
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Seni Budaya
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pendidikan dan Pembelajaran Seni Budaya |
8810904843 |
|
T=2 |
P=2 |
ECTS=8.96 |
2 |
10 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Trisakti, M.Si
|
.......................................
|
Prof. Dr. Anik Juwariyah, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Mampu menghasilkan produk-produk inovasi pembelajaran seni (model pembelajaran, media pembelajaran, bahan ajar dan pedoman evaluasi). |
PLO-7 |
Mampu menganalisis teori-teori filsafat ilmu, Filsafat Pendidikan Seni dan Filsafat seni budaya. |
PLO-10 |
Mampu mengembangkan desain, teknologi dan multimedia pembelajaran seni yang inovatif. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menjelaskan hakikat pembelajaran Seni Budaya dan berbagai teori belajar dalam pembelajaran Seni Budaya
|
PO - 2 |
Menjelaskan konsep teori belajar dan implementasi dalam pembelajaran Seni Budaya
|
PO - 3 |
Memahami konsep pendekatan, metode, model, dan strategi dalam pembelajaran seni budaya
|
PO - 4 |
Mendesain konsep pembelajaran Seni Budaya
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-4 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | | ✔ | | PO-3 | | | | ✔ | PO-4 | | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini Mengkaji tentang konsep dan prinsip belajar dan berbagai teori belajar serta penerapannya dalam bentuk pendekatan, metode, model pembelajaran dan strategi pembelajaran seni budaya. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Juju Nasunah dan Tati Narawati. 2003. Seni dan Pendidikan Seni. Bandung: P4ST UPI
- Tjetjep Rohendi Rohidi. 2016. Pendidikan Seni: Isu dan Paradigma. Semarang: Unnes
- Yayah Khisbiyah dan Atiqa Sabardila (ed). 2004. Pendidikan Apresiasi Seni . Surakarta: Pusat Studi Budaya dan Perubahan Sosial
- Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
- Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
|
Pendukung : |
|
- 1. Slavin, Robert E. (2000). Educational psychology: Theory and practice. Sixt Edition. Boston: Allyn and Bacon.
- 2. Hargenhaan B.R. & Olson M.H. 1997. Theories of Learning. Prentice-Hall International, Inc New Jersey
- 3. Bahrudin dan Esa Nur Wahyuni, 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
- 4. Bloom, Benjamin S. 1974, Taxonomy of Education Obyektive The Classification of Education Goal, New York
- 5. Arends, Richard. 2007. Learning To Teach. New York: McGraw Hill Companies, Inc
- 6. Joyce, Bruce, Marsha Weil, Emily Calhoun. 2009. Models of Teaching. New Jersey. USA: Allyn and Bacon
- 7. Nur, Mohamad. 1999. The Developing of Science Instruktional Model Using Process Approach to Increase Student Reasoning and Thinking Ability. Surabaya
- 8. Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- 9. Daryanto dan Mulyo Raharjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media
- 10. Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Sn. Retnayu Prasetyanti Sekti, M.Si. Dr. Trisakti, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan hakikat pembelajaran Seni Budaya dan berbagai teori belajar dalam pembelajaran Seni Budaya |
- - Menjelaskan Konsep Pembelajaran seni Budaya
- - Menjelaskan konsep teori belajar (kognitif, behaviouristik, konstruktivistik dan Sosial) dan tokohnya
|
Kriteria:
Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Menjelaskan
- Tanya Jawab
- Diskusi
- Penugasan 4 x 50‘ |
- Menjelaskan
- Tanya Jawab
- Diskusi
- Penugasan 4x 50‘ |
Materi: pendidikan seni Pustaka: Juju Nasunah dan Tati Narawati. 2003. Seni dan Pendidikan Seni. Bandung: P4ST UPI Materi: pendidikan seni Pustaka: Tjetjep Rohendi Rohidi. 2016. Pendidikan Seni: Isu dan Paradigma. Semarang: Unnes Materi: belajar dan pembelajaran Pustaka: Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Materi: belajar dan pembelajaran Pustaka: Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Materi: teori belajar Pustaka: 1. Slavin, Robert E. (2000). Educational psychology: Theory and practice. Sixt Edition. Boston: Allyn and Bacon. Materi: teori belajar Pustaka: 2. Hargenhaan B.R. & Olson M.H. 1997. Theories of Learning. Prentice-Hall International, Inc New Jersey |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Menjelaskan hakikat pembelajaran Seni Budaya dan berbagai teori belajar dalam pembelajaran Seni Budaya |
