Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Kimia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Produk Bioteknologi

4720102223

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

9 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Nuniek Herdyastuti, M.Si




Dr. Dina Kartika Maharani, M.S




Dr. Amaria, M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-8

Mampu merancang suatu kegiatan untuk memecahkan masalah dengan menerapkan kapabilitas di bidang kimia

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menguasai konsep di bidang bioteknologi khususnya pangan, kesehatan, dan pertanian berbasis bioteknologi konvensional dan modern serta pengembangan produk bioteknologi khsusnya di bidang pangan, kesehatan, dan pertanian.

PO - 2

Mampu mengaplikasikan pengetahuan di bidang bioteknologi, serta mempunyai inisiatif dalam menyelesaikan issu masyarakat di bidang bioteknologi, khususnya pangan, kesehatam, dan pertanian

PO - 3

Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan ilmu bioteknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dalam menyelesaikan masalah bioteknologi yang terjadi di masyarakat.

PO - 4

Mampu bekerjasama dan memiliki kemampuan kewirausahaan yang berwawasan lingkungan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-8
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mempelajari tentang bioteknologi konvensional, modern, dan pengembangan produk-produk bioteknologi khususnya pangan, kesehatan dan pertanian.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Brown, T.A., 1989, Genetics : A Molecular Approach, London : Van Nostrand Reinhold (International) Co. Ltd.
  2. 2. Glick, B.R., and Pasternak, J.J., 1994, Molecular Biotechnology : Principles and Application of Recombinant DNA, Washington, D.C : ASM Press.
  3. 3. Mousdale, D.M. 2008. Biofuels Biotechnology, Chemistry and Sustainable Development, Taylor & Francis Group, LLC

Pendukung :

  1. artikel relevan

Dosen Pengampu

Dr. Prima Retno Wikandari, M.Si.

Prof. Dr. Nuniek Herdyastuti, M.Si.

Mirwa Adiprahara Anggarani, S.Si., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

menguasai teori bioteknologi diperlukan untuk mendesain perancangan pengembangan produk pangan bioteknologi

tugas

Kriteria:

presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
luring
2x50 menit

Materi: ppt
Pustaka: 1. Brown, T.A., 1989, Genetics : A Molecular Approach, London : Van Nostrand Reinhold (International) Co. Ltd.
6%

2

Minggu ke 2

menguasai teori bioteknologi diperlukan untuk mendesain perancangan pengembangan produk pangan bioteknologi

tugas

Kriteria:

presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
luring
2x50 menit

Materi: ppt
Pustaka: 1. Brown, T.A., 1989, Genetics : A Molecular Approach, London : Van Nostrand Reinhold (International) Co. Ltd.
8%

3

Minggu ke 3

menguasai teori bioteknologi diperlukan untuk mendesain perancangan pengembangan produk pangan bioteknologi

tugas

Kriteria:

presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
luring
2x50 menit

Materi: ppt
Pustaka: 1. Brown, T.A., 1989, Genetics : A Molecular Approach, London : Van Nostrand Reinhold (International) Co. Ltd.
8%

4

Minggu ke 4

menguasai teori bioteknologi diperlukan untuk mendesain perancangan pengembangan produk pangan bioteknologi

produk

Kriteria:

presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
luring
2x50 menit

Materi: ppt
Pustaka: 1. Brown, T.A., 1989, Genetics : A Molecular Approach, London : Van Nostrand Reinhold (International) Co. Ltd.
8%

5

Minggu ke 5

Mampu mengaplikasikan ilmu bioteknologi untuk ikut menyelesaikan permasalahan di masyarakat terkait masalah pangan, kesehatan dan pertanian

produk

Kriteria:

ppt


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
luring
2x50 menit
diskusi dan praktik
Materi: ppt
Pustaka: 2. Glick, B.R., and Pasternak, J.J., 1994, Molecular Biotechnology : Principles and Application of Recombinant DNA, Washington, D.C : ASM Press.
8%

6

Minggu ke 6

Mampu mengaplikasikan ilmu bioteknologi untuk ikut menyelesaikan permasalahan di masyarakat terkait masalah pangan, kesehatan dan pertanian

produk

Kriteria:

praktik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
luring
2x50 menit
diskusi dan praktik
Materi: ppt
Pustaka: 2. Glick, B.R., and Pasternak, J.J., 1994, Molecular Biotechnology : Principles and Application of Recombinant DNA, Washington, D.C : ASM Press.
8%

