
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Sosiologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Perencanaan Program |
6920102322 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
6 |
12 November 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Tim MBKM
|
Tim MBKM
|
AGUS MACHFUD FAUZI |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-9 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam kontek penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data; |
PLO-10 |
Mampu mengidentifikasi karakteristik individu, keluarga dan masyarakat, masalah-masalah sosial dan perubahan sosial termasuk masalah pembangunan pendidikan dan masyarakat inklusif di dalam masyarakat lokal dengan wawasan global dan menganalisis dengan menggunakan konsep, teori dan metodologi penelitian Sosiologi dengan tepat; |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menganalisis teori, model, dan prinsip perencanaan program untuk memahami penerapannya dalam konteks sosial dan pembangunan, berdasarkan kebutuhan masyarakat yang ada dan data kontekstual untuk mengidentifikasi masalah pokok dan menentukan prioritas program.
|
PO - 2 |
Mampu mengevaluasi komponen perencanaan program, termasuk formulasi tujuan, desain strategis, penganggaran, keterlibatan pemangku kepentingan, dan manajemen risiko, untuk memastikan kelayakan, relevansi, dan kelangsungan program.
|
PO - 3 |
Mahasiswa membuat laporan perencanaan program yang komprehensif yang mengintegrasikan analisis situasi, tujuan, strategi, anggaran, dan komponen pemantauan–evaluasi, serta sampaikan rekomendasi yang didasarkan pada bukti kepada pemangku kepentingan.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-9 | PLO-10 | | PO-1 | | | ✔ | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Perencanaan Program membekali mahasiswa Sosiologi dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang program intervensi sosial berbasis analisis sosiologis. Meliputi pemahaman teori perubahan sosial, identifikasi masalah sosial, perumusan tujuan dan indikator, penyusunan kerangka logis, serta evaluasi program. Mahasiswa akan belajar merancang program yang responsif terhadap konteks sosial, berkelanjutan, dan mampu memitigasi dampak negatif melalui pendekatan partisipatif dan berbasis bukti. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Yusri, Moh. 2025. Kebijakan dan Perencanaan Sosial. UMSU Press
|
Pendukung : |
|
- Febry, M. Z., Amin, S. J., Bakri, M., & Rasyid, A. (2023). Family planning programme in improving family welfare. Sosiologia: Jurnal Agama dan Masyarakat, 2(2).
- Haliim, W., & Purba, D. (2024). Social and bureaucratic problems in social policy implementation in Indonesia: A study on the Program Keluarga Harapan (PKH). Jurnal Mediasosian: Jurnal Ilmu Sosial dan Administrasi Negara, 7(1).
- Kettner, P. M., Moroney, R. M., & Martin, L. L. (2023). Designing and managing programs (6th ed.). SAGE Publications.
- Nesoff, I. (2022). Human service program planning through a social justice lens. Routledge
- Rony, T. Z., Aryanto, S., & Simboro, M. C. (2024). Community assistance in creating strategic planning for the Family Welfare Empowerment program in Bekasi City. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Terapan, 1(1).
- Syafii, Muhammad Hisyam, Halim Purnomo, and Azam Syukur Rahmatullah. 2025. “Inclusive Education and Social Transformation: Analysing the Role of Education Policy in Increasing Equality Among Rural Students in Indonesia.” Educational Research for Social Change 14(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.15311475
- Widiastuti, Ika. 2025. “Assessing the Impact of Education Policies in Indonesia: Challenges, Achievement, and Future Direction.” Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan 17(2).
- Chen, T.-L. (Charline), Goodman, D., Morrison, A., & Mei-Jung. (2023). International Internships, Language Competency, and Employability: Perceptions of and Gaps Between Students and Industry Stakeholders. Advances in Hospitality and Tourism Research, 11(3), 371-391.
- Di Pietro, G. (2022). International Internships and Skill Development: A Systematic Review. Review of Education, 10(2).
- Mulyono, W. D., Adistana, G. A. Y. P., Suparji, Cahyaka, H. W., & Soeparno. (2025). Evaluation of the Implementation of Internship Practice in Higher Education
- Seviani, H. N., Pamungkas, R. R., & Veda, O. X. (2025). Evaluasi Program Indonesia Pintar (PIP) dalam Upaya Mewujudkan Tujuan Kemendikbudristek di SMA Negeri 13 Semarang. Jurnal Media Akademik, 3(5).
- Suhartanta, S., Soewito, N., Hiryanto, H., Sugesti, N., Efendi, Y., Rahayu, S. P., & Kamin, Y. B. (2024). Evaluation of Student Internship Programs to Support the Sustainability of Vocational Education Institutions and Industrial Cooperation Programs. Jurnal Pendidikan Vokasi, 14(1), 63-73.
- Sulaowady, P., Limputra, S. E., & Maichal, M. (2024). Evaluation of the MBKM Internship Program on the Level of Student Satisfaction in Achieving Learning Objectives. Performa, 9(3), 105-114.