- - Menjelaskan Konsep Pembelajaran seni Budaya
- - Menjelaskan konsep teori belajar (kognitif, behaviouristik, konstruktivistik dan Sosial) dan tokohnya
|
Kriteria:
Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Menjelaskan
- Tanya Jawab
- Diskusi
- Penugasan 4 x 50‘ |
- Menjelaskan
- Tanya Jawab
- Diskusi
- Penugasan 4x 50‘ |
Materi: pendidikan seni Pustaka: Juju Nasunah dan Tati Narawati. 2003. Seni dan Pendidikan Seni. Bandung: P4ST UPI Materi: pendidikan seni Pustaka: Tjetjep Rohendi Rohidi. 2016. Pendidikan Seni: Isu dan Paradigma. Semarang: Unnes Materi: belajar dan pembelajaran Pustaka: Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Materi: belajar dan pembelajaran Pustaka: Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Materi: teori belajar Pustaka: 1. Slavin, Robert E. (2000). Educational psychology: Theory and practice. Sixt Edition. Boston: Allyn and Bacon. Materi: teori belajar Pustaka: 2. Hargenhaan B.R. & Olson M.H. 1997. Theories of Learning. Prentice-Hall International, Inc New Jersey |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Menjelaskan hakikat pembelajaran Seni Budaya dan berbagai teori belajar dalam pembelajaran Seni Budaya |
- - Menjelaskan Konsep Pembelajaran seni Budaya
- - Menjelaskan konsep teori belajar (kognitif, behaviouristik, konstruktivistik dan Sosial) dan tokohnya
|
Kriteria:
Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Menjelaskan
- Tanya Jawab
- Diskusi
- Penugasan 4 x 50‘ |
- Menjelaskan
- Tanya Jawab
- Diskusi
- Penugasan 4x 50‘ |
Materi: pendidikan seni Pustaka: Juju Nasunah dan Tati Narawati. 2003. Seni dan Pendidikan Seni. Bandung: P4ST UPI Materi: pendidikan seni Pustaka: Tjetjep Rohendi Rohidi. 2016. Pendidikan Seni: Isu dan Paradigma. Semarang: Unnes Materi: belajar dan pembelajaran Pustaka: Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Materi: belajar dan pembelajaran Pustaka: Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Materi: teori belajar Pustaka: 1. Slavin, Robert E. (2000). Educational psychology: Theory and practice. Sixt Edition. Boston: Allyn and Bacon. Materi: teori belajar Pustaka: 2. Hargenhaan B.R. & Olson M.H. 1997. Theories of Learning. Prentice-Hall International, Inc New Jersey |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Menjelaskan hakikat pembelajaran Seni Budaya dan berbagai teori belajar dalam pembelajaran Seni Budaya |
- - Menjelaskan Konsep Pembelajaran seni Budaya
- - Menjelaskan konsep teori belajar (kognitif, behaviouristik, konstruktivistik dan Sosial) dan tokohnya
|
Kriteria:
Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Menjelaskan
- Tanya Jawab
- Diskusi
- Penugasan 4 x 50‘ |
- Menjelaskan
- Tanya Jawab
- Diskusi
- Penugasan 4x 50‘ |
Materi: pendidikan seni Pustaka: Juju Nasunah dan Tati Narawati. 2003. Seni dan Pendidikan Seni. Bandung: P4ST UPI Materi: pendidikan seni Pustaka: Tjetjep Rohendi Rohidi. 2016. Pendidikan Seni: Isu dan Paradigma. Semarang: Unnes Materi: belajar dan pembelajaran Pustaka: Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Materi: belajar dan pembelajaran Pustaka: Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Materi: teori belajar Pustaka: 1. Slavin, Robert E. (2000). Educational psychology: Theory and practice. Sixt Edition. Boston: Allyn and Bacon. Materi: teori belajar Pustaka: 2. Hargenhaan B.R. & Olson M.H. 1997. Theories of Learning. Prentice-Hall International, Inc New Jersey |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Menjelaskan konsep teori belajar dan implementasi dalam pembelajaran Seni Budaya |
