Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Sosiologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Perencanaan Program

6920102322

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

6

12 November 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Tim MBKM




Tim MBKM




AGUS MACHFUD FAUZI

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-9

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam kontek penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

PLO-10

Mampu mengidentifikasi karakteristik individu, keluarga dan masyarakat, masalah-masalah sosial dan perubahan sosial termasuk masalah pembangunan pendidikan dan masyarakat inklusif di dalam masyarakat lokal dengan wawasan global dan menganalisis dengan menggunakan konsep, teori dan metodologi penelitian Sosiologi dengan tepat;

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menganalisis teori, model, dan prinsip perencanaan program untuk memahami penerapannya dalam konteks sosial dan pembangunan, berdasarkan kebutuhan masyarakat yang ada dan data kontekstual untuk mengidentifikasi masalah pokok dan menentukan prioritas program.

PO - 2

Mampu mengevaluasi komponen perencanaan program, termasuk formulasi tujuan, desain strategis, penganggaran, keterlibatan pemangku kepentingan, dan manajemen risiko, untuk memastikan kelayakan, relevansi, dan kelangsungan program.

PO - 3

Mahasiswa membuat laporan perencanaan program yang komprehensif yang mengintegrasikan analisis situasi, tujuan, strategi, anggaran, dan komponen pemantauan–evaluasi, serta sampaikan rekomendasi yang didasarkan pada bukti kepada pemangku kepentingan.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-9PLO-10
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Perencanaan Program membekali mahasiswa Sosiologi dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang program intervensi sosial berbasis analisis sosiologis. Meliputi pemahaman teori perubahan sosial, identifikasi masalah sosial, perumusan tujuan dan indikator, penyusunan kerangka logis, serta evaluasi program. Mahasiswa akan belajar merancang program yang responsif terhadap konteks sosial, berkelanjutan, dan mampu memitigasi dampak negatif melalui pendekatan partisipatif dan berbasis bukti.

Pustaka

Utama :

  1. Yusri, Moh. 2025. Kebijakan dan Perencanaan Sosial. UMSU Press

Pendukung :

  1. Febry, M. Z., Amin, S. J., Bakri, M., & Rasyid, A. (2023). Family planning programme in improving family welfare. Sosiologia: Jurnal Agama dan Masyarakat, 2(2).
  2. Haliim, W., & Purba, D. (2024). Social and bureaucratic problems in social policy implementation in Indonesia: A study on the Program Keluarga Harapan (PKH). Jurnal Mediasosian: Jurnal Ilmu Sosial dan Administrasi Negara, 7(1).
  3. Kettner, P. M., Moroney, R. M., & Martin, L. L. (2023). Designing and managing programs (6th ed.). SAGE Publications.
  4. Nesoff, I. (2022). Human service program planning through a social justice lens. Routledge
  5. Rony, T. Z., Aryanto, S., & Simboro, M. C. (2024). Community assistance in creating strategic planning for the Family Welfare Empowerment program in Bekasi City. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Terapan, 1(1).
  6. Syafii, Muhammad Hisyam, Halim Purnomo, and Azam Syukur Rahmatullah. 2025. “Inclusive Education and Social Transformation: Analysing the Role of Education Policy in Increasing Equality Among Rural Students in Indonesia.” Educational Research for Social Change 14(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.15311475
  7. Widiastuti, Ika. 2025. “Assessing the Impact of Education Policies in Indonesia: Challenges, Achievement, and Future Direction.” Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan 17(2).
  8. Chen, T.-L. (Charline), Goodman, D., Morrison, A., & Mei-Jung. (2023). International Internships, Language Competency, and Employability: Perceptions of and Gaps Between Students and Industry Stakeholders. Advances in Hospitality and Tourism Research, 11(3), 371-391.
  9. Di Pietro, G. (2022). International Internships and Skill Development: A Systematic Review. Review of Education, 10(2).
  10. Mulyono, W. D., Adistana, G. A. Y. P., Suparji, Cahyaka, H. W., & Soeparno. (2025). Evaluation of the Implementation of Internship Practice in Higher Education
  11. Seviani, H. N., Pamungkas, R. R., & Veda, O. X. (2025). Evaluasi Program Indonesia Pintar (PIP) dalam Upaya Mewujudkan Tujuan Kemendikbudristek di SMA Negeri 13 Semarang. Jurnal Media Akademik, 3(5).
  12. Suhartanta, S., Soewito, N., Hiryanto, H., Sugesti, N., Efendi, Y., Rahayu, S. P., & Kamin, Y. B. (2024). Evaluation of Student Internship Programs to Support the Sustainability of Vocational Education Institutions and Industrial Cooperation Programs. Jurnal Pendidikan Vokasi, 14(1), 63-73.
  13. Sulaowady, P., Limputra, S. E., & Maichal, M. (2024). Evaluation of the MBKM Internship Program on the Level of Student Satisfaction in Achieving Learning Objectives. Performa, 9(3), 105-114.
  14. Yusri, Moh. (2025). Kebijakan dan Perencanaan Sosial. UMSU Press

