
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Fisika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kalkulus untuk Fisika |
8420303291 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
1 |
24 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Setyo Admoko, S.Pd., M.Pd.
|
Dr. Z. A. Imam Supardi, M.Si.
|
MITA ANGGARYANI |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi dan eksperimen, serta memodelkannya menggunakan matematika dan komputasi untuk pengambilan keputusan yang tepat baik dalam masalah familiar maupun baru |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis fungsi sesuai dengan bidang fisika
|
PO - 2 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis limit sesuai dengan bidang fisika
|
PO - 3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis diferensial sesuai dengan bidang fisika
|
PO - 4 |
Mampu menyelesaikan permasalahan fisika menggunakan aplikasi konsep fungsi dan limit
|
PO - 5 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis integral tunggal sesuai dengan bidang fisika
|
PO - 6 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis integral lipat sesuai dengan bidang fisika
|
PO - 7 |
Mampu memodelkan masalah fisis menggunakan konsep kalkulus dan dan berbantuan IT.
|
PO - 8 |
Mampu menyelesaikan permasalahan fisika menggunakan aplikasi konsep diferensial dan integra
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-6 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | ✔ | | PO-3 | ✔ | | PO-4 | ✔ | | PO-5 | ✔ | | PO-6 | ✔ | | PO-7 | | ✔ | PO-8 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | PO-7 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | ✔ | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji tentang: Fungsi linear dan fungsi transenden serta grafiknya, Limit fungsi, Diferensial, Integral fungsi, Integral garis, dan integral lipat melalui pembelajaran aktif berbantuan IT dengan menggunakan metode case study. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
- Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA.
|
Pendukung : |
|
- Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed.
|
Dosen Pengampu
|
ZAINUL ARIFIN IMAM SUPARDI MUNASIR SETYO ADMOKO HABIBI ROHIM AMINULLAH FIRDAUS EVI SUAEBAH ARIE REALITA FITRIANA Dr. Rohim Aminullah Firdaus, S.Pd, M.Si Dr. Rohim Aminullah Firdaus, S.Pd, M.Si Dr. Habibi, S.Si., M.Pd. Dr. Habibi, S.Si., M.Pd. Dr. Fitriana, S.Si. Dr. Fitriana, S.Si. Dr. Fitriana, S.Si. Setyo Admoko, S.Pd., M.Pd. Setyo Admoko, S.Pd., M.Pd. Dr. Eng. Evi Suaebah, M.Si., M.Sc. Dr. Eng. Evi Suaebah, M.Si., M.Sc. Prof. Dr. Munasir, S.Si., M.Si. Prof. Dr. Munasir, S.Si., M.Si. Dr. Zainul Arifin Imam Supardi, M.Si. Dr. Zainul Arifin Imam Supardi, M.Si. Arie Realita, M.Si. Arie Realita, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menganalisis fungsi matematis dalam berbagai sistem fisika |
1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi fungsi linier, kuadratik, cubic, trigonometri, logaritmik, dan eksponensial |
Kriteria:
1. Ketepatan dalam menyelesaikan soal terkait fungsi linier, polynomial, trigonometri, logaritmik, dan eksponensial. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah dan diskusi 3 x 50 menit |
Ceramah dan diskusi 3 x 50 menit |
Materi: Ch 1 dan Ch 5 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Menggunakan pemikiran kritis dalam menyelesaikan permasalahan berbasis fungsi dalam fisika |
Mahasiswa mampu mensketsa dan menganalisis grafik fungsi linier, polynomial, trigonometri, logaritmik, dan eksponensial |
Kriteria:
Ketepatan dalam membuat grafik fungsi linier, polynomial, trigonometri, logaritmik dan eksponensial Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 3 x 50 menit |
Ceramah dan diskusi 3 x 50 menit |
Materi: Ch 1 dan Ch 5 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Menyusun solusi sistematis dalam pemodelan fenomena fisika berbasis fungsi |
Mahasiswa mampu membuat model matematis yang tepat dari permasalahan/kasus fisika |
Kriteria:
Ketepatan dalam menyelesaikan soal fisika menggunakan pemodelan fungsi matematis. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan diskusi 3 x 50 menit |
Ceramah dan diskusi 3 x 50 menit |
Materi: Ch 1 dan Ch 5 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami konsep limit dalam konteks matematika |
Mahasiswa mampu menyelesaikan soal terkait limit dari suatu fungsi |
Kriteria:
Ketepatan dapal menyelesaikan soal terkait limit. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan diskusi 3 x 50 menit |
Ceramah dan diskusi 3 x 50 menit |
Materi: Ch 1 Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA. Materi: Ch 1 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Menyusun solusi sistematis dalam penyelesaian masalah fisika berbasis limit |
Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan fisika menggunakan pendekatan limit |
Kriteria:
Ketepatan dalam menyelesaikan soal fisika menggunakan konsep limit Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 3 x 50 menit |
Ceramah dan diskusi 3 x 50 menit |
Materi: Ch 1 Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA. Materi: Ch 1 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis diferensiasi berbagai macam fungsi |
Mahasiswa mampu menyelesaikan soal diferensial fungsi polynomial, trigonometri, eksponensial dan logaritmik. |
Kriteria:
Ketepatan dalam menyelesaikan soal diferensial. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 3 x 50 menit |
Ceramah dan diskusi 3 x 50 menit |
Materi: Ch 1 Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA. Materi: Ch 1 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
2% |
7
Minggu ke 7 |
Menggunakan pemikiran kritis dalam menyelesaikan permasalahan nilai maksimum dan minimum |
Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan terkait nilai maksimum dan minimum |
Kriteria:
Ketepatan dalam menyelesaikan soal nilai maksimum dan minimum. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 3 x 50 menit |
Ceramah dan diskusi 3 x 50 menit |
Materi: Ch 2 Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA. Materi: Ch 2 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
3% |
8
Minggu ke 8 |
- 1. Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan fisika menggunakan konsep fungsi dan menentukan sketsa grafiknya.
- 2. Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan fisika menggunakan konsep limit
|
- 1. Mahasiswa mampu mengerjakan soal fisika menggunakan konsep fungsi dan membuat sketsa grafiknya.
- 2. Mahasiswa mampu mengerjakan soal fisika menggunakan konsep limit.
|
Kriteria:
Ketepatan dalam mengerjakan soal fisika menggunakan konsep fungsi dan limit Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian Tengah Semester 2 x 50 menit |
Ujian Tengah Semester 2 x 50 menit |
Materi: Ch 0 dan 1 Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA. Materi: Ch P dan 1 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Menyusun solusi penyelesaian permasalahan fisika menggunakan konsep diferensial |
Mahasiswa dapat menyelesaikan kasus fisika menggunakan konsep diferensial |
Kriteria:
Ketepatan dalam menyelesaikan kasus fisika menggunakan konsep diferensial. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi dan penugasan 3 x 50 menit |
Ceramah, diskusi dan penugasan 3 x 50 menit |
Materi: Ch 2 Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA. Materi: Ch 2 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menganalisis integrasi berbagai fungsi matematis |
Mahasiswa mampu melakukan integrasi fungsi polynomial, trigonometri, eksponensial, dan logaritma natural. |
Kriteria:
Ketepatan dalam menyelesaikan soal integrasi suatu fungsi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi dan penugasan 3 x 50 menit |
Ceramah, diskusi dan penugasan 3 x 50 menit |
Materi: Ch 2 Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA. Materi: Ch 2 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
2% |
11
Minggu ke 11 |
Menggunakan pemikiran logis dan kritis dalam menyelesaikan permasalahan integrasi suatu fungsi |
Mahasiswa mampu menyelesaikan bentuk-bentuk integrasi kompleks. |
Kriteria:
Ketepatan dalam menyelesaikan soal integrasi kompleks Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi dan penugasan 3 x 50 menit |
Ceramah, diskusi dan penugasan 3 x 50 menit |
Materi: Ch 2 Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA. Materi: Ch 2 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Menyusun solusi penyelesaian permasalahan fisika menggunakan konsep integral |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep integrasi untuk menyelesaikan kasus fisika |
Kriteria:
Ketepatan dalam menyelesaikan kasus fisika menggunakan konsep integral Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, penugasan 3 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, penugasan 3 x 50 menit |
Materi: Ch 3 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. Materi: Ch 5 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. Materi: Ch 4 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami integrasi rangkap 2 dan 3 |
Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan integral rangkap 2 |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, penugasan 3 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, penugasan 3 x 50 menit |
Materi: Ch 3 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. Materi: Ch 5 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. Materi: Ch 4 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Menggunakan pemikiran logis dan kritis dalam menyelesaikan permasalahan integral rangkap |
Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan integral rangkap 3 |
Kriteria:
Ketepatan dalam menyelesaikan soal integrasi lipat 3 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, penugasan 3 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, penugasan 3 x 50 menit |
Materi: Ch 5 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. Materi: Ch 4 Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA. Materi: Ch 4 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Menyusun solusi penyelesaian permasalahan fisika menggunakan konsep integral rangkap |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep integral rangkap untuk menyelesaikan kasus fisika |
Kriteria:
Ketepatan dalam menyelesaikan kasus fisika menggunakan konsep integral rangkap Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, penugasan 3 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, penugasan 3 x 50 menit |
Materi: Ch 5 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. Materi: Ch 4 Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA. Materi: Ch 4 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
- 1. Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan fisika menggunakan konsep diferensiasi
- 2. Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan fisika menggunakan konsep integral tunggal dan integral rangkap
|
- 1. Mahasiswa dapat mengerjakan soal fisika menggunakan konsep diferensial
- 2. Mahasiswa dapat mengerjakan soal fisika menggunakan konsep integral tunggal dan integral rangkap
|
Kriteria:
- 1. Ketepatan dalam mengerjakan soal menggunakan konsep diferensial
- 2. Ketepatan dalam mengerjakan soal menggunakan konsep integral tunggal dan integral rangkap
Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian Akhir Semester 2 x 50 menit |
Ujian Akhir Semester 2 x 50 menit |
Materi: Ch 4 dan 5 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. Materi: Ch 4 dan 5 Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA. Materi: Ch 3 dan 4 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
30% |