
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Teknologi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini |
8620702271 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
13 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.
|
.......................................
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Menguasai kemampuan pedagogis dalam pembelajaran anak usia dini yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi dalam penyelenggaran pendidikan anak usia dini menggunakan teknologi pembelajaran
|
PO - 2 |
Mengkaji dampak penggunaan teknologi terhadap perkembangan kognitif anak usia dini
|
PO - 3 |
Mengidentifikasi Tahapan Perkembangan Anak Usia Dini
|
PO - 4 |
Analisis Potensi dan Kebutuhan Penggunaan Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran
|
PO - 5 |
Merancang Instrumen Evaluasi Video Pembelajaran
|
PO - 6 |
Merefleksikan Pengalaman Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | | ✔ | PO-3 | ✔ | | PO-4 | | ✔ | PO-5 | ✔ | | PO-6 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | PO-2 | | ✔ | | ✔ | | | | | ✔ | | | | ✔ | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-5 | | | ✔ | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-6 | | | | | | | | ✔ | | ✔ | | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa mengenai pengintegrasian teknologi dalam proses pembelajaran anak usia dini. Dengan menggunakan pendekatan Outcome-Based Education (OBE), mahasiswa akan mengembangkan keterampilan desain, implementasi, dan evaluasi pembelajaran berbasis teknologi sesuai dengan kebutuhan anak usia dini. Menggunakan metode pembelajaran Ceramah dan praktik pembelajaran berbasis proyek. Mata kuliah ini dirancang secara khusus untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam tentang pengintegrasian teknologi dalam proses pembelajaran anak usia dini. Melalui pendekatan Outcome-Based Education (OBE), perkuliahan ini tidak hanya berfokus pada transfer pengetahuan, tetapi juga pada pengembangan keterampilan konkret yang relevan. Mahasiswa akan diajak untuk secara aktif mengembangkan kapabilitas dalam mendesain, mengimplementasikan, dan mengevaluasi strategi pembelajaran yang memanfaatkan teknologi. Seluruh kegiatan ini akan disesuaikan secara cermat dengan karakteristik dan kebutuhan perkembangan anak usia dini, memastikan bahwa penggunaan teknologi benar-benar mendukung stimulasi yang optimal, bukan sekadar pelengkap. Dengan kombinasi ini, diharapkan mahasiswa tidak hanya memahami potensi teknologi, tetapi juga mampu menjadi inovator yang terampil dalam menciptakan pengalaman belajar yang relevan dan menarik bagi anak usia dini di era digital. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Alan Januszewski and Michael Molenda. (2008). Educational technology:. Association for educational communications and technology (AECT).
- Adhe, K. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran daring matakuliah kajian PAUD di jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(1), 26-31.
- Hamilton, B. (2018). Integrating technology in the classroom: Tools to meet the needs of every student (2nd ed.). ISTE.
|
Pendukung : |
|
- Psikologi Perkembangan AnakUsia Dini Edisi Pertama Oleh Dr.Masganti Sit, M.Ag. penerbit:KencanaTahun:2017
- Atmajaya, D. (2017).Implementasi augmented reality untukpembelajaran interaktif. ILKOM JurnalIlmiah, 9(2), 227-232
- Himamunanto, A. R., Waruwu,D. A., & Setyawan, G. C. (2023). ImageTracking Berbasis AR UntukPeningkatan Pembelajaran Buah PadaPendidikan Anak Usia Dini (PAUD).Infotek: Jurnal Informatika danTeknologi, 6(2), 381-389
- Abidin, N., & Haq, A. F. (2023).Aplikasi Media Pembelajaran Anak UsiaDini Menggunakan TeknologiAugmented Reality Berbasis Android.Jurnal Nasional Komputasi danTeknologi Informasi, 6(1), 95-102
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi tahapan perkembangan anak usia dini sebagai dasar perancangan pembelajaran. |
Mengidentifikasi tahapan perkembangan anak usia dini sebagai dasar perancangan pembelajaran |
Kriteria:
Mahasiswa mampu tahapan perkembangan anak usia dini sebagai dasar perancangan pembelajaran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Materi: Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Pertama Oleh Dr. Masganti Sit, M.Ag. penerbit:Kencana Tahun:2017 Pustaka: Materi: Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01-12. Pustaka: |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan teori perkembangan anak usia dini dan merancang video pembelajaran yang sesuai dengan teori tersebut. |