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjelaskan konsep dasar perencanaan program

Pemahaman konsep

Kriteria:

Catatan refleksi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah interaktif, diskusi
100

Materi: Konsep dasar identifikasi sosial dalam sosiologi, Teknik pengamatan dan wawancara sederhana, Analisis konteks masyarakat/organisasi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

2

Minggu ke 2

Analisis kebutuhan komunitas & institusi

Mampu mengidentifikasi masalah & prioritas komunitas

Kriteria:

Tugas individu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus, tutorial
100

Materi: Konsep kebutuhan, masalah, dan potensi dalam masyarakat, Teknik observasi partisipatif, Teknik wawancara mendalam, Analisis data kualitatif sederhana
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

3

Minggu ke 3

Merumuskan tujuan program

Relevansi & keterukuran

Kriteria:

Produk perumusan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Simulasi, diskusi
100

Materi: Konsep kebutuhan, masalah, dan potensi dalam perspektif sosiologi, Teknik identifikasi melalui observasi dan wawancara, Analisis konteks sosial masyarakat/organisasi, Studi kasus organisasi atau komunitas tertentu
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

4

Minggu ke 4

Mendesain kerangka program

Konsistensi rancangan

Kriteria:

Draft desain


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, simulasi
100

Materi: Konsep strategi dalam perencanaan program sosial, Teknik pengembangan alternatif strategi (brainstorming, analisis SWOT), Kriteria evaluasi strategi (efektivitas, efisiensi, kelayakan), Studi kasus masalah sosial dan strategi penanganannya
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

5

Minggu ke 5

Menyusun anggaran program

Kelayakan & sistematis

Kriteria:

Produk anggaran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Praktik tabel anggaran
100

Materi: Konsep dasar kelembagaan dan organisasi, Struktur dan fungsi kelembagaan dalam implementasi program, Prinsip-prinsip tata kelola organisasi, Studi kasus tata kelola organisasi dalam program sosial
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

6

Minggu ke 6

Menerapkan stakeholder mapping

Kedalaman analisis

Kriteria:

Peta stakeholder


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Simulasi, role play
100

Materi: Konsep strategi dalam perencanaan program sosial, Teknik generasi alternatif (brainstorming, mind mapping, analisis SWOT), Kriteria evaluasi strategi (feasibility, effectiveness, sustainability), Contoh studi kasus pengembangan strategi untuk masalah sosial
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

7

Minggu ke 7

Evaluasi risiko program

Kelengkapan mitigasi

Kriteria:

Tugas individu


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi, studi kasus
100

Materi: Konsep dasar kelembagaan dan organisasi, Struktur dan fungsi kelembagaan dalam implementasi program, Prinsip-prinsip tata kelola organisasi yang baik, Studi kasus tata kelola organisasi dalam program sosial
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8

