Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Akuntansi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Interpersonal Skill

6220103167

T=0

P=0

ECTS=0

5

8 Mei 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Rendra Arief Hidayat, S.Pd., M.Sc.




Rendra Arief Hidayat, S.Pd., M.Sc.




Dr. Rohmawati Kusumaningtias, S.E., Ak., MSA.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menunjukkan kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PO - 2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PO - 3

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-4
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Interpersonal Skill diberikan dengan maksud membantu untuk menelaah kembali apa saja yang terjadi pada proses hubungan kita. Dikatakan bahwa menjalin hubungan baru dengan orang-orang baru tidaklah mudah. Jika orang kita kenal tidak bertambah jumlahnya atau sama modelnya maka langakah kita untuk menaikkan prestasi juga akan terhambat. Matakuliah Interpersonal Skill akan membantu seseorang untuk berkomunikasi yang melibatkan emosi personal dan komitmen dalam menjalin hubungan itu.

Pustaka

Utama :

  1. Makiko Nakamuro, Hideo Owan, & Kaori Sato. (2021). The Power of Interpersonal Communication Skills in Enhancing Service Provision. ResearchGate.
  2. Hargie, Owen. (2020). The Handbook of Communication Skills. Routledge.
  3. Dale Carnegie Training. (2021). The 5 Essential People Skills: How to Assert Yourself, Listen to Others, and Resolve Conflicts. Per Capita Publishing.
  4. Schiefelbein, Jill. (2021). Dynamic Communication: Strategies to Grow, Lead, and Manage Your Business. Per Capita Publishing.
  5. Garavan, Thomas. (2021). Interpersonal Skills Training for Quality Service. Academic Publishing.
  6. Hardie, P. (2022). Interpersonal and Communication Skills Development in Online Education. ScienceDirect.
  7. Burch, Lisa. (2023). Communicating with Confidence: A Practical Guide. HarperCollins Publishers.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mengetahui dan memiliki gambaran awal mengenai mata kuliah “Interpersonal Skill”

  1. Ketepatan dalam mengetahui bahan ajar dan jadwal perkuliahan Interpersonal Skill.
  2. Ketepatan dalam mengetahui dan memahami manfaat dari matakuliah Interpersonal Skill dalam dunia kerja khususnya dunia kesekretarisan.
  3. Ketepatan dalam mengenal dengan mahasiswa lainnya.
  4. Ketepatan dalam membangun hubungan baik antara mahasiswa dengan Dosen serta antara Mahasiswa dengan Mahasiswa lainnya
Kriteria:

Rubrik deskriptif Ketepatan mendeskripsikan dan menjelaskan “InterpersonalSkill”


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Menyusun ringkasan mengenai gambaran awal mengenai mata kuliah “InterpersonalSkill”
BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
ViLearning: SIDIA
Materi: Konsep Interpersonal Skill
Pustaka: Hargie, Owen. (2020). The Handbook of Communication Skills. Routledge.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mengetahui arti dan pentingnya dari Interpersonal Skill untuk kehidupan sehari – hari; Mahasiswa mengetahui tentang self concept, self awareness, self ESTEEM

  1. Ketepatan dalam memahami keinginan orang lain dan dalam membina hubungan yang harmonis.
  2. Ketepatan dalam memahami tentang pengenalan terhada diri sebelum memahami orang lain
  3. Ketepatan dalam menyadari konsep dirinya , kelemahan serta kekuatan dirinya, memiliki kemampuan menyadari siapa dirinya juga cara untuk menghargai diri.
Kriteria:

Mampu memahami dan menganalisa arti dan pentingnya dari Interpersonal Skill


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Menyusun ringkasan mengenai arti dan pentingnya dari Interpersonal Skill untuk kehidupan sehari - hari
BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
ViLearning: SIDIA
Materi: Self concept, self awareness, self ESTEEM
Pustaka: Dale Carnegie Training. (2021). The 5 Essential People Skills: How to Assert Yourself, Listen to Others, and Resolve Conflicts. Per Capita Publishing.

