
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Strategi Belajar Mengajar |
8820102227 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
2 |
5 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Heny Subandiyah, M.Hum.
|
Dr. Heny Subandiyah, M.Hum.
|
Prof. Dr. Anas Ahmadi, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-8 |
Menguasai konsep dasar bahasa, sastra, keterampilan berbahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra; Menguasai konsep dasar dan pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian di bidang pendidikan bahasa dan sastra; Menguasai konsep teoritis perkembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, baik untuk penutur asli, penutur asing, maupun anak berkebutuhan khusus; Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia |
PLO-10 |
Mampu mengoperasikan aspek pedagogik yang berkaitan dengan pengajaran bahasa Indonesia baik untuk penutur asli, penutur asing, dan anak berkebutuhan khusus |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menerapkan konsep dasar pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dalam perencanaan pengajaran yang inovatif dan adaptif sesuai dengan kebutuhan penutur asli dan penutur asing (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis dan mengevaluasi berbagai strategi pengajaran bahasa dan sastra untuk mengidentifikasi metode yang paling efektif dalam konteks pendidikan inklusif (C4, C5)
|
PO - 3 |
Mengembangkan materi ajar yang kreatif dan menarik yang sesuai dengan perkembangan terkini dalam pembelajaran bahasa dan sastra (C6)
|
PO - 4 |
Menerapkan prinsip pedagogik dalam pengajaran bahasa Indonesia untuk anak berkebutuhan khusus dengan menggunakan teknologi pendidikan terkini (C3)
|
PO - 5 |
Menganalisis kebutuhan belajar individu siswa dalam kelas bahasa dan sastra Indonesia untuk mengoptimalkan proses pembelajaran (C4)
|
PO - 6 |
Mengevaluasi efektivitas metode pengajaran yang digunakan dalam kelas bahasa dan sastra, berdasarkan feedback dari siswa dan hasil belajar (C5)
|
PO - 7 |
Menciptakan alat penilaian yang inovatif dan adaptif yang mampu mengukur kemajuan belajar siswa secara akurat dan komprehensif (C6)
|
PO - 8 |
Menerapkan konsep teoritis dan prinsip manajemen kewirausahaan dalam merancang dan mengelola kelas bahasa dan sastra yang dinamis dan interaktif (C3)
|
PO - 9 |
Menganalisis dan mengintegrasikan penelitian terkini dalam pendidikan bahasa dan sastra untuk meningkatkan kualitas pengajaran (C4)
|
PO - 10 |
Mengembangkan pemikiran kritis dan kreatif dalam merancang kegiatan pembelajaran yang menantang dan memotivasi siswa (C6)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-8 | PLO-10 | PO-1 | | ✔ | | PO-2 | | ✔ | ✔ | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | | | ✔ | PO-5 | | | ✔ | PO-6 | | | ✔ | PO-7 | | | ✔ | PO-8 | | ✔ | | PO-9 | | ✔ | | PO-10 | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | ✔ | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | ✔ | PO-7 | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Strategi Belajar Mengajar pada program studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang berbagai strategi yang efektif dalam proses pembelajaran dan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia. Mata kuliah ini mencakup teori-teori belajar, prinsip-prinsip pengajaran, serta aplikasi strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Mahasiswa akan mempelajari metode-metode mengajar yang inovatif dan efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa dalam konteks bahasa dan sastra Indonesia. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
- Daryanto. (2011). Strategi Pembelajaran yang Mengaktifkan. Yogyakarta: Gava Media.
