
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Etnosains di SD |
8620603248 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
7 |
14 Oktober 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Nadia Lutfi Choirunnisa, S.Pd., M.Pd.
|
Prof. Dr. Suryanti, M.Pd.
|
PUTRI RACHMADYANTI |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Mampu mengembangkan, memelihara jaringan kerja serta menjalin komunikasi secara efektif dengan civitas akademika untuk menunjang belajar sepanjang hayat. |
PLO-8 |
Menerapkan konsep pengetahuan keterampilan dasar dan mendemonstrasikan keterpaduan dalam pengetahuan dasar bidang studi (matematika, Bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga). |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
CPMK 1: Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam melakukan refleksi terhadap budaya lokal yang berkaitan dengan ilmu sains (fisika, biologi, kimia).
|
PO - 2 |
CPMK 2: Mengembangkan keterampilan berkomunikasi dan memperluas jejaring secara efektif dengan sekelompok orang dalam melakukan refleksi terhadap budaya lokal yang berkaitan dengan ilmu sains (fisika, biologi, kimia).
|
PO - 3 |
CPMK 3: Menganalisis konsep-konsep sains (fisika, biologi, kimia) di dalam budaya/kepercayaan sekelompok masyarakat tertentu sebagai implementasi konsep etnosains.
|
PO - 4 |
CPMK 4: Merancang pembelajaran di SD berbasis etnosains.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-4 | PLO-6 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | ✔ | ✔ | | PO-3 | ✔ | | ✔ | PO-4 | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | ✔ | ✔ | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah etnosains di SD (Kajian Etnosains di SD) merupakan matakuliah yang bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang konsep etnosains dan pembelajaran etnosains di SD. Pada mata kuliah ini mahasiswa diminta menjelaskan konsep etnosains meliputi definisi, ciri-ciri, dan tahapan merancang pembelajaran berbasis etnosains melalui kolaborasi dan perkembangan diri secara berkelanjutan, menganalisis konsep-konsep sains dalam contoh-contoh budaya lokal, merefleksi budaya-budaya lokal disekitar dengan mengembangkan keterampilan berkomunikasi dan memperluas jejaring secara efektif dengan sekelompok orang budayawan/pemangku adat/ketua adat, menganalisis konsep-konsep sains (fisika, biologi, kimia) hasil refleksi budaya lokal yang ditemukan dan menghubungkannya dengan pembelajaran di SD, merancang pembelajaran berbasis etnosains yang ditemukan dengan metode perkuliahan case study. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Dewi, C. A., Khery, Y., & Erna, M. (2019). An ethnoscience study in chemistry learning to develop scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 279-287.
- Dewi, C. C. A., Erna, M., Haris, I., & Kundera, I. N. (2021). The effect of contextual collaborative learning based ethnoscience to increase student’s scientific literacy ability. Journal of Turkish Science Education, 18(3), 525-541.
- Campbell, N. A., & Reece, J. B. (2008). Biology (8th ed.). Pearson Benjamin Cummings.
- Giancoli, D. C. (2014). Physics: Principles with Applications (7th ed.). Pearson.
- Brown, T. L., LeMay, H. E., Bursten, B. E., Murphy, C., & Woodward, P. (2014). Chemistry: The Central Science (13th ed.). Pearson
- Sudarmin, S., Zahro, L., Pujiastuti, S. E., Asyhar, R., Zaenuri, Z., & Rosita, A. (2019). The development of PBL-based worksheets integrated with green chemistry and ethnoscience to improve students’ thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 492-499.
- Irfandi, I., Sudarma, T. F., Festiyed, F., Yohandri, Y., Diliarosta, S., Surahman, D., & Siregar, A. M. (2023). E-learning and physics teaching materials based on malay ethnoscience on the east coast. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(3), 366-376.
|
Pendukung : |
|
- Dwi Agus Kurniawan , Asrial , Syahrial , Wanada Siti Salsabilah , Eka Feri Kurniawati , Qolbi Shanaz Anandari , Rahmat Perdana , Artha Lumbantoruan , Nengria Nasih , Sofiah Christine Samosir , Utari Prisma Dewi (2019). Ethnoscience Investigation in Primary Schools: Impact on Science Learning. Universal Journal of Educational Research, 7(12), 2789 – 2795. DOI: 10.13189/ujer.2019.071229.
