Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S3 Pendidikan Seni

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Publikasi Jurnal Internasional Terindeks

8801004029

Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional

T=0

P=0

ECTS=0

2

13 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si




Dr. Setyo yanuartuti, M.Si




Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu membangun kerangka teoretik secara komprehensif melalui penguasaan metodologi penelitian pendidikan seni atau karya seni terapan yang berbasis modal budaya Nusantara

PLO-9

Menghasilkan artikel ilmiah yang dipublikasikan ke dalam jurnal ilmiah nasional dan internasional bereputasi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan prinsip etika akademik dalam proses penulisan dan publikasi artikel ilmiah (C3)

PO - 2

Menganalisis dan mengintegrasikan berbagai sumber pengetahuan untuk membangun kerangka teoretik yang kuat dalam artikel ilmiah (C4)

PO - 3

Mengevaluasi kualitas dan relevansi data serta metodologi penelitian dalam penulisan artikel ilmiah (C5)

PO - 4

Menciptakan kerangka penelitian yang inovatif berdasarkan pendekatan interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin (C6)

PO - 5

Menerapkan keterampilan kolaboratif dalam proses penulisan dan publikasi artikel ilmiah untuk meningkatkan kualitas karya (C3)

PO - 6

Menganalisis feedback dari peer review dan mengintegrasikannya untuk meningkatkan kualitas artikel ilmiah (C4)

PO - 7

Mengevaluasi dan memilih jurnal ilmiah yang sesuai untuk publikasi berdasarkan kriteria dan standar tertentu (C5)

PO - 8

Menciptakan artikel ilmiah yang memenuhi standar publikasi internasional dan berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan (C6)

PO - 9

Menerapkan pemikiran kritis dan sistematis dalam analisis dan sintesis informasi yang diperoleh dari penelitian (C3)

PO - 10

Menciptakan solusi inovatif untuk mengatasi tantangan dalam proses publikasi artikel ilmiah (C6)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-9
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  
PO-8  
PO-9  
PO-10  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Penguasaan keterampilan menulis karya ilmiah untuk di publikasikan dalam jurnal internasional bereputasi. Tulisan ilmiah berisi kumpulan ide, gagasan, dan hasil pemikiran dari seseorang atau sekelompok orang setelah melalui proses penelitian, pengamatan, kajian, dan evaluasi ke dalam suatu bentuk laporan tertulis sesuai dengan sistematika, metode, dan kaidah tertentu yang telah disepakati, sehingga isinya dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan dapat diuji kebenarannya untuk selanjutnya dipublikasikan pada jurnal ilmiah nasional maupun internasional.

Pustaka

Utama :

  1. Gastel, B., & Day, R. A. (2022). Writing and publishing scientific papers: A complete guide. Springer.
  2. Booth, W. C., Colomb, G. G., & Williams, J. M. (2016). The craft of research (4th ed.). University of Chicago Press.
  3. Day, R. A., & Gastel, B. (2016). How to write and publish a scientific paper (8th ed.). Greenwood.

Pendukung :

  1. Schimel, J. (2012). Writing science: How to write papers that get cited and proposals that get funded. Oxford University Press.

Dosen Pengampu

Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Kontrak Kuliah, dan mengenal tentang artikel ilmiah untuk jurnal

Rambu rambu kontrak kuliah, dan pengertian artikel ilmiah

Kriteria:

Pengrtian artikel ilmiah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
3x50

Materi: karya tulis ilmiah
Pustaka: Gastel, B., & Day, R. A. (2022). Writing and publishing scientific papers: A complete guide. Springer.
5%

2

Minggu ke 2

Etika akademik dalam penulisan dan publikasi ilmiah dan macam macam karya ilmiah dari segi isi

pemahaman 10 etika akademik dan 5 kriteria publikasi ilmia

Kriteria:

Menuliskan dalam tugas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3x50

Materi: etika menulis karya ilmiah
Pustaka: Gastel, B., & Day, R. A. (2022). Writing and publishing scientific papers: A complete guide. Springer.
7%

3

Minggu ke 3

Menganalisis dan mengitergrasikan berbagai sumber pengetahuan untuk membangun kerangka teoritik yang kuat dalam artikel ilmiah

Menemukan topik yang akan ditulis dalam artikel ilmiah baik dari sumber penelitian, kajian review

Kriteria:

Menemukan topik yang layak akan ditulis dalam artikel ilmiah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
luring
3x50

Materi: Menemukan topik yang tepat untuk ditulis dalam karya ilmiah
Pustaka: Booth, W. C., Colomb, G. G., & Williams, J. M. (2016). The craft of research (4th ed.). University of Chicago Press.
8%