- Menjelaskan konsep teori belajar |
Kriteria:
Tugas didisusun sesuai dengan bahasan dan dipresentasikan dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Presentasi
- Tanya Jawab
- Diskusi 4 x 50 |
- Presentasi
- Tanya Jawab
- Diskusi 4 x 50 |
Materi: model pembelajaran Pustaka: 1. Slavin, Robert E. (2000). Educational psychology: Theory and practice. Sixt Edition. Boston: Allyn and Bacon. Materi: teori belajar Pustaka: 2. Hargenhaan B.R. & Olson M.H. 1997. Theories of Learning. Prentice-Hall International, Inc New Jersey Materi: taksonom bloom Pustaka: 4. Bloom, Benjamin S. 1974, Taxonomy of Education Obyektive The Classification of Education Goal, New York Materi: model pembelajaran Pustaka: 5. Arends, Richard. 2007. Learning To Teach. New York: McGraw Hill Companies, Inc |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Menjelaskan konsep teori belajar dan implementasi dalam pembelajaran Seni Budaya |
- Menjelaskan konsep teori belajar |
Kriteria:
Tugas didisusun sesuai dengan bahasan dan dipresentasikan dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Presentasi
- Tanya Jawab
- Diskusi 4 x 50 |
- Presentasi
- Tanya Jawab
- Diskusi 4 x 50 |
Materi: model pembelajaran Pustaka: 1. Slavin, Robert E. (2000). Educational psychology: Theory and practice. Sixt Edition. Boston: Allyn and Bacon. Materi: teori belajar Pustaka: 2. Hargenhaan B.R. & Olson M.H. 1997. Theories of Learning. Prentice-Hall International, Inc New Jersey Materi: taksonom bloom Pustaka: 4. Bloom, Benjamin S. 1974, Taxonomy of Education Obyektive The Classification of Education Goal, New York Materi: model pembelajaran Pustaka: 5. Arends, Richard. 2007. Learning To Teach. New York: McGraw Hill Companies, Inc |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Menjelaskan konsep teori belajar dan implementasi dalam pembelajaran Seni Budaya |
- Menjelaskan konsep teori belajar |
Kriteria:
Tugas didisusun sesuai dengan bahasan dan dipresentasikan dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
- Presentasi
- Tanya Jawab
- Diskusi 4 x 50 |
- Presentasi
- Tanya Jawab
- Diskusi 4 x 50 |
Materi: model pembelajaran Pustaka: 1. Slavin, Robert E. (2000). Educational psychology: Theory and practice. Sixt Edition. Boston: Allyn and Bacon. Materi: teori belajar Pustaka: 2. Hargenhaan B.R. & Olson M.H. 1997. Theories of Learning. Prentice-Hall International, Inc New Jersey Materi: taksonom bloom Pustaka: 4. Bloom, Benjamin S. 1974, Taxonomy of Education Obyektive The Classification of Education Goal, New York Materi: model pembelajaran Pustaka: 5. Arends, Richard. 2007. Learning To Teach. New York: McGraw Hill Companies, Inc |
10% |
8
Minggu ke 8 |
Menjelaskan konsep teori belajar dan implementasi dalam pembelajaran Seni Budaya |
- Menjelaskan konsep teori belajar |
Kriteria:
Tugas didisusun sesuai dengan bahasan dan dipresentasikan dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
- Presentasi
- Tanya Jawab
- Diskusi 4 x 50 |
- Presentasi
- Tanya Jawab
- Diskusi 4 x 50 |
Materi: model pembelajaran Pustaka: 1. Slavin, Robert E. (2000). Educational psychology: Theory and practice. Sixt Edition. Boston: Allyn and Bacon. Materi: teori belajar Pustaka: 2. Hargenhaan B.R. & Olson M.H. 1997. Theories of Learning. Prentice-Hall International, Inc New Jersey Materi: taksonom bloom Pustaka: 4. Bloom, Benjamin S. 1974, Taxonomy of Education Obyektive The Classification of Education Goal, New York Materi: model pembelajaran Pustaka: 5. Arends, Richard. 2007. Learning To Teach. New York: McGraw Hill Companies, Inc |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami konsep pendekatan, metode, model, dan strategi dalam pembelajaran seni budaya |
- - Menjelaskan konsep pendekatan dalam pembelajaran seni budaya
- - Menjelaskan konsep metode dalam pembelajaran seni budaya
- - Menjelaskan konsep model pembelajaran seni budaya
- - Menjelaskan konsep strategi dalam pembelajaran seni budaya
|
Kriteria:
Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, tanya jawab, diskusi 4 x 50 |
Ceramah, tanya jawab, diskusi 4 x 50 |
Materi: Model pembelajaran Pustaka: 7. Nur, Mohamad. 1999. The Developing of Science Instruktional Model Using Process Approach to Increase Student Reasoning and Thinking Ability. Surabaya Materi: model pembelajaran Pustaka: 8. Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Materi: Model pembelajaran inovatif Pustaka: 9. Daryanto dan Mulyo Raharjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media Materi: pembelajaran inovatif Pustaka: 10. Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami konsep pendekatan, metode, model, dan strategi dalam pembelajaran seni budaya |
- - Menjelaskan konsep pendekatan dalam pembelajaran seni budaya
- - Menjelaskan konsep metode dalam pembelajaran seni budaya
- - Menjelaskan konsep model pembelajaran seni budaya
- - Menjelaskan konsep strategi dalam pembelajaran seni budaya
|
Kriteria:
Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, tanya jawab, diskusi 4 x 50 |
Ceramah, tanya jawab, diskusi 4 x 50 |
Materi: Model pembelajaran Pustaka: 7. Nur, Mohamad. 1999. The Developing of Science Instruktional Model Using Process Approach to Increase Student Reasoning and Thinking Ability. Surabaya Materi: model pembelajaran Pustaka: 8. Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Materi: Model pembelajaran inovatif Pustaka: 9. Daryanto dan Mulyo Raharjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media Materi: pembelajaran inovatif Pustaka: 10. Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami konsep pendekatan, metode, model, dan strategi dalam pembelajaran seni budaya |
- - Menjelaskan konsep pendekatan dalam pembelajaran seni budaya
- - Menjelaskan konsep metode dalam pembelajaran seni budaya
- - Menjelaskan konsep model pembelajaran seni budaya
- - Menjelaskan konsep strategi dalam pembelajaran seni budaya
|
Kriteria:
Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, tanya jawab, diskusi 4 x 50 |
Ceramah, tanya jawab, diskusi 4 x 50 |
Materi: Model pembelajaran Pustaka: 7. Nur, Mohamad. 1999. The Developing of Science Instruktional Model Using Process Approach to Increase Student Reasoning and Thinking Ability. Surabaya Materi: model pembelajaran Pustaka: 8. Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Materi: Model pembelajaran inovatif Pustaka: 9. Daryanto dan Mulyo Raharjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media Materi: pembelajaran inovatif Pustaka: 10. Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami konsep pendekatan, metode, model, dan strategi dalam pembelajaran seni budaya |
- - Menjelaskan konsep pendekatan dalam pembelajaran seni budaya
- - Menjelaskan konsep metode dalam pembelajaran seni budaya
- - Menjelaskan konsep model pembelajaran seni budaya
- - Menjelaskan konsep strategi dalam pembelajaran seni budaya
|
Kriteria:
Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, tanya jawab, diskusi 4 x 50 |
Ceramah, tanya jawab, diskusi 4 x 50 |
Materi: Model pembelajaran Pustaka: 7. Nur, Mohamad. 1999. The Developing of Science Instruktional Model Using Process Approach to Increase Student Reasoning and Thinking Ability. Surabaya Materi: model pembelajaran Pustaka: 8. Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Materi: Model pembelajaran inovatif Pustaka: 9. Daryanto dan Mulyo Raharjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media Materi: pembelajaran inovatif Pustaka: 10. Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami konsep pendekatan, metode, model, dan strategi dalam pembelajaran seni budaya |
- - Menjelaskan konsep pendekatan dalam pembelajaran seni budaya
- - Menjelaskan konsep metode dalam pembelajaran seni budaya
- - Menjelaskan konsep model pembelajaran seni budaya
- - Menjelaskan konsep strategi dalam pembelajaran seni budaya
|
Kriteria:
