
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Ekonomi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Perilaku Kewirausahaan |
8722002146 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
5 |
21 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Ladi wajuba perdini fisabilillah,M.SE
|
Ladi wajuba perdini fisabilillah,M.SE
|
Dr. Tony Seno Aji, S.E., M.E. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-8 |
Mampu menerapkan teknologi informasi dalam pemecahan masalah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
mahasiswa dapat menumbuhkan jiwa entrepreneur sejati maupun intrapreneur
|
PO - 2 |
perubahan mindset dan mampu menyusun rencana bisnis (Business Plan )
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Perilaku Kewirausahaan membahas konsep, karakteristik, dan dinamika perilaku individu dalam konteks kewirausahaan. Mahasiswa akan mempelajari sikap, pola pikir, nilai, motivasi, dan tindakan yang mencerminkan jiwa wirausaha, baik dalam memulai, mengelola, maupun mengembangkan usaha. Fokus utama mata kuliah ini adalah pada pembentukan dan pengembangan mindset wirausaha yang inovatif, adaptif, dan berorientasi pada peluang serta pengambilan risiko yang terukur. Melalui pendekatan teori dan studi kasus, mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi dan menerapkan perilaku kewirausahaan dalam kehidupan nyata, baik sebagai pelaku usaha maupun sebagai agen perubahan di berbagai sektor. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Suryana. 2015. Kewirausahaan kiat dan proses menuju sukses edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.
- Donald F. Kuratko. Entrepreneurship: Theory, Process, Practice. 2015. Thomson South-Western
- Suryana. 2017. Perilaku Kewirausahaan. Jakarta: salemba empat
- Stephen P. Robbins dan Timothy A. Judge. 2020. Perilaku Organisasi. Pearson Education
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
mahasiswa mampu mendeskripsikan Ruang lingkup disiplin kewirausahaan |
- Disiplin ilmu kewirausahaan
- objek studi kewirausahaan
- perkembangan disiplin ilmu kewirausahaan
|
Kriteria:
pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
ceramah, diskusi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
|
5% |
2
Minggu ke 2 |
mahasiswa mmapu mendefinisikan konsep, konteks dan hakikat kewirausahaan |
- konsep kewirausahaan
- Konteks kewirausahaan
- Hakikat, inti, dan rahasia kewirausahaan
|
Kriteria:
Kriteria: pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
ceramah, diskusi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
|
5% |
3
Minggu ke 3 |
mahasiswa mampu mendefinisikan karakteristik dan nilai-nilai kewirausahaan |
- Karakteristik kewirausahaan
- Nilai-nilai hakiki kewirausahaan
- Sikap dan kepribadian wirausaha
- Motif berprestasi.
|
Kriteria:
Kriteria: pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
ceramah, diskusi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
|
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan Jenis, fungsi dan peran kewirausahaan |
- Jenis-jenis wirausaha
- Fungsi wirausaha
- Peran wirausaha
|
Kriteria:
Kriteria: pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
ceramah, diskusi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
|
5% |
5
Minggu ke 5 |
Kreativitas dan keinovasian dalam kewirausahaan |
- Berpikir kreatif
- Berinovasi
- Hasil berpikir kreatif dan inovatif
|
Kriteria:
Kriteria: pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
ceramah, diskusi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
Materi: kreativitas kewirausahaan Pustaka: Suryana. 2013. Kewirausahaan kiat dan proses menuju sukses edisi 4. Jakarta: Salemba Empat. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan modal dasar kewirausahaan |
- Modal kemampuan, kemauan, dan pengetahuan.
- Bekal kompetensi kewirausahaan
|
Kriteria:
Kriteria: pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
ceramah, diskusi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
|
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menganalisis proses kewirausahaan |
- proses awal kewirausahan
- Proses perkembangan kewirausahaan
- Proses pertumbuhan kewirausahaan.
|
Kriteria:
Kriteria: pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah, diskusi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
ceramah, diskusi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
|
5% |
8
Minggu ke 8 |
mahasiswa mampu mempresentasikan produk/hasil karyanya |
Mahasiswa dapat menjelaskan secara lengkap dna rinci rencana produk yang akan dibuat |
Kriteria:
Kriteria: pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Tanya jawab rencana produk 2 X 50 |
Tanya jawab rencana produk 2 X 50 |
|
5% |
9
Minggu ke 9 |
Ide dan Peluang Kewirausahaan |
- Faktor keberhasilan usaha.
- Faktor penghambat usaha
- Keuntungan dan kerugian kewirausahaan
|
Kriteria:
Kriteria: pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah, diskusi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
ceramah, diskusi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
|
5% |
10
Minggu ke 10 |
mahasiswa mampu menganalisis Kewirausahaan dalam konteks bisnis |
- Memulai usaha baru
- Langkah-langkah memasuki usaha baru
- Merintis usaha baru
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah, diskusi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
ceramah, diskusi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
|
5% |
11
Minggu ke 11 |
mahasiswa mampu menganalisis bisnis dan studi kelayakan bisnis |
- hambatan memasuki industri.
- Membeli perusahaan yang sudah ada
- Waralaba
- Perlindungan hukum : paten, merek dagang, dan hak cipta
|
Kriteria:
Kriteria: pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah, diskusi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
ceramah, diskusi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
|
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu memahami pentingnya studi kelayakan bisnis. Mampu membuat studi kelayakan bisnis dan mampu merintis usaha baru. Dan mampu mengevaluasi dan persiapan bisnis baru |
- studi kelayakan bisnis
- proses dan tahapan studi kelayakan
- analisis kelayakan bisnis
- penyusunan laporan studi kelayakan bisnis
- evaluasi dan persiapan bisnis baru.
|
Kriteria:
Kriteria: pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Presentasi, Tanya Jawab dan Praktikum 2 x 50 |
Ceramah, Presentasi, Tanya Jawab dan Praktikum 2 x 50 |
Materi: studi kelayakan bisnis Pustaka: Suryana. 2013. Kewirausahaan kiat dan proses menuju sukses edisi 4. Jakarta: Salemba Empat. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menggambarkan tehnik pengembangan usaha dengan memelihara semangat wirausahawan |
- Bauran pemasaran
- Teknik pengembangan usaha
- Semangat kewirausahaan
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah, presentasi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
ceramah, presentasi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
|
5% |
14
Minggu ke 14 |
mahasiswa mampu menganalisis strategi bersaing dalam kewirausahaan |
- Menjelaskan perencanaan usaha
- Mampu mengelola keuangan.
- Mendefinisikan teknik strategi pemasaran
- Menjelaskan bauran pemasaran.
- Mendefinisikan teknik pengembangan usaha
- Memahami semangat kewirausahaan
|
Kriteria:
Kriteria: pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah, presentasi, tanya jawab dan diskusi 2 x 50 |
ceramah, presentasi, tanya jawab dan diskusi 2 x 50 |
Materi: bauran pemasaran Pustaka: Suryana. 2013. Kewirausahaan kiat dan proses menuju sukses edisi 4. Jakarta: Salemba Empat. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
mahasiswa mampu membuat Perencanaan Usaha ( Business plan) |
- perencanaan usaha
- Pengelolaan keuangan
- Teknik strategi pemasaran.
|
Kriteria:
Kriteria: pedoman penskoran |
praktikum 2 x 50 |
praktikum 2 x 50 |
|
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
mahasiswa melakukan presentasi produk yang dihasilkan |
Kriteria:
Kriteria: pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi produk 2 x 50 |
Presentasi produk 2 x 50 |
|
30% |