Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Sosiologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metode Penelitian Sosiologi Kualitatif

6920102288

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=0

ECTS=1.59

3

1 September 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




AGUS MACHFUD FAUZI

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menguasai konsep-konsep dasar filosofi, paradigma, pendekatan dan teori-teori Sosiologi, berikut cabang-cabang keilmuannya, dan metode penelitian Sosiologi;

PLO-8

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif sesuai bidang keahliannya dalam melakukan, mengkaji problematika masyarakat, perubahan teknologi dan ilmu pengetahuan berikut dampaknya dalam rangka menghasilkan soslusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk laporan, artikel, atau skripsi dan mengunggah-nya;

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis fondasi filosofis, paradigma, dan pendekatan metodologis penelitian sosiologi kualitatif untuk menafsirkan secara kritis relevansinya dalam mengkaji fenomena sosial.

PO - 2

Mengevaluasi teknik pengumpulan data kualitatif, pertimbangan etika, serta isu refleksivitas dan keterpercayaan untuk memastikan validitas dan kredibilitas temuan penelitian.

PO - 3

Membuat proyek penelitian kualitatif mini dengan merancang pertanyaan penelitian, melakukan kerja lapangan, dan menghasilkan laporan ilmiah yang mengintegrasikan teori, metodologi, dan analisis sosiologi.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-8
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Metode Penelitian Kualitatif merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Sosiologi untuk memperdalam cara kerja metode penelitian Sosiologi. Mata kuliah ini menyajikan tentang Hakekat Penelitian Kualitatif, berbagai pendekatan kualitatif dan prinsip-prinsip dasarnya, teknik pengumpulan dan pengolahan data, serta teknik penyusunan proposal bercorak kualitatif. Perkuliahan dilaksanakan dengan project based learning, presentasi, dan diskusi

Pustaka

Utama :

  1. Jujun S. Sumantri, 2009.Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer.Bandung: Sinar Harapan
  2. Dedy Mulyana, 2008.Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: Rosdakarya
  3. Lexy J. Moleong, 2013.Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: Rosdakarya
  4. Agus Salim, 2002.Teori dan Paradigma Penelitian Sosial.Yogyakarta: Tiara Wacana
  5. Audivax, 2008.Research.Yogyakarta: Jalasutra
  6. Burhan Bungin, 2001.Metodologi Penelitian Kualitatif.Jakarta: Rajawali Press
  7. Burhan Bungin, 2003.Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Garfindo Persada
  8. Sadewo, FX Sri. 2017.Meneliti itu Mudah (Petunjuk Praktis Penelitian Kualitatif).Surabaya: Unesa Press.
  9. Denzim K., and Yvonna S. Lincoln, 1994.Handbook Of Qualitative Research.London: SAGE Publication.
  10. Atkinson, et.all 2001.Handbook Of Ethnography.London: SAGE Publication

Pendukung :

  1. Flick, U. (2018). An Introduction to Qualitative Research(6th ed.). SAGE Publications.
  2. Herdiansyah, H. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
  3. Salim, A., & Syahrum. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif: Konsep dan Aplikasi dalam Ilmu Sosial, Keagamaan, dan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
  4. Silverman, D. (2021). Qualitative Research (6th ed.). SAGE Publications.

Dosen Pengampu

FRANSISCUS XAVERIUS SRI SADEWO

ARIEF SUDRAJAT

PAMBUDI HANDOYO

DIYAH UTAMI

NUR'AINI INAYAH

Arief Sudrajat, S.Ant., M.Si.

Arief Sudrajat, S.Ant., M.Si.

Diyah Utami, S.Sos., M.M.

Diyah Utami, S.Sos., M.M.

Nur'aini Inayah, S.Pd., M.Sos.

Nur'aini Inayah, S.Pd., M.Sos.

Pambudi Handoyo, S.Sos., M.A.

Pambudi Handoyo, S.Sos., M.A.

Drs. Fransiscus Xaverius Sri Sadewo, M.Si.

Drs. Fransiscus Xaverius Sri Sadewo, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menguasai latar belakang pendekatan kualitatif dalam penelitian ilmu-ilmu sosial untuk memecahkan masalah pembangunan dan pendidikan

Jelaskan paradigm yang digunakan oleh pendekatan kualitatif

Kriteria:

Bila benar, maka nilainya=100


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi paradigma
3 X 50

Materi: Bab 1-2
Pustaka: Sadewo, FX Sri. 2017.Meneliti itu Mudah (Petunjuk Praktis Penelitian Kualitatif).Surabaya: Unesa Press.

