
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini |
8620703259 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
1 |
5 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Menguasai kemampuan pedagogis dalam pembelajaran anak usia dini yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa |
PLO-8 |
Menguasai tahap perkembangan, konsep hidup sehat, dan teknik pengasuhan untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu memahami dan menguasai konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini
|
PO - 2 |
Mampu memahami konsep holistik integratif dalam penyelenggaraan PAUD
|
PO - 3 |
Mampu menentukan filosofi yang tepat untuk penyelenggaraan PAUD
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-8 | PO-1 | | | | | PO-2 | | | | | PO-3 | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pengkajian tentang; Hakikat anak usia dini dan pendidikan anak usia dini, landasan penyelenggaraan PAUD, bentuk pelayanan pendidikan bagi anak usia dini, program-program PAUD dulu dan sekarang, prinsip kurikulum pada PAUD, prinsip pembelajaran anak usia dini, pola perkembangan anak, peran LPTK dalam menyiapkan pendidik PAUD, peran pendidik bagi PAUD, pengembangan kecerdasan jamak, model pembelajaran pada PAUD, serta pandangan para ahli dibidang PAUD dan implementasinya pada pembelajaran. Strategi pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Biddle Gordon, Nevarez, Henderson, Valero-Kerrick. 2014. Early Childhood Education. USA: Sage Publication, Inc.
- Neaum, Sally. 2013. Child Development For Early Years Students and Practitioners. USA: Sage Publication, Inc.
- Sujiono, Yuliani Nurani. 2013. Konsep Dasar PAUD. Jakarta: Indeks
- Mendikbud. 2014. Permendikbud No 137 Tahun 2014 Tentang Standar PAUD. Jakarta: Mendikbud
- Mendikbud. 2014. Permendikbud No 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum PAUD. Jakarta: Mendikbud
|
Pendukung : |
|
- Fitri, R. (2017). Metakognitif pada proses belajar anak dalam kajian neurosains. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 2(1), 56-64.
- Fitri, R. (2016). Developing Early Childhood Discipline Approach to Restitution. Jurnal TEKPEN, 1(2).
- Hasibuan, R., Fitri, R., & Dewi, U. (2022). STEAM-Based Learning Media: Assisting in Developing Children’s Skills. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6863-6876.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd. Nur Ika Sari Rakhmawati, S.Pd., M.Pd. Melia Dwi Widayanti, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memahami Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini |
- Menjelaskan hakikat anak usia dini
- Menjelaskan hakikat pendidikan anak usia dini
- Mengemukakan pentingnya pendidikan anak usia dini
- Mengemukakan urgensi pendidikan anak usia dini
|
Kriteria:
- Sejauh mana individu atau kelompok tersebut aktif dalam kegiatan?
- Apakah mereka berpartisipasi dengan memberikan kontribusi yang berarti, ide, atau sumber daya?
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah 3 X 50 |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah 3 X 50 |
Materi: Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini Pustaka: Mendikbud. 2014. Permendikbud No 137 Tahun 2014 Tentang Standar PAUD. Jakarta: Mendikbud Materi: Hakikat Anak Usia Dini Pustaka: Biddle Gordon, Nevarez, Henderson, Valero-Kerrick. 2014. Early Childhood Education. USA: Sage Publication, Inc. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Teori tentang Pendidikan Anak Usia Dini |
- Mengemukakan tentang teori pendidikan anak usia dini
- Menganalisis implementasi teori dalam pendidikan anak usia dini
|
Kriteria:
- Sejauh mana individu atau kelompok tersebut aktif dalam kegiatan?
- Apakah mereka berpartisipasi dengan memberikan kontribusi yang berarti, ide, atau sumber daya?