- Mulyana, A. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
- Sholehuddin, M. (2015). Mengajar dengan Hati: Strategi Pembelajaran Efektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Arikunto, S. (2013). Strategi Pembelajaran Aktif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Heny Subandiyah, M.Hum. Prof. Dr. Suhartono, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menerapkan konsep dasar pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dalam perencanaan pengajaran yang inovatif dan adaptif sesuai dengan kebutuhan penutur asli dan penutur asing. |
- Penerapan konsep dasar pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
- Inovasi dalam perencanaan pengajaran
- Kesesuaian dengan kebutuhan penutur asli dan penutur asing
|
Kriteria:
Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dan mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran Berbasis Proyek. 100 menit |
|
Materi: Pendahuluan dan Konsep Dasar Pembelajaran Pustaka: Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu menerapkan konsep dasar pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dalam perencanaan pengajaran yang inovatif dan adaptif sesuai dengan kebutuhan penutur asli dan penutur asing. |
- Penerapan konsep dasar pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
- Inovasi dalam perencanaan pengajaran
|
Kriteria:
Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dan mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Berbasis Proyek. 100 menit |
|
Materi: konsep dasar pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dalam perencanaan pengajaran yang inovatif dan adaptif. Pustaka: Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi berbagai strategi pengajaran bahasa dan sastra untuk memilih metode yang paling efektif dalam konteks pendidikan inklusif. |
- Efektivitas strategi pengajaran
- Kemampuan analisis
- Kemampuan evaluasi
|
Kriteria:
Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dan mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok, studi kasus, analisis teks, presentasi. 100 menit |
Diskusi daring tentang penerapan strategi pengajaran bahasa dan sastra dalam pendidikan inklusif
|
Materi: Teori-Teori Belajar dalam Strategi Pembelajaran Pustaka: Daryanto. (2011). Strategi Pembelajaran yang Mengaktifkan. Yogyakarta: Gava Media. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi berbagai strategi pengajaran bahasa dan sastra untuk memilih metode yang paling efektif dalam pendidikan inklusif. |
- Analisis strategi pengajaran bahasa dan sastra
- Evaluasi efektivitas metode pengajaran
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi. 100 menit |
Diskusi daring tentang penerapan strategi pengajaran bahasa dan sastra dalam konteks pendidikan inklusif
|
Materi: Perancangan Pembelajaran yang Efektif Pustaka: Mulyana, A. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi berbagai strategi pengajaran bahasa dan sastra untuk memilih metode yang paling efektif dalam pendidikan inklusif. |
- efektivitas strategi pengajaran
- analisis metode pengajaran
|
Kriteria:
Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dan mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi, observasi. 100 menit |
Diskusi daring tentang penerapan strategi pengajaran bahasa dan sastra dalam pendidikan inklusif
|
Materi: Metode Pembelajaran dan Penerapannya Pustaka: Sholehuddin, M. (2015). Mengajar dengan Hati: Strategi Pembelajaran Efektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi berbagai strategi pengajaran bahasa dan sastra untuk memilih metode yang paling efektif dalam pendidikan inklusif. |
- Analisis strategi pengajaran bahasa dan sastra
- Evaluasi efektivitas metode pengajaran
|
Kriteria:
Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dan mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok 100 menit |
Diskusi daring tentang penerapan strategi pengajaran bahasa dan sastra untuk pendidikan inklusif
|
Materi: Model Pembelajaran Berbasis Siswa Pustaka: Arikunto, S. (2013). Strategi Pembelajaran Aktif. Jakarta: PT. Rineka Cipta. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan materi ajar yang inovatif dan menarik serta mampu mengikuti perkembangan terkini dalam pembelajaran bahasa dan sastra. |
- Kreativitas dalam mengembangkan materi ajar
- Kesesuaian dengan perkembangan terkini dalam pembelajaran bahasa dan sastra
|
Kriteria:
Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dan mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Berbasis Proyek. 100 menit |
Penugasan Pembuatan Materi Ajar Kreatif
|
Materi: Model Pembelajaran Berbasis Siswa Pustaka: Sholehuddin, M. (2015). Mengajar dengan Hati: Strategi Pembelajaran Efektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan materi ajar yang kreatif dan menarik berdasarkan perkembangan terkini dalam pembelajaran bahasa dan sastra. |
- kreativitas dalam penyusunan materi ajar
- kesesuaian dengan perkembangan terkini
- inovasi dalam pendekatan pembelajaran
