
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S2 Hukum
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Politik Hukum dan Tata Kelola Pemerintahan |
7410802070 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
8 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr, Sulaksono, S.H., M.H.
|
Dr. Hananto Widodo, S.H., M.H
|
Dr. Pudji Astuti, S.H., M.H. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu mengidentifikasi, mengkaji dan mengembangkan teori-teori hukum |
PLO-7 |
Mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab,bermoral, dan berintegritas |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu melakukan analisis bidang tata kelola pemerintahan
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis tata kelola pemerintahan secara logis, kritis dan sistematis sesuai dengan perkembangan teori hukum
|
PO - 3 |
mahasiswa mamapu menganalisis tata kelola pemerintahan berdasarkan prinsip-prinsip hukum
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-7 | PO-1 | | ✔ | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Politik Hukum dan Tata Kelola Pemerintah membahas konsep, prinsip, dan teori dasar yang berkaitan dengan hubungan antara politik, hukum, dan tata kelola pemerintahan. Mata kuliah ini juga mempelajari fungsi, kedudukan, dan tujuan politik hukum serta sejarah perkembangannya dalam konteks nasional. Selain itu, mata kuliah ini mendorong mahasiswa untuk berkontribusi pada peningkatan kualitas kehidupan bermasyarakat melalui pemahaman dan penerapan hukum, serta mengembangkan kemampuan pengambilan keputusan strategis terkait tata kelola pemerintahan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Fitriana, M. K. (2015). PERANAN POLITIK HUKUM DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DI INDONESIA SEBAGAI SARANA MEWUJUDKAN TUJUAN NEGARA (LAWS AND REGULATIONS IN INDONESIA AS THE MEANS OF REALIZING THE COUNTRY’S GOAL).
- Dicey, A.V. (1885). The Study on the Law of the Constitution.
- ofi, M. A., & Wicaksono, T. (2023). Menjaga Eksistensi Kedaulatan Rakyat Dalam Bidang Politik, Hukum, Dan Ekonomi. Hakim
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menganalisis tata kelola pemerintahan sesuai prinsip hukum |
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu menganalisis tata kelola pemerintahan sesuai prinsip hukum Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
hybrid
|
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis sejarah tata kelola pemerintahan Indonesia |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
hybrid
|
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengkritisi sejarah tata kelola pemerintahan Indonesia sesuai dengan perkembangan teori hukum |
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengkritisi sejarah tata kelola pemerintahan Indonesia sesuai dengan perkembangan teori hukum |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengkritisi sejarah tata kelola pemerintahan Indonesia sesuai dengan perkembangan teori hukum Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
hybrid
|
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengkritisi sejarah tata kelola pemerintahan Indonesia sesuai dengan perkembangan teori hukum |
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengkritisi sejarah tata kelola pemerintahan Indonesia sesuai dengan perkembangan teori hukum |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengkritisi sejarah tata kelola pemerintahan Indonesia sesuai dengan perkembangan teori hukum Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Hybrid
|
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengkritisi teori-teori tentang tata kelola pemerintahan |
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengkritisi teori-teori tentang tata kelola pemerintahan |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengkritisi teori-teori tentang tata kelola pemerintahan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Hybrid
|
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menganalisis, mengkritisi aktor-aktor dalam kelola tata pemerintahan |
Mahasiswa mampu menganalisis, mengkritisi aktor-aktor dalam kelola tata pemerintahan |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menganalisis, mengkritisi aktor-aktor dalam kelola tata pemerintahan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Hybrid
|
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengembangkan teori-teori governance dan aktor-aktor yang terlibat dalam kelola tata pemerintahan |
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengembangkan teori-teori governance dan aktor-aktor yang terlibat dalam kelola tata pemerintahan |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengembangkan teori-teori governance dan aktor-aktor yang terlibat dalam kelola tata pemerintahan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Hybrid
|
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu mengerjakan soal-soal Ujian Tengah Semester |
Mahasiswa mampu mengerjakan soal-soal Ujian Tengah Semester |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengerjakan soal-soal Ujian Tengah Semester Bentuk Penilaian : Tes |
hybrid
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu mengkritisi aktor privat dalam governance sesuai prinsip-prinsip hukum |
Mahasiswa mampu mengkritisi aktor privat dalam governance sesuai prinsip-prinsip hukum |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengkritisi aktor privat dalam governance sesuai prinsip-prinsip hukum Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
hybrid
|
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menganalisis peran civil sociaety dan perbedaannya dengan aktor lain |
Mahasiswa mampu menganalisis peran civil sociaety dan perbedaannya dengan aktor lain |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menganalisis peran civil sociaety dan perbedaannya dengan aktor lain Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
hybrid
|
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menganalisis peran civil sociaety dan perbedaannya dengan aktor lain |
Mahasiswa mampu menganalisis peran civil sociaety dan perbedaannya dengan aktor lain |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menganalisis peran civil sociaety dan perbedaannya dengan aktor lain Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
hybrid
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menganalisis media yang digunakan aktor serta pengaruhnya dalam relasi antar aktor |
Mahasiswa mampu menganalisis media yang digunakan aktor serta pengaruhnya dalam relasi antar aktor |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menganalisis media yang digunakan aktor serta pengaruhnya dalam relasi antar aktor Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
hybrid
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
|
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengembangkan secara kritis dan bertanggungjawab berkaitan dengan hal-hal yang menentukan tata kelola pemerintahan |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
hybrid
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menganalisis antara konteks dan konsep dalam tata kelola pemerintahan |
Mahasiswa mampu menganalisis antara konteks dan konsep dalam tata kelola pemerintahan |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menganalisis antara konteks dan konsep dalam tata kelola pemerintahan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Hybrid
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu mengerjakan soal-soal Ujian Akhir Semester |
Mahasiswa mampu mengerjakan soal-soal Ujian Akhir Semester |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengerjakan soal-soal Ujian Akhir Semester Bentuk Penilaian : Tes |
luring
|
|
|
0% |