Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Psikologi Kepelatihan Olahraga

8520202180

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

1 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.




MUHAMMAD

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif.

PLO-10

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar psikologi olahraga, termasuk ruang lingkup dan etika profesi

PO - 2

Mahasiswa mampu menganalisis faktor-faktor psikologis (seperti motivasi, kepercayaan diri, dan kecemasan) yang memengaruhi performa atlet

PO - 3

Mahasiswa mampu menerapkan teknik intervensi mental (seperti goal setting, visualisasi, dan self-talk) untuk meningkatkan kinerja atlet

PO - 4

Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mengelola kecemasan, stres, dan kelelahan mental pada atlet

PO - 5

Mahasiswa mampu merancang program psikologi olahraga yang terintegrasi dalam program latihan fisik

PO - 6

Mahasiswa mampu menganalisis dinamika psikologis dalam tim olahraga (misalnya, kepemimpinan dan kohesi tim)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-4PLO-6PLO-10
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4    
PO-5    
PO-6    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep dasar dan aplikasi psikologi dalam konteks olahraga dan latihan. Mahasiswa akan mempelajari berbagai aspek psikologis yang memengaruhi kinerja atlet, seperti motivasi, kepercayaan diri, kecemasan, visualisasi, dan goal setting. Mata kuliah ini juga akan menekankan peran pelatih dalam mengembangkan kesehatan mental atlet.

Pustaka

Utama :

  1. Weinberg, R. S., & Gould, D. (2019). Foundations of Sport and Exercise Psychology. Human Kinetics
  2. Cox, R. H. (2012). Sport Psychology: Concepts and Applications. McGraw-Hill Education

Pendukung :

  1. Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge.

Dosen Pengampu

AGUS HARIYANTO

RINI ISMALASARI

MUHAMMAD

FRANSISCA JANUARUMI MARHAENDRA WIJAYA

DAVID AGUS PRIANTO

SHERY IRIS ZALILLAH

YANUAR ALFAN TRIARDHANA

Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Yanuar Alfan Triardhana, S.Or., M.Kes.

Yanuar Alfan Triardhana, S.Or., M.Kes.

Dr. David Agus Prianto, S.Pd., M.Pd.

Dr. David Agus Prianto, S.Pd., M.Pd.

Dr. Rini Ismalasari, S.Pd., M.Kes.

Dr. Rini Ismalasari, S.Pd., M.Kes.

Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes.

Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes.

Shery Iris Zalillah, S.Pd..M.Kes.

Shery Iris Zalillah, S.Pd..M.Kes.

Dr. Fransisca Januarumi Marhaendra Wijaya, S.Pd., M.Kes.

Dr. Fransisca Januarumi Marhaendra Wijaya, S.Pd., M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah, ruang lingkup, dan etika dalam psikologi olahraga

Ketepatan pemahaman konsep dan keaktifan dalam diskusi

Kriteria:

Mampu membedakan peran psikolog olahraga dan pelatih dalam aspek mental


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes
Diskusi Interaktif
2x50 menit

Materi: Sejarah, ruang lingkup, dan etika dalam psikologi olahraga
Pustaka: Weinberg, R. S., & Gould, D. (2019). Foundations of Sport and Exercise Psychology. Human Kinetics
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menganalisis jenis-jenis motivasi dan dampaknya terhadap atlet

mahasiswa mampu menjelaskan materi

Kriteria:

Mampu mengidentifikasi faktor motivasi intrinsik dan ekstrinsik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi interaktif dan Studi Kasus
2x50 menit

Materi: Motivasi Atlet
Pustaka: Weinberg, R. S., & Gould, D. (2019). Foundations of Sport and Exercise Psychology. Human Kinetics
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menganalisis sumber-sumber kepercayaan diri dan hubungannya dengan performa

Ketajaman analisis studi kasus

Kriteria:

Mampu memberikan rekomendasi untuk membangun kepercayaan diri atlet


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, Studi Kasus
2x50 meni

Materi: Kepercayaan Diri
Pustaka: Cox, R. H. (2012). Sport Psychology: Concepts and Applications. McGraw-Hill Education
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu membedakan antara kecemasan kognitif dan somatik serta dampaknya pada performa

Ketepatan dalam menjelaskan model kecemasan

Kriteria:

Mampu mengidentifikasi tanda-tanda kecemasan pada atlet


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Ceramah dan Diskusi
2x50 menit

Materi: Kecemasan, Gairah (Arousal), dan Stres dalam Olahraga
Pustaka: Weinberg, R. S., & Gould, D. (2019). Foundations of Sport and Exercise Psychology. Human Kinetics
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu mempraktikkan teknik-teknik relaksasi dan breathing control

mahasiswa mampu menjelaskan materi

Kriteria:

Mahasiswa menunjukkan penguasaan teknik yang benar


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ceramah dan Praktikum
2x50 menit