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan dengan benar Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ujian Tengah Semester 100 menit |
|
Materi: Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning) Pustaka: Sholehuddin, M. (2015). Mengajar dengan Hati: Strategi Pembelajaran Efektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus dengan memanfaatkan teknologi pendidikan terkini. |
- Pemahaman prinsip pedagogik dalam pengajaran bahasa Indonesia
- Kemampuan menerapkan teknologi pendidikan dalam pembelajaran
|
Kriteria:
Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dan mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran kolaboratif. 100 menit |
|
Materi: Pengelolaan Kelas dan Motivasi Belajar Pustaka: Daryanto. (2011). Strategi Pembelajaran yang Mengaktifkan. Yogyakarta: Gava Media. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus dengan memanfaatkan teknologi pendidikan terkini. |
- Pemahaman prinsip pedagogik dalam pengajaran bahasa Indonesia
- Kemampuan menerapkan teknologi pendidikan dalam pembelajaran
|
Kriteria:
Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dan mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran kolaboratif. 100 menit |
|
Materi: Strategi Diferensiasi dalam Pembelajaran Pustaka: Sholehuddin, M. (2015). Mengajar dengan Hati: Strategi Pembelajaran Efektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi efektivitas metode pengajaran dalam kelas bahasa dan sastra berdasarkan feedback siswa dan hasil belajar. |
- responsif terhadap feedback siswa
- analisis hasil belajar
- identifikasi kelebihan dan kekurangan metode pengajaran
|
Kriteria:
Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dan mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok, studi kasus, analisis kritis. 100 menit |
Diskusi daring tentang pengalaman evaluasi metode pengajaran, Membuat analisis hasil belajar berdasarkan feedback siswa
|
Materi: Penilaian dan Evaluasi dalam Pembelajaran Pustaka: Arikunto, S. (2013). Strategi Pembelajaran Aktif. Jakarta: PT. Rineka Cipta. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan alat penilaian yang inovatif dan adaptif untuk mengukur kemajuan belajar siswa secara akurat dan komprehensif. |
- Kemampuan merancang alat penilaian inovatif
- Kemampuan mengukur kemajuan belajar siswa secara akurat
- Kemampuan mengukukur kemajuan belajar siswa secara komprehensif
|
Kriteria:
Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dan mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Berbasis Proyek. 100 menit |
|
Materi: Pembelajaran Kolaboratif dan Kooperatif Pustaka: Mulyana, A. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep teoritis dan prinsip manajemen kewirausahaan dalam merancang dan mengelola kelas bahasa dan sastra yang dinamis dan interaktif. |
- Penerapan konsep teoritis
- Kemampuan merancang kelas dinamis dan interaktif
|
Kriteria:
Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dan mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi tentang penerapan konsep teoritis dalam pengajaran 100 menit |
|
Materi: Implementasi Kurikulum dalam Pembelajaran Pustaka: Daryanto. (2011). Strategi Pembelajaran yang Mengaktifkan. Yogyakarta: Gava Media. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengintegrasikan penelitian terkini dalam pendidikan bahasa dan sastra untuk meningkatkan kualitas pengajaran. |
- Analisis penelitian terkini
- Integrasi penelitian dalam pengajaran
- Kreativitas dalam penerapan hasil penelitian
|
Kriteria:
Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dan mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok dan presentasi. 100 menit |
|
Materi: Praktik Simulasi Mengajar Pustaka: Sholehuddin, M. (2015). Mengajar dengan Hati: Strategi Pembelajaran Efektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan desain kegiatan pembelajaran yang inovatif, menantang, dan mampu memotivasi siswa untuk belajar dengan penuh semangat. |
- Kemampuan menganalisis dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang dirancang
- Kemampuan menghasilkan ide-ide kreatif dalam merancang kegiatan pembelajaran
- Kemampuan menjelaskan konsep pemikiran kritis dan kreatif dalam konteks pembelajaran
|
Kriteria:
Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dan mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Berbasis Proyek. 100 menit |
|
Materi: Evaluasi Akhir dan Refleksi Pembelajaran Pustaka: Mulyana, A. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi metode pengajaran yang digunakan dalam kelas bahasa dan sastra berdasarkan feedback siswa dan hasil belajar. |
- Kemampuan menganalisis feedback siswa
- Kemampuan mengevaluasi hasil belajar
- Kemampuan memberikan rekomendasi perbaikan
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan dengan benar Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ujian Akhir Semester 100 menit |
|
Materi: Evaluasi Akhir dan Refleksi Pembelajaran Pustaka: Sholehuddin, M. (2015). Mengajar dengan Hati: Strategi Pembelajaran Efektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
20% |