7

Minggu ke 7

Mampu mengaplikasikan ilmu bioteknologi untuk ikut menyelesaikan permasalahan di masyarakat terkait masalah pangan, kesehatan dan pertanian

ppt

Kriteria:

produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
luring
2x50 menit
diskusi dan praktik
Materi: ppt
Pustaka: 2. Glick, B.R., and Pasternak, J.J., 1994, Molecular Biotechnology : Principles and Application of Recombinant DNA, Washington, D.C : ASM Press.
8%

8

Minggu ke 8

Mampu mengaplikasikan ilmu bioteknologi untuk ikut menyelesaikan permasalahan di masyarakat terkait masalah pangan, kesehatan dan pertanian

tes

Kriteria:

produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
luring
2x50 menit
diskusi dan praktik
Materi: ppt
Pustaka: 2. Glick, B.R., and Pasternak, J.J., 1994, Molecular Biotechnology : Principles and Application of Recombinant DNA, Washington, D.C : ASM Press.
9%

9

Minggu ke 9

Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan ilmu bioteknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dalam menyelesaikan masalah bioteknologi yang terjadi di masyarakat.

produk

Kriteria:

ppt


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
luring
2x50 menit

Materi: ppt
Pustaka: 3. Mousdale, D.M. 2008. Biofuels Biotechnology, Chemistry and Sustainable Development, Taylor & Francis Group, LLC
4%

10

Minggu ke 10

Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan ilmu bioteknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dalam menyelesaikan masalah bioteknologi yang terjadi di masyarakat

tugas

Kriteria:

produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
luring
2x50 menit

Materi: ppt
Pustaka: 3. Mousdale, D.M. 2008. Biofuels Biotechnology, Chemistry and Sustainable Development, Taylor & Francis Group, LLC

Materi: ppt
Pustaka: 3. Mousdale, D.M. 2008. Biofuels Biotechnology, Chemistry and Sustainable Development, Taylor & Francis Group, LLC
4%

11

Minggu ke 11

Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan ilmu bioteknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dalam menyelesaikan masalah bioteknologi yang terjadi di masyarakat

tugas

Kriteria:

produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
luring
2x50 menit

Materi: ppt
Pustaka: 3. Mousdale, D.M. 2008. Biofuels Biotechnology, Chemistry and Sustainable Development, Taylor & Francis Group, LLC

Materi: ppt
Pustaka: 3. Mousdale, D.M. 2008. Biofuels Biotechnology, Chemistry and Sustainable Development, Taylor & Francis Group, LLC
4%

12

Minggu ke 12

Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan ilmu bioteknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dalam menyelesaikan masalah bioteknologi yang terjadi di masyarakat

produk

Kriteria:

laporan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
luring
2x50 menit

Materi: ppt
Pustaka: 3. Mousdale, D.M. 2008. Biofuels Biotechnology, Chemistry and Sustainable Development, Taylor & Francis Group, LLC

Materi: ppt
Pustaka: 3. Mousdale, D.M. 2008. Biofuels Biotechnology, Chemistry and Sustainable Development, Taylor & Francis Group, LLC
2%

13

Minggu ke 13

Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan ilmu bioteknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dalam menyelesaikan masalah bioteknologi yang terjadi di masyarakat

produk

Kriteria:

laporan


Bentuk Penilaian :
Tes
luring
2x50 menit

Materi: ppt
Pustaka: 3. Mousdale, D.M. 2008. Biofuels Biotechnology, Chemistry and Sustainable Development, Taylor & Francis Group, LLC

Materi: ppt
Pustaka: 3. Mousdale, D.M. 2008. Biofuels Biotechnology, Chemistry and Sustainable Development, Taylor & Francis Group, LLC
2%

14

Minggu ke 14

Mampu bekerjasma dan memiliki kemampuan kewirausahaan yang berwawasan lingkungan

produk

Kriteria:

laporan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
luring
2x50 menit

Materi: artikel
Pustaka: artikel relevan
7%

15

Minggu ke 15

Mampu bekerjasma dan memiliki kemampuan kewirausahaan yang berwawasan lingkungan

tugas

Kriteria:

tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
luring
2x50 menit

Materi: artikel
Pustaka: artikel relevan
7%

16

Minggu ke 16

Mampu bekerjasma dan memiliki kemampuan kewirausahaan yang berwawasan lingkungan

project

Kriteria:

tes


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
luring
2x50 menit

Materi: artikel
Pustaka: artikel relevan
7%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 22%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 53%
3. Praktik / Unjuk Kerja 16%
4. Tes 9%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.