
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan IPS
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Sejarah Ekonomi |
8420703108 |
|
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
2 |
9 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
Dr. Niswatin, S.Pd., M.Pd.
|
Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Menguasai struktur keilmuan, konsep dan teori disiplin ilmu-ilmu sosial sebagai landasan dalam mengorganisasikan konten-konten pembelajaran IPS yang bermuatan kearifan lokal. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan sejarah perkembangan ekonomi dari masa prasejarah hingga modern.
|
PO - 2 |
Mahasiswa dapat menganalisis peran ekonomi dalam peradaban-peradaban besar dan kaitannya dengan pendidikan IPS.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menerapkan teori-teori ekonomi dalam konteks sejarah untuk memahami fenomena sosial-ekonomi masa lalu dan hubungannya dengan masa kini.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu mendiskusikan perkembangan kebijakan ekonomi dalam konteks sejarah dan implikasinya terhadap pendidikan IPS.
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu mengimplementasikan perkembangan perekononomian dalam pembelajaran IPS
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-2 | | | | | | PO-3 | | | | | | PO-4 | | | | | | PO-5 | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | ✔ | | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Sejarah Ekonomi mempelajari perkembangan ekonomi masyarakat dari zaman kuno hingga masa modern. Mata kuliah ini akan memberikan pemahaman tentang bagaimana sistem ekonomi terbentuk, berkembang, dan berperan dalam pembentukan masyarakat. Fokus utama adalah perkembangan ekonomi dalam konteks sejarah, teori-teori ekonomi yang relevan, dan dinamika sosial-ekonomi yang memengaruhi kebijakan ekonomi dalam berbagai peradaban. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Mubyarto, G. (2000). Sejarah Ekonomi Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Hadiwinata, D. (2001). Politik Ekonomi Indonesia. Jakarta: LP3ES.
- Findlay, R., & O'Rourke, K. H. (2007). Power and Plenty: Trade, War, and the World Economy in the Second Millennium. Princeton: Princeton University Press.
|
Pendukung : |
|
- Artikel jurnal yang relevan
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Drs. Nasution, M.Hum., M.Ed., Ph.D. Dr. Niswatin, S.Pd., M.Pd. Agung Stiawan, S.Pd.,M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami sejarah perkembangan ekoomi dari masa prasejarah hingga modern |
Rubrik kinerja |
Kriteria:
Aktivitas partisipatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3 x 50 |
|
Materi: Sejarah ekonomi Pustaka: Mubyarto, G. (2000). Sejarah Ekonomi Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Ekonomi pada Zaman Prasejarah: Sistem ekonomi dalam masyarakat berburu dan meramu. |
Rubrik kinerja |
Kriteria:
Aktivitas partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3 x 50 |
|
Materi: Masa meramu dan berburu Pustaka: Mubyarto, G. (2000). Sejarah Ekonomi Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Ekonomi pada Zaman Feodal: Struktur ekonomi pada masa feodal di Eropa dan Asia. |
Rubrik kinerja |
Kriteria:
Aktivitas unjuk kerja Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 3 x 50 |
|
Materi: Ekonomi masa feodal Pustaka: Artikel jurnal yang relevan |
10% |
4
Minggu ke 4 |
Ekonomi pada Masa Kerajaan: Sistem ekonomi kerajaan di berbagai negara dan pengaruhnya terhadap perdagangan internasional. |
Rubrik kinerja |
Kriteria:
Aktivitas unjuk kerja |
Luring 3 x 50 |
|
Materi: Sistem ekonomi kerajaan di berbagai negara Pustaka: Findlay, R., & O'Rourke, K. H. (2007). Power and Plenty: Trade, War, and the World Economy in the Second Millennium. Princeton: Princeton University Press. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Revolusi Industri: Dampak perubahan teknologi terhadap struktur ekonomi dunia. |
Rubrik kinerja |
Kriteria:
Aktivitas kinerja Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Luring 3 x 50 |
|