- Deta, U. A., Arisanti, A., Hudha, M. N., Lestari, N. A., Admoko, S., Uulaa, R. F. R., … Suprapto, N. (2024). Physics Concepts Analysis in the Traditional Games of Kekehan. International Journal of Research and Community Empowerment, 2(1), 24–34. https://doi.org/10.58706/ijorce.v2n1.p24-34
- Suprapto, N., Deta, U. A., Suliyanah, S., Sya’roni, I., & Nisa, K. (2023). Glocalization of madurese bull racing: a cross-sectional study with equation modeling in ethnophysics.
- Choirunnisa, N., Suryanti, Suprapto, N., & G. U. Lala, S. (2025). Learn from local wisdom: Exploration of traditional house through ethnomathematics and ethnoscience for teaching in elementary. Multidisciplinary Science Journal, (| Accepted Articles). Retrieved from https://malque.pub/ojs/index.php/msj/article/view/10332
- Solihin, A., Choirunnisa, N. L., & Mintohari, M. (2024). Eksplorasi Etnosains Monumen Kapal Selam Surabaya Sebagai Sumber Belajar IPAS Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(2), 137-148.
- Yuliana, I., Mariana, N., Choirunnisa, N. L., & Puspita, A. M. I. (2025). Pelatihan Desain Pembelajaran Berbasis Etnopedagogi Melalui Refleksi Budaya Lokal Kabupaten Trenggalek. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 9(1), 492-500.
|
Dosen Pengampu
|
SURYANTI JULIANTO NADIA LUTFI CHOIRUNNISA IVO YULIANA Ivo Yuliana, M.Pd. Ivo Yuliana, M.Pd. Dr. Julianto, S.Pd., M.Pd. Dr. Julianto, S.Pd., M.Pd. Prof. Dr. Suryanti, M.Pd. Prof. Dr. Suryanti, M.Pd. Nadia Lutfi Choirunnisa, S.Pd., M.Pd. Nadia Lutfi Choirunnisa, S.Pd., M.Pd. Nadia Lutfi Choirunnisa, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan konsep etnosains meliputi definisi dan ciri-ciri pembelajaran berbasis etnosains melalui kolaborasi dan perkembangan diri secara berkelanjutan. |
- Mengidentifikasi definisi-definisi etnosains dari berbagai sumber ilmiah.
- Mengidentifikasi ciri-ciri etnosains dari berbagai sumber ilmiah.
|
Kriteria:
Sesuai dengan rubrik penilaian praktik. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Diskusi tentang definisi dan ciri-ciri etnosains dari berbagai daerah. 3 x 50 |
Menganalisis dan mencari informasi menggunakan teknologi informasi tentang definisi dan ciri-ciri etnosains dari berbagai daerah melalui SIDIA. 3 x 50 |
Materi: definisi, ciri-ciri, contoh dan tahapan merancang pembelajaran berbasis etnosains Pustaka: Dewi, C. A., Khery, Y., & Erna, M. (2019). An ethnoscience study in chemistry learning to develop scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 279-287. Materi: definisi, ciri-ciri, contoh dan tahapan merancang pembelajaran berbasis etnosains Pustaka: Dewi, C. C. A., Erna, M., Haris, I., & Kundera, I. N. (2021). The effect of contextual collaborative learning based ethnoscience to increase student’s scientific literacy ability. Journal of Turkish Science Education, 18(3), 525-541. |
1% |
2
Minggu ke 2 |
Menjelaskan konsep etnosains meliputi contoh-contoh etnosains melalui kolaborasi dan perkembangan diri secara berkelanjutan. |
Mengidentifikasi contoh-contoh etnosains dari berbagai daerah. |
Kriteria:
- Observasi untuk aktivitas partisipatif
- Tes
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi tentang contoh-contoh etnosains dari berbagai daerah. 3 x 50 |