Pemahaman tentang teori perkembangan anak usia dini dan merancang video pembelajaran yang sesuai dengan teori tersebut. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami tentang teori perkembangan anak usia dini dan merancang video pembelajaran yang sesuai dengan teori tersebut. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Materi: Suryana, D., & Hijriani, A. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077-1094. Pustaka: |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Implementasikan teori perkembangan anak usia dini dalam desain video pembelajaran. |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengimmplementasikan teori perkembangan anak usia dini dalam desain video pembelajaran. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Materi: Syafi’i, I., Sa’diyah, C., Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). Penerapan video pembelajaran daring anak usia dini pada masa pandemi Covid-19. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 140-160. Pustaka: |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menyusun skenario video pembelajaran yang mengakomodasi tahapan perkembangan anak usia dini. |
Menysun skenario video pembelajaran yang mengakomodasi tahapan perkembangan anak usia dini. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menysun skenario video pembelajaran yang mengakomodasi tahapan perkembangan anak usia dini. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Materi: Suryana, D., & Hijriani, A. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077-1094. Pustaka: |
6% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami konsep dan potensi penggunaan Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran anak usia dini. |
Pemahaman konsep dan potensi penggunaan Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran anak usia dini. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami konsep dan potensi penggunaan Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran anak usia dini. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Materi: Atmajaya, D. (2017). Implementasi augmented reality untuk pembelajaran interaktif. ILKOM Jurnal Ilmiah, 9(2), 227-232. Pustaka: Materi: Himamunanto, A. R., Waruwu, D. A., & Setyawan, G. C. (2023). Image Tracking Berbasis AR Untuk Peningkatan Pembelajaran Buah Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, 6(2), 381-389. Pustaka: Alan Januszewski and Michael Molenda. (2008). Educational technology:. Association for educational communications and technology (AECT). |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Potensi dan kebutuhan penggunaan AR untuk meningkatkan pembelajaran anak usia dini. |
Menganalisa potensi dan kebutuhan penggunaan AR untuk meningkatkan pembelajaran anak usia dini. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menganalisa potensi dan kebutuhan penggunaan AR untuk meningkatkan pembelajaran anak usia dini. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Materi: Himamunanto, A. R., Waruwu, D. A., & Setyawan, G. C. (2023). Image Tracking Berbasis AR Untuk Peningkatan Pembelajaran Buah Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, 6(2), 381-389. Pustaka: Alan Januszewski and Michael Molenda. (2008). Educational technology:. Association for educational communications and technology (AECT). |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Rancangan konten AR yang kreatif untuk meningkatkan interaktivitas dan keterlibatan anak. |
Merancang konten AR yang kreatif untuk meningkatkan interaktivitas dan keterlibatan anak. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu melakukan perancangan konten AR yang kreatif untuk meningkatkan interaktivitas dan keterlibatan anak. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Materi: Himamunanto, A.R., Waruwu, D.A., & Setyawan,G. C. (2023).Image TrackingBerbasis ARUntukPeningkatanPembelajaranBuah PadaPendidikan AnakUsia Dini(PAUD). Infotek:JurnalInformatika danTeknologi, 6(2),381-389. Pustaka: Alan Januszewski and Michael Molenda. (2008). Educational technology:. Association for educational communications and technology (AECT). |
10% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu mengimplementasikan konten AR dalam proses pembelajaran anak usia dini. |
Pengimplementasian konten AR dalam proses pembelajaran anak usia dini. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengImplementasikan konten AR dalam proses pembelajaran anak usia dini. Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 2 X 50 |
UTS 2 X 50 |
|
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memahami penggunaan instrumen evaluasi untuk mengukur efektivitas video pembelajaran anak usia dini. |
- Evaluasi pembelajaran AUD
- Penyusunan instrumen evaluasi
- Efektifitas video terhadap perkembangan AUD
|
Kriteria:
- Mahasiswa mampu mengevaluasi pembelajaran AUD
- Mahasiswa mampu melakukan penyusunan instrumen evaluasi
- Mahasiswa mampu menganalisa efektifitas video terhadap perkembangan AUD
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Materi: Fahrurrozi, M., & Rahmawati, S. N. L. (2021). Pengembangan Model Instrumen Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Profit, 8(1), 1-10. Pustaka: Materi: Hutapea, R. H., & PAK, S. (2022). Instrumen Evaluasi Non-Tes dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif dan Psikomotorik. Pustaka: Materi: Hani, A. A. (2019). Evaluasi pembelajaran pada PAUD. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 7(1), 51-56. Pustaka: |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Perancangan instrumen evaluasi yang fokus pada kualitas pembelajaran anak usia dini. |
- Pembuatan instrumen evaluasi yang dibuat
- Pemberian alasan terkait kualitas pembelajaran
- Pembuatan rencana tindak lanjut dari hasil evaluasi
|
Kriteria:
- Mahasiswa mampu menjelaskan instrumen evaluasi yang dibuat
- Mahasiswa mampu memberikan alasan terkait kualitas pembelajaran
- Mahasiswa mampu membuat rencana tindak lanjut dari hasil evaluasi
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan Pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Ceramah dan Pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Materi: Iftitah, S. L. (2021). Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Pustaka: Alan Januszewski and Michael Molenda. (2008). Educational technology:. Association for educational communications and technology (AECT). Materi: Akhsanti, M. S. (2014). Pemanfaatan Hasil Evaluasi Pembelajaran dalam Pengembangan Program Pembelajaran Anak Usia Dini. BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2). Pustaka: |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Implementasi instrumen evaluasi dalam uji coba video pembelajaran anak usia dini. |
- Penjelasan instrumen evaluasi
- Pendemonstrasian video pembelajaran
|
Kriteria:
- Mahasiswa mampu menjelaskan instrumen evaluasi
- Mahasiswa mampu mendemonstrasikan video pembelajaran
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 Xx 50 |
|
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi dan memberikan pembaruan pada desain pembelajaran anak usia dini. |
- Mengetahui kesalahan desain pembelajaran
- Menganalogikan solusi yang sesuai dengan kesalahannya
|
Kriteria:
- Mahasiswa mengetahui kesalahan desain pembelajaran
- Mahasiswa mampu menganalogikan solusi yang sesuai dengan kesalahannya
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Materi: Rozi, F., Widat, F., & Efandari, E. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Picture and Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Anak Usia Dini. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 127-142. Pustaka: |
6% |
13
Minggu ke 13 |
Respon dan Refleksi pengalaman dalam merancang dan mengimplementasikan teknologi pembelajaran anak usia dini. |
- Refleksi pengalaman dalam merancang pembelajaran AUD
- Penjelasan penggunaan teknologi pembelajaran
|
Kriteria:
- Mahasiwa mampu merefleksikan pengalaman dalam merancang pembelajaran AUD
- Mahasiswa mampu menjelaskan penggunaan teknologi pembelajaran
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Materi: Abidin, N., & Haq, A. F. (2023). Aplikasi Media Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, 6(1), 95-102. Pustaka: |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Analisis dampak positif dan negatif penggunaan teknologi dalam pembelajaran anak usia dini. |
- Penjelasan dampak positif penggunaan teknologi
- Penjelasan dampak negatif penggunaan teknologi
- Penganalogikan penggunaan teknologi dengan tepat dan benar
|
Kriteria:
- Mahasiswa mampu menjelaskan dampak positif penggunaan teknologi
- Mahasiswa mampu menjelaskan dampak negatif penggunaan teknologi
- Mahasiswa mampu menganalogikan penggunaan teknologi dengan tepat dan benar
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Materi: Pramono, D., Yunita, S., Erviana, M., Setianingsih, D., Winahyu, R. P., & Suryaningsih, M. D. (2021). Implementasi penggunaan teknologi oleh orang tua sesuai pendidikan karakter moral untuk anak usia dini. Journal of Education and Technology, 1(2), 104-112. Pustaka: Materi: Nurhayati, N., Aslan, A., & Susilawati, S. (2023). Penggunaan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran Pada Anak Usia Dini Di Raudhatul Atfhal Al-Ikhlas Kota Singkawang. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 485-500. Pustaka: Candy, Philip C. (1991). Self-direction for lifelong learning , a comprehensive to theory and practice. San Fancisco: Jossey-Bass Inc. Publishers |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Rumusan strategi perbaikan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran anak usia dini. |
Penjelasan strategi perbaikan |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menjelaaskan strategi perbaikan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Materi: Ramadanti, E., & Arifin, Z. (2021). Strategi peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu bergambar bagi anak usia dini dalam bingkai islam dan perspektif pakar pendidikan. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 173-187. Pustaka: |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Representatif hasil akhir dan evaluasi dari proses implementasi teknologi pembelajaran anak usia dini. |
Merepresetasikan hasil akhir dan evaluasi dari proses implementasi teknologi pembelajaran anak usia dini. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu merepresentasikan hasil akhir dan evaluasi dari proses implementasi teknologi pembelajaran anak usia dini. Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 2 X 50 |
UAS 2 X 50 |
|
5% |