
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S3 Pendidikan Seni
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Publikasi Jurnal Internasional Terindeks |
8801004029 |
Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional |
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
2 |
13 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si
|
Dr. Setyo yanuartuti, M.Si
|
Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu membangun kerangka teoretik secara komprehensif melalui penguasaan metodologi penelitian pendidikan seni atau karya seni terapan yang berbasis modal budaya Nusantara |
PLO-9 |
Menghasilkan artikel ilmiah yang dipublikasikan ke dalam jurnal ilmiah nasional dan internasional bereputasi |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan prinsip etika akademik dalam proses penulisan dan publikasi artikel ilmiah (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis dan mengintegrasikan berbagai sumber pengetahuan untuk membangun kerangka teoretik yang kuat dalam artikel ilmiah (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi kualitas dan relevansi data serta metodologi penelitian dalam penulisan artikel ilmiah (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan kerangka penelitian yang inovatif berdasarkan pendekatan interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan keterampilan kolaboratif dalam proses penulisan dan publikasi artikel ilmiah untuk meningkatkan kualitas karya (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis feedback dari peer review dan mengintegrasikannya untuk meningkatkan kualitas artikel ilmiah (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi dan memilih jurnal ilmiah yang sesuai untuk publikasi berdasarkan kriteria dan standar tertentu (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan artikel ilmiah yang memenuhi standar publikasi internasional dan berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan (C6)
|
PO - 9 |
Menerapkan pemikiran kritis dan sistematis dalam analisis dan sintesis informasi yang diperoleh dari penelitian (C3)
|
PO - 10 |
Menciptakan solusi inovatif untuk mengatasi tantangan dalam proses publikasi artikel ilmiah (C6)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | | ✔ | | PO-5 | | ✔ | | PO-6 | | ✔ | | PO-7 | ✔ | | | PO-8 | | | ✔ | PO-9 | | | ✔ | PO-10 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Penguasaan keterampilan menulis karya ilmiah untuk di publikasikan dalam jurnal internasional bereputasi. Tulisan ilmiah berisi kumpulan ide, gagasan, dan hasil pemikiran dari seseorang atau sekelompok orang setelah melalui proses penelitian, pengamatan, kajian, dan evaluasi ke dalam suatu bentuk laporan tertulis sesuai dengan sistematika, metode, dan kaidah tertentu yang telah disepakati, sehingga isinya dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan dapat diuji kebenarannya untuk selanjutnya dipublikasikan pada jurnal ilmiah nasional maupun internasional. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Gastel, B., & Day, R. A. (2022). Writing and publishing scientific papers: A complete guide. Springer.
- Booth, W. C., Colomb, G. G., & Williams, J. M. (2016). The craft of research (4th ed.). University of Chicago Press.
- Day, R. A., & Gastel, B. (2016). How to write and publish a scientific paper (8th ed.). Greenwood.
|
Pendukung : |
|
- Schimel, J. (2012). Writing science: How to write papers that get cited and proposals that get funded. Oxford University Press.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Kontrak Kuliah, dan mengenal tentang artikel ilmiah untuk jurnal |
Rambu rambu kontrak kuliah, dan pengertian artikel ilmiah |
Kriteria:
Pengrtian artikel ilmiah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Luring 3x50 |
|
Materi: karya tulis ilmiah Pustaka: Gastel, B., & Day, R. A. (2022). Writing and publishing scientific papers: A complete guide. Springer. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Etika akademik dalam penulisan dan publikasi ilmiah dan macam macam karya ilmiah dari segi isi |
pemahaman 10 etika akademik dan 5 kriteria publikasi ilmia |
Kriteria:
Menuliskan dalam tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3x50 |
|
Materi: etika menulis karya ilmiah Pustaka: Gastel, B., & Day, R. A. (2022). Writing and publishing scientific papers: A complete guide. Springer. |
7% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis dan mengitergrasikan berbagai sumber pengetahuan untuk membangun kerangka teoritik yang kuat dalam artikel ilmiah |
Menemukan topik yang akan ditulis dalam artikel ilmiah baik dari sumber penelitian, kajian review |
Kriteria:
Menemukan topik yang layak akan ditulis dalam artikel ilmiah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
luring 3x50 |
|
