Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Tata Boga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Penyediaan Dessert dan Konveksionari

6230502139

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=2

ECTS=3.18

2

9 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Mauren Gita Miranti, M.Pd




Ita Fatkhur Romadhoni, M.Pd




Dr. Lilis Sulandari, S.Pt., M.P.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Mampu menerapkan multidisipliner ilmu dengan mengintegrasikan teknologi modern (IPTEKS) dalam menghasilkan produk seni kuliner, prototipe/desain produk, dan menyusun laporan pertanggungjawaban

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa memahami bahan baku dan teknik pembuatan dessert coklat.

PO - 2

Mahasiswa menguasai teknik dasar pembuatan sugar confectionery.

PO - 3

Mahasiswa mampu mengaplikasikan prinsip dalam pembuatan hot and cold dessert

PO - 4

Mahasiswa mampu melakukan inovasi dan presentasi produk dessert.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-4PLO-6
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan berbagai jenis dessert berbahan dasar coklat, olahan gula (sugar and confectionery), serta dessert panas dan dingin. Pembelajaran berfokus pada praktik, pengembangan kreativitas, dan penerapan teknik modern dalam penyediaan produk dessert berkualitas.

Pustaka

Utama :

  1. Greweling, Peter P. (2010). Chocolates & Confections. New Jersey: John Wiley and Sons.
  2. Beckett, S.T. (2017). Industrial Chocolate Manufacture and Use. UK: Wiley.
  3. Wilton. (2001). Candy Making Beginner's Guide. Canada: Wilton Enterprises.
  4. Gisslen, Wayne. (2012). Professional Baking. John Wiley and Sons.

Pendukung :

  1. Nina Wanat. (2011). Sweet Confections. New York: LARK
  2. Teubner, Christian. (1997). The Chocolate Bible. New York: Penguin Studio.

Dosen Pengampu

Ita Fatkhur Romadhoni, S.Pd., M.Pd.

Mauren Gita Miranti, S.Pd., M.Pd.

Qorry' Aina, S.Pd., M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep dasar coklat dan dessert

Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar coklat

Kriteria:

Semua komponen dijelaskan dengan benar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Ceramah, diskusi
2 x 50 menit
Materi: Sejarah coklat, jenis coklat, dasar dessert
Pustaka: Greweling, Peter P. (2010). Chocolates & Confections. New Jersey: John Wiley and Sons.
30%

2

Minggu ke 2

Menjelaskan peralatan dan bahan pembuatan coklat

Mahasiswa mampu mengidentifikasi alat dan bahan

Kriteria:

Identifikasi minimal 80% benar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Demonstrasi, diskusi
2 x 50

Materi: Alat & bahan dasar
Pustaka: Beckett, S.T. (2017). Industrial Chocolate Manufacture and Use. UK: Wiley.
0%

3

Minggu ke 3

Mampu melakukan teknik tempering coklat

Mahasiswa dapat menunjukkan teknik tempering

Kriteria:

Teknik sesuai standar


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktek
2 x 50

Materi: Teknik tempering
Pustaka: Teubner, Christian. (1997). The Chocolate Bible. New York: Penguin Studio.
0%

4

Minggu ke 4

Membuat produk coklat sederhana (Ganache)

Mahasiswa menghasilkan ganache sesuai resep

Kriteria:

Produk ganache halus dan stabil


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Praktek ganache
2 x 50

Materi: Praktek ganache
Pustaka: Beckett, S.T. (2017). Industrial Chocolate Manufacture and Use. UK: Wiley.
0%

5

Minggu ke 5

Membuat praline non-isi dan lolipop

Mahasiswa membuat praline non-isi

Kriteria:

Bentuk dan rasa sesuai standar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Praktek
2 x 50

Materi: Praktek coklat
Pustaka: Teubner, Christian. (1997). The Chocolate Bible. New York: Penguin Studio.
0%

6

Minggu ke 6

Membuat praline isi dan truffle

Mahasiswa membuat praline isi

Kriteria:

Kualitas isian baik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Praktik
2 x 50

Materi: Teknik isian coklat
Pustaka: Greweling, Peter P. (2010). Chocolates & Confections. New Jersey: John Wiley and Sons.
23%

7

Minggu ke 7

Presentasi hasil observasi produk coklat

Mahasiswa mempresentasikan observasi

Kriteria:

Data valid dan sistematis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi, diskusi
2 x 50

Materi: LKM Presentasi
Pustaka: Gisslen, Wayne. (2012). Professional Baking. John Wiley and Sons.
0%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

Mahasiswa menguasai teori dan praktik

Kriteria:

Jawaban minimal 70% benar


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian
2 x 50

Materi: Evaluasi teori dan praktik
Pustaka: Gisslen, Wayne. (2012). Professional Baking. John Wiley and Sons.
0%

9

Minggu ke 9

Memahami teori dasar sugar confectionery

Mahasiswa menjelaskan sugar confectionery

Kriteria:

Pemaparan konsep akurat


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi
2 x 50

21%

10

Minggu ke 10

Membuat soft candy dan hard candy

Mahasiswa membuat permen lunak dan keras

Kriteria:

Produk sesuai karakteristik standar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Praktek sugar confectionery
2 x 50

Materi: Praktek sugar confectionery
Pustaka: Nina Wanat. (2011). Sweet Confections. New York: LARK
0%

11

Minggu ke 11

Membuat gummy candy

Mahasiswa membuat gummy candy

Kriteria:

Tekstur kenyal sesuai standar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Praktik
2 x 50

Materi: Teknik gummy candy
Pustaka: Nina Wanat. (2011). Sweet Confections. New York: LARK
0%

12

Minggu ke 12

Memahami teori dasar dessert

Mahasiswa menjelaskan teori dessert

Kriteria:

Penjelasan tepat dan runtut


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah
2 x 50

Materi: Cold dan hot dessert
Pustaka: Wilton. (2001). Candy Making Beginner's Guide. Canada: Wilton Enterprises.
0%

13

Minggu ke 13

Mengembangkan konsep produk dessert

Mahasiswa mengembangkan konsep produk

Kriteria:

Konsep kreatif dan inovatif


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Konsultasi produk
2 x 50

Materi: Konsultasi produk
Pustaka: Nina Wanat. (2011). Sweet Confections. New York: LARK
0%

14

Minggu ke 14

Pembuatan produk final

Mahasiswa membuat produk dessert akhir

Kriteria:

Produk inovatif dan sesuai konsep


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Praktik
2 x 50

Materi: Implementasi konsep
Pustaka: Nina Wanat. (2011). Sweet Confections. New York: LARK
26%

15

Minggu ke 15

Presentasi produk final

Mahasiswa mempresentasikan produk akhir

Kriteria:

Struktur presentasi sistematis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi
2x 50

Materi: Hasil proyek
Pustaka: Greweling, Peter P. (2010). Chocolates & Confections. New Jersey: John Wiley and Sons.
0%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

Mahasiswa mempertahankan konsep produknya

Kriteria:

Jawaban meyakinkan dan logis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ujian praktik

Materi: Evaluasi proyek
Pustaka: Nina Wanat. (2011). Sweet Confections. New York: LARK
0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 21%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 79%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.