5%

5

Minggu ke 5

  1. Mendemonstrasikan pemahaman konsep listrik dinamis melalui penyelesaian tugas dengan baik
  2. Merancang dan melaksanakan praktikum topik listrik dinamis
  3. Mahasiswa mampu mengkomunikasikan gagasannya dalam bentuk laporan tertulis dan menyajikan hasil praktikum secara lisan
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep arus listrik, dan menganalisis rangkaian seri dan paralel
  2. Mahasiswa mampu melaksanakan praktikum dan melaporkan hasil praktikum dengan baik
Kriteria:

Pedoman penskoran dan rubrik penilaian praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Metode Kontekstual: diskusi, praktikum dan tanya jawab
4 x 50 menit
Metode Kontekstual: diskusi,praktikum dan tanya jawab
4 x 50 menit
Materi: Kepadatan arus, konduktivitas listrik, resivitas listrik, hukum Ohm, hukum Kirchoff I dan II
Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika.

Materi: Kepadatan arus, konduktivitas listrik, resivitas listrik, hukum Ohm, hukum Kirchoff I dan II
Pustaka: Yesigat, A. (2023). Electrical Component Measurement, Mechanics and Optics in Fundamental Physics-Laboratory Manual-Volume I.

Materi: Kepadatan arus, konduktivitas listrik, resivitas listrik, hukum Ohm, hukum Kirchoff I dan II
Pustaka: Prahani, B.K., Jatmiko, B., & Amelia, T. 2023. Fisika Dasar: Rangkaian Listrik dan Hukum Ohm dałam Rangkaian Listrik. Sidoarjo: PT Mitra Edukasi dan Publikasi.
5%

6

Minggu ke 6

  1. Mendemonstrasikan pemahaman konsep listrik dinamis melalui penyelesaian tugas dengan baik
  2. Merancang dan melaksanakan praktikum topik listrik dinamis
  3. Mahasiswa mampu mengkomunikasikan gagasannya dalam bentuk laporan tertulis dan menyajikan hasil praktikum secara lisan
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep arus listrik, dan menganalisis rangkaian seri dan paralel
  2. Mahasiswa mampu melaksanakan praktikum dan melaporkan hasil praktikum dengan baik
Kriteria:

Pedoman penskoran dan rubrik penilaian praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Metode Kontekstual: diskusi, praktikum dan tanya jawab
4 x 50 menit
Metode Kontekstual: diskusi,praktikum dan tanya jawab
4 x 50 menit
Materi: Kepadatan arus, konduktivitas listrik, resivitas listrik, hukum Ohm, hukum Kirchoff I dan II
Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika.

Materi: Kepadatan arus, konduktivitas listrik, resivitas listrik, hukum Ohm, hukum Kirchoff I dan II
Pustaka: Yesigat, A. (2023). Electrical Component Measurement, Mechanics and Optics in Fundamental Physics-Laboratory Manual-Volume I.

Materi: Kepadatan arus, konduktivitas listrik, resivitas listrik, hukum Ohm, hukum Kirchoff I dan II
Pustaka: Prahani, B.K., Jatmiko, B., & Amelia, T. 2023. Fisika Dasar: Rangkaian Listrik dan Hukum Ohm dałam Rangkaian Listrik. Sidoarjo: PT Mitra Edukasi dan Publikasi.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menganalisis konsep arus bolak-balik dan rangkaian RLC

Mahasiswa mampu menganalisis konsep arus bolak-balik dan rangkaian RLC.

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode Kontekstual: diskusi, studi kasus dan tanya jawab
4 x 50 menit
Metode Kontekstual: diskusi, studi kasus dan tanya jawab
4 x 50 menit
Materi: Arus bolak-balik dan rangkaian RLC
Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika.
4%

8

Minggu ke 8

Mendemonstrasikan pemahaman konsep listrik statis dan dinamis melalui evaluasi ujian tengah semester dengan baik

Mendemonstrasikan pemahaman konsep listrik statis dan dinamis melalui evaluasi ujian tengah semester dengan baik

Kriteria:

Pedoman penskoran UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
2 x 50
UTS
2 x 50
Materi: Ch 15-21
Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika.
14%

9

Minggu ke 9

  1. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan pemahaman konsep kemagnetan melalui penyelesaian tugas dengan baik
  2. Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan praktikum terkait kemagnetan
  3. Mahasiswa mampu mengkomunikasikan gagasannya dalam bentuk laporan tertulis dan menyajikan hasil praktikum secara lisan
  1. Mahasiswa dapat mengidentifikasi induksi magnetik dan fluks magnet, gerakan muatan listrik dalam medan magnet, kumparan dalam medan magnet, dan penggunaan medan magnet
  2. Mahasiswa mampu melaksanakan praktikum dan melaporkan hasil praktikum dengan baik
Kriteria:

Pedoman penskoran dan rubrik penilaian praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Metode Kontekstual: Diskusi, praktikum dan tanya jawab
4 X 50
Metode Kontekstual: Diskusi, praktikum dan tanya jawab


Metode Kontekstual: Diskusi, praktikum dan tanya jawab
4 x 50
Materi: Medan magnet (hukum Biot-Savart), sumber medan magnet, hukum Faraday, induksi elektromagnetik
Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika.
5%