Membaca dan menganalisis contoh-contoh etnosains dari berbagai daerah dari berbagai artikel di jurnal-jurnal nasional dan internasional melalui SIDIA. 3 x 50 |
Materi: definisi, ciri-ciri, contoh dan tahapan merancang pembelajaran berbasis etnosains Pustaka: Dewi, C. A., Khery, Y., & Erna, M. (2019). An ethnoscience study in chemistry learning to develop scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 279-287. Materi: definisi, ciri-ciri, contoh dan tahapan merancang pembelajaran berbasis etnosains Pustaka: Dewi, C. C. A., Erna, M., Haris, I., & Kundera, I. N. (2021). The effect of contextual collaborative learning based ethnoscience to increase student’s scientific literacy ability. Journal of Turkish Science Education, 18(3), 525-541. Materi: definisi, ciri-ciri, contoh dan tahapan merancang pembelajaran berbasis etnosains Pustaka: Choirunnisa, N. L., Pradana, H. D., & Habsy, B. A. (2023). Rumah adat Mbaru Niang di Provinsi Nusa Tenggara Timur: Kajian etnop pedagogi dan integrasinya dalam pembelajaran SD. [Laporan penelitian]. Materi: etnosains dari monumen kapal selam Pustaka: Solihin, A., Choirunnisa, N. L., & Mintohari, M. (2024). Eksplorasi Etnosains Monumen Kapal Selam Surabaya Sebagai Sumber Belajar IPAS Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(2), 137-148. |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Menjelaskan konsep etnosains meliputi tahapan merancang pembelajaran berbasis etnosains melalui kolaborasi dan perkembangan diri secara berkelanjutan. |
Mengidentifikasi tahapan merancang pembelajaran berbasis etnosains. |
Kriteria:
- Observasi untuk aktivitas partisipatif
- Tes
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi tentang tahapan perancangan pembelajaran berbasis etnosains. 3 x 50 |
Membaca dan menganalisis tahapan perancangan pembelajaran berbasis etnosains melalui SIDIA. 3 x 50 |
Materi: definisi, ciri-ciri, contoh dan tahapan merancang pembelajaran berbasis etnosains Pustaka: Dewi, C. A., Khery, Y., & Erna, M. (2019). An ethnoscience study in chemistry learning to develop scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 279-287. Materi: definisi, ciri-ciri, contoh dan tahapan merancang pembelajaran berbasis etnosains Pustaka: Dewi, C. C. A., Erna, M., Haris, I., & Kundera, I. N. (2021). The effect of contextual collaborative learning based ethnoscience to increase student’s scientific literacy ability. Journal of Turkish Science Education, 18(3), 525-541. Materi: definisi, ciri-ciri, contoh dan tahapan merancang pembelajaran berbasis etnosains Pustaka: Choirunnisa, N. L., Pradana, H. D., & Habsy, B. A. (2023). Rumah adat Mbaru Niang di Provinsi Nusa Tenggara Timur: Kajian etnop pedagogi dan integrasinya dalam pembelajaran SD. [Laporan penelitian]. Materi: etnosains dari monumen kapal selam Pustaka: Solihin, A., Choirunnisa, N. L., & Mintohari, M. (2024). Eksplorasi Etnosains Monumen Kapal Selam Surabaya Sebagai Sumber Belajar IPAS Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(2), 137-148. |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis konsep-konsep sains dalam contoh-contoh budaya lokal. |
- Mengidentifikasi konsep-konsep sains yang relevan dalam berbagai contoh budaya lokal.
- Menghubungkan fenomena budaya lokal dengan teori atau prinsip sains yang mendasarinya (fisika, biologi, kimia).