Materi: Teknik Relaksasi dan Pengendalian Arousal
Pustaka: Weinberg, R. S., & Gould, D. (2019). Foundations of Sport and Exercise Psychology. Human Kinetics
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu merancang goal setting yang efektif untuk atlet

mahasiswa mampu menjelaskan materi

Kriteria:

Rencana goal setting yang terstruktur


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
Ceramah, Diskusi, Praktikum
2x50 menit

Materi: Goal Setting dalam Olahraga
Pustaka: Cox, R. H. (2012). Sport Psychology: Concepts and Applications. McGraw-Hill Education
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu mempraktikkan teknik visualisasi untuk meningkatkan performa

mahasiswa mampu menjelaskan materi

Kriteria:

Mahasiswa mampu menjelaskan proses dan manfaat visualisasi


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Praktikum
2x50 menit

Materi: Visualisasi dan Imagery
Pustaka: Cox, R. H. (2012). Sport Psychology: Concepts and Applications. McGraw-Hill Education
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

Jawaban yang komprehensif dan akurat

Kriteria:

Ketepatan jawaban sesuai kunci jawaban


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Tes
2x50 menit

Materi: UTS
Pustaka: Weinberg, R. S., & Gould, D. (2019). Foundations of Sport and Exercise Psychology. Human Kinetics
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan memperbaiki gangguan konsentrasi pada atlet

mahasiswa mampu menjelaskan materi

Kriteria:

Mampu memberikan rekomendasi latihan untuk meningkatkan konsentrasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum
Ceramah, Diskusi, Studi Kasus
2x50 menit

Materi: Konsentrasi dalam Olahraga
Pustaka: Weinberg, R. S., & Gould, D. (2019). Foundations of Sport and Exercise Psychology. Human Kinetics
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menerapkan teknik self-talk positif untuk meningkatkan performa

mahasiswa mampu menjelaskan materi

Kriteria:

Mahasiswa mampu membedakan self-talk instruksional dan motivasional


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan Praktikum
2x50 menit

Materi: Self-Talk dalam Olahraga
Pustaka: Weinberg, R. S., & Gould, D. (2019). Foundations of Sport and Exercise Psychology. Human Kinetics
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami respons psikologis terhadap cedera dan strategi dukungan

mahasiswa mampu menjelaskan materi

Kriteria:

Mampu merancang strategi dukungan mental untuk atlet cedera


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Ceramah, Diskusi, dan Studi Kasus
2x50 menit

Materi: Psikologi Cedera dan Rehabilitasi
Pustaka: Cox, R. H. (2012). Sport Psychology: Concepts and Applications. McGraw-Hill Education
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menganalisis dinamika kelompok, kepemimpinan, dan komunikasi dalam tim

mahasiswa mampu menjelaskan materi

Kriteria:

Analisis yang mendalam tentang dinamika tim


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Kelompok dan Proyek Kelompok
2x50 menit

Materi: Kohesi Tim dan Dinamika Kelompok
Pustaka: Cox, R. H. (2012). Sport Psychology: Concepts and Applications. McGraw-Hill Education
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menjelaskan model kepemimpinan dalam olahraga dan perannya

Ketepatan analisis model kepemimpinan

Kriteria:

Mampu membedakan gaya kepemimpinan yang efektif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum
Diskusi Kelompok
2x50 menit

Materi: Kepemimpinan dalam Olahraga
Pustaka: Cox, R. H. (2012). Sport Psychology: Concepts and Applications. McGraw-Hill Education
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu merancang program intervensi mental yang terstruktur dan terintegrasi.

mahasiswa mampu menjelaskan materi

Kriteria:

Kesesuaian program dengan kebutuhan atlet


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Proyek Kelompok
2x50 menit

Materi: Merancang Program Psikologi Olahraga
Pustaka: Cox, R. H. (2012). Sport Psychology: Concepts and Applications. McGraw-Hill Education
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu mempresentasikan program psikologi olahraga yang telah dirancang

mahasiswa mampu menjelaskan materi

Kriteria:

Presentasi yang komprehensif dan profesional


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum
Presentasi Kelompok
2x50 menit

Materi: Penyusunan Program Psikologi Olahraga
Pustaka: Cox, R. H. (2012). Sport Psychology: Concepts and Applications. McGraw-Hill Education
10%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)

mahasiswa mampu menjelaskan materi

Kriteria:

Ketepatan jawaban sesuai kunci jawaban


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes
2x50 menit
ceramah dna praktek
Materi: Penguasaan teori dan praktik psikologi olahraga secara keseluruhan
Pustaka: Weinberg, R. S., & Gould, D. (2019). Foundations of Sport and Exercise Psychology. Human Kinetics
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 15.18%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 13.5%
3. Penilaian Portofolio 9.34%
4. Penilaian Praktikum 22.68%
5. Praktik / Unjuk Kerja 15.84%
6. Tes 23.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.