Materi: Bag. 1
Pustaka: Denzim K., and Yvonna S. Lincoln, 1994.Handbook Of Qualitative Research.London: SAGE Publication.
5%

2

Minggu ke 2

Menguasai latar belakang pendekatan kualitatif dalam penelitian ilmu-ilmu sosial untuk memecahkan masalah pembangunan dan pendidikan

Mengidentifikasi logika, paradigma dan perspektif dalam penelitian kualitatif

Kriteria:

Bila benar, maka nilainya=100


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, studi literatur
3 X 50

Materi: Bab 3
Pustaka: Sadewo, FX Sri. 2017.Meneliti itu Mudah (Petunjuk Praktis Penelitian Kualitatif).Surabaya: Unesa Press.
5%

3

Minggu ke 3

Menguasai perspektif teori yang digunakan dalam penelitian dengan pendekatan kualitatif.

Menjelaskan lima perspektif teori dalam Pendekatan Kualitatif dan implikasi

Kriteria:

Bila jelas dan tepat, maka nilai=100


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Workshop perumusan masalah
3 X 50

Materi: Bab 3
Pustaka: Sadewo, FX Sri. 2017.Meneliti itu Mudah (Petunjuk Praktis Penelitian Kualitatif).Surabaya: Unesa Press.

Materi: Bab 1-10
Pustaka: Burhan Bungin, 2001.Metodologi Penelitian Kualitatif.Jakarta: Rajawali Press
5%

4

Minggu ke 4

Menguasai perspektif teori yang digunakan dalam penelitian dengan pendekatan kualitatif.

Menjelaskan lima perspektif teori dalam Pendekatan Kualitatif dan implikasi

Kriteria:

Bila jelas dan tepat, maka nilai=100


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi & simulasi
3 X 50

Materi: Bagian 1 Bab 1-5
Pustaka: Sadewo, FX Sri. 2017.Meneliti itu Mudah (Petunjuk Praktis Penelitian Kualitatif).Surabaya: Unesa Press.
5%

5

Minggu ke 5

Mampu merancang penelitian ilmu sosial dengan pendekatan kualitatif untuk memecahkan masalah-masalah pembangunan dan pendidikan

Menjelaskan jenis-jenis penelitian berdasarkan perspektif teori;

Kriteria:

Bila benar, maka nilai =100. Bergantung dengan tingkat kesalahannya, maka nilai berkurang. Tidak benar sama sekali nilai=0


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kasus etika
3 X 50

Materi: Ba
Pustaka: Denzim K., and Yvonna S. Lincoln, 1994.Handbook Of Qualitative Research.London: SAGE Publication.

Materi: Bag
Pustaka: Sadewo, FX Sri. 2017.Meneliti itu Mudah (Petunjuk Praktis Penelitian Kualitatif).Surabaya: Unesa Press.
5%

6

Minggu ke 6

Mampu merancang penelitian ilmu sosial dengan pendekatan kualitatif untuk memecahkan masalah-masalah pembangunan dan pendidikan

Menulis refleksi posisi peneliti

Kriteria:

Bila benar, maka nilai =100. Bergantung dengan tingkat kesalahannya, maka nilai berkurang. Tidak benar sama sekali nilai=0


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Latihan refleksi, diskusi
3 X 50

Materi: Bab 4-5
Pustaka: Sadewo, FX Sri. 2017.Meneliti itu Mudah (Petunjuk Praktis Penelitian Kualitatif).Surabaya: Unesa Press.
5%

7

Minggu ke 7

Mampu merancang penelitian ilmu sosial dengan pendekatan kualitatif untuk memecahkan masalah-masalah pembangunan dan pendidikan

Melatih editing data, koding, data structuring and filing, entry data Melatih triangulasi

Kriteria:

Bila benar, maka nilai =100. Bergantung dengan tingkat kesalahannya, maka nilai berkurang. Tidak benar sama sekali nilai=0


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi & presentasi
3 X 50

Materi: Bab 4-5
Pustaka: Sadewo, FX Sri. 2017.Meneliti itu Mudah (Petunjuk Praktis Penelitian Kualitatif).Surabaya: Unesa Press.
5%

8

Minggu ke 8

Mampu mengerjakan soal UTS

Mampu mengerjakan soal UTS

Kriteria:

Bila benar, maka nilai = 100. Bila salah atau tidak tepat dalam penjelasannya, maka akan bergantung pada penilaiannya.