- Menyusun argumen berdasarkan analisis ilmiah tentang bagaimana konsep sains diterapkan atau diadaptasi dalam budaya lokal.
|
Kriteria:
- Observasi untuk aktivitas partisipatif
- Tes
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mahasiswa diminta mencari contoh praktik budaya lokal dari daerah asalnya (misalnya tradisi, rumah adat, makanan, alat musik, pengobatan tradisional). 3x50 |
Mahasiswa mencari informasi tentang praktik budaya lokal dari daerahnya melalui literature review. 3x50 |
Materi: Konsep sains di dalam budaya lokal Pustaka: Dwi Agus Kurniawan , Asrial , Syahrial , Wanada Siti Salsabilah , Eka Feri Kurniawati , Qolbi Shanaz Anandari , Rahmat Perdana , Artha Lumbantoruan , Nengria Nasih , Sofiah Christine Samosir , Utari Prisma Dewi (2019). Ethnoscience Investigation in Primary Schools: Impact on Science Learning. Universal Journal of Educational Research, 7(12), 2789 – 2795. DOI: 10.13189/ujer.2019.071229. Materi: Konsep sains di dalam budaya lokal Pustaka: Deta, U. A., Arisanti, A., Hudha, M. N., Lestari, N. A., Admoko, S., Uulaa, R. F. R., … Suprapto, N. (2024). Physics Concepts Analysis in the Traditional Games of Kekehan. International Journal of Research and Community Empowerment, 2(1), 24–34. https://doi.org/... Materi: Konsep sains di dalam budaya lokal Pustaka: Nadi Suprapto, Utama Alan Deta, Suliyanah Suliyanah et al. Glocalization of madurese bull racing: a cross-sectional study with equation modeling in ethnophysics, 28 March 2023, PREPRINT (Version 1) available at Research Square [https://doi.org/...] Materi: Konsep sains di dalam budaya lokal Pustaka: Choirunnisa, N. L., Pradana, H. D., & Habsy, B. A. (2023). Rumah adat Mbaru Niang di Provinsi Nusa Tenggara Timur: Kajian etnop pedagogi dan integrasinya dalam pembelajaran SD. [Laporan penelitian]. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Menyajikan hasil analisis konsep-konsep sains dalam contoh-contoh budaya lokal. |
- Kejelasan presentasi – kemampuan menyampaikan praktik budaya dan hasil analisis secara runtut, sistematis, serta mudah dipahami.
- Kualitas analisis – ketepatan dalam mengidentifikasi konsep sains dari praktik budaya serta relevansinya dengan pembelajaran IPA di SD.
|
Kriteria:
Sesuai dengan rubrik penilaian praktik. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Mahasiswa mempresentasikan temuannya di kelas, menjelaskan praktik budaya tersebut dan menganalisis konsep sains yang terkandung di dalamnya. 3x50 |
Diskusi dan penugasan melalui SIDIA 3x50 |
Materi: Konsep sains di dalam budaya lokal Pustaka: Dwi Agus Kurniawan , Asrial , Syahrial , Wanada Siti Salsabilah , Eka Feri Kurniawati , Qolbi Shanaz Anandari , Rahmat Perdana , Artha Lumbantoruan , Nengria Nasih , Sofiah Christine Samosir , Utari Prisma Dewi (2019). Ethnoscience Investigation in Primary Schools: Impact on Science Learning. Universal Journal of Educational Research, 7(12), 2789 – 2795. DOI: 10.13189/ujer.2019.071229. Materi: Konsep sains di dalam budaya lokal Pustaka: Deta, U. A., Arisanti, A., Hudha, M. N., Lestari, N. A., Admoko, S., Uulaa, R. F. R., … Suprapto, N. (2024). Physics Concepts Analysis in the Traditional Games of Kekehan. International Journal of Research and Community Empowerment, 2(1), 24–34. https://doi.org/... Materi: Konsep sains di dalam budaya lokal Pustaka: Nadi Suprapto, Utama Alan Deta, Suliyanah Suliyanah et al. Glocalization of madurese bull racing: a cross-sectional study with equation modeling in ethnophysics, 28 March 2023, PREPRINT (Version 1) available at Research Square [https://doi.org/...] Materi: Konsep sains di dalam budaya lokal Pustaka: Choirunnisa, N. L., Pradana, H. D., & Habsy, B. A. (2023). Rumah adat Mbaru Niang di Provinsi Nusa Tenggara Timur: Kajian etnop pedagogi dan integrasinya dalam pembelajaran SD. [Laporan penelitian]. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Merefleksi budaya-budaya lokal disekitar daerah masing-masing. |
- Mengidentifikasi dan mendeskripsikan budaya lokal di sekitar lingkungan.
