
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Psikologi Kepelatihan Olahraga |
8520202180 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
1 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.
|
MUHAMMAD |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif. |
PLO-10 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar psikologi olahraga, termasuk ruang lingkup dan etika profesi
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis faktor-faktor psikologis (seperti motivasi, kepercayaan diri, dan kecemasan) yang memengaruhi performa atlet
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menerapkan teknik intervensi mental (seperti goal setting, visualisasi, dan self-talk) untuk meningkatkan kinerja atlet
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mengelola kecemasan, stres, dan kelelahan mental pada atlet
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu merancang program psikologi olahraga yang terintegrasi dalam program latihan fisik
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu menganalisis dinamika psikologis dalam tim olahraga (misalnya, kepemimpinan dan kohesi tim)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-6 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | PO-3 | | | ✔ | | | PO-4 | | | | ✔ | | PO-5 | | | | | ✔ | PO-6 | | | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-3 | | ✔ | | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-5 | | | | | ✔ | | | ✔ | ✔ | | | | | ✔ | ✔ | | PO-6 | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas konsep dasar dan aplikasi psikologi dalam konteks olahraga dan latihan. Mahasiswa akan mempelajari berbagai aspek psikologis yang memengaruhi kinerja atlet, seperti motivasi, kepercayaan diri, kecemasan, visualisasi, dan goal setting. Mata kuliah ini juga akan menekankan peran pelatih dalam mengembangkan kesehatan mental atlet. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Weinberg, R. S., & Gould, D. (2019). Foundations of Sport and Exercise Psychology. Human Kinetics
- Cox, R. H. (2012). Sport Psychology: Concepts and Applications. McGraw-Hill Education
|
Pendukung : |
|
- Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge.
|
Dosen Pengampu
|
AGUS HARIYANTO RINI ISMALASARI MUHAMMAD FRANSISCA JANUARUMI MARHAENDRA WIJAYA DAVID AGUS PRIANTO SHERY IRIS ZALILLAH YANUAR ALFAN TRIARDHANA Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd. Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd. Yanuar Alfan Triardhana, S.Or., M.Kes. Yanuar Alfan Triardhana, S.Or., M.Kes. Dr. David Agus Prianto, S.Pd., M.Pd. Dr. David Agus Prianto, S.Pd., M.Pd. Dr. Rini Ismalasari, S.Pd., M.Kes. Dr. Rini Ismalasari, S.Pd., M.Kes. Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes. Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes. Shery Iris Zalillah, S.Pd..M.Kes. Shery Iris Zalillah, S.Pd..M.Kes. Dr. Fransisca Januarumi Marhaendra Wijaya, S.Pd., M.Kes. Dr. Fransisca Januarumi Marhaendra Wijaya, S.Pd., M.Kes. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah, ruang lingkup, dan etika dalam psikologi olahraga |
Ketepatan pemahaman konsep dan keaktifan dalam diskusi |
Kriteria:
Mampu membedakan peran psikolog olahraga dan pelatih dalam aspek mental Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes |
Diskusi Interaktif 2x50 menit |
|
Materi: Sejarah, ruang lingkup, dan etika dalam psikologi olahraga Pustaka: Weinberg, R. S., & Gould, D. (2019). Foundations of Sport and Exercise Psychology. Human Kinetics |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis jenis-jenis motivasi dan dampaknya terhadap atlet |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
Mampu mengidentifikasi faktor motivasi intrinsik dan ekstrinsik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi interaktif dan Studi Kasus 2x50 menit |
|
Materi: Motivasi Atlet Pustaka: Weinberg, R. S., & Gould, D. (2019). Foundations of Sport and Exercise Psychology. Human Kinetics |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menganalisis sumber-sumber kepercayaan diri dan hubungannya dengan performa |
Ketajaman analisis studi kasus |
Kriteria:
Mampu memberikan rekomendasi untuk membangun kepercayaan diri atlet Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi, Studi Kasus 2x50 meni |
|
Materi: Kepercayaan Diri Pustaka: Cox, R. H. (2012). Sport Psychology: Concepts and Applications. McGraw-Hill Education |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu membedakan antara kecemasan kognitif dan somatik serta dampaknya pada performa |
Ketepatan dalam menjelaskan model kecemasan |
Kriteria:
Mampu mengidentifikasi tanda-tanda kecemasan pada atlet Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Ceramah dan Diskusi 2x50 menit |
|
Materi: Kecemasan, Gairah (Arousal), dan Stres dalam Olahraga Pustaka: Weinberg, R. S., & Gould, D. (2019). Foundations of Sport and Exercise Psychology. Human Kinetics |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu mempraktikkan teknik-teknik relaksasi dan breathing control |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
