Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Strategi Belajar Mengajar

8820102227

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

2

5 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Heny Subandiyah, M.Hum.




Dr. Heny Subandiyah, M.Hum.




Prof. Dr. Anas Ahmadi, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-8

Menguasai konsep dasar bahasa, sastra, keterampilan berbahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra; Menguasai konsep dasar dan pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian di bidang pendidikan bahasa dan sastra; Menguasai konsep teoritis perkembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, baik untuk penutur asli, penutur asing, maupun anak berkebutuhan khusus; Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

PLO-10

Mampu mengoperasikan aspek pedagogik yang berkaitan dengan pengajaran bahasa Indonesia baik untuk penutur asli, penutur asing, dan anak berkebutuhan khusus

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menerapkan konsep dasar pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dalam perencanaan pengajaran yang inovatif dan adaptif sesuai dengan kebutuhan penutur asli dan penutur asing (C3)

PO - 2

Menganalisis dan mengevaluasi berbagai strategi pengajaran bahasa dan sastra untuk mengidentifikasi metode yang paling efektif dalam konteks pendidikan inklusif (C4, C5)

PO - 3

Mengembangkan materi ajar yang kreatif dan menarik yang sesuai dengan perkembangan terkini dalam pembelajaran bahasa dan sastra (C6)

PO - 4

Menerapkan prinsip pedagogik dalam pengajaran bahasa Indonesia untuk anak berkebutuhan khusus dengan menggunakan teknologi pendidikan terkini (C3)

PO - 5

Menganalisis kebutuhan belajar individu siswa dalam kelas bahasa dan sastra Indonesia untuk mengoptimalkan proses pembelajaran (C4)

PO - 6

Mengevaluasi efektivitas metode pengajaran yang digunakan dalam kelas bahasa dan sastra, berdasarkan feedback dari siswa dan hasil belajar (C5)

PO - 7

Menciptakan alat penilaian yang inovatif dan adaptif yang mampu mengukur kemajuan belajar siswa secara akurat dan komprehensif (C6)

PO - 8

Menerapkan konsep teoritis dan prinsip manajemen kewirausahaan dalam merancang dan mengelola kelas bahasa dan sastra yang dinamis dan interaktif (C3)

PO - 9

Menganalisis dan mengintegrasikan penelitian terkini dalam pendidikan bahasa dan sastra untuk meningkatkan kualitas pengajaran (C4)

PO - 10

Mengembangkan pemikiran kritis dan kreatif dalam merancang kegiatan pembelajaran yang menantang dan memotivasi siswa (C6)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-8PLO-10
PO-1  
PO-2 
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  
PO-8  
PO-9  
PO-10  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Strategi Belajar Mengajar pada program studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang berbagai strategi yang efektif dalam proses pembelajaran dan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia. Mata kuliah ini mencakup teori-teori belajar, prinsip-prinsip pengajaran, serta aplikasi strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Mahasiswa akan mempelajari metode-metode mengajar yang inovatif dan efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa dalam konteks bahasa dan sastra Indonesia.

Pustaka

Utama :

  1. Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Daryanto. (2011). Strategi Pembelajaran yang Mengaktifkan. Yogyakarta: Gava Media.
  3. Mulyana, A. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
  4. Sholehuddin, M. (2015). Mengajar dengan Hati: Strategi Pembelajaran Efektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Arikunto, S. (2013). Strategi Pembelajaran Aktif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Heny Subandiyah, M.Hum.

Prof. Dr. Suhartono, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menerapkan konsep dasar pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dalam perencanaan pengajaran yang inovatif dan adaptif sesuai dengan kebutuhan penutur asli dan penutur asing.

  1. Penerapan konsep dasar pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
  2. Inovasi dalam perencanaan pengajaran
  3. Kesesuaian dengan kebutuhan penutur asli dan penutur asing
Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dan mampu menjawab pertanyaan dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran Berbasis Proyek.
100 menit

Materi: Pendahuluan dan Konsep Dasar Pembelajaran
Pustaka: Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
5%

2

Minggu ke 2

Mampu menerapkan konsep dasar pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dalam perencanaan pengajaran yang inovatif dan adaptif sesuai dengan kebutuhan penutur asli dan penutur asing.

  1. Penerapan konsep dasar pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
  2. Inovasi dalam perencanaan pengajaran
Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dan mampu menjawab pertanyaan dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Proyek.
100 menit

Materi: konsep dasar pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dalam perencanaan pengajaran yang inovatif dan adaptif.
Pustaka: Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi berbagai strategi pengajaran bahasa dan sastra untuk memilih metode yang paling efektif dalam konteks pendidikan inklusif.

  1. Efektivitas strategi pengajaran
  2. Kemampuan analisis
  3. Kemampuan evaluasi
Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dan mampu menjawab pertanyaan dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok, studi kasus, analisis teks, presentasi.
100 menit
Diskusi daring tentang penerapan strategi pengajaran bahasa dan sastra dalam pendidikan inklusif
Materi: Teori-Teori Belajar dalam Strategi Pembelajaran
Pustaka: Daryanto. (2011). Strategi Pembelajaran yang Mengaktifkan. Yogyakarta: Gava Media.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi berbagai strategi pengajaran bahasa dan sastra untuk memilih metode yang paling efektif dalam pendidikan inklusif.

  1. Analisis strategi pengajaran bahasa dan sastra
  2. Evaluasi efektivitas metode pengajaran

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.
100 menit
Diskusi daring tentang penerapan strategi pengajaran bahasa dan sastra dalam konteks pendidikan inklusif
Materi: Perancangan Pembelajaran yang Efektif
Pustaka: Mulyana, A. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi berbagai strategi pengajaran bahasa dan sastra untuk memilih metode yang paling efektif dalam pendidikan inklusif.

  1. efektivitas strategi pengajaran
  2. analisis metode pengajaran
Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dan mampu menjawab pertanyaan dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi, observasi.
100 menit
Diskusi daring tentang penerapan strategi pengajaran bahasa dan sastra dalam pendidikan inklusif
Materi: Metode Pembelajaran dan Penerapannya
Pustaka: Sholehuddin, M. (2015). Mengajar dengan Hati: Strategi Pembelajaran Efektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi berbagai strategi pengajaran bahasa dan sastra untuk memilih metode yang paling efektif dalam pendidikan inklusif.

  1. Analisis strategi pengajaran bahasa dan sastra
  2. Evaluasi efektivitas metode pengajaran
Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dan mampu menjawab pertanyaan dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok
100 menit
Diskusi daring tentang penerapan strategi pengajaran bahasa dan sastra untuk pendidikan inklusif
Materi: Model Pembelajaran Berbasis Siswa
Pustaka: Arikunto, S. (2013). Strategi Pembelajaran Aktif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan materi ajar yang inovatif dan menarik serta mampu mengikuti perkembangan terkini dalam pembelajaran bahasa dan sastra.

  1. Kreativitas dalam mengembangkan materi ajar
  2. Kesesuaian dengan perkembangan terkini dalam pembelajaran bahasa dan sastra
Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dan mampu menjawab pertanyaan dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Proyek.
100 menit
Penugasan Pembuatan Materi Ajar Kreatif
Materi: Model Pembelajaran Berbasis Siswa
Pustaka: Sholehuddin, M. (2015). Mengajar dengan Hati: Strategi Pembelajaran Efektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan materi ajar yang kreatif dan menarik berdasarkan perkembangan terkini dalam pembelajaran bahasa dan sastra.

  1. kreativitas dalam penyusunan materi ajar
  2. kesesuaian dengan perkembangan terkini
  3. inovasi dalam pendekatan pembelajaran
Kriteria:

Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan dengan benar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Ujian Tengah Semester
100 menit

Materi: Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning)
Pustaka: Sholehuddin, M. (2015). Mengajar dengan Hati: Strategi Pembelajaran Efektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus dengan memanfaatkan teknologi pendidikan terkini.

  1. Pemahaman prinsip pedagogik dalam pengajaran bahasa Indonesia
  2. Kemampuan menerapkan teknologi pendidikan dalam pembelajaran
Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dan mampu menjawab pertanyaan dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran kolaboratif.
100 menit

Materi: Pengelolaan Kelas dan Motivasi Belajar
Pustaka: Daryanto. (2011). Strategi Pembelajaran yang Mengaktifkan. Yogyakarta: Gava Media.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus dengan memanfaatkan teknologi pendidikan terkini.

