Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S2 Hukum

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Politik Hukum dan Tata Kelola Pemerintahan

7410802070

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

8 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr, Sulaksono, S.H., M.H.




Dr. Hananto Widodo, S.H., M.H




Dr. Pudji Astuti, S.H., M.H.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu mengidentifikasi, mengkaji dan mengembangkan teori-teori hukum

PLO-7

Mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab,bermoral, dan berintegritas

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu melakukan analisis bidang tata kelola pemerintahan

PO - 2

Mahasiswa mampu menganalisis tata kelola pemerintahan secara logis, kritis dan sistematis sesuai dengan perkembangan teori hukum

PO - 3

mahasiswa mamapu menganalisis tata kelola pemerintahan berdasarkan prinsip-prinsip hukum

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-7
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Politik Hukum dan Tata Kelola Pemerintah membahas konsep, prinsip, dan teori dasar yang berkaitan dengan hubungan antara politik, hukum, dan tata kelola pemerintahan. Mata kuliah ini juga mempelajari fungsi, kedudukan, dan tujuan politik hukum serta sejarah perkembangannya dalam konteks nasional. Selain itu, mata kuliah ini mendorong mahasiswa untuk berkontribusi pada peningkatan kualitas kehidupan bermasyarakat melalui pemahaman dan penerapan hukum, serta mengembangkan kemampuan pengambilan keputusan strategis terkait tata kelola pemerintahan.

Pustaka

Utama :

  1. Fitriana, M. K. (2015). PERANAN POLITIK HUKUM DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DI INDONESIA SEBAGAI SARANA MEWUJUDKAN TUJUAN NEGARA (LAWS AND REGULATIONS IN INDONESIA AS THE MEANS OF REALIZING THE COUNTRY’S GOAL).
  2. Dicey, A.V. (1885). The Study on the Law of the Constitution.
  3. ofi, M. A., & Wicaksono, T. (2023). Menjaga Eksistensi Kedaulatan Rakyat Dalam Bidang Politik, Hukum, Dan Ekonomi. Hakim

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menganalisis tata kelola pemerintahan sesuai prinsip hukum

Kriteria:

Mahasiswa mampu menganalisis tata kelola pemerintahan sesuai prinsip hukum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
hybrid

0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis sejarah tata kelola pemerintahan Indonesia


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
hybrid

0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menganalisis dan mengkritisi sejarah tata kelola pemerintahan Indonesia sesuai dengan perkembangan teori hukum

Mahasiswa mampu menganalisis dan mengkritisi sejarah tata kelola pemerintahan Indonesia sesuai dengan perkembangan teori hukum

Kriteria:

Mahasiswa mampu menganalisis dan mengkritisi sejarah tata kelola pemerintahan Indonesia sesuai dengan perkembangan teori hukum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
hybrid

0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menganalisis dan mengkritisi sejarah tata kelola pemerintahan Indonesia sesuai dengan perkembangan teori hukum

Mahasiswa mampu menganalisis dan mengkritisi sejarah tata kelola pemerintahan Indonesia sesuai dengan perkembangan teori hukum

Kriteria:

Mahasiswa mampu menganalisis dan mengkritisi sejarah tata kelola pemerintahan Indonesia sesuai dengan perkembangan teori hukum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Hybrid

0%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menganalisis dan mengkritisi teori-teori tentang tata kelola pemerintahan

Mahasiswa mampu menganalisis dan mengkritisi teori-teori tentang tata kelola pemerintahan

Kriteria:

Mahasiswa mampu menganalisis dan mengkritisi teori-teori tentang tata kelola pemerintahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Hybrid

0%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menganalisis, mengkritisi aktor-aktor dalam kelola tata pemerintahan

Mahasiswa mampu menganalisis, mengkritisi aktor-aktor dalam kelola tata pemerintahan

Kriteria:

Mahasiswa mampu menganalisis, mengkritisi aktor-aktor dalam kelola tata pemerintahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Hybrid

0%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menganalisis dan mengembangkan teori-teori governance dan aktor-aktor yang terlibat dalam kelola tata pemerintahan

Mahasiswa mampu menganalisis dan mengembangkan teori-teori governance dan aktor-aktor yang terlibat dalam kelola tata pemerintahan

Kriteria:

Mahasiswa mampu menganalisis dan mengembangkan teori-teori governance dan aktor-aktor yang terlibat dalam kelola tata pemerintahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Hybrid

0%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu mengerjakan soal-soal Ujian Tengah Semester

Mahasiswa mampu mengerjakan soal-soal Ujian Tengah Semester

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengerjakan soal-soal Ujian Tengah Semester


Bentuk Penilaian :
Tes
hybrid

0%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu mengkritisi aktor privat dalam governance sesuai prinsip-prinsip hukum

Mahasiswa mampu mengkritisi aktor privat dalam governance sesuai prinsip-prinsip hukum

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengkritisi aktor privat dalam governance sesuai prinsip-prinsip hukum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
hybrid

0%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menganalisis peran civil sociaety dan perbedaannya dengan aktor lain

Mahasiswa mampu menganalisis peran civil sociaety dan perbedaannya dengan aktor lain

Kriteria:

Mahasiswa mampu menganalisis peran civil sociaety dan perbedaannya dengan aktor lain


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
hybrid

0%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menganalisis peran civil sociaety dan perbedaannya dengan aktor lain

Mahasiswa mampu menganalisis peran civil sociaety dan perbedaannya dengan aktor lain

Kriteria:

Mahasiswa mampu menganalisis peran civil sociaety dan perbedaannya dengan aktor lain


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
hybrid

0%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menganalisis media yang digunakan aktor serta pengaruhnya dalam relasi antar aktor

Mahasiswa mampu menganalisis media yang digunakan aktor serta pengaruhnya dalam relasi antar aktor

Kriteria:

Mahasiswa mampu menganalisis media yang digunakan aktor serta pengaruhnya dalam relasi antar aktor


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
hybrid

0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menganalisis dan mengembangkan secara kritis dan bertanggungjawab berkaitan dengan hal-hal yang menentukan tata kelola pemerintahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
hybrid

0%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menganalisis antara konteks dan konsep dalam tata kelola pemerintahan

Mahasiswa mampu menganalisis antara konteks dan konsep dalam tata kelola pemerintahan

Kriteria:

Mahasiswa mampu menganalisis antara konteks dan konsep dalam tata kelola pemerintahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Hybrid

0%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mengerjakan soal-soal Ujian Akhir Semester

Mahasiswa mampu mengerjakan soal-soal Ujian Akhir Semester

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengerjakan soal-soal Ujian Akhir Semester


Bentuk Penilaian :
Tes
luring

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.