Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Praktik Sistem Pengkondisian Udara

8320303310

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=3

ECTS=4.77

4

29 Oktober 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. A. Grummy Wailanduw, M.Pd., M.T.; Dr. Heru Arizal, S.Pd., M.M., M.Pd




Dr. A. Grummy Wailanduw, M.Pd., M.T.




WAHYU DWI KURNIAWAN

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

Mampu mendemonstrasikan perawatan dan perbaikan di bidang teknik otomotif (konsentrasi otomotif) atau mampu mengoperasikan berbagai peralatan dan mesin produksi di bidang manufaktur (konsentrasi produksi)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang Komponen-komponen AC Mobil dan prinsip kerjanya

PO - 2

Mahasiswa memiliki keterampilan untuk menganalisa gangguan-gangguan pada sistem AC Mobil

PO - 3

Mahasiswa memiliki keterampilan untuk Overhaul, Pengukuran dan Merakit kembali AC Mobil

PO - 4

Mahasiswa memiliki keterampilan untuk melakukan Pengisian Refrigeran (Freon) pada AC Mobil

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-7
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Praktek tentang pengenalan Peralatan AC Mobil, Pengenalan Komponen AC Mobil, Kemampuan menjelaskan Kerja AC Mobil, Kemampuan menjelaskan dan mengatasi kerusakan pada system kelistrikan AC Mobil, kemampuan menjelaskan dan melaksanakan overhaul kompresor dan merakit kembali dengan benar dan kemampuan melaksanakan tata cara pengisian Freon

Pustaka

Utama :

  1. VEDC. 1987. Dasar-dasar AC Mobil untuk Otomotif . Malang: VEDC.
  2. I Made Muliatna. 2010 . Materi Ajar AC Mobil. Surabaya: Jurusan PTM, FT Unesa

Pendukung :

  1. Abdillah, Margiono. 2017. Perawatan dan Perbaikan Sistem AC Mobil. Pontianak : Yayasan Kemajuan Teknik
  2. Toyota. 1995. New Step 1. Training Manual. Jakarta: Toyota Motor
  3. Toyota . 1989 . Toyota Air Conditioner . Jakarta: Toyota Motor

Dosen Pengampu

A. GRUMMY WAILANDUW

HERU ARIZAL

Dr. A. Grummy Wailanduw, M.Pd., M.T.

Dr. A. Grummy Wailanduw, M.Pd., M.T.

Dr. Heru Arizal, S.Pd., M.M., M.Pd.

Dr. Heru Arizal, S.Pd., M.M., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami Komponen-komponen AC Mobil dan prinsip kerjanya

  1. Mahasiswa mampu mendeskripsikan komponen-komponen AC Mobil
  2. Mahasiswa mampu menguraikan prinsip Kerja Komponen AC Mobil
Kriteria:

FORMAT LAPORAN: Judul, Tujuan, Alat dan Bahan, Kajian Teori, Keselamatan Kerja (K-3), Langkah Kerja dan Data Hasil


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, Tanya-jawab dan Demonstrasi
4 X 50

Materi: Dasar AC Mobil
Pustaka: I Made Muliatna. 2010 . Materi Ajar AC Mobil. Surabaya: Jurusan PTM, FT Unesa

Materi: Dasar AC Mobil
Pustaka: VEDC. 1987. Dasar-dasar AC Mobil untuk Otomotif . Malang: VEDC.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami sistem kerja AC Mobil

Mahasiswa mampu menjelaskan dengan terampil Sistem kerja AC Mobil

Kriteria:

Format laporan : Judul, Tujuan, alat dan bahan, Kajian teori, , keselamatan kerja, Langkah kerja, data hasil praktikum, analisis data, kesimpulan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan Demonstrasi
4 X 50

Materi: Sistem kerja AC
Pustaka: VEDC. 1987. Dasar-dasar AC Mobil untuk Otomotif . Malang: VEDC.

Materi: Sistem Kerja AC
Pustaka: Toyota . 1989 . Toyota Air Conditioner . Jakarta: Toyota Motor
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami jenis-jenis peralatan yang digunakan untuk Service AC Mobil

Mahasiswa mampu memahami jenis-jenis peralatan yang digunakan untuk Service AC Mobil

Kriteria:

Format laporan : Judul, Tujuan, alat dan bahan, Kajian teori, , keselamatan kerja, Langkah kerja, data hasil praktikum, analisis data, kesimpulan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan Demonstrasi
4 X 50

Materi: Peralatan AC Mobil
Pustaka: Toyota. 1995. New Step 1. Training Manual. Jakarta: Toyota Motor

Materi: Peralatan AC Mobil
Pustaka: Abdillah, Margiono. 2017. Perawatan dan Perbaikan Sistem AC Mobil. Pontianak : Yayasan Kemajuan Teknik
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu membongkar, memasang dan memeriksa Kompresor AC tipe Crank

Mahasiswa mampu membongkar, memasang dan memeriksa Kompresor AC tipe Crank

Kriteria:

Buat laporan hasil praktikum sesuai dengan struktur laporan dan data yang didapatkan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan Demonstrasi
4 X 50

Materi: Kompresor
Pustaka: I Made Muliatna. 2010 . Materi Ajar AC Mobil. Surabaya: Jurusan PTM, FT Unesa
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu membongkar, memasang dan memeriksa Kompresor AC tipe Swash Plate

Mahasiswa mampu membongkar, memasang dan memeriksa Kompresor AC tipe Swash Plate

Kriteria:

Buat laporan hasil praktikum sesuai dengan struktur laporan dan data yang didapatkan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan Demonstrasi
4 X 50

Materi: Kompresor
Pustaka: I Made Muliatna. 2010 . Materi Ajar AC Mobil. Surabaya: Jurusan PTM, FT Unesa
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu membongkar, memasang dan memeriksa Kompresor AC tipe Wobble Plate

Mahasiswa mampu membongkar, memasang dan memeriksa Kompresor AC tipe Wobble Plate

Kriteria:

Buat laporan hasil praktikum sesuai dengan struktur laporan dan data yang didapatkan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan Demonstrasi
4 X 50

Materi: Kompresor
Pustaka: I Made Muliatna. 2010 . Materi Ajar AC Mobil. Surabaya: Jurusan PTM, FT Unesa
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu membongkar, memasang dan memeriksa Kompresor AC tipe Scroll

Mahasiswa mampu membongkar, memasang dan memeriksa Kompresor AC tipe Scroll

Kriteria:

Buat laporan hasil praktikum sesuai dengan struktur laporan dan data yang didapatkan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan Demonstrasi
4 X 50

Materi: Kompresor
Pustaka: I Made Muliatna. 2010 . Materi Ajar AC Mobil. Surabaya: Jurusan PTM, FT Unesa
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu menganalisa Komponen AC Mobil

  1. Mahasiswa mampu menganalisa kondensor
  2. Mahasiswa mampu menganalisa dryer
  3. Mahasiswa mampu menganalisa katup expansi
Kriteria:

Format laporan :Judul, Tujuan, alatdan bahan, Kajianteori, , keselamatankerja, Langkahkerja, data hasilpraktikum, analisisdata, kesimpulan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan Demonstrasi
4 X 50

Materi: Komponen AC mobil
Pustaka: I Made Muliatna. 2010 . Materi Ajar AC Mobil. Surabaya: Jurusan PTM, FT Unesa

Materi: Pemeriksana komponen AC mobil
Pustaka: Abdillah, Margiono. 2017. Perawatan dan Perbaikan Sistem AC Mobil. Pontianak : Yayasan Kemajuan Teknik
5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menganalisa Komponen AC Mobil (Lanjutan)

  1. Mahasiswa mampu menganalisa Evaporator
  2. Mahasiswa mampu menganalisa Blower
  3. Mahasiswa mampu menganalisa ekstra fan
Kriteria:

Format laporan :Judul, Tujuan, alatdan bahan, Kajianteori, , keselamatankerja, Langkahkerja, data hasilpraktikum, analisisdata, kesimpulan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan Demonstrasi
4 X 50

Materi: Komponen AC mobil
Pustaka: I Made Muliatna. 2010 . Materi Ajar AC Mobil. Surabaya: Jurusan PTM, FT Unesa

Materi: Pemeriksana komponen AC mobil
Pustaka: Abdillah, Margiono. 2017. Perawatan dan Perbaikan Sistem AC Mobil. Pontianak : Yayasan Kemajuan Teknik
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menganalisa Komponen AC Mobil (Lanjutan)

  1. Mahasiswa mampu menganalisa Saklar Blower
  2. Mahasiswa mampu menganalisa Tahanan Luar
  3. Mahasiswa mampu menganalisa Thermostat
Kriteria:

Format laporan :Judul, Tujuan, alat dan bahan, Kajian teori, , keselamatan kerja, Langkah kerja, data hasil praktikum, analisis data, kesimpulan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan Demonstrasi
4 X 50

Materi: Komponen AC mobil
Pustaka: I Made Muliatna. 2010 . Materi Ajar AC Mobil. Surabaya: Jurusan PTM, FT Unesa

Materi: Pemeriksana komponen AC mobil
Pustaka: Abdillah, Margiono. 2017. Perawatan dan Perbaikan Sistem AC Mobil. Pontianak : Yayasan Kemajuan Teknik
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami dan merakit Sistem Kelistrikan pada AC Mobil