10

Minggu ke 10

  1. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan pemahaman konsep kemagnetan melalui penyelesaian tugas dengan baik
  2. Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan praktikum terkait kemagnetan
  3. Mahasiswa mampu mengkomunikasikan gagasannya dalam bentuk laporan tertulis dan menyajikan hasil praktikum secara lisan
  1. Mahasiswa dapat mengidentifikasi induksi magnetik dan fluks magnet, gerakan muatan listrik dalam medan magnet, kumparan dalam medan magnet, dan penggunaan medan magnet
  2. Mahasiswa mampu melaksanakan praktikum dan melaporkan hasil praktikum dengan baik
Kriteria:

Pedoman penskoran dan rubrik penilaian praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Metode Kontekstual: Diskusi, praktikum dan tanya jawab
4 X 50
Metode Kontekstual: Diskusi, praktikum dan tanya jawab


Metode Kontekstual: Diskusi, praktikum dan tanya jawab
4 x 50
Materi: Medan magnet (hukum Biot-Savart), sumber medan magnet, hukum Faraday, induksi elektromagnetik
Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa dapat menjelaskan konsep gelombang elektromagnetik

Mahasiswa dapat menjelaskan konsep gelombang elektromagnetik

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Metode Kontekstual: Diskusi, studi kasus dan tanya jawab
4 X 50
Metode Kontekstual: Diskusi, studi kasus dan tanya jawab
4 x 50
Materi: Gelombang elektromagnet
Pustaka: Yesigat, A. (2023). Electrical Component Measurement, Mechanics and Optics in Fundamental Physics-Laboratory Manual-Volume I.

Materi: Gelombang elektromagnet
Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika.
4%

12

Minggu ke 12

  1. Mendemonstrasikan pemahaman konsep optik melalui penyelesaian tugas dengan baik
  2. Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan praktikum terkait optik
  3. Mahasiswa mampu mengkomunikasikan gagasannya dalam bentuk laporan tertulis dan menyajikan hasil praktikum secara lisan
  1. Mendemonstrasikan pemahaman konsep optik melalui penyelesaian tugas dengan baik
  2. Mampu merancang dan melaksanakan praktikum optik dengan baik
Kriteria:

Pedoman penskoran dan rubrik penilaian praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Metode Kontekstual: Diskusi,praktikum dan tanya jawab
4 X 50
Metode Kontekstual: Diskusi,praktikum dan tanya jawab
4 x 50
Materi: Optic
Pustaka: Yesigat, A. (2023). Electrical Component Measurement, Mechanics and Optics in Fundamental Physics-Laboratory Manual-Volume I.

Materi: Optics
Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika.
5%

13

Minggu ke 13

  1. Mendemonstrasikan pemahaman konsep optik melalui penyelesaian tugas dengan baik
  2. Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan praktikum terkait optik
  3. Mahasiswa mampu mengkomunikasikan gagasannya dalam bentuk laporan tertulis dan menyajikan hasil praktikum secara lisan
  1. Mendemonstrasikan pemahaman konsep optik melalui penyelesaian tugas dengan baik
  2. Mampu merancang dan melaksanakan praktikum optik dengan baik
Kriteria:

Pedoman penskoran dan rubrik penilaian praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Metode Kontekstual: Diskusi,praktikum dan tanya jawab
4 X 50
Metode Kontekstual: Diskusi,praktikum dan tanya jawab
4 x 50
Materi: Optic
Pustaka: Yesigat, A. (2023). Electrical Component Measurement, Mechanics and Optics in Fundamental Physics-Laboratory Manual-Volume I.

Materi: Optics
Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu mendemonstrasikan pemahaman konsep fisika relativitas dan fisika kuantum

Mahasiswa mampu mendemonstrasikan pemahaman konsep fisika relativitas dan fisika kuantum

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode Kontekstual: Diskusi, pemberian tugas dan tanya jawab
4 X 50
Metode Kontekstual: Diskusi, pemberian tugas dan tanya jawab
4 x 50
Materi: Ch 27
Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika.
4%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menganalisis konsep fisika atom dan fisika inti

  1. Mahasiswa mampu menganalisis konsep fisika atom dan fisika inti
  2. Pedoman penskoran
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode Kontekstual: Diskusi, pemberian tugas dan tanya jawab
4 X 50
Metode Kontekstual: Diskusi, pemberian tugas dan tanya jawab
4 x 50
Materi: Ch 28-29
Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika.

Materi: Optics
Pustaka: Yesigat, A. (2023). Electrical Component Measurement, Mechanics and Optics in Fundamental Physics-Laboratory Manual-Volume I.
4%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu menganalisis konsep fisika atom dan fisika inti

Mendemonstrasikan pemahaman konsep kemagnetan, optik dan fisika modern melalui evaluasi akhir semester dengan baik

Kriteria:

Pedoman penskoran UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
Ceramah, diskusi, pemberian tugas
4 X 50
Ceramah, diskusi, pemberian tugas
4 x 50
Materi: Ch 28-29
Pustaka: Serway, R.A., and Jewett, J.W., 2010, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, SalembaTeknika.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 49%
2. Penilaian Praktikum 17%
3. Tes 34%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.