Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan IPS

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sejarah Ekonomi

8420703108

T=0

P=0

ECTS=0

2

9 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




Dr. Niswatin, S.Pd., M.Pd.




Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menguasai struktur keilmuan, konsep dan teori disiplin ilmu-ilmu sosial sebagai landasan dalam mengorganisasikan konten-konten pembelajaran IPS yang bermuatan kearifan lokal.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan sejarah perkembangan ekonomi dari masa prasejarah hingga modern.

PO - 2

Mahasiswa dapat menganalisis peran ekonomi dalam peradaban-peradaban besar dan kaitannya dengan pendidikan IPS.

PO - 3

Mahasiswa mampu menerapkan teori-teori ekonomi dalam konteks sejarah untuk memahami fenomena sosial-ekonomi masa lalu dan hubungannya dengan masa kini.

PO - 4

Mahasiswa mampu mendiskusikan perkembangan kebijakan ekonomi dalam konteks sejarah dan implikasinya terhadap pendidikan IPS.

PO - 5

Mahasiswa mampu mengimplementasikan perkembangan perekononomian dalam pembelajaran IPS

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5
PO-1 
PO-2     
PO-3     
PO-4     
PO-5     

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Sejarah Ekonomi mempelajari perkembangan ekonomi masyarakat dari zaman kuno hingga masa modern. Mata kuliah ini akan memberikan pemahaman tentang bagaimana sistem ekonomi terbentuk, berkembang, dan berperan dalam pembentukan masyarakat. Fokus utama adalah perkembangan ekonomi dalam konteks sejarah, teori-teori ekonomi yang relevan, dan dinamika sosial-ekonomi yang memengaruhi kebijakan ekonomi dalam berbagai peradaban.

Pustaka

Utama :

  1. Mubyarto, G. (2000). Sejarah Ekonomi Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Hadiwinata, D. (2001). Politik Ekonomi Indonesia. Jakarta: LP3ES.
  3. Findlay, R., & O'Rourke, K. H. (2007). Power and Plenty: Trade, War, and the World Economy in the Second Millennium. Princeton: Princeton University Press.

Pendukung :

  1. Artikel jurnal yang relevan

Dosen Pengampu

Prof. Drs. Nasution, M.Hum., M.Ed., Ph.D.

Dr. Niswatin, S.Pd., M.Pd.

Agung Stiawan, S.Pd.,M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami sejarah perkembangan ekoomi dari masa prasejarah hingga modern

Rubrik kinerja

Kriteria:

Aktivitas partisipatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3 x 50

Materi: Sejarah ekonomi
Pustaka: Mubyarto, G. (2000). Sejarah Ekonomi Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
5%

2

Minggu ke 2

Ekonomi pada Zaman Prasejarah: Sistem ekonomi dalam masyarakat berburu dan meramu.

Rubrik kinerja

Kriteria:

Aktivitas partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3 x 50

Materi: Masa meramu dan berburu
Pustaka: Mubyarto, G. (2000). Sejarah Ekonomi Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
5%

3

Minggu ke 3

Ekonomi pada Zaman Feodal: Struktur ekonomi pada masa feodal di Eropa dan Asia.

Rubrik kinerja

Kriteria:

Aktivitas unjuk kerja


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Luring
3 x 50

Materi: Ekonomi masa feodal
Pustaka: Artikel jurnal yang relevan
10%

4

Minggu ke 4

Ekonomi pada Masa Kerajaan: Sistem ekonomi kerajaan di berbagai negara dan pengaruhnya terhadap perdagangan internasional.

Rubrik kinerja

Kriteria:

Aktivitas unjuk kerja

Luring
3 x 50

Materi: Sistem ekonomi kerajaan di berbagai negara
Pustaka: Findlay, R., & O'Rourke, K. H. (2007). Power and Plenty: Trade, War, and the World Economy in the Second Millennium. Princeton: Princeton University Press.
5%

5

Minggu ke 5

Revolusi Industri: Dampak perubahan teknologi terhadap struktur ekonomi dunia.

Rubrik kinerja

Kriteria:

Aktivitas kinerja


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Luring
3 x 50

Materi: Dampak revolusi industri terhadap ekonomi dunia
Pustaka: Findlay, R., & O'Rourke, K. H. (2007). Power and Plenty: Trade, War, and the World Economy in the Second Millennium. Princeton: Princeton University Press.
5%

6

Minggu ke 6

Teori Ekonomi Klasik dan Neoklasik: Teori-teori ekonomi utama dari Adam Smith, David Ricardo, dan Alfred Marshall.

Kriteria:

Aktivitas kinerja


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Luring
3 x 50

Materi: Teori ekonomi
Pustaka: Findlay, R., & O'Rourke, K. H. (2007). Power and Plenty: Trade, War, and the World Economy in the Second Millennium. Princeton: Princeton University Press.
5%

7

Minggu ke 7

Ekonomi Kolonialisme dan Imperialisme: Dampak ekonomi dari kolonialisasi dan penjajahan terhadap negara-negara berkembang.

Rubrik kinerja

Kriteria:

Aktivitas partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3 x 50

Materi: Ekonomi masa kolonial
Pustaka: Mubyarto, G. (2000). Sejarah Ekonomi Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
10%

8

Minggu ke 8

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
Luring
3 x 50

Materi: UTS
Pustaka: Mubyarto, G. (2000). Sejarah Ekonomi Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
10%

9

Minggu ke 9

Pertumbuhan Ekonomi Modern dan Kapitalisme: Transisi dari ekonomi agraris menuju kapitalisme industri dan dampaknya terhadap masyarakat global.

Rubrik kinerja

Kriteria:

Aktivitas partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3 x 50

Materi: Pertumbuhan ekonomi dunia
Pustaka: Findlay, R., & O'Rourke, K. H. (2007). Power and Plenty: Trade, War, and the World Economy in the Second Millennium. Princeton: Princeton University Press.
5%

10

Minggu ke 10

Sistem Ekonomi Sosialis: Perbandingan sistem sosialisme dengan kapitalisme, serta penerapan di negara-negara komunis.

Kriteria:

Aktivitas partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3 x 50

Materi: Sistem ekonomi sosialis
Pustaka: Findlay, R., & O'Rourke, K. H. (2007). Power and Plenty: Trade, War, and the World Economy in the Second Millennium. Princeton: Princeton University Press.
5%

11

Minggu ke 11

Krisis Ekonomi Global: Penyebab dan dampak dari krisis ekonomi global, termasuk Depresi Besar dan Krisis Keuangan 2008.

Rubrik kinerja

Kriteria:

Aktivitas partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3 x 50

Materi: Krisis ekonomi global
Pustaka: Findlay, R., & O'Rourke, K. H. (2007). Power and Plenty: Trade, War, and the World Economy in the Second Millennium. Princeton: Princeton University Press.
5%

12

Minggu ke 12

Ekonomi Pasca-Kolonialisme dan Negara Berkembang: Perkembangan ekonomi di negara-negara pasca-kolonial dan tantangan yang dihadapi.

Rubrik kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3 x 50

Materi: Ekonomi pasca kolonialisme
Pustaka: Findlay, R., & O'Rourke, K. H. (2007). Power and Plenty: Trade, War, and the World Economy in the Second Millennium. Princeton: Princeton University Press.
5%

13

Minggu ke 13

Globalisasi Ekonomi dan Teknologi: Pengaruh globalisasi dan teknologi terhadap ekonomi dunia modern.

Rubrik kinerja

Kriteria:

Aktivitas partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3 x 50

Materi: Globalisasi ekonomi dan teknologi
Pustaka: Artikel jurnal yang relevan
10%

14

Minggu ke 14

Kebijakan Ekonomi dan Pendidikan: Hubungan antara kebijakan ekonomi dan sistem pendidikan di berbagai negara.

Rubrik kinerja

Kriteria:

Aktivitas partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3 x 50

Materi: Kebijakan ekonomi dan pendidikan
Pustaka: Artikel jurnal yang relevan
5%

15

Minggu ke 15

mendiskusikan penerapan sejarah ekonomi dalam pembelajaran IPS di kelas.

Rubrik kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3 x 50

Materi: penerapan sejarah ekonomi dalam pembelajaran IPS
Pustaka: Hadiwinata, D. (2001). Politik Ekonomi Indonesia. Jakarta: LP3ES.
5%

16

Minggu ke 16

UAS

Rubrik kinerja

Kriteria:

Aktivitas partisipasi


Bentuk Penilaian :
Tes
Luring
3 x 50

Materi: UAS
Pustaka: Mubyarto, G. (2000). Sejarah Ekonomi Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 60%
2. Penilaian Portofolio 10%
3. Praktik / Unjuk Kerja 10%
4. Tes 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.