Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Seni Budaya

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pendidikan dan Pembelajaran Seni Budaya

8810904843

T=2

P=2

ECTS=8.96

2

10 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Trisakti, M.Si




.......................................




Prof. Dr. Anik Juwariyah, M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Mampu menghasilkan produk-produk inovasi pembelajaran seni (model pembelajaran, media pembelajaran, bahan ajar dan pedoman evaluasi).

PLO-7

Mampu menganalisis teori-teori filsafat ilmu, Filsafat Pendidikan Seni dan Filsafat seni budaya.

PLO-10

Mampu mengembangkan desain, teknologi dan multimedia pembelajaran seni yang inovatif.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menjelaskan hakikat pembelajaran Seni Budaya dan berbagai teori belajar dalam pembelajaran Seni Budaya

PO - 2

Menjelaskan konsep teori belajar dan implementasi dalam pembelajaran Seni Budaya

PO - 3

Memahami konsep pendekatan, metode, model, dan strategi dalam pembelajaran seni budaya

PO - 4

Mendesain konsep pembelajaran Seni Budaya

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-6PLO-7PLO-10
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini Mengkaji tentang konsep dan prinsip belajar dan berbagai teori belajar serta penerapannya dalam bentuk pendekatan, metode, model pembelajaran dan strategi pembelajaran seni budaya.

Pustaka

Utama :

  1. Juju Nasunah dan Tati Narawati. 2003. Seni dan Pendidikan Seni. Bandung: P4ST UPI
  2. Tjetjep Rohendi Rohidi. 2016. Pendidikan Seni: Isu dan Paradigma. Semarang: Unnes
  3. Yayah Khisbiyah dan Atiqa Sabardila (ed). 2004. Pendidikan Apresiasi Seni . Surakarta: Pusat Studi Budaya dan Perubahan Sosial
  4. Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
  5. Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Pendukung :

  1. 1. Slavin, Robert E. (2000). Educational psychology: Theory and practice. Sixt Edition. Boston: Allyn and Bacon.
  2. 2. Hargenhaan B.R. & Olson M.H. 1997. Theories of Learning. Prentice-Hall International, Inc New Jersey
  3. 3. Bahrudin dan Esa Nur Wahyuni, 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
  4. 4. Bloom, Benjamin S. 1974, Taxonomy of Education Obyektive The Classification of Education Goal, New York
  5. 5. Arends, Richard. 2007. Learning To Teach. New York: McGraw Hill Companies, Inc
  6. 6. Joyce, Bruce, Marsha Weil, Emily Calhoun. 2009. Models of Teaching. New Jersey. USA: Allyn and Bacon
  7. 7. Nur, Mohamad. 1999. The Developing of Science Instruktional Model Using Process Approach to Increase Student Reasoning and Thinking Ability. Surabaya
  8. 8. Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  9. 9. Daryanto dan Mulyo Raharjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media
  10. 10. Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Dosen Pengampu

Dr. Sn. Retnayu Prasetyanti Sekti, M.Si.

Dr. Trisakti, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjelaskan hakikat pembelajaran Seni Budaya dan berbagai teori belajar dalam pembelajaran Seni Budaya

  1. - Menjelaskan Konsep Pembelajaran seni Budaya
  2. - Menjelaskan konsep teori belajar (kognitif, behaviouristik, konstruktivistik dan Sosial) dan tokohnya
Kriteria:

Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Menjelaskan
- Tanya Jawab
- Diskusi
- Penugasan
4 x 50‘
- Menjelaskan
- Tanya Jawab
- Diskusi
- Penugasan
4x 50‘
Materi: pendidikan seni
Pustaka: Juju Nasunah dan Tati Narawati. 2003. Seni dan Pendidikan Seni. Bandung: P4ST UPI

Materi: pendidikan seni
Pustaka: Tjetjep Rohendi Rohidi. 2016. Pendidikan Seni: Isu dan Paradigma. Semarang: Unnes

Materi: belajar dan pembelajaran
Pustaka: Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Materi: belajar dan pembelajaran
Pustaka: Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Materi: teori belajar
Pustaka: 1. Slavin, Robert E. (2000). Educational psychology: Theory and practice. Sixt Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Materi: teori belajar
Pustaka: 2. Hargenhaan B.R. & Olson M.H. 1997. Theories of Learning. Prentice-Hall International, Inc New Jersey
2%