4

Minggu ke 4

Persiapan menulis karya ilmiah menganalisis, pembatasan masalah, mengakaji literatur, mengumpulkan data, menentukan metodologi, menentukan state of the art

Menemukan langkah-langkah tepat membuat artikel

Kriteria:

telah menemukan unsur unsur penulisan masalah, kajian literatur, metodologi, dan stae of the art


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3x50

Materi: unsur unsur penulisan masalah, kajian literatur, metodologi, dan stae of the art
Pustaka: Booth, W. C., Colomb, G. G., & Williams, J. M. (2016). The craft of research (4th ed.). University of Chicago Press.
8%

5

Minggu ke 5

mengevaluasi kualitas dan relevansi data serta metodologi penelitian dalam penulisan artikel ilmiah

Menemukan langkah-langkah tepat membuat artikel

Kriteria:

telah menemukan unsur unsur penulisan masalah, kajian literatur, metodologi, dan stae of the art


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3x50

Materi: Relevansi data serta metodologi penelitian dalam penulisan artikel ilmiah
Pustaka: Booth, W. C., Colomb, G. G., & Williams, J. M. (2016). The craft of research (4th ed.). University of Chicago Press.
8%

6

Minggu ke 6

Menciptakan kerangka penelitian yang inovatif berdasarkan pendekatan interdisiplin

Menuliskan artikel mulai bagian pendahuluan

Kriteria:

Memuat 3 bagian yaitu fokus, menentukan gab, merespon gab


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
luring
3x 50

Materi: Fokus, menentukan gab, merespon gab
Pustaka:
7%

7

Minggu ke 7

Membuat karya ilmiah bagian awal atau pendahuluan yang memuat 3 bagian yaitu fokus, mengidentifikasi gab, dan merespon gab

Menuliskan artikel mulai bagian pendahuluan

Kriteria:

Memuat 3 bagian yaitu fokus, menentukan gab, merespon gab


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
luring
3x 50

Materi: Fokus, menentukan gab, merespon gab
Pustaka:
7%

8

Minggu ke 8

Menuliskan pendahuluan dengan baik dan benar

Membuat pendahuluan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Lring
3x50

Materi: membuat pendahuluan
Pustaka:
5%

9

Minggu ke 9

Menentukan dan membuat metode penelitian untuk artikel meliputi lokasi, sampel, teknik pengambilan sampel

Prosedur pengumpulan data Desain penelitian Data & sumber data Instrumen (Validitas & reliabilitas) Prosedur analisis data

Kriteria:

Menuliskan metode peneitian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Luring
3x50

Materi: menuliskan metode penelitian
Pustaka:
7%

10

Minggu ke 10

Menentukan dan membuat metode penelitian untuk artikel meliputi lokasi, sampel, teknik pengambilan sampel

Prosedur pengumpulan data Desain penelitian Data & sumber data Instrumen (Validitas & reliabilitas) Prosedur analisis data

Kriteria:

Menuliskan metode peneitian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Luring
3x50

Materi: menuliskan metode penelitian
Pustaka:
7%

11

Minggu ke 11

Membuat abstrak, dengan komponen-komponennya

Membuat abstrak

Kriteria:

Memuat komponen abstrak


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

daring
3x50
Materi: Abstrak dengan komponennya, tujuna, toeri metode hasil dan pembahasan, simpulan, kata kunci
Pustaka:
5%

12

Minggu ke 12

Menuliskan metode penelitian dengan komponen-komponenya

komponen metode pendekatan, sumber data, teknik pengumpulan data, validasi, analisis, hasil dan pembahasan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

daring
3x 50
Materi: komponen metode pendekatan, sumber data, teknik pengumpulan data, validasi, analisis, hasil dan pembahasan
Pustaka:
5%

13

Minggu ke 13

Menuliskan metode penelitian dengan komponen-komponenya

komponen metode pendekatan, sumber data, teknik pengumpulan data, validasi, analisis, hasil dan pembahasan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

daring
3x 50
Materi: komponen metode pendekatan, sumber data, teknik pengumpulan data, validasi, analisis, hasil dan pembahasan
Pustaka:
5%

14

Minggu ke 14

menentukan jurnal yang akan dituju

menyesuaikan template dari jurnal yang akan dituju

Kriteria:

Kompenen jurnal yang akan dituju


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
luring

3x50
Materi: Memenuhi templete jurnal yang dituju
Pustaka:
5%

15

Minggu ke 15

Melakukan submit

Bisa masuk submit

Kriteria:

Submit di jurnal internasional


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
luring
3x50

5%

16

Minggu ke 16

UAS

  1. Mendapat respon dari jurnal
  2. Respon jurnal

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

daring
3x50
Materi: Artikel telah di submit di jurnal
Pustaka:
6%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 38%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 43.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 12.5%
4. Tes 6%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.