Mahasiswa menunjukkan penguasaan teknik yang benar Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ceramah dan Praktikum 2x50 menit |
|
Materi: Teknik Relaksasi dan Pengendalian Arousal Pustaka: Weinberg, R. S., & Gould, D. (2019). Foundations of Sport and Exercise Psychology. Human Kinetics |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu merancang goal setting yang efektif untuk atlet |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
Rencana goal setting yang terstruktur Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Ceramah, Diskusi, Praktikum 2x50 menit |
|
Materi: Goal Setting dalam Olahraga Pustaka: Cox, R. H. (2012). Sport Psychology: Concepts and Applications. McGraw-Hill Education |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu mempraktikkan teknik visualisasi untuk meningkatkan performa |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menjelaskan proses dan manfaat visualisasi Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Praktikum 2x50 menit |
|
Materi: Visualisasi dan Imagery Pustaka: Cox, R. H. (2012). Sport Psychology: Concepts and Applications. McGraw-Hill Education |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
Jawaban yang komprehensif dan akurat |
Kriteria:
Ketepatan jawaban sesuai kunci jawaban Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Tes 2x50 menit |
|
Materi: UTS Pustaka: Weinberg, R. S., & Gould, D. (2019). Foundations of Sport and Exercise Psychology. Human Kinetics |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan memperbaiki gangguan konsentrasi pada atlet |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
Mampu memberikan rekomendasi latihan untuk meningkatkan konsentrasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum |
Ceramah, Diskusi, Studi Kasus 2x50 menit |
|
Materi: Konsentrasi dalam Olahraga Pustaka: Weinberg, R. S., & Gould, D. (2019). Foundations of Sport and Exercise Psychology. Human Kinetics |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menerapkan teknik self-talk positif untuk meningkatkan performa |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
Mahasiswa mampu membedakan self-talk instruksional dan motivasional Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan Praktikum 2x50 menit |
|
Materi: Self-Talk dalam Olahraga Pustaka: Weinberg, R. S., & Gould, D. (2019). Foundations of Sport and Exercise Psychology. Human Kinetics |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memahami respons psikologis terhadap cedera dan strategi dukungan |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
Mampu merancang strategi dukungan mental untuk atlet cedera Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Ceramah, Diskusi, dan Studi Kasus 2x50 menit |
|
Materi: Psikologi Cedera dan Rehabilitasi Pustaka: Cox, R. H. (2012). Sport Psychology: Concepts and Applications. McGraw-Hill Education |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menganalisis dinamika kelompok, kepemimpinan, dan komunikasi dalam tim |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
Analisis yang mendalam tentang dinamika tim Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi Kelompok dan Proyek Kelompok 2x50 menit |
|
Materi: Kohesi Tim dan Dinamika Kelompok Pustaka: Cox, R. H. (2012). Sport Psychology: Concepts and Applications. McGraw-Hill Education |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menjelaskan model kepemimpinan dalam olahraga dan perannya |
Ketepatan analisis model kepemimpinan |
Kriteria:
Mampu membedakan gaya kepemimpinan yang efektif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum |
Diskusi Kelompok 2x50 menit |
|
Materi: Kepemimpinan dalam Olahraga Pustaka: Cox, R. H. (2012). Sport Psychology: Concepts and Applications. McGraw-Hill Education |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu merancang program intervensi mental yang terstruktur dan terintegrasi. |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
Kesesuaian program dengan kebutuhan atlet Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Proyek Kelompok 2x50 menit |
|
Materi: Merancang Program Psikologi Olahraga Pustaka: Cox, R. H. (2012). Sport Psychology: Concepts and Applications. McGraw-Hill Education |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan program psikologi olahraga yang telah dirancang |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
Presentasi yang komprehensif dan profesional Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum |
Presentasi Kelompok 2x50 menit |
|
Materi: Penyusunan Program Psikologi Olahraga Pustaka: Cox, R. H. (2012). Sport Psychology: Concepts and Applications. McGraw-Hill Education |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester (UAS) |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
Ketepatan jawaban sesuai kunci jawaban Bentuk Penilaian : Tes |
Tes 2x50 menit |
ceramah dna praktek
|
Materi: Penguasaan teori dan praktik psikologi olahraga secara keseluruhan Pustaka: Weinberg, R. S., & Gould, D. (2019). Foundations of Sport and Exercise Psychology. Human Kinetics |
15% |