Mengerjakan tugas dengan baik sesuai kreteria dan dipresentasikan dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, tanya jawab, diskusi 4 x 50 |
Ceramah, tanya jawab, diskusi 4 x 50 |
Materi: Model pembelajaran Pustaka: 7. Nur, Mohamad. 1999. The Developing of Science Instruktional Model Using Process Approach to Increase Student Reasoning and Thinking Ability. Surabaya Materi: model pembelajaran Pustaka: 8. Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Materi: Model pembelajaran inovatif Pustaka: 9. Daryanto dan Mulyo Raharjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media Materi: pembelajaran inovatif Pustaka: 10. Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mendesain konsep pembelajaran Seni Budaya |
- Menjelaskan desain pembelajaran Seni Budaya berdasarkan teori dan konsep pembelajaran |
Kriteria:
Mempresentasikan tugas mendesain pembelajaran seni budaya dengan baik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi, diskusi, tanya jawab 4 x 50 |
Presentasi, diskusi, tanya jawab 4 x 50 |
Materi: pendidikan seni Pustaka: Juju Nasunah dan Tati Narawati. 2003. Seni dan Pendidikan Seni. Bandung: P4ST UPI Materi: belajar dan pembelajaran Pustaka: Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Materi: pendidikan teory Pustaka: 1. Slavin, Robert E. (2000). Educational psychology: Theory and practice. Sixt Edition. Boston: Allyn and Bacon. Materi: taksonomi bloom Pustaka: 4. Bloom, Benjamin S. 1974, Taxonomy of Education Obyektive The Classification of Education Goal, New York Materi: model pembelajaran Pustaka: 6. Joyce, Bruce, Marsha Weil, Emily Calhoun. 2009. Models of Teaching. New Jersey. USA: Allyn and Bacon Materi: model pembelajaran inovatif Pustaka: 9. Daryanto dan Mulyo Raharjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mendesain konsep pembelajaran Seni Budaya |
- Menjelaskan desain pembelajaran Seni Budaya berdasarkan teori dan konsep pembelajaran |
Kriteria:
Mempresentasikan tugas mendesain pembelajaran seni budaya dengan baik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi, diskusi, tanya jawab 4 x 50 |
Presentasi, diskusi, tanya jawab 4 x 50 |
Materi: pendidikan seni Pustaka: Juju Nasunah dan Tati Narawati. 2003. Seni dan Pendidikan Seni. Bandung: P4ST UPI Materi: belajar dan pembelajaran Pustaka: Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Materi: pendidikan teory Pustaka: 1. Slavin, Robert E. (2000). Educational psychology: Theory and practice. Sixt Edition. Boston: Allyn and Bacon. Materi: taksonomi bloom Pustaka: 4. Bloom, Benjamin S. 1974, Taxonomy of Education Obyektive The Classification of Education Goal, New York Materi: model pembelajaran Pustaka: 6. Joyce, Bruce, Marsha Weil, Emily Calhoun. 2009. Models of Teaching. New Jersey. USA: Allyn and Bacon Materi: model pembelajaran inovatif Pustaka: 9. Daryanto dan Mulyo Raharjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Mendesain konsep pembelajaran Seni Budaya |
- Menjelaskan desain pembelajaran Seni Budaya berdasarkan teori dan konsep pembelajaran |
Kriteria:
Mempresentasikan tugas mendesain pembelajaran seni budaya dengan baik Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi, diskusi, tanya jawab 4 x 50 |
Presentasi, diskusi, tanya jawab 4 x 50 |
Materi: pendidikan seni Pustaka: Juju Nasunah dan Tati Narawati. 2003. Seni dan Pendidikan Seni. Bandung: P4ST UPI Materi: belajar dan pembelajaran Pustaka: Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Materi: pendidikan teory Pustaka: 1. Slavin, Robert E. (2000). Educational psychology: Theory and practice. Sixt Edition. Boston: Allyn and Bacon. Materi: taksonomi bloom Pustaka: 4. Bloom, Benjamin S. 1974, Taxonomy of Education Obyektive The Classification of Education Goal, New York Materi: model pembelajaran Pustaka: 6. Joyce, Bruce, Marsha Weil, Emily Calhoun. 2009. Models of Teaching. New Jersey. USA: Allyn and Bacon Materi: model pembelajaran inovatif Pustaka: 9. Daryanto dan Mulyo Raharjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media |
10% |