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Individu
3 X 50

Materi: UAS
Pustaka:
15%

9

Minggu ke 9

Mampu menulis rancangan penelitian dengan metode dan perspektif teori kualitatif

Mampu mengerjakan soal UTS

Kriteria:

Bila benar, maka nilai = 100. Bila salah atau tidak tepat dalam penjelasannya, maka akan bergantung pada penilaiannya.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Workshop coding NVivo/Atlas.ti
3 X 50

Materi: Bab 5-7
Pustaka: Sadewo, FX Sri. 2017.Meneliti itu Mudah (Petunjuk Praktis Penelitian Kualitatif).Surabaya: Unesa Press.
5%

10

Minggu ke 10

Mampu melakukan penelitian kualitatif sederhana

Mampu mengerjakan soal UTS

Kriteria:

Bila benar, maka nilai = 100. Bila salah atau tidak tepat dalam penjelasannya, maka akan bergantung pada penilaiannya.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Praktikum lab
3 X 50

Materi: Bab 5-7
Pustaka: Sadewo, FX Sri. 2017.Meneliti itu Mudah (Petunjuk Praktis Penelitian Kualitatif).Surabaya: Unesa Press.
5%

11

Minggu ke 11

Mampu mengaplikasikan pendekatan penelitian dalam fenomena sosial yang dipilih

Mampu mengerjakan soal UTS

Kriteria:

Bila benar, maka nilai = 100. Bila salah atau tidak tepat dalam penjelasannya, maka akan bergantung pada penilaiannya.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi & presentasi
3 X 50

Materi: Bab 5-7
Pustaka: Sadewo, FX Sri. 2017.Meneliti itu Mudah (Petunjuk Praktis Penelitian Kualitatif).Surabaya: Unesa Press.
5%

12

Minggu ke 12

Mampu melakukan analisis data kualitatif untuk memecahkan masalah-masalah pembangunan dan pendidikan

Menjelaskan analisis data

Kriteria:

Bila benar, maka nilai 100. Nilai berkurang sesuai dengan tingkat kesalahannya.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi kasus lapangan
3 X 50

Materi: Bab 5-7
Pustaka: Sadewo, FX Sri. 2017.Meneliti itu Mudah (Petunjuk Praktis Penelitian Kualitatif).Surabaya: Unesa Press.

Materi: Bab 1-10
Pustaka: Denzim K., and Yvonna S. Lincoln, 1994.Handbook Of Qualitative Research.London: SAGE Publication.

Materi: Bab 1-10
Pustaka: Atkinson, et.all 2001.Handbook Of Ethnography.London: SAGE Publication
5%

13

Minggu ke 13

Mampu melakukan analisis data kualitatif untuk memecahkan masalah-masalah pembangunan dan pendidikan

Menjelaskan analisis data

Kriteria:

Bila benar, maka nilai 100. Nilai berkurang sesuai dengan tingkat kesalahannya.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi & presentasi
3 X 50

Materi: Bab 5-7
Pustaka: Sadewo, FX Sri. 2017.Meneliti itu Mudah (Petunjuk Praktis Penelitian Kualitatif).Surabaya: Unesa Press.

Materi: Bab 1-10
Pustaka: Denzim K., and Yvonna S. Lincoln, 1994.Handbook Of Qualitative Research.London: SAGE Publication.

Materi: Bab 1-10
Pustaka: Atkinson, et.all 2001.Handbook Of Ethnography.London: SAGE Publication
5%

14

Minggu ke 14

Mampu merancang, melakukan penelitian lapangan secara sederhana, dan mempresentasikan laporan, serta menulis artikel.

Membuat proposal penelitian, instrumen, catatan lapangan, logbook hingga artikel.

Kriteria:

Nilai sempurna, bila partisipasi dan hasil sempurna.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Analisis artikel
3 X 50

Materi: Bab 5-7
Pustaka: Sadewo, FX Sri. 2017.Meneliti itu Mudah (Petunjuk Praktis Penelitian Kualitatif).Surabaya: Unesa Press.
5%

15

Minggu ke 15

Mampu merancang, melakukan penelitian lapangan secara sederhana, dan mempresentasikan laporan, serta menulis artikel.

Membuat proposal penelitian, instrumen, catatan lapangan, logbook hingga artikel.

Kriteria:

Nilai sempurna, bila partisipasi dan hasil sempurna.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Workshop mentoring
3 X 50

Materi: Bab 5-7
Pustaka: Sadewo, FX Sri. 2017.Meneliti itu Mudah (Petunjuk Praktis Penelitian Kualitatif).Surabaya: Unesa Press.
5%

16

Minggu ke 16

Mampu merancang, melakukan penelitian lapangan secara sederhana, dan mempresentasikan laporan, serta menulis artikel.

Membuat proposal penelitian, instrumen, catatan lapangan, logbook hingga artikel.

Kriteria:

Nilai sempurna, bila partisipasi dan hasil sempurna.


Bentuk Penilaian :
Tes
Proyek lapangan
3 X 50

Materi: Bab 5-7
Pustaka: Sadewo, FX Sri. 2017.Meneliti itu Mudah (Petunjuk Praktis Penelitian Kualitatif).Surabaya: Unesa Press.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Praktik / Unjuk Kerja 20%
3. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.