Materi: Peran Interpesonal Skill
Pustaka: Hardie, P. (2022). Interpersonal and Communication Skills Development in Online Education. ScienceDirect.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mengetahui arti dan pentingnya dari Interpersonal Skill untuk kehidupan sehari – hari; Mahasiswa mengetahui tentang self concept, self awareness, self ESTEEM

  1. Ketepatan dalam memahami keinginan orang lain dan dalam membina hubungan yang harmonis.
  2. Ketepatan dalam memahami tentang pengenalan terhada diri sebelum memahami orang lain
  3. Ketepatan dalam menyadari konsep dirinya , kelemahan serta kekuatan dirinya, memiliki kemampuan menyadari siapa dirinya juga cara untuk menghargai diri.
Kriteria:

Mampu memahami dan menganalisa arti dan pentingnya dari Interpersonal Skill


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Menyusun ringkasan mengenai arti dan pentingnya dari Interpersonal Skill untuk kehidupan sehari - hari
BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
ViLearning: SIDIA
Materi: Self concept, self awareness, self ESTEEM
Pustaka: Dale Carnegie Training. (2021). The 5 Essential People Skills: How to Assert Yourself, Listen to Others, and Resolve Conflicts. Per Capita Publishing.

Materi: Peran Interpesonal Skill
Pustaka: Hardie, P. (2022). Interpersonal and Communication Skills Development in Online Education. ScienceDirect.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menerima segala sesuatu yang ada di dalam dirinya; Mahasiswa memahami & membedakan bahwa untuk sukses dan berhasil tidak hanya mengandalkan Intelectual Question (IQ) tetapi terus mengasah emosional Question (EQ)

  1. Ketepatan dalam menyadari dan menganalisa serta mampu melakukan perubahan di dalam dirinya dan juga kehidupannya.
  2. Ketepatan dalam menyadari hal – hal yang dapat diubah dan siapa yang dapat membantu mengubahnya.
  3. Ketepatan dalam mengetahui dan melaksanakan cara untuk mengasah aspek – aspek yang mendukung EQ.
  4. Ketepatan dalam mendapat memahami tentang dirinya mengapa harus melakukan /merubah/ membangun kebiasaan baru yang positif
Kriteria:

Mampu memahami dan menganalisa mengenai Intelectual Question (IQ) dan emosional Question (EQ)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Membuat resume dan menyelesaiakan soal mengenai Intelectual Question (IQ) dan emosional Question (EQ)
BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
ViLearning: SIDIA
Materi: Intelectual Question (IQ) dan emosional Question (EQ)
Pustaka: Makiko Nakamuro, Hideo Owan, & Kaori Sato. (2021). The Power of Interpersonal Communication Skills in Enhancing Service Provision. ResearchGate.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menerima segala sesuatu yang ada di dalam dirinya; Mahasiswa memahami & membedakan bahwa untuk sukses dan berhasil tidak hanya mengandalkan Intelectual Question (IQ) tetapi terus mengasah emosional Question (EQ)

  1. Ketepatan dalam menyadari dan menganalisa serta mampu melakukan perubahan di dalam dirinya dan juga kehidupannya.
  2. Ketepatan dalam menyadari hal – hal yang dapat diubah dan siapa yang dapat membantu mengubahnya.
  3. Ketepatan dalam mengetahui dan melaksanakan cara untuk mengasah aspek – aspek yang mendukung EQ.
  4. Ketepatan dalam mendapat memahami tentang dirinya mengapa harus melakukan /merubah/ membangun kebiasaan baru yang positif
Kriteria:

Mampu memahami dan menganalisa mengenai Intelectual Question (IQ) dan emosional Question (EQ)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Membuat resume dan menyelesaiakan soal mengenai Intelectual Question (IQ) dan emosional Question (EQ)
BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
ViLearning: SIDIA
Materi: Intelectual Question (IQ) dan emosional Question (EQ)
Pustaka: Makiko Nakamuro, Hideo Owan, & Kaori Sato. (2021). The Power of Interpersonal Communication Skills in Enhancing Service Provision. ResearchGate.