- Menyusun pertanyaan yang relevan dan berbobot dalam wawancara dengan budayawan/pemangku adat/ketua adat.
- Mengkomunikasikan secara efektif dalam diskusi kelompok dengan budayawan/pemangku adat/ketua adat, menunjukkan sikap sopan dan menghargai.
- Membuat transkrip hasil wawancara.
- Menganalisis budaya-budaya lokal yang berpotensi terdapat konsep sains.
|
Kriteria:
Sesuai dengan rubrik penilaian praktik wawancara menggali potensi-potensi etnosains di masyarakat. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Mahasiswa melakukan wawancara dan diskusi dengan sekelompok orang budayawan/pemangku adat/ketua adat untuk menggali budaya/kebiasaan setempat yang berpotensi terdapat konsep-konsep sains di dalamnya. 3x50 |
Asinkronus melalui SIDIA 3x50 |
Materi: refleksi budaya-budaya lokal Pustaka: Dewi, C. A., Khery, Y., & Erna, M. (2019). An ethnoscience study in chemistry learning to develop scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 279-287. Materi: refleksi budaya-budaya lokal Pustaka: Dewi, C. C. A., Erna, M., Haris, I., & Kundera, I. N. (2021). The effect of contextual collaborative learning based ethnoscience to increase student’s scientific literacy ability. Journal of Turkish Science Education, 18(3), 525-541. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
- Menstranskrip hasil wawancara tentang etnosains di masyarakat.
- Menyajikan hasil transkrip dan refleksi terhadap etnosains yang ditemui dimasyarakat.
|
- Kejelasan penyampaian – kemampuan mahasiswa mempresentasikan hasil wawancara secara runtut, sistematis, dan komunikatif.
- Kualitas isi presentasi – ketepatan analisis dalam mengungkap budaya/kebiasaan setempat serta relevansi identifikasi konsep sains yang terkandung di dalamnya.
|
Kriteria:
Observasi untuk aktivitas partisipatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Mahasiswa mempresentasikan contoh kasus etnosains berdasarkan hasil wawancara dan diskusi dengan sekelompok orang budayawan/pemangku adat/ketua adat untuk menggali budaya/kebiasaan setempat yang berpotensi terdapat konsep-konsep sains di dalamnya. 3x50 |
Hasil wawancara diunggah dalam bentuk ringkasan/infografis disertasi foto dan video singkat ke LMS. 3x50 |
Materi: refleksi budaya-budaya lokal Pustaka: Dewi, C. A., Khery, Y., & Erna, M. (2019). An ethnoscience study in chemistry learning to develop scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 279-287. Materi: refleksi budaya-budaya lokal Pustaka: Dewi, C. C. A., Erna, M., Haris, I., & Kundera, I. N. (2021). The effect of contextual collaborative learning based ethnoscience to increase student’s scientific literacy ability. Journal of Turkish Science Education, 18(3), 525-541. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
- Menganalisis konsep etnosains meliputi definisi dan ciri-ciri pembelajaran berbasis etnosains melalui kolaborasi dan perkembangan diri secara berkelanjutan.
- Menganalisis konsep etnosains meliputi contoh-contoh etnosains melalui kolaborasi dan perkembangan diri secara berkelanjutan.
- Menganalisis konsep etnosains meliputi tahapan merancang pembelajaran berbasis etnosains melalui kolaborasi dan perkembangan diri secara berkelanjutan.