Kolaborasi dalam perencanaan

Efektivitas kolaborasi

Kriteria:

Refleksi individu


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Kerja kelompok
100

Materi: Konsep dasar kelembagaan dan organisasi, Struktur dan fungsi kelembagaan dalam implementasi program, Prinsip-prinsip tata kelola organisasi yang baik, Studi kasus kelembagaan program sosial
Pustaka: Handbook Perkuliahan
15%

9

Minggu ke 9

Penyusunan proposal program

Kelengkapan struktur

Kriteria:

Produk proposal


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok
100

Materi: Konsep strategi dalam perencanaan program sosial, Teknik brainstorming dan pengembangan alternatif solusi, Analisis SWOT untuk strategi sosial, Pemilihan strategi berdasarkan kriteria efektivitas dan feasibilitas
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

10

Minggu ke 10

Integrasi teori & data

Kekuatan argumen

Kriteria:

Paper ringkas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, review artikel
100

Materi: Konsep dasar kelembagaan dalam organisasi, Prinsip-prinsip tata kelola yang baik, Mekanisme koordinasi antar lembaga, Studi kasus implementasi program dalam organisasi nirlaba
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

11

Minggu ke 11

Pengembangan strategi komunikasi

Kualitas media

Kriteria:

Produk presentasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Simulasi presentasi
100

Materi: Konsep dasar kelembagaan dan tata kelola organisasi, Struktur dan hierarki kelembagaan dalam implementasi program, Mekanisme koordinasi dan kolaborasi antar lembaga, Prinsip-prinsip good governance dalam pengelolaan program, Studi kasus tata kelola organisasi dalam program sosial
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

12

Minggu ke 12

Penyusunan dokumen perencanaan lengkap

Konsistensi teori–data–strategi

Kriteria:

Produk final


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Workshop
100

Materi: Konsep dasar kelembagaan dan governance, Struktur organisasi dalam implementasi program, Mekanisme koordinasi dan kolaborasi antar lembaga, Prinsip-prinsip tata kelola yang baik (akuntabilitas, transparansi, partisipasi), Studi kasus tata kelola organisasi dalam program sosial
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

13

Minggu ke 13

Penyusunan policy brief

Relevansi rekomendasi

Kriteria:

Produk brief


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Draft policy brief
100

Materi: Konsep strategi dalam intervensi sosial, Teknik pengembangan alternatif solusi (brainstorming, analisis SWOT), Pemetaan pemangku kepentingan dan sumber daya, Evaluasi kelayakan dan dampak strategi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

14

Minggu ke 14

Presentasi program

Kejelasan & argumentasi

Kriteria:

Rubrik presentasi


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi kelompok
100

Materi: Konsep strategi dalam intervensi sosial, Teknik pengembangan alternatif solusi (brainstorming, analisis SWOT), Pemetaan pemangku kepentingan dan sumber daya, Evaluasi kelayakan dan dampak strategi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

15

Minggu ke 15

Refleksi pengalaman lapangan

Presentasi jelas, kerja sama baik, etika akademik

Kriteria:

Paper refleksi


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi reflektif
100

Materi: Konsep dasar kelembagaan dan organisasi, Struktur dan fungsi kelembagaan dalam implementasi program, Prinsip-prinsip tata kelola organisasi yang baik, Studi kasus tata kelola organisasi dalam program sosial
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

16

Minggu ke 16

Penyempurnaan laporan akhir & refleksi pembelajaran

Kemampuan mengidentifikasi elemen-elemen kelembagaan dalam organisasi

Kriteria:

Refleksi mendalam, kritis, mampu membandingkan teori dan praktik.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Refleksi, diskusi
100

Materi: Konsep dasar kelembagaan dan organisasi, Struktur dan fungsi kelembagaan dalam implementasi program, Prinsip-prinsip tata kelola organisasi yang baik, Studi kasus tata kelola organisasi dalam program sosial
Pustaka: Handbook Perkuliahan
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
2. Praktik / Unjuk Kerja 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.