Materi: 5
Pustaka:
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mengetahui bagaimana cara untuk membuka suatu bentuk hubungan yang baru dengan orang lain, sehingga sebuah hubungan baru dapat meninggalkan kesan yang positif; Mahasiswa memahami bahwa untuk berinteraksi diperlukan kemampuan untuk mempertahankan sebuah hubungan

  1. Ketepatan dalam membuka suatu hubungan dengan orang yang baru di temuinya.
  2. Ketepatan dalam bergaul secara benar, ada hubungan timbal balik , saling memberikan manfaat.
  3. Ketepatan dalam/ membangun kemampuan untuk mempertahankan suatu hubungan
Kriteria:

Mampu memahami interaksi dan membangun hubungan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Menyusun ringkasan dan studi Pustaka mengenai interaksi dan membangun hubungan BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
ViLearning: SIDIA
Materi: Interaksi dan membangun hubungan
Pustaka: Burch, Lisa. (2023). Communicating with Confidence: A Practical Guide. HarperCollins Publishers.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mengetahui bagaimana cara untuk membuka suatu bentuk hubungan yang baru dengan orang lain, sehingga sebuah hubungan baru dapat meninggalkan kesan yang positif; Mahasiswa memahami bahwa untuk berinteraksi diperlukan kemampuan untuk mempertahankan sebuah hubungan

  1. Ketepatan dalam membuka suatu hubungan dengan orang yang baru di temuinya.
  2. Ketepatan dalam bergaul secara benar, ada hubungan timbal balik , saling memberikan manfaat.
  3. Ketepatan dalam/ membangun kemampuan untuk mempertahankan suatu hubungan
Kriteria:

Mampu memahami interaksi dan membangun hubungan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Menyusun ringkasan dan studi Pustaka mengenai interaksi dan membangun hubungan BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
ViLearning: SIDIA
Materi: Interaksi dan membangun hubungan
Pustaka: Burch, Lisa. (2023). Communicating with Confidence: A Practical Guide. HarperCollins Publishers.
5%

8

Minggu ke 8


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa menyadari perlunya untuk terus memperbaiki kemampuan Interpersonal skill; Mahasiswa menemukan pengetahuan baru untuk dapat mengatasi konflik secara efektif sehingga mencapai kemenangan untuk kedua belah pihak

  1. Ketepatan dalam pemahaman dalam diri untuk memperbaiki kemampuan Interpersonal
  2. Ketepatan dalam menyadari hambatan yang menyebabkan tidak tercapainya hubungan yang harmonis selama ini karna disebabkan tidak mau mengubah cara pandang baru dari dirinya.
  3. Ketepatan dalam mengontrol emosi / kendalil diri yang terjadi akibat konflik yang dialaminya sehingga mengakibatkan konflik dengan pihak lain
Kriteria:

Mampu memahami dan menganalisa konflik interpersonal skill


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Studi kasus; melakukan Analisa konflik interpersonal skill
BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
ViLearning: SIDIA
Materi: Konflik interpersonal skill
Pustaka: Hargie, Owen. (2020). The Handbook of Communication Skills. Routledge.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa menyadari perlunya untuk terus memperbaiki kemampuan Interpersonal skill; Mahasiswa menemukan pengetahuan baru untuk dapat mengatasi konflik secara efektif sehingga mencapai kemenangan untuk kedua belah pihak

  1. Ketepatan dalam pemahaman dalam diri untuk memperbaiki kemampuan Interpersonal
  2. Ketepatan dalam menyadari hambatan yang menyebabkan tidak tercapainya hubungan yang harmonis selama ini karna disebabkan tidak mau mengubah cara pandang baru dari dirinya.
  3. Ketepatan dalam mengontrol emosi / kendalil diri yang terjadi akibat konflik yang dialaminya sehingga mengakibatkan konflik dengan pihak lain
Kriteria:

Mampu memahami dan menganalisa konflik interpersonal skill


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Studi kasus; melakukan Analisa konflik interpersonal skill
BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
ViLearning: SIDIA
Materi: Konflik interpersonal skill
Pustaka: Hargie, Owen. (2020). The Handbook of Communication Skills. Routledge.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa memiliki keterampilan berkomunikasi yang efektif dan dapat membedakan bahwa berkomunikasi berbeda dengan berbicara.