- Menganalisis konsep-konsep sains dalam contoh-contoh budaya lokal.
|
- Mampu mengidentifikasi ciri-ciri pembelajaran berbasis etnosains.
- Mampu menjelaskan keterkaitan contoh etnosains dengan konsep sains.
- Mampu menguraikan tahapan penyusunan rancangan pembelajaran berbasis etnosains.
- Mampu mengevaluasi kelengkapan komponen dalam rancangan pembelajaran berbasis etnosains.
- Mampu mengidentifikasi konsep sains (fisika, biologi, kimia) yang terkandung dalam budaya lokal.
- Mampu mengaitkan konsep sains dalam budaya lokal dengan pembelajaran IPA di SD.
|
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Tes |
Mengerjakan soal-soal berkaitan dengan konsep ipa dalam etnosains. 3 X 50 |
Mengerjakan soal-soal berkaitan dengan konsep ipa dalam etnosains melalui SIDIA.
|
Materi: Konsep fisika dalam tradisi masyarakat (contoh: prinsip pengungkit dalam alat tradisional), Konsep biologi dalam kepercayaan lokal (contoh: pengobatan tradisional berbasis tumbuhan), Konsep kimia dalam praktik budaya (contoh: fermentasi dalam pembuatan makanan tradisional), Teknik analisis etnosains dalam konteks pendidikan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Menganalisis konsep-konsep sains (fisika, biologi, kimia) dari hasil refleksi budaya lokal yang ditemukan serta mengaitkannya dengan pembelajaran IPA di SD. |
- Partisipasi aktif dalam diskusi – keterlibatan mahasiswa dalam menyampaikan ide, pendapat, dan tanggapan terkait analisis budaya lokal.
- Kualitas kontribusi akademik – relevansi dan ketepatan masukan dalam mengidentifikasi konsep sains serta keterkaitannya dengan pembelajaran IPA di SD.
|
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok hasil analisis budaya lokal untuk mengidentifikasi konsep sains serta mengaitkannya dengan pembelajaran IPA di S 3x50 |
Diskusi dan penugasan melalui SIDIA 3x50 |
Materi: Konsep dasar biologi Pustaka: Campbell, N. A., & Reece, J. B. (2008). Biology (8th ed.). Pearson Benjamin Cummings. Materi: Konsep dasar fisika Pustaka: Giancoli, D. C. (2014). Physics: Principles with Applications (7th ed.). Pearson. Materi: Konsep dasar kimia Pustaka: Brown, T. L., LeMay, H. E., Bursten, B. E., Murphy, C., & Woodward, P. (2014). Chemistry: The Central Science (13th ed.). Pearson |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Menganalisis konsep-konsep sains (fisika, biologi, kimia) dari hasil refleksi budaya lokal yang ditemukan serta mengaitkannya dengan pembelajaran IPA di SD. |
- Kualitas analisis – ketepatan dalam mengidentifikasi konsep-konsep sains (fisika, biologi, kimia) dari budaya lokal.
- Relevansi pembelajaran – kemampuan mengaitkan hasil analisis budaya lokal dengan materi dan tujuan pembelajaran IPA di SD.
|
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mempresentasikan hasil analisis budaya lokal untuk mengidentifikasi konsep sains serta mengaitkannya dengan pembelajaran IPA di S 3x50 |
Diskusi dan penugasan melalui SIDIA 3x50 |
Materi: Konsep dasar biologi Pustaka: Campbell, N. A., & Reece, J. B. (2008). Biology (8th ed.). Pearson Benjamin Cummings. Materi: Konsep dasar fisika Pustaka: Giancoli, D. C. (2014). Physics: Principles with Applications (7th ed.). Pearson. Materi: Konsep dasar kimia Pustaka: Brown, T. L., LeMay, H. E., Bursten, B. E., Murphy, C., & Woodward, P. (2014). Chemistry: The Central Science (13th ed.). Pearson |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Menganalisis konsep-konsep sains (fisika, biologi, kimia) dari hasil refleksi budaya lokal yang ditemukan serta mengaitkannya dengan pembelajaran IPA di SD. |
- Kejelasan dan ketepatan analisis (kemampuan mengidentifikasi konsep sains dari budaya lokal secara runtut dan benar).