2

Minggu ke 2

Menjelaskan hakikat pembelajaran Seni Budaya dan berbagai teori belajar dalam pembelajaran Seni Budaya

  1. - Menjelaskan Konsep Pembelajaran seni Budaya
  2. - Menjelaskan konsep teori belajar (kognitif, behaviouristik, konstruktivistik dan Sosial) dan tokohnya
Kriteria:

Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Menjelaskan
- Tanya Jawab
- Diskusi
- Penugasan
4 x 50‘
- Menjelaskan
- Tanya Jawab
- Diskusi
- Penugasan
4x 50‘
Materi: pendidikan seni
Pustaka: Juju Nasunah dan Tati Narawati. 2003. Seni dan Pendidikan Seni. Bandung: P4ST UPI

Materi: pendidikan seni
Pustaka: Tjetjep Rohendi Rohidi. 2016. Pendidikan Seni: Isu dan Paradigma. Semarang: Unnes

Materi: belajar dan pembelajaran
Pustaka: Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Materi: belajar dan pembelajaran
Pustaka: Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Materi: teori belajar
Pustaka: 1. Slavin, Robert E. (2000). Educational psychology: Theory and practice. Sixt Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Materi: teori belajar
Pustaka: 2. Hargenhaan B.R. & Olson M.H. 1997. Theories of Learning. Prentice-Hall International, Inc New Jersey
2%

3

Minggu ke 3

Menjelaskan hakikat pembelajaran Seni Budaya dan berbagai teori belajar dalam pembelajaran Seni Budaya

  1. - Menjelaskan Konsep Pembelajaran seni Budaya
  2. - Menjelaskan konsep teori belajar (kognitif, behaviouristik, konstruktivistik dan Sosial) dan tokohnya
Kriteria:

Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Menjelaskan
- Tanya Jawab
- Diskusi
- Penugasan
4 x 50‘
- Menjelaskan
- Tanya Jawab
- Diskusi
- Penugasan
4x 50‘
Materi: pendidikan seni
Pustaka: Juju Nasunah dan Tati Narawati. 2003. Seni dan Pendidikan Seni. Bandung: P4ST UPI

Materi: pendidikan seni
Pustaka: Tjetjep Rohendi Rohidi. 2016. Pendidikan Seni: Isu dan Paradigma. Semarang: Unnes

Materi: belajar dan pembelajaran
Pustaka: Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Materi: belajar dan pembelajaran
Pustaka: Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Materi: teori belajar
Pustaka: 1. Slavin, Robert E. (2000). Educational psychology: Theory and practice. Sixt Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Materi: teori belajar
Pustaka: 2. Hargenhaan B.R. & Olson M.H. 1997. Theories of Learning. Prentice-Hall International, Inc New Jersey
3%

4

Minggu ke 4

Menjelaskan hakikat pembelajaran Seni Budaya dan berbagai teori belajar dalam pembelajaran Seni Budaya

  1. - Menjelaskan Konsep Pembelajaran seni Budaya
  2. - Menjelaskan konsep teori belajar (kognitif, behaviouristik, konstruktivistik dan Sosial) dan tokohnya
Kriteria:

Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Menjelaskan
- Tanya Jawab
- Diskusi
- Penugasan
4 x 50‘
- Menjelaskan
- Tanya Jawab
- Diskusi
- Penugasan
4x 50‘
Materi: pendidikan seni
Pustaka: Juju Nasunah dan Tati Narawati. 2003. Seni dan Pendidikan Seni. Bandung: P4ST UPI

Materi: pendidikan seni
Pustaka: Tjetjep Rohendi Rohidi. 2016. Pendidikan Seni: Isu dan Paradigma. Semarang: Unnes

Materi: belajar dan pembelajaran
Pustaka: Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Materi: belajar dan pembelajaran
Pustaka: Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Materi: teori belajar
Pustaka: 1. Slavin, Robert E. (2000). Educational psychology: Theory and practice. Sixt Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Materi: teori belajar
Pustaka: 2. Hargenhaan B.R. & Olson M.H. 1997. Theories of Learning. Prentice-Hall International, Inc New Jersey
3%

5

Minggu ke 5

Menjelaskan konsep teori belajar dan implementasi dalam pembelajaran Seni Budaya

- Menjelaskan konsep teori belajar

Kriteria:

Tugas didisusun sesuai dengan bahasan dan dipresentasikan dengan baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Presentasi
- Tanya Jawab
- Diskusi
4 x 50
- Presentasi
- Tanya Jawab
- Diskusi
4 x 50
Materi: model pembelajaran
Pustaka: 1. Slavin, Robert E. (2000). Educational psychology: Theory and practice. Sixt Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Materi: teori belajar
Pustaka: 2. Hargenhaan B.R. & Olson M.H. 1997. Theories of Learning. Prentice-Hall International, Inc New Jersey

Materi: taksonom bloom
Pustaka: 4. Bloom, Benjamin S. 1974, Taxonomy of Education Obyektive The Classification of Education Goal, New York

Materi: model pembelajaran
Pustaka: 5. Arends, Richard. 2007. Learning To Teach. New York: McGraw Hill Companies, Inc
10%

6

Minggu ke 6

Menjelaskan konsep teori belajar dan implementasi dalam pembelajaran Seni Budaya

- Menjelaskan konsep teori belajar

Kriteria:

Tugas didisusun sesuai dengan bahasan dan dipresentasikan dengan baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Presentasi
- Tanya Jawab
- Diskusi
4 x 50
- Presentasi
- Tanya Jawab
- Diskusi
4 x 50
Materi: model pembelajaran
Pustaka: 1. Slavin, Robert E. (2000). Educational psychology: Theory and practice. Sixt Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Materi: teori belajar
Pustaka: 2. Hargenhaan B.R. & Olson M.H. 1997. Theories of Learning. Prentice-Hall International, Inc New Jersey

Materi: taksonom bloom
Pustaka: 4. Bloom, Benjamin S. 1974, Taxonomy of Education Obyektive The Classification of Education Goal, New York

Materi: model pembelajaran
Pustaka: 5. Arends, Richard. 2007. Learning To Teach. New York: McGraw Hill Companies, Inc
10%

7

Minggu ke 7

Menjelaskan konsep teori belajar dan implementasi dalam pembelajaran Seni Budaya

- Menjelaskan konsep teori belajar

Kriteria:

Tugas didisusun sesuai dengan bahasan dan dipresentasikan dengan baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
- Presentasi
- Tanya Jawab
- Diskusi
4 x 50
- Presentasi
- Tanya Jawab
- Diskusi
4 x 50
Materi: model pembelajaran
Pustaka: 1. Slavin, Robert E. (2000). Educational psychology: Theory and practice. Sixt Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Materi: teori belajar
Pustaka: 2. Hargenhaan B.R. & Olson M.H. 1997. Theories of Learning. Prentice-Hall International, Inc New Jersey

Materi: taksonom bloom
Pustaka: 4. Bloom, Benjamin S. 1974, Taxonomy of Education Obyektive The Classification of Education Goal, New York

Materi: model pembelajaran
Pustaka: 5. Arends, Richard. 2007. Learning To Teach. New York: McGraw Hill Companies, Inc
10%

8

Minggu ke 8

Menjelaskan konsep teori belajar dan implementasi dalam pembelajaran Seni Budaya

- Menjelaskan konsep teori belajar

Kriteria:

Tugas didisusun sesuai dengan bahasan dan dipresentasikan dengan baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
- Presentasi
- Tanya Jawab
- Diskusi
4 x 50
- Presentasi
- Tanya Jawab
- Diskusi
4 x 50
Materi: model pembelajaran
Pustaka: 1. Slavin, Robert E. (2000). Educational psychology: Theory and practice. Sixt Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Materi: teori belajar
Pustaka: 2. Hargenhaan B.R. & Olson M.H. 1997. Theories of Learning. Prentice-Hall International, Inc New Jersey

Materi: taksonom bloom
Pustaka: 4. Bloom, Benjamin S. 1974, Taxonomy of Education Obyektive The Classification of Education Goal, New York

Materi: model pembelajaran
Pustaka: 5. Arends, Richard. 2007. Learning To Teach. New York: McGraw Hill Companies, Inc
10%

9

Minggu ke 9

Memahami konsep pendekatan, metode, model, dan strategi dalam pembelajaran seni budaya

  1. - Menjelaskan konsep pendekatan dalam pembelajaran seni budaya
  2. - Menjelaskan konsep metode dalam pembelajaran seni budaya
  3. - Menjelaskan konsep model pembelajaran seni budaya
  4. - Menjelaskan konsep strategi dalam pembelajaran seni budaya
Kriteria:

Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, tanya jawab, diskusi
4 x 50
Ceramah, tanya jawab, diskusi
4 x 50
Materi: Model pembelajaran
Pustaka: 7. Nur, Mohamad. 1999. The Developing of Science Instruktional Model Using Process Approach to Increase Student Reasoning and Thinking Ability. Surabaya

Materi: model pembelajaran
Pustaka: 8. Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Materi: Model pembelajaran inovatif
Pustaka: 9. Daryanto dan Mulyo Raharjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media

Materi: pembelajaran inovatif
Pustaka: 10. Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
3%

10

Minggu ke 10

Memahami konsep pendekatan, metode, model, dan strategi dalam pembelajaran seni budaya

  1. - Menjelaskan konsep pendekatan dalam pembelajaran seni budaya
  2. - Menjelaskan konsep metode dalam pembelajaran seni budaya
  3. - Menjelaskan konsep model pembelajaran seni budaya
  4. - Menjelaskan konsep strategi dalam pembelajaran seni budaya
Kriteria:

Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, tanya jawab, diskusi
4 x 50
Ceramah, tanya jawab, diskusi
4 x 50
Materi: Model pembelajaran
Pustaka: 7. Nur, Mohamad. 1999. The Developing of Science Instruktional Model Using Process Approach to Increase Student Reasoning and Thinking Ability. Surabaya

Materi: model pembelajaran
Pustaka: 8. Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Materi: Model pembelajaran inovatif
Pustaka: 9. Daryanto dan Mulyo Raharjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media

Materi: pembelajaran inovatif
Pustaka: 10. Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
3%

11

Minggu ke 11

Memahami konsep pendekatan, metode, model, dan strategi dalam pembelajaran seni budaya

  1. - Menjelaskan konsep pendekatan dalam pembelajaran seni budaya
  2. - Menjelaskan konsep metode dalam pembelajaran seni budaya
  3. - Menjelaskan konsep model pembelajaran seni budaya
  4. - Menjelaskan konsep strategi dalam pembelajaran seni budaya
Kriteria:

Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, tanya jawab, diskusi
4 x 50
Ceramah, tanya jawab, diskusi
4 x 50
Materi: Model pembelajaran
Pustaka: 7. Nur, Mohamad. 1999. The Developing of Science Instruktional Model Using Process Approach to Increase Student Reasoning and Thinking Ability. Surabaya

Materi: model pembelajaran
Pustaka: 8. Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Materi: Model pembelajaran inovatif
Pustaka: 9. Daryanto dan Mulyo Raharjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media

Materi: pembelajaran inovatif
Pustaka: 10. Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
4%

12

Minggu ke 12

Memahami konsep pendekatan, metode, model, dan strategi dalam pembelajaran seni budaya

  1. - Menjelaskan konsep pendekatan dalam pembelajaran seni budaya
  2. - Menjelaskan konsep metode dalam pembelajaran seni budaya
  3. - Menjelaskan konsep model pembelajaran seni budaya
  4. - Menjelaskan konsep strategi dalam pembelajaran seni budaya
Kriteria:

Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, tanya jawab, diskusi
4 x 50
Ceramah, tanya jawab, diskusi
4 x 50
Materi: Model pembelajaran
Pustaka: 7. Nur, Mohamad. 1999. The Developing of Science Instruktional Model Using Process Approach to Increase Student Reasoning and Thinking Ability. Surabaya

Materi: model pembelajaran
Pustaka: 8. Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Materi: Model pembelajaran inovatif
Pustaka: 9. Daryanto dan Mulyo Raharjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media

Materi: pembelajaran inovatif
Pustaka: 10. Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
5%

13

Minggu ke 13

Memahami konsep pendekatan, metode, model, dan strategi dalam pembelajaran seni budaya

  1. - Menjelaskan konsep pendekatan dalam pembelajaran seni budaya
  2. - Menjelaskan konsep metode dalam pembelajaran seni budaya
  3. - Menjelaskan konsep model pembelajaran seni budaya
  4. - Menjelaskan konsep strategi dalam pembelajaran seni budaya
Kriteria:

Mengerjakan tugas dengan baik sesuai kreteria dan dipresentasikan dengan baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, tanya jawab, diskusi
4 x 50
Ceramah, tanya jawab, diskusi
4 x 50
Materi: Model pembelajaran
Pustaka: 7. Nur, Mohamad. 1999. The Developing of Science Instruktional Model Using Process Approach to Increase Student Reasoning and Thinking Ability. Surabaya

Materi: model pembelajaran
Pustaka: 8. Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Materi: Model pembelajaran inovatif
Pustaka: 9. Daryanto dan Mulyo Raharjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media

Materi: pembelajaran inovatif
Pustaka: 10. Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
5%

14

Minggu ke 14

Mendesain konsep pembelajaran Seni Budaya

- Menjelaskan desain pembelajaran Seni Budaya berdasarkan teori dan konsep pembelajaran

Kriteria:

Mempresentasikan tugas mendesain pembelajaran seni budaya dengan baik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi, diskusi, tanya jawab
4 x 50
Presentasi, diskusi, tanya jawab
4 x 50
Materi: pendidikan seni
Pustaka: Juju Nasunah dan Tati Narawati. 2003. Seni dan Pendidikan Seni. Bandung: P4ST UPI

Materi: belajar dan pembelajaran
Pustaka: Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Materi: pendidikan teory
Pustaka: 1. Slavin, Robert E. (2000). Educational psychology: Theory and practice. Sixt Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Materi: taksonomi bloom
Pustaka: 4. Bloom, Benjamin S. 1974, Taxonomy of Education Obyektive The Classification of Education Goal, New York

Materi: model pembelajaran
Pustaka: 6. Joyce, Bruce, Marsha Weil, Emily Calhoun. 2009. Models of Teaching. New Jersey. USA: Allyn and Bacon

Materi: model pembelajaran inovatif
Pustaka: 9. Daryanto dan Mulyo Raharjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media
10%

15

Minggu ke 15

Mendesain konsep pembelajaran Seni Budaya

- Menjelaskan desain pembelajaran Seni Budaya berdasarkan teori dan konsep pembelajaran

Kriteria:

Mempresentasikan tugas mendesain pembelajaran seni budaya dengan baik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi, diskusi, tanya jawab
4 x 50
Presentasi, diskusi, tanya jawab
4 x 50
Materi: pendidikan seni
Pustaka: Juju Nasunah dan Tati Narawati. 2003. Seni dan Pendidikan Seni. Bandung: P4ST UPI

Materi: belajar dan pembelajaran
Pustaka: Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Materi: pendidikan teory
Pustaka: 1. Slavin, Robert E. (2000). Educational psychology: Theory and practice. Sixt Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Materi: taksonomi bloom
Pustaka: 4. Bloom, Benjamin S. 1974, Taxonomy of Education Obyektive The Classification of Education Goal, New York

Materi: model pembelajaran
Pustaka: 6. Joyce, Bruce, Marsha Weil, Emily Calhoun. 2009. Models of Teaching. New Jersey. USA: Allyn and Bacon

Materi: model pembelajaran inovatif
Pustaka: 9. Daryanto dan Mulyo Raharjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media
10%

16

Minggu ke 16

Mendesain konsep pembelajaran Seni Budaya

- Menjelaskan desain pembelajaran Seni Budaya berdasarkan teori dan konsep pembelajaran

Kriteria:

Mempresentasikan tugas mendesain pembelajaran seni budaya dengan baik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi, diskusi, tanya jawab
4 x 50
Presentasi, diskusi, tanya jawab
4 x 50
Materi: pendidikan seni
Pustaka: Juju Nasunah dan Tati Narawati. 2003. Seni dan Pendidikan Seni. Bandung: P4ST UPI

Materi: belajar dan pembelajaran
Pustaka: Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Materi: pendidikan teory
Pustaka: 1. Slavin, Robert E. (2000). Educational psychology: Theory and practice. Sixt Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Materi: taksonomi bloom
Pustaka: 4. Bloom, Benjamin S. 1974, Taxonomy of Education Obyektive The Classification of Education Goal, New York

Materi: model pembelajaran
Pustaka: 6. Joyce, Bruce, Marsha Weil, Emily Calhoun. 2009. Models of Teaching. New Jersey. USA: Allyn and Bacon

Materi: model pembelajaran inovatif
Pustaka: 9. Daryanto dan Mulyo Raharjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 57.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 20%
3. Praktik / Unjuk Kerja 22.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.