  1. Pemahaman prinsip pedagogik dalam pengajaran bahasa Indonesia
  2. Kemampuan menerapkan teknologi pendidikan dalam pembelajaran
Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dan mampu menjawab pertanyaan dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran kolaboratif.
100 menit

Materi: Strategi Diferensiasi dalam Pembelajaran
Pustaka: Sholehuddin, M. (2015). Mengajar dengan Hati: Strategi Pembelajaran Efektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi efektivitas metode pengajaran dalam kelas bahasa dan sastra berdasarkan feedback siswa dan hasil belajar.

  1. responsif terhadap feedback siswa
  2. analisis hasil belajar
  3. identifikasi kelebihan dan kekurangan metode pengajaran
Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dan mampu menjawab pertanyaan dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok, studi kasus, analisis kritis.
100 menit
Diskusi daring tentang pengalaman evaluasi metode pengajaran, Membuat analisis hasil belajar berdasarkan feedback siswa
Materi: Penilaian dan Evaluasi dalam Pembelajaran
Pustaka: Arikunto, S. (2013). Strategi Pembelajaran Aktif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan alat penilaian yang inovatif dan adaptif untuk mengukur kemajuan belajar siswa secara akurat dan komprehensif.

  1. Kemampuan merancang alat penilaian inovatif
  2. Kemampuan mengukur kemajuan belajar siswa secara akurat
  3. Kemampuan mengukukur kemajuan belajar siswa secara komprehensif
Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dan mampu menjawab pertanyaan dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Proyek.
100 menit

Materi: Pembelajaran Kolaboratif dan Kooperatif
Pustaka: Mulyana, A. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep teoritis dan prinsip manajemen kewirausahaan dalam merancang dan mengelola kelas bahasa dan sastra yang dinamis dan interaktif.

  1. Penerapan konsep teoritis
  2. Kemampuan merancang kelas dinamis dan interaktif
Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dan mampu menjawab pertanyaan dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi tentang penerapan konsep teoritis dalam pengajaran
100 menit

Materi: Implementasi Kurikulum dalam Pembelajaran
Pustaka: Daryanto. (2011). Strategi Pembelajaran yang Mengaktifkan. Yogyakarta: Gava Media.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengintegrasikan penelitian terkini dalam pendidikan bahasa dan sastra untuk meningkatkan kualitas pengajaran.

  1. Analisis penelitian terkini
  2. Integrasi penelitian dalam pengajaran
  3. Kreativitas dalam penerapan hasil penelitian
Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dan mampu menjawab pertanyaan dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok dan presentasi.
100 menit

Materi: Praktik Simulasi Mengajar
Pustaka: Sholehuddin, M. (2015). Mengajar dengan Hati: Strategi Pembelajaran Efektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan desain kegiatan pembelajaran yang inovatif, menantang, dan mampu memotivasi siswa untuk belajar dengan penuh semangat.

  1. Kemampuan menganalisis dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang dirancang
  2. Kemampuan menghasilkan ide-ide kreatif dalam merancang kegiatan pembelajaran
  3. Kemampuan menjelaskan konsep pemikiran kritis dan kreatif dalam konteks pembelajaran
Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dan mampu menjawab pertanyaan dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Proyek.
100 menit

Materi: Evaluasi Akhir dan Refleksi Pembelajaran
Pustaka: Mulyana, A. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi metode pengajaran yang digunakan dalam kelas bahasa dan sastra berdasarkan feedback siswa dan hasil belajar.

  1. Kemampuan menganalisis feedback siswa
  2. Kemampuan mengevaluasi hasil belajar
  3. Kemampuan memberikan rekomendasi perbaikan
Kriteria:

Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan dengan benar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Ujian Akhir Semester
100 menit

Materi: Evaluasi Akhir dan Refleksi Pembelajaran
Pustaka: Sholehuddin, M. (2015). Mengajar dengan Hati: Strategi Pembelajaran Efektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 12.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 70%
3. Praktik / Unjuk Kerja 2.5%
4. Tes 15%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.