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah 3 X 50 |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah 3 X 50 |
Materi: Teori Pendidikan AUD Pustaka: Sujiono, Yuliani Nurani. 2013. Konsep Dasar PAUD. Jakarta: Indeks Materi: Standar Pelaksanaan PAUD Pustaka: Mendikbud. 2014. Permendikbud No 137 Tahun 2014 Tentang Standar PAUD. Jakarta: Mendikbud |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami dan menganalisis Filosofi PAUD |
- Mampu memahami filosofi PAUD
- Menganalisis filosofi PAUD yang digunakan di lembaga
|
Kriteria:
- Apakah individu atau kelompok tersebut menunjukkan inisiatif dalam meningkatkan kegiatan/partisipasi
- Apakah mereka mampu berpikir kreatif dan mencari solusi baru
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah 3 X 50 |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah 3 X 50 |
Materi: Filosofi Pendidikan AUD Pustaka: Biddle Gordon, Nevarez, Henderson, Valero-Kerrick. 2014. Early Childhood Education. USA: Sage Publication, Inc. Materi: Filosofi Pendidikan AUD Pustaka: Seefeldt Carol, Barbour Nita. 1994. Early Childhood Education an Introduction. New York: Macmillan College Publishing Company. |
2% |
4
Minggu ke 4 |
- Memahami Filosofi PAUD
- Menganalisis filosofi PAUD yang digunakan di lembaga
|
- Mampu memahami filosofi PAUD
- Mampu menganalisis filosofi PAUD yang digunakan dalam lembaga
|
Kriteria:
- Apakah individu atau kelompok tersebut menunjukkan inisiatif dalam meningkatkan kegiatan/partisipasi
- Apakah mereka mampu berpikir kreatif dan mencari solusi baru
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah 3 X 50 |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah 3 X 50 |
Materi: Filosofi Pendidikan AUD Pustaka: Seefeldt Carol, Barbour Nita. 1994. Early Childhood Education an Introduction. New York: Macmillan College Publishing Company. Materi: Filosofi Pendidikan AUD Pustaka: Mendikbud. 2014. Permendikbud No 137 Tahun 2014 Tentang Standar PAUD. Jakarta: Mendikbud |
3% |
5
Minggu ke 5 |
- Memahami konsep Developmentally Appropriate Practice (DAP)
- Menganalisis DAP dalam proses pendidikan anak
|
- Memahami konsep Developmentally Appropriate Practice (DAP)
- Menganalisis konsep DAP dalam implementasi pembelajaran PAUD
|
Kriteria:
- Apakah individu atau kelompok tersebut menunjukkan inisiatif dalam meningkatkan kegiatan/partisipasi?
- Apakah mereka mampu berpikir kreatif dan mencari solusi baru?
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah 3 X 50 |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah 3 X 50 |
Materi: Konsep DAP Pustaka: Fitri, R. (2016). Developing Early Childhood Discipline Approach to Restitution. Jurnal TEKPEN, 1(2). Materi: Implementasi DAP Pustaka: Hasibuan, R., Fitri, R., & Dewi, U. (2022). STEAM-Based Learning Media: Assisting in Developing Children’s Skills. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6863-6876. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Anak, Keluarga dan Masyarakat dalam pendidikan anak usia dini |
- Memahami Tri Pusat Pendidikan
- Mengenalisis Tri Pusat Pendidikan
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis Tri Pusat Pendidikan Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah 3 X 50 |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah 3 X 50 |
Materi: Konsep DAP Pustaka: Fitri, R. (2016). Developing Early Childhood Discipline Approach to Restitution. Jurnal TEKPEN, 1(2). Materi: Implementasi DAP Pustaka: Biddle Gordon, Nevarez, Henderson, Valero-Kerrick. 2014. Early Childhood Education. USA: Sage Publication, Inc. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Layanan Pendidikan Anak Usia Dini |
Mengidentifikasi Layanan PAUD |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengidentifikasi layanan PAUD dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah 3 X 50 |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah 3 X 50 |
Materi: jenis PAUD Pustaka: Mendikbud. 2014. Permendikbud No 137 Tahun 2014 Tentang Standar PAUD. Jakarta: Mendikbud |
10% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
Mahasiswa memiliki kemampuan dalam mengerjakan ujian tengah semester |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengerjakan ujian tengah semester dengan baik dan benar Bentuk Penilaian : Tes |
Tes Sumatif 3 X 50 |
Tes Sumatif 3 X 50 |
Materi: materi UTS Pustaka: Mendikbud. 2014. Permendikbud No 137 Tahun 2014 Tentang Standar PAUD. Jakarta: Mendikbud Materi: materi UTS Pustaka: Biddle Gordon, Nevarez, Henderson, Valero-Kerrick. 2014. Early Childhood Education. USA: Sage Publication, Inc. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Layanan Pendidikan Anak Usia Dini |
Menganalisis persamaan dan perbedaan dalam Layanan PAUD |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menganalisis persamaan dan perbedaan dalam layanan PAUD Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah 3 X 50 |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah 3 X 50 |
Materi: Layanan PAUD Pustaka: Fitri, R. (2016). Developing Early Childhood Discipline Approach to Restitution. Jurnal TEKPEN, 1(2). |
2% |
10
Minggu ke 10 |
Program Pendidikan Anak Usia Dini yang Holistik Integratif |
- Mencakup aspek PAUD Holistik Integratif
- Memiliki program yang dapat terlaksana
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami program holistik integratif PAUD dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah 3 X 50 |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah 3 X 50 |
Materi: PAUD HI Pustaka: Mendikbud. 2014. Permendikbud No 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum PAUD. Jakarta: Mendikbud Materi: Jenis PAUD HI Pustaka: Mendikbud. 2014. Permendikbud No 137 Tahun 2014 Tentang Standar PAUD. Jakarta: Mendikbud |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Program Pendidikan Anak Usia Dini yang Holistik Integratif |
- Mencakup aspek PAUD Holistik Integratif
- Memiliki program yang dapat terlaksana
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami program holistik integratif PAUD Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah 3 X 50 |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah 3 X 50 |
Materi: PAUD HI Pustaka: Mendikbud. 2014. Permendikbud No 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum PAUD. Jakarta: Mendikbud Materi: Jenis PAUD HI Pustaka: Mendikbud. 2014. Permendikbud No 137 Tahun 2014 Tentang Standar PAUD. Jakarta: Mendikbud |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Teknologi dan Anak |
- Artikel yang ditemukan sesuai dengan teknologi dan anak
- Analisis yang diberikan mampu menjawab permasalahan
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu menganalisis dalam perkembangan teknologi anak dengan baik Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah 3 X 50 |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah 3 X 50 |
Materi: Teknologi dan Anak Dalam Pembelajaran Pustaka: Hasibuan, R., Fitri, R., & Dewi, U. (2022). STEAM-Based Learning Media: Assisting in Developing Children’s Skills. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6863-6876. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Asesmen Aspek Perkembangan |
Merumuskan karakter anak usia dini |
Kriteria:
Mahasiswa mampu merumuskan karakter anak usia dini dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah 3 X 50 |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah 3 X 50 |
Materi: Karakter dan Perkembangan Anak Usia Dini Pustaka: Neaum, Sally. 2013. Child Development For Early Years Students and Practitioners. USA: Sage Publication, Inc. |
7% |
14
Minggu ke 14 |
Asesmen Aspek Perkembangan |
Merumuskan karakter anak usia dini |
Kriteria:
Mahasiswa mampu merumuskan karakter anak usia dini dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah 3 X 50 |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah 3 X 50 |
Materi: Karakter dan Perkembangan Anak Usia Dini Pustaka: Neaum, Sally. 2013. Child Development For Early Years Students and Practitioners. USA: Sage Publication, Inc. |
8% |
15
Minggu ke 15 |
Resume Perkuliahan |
Merumuskan pemikiran pakar PAUD dalam Pembelajaran |
Kriteria:
Mahasiswa mampu merumuskan dan menganalisis mengenai pemikiran pakar PAUD dalam Pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah 3 X 50 |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah 3 X 50 |
Materi: Pembelajaran pada anak usia dini Pustaka: Fitri, R. (2017). Metakognitif pada proses belajar anak dalam kajian neurosains. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 2(1), 56-64. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
Mahasiswa mengerjakan ujian akhir semester |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengerjakan ujian akhir semester dengan baik dan benar Bentuk Penilaian : Tes |
Tes Sumatif 3 X 50 |
Tes Sumatif 3 X 50 |
Materi: Bahan UAS Pustaka: Fitri, R. (2017). Metakognitif pada proses belajar anak dalam kajian neurosains. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 2(1), 56-64. Materi: Bahan UAS Pustaka: Mendikbud. 2014. Permendikbud No 137 Tahun 2014 Tentang Standar PAUD. Jakarta: Mendikbud |
15% |