Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini

8620703259

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

5 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menguasai kemampuan pedagogis dalam pembelajaran anak usia dini yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa

PLO-8

Menguasai tahap perkembangan, konsep hidup sehat, dan teknik pengasuhan untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu memahami dan menguasai konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini

PO - 2

Mampu memahami konsep holistik integratif dalam penyelenggaraan PAUD

PO - 3

Mampu menentukan filosofi yang tepat untuk penyelenggaraan PAUD

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-4PLO-5PLO-8
PO-1    
PO-2    
PO-3    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pengkajian tentang; Hakikat anak usia dini dan pendidikan anak usia dini, landasan penyelenggaraan PAUD, bentuk pelayanan pendidikan bagi anak usia dini, program-program PAUD dulu dan sekarang, prinsip kurikulum pada PAUD, prinsip pembelajaran anak usia dini, pola perkembangan anak, peran LPTK dalam menyiapkan pendidik PAUD, peran pendidik bagi PAUD, pengembangan kecerdasan jamak, model pembelajaran pada PAUD, serta pandangan para ahli dibidang PAUD dan implementasinya pada pembelajaran. Strategi pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah.

Pustaka

Utama :

  1. Biddle Gordon, Nevarez, Henderson, Valero-Kerrick. 2014. Early Childhood Education. USA: Sage Publication, Inc.
  2. Neaum, Sally. 2013. Child Development For Early Years Students and Practitioners. USA: Sage Publication, Inc.
  3. Sujiono, Yuliani Nurani. 2013. Konsep Dasar PAUD. Jakarta: Indeks
  4. Mendikbud. 2014. Permendikbud No 137 Tahun 2014 Tentang Standar PAUD. Jakarta: Mendikbud
  5. Mendikbud. 2014. Permendikbud No 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum PAUD. Jakarta: Mendikbud

Pendukung :

  1. Fitri, R. (2017). Metakognitif pada proses belajar anak dalam kajian neurosains. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 2(1), 56-64.
  2. Fitri, R. (2016). Developing Early Childhood Discipline Approach to Restitution. Jurnal TEKPEN, 1(2).
  3. Hasibuan, R., Fitri, R., & Dewi, U. (2022). STEAM-Based Learning Media: Assisting in Developing Children’s Skills. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6863-6876.

Dosen Pengampu

Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.

Nur Ika Sari Rakhmawati, S.Pd., M.Pd.

Melia Dwi Widayanti, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini

  1. Menjelaskan hakikat anak usia dini
  2. Menjelaskan hakikat pendidikan anak usia dini
  3. Mengemukakan pentingnya pendidikan anak usia dini
  4. Mengemukakan urgensi pendidikan anak usia dini
Kriteria:
  1. Sejauh mana individu atau kelompok tersebut aktif dalam kegiatan?
  2. Apakah mereka berpartisipasi dengan memberikan kontribusi yang berarti, ide, atau sumber daya?

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah
3 X 50
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah
3 X 50
Materi: Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini
Pustaka: Mendikbud. 2014. Permendikbud No 137 Tahun 2014 Tentang Standar PAUD. Jakarta: Mendikbud

Materi: Hakikat Anak Usia Dini
Pustaka: Biddle Gordon, Nevarez, Henderson, Valero-Kerrick. 2014. Early Childhood Education. USA: Sage Publication, Inc.
2%

2

Minggu ke 2

Teori tentang Pendidikan Anak Usia Dini

  1. Mengemukakan tentang teori pendidikan anak usia dini
  2. Menganalisis implementasi teori dalam pendidikan anak usia dini
Kriteria:
  1. Sejauh mana individu atau kelompok tersebut aktif dalam kegiatan?
  2. Apakah mereka berpartisipasi dengan memberikan kontribusi yang berarti, ide, atau sumber daya?

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah
3 X 50
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah
3 X 50
Materi: Teori Pendidikan AUD
Pustaka: Sujiono, Yuliani Nurani. 2013. Konsep Dasar PAUD. Jakarta: Indeks

Materi: Standar Pelaksanaan PAUD
Pustaka: Mendikbud. 2014. Permendikbud No 137 Tahun 2014 Tentang Standar PAUD. Jakarta: Mendikbud
3%

3

Minggu ke 3

Memahami dan menganalisis Filosofi PAUD

  1. Mampu memahami filosofi PAUD
  2. Menganalisis filosofi PAUD yang digunakan di lembaga
Kriteria:
  1. Apakah individu atau kelompok tersebut menunjukkan inisiatif dalam meningkatkan kegiatan/partisipasi
  2. Apakah mereka mampu berpikir kreatif dan mencari solusi baru

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah
3 X 50
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah
3 X 50
Materi: Filosofi Pendidikan AUD
Pustaka: Biddle Gordon, Nevarez, Henderson, Valero-Kerrick. 2014. Early Childhood Education. USA: Sage Publication, Inc.

Materi: Filosofi Pendidikan AUD
Pustaka: Seefeldt Carol, Barbour Nita. 1994. Early Childhood Education an Introduction. New York: Macmillan College Publishing Company.
2%

4

Minggu ke 4

  1. Memahami Filosofi PAUD
  2. Menganalisis filosofi PAUD yang digunakan di lembaga
  1. Mampu memahami filosofi PAUD
  2. Mampu menganalisis filosofi PAUD yang digunakan dalam lembaga
Kriteria:
  1. Apakah individu atau kelompok tersebut menunjukkan inisiatif dalam meningkatkan kegiatan/partisipasi
  2. Apakah mereka mampu berpikir kreatif dan mencari solusi baru

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah
3 X 50
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah
3 X 50
Materi: Filosofi Pendidikan AUD
Pustaka: Seefeldt Carol, Barbour Nita. 1994. Early Childhood Education an Introduction. New York: Macmillan College Publishing Company.

Materi: Filosofi Pendidikan AUD
Pustaka: Mendikbud. 2014. Permendikbud No 137 Tahun 2014 Tentang Standar PAUD. Jakarta: Mendikbud
3%

5

Minggu ke 5

  1. Memahami konsep Developmentally Appropriate Practice (DAP)
  2. Menganalisis DAP dalam proses pendidikan anak
  1. Memahami konsep Developmentally Appropriate Practice (DAP)
  2. Menganalisis konsep DAP dalam implementasi pembelajaran PAUD
Kriteria:
  1. Apakah individu atau kelompok tersebut menunjukkan inisiatif dalam meningkatkan kegiatan/partisipasi?
  2. Apakah mereka mampu berpikir kreatif dan mencari solusi baru?

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah
3 X 50
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah
3 X 50
Materi: Konsep DAP
Pustaka: Fitri, R. (2016). Developing Early Childhood Discipline Approach to Restitution. Jurnal TEKPEN, 1(2).

Materi: Implementasi DAP
Pustaka: Hasibuan, R., Fitri, R., & Dewi, U. (2022). STEAM-Based Learning Media: Assisting in Developing Children’s Skills. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6863-6876.
5%

6

Minggu ke 6

Anak, Keluarga dan Masyarakat dalam pendidikan anak usia dini

  1. Memahami Tri Pusat Pendidikan
  2. Mengenalisis Tri Pusat Pendidikan
Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis Tri Pusat Pendidikan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah
3 X 50
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah
3 X 50
Materi: Konsep DAP
Pustaka: Fitri, R. (2016). Developing Early Childhood Discipline Approach to Restitution. Jurnal TEKPEN, 1(2).

Materi: Implementasi DAP
Pustaka: Biddle Gordon, Nevarez, Henderson, Valero-Kerrick. 2014. Early Childhood Education. USA: Sage Publication, Inc.
5%

7

Minggu ke 7

Layanan Pendidikan Anak Usia Dini

Mengidentifikasi Layanan PAUD

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengidentifikasi layanan PAUD dengan baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah
3 X 50
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah
3 X 50
Materi: jenis PAUD
Pustaka: Mendikbud. 2014. Permendikbud No 137 Tahun 2014 Tentang Standar PAUD. Jakarta: Mendikbud
10%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

Mahasiswa memiliki kemampuan dalam mengerjakan ujian tengah semester

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengerjakan ujian tengah semester dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes Sumatif
3 X 50
Tes Sumatif
3 X 50
Materi: materi UTS
Pustaka: Mendikbud. 2014. Permendikbud No 137 Tahun 2014 Tentang Standar PAUD. Jakarta: Mendikbud

Materi: materi UTS
Pustaka: Biddle Gordon, Nevarez, Henderson, Valero-Kerrick. 2014. Early Childhood Education. USA: Sage Publication, Inc.
15%

9

Minggu ke 9

Layanan Pendidikan Anak Usia Dini

Menganalisis persamaan dan perbedaan dalam Layanan PAUD

Kriteria:

Mahasiswa mampu menganalisis persamaan dan perbedaan dalam layanan PAUD


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah
3 X 50
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah
3 X 50
Materi: Layanan PAUD
Pustaka: Fitri, R. (2016). Developing Early Childhood Discipline Approach to Restitution. Jurnal TEKPEN, 1(2).
2%

10

Minggu ke 10

Program Pendidikan Anak Usia Dini yang Holistik Integratif

  1. Mencakup aspek PAUD Holistik Integratif
  2. Memiliki program yang dapat terlaksana
Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami program holistik integratif PAUD dengan baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah
3 X 50
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah
3 X 50
Materi: PAUD HI
Pustaka: Mendikbud. 2014. Permendikbud No 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum PAUD. Jakarta: Mendikbud

Materi: Jenis PAUD HI
Pustaka: Mendikbud. 2014. Permendikbud No 137 Tahun 2014 Tentang Standar PAUD. Jakarta: Mendikbud
3%

11

Minggu ke 11

Program Pendidikan Anak Usia Dini yang Holistik Integratif

  1. Mencakup aspek PAUD Holistik Integratif
  2. Memiliki program yang dapat terlaksana
Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami program holistik integratif PAUD


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah
3 X 50
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah
3 X 50
Materi: PAUD HI
Pustaka: Mendikbud. 2014. Permendikbud No 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum PAUD. Jakarta: Mendikbud

Materi: Jenis PAUD HI
Pustaka: Mendikbud. 2014. Permendikbud No 137 Tahun 2014 Tentang Standar PAUD. Jakarta: Mendikbud
5%

12

Minggu ke 12

Teknologi dan Anak

  1. Artikel yang ditemukan sesuai dengan teknologi dan anak
  2. Analisis yang diberikan mampu menjawab permasalahan
Kriteria:

Mahasiswa mampu menganalisis dalam perkembangan teknologi anak dengan baik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah
3 X 50
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah
3 X 50
Materi: Teknologi dan Anak Dalam Pembelajaran
Pustaka: Hasibuan, R., Fitri, R., & Dewi, U. (2022). STEAM-Based Learning Media: Assisting in Developing Children’s Skills. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6863-6876.
5%

13

Minggu ke 13

Asesmen Aspek Perkembangan

Merumuskan karakter anak usia dini

Kriteria:

Mahasiswa mampu merumuskan karakter anak usia dini dengan baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah
3 X 50
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah
3 X 50
Materi: Karakter dan Perkembangan Anak Usia Dini
Pustaka: Neaum, Sally. 2013. Child Development For Early Years Students and Practitioners. USA: Sage Publication, Inc.
7%

14

Minggu ke 14

Asesmen Aspek Perkembangan

Merumuskan karakter anak usia dini

Kriteria:

Mahasiswa mampu merumuskan karakter anak usia dini dengan baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah
3 X 50
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah
3 X 50
Materi: Karakter dan Perkembangan Anak Usia Dini
Pustaka: Neaum, Sally. 2013. Child Development For Early Years Students and Practitioners. USA: Sage Publication, Inc.
8%

15

Minggu ke 15

Resume Perkuliahan

Merumuskan pemikiran pakar PAUD dalam Pembelajaran

Kriteria:

Mahasiswa mampu merumuskan dan menganalisis mengenai pemikiran pakar PAUD dalam Pembelajaran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah
3 X 50
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah
3 X 50
Materi: Pembelajaran pada anak usia dini
Pustaka: Fitri, R. (2017). Metakognitif pada proses belajar anak dalam kajian neurosains. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 2(1), 56-64.
10%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

Mahasiswa mengerjakan ujian akhir semester

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengerjakan ujian akhir semester dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes Sumatif
3 X 50
Tes Sumatif
3 X 50
Materi: Bahan UAS
Pustaka: Fitri, R. (2017). Metakognitif pada proses belajar anak dalam kajian neurosains. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 2(1), 56-64.

Materi: Bahan UAS
Pustaka: Mendikbud. 2014. Permendikbud No 137 Tahun 2014 Tentang Standar PAUD. Jakarta: Mendikbud
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Penilaian Portofolio 20%
3. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.