- Yusri, Moh. (2025). Kebijakan dan Perencanaan Sosial. UMSU Press
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan konsep dasar perencanaan program |
Pemahaman konsep |
Kriteria:
Catatan refleksi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah interaktif, diskusi 100 |
|
Materi: Konsep dasar identifikasi sosial dalam sosiologi, Teknik pengamatan dan wawancara sederhana, Analisis konteks masyarakat/organisasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Analisis kebutuhan komunitas & institusi |
Mampu mengidentifikasi masalah & prioritas komunitas |
Kriteria:
Tugas individu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi kasus, tutorial 100 |
|
Materi: Konsep kebutuhan, masalah, dan potensi dalam masyarakat, Teknik observasi partisipatif, Teknik wawancara mendalam, Analisis data kualitatif sederhana Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Merumuskan tujuan program |
Relevansi & keterukuran |
Kriteria:
Produk perumusan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Simulasi, diskusi 100 |
|
Materi: Konsep kebutuhan, masalah, dan potensi dalam perspektif sosiologi, Teknik identifikasi melalui observasi dan wawancara, Analisis konteks sosial masyarakat/organisasi, Studi kasus organisasi atau komunitas tertentu Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mendesain kerangka program |
Konsistensi rancangan |
Kriteria:
Draft desain Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, simulasi 100 |
|
Materi: Konsep strategi dalam perencanaan program sosial, Teknik pengembangan alternatif strategi (brainstorming, analisis SWOT), Kriteria evaluasi strategi (efektivitas, efisiensi, kelayakan), Studi kasus masalah sosial dan strategi penanganannya Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Menyusun anggaran program |
Kelayakan & sistematis |
Kriteria:
Produk anggaran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Praktik tabel anggaran 100 |
|
Materi: Konsep dasar kelembagaan dan organisasi, Struktur dan fungsi kelembagaan dalam implementasi program, Prinsip-prinsip tata kelola organisasi, Studi kasus tata kelola organisasi dalam program sosial Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menerapkan stakeholder mapping |
Kedalaman analisis |
Kriteria:
Peta stakeholder Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Simulasi, role play 100 |
|
Materi: Konsep strategi dalam perencanaan program sosial, Teknik generasi alternatif (brainstorming, mind mapping, analisis SWOT), Kriteria evaluasi strategi (feasibility, effectiveness, sustainability), Contoh studi kasus pengembangan strategi untuk masalah sosial Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Evaluasi risiko program |
Kelengkapan mitigasi |
Kriteria:
Tugas individu Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi, studi kasus 100 |
|
Materi: Konsep dasar kelembagaan dan organisasi, Struktur dan fungsi kelembagaan dalam implementasi program, Prinsip-prinsip tata kelola organisasi yang baik, Studi kasus tata kelola organisasi dalam program sosial Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Kolaborasi dalam perencanaan |
Efektivitas kolaborasi |
Kriteria:
Refleksi individu Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Kerja kelompok 100 |
|
Materi: Konsep dasar kelembagaan dan organisasi, Struktur dan fungsi kelembagaan dalam implementasi program, Prinsip-prinsip tata kelola organisasi yang baik, Studi kasus kelembagaan program sosial Pustaka: Handbook Perkuliahan |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Penyusunan proposal program |
Kelengkapan struktur |
Kriteria:
Produk proposal Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok 100 |
|
Materi: Konsep strategi dalam perencanaan program sosial, Teknik brainstorming dan pengembangan alternatif solusi, Analisis SWOT untuk strategi sosial, Pemilihan strategi berdasarkan kriteria efektivitas dan feasibilitas Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Integrasi teori & data |
Kekuatan argumen |
Kriteria:
Paper ringkas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, review artikel 100 |
|
Materi: Konsep dasar kelembagaan dalam organisasi, Prinsip-prinsip tata kelola yang baik, Mekanisme koordinasi antar lembaga, Studi kasus implementasi program dalam organisasi nirlaba Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Pengembangan strategi komunikasi |
Kualitas media |
Kriteria:
Produk presentasi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Simulasi presentasi 100 |
|
Materi: Konsep dasar kelembagaan dan tata kelola organisasi, Struktur dan hierarki kelembagaan dalam implementasi program, Mekanisme koordinasi dan kolaborasi antar lembaga, Prinsip-prinsip good governance dalam pengelolaan program, Studi kasus tata kelola organisasi dalam program sosial Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Penyusunan dokumen perencanaan lengkap |
Konsistensi teori–data–strategi |
Kriteria:
Produk final Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Workshop 100 |
|
Materi: Konsep dasar kelembagaan dan governance, Struktur organisasi dalam implementasi program, Mekanisme koordinasi dan kolaborasi antar lembaga, Prinsip-prinsip tata kelola yang baik (akuntabilitas, transparansi, partisipasi), Studi kasus tata kelola organisasi dalam program sosial Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Penyusunan policy brief |
Relevansi rekomendasi |
Kriteria:
Produk brief Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Draft policy brief 100 |
|
Materi: Konsep strategi dalam intervensi sosial, Teknik pengembangan alternatif solusi (brainstorming, analisis SWOT), Pemetaan pemangku kepentingan dan sumber daya, Evaluasi kelayakan dan dampak strategi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Presentasi program |
Kejelasan & argumentasi |
Kriteria:
Rubrik presentasi Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi kelompok 100 |
|
Materi: Konsep strategi dalam intervensi sosial, Teknik pengembangan alternatif solusi (brainstorming, analisis SWOT), Pemetaan pemangku kepentingan dan sumber daya, Evaluasi kelayakan dan dampak strategi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Refleksi pengalaman lapangan |
Presentasi jelas, kerja sama baik, etika akademik |
Kriteria:
Paper refleksi Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi reflektif 100 |
|
Materi: Konsep dasar kelembagaan dan organisasi, Struktur dan fungsi kelembagaan dalam implementasi program, Prinsip-prinsip tata kelola organisasi yang baik, Studi kasus tata kelola organisasi dalam program sosial Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Penyempurnaan laporan akhir & refleksi pembelajaran |
Kemampuan mengidentifikasi elemen-elemen kelembagaan dalam organisasi |
Kriteria:
Refleksi mendalam, kritis, mampu membandingkan teori dan praktik. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Refleksi, diskusi 100 |
|
Materi: Konsep dasar kelembagaan dan organisasi, Struktur dan fungsi kelembagaan dalam implementasi program, Prinsip-prinsip tata kelola organisasi yang baik, Studi kasus tata kelola organisasi dalam program sosial Pustaka: Handbook Perkuliahan |
15% |