Materi: Dampak revolusi industri terhadap ekonomi dunia Pustaka: Findlay, R., & O'Rourke, K. H. (2007). Power and Plenty: Trade, War, and the World Economy in the Second Millennium. Princeton: Princeton University Press. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Teori Ekonomi Klasik dan Neoklasik: Teori-teori ekonomi utama dari Adam Smith, David Ricardo, dan Alfred Marshall. |
|
Kriteria:
Aktivitas kinerja Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Luring 3 x 50 |
|
Materi: Teori ekonomi Pustaka: Findlay, R., & O'Rourke, K. H. (2007). Power and Plenty: Trade, War, and the World Economy in the Second Millennium. Princeton: Princeton University Press. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Ekonomi Kolonialisme dan Imperialisme: Dampak ekonomi dari kolonialisasi dan penjajahan terhadap negara-negara berkembang. |
Rubrik kinerja |
Kriteria:
Aktivitas partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3 x 50 |
|
Materi: Ekonomi masa kolonial Pustaka: Mubyarto, G. (2000). Sejarah Ekonomi Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
10% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
Luring 3 x 50 |
|
Materi: UTS Pustaka: Mubyarto, G. (2000). Sejarah Ekonomi Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Pertumbuhan Ekonomi Modern dan Kapitalisme: Transisi dari ekonomi agraris menuju kapitalisme industri dan dampaknya terhadap masyarakat global. |
Rubrik kinerja |
Kriteria:
Aktivitas partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3 x 50 |
|
Materi: Pertumbuhan ekonomi dunia Pustaka: Findlay, R., & O'Rourke, K. H. (2007). Power and Plenty: Trade, War, and the World Economy in the Second Millennium. Princeton: Princeton University Press. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Sistem Ekonomi Sosialis: Perbandingan sistem sosialisme dengan kapitalisme, serta penerapan di negara-negara komunis. |
|
Kriteria:
Aktivitas partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3 x 50 |
|
Materi: Sistem ekonomi sosialis Pustaka: Findlay, R., & O'Rourke, K. H. (2007). Power and Plenty: Trade, War, and the World Economy in the Second Millennium. Princeton: Princeton University Press. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Krisis Ekonomi Global: Penyebab dan dampak dari krisis ekonomi global, termasuk Depresi Besar dan Krisis Keuangan 2008. |
Rubrik kinerja |
Kriteria:
Aktivitas partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3 x 50 |
|
Materi: Krisis ekonomi global Pustaka: Findlay, R., & O'Rourke, K. H. (2007). Power and Plenty: Trade, War, and the World Economy in the Second Millennium. Princeton: Princeton University Press. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Ekonomi Pasca-Kolonialisme dan Negara Berkembang: Perkembangan ekonomi di negara-negara pasca-kolonial dan tantangan yang dihadapi. |
Rubrik kinerja |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3 x 50 |
|
Materi: Ekonomi pasca kolonialisme Pustaka: Findlay, R., & O'Rourke, K. H. (2007). Power and Plenty: Trade, War, and the World Economy in the Second Millennium. Princeton: Princeton University Press. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Globalisasi Ekonomi dan Teknologi: Pengaruh globalisasi dan teknologi terhadap ekonomi dunia modern. |
Rubrik kinerja |
Kriteria:
Aktivitas partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3 x 50 |
|
Materi: Globalisasi ekonomi dan teknologi Pustaka: Artikel jurnal yang relevan |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Kebijakan Ekonomi dan Pendidikan: Hubungan antara kebijakan ekonomi dan sistem pendidikan di berbagai negara. |
Rubrik kinerja |
Kriteria:
Aktivitas partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3 x 50 |
|
Materi: Kebijakan ekonomi dan pendidikan Pustaka: Artikel jurnal yang relevan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
mendiskusikan penerapan sejarah ekonomi dalam pembelajaran IPS di kelas. |
Rubrik kinerja |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3 x 50 |
|
Materi: penerapan sejarah ekonomi dalam pembelajaran IPS Pustaka: Hadiwinata, D. (2001). Politik Ekonomi Indonesia. Jakarta: LP3ES. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Rubrik kinerja |
Kriteria:
Aktivitas partisipasi Bentuk Penilaian : Tes |
Luring 3 x 50 |
|
Materi: UAS Pustaka: Mubyarto, G. (2000). Sejarah Ekonomi Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
10% |