  1. Ketepatan dalam berkomunikasi secara efektif ketika bertemu dengan orang lain terkait profesi sebagai seorang sekretaris.
  2. Ketepatan dalam menanamkan pengetahuan pada diri sendiri untuk dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan menerima keberadaan pihak lain.
Kriteria:

Mampu menganalisis dan mengklasifikasikan kasus mengenai komunikasi yang efektif


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Studi kasus; menganalisis dan mengklasifikasikan kasus mengenai komunikasi yang efektif
BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
ViLearning: SIDIA
Materi: Kasus mengenai komunikasi yang efektif
Pustaka: Makiko Nakamuro, Hideo Owan, & Kaori Sato. (2021). The Power of Interpersonal Communication Skills in Enhancing Service Provision. ResearchGate.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mengerti pentingnya memiliki cara berpikir yang positif untuk tercapainya interaksi yang baik; Mahasiswa memiliki pengetahuan untuk tercapainya komunikasi yang efektif diperlukan kemampuan untuk menyampaikan sesuatu hal secara jujur langsung dan pada tempatnya untuk dapat mengekspresikan diri

  1. Ketepatan dalam mengatasi situasi – situasi yang menimbulkan stress dalam kehidupan dengan berpikir secara positif.
  2. Ketepatan dalam menguasai suatu sikap yang membuatnya sanggup mengekpresikan diri sesuai kebutuhan, kamuan dan perasaannya kepada orang lain.
Kriteria:

Mampu menyusun analisis ekspresi diri


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Studi kasus; menganalisis ekspresi diri
BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
ViLearning: SIDIA
Materi: Analisis ekspresi diri
Pustaka: Dale Carnegie Training. (2021). The 5 Essential People Skills: How to Assert Yourself, Listen to Others, and Resolve Conflicts. Per Capita Publishing.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mengerti pentingnya memiliki cara berpikir yang positif untuk tercapainya interaksi yang baik; Mahasiswa memiliki pengetahuan untuk tercapainya komunikasi yang efektif diperlukan kemampuan untuk menyampaikan sesuatu hal secara jujur langsung dan pada tempatnya untuk dapat mengekspresikan diri

  1. Ketepatan dalam mengatasi situasi – situasi yang menimbulkan stress dalam kehidupan dengan berpikir secara positif.
  2. Ketepatan dalam menguasai suatu sikap yang membuatnya sanggup mengekpresikan diri sesuai kebutuhan, kamuan dan perasaannya kepada orang lain.
Kriteria:

Mampu menyusun analisis ekspresi diri


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Studi kasus; menganalisis ekspresi diri
BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
ViLearning: SIDIA
Materi: Analisis ekspresi diri
Pustaka: Dale Carnegie Training. (2021). The 5 Essential People Skills: How to Assert Yourself, Listen to Others, and Resolve Conflicts. Per Capita Publishing.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa memahami adanya hal yang dapat dipelajari untuk menentukan hubungan yang harmonis dengan orang lain; Mahasiswa dapat menyerap pengetahuan tentang kemampuan interpesonal untuk digunakan dalam setiap profesi untuk menjalankan kesuksesan dalam bekerja

  1. Ketepatan dalam memahami pengetahuan tentang diri, mengenal tanda – tanda dan penyebab munculnya emosi negatif dan sadar bagaimana mengendalikan diri (emosi)nya.
  2. Ketepatan dalam mengenal keberadaan diri, potensi/ kelemahannya, sehingga bisa menempatkan / menyesuaikan diri.
Kriteria:

Mampu menyusun analisis emosi dan potensi diri


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Studi kasus; menganalisis dan mengklasifikasikan emosi potensi diri
BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
ViLearning: SIDIA
Materi: Analisis emosi dan potensi diri
Pustaka: Burch, Lisa. (2023). Communicating with Confidence: A Practical Guide. HarperCollins Publishers.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa memahami adanya hal yang dapat dipelajari untuk menentukan hubungan yang harmonis dengan orang lain; Mahasiswa dapat menyerap pengetahuan tentang kemampuan interpesonal untuk digunakan dalam setiap profesi untuk menjalankan kesