
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Kimia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Termodinamika Kimia |
8420403316 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
3 |
4 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Dian Novita, ST., M.Pd.
|
Prof. Dr. Suyono, M.Pd.
|
UTIYA AZIZAH |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Mampu membuat keputusan berdasarkan data/informasi dalam rangka menyelesaikan tugas yang menjadi tanggungjawabnya dan mengevaluasi kinerja yang telah dilakukan baik secara individu maupun dalam kelompok, memiliki jiwa edu-ecopreneurship yang berwawasan lingkungan |
PLO-6 |
Mampu mendemonstrasikan pengetahuan terkait konsep teoretis tentang struktur, dinamika, dan energi, serta prinsip dasar pemisahan, analisis, sintesis dan karakterisasi bahan kimia |
PLO-11 |
Menguasai dasar-dasar metode ilmiah, mendesain dan melaksanakan penelitian, menyusun laporan ilmiah serta mengkomunikasikannya baik secara lisan maupun tertulis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami prinsip dasar termodinamika dan penerapannya: sifat dan perilaku gas; kinetika gas, energi, kalor dan kerja; energi dalam dan entalpi; arah proses dan konsep entropi; energi bebas dan hubungannya dengan kestabilan system, kesetimbangan kimia, termodinamika sel elektrokimia, temodinamika larutan, kesetimbangan fasa
|
PO - 2 |
Mampu memecahkan masalah IPTEKS di bidang kimia yang umum dan dalam lingkup sederhana seperti melalui penerapan pengetahuan sifat dan perilaku gas; kinetika gas, energi, kalor dan kerja; energi dalam dan entalpi; arah proses dan konsep entropi; energi bebas dan hubungannya dengan kestabilan system, kesetimbangan kimia, termodinamika sel elektrokimia, temodinamika larutan, kesetimbangan fasa, serta penerapan teknologi yang relevan
|
PO - 3 |
Memiliki kemampuan untuk memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbasis TIK dalam memahami konsep energetika.
|
PO - 4 |
Membuat keputusan tentang keterkaitan konsep dasar kimia dengan kegiatan laboratorium, hasil penelitian, dan keberadaan kimia dalam kehidupan sehari-hari
|
PO - 5 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-5 | PLO-6 | PLO-11 | | PO-1 | | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | | PO-4 | | | ✔ | | PO-5 | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | | | ✔ | | | ✔ | | | | | | | | ✔ | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | | | | ✔ | | | ✔ | | | | | PO-3 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | ✔ | | | | | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Deskripsi singkat : Kajian tentang sifat dan perilaku gas kinetika gas, energi, kalor dan kerja energi dalam dan entalpi arah proses dan konsep entropi energi bebas dan hubungannya dengan kestabilan system, kesetimbangan kimia, termodinamika sel elektrokimia, temodinamika larutan, kesetimbangan fasa serta kegiatan laboratorium yang sesuai. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press.
|
Pendukung : |
|
- Levine, I.N., 2005, Physical Chemistry, 4th edition, Singapore, McGraw-Hill
- Bahl, BS. 2002. Essential of Physical Chemistry. New Delhi: S.Chand and Company Ltd.
- Argon Sembiring, 2000, Kimia Fisika I, Universitas Terbuka.
|
Dosen Pengampu
|
HARUN NASRUDDIN DIAN NOVITA FINDIYANI ERNAWATI ASIH ARIKASUCI FITONNA RIDASSEPRI Prof. Dr. Harun Nasrudin, M.S. Prof. Dr. Harun Nasrudin, M.S. Arikasuci Fitonna Ridassepri, S.Si., M.Si., Ph.D. Arikasuci Fitonna Ridassepri, S.Si., M.Si., Ph.D. Dr. Dian Novita, S.T., M.Pd. Dr. Dian Novita, S.T., M.Pd. Findiyani Ernawati Asih, S.Pd., M.Pd. Findiyani Ernawati Asih, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Meemahami sifat dan perilaku gas ideal dan gas nyata |
- Mengidentifikasi sifat tumbukan gas ideal
- Mengidentifikasi pengaruh variabel (tekanan dan temperatur) terhadap kesetimbangan (mekanik dan termal) pada sistem gas
- Mendiskripsikan hukum 0 termodinamika
- Menerapkan sifat dan perilaku gas untuk pemecahan kasus dalam keseharian
|
Kriteria:
Partisipasi, tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah/presentasi materi, diskusi interaktif, tanya jawab, dan pemecahan kasus 3 X 50 |
|
Materi: Klasifikasi materi berdasarkan kajian termodinamika kimia, sifat tumbukan gas ideal, pengaruh variabel (tekanan dan temperatur) terhadap kesetimbangan (mekanik dan termal), hukum 0 termodinamika, dan aplikasi pemecahan kasus dalam keseharian Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami sifat dan perilaku gas ideal dan gas nyata |
- Mengidentifikasi hubungan antar variabel gas berdasarkan hukum Boyle, hukum Charles, dan prinsip Avogadro
- Mengidentifikasi sifat tumbukan gas nyata
- Menerapkan persamaan Van der Waals dari molekul gas nyata
- Menginterpretasi kurva Lennard Jones (interaksi molekul gas nyata) dan kurva Z-P (faktor kompresibilitas gas nyata)
- Menerapkan sifat dan perilaku gas untuk pemecahan kasus dalam keseharian
|
Kriteria:
Partisipasi, tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah/presentasi materi, diskusi interaktif, tanya jawab, pemecahan kasus, dan latihan soal 3 X 50 |
|
Materi: sifat dan perilaku gas ideal dan gas nyata Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami konsep energy, kalor, energy dalam, entalpi dan hubungannya serta mampu menerapkan dalam hitungan. |
- Mendeskripsikan jenis energy (storage and flow) beserta contohnya
- Menerapkan hubungan matematis Hukum I Termodinamika
- Menurunkan arti fisik dari energy dalam dan entalpi
|
Kriteria:
Partisipais, tugas Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Diskusi dan latihan soal 3 X 50 |
|
Materi: konsep energy, kalor, energy dalam, entalpi dan hubungannya serta mampu menerapkan dalam hitungan. Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami konsep energy, kalor, energy dalam, entalpi dan hubungannya serta mampu menerapkan dalam hitungan. |
- Menerapkan hubungan matematis Hukum II Termodinamika
- Menurunkan arti fisik dari entropi, kalor, dan temperatur
- Menganalisisi faktor-faktor yang mempengaruhi entropi
|
Kriteria:
Partisipasi, tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan latihan soal, dan praktikum 5 X 50 |
|
Materi: konsep energy, kalor, energy dalam, entalpi dan hubungannya serta mampu menerapkan dalam hitungan. Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami arah proses, konsep entropi dan kestabilan system. |
- Mendeskripsikan entropi sebagai fungsi keadaan
- Menghitung efisiensi mesin karnot
- Menghitung besaran energi (entropi, kalor, kerja, energi dalam, entalpi) pada tahap-1 siklus karnot (ekspansi Isotermal reversibel)
- Menghitung besaran energi (entropi, kalor, kerja, energi dalam, entalpi) pada tahap-2 siklus karnot (ekspansi adiabatik reversibel)
- Menghitung besaran energi (entropi, kalor, kerja, energi dalam, entalpi) pada tahap-3 siklus karnot (kompresi isotermal reversibel)
- Menghitung besaran energi (entropi, kalor, kerja, energi dalam, entalpi) pada tahap-4 siklus karnot (kompresi adiabatik reversibel)
|
Kriteria:
Partispasi, tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan latihan soal 3 X 50 |
|
Materi: arah proses, konsep entropi dan kestabilan system. Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami arah proses, konsep entropi dan kestabilan system. |
- Menghitung perubahan entropi sebagai fungsi volum dan temperature dan entropi sebagai fungsi tekanan dan temperature
- Menghitung perubahan entropi pada perubahan fasa
- Menghitung entropi mutlak
|
Kriteria:
Partisipasi, tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan latihan soal 3 X 50 |
|
Materi: arah proses, konsep entropi dan kestabilan system. Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami fungsi energi bebas dan hubungannya dengan fungsi keadaan lain serta menerapkannya dalam memecahkan soal. |
- Mendefinisikan dan menjelaskan arti fisik energi bebas Helmholtz
- Mendefinisikan dan menjelaskan arti fisik energi bebas Gibbs
- Menuliskan persamaan-persamaan fundamental dan hubungan Maxwell serta menerapkannya dalam hitungan
|
Kriteria:
Partisipais, tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan latihan soal 3 X 50 |
|
Materi: fungsi energi bebas dan hubungannya dengan fungsi keadaan lain Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mencakup pertemuan 1-7 |
Mencakup pertemuan 1-7 |
Kriteria:
Tes UTS Bentuk Penilaian : Tes |
Tes tulis 3 X 50 |
|
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami konsep kesetimbangan kimia terkait dengan fungsi energi bebas |
- Menuliskan syarat kesetimbangan
- Menuliskan persamaan Clapeyron dan menerapkannya
|
Kriteria:
Partisipasi, tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan latihan soal, dan praktikum 5 X 50 |
|
Materi: konsep kesetimbangan kimia terkait dengan fungsi energi bebas. Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami konsep kesetimbangan kimia terkait dengan fungsi energi bebas |
- Menjelaskan bentuk tetapan kesetimbangan
- Menjelaskan pengaruh temperature terhadap tetapan kesetimbangan. 3. Menghitung tetapan kesetimbangan
|
Kriteria:
Partisipasi, tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan latihan soal, praktikum 5 X 50 |
|
Materi: konsep kesetimbangan kimia terkait dengan fungsi energi bebas. Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami konsep sifat larutan non elektrolit terkait dengan energi bebas. |
Menjelaskan: besaran molar parsial, larutan ideal, termodinamika pencampuran larutan ideal. |
Kriteria:
Partisipasi, tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan latihan soal 3 X 50 |
|
Materi: konsep sifat larutan non elektrolit terkait dengan energi bebas. Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami energi Gibbs dalam sel elektrokimia. |
Menjelaskan energi Gibbs, persamaan Nernst dan koefisien suhu potensial sel. |
Kriteria:
Partisipasi, tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: energi Gibbs dalam sel elektrokimia. Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami konsep kesetimbangan fasa 1, 2 dan 3 komponen |
Menjelaskan:kriteria kesetimbangan fasa, aturan fasa Gibbs, Persamaan Clapeyron, Persamaan Clasius Clapeyron, diagram fasa air, diagram fasa CO2, sistim dua komponen dan tiga komponen. |
Kriteria:
Partisipasi, tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan latihan 3 X 50 |
|
Materi: konsep kesetimbangan fasa 1, 2 dan 3 komponen Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami konsep kesetimbangan fasa 1, 2 dan 3 komponen |
Menjelaskan:kriteria kesetimbangan fasa, aturan fasa Gibbs, Persamaan Clapeyron, Persamaan Clasius Clapeyron, diagram fasa air, diagram fasa CO2, sistim dua komponen dan tiga komponen. |
Kriteria:
partisipasi, tugas Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Diskusi dan latihan, dan praktikum 5 X 50 |
|
Materi: konsep kesetimbangan fasa 1, 2 dan 3 komponen Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami konsep kesetimbangan fasa 1, 2 dan 3 komponen |
Menjelaskan:kriteria kesetimbangan fasa, aturan fasa Gibbs, Persamaan Clapeyron, Persamaan Clasius Clapeyron, diagram fasa air, diagram fasa CO2, sistim dua komponen dan tiga komponen. |
Kriteria:
Partisipasi, tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan latihan 3 X 50 |
|
Materi: konsep kesetimbangan fasa 1, 2 dan 3 komponen Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press. Materi: 5 Pustaka: |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mencakup pertemuan 9-15 |
Mencakup pertemuan 9-15 |
Kriteria:
Tes Bentuk Penilaian : Tes |
Tes tulis 3 X 50 |
|
|
15% |