Mahasiswa mampu melaksanakan perakitan Sistem Kelistrikan AC Mobil pada Trainer Kelistrikan AC Mobil

Kriteria:
  1. Format Laporan : Judul, Tujuan, Alat dan Bahan, Kajian Teori, Keselamatan Kerja (K-3), Langkah Kerja,
  2. Data Hasil Praktikum, Analisis Data dan Kesimpulan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan Demonstrasi
4 X 50

Materi: Merangkai kelistrikan AC mobil
Pustaka: Abdillah, Margiono. 2017. Perawatan dan Perbaikan Sistem AC Mobil. Pontianak : Yayasan Kemajuan Teknik
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami dan merakit Sistem Kelistrikan pada AC Mobil (Lanjutan)

Mahasiswa mampu melaksanakan perakitan Sistem Kelistrikan AC Mobil pada Trainer Kelistrikan AC Mobil

Kriteria:
  1. Format Laoran: Judul, Tujuan, Alat-alat dan Bahan, Kajian Teori, Keselamatan Kerja (K-3)
  2. Langkah Kerja, Data Hasil Praktikum, Analisis Data dan Kesimpulan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan Demonstrasi
4 X 50

Materi: Merangkai kelistrikan AC mobil
Pustaka: Abdillah, Margiono. 2017. Perawatan dan Perbaikan Sistem AC Mobil. Pontianak : Yayasan Kemajuan Teknik
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu memahami cara Pengosongan dan Pemvakuman pada Trainer AC Mobil

Mahasiswa mampu memahami cara Pengosongan dan Pemvakuman pada Trainer AC Mobil

Kriteria:

FORMAT LAPORAN : Judul, Tujuan, Alat dan Bahan, Kajian Teori, Keselamatan Kerja (K-3),Langkah kerja, Data Hasil Praktikum, Analisa Data dan Kesimpulan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan Demonstrasi
4 X 50

Materi: Pengosongan dan pemvakuman AC mobil
Pustaka: I Made Muliatna. 2010 . Materi Ajar AC Mobil. Surabaya: Jurusan PTM, FT Unesa
5%

14

Minggu ke 14

  1. Mahasiswa mampu menerapkan cara Pengisian Freon pada Alat Trainer AC Mobil
  2. Mahasiswa mampu menerapkan cara Pengisian Freon pada Alat Trainer AC Mobil

Mahasiswa dengan terampil melaksanakan pengisian Freon pada Trainer AC Mobil

Kriteria:

FORMAT LAPORAN: Judul Laporan, Tujuan, Alat dan Bahan, Kajian Teori, Keselamatan Kerja (K-3)Langkah Kerja, Data Hasil Praktikum, Analisis Data dan Kesimpulan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan Demonstrasi
4 X 50

Materi: Pengisian Freon Tekanan Rendah dan Tinggi
Pustaka: Abdillah, Margiono. 2017. Perawatan dan Perbaikan Sistem AC Mobil. Pontianak : Yayasan Kemajuan Teknik
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu melakukan analisis daya/kerja sistem AC mobil

  1. Mahasiswa mampu menganalisis daya sistem AC mobil
  2. Mahasiswa mampu menentukan kerusakan sistem AC mobil
Kriteria:
  1. FORMAT LAPORAN : Judul Laporan, Tujuan, Alat dan Bahan, Kajian Teori, Keselamatan Kerja (K-3), Langkah Kerja,
  2. Data hasil laporan, Analisis Data dan Kesimpulan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan Demonstrasi
4 X 50

Materi: Memeriksa kerusakan dan daya hasil sistem AC mobil
Pustaka: I Made Muliatna. 2010 . Materi Ajar AC Mobil. Surabaya: Jurusan PTM, FT Unesa

Materi: Memeriksa kerusakan dan daya hasil sistem AC mobil
Pustaka: Abdillah, Margiono. 2017. Perawatan dan Perbaikan Sistem AC Mobil. Pontianak : Yayasan Kemajuan Teknik
5%

16

Minggu ke 16

UJIAN AKHIR SEMESTER (U A S)

UJIAN AKHIR SEMESTER (U A S)

Kriteria:

SESUAI RUBRIK PENILAIAN DAN KUNCI JAWABAN


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
UJIAN AKHIR SEMESTER (U A S)
4 X 50

Materi: Semua materi
Pustaka: I Made Muliatna. 2010 . Materi Ajar AC Mobil. Surabaya: Jurusan PTM, FT Unesa
25%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 59.19%
2. Penilaian Portofolio 14.19%
3. Penilaian Praktikum 26.69%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.