- Keterkaitan dengan pembelajaran IPA SD (kemampuan menghubungkan hasil analisis budaya lokal dengan materi/kompetensi IPA di SD secara relevan).
|
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mempresentasikan hasil analisis budaya lokal untuk mengidentifikasi konsep sains serta mengaitkannya dengan pembelajaran IPA di S 3x50 |
Diskusi dan penugasan melalui SIDIA 3x50 |
Materi: Konsep dasar biologi Pustaka: Campbell, N. A., & Reece, J. B. (2008). Biology (8th ed.). Pearson Benjamin Cummings. Materi: Konsep dasar fisika Pustaka: Giancoli, D. C. (2014). Physics: Principles with Applications (7th ed.). Pearson. Materi: Konsep dasar kimia Pustaka: Brown, T. L., LeMay, H. E., Bursten, B. E., Murphy, C., & Woodward, P. (2014). Chemistry: The Central Science (13th ed.). Pearson |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Menyusun LKPD berbasis etnosains yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran IPA di SD. |
- Partisipasi aktif dalam diskusi (memberikan ide, argumentasi, atau solusi dalam penyusunan LKPD).
- Kualitas kontribusi dalam kelompok (relevansi masukan dengan etnosains dan keterpaduan dengan pembelajaran IPA SD).
|
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mendiskusikan dengan kelompok penyusunan LKPD etnosains. 3x50 |
Diskusi dan penugasan melalui SIDIA 3x50 |
Materi: pembelajaran berbasis etnosains. Pustaka: Dewi, C. C. A., Erna, M., Haris, I., & Kundera, I. N. (2021). The effect of contextual collaborative learning based ethnoscience to increase student’s scientific literacy ability. Journal of Turkish Science Education, 18(3), 525-541. Materi: pembelajaran berbasis etnosains. Pustaka: Irfandi, I., Sudarma, T. F., Festiyed, F., Yohandri, Y., Diliarosta, S., Surahman, D., & Siregar, A. M. (2023). E-learning and physics teaching materials based on malay ethnoscience on the east coast. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(3), 366-376. Materi: pembelajaran berbasis etnosains. Pustaka: Sudarmin, S., Zahro, L., Pujiastuti, S. E., Asyhar, R., Zaenuri, Z., & Rosita, A. (2019). The development of PBL-based worksheets integrated with green chemistry and ethnoscience to improve students’ thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 492-499. |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Menyajikan hasil kesimpulan berupa desain pembelajaran berbasis etnosains yang ditemukan. |
- Kesesuaian praktik dengan LKPD (alur kegiatan, keterpaduan langkah, dan ketepatan konsep sains yang ditampilkan).
- Kualitas dokumentasi video (kejelasan tampilan, kerapian penyajian, serta kemampuan menyampaikan praktik etnosains dengan komunikatif).
|
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mahasiswa mempraktikkan kegiatan etnosains sesuai LKPD yang telah dibuat dan didokumentasikan dalam bentuk video. 3x50 |
Diskusi dan penugasan melalui SIDIA 3x50 |
Materi: pembelajaran berbasis etnosains. Pustaka: Dewi, C. C. A., Erna, M., Haris, I., & Kundera, I. N. (2021). The effect of contextual collaborative learning based ethnoscience to increase student’s scientific literacy ability. Journal of Turkish Science Education, 18(3), 525-541. Materi: pembelajaran berbasis etnosains. Pustaka: Irfandi, I., Sudarma, T. F., Festiyed, F., Yohandri, Y., Diliarosta, S., Surahman, D., & Siregar, A. M. (2023). E-learning and physics teaching materials based on malay ethnoscience on the east coast. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(3), 366-376. Materi: pembelajaran berbasis etnosains. Pustaka: Sudarmin, S., Zahro, L., Pujiastuti, S. E., Asyhar, R., Zaenuri, Z., & Rosita, A. (2019). The development of PBL-based worksheets integrated with green chemistry and ethnoscience to improve students’ thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 492-499. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Menyajikan hasil kesimpulan berupa desain pembelajaran berbasis etnosains yang ditemukan. |
- Menyusun lembar kerja peserta didik berbasis etnosains.