Materi: Menemukan topik yang tepat untuk ditulis dalam karya ilmiah Pustaka: Booth, W. C., Colomb, G. G., & Williams, J. M. (2016). The craft of research (4th ed.). University of Chicago Press. |
8% |
4
Minggu ke 4 |
Persiapan menulis karya ilmiah menganalisis, pembatasan masalah, mengakaji literatur, mengumpulkan data, menentukan metodologi, menentukan state of the art |
Menemukan langkah-langkah tepat membuat artikel |
Kriteria:
telah menemukan unsur unsur penulisan masalah, kajian literatur, metodologi, dan stae of the art Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3x50 |
|
Materi: unsur unsur penulisan masalah, kajian literatur, metodologi, dan stae of the art Pustaka: Booth, W. C., Colomb, G. G., & Williams, J. M. (2016). The craft of research (4th ed.). University of Chicago Press. |
8% |
5
Minggu ke 5 |
mengevaluasi kualitas dan relevansi data serta metodologi penelitian dalam penulisan artikel ilmiah |
Menemukan langkah-langkah tepat membuat artikel |
Kriteria:
telah menemukan unsur unsur penulisan masalah, kajian literatur, metodologi, dan stae of the art Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3x50 |
|
Materi: Relevansi data serta metodologi penelitian dalam penulisan artikel ilmiah Pustaka: Booth, W. C., Colomb, G. G., & Williams, J. M. (2016). The craft of research (4th ed.). University of Chicago Press. |
8% |
6
Minggu ke 6 |
Menciptakan kerangka penelitian yang inovatif berdasarkan pendekatan interdisiplin |
Menuliskan artikel mulai bagian pendahuluan |
Kriteria:
Memuat 3 bagian yaitu fokus, menentukan gab, merespon gab Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
luring 3x 50 |
|
Materi: Fokus, menentukan gab, merespon gab Pustaka: |
7% |
7
Minggu ke 7 |
Membuat karya ilmiah bagian awal atau pendahuluan yang memuat 3 bagian yaitu fokus, mengidentifikasi gab, dan merespon gab |
Menuliskan artikel mulai bagian pendahuluan |
Kriteria:
Memuat 3 bagian yaitu fokus, menentukan gab, merespon gab Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
luring 3x 50 |
|
Materi: Fokus, menentukan gab, merespon gab Pustaka: |
7% |
8
Minggu ke 8 |
Menuliskan pendahuluan dengan baik dan benar |
Membuat pendahuluan |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Lring 3x50 |
|
Materi: membuat pendahuluan Pustaka: |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Menentukan dan membuat metode penelitian untuk artikel meliputi lokasi, sampel, teknik pengambilan sampel |
Prosedur pengumpulan data Desain penelitian Data & sumber data Instrumen (Validitas & reliabilitas) Prosedur analisis data |
Kriteria:
Menuliskan metode peneitian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 3x50 |
|
Materi: menuliskan metode penelitian Pustaka: |
7% |
10
Minggu ke 10 |
Menentukan dan membuat metode penelitian untuk artikel meliputi lokasi, sampel, teknik pengambilan sampel |
Prosedur pengumpulan data Desain penelitian Data & sumber data Instrumen (Validitas & reliabilitas) Prosedur analisis data |
Kriteria:
Menuliskan metode peneitian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 3x50 |
|
Materi: menuliskan metode penelitian Pustaka: |
7% |
11
Minggu ke 11 |
Membuat abstrak, dengan komponen-komponennya |
Membuat abstrak |
Kriteria:
Memuat komponen abstrak Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
daring 3x50 |
Materi: Abstrak dengan komponennya, tujuna, toeri metode hasil dan pembahasan, simpulan, kata kunci Pustaka: |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Menuliskan metode penelitian dengan komponen-komponenya |
komponen metode pendekatan, sumber data, teknik pengumpulan data, validasi, analisis, hasil dan pembahasan |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
daring 3x 50 |
Materi: komponen metode pendekatan, sumber data, teknik pengumpulan data, validasi, analisis, hasil dan pembahasan Pustaka: |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Menuliskan metode penelitian dengan komponen-komponenya |
komponen metode pendekatan, sumber data, teknik pengumpulan data, validasi, analisis, hasil dan pembahasan |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
daring 3x 50 |
Materi: komponen metode pendekatan, sumber data, teknik pengumpulan data, validasi, analisis, hasil dan pembahasan Pustaka: |
5% |
14
Minggu ke 14 |
menentukan jurnal yang akan dituju |
menyesuaikan template dari jurnal yang akan dituju |
Kriteria:
Kompenen jurnal yang akan dituju Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
luring
|
3x50 |
Materi: Memenuhi templete jurnal yang dituju Pustaka: |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Melakukan submit |
Bisa masuk submit |
Kriteria:
Submit di jurnal internasional Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
luring 3x50 |
|
|
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
- Mendapat respon dari jurnal
- Respon jurnal
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
daring 3x50 |
Materi: Artikel telah di submit di jurnal Pustaka: |
6% |