- Kualitas isi presentasi (kesesuaian rancangan LKPD dengan prinsip etnosains dan pembelajaran IPA SD).
|
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mempresentasikan rancangan lembar kerja peserta didik berbasis etnosains. 3x50 |
Diskusi dan penugasan melalui SIDIA 3x50 |
Materi: pembelajaran berbasis etnosains. Pustaka: Dewi, C. C. A., Erna, M., Haris, I., & Kundera, I. N. (2021). The effect of contextual collaborative learning based ethnoscience to increase student’s scientific literacy ability. Journal of Turkish Science Education, 18(3), 525-541. Materi: pembelajaran berbasis etnosains. Pustaka: Irfandi, I., Sudarma, T. F., Festiyed, F., Yohandri, Y., Diliarosta, S., Surahman, D., & Siregar, A. M. (2023). E-learning and physics teaching materials based on malay ethnoscience on the east coast. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(3), 366-376. Materi: pembelajaran berbasis etnosains. Pustaka: Sudarmin, S., Zahro, L., Pujiastuti, S. E., Asyhar, R., Zaenuri, Z., & Rosita, A. (2019). The development of PBL-based worksheets integrated with green chemistry and ethnoscience to improve students’ thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 492-499. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menyajikan hasil kesimpulan berupa desain pembelajaran berbasis etnosains yang ditemukan. |
- Kejelasan penyampaian presentasi (sistematis, runtut, dan mudah dipahami).
- Kualitas isi presentasi (kesesuaian rancangan LKPD dengan prinsip etnosains dan pembelajaran IPA SD).
|
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mempresentasikan rancangan lembar kerja peserta didik berbasis etnosains. 3x50 |
Diskusi dan penugasan melalui SIDIA 3x50 |
Materi: pembelajaran berbasis etnosains. Pustaka: Dewi, C. C. A., Erna, M., Haris, I., & Kundera, I. N. (2021). The effect of contextual collaborative learning based ethnoscience to increase student’s scientific literacy ability. Journal of Turkish Science Education, 18(3), 525-541. Materi: pembelajaran berbasis etnosains. Pustaka: Irfandi, I., Sudarma, T. F., Festiyed, F., Yohandri, Y., Diliarosta, S., Surahman, D., & Siregar, A. M. (2023). E-learning and physics teaching materials based on malay ethnoscience on the east coast. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(3), 366-376. Materi: pembelajaran berbasis etnosains. Pustaka: Sudarmin, S., Zahro, L., Pujiastuti, S. E., Asyhar, R., Zaenuri, Z., & Rosita, A. (2019). The development of PBL-based worksheets integrated with green chemistry and ethnoscience to improve students’ thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 492-499. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Kelengkapan dan kualitas perancangan LKPD (kesesuaian dengan etnosains, keterpaduan dengan materi IPA SD, dan sistematika penulisan). |
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Mahasiswa mengumpulkan hasil perancangan LKPD dan video praktik.
|
Penugasan melalui LMS
|
Materi: LKPD berbasis etnosains Pustaka: Sudarmin, S., Zahro, L., Pujiastuti, S. E., Asyhar, R., Zaenuri, Z., & Rosita, A. (2019). The development of PBL-based worksheets integrated with green chemistry and ethnoscience to improve students’ thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 492-499. Materi: media berbasis etnosains Pustaka: Irfandi, I., Sudarma, T. F., Festiyed, F., Yohandri, Y., Diliarosta, S., Surahman, D., & Siregar, A. M. (2023). E-learning and physics teaching materials based on malay ethnoscience on the east coast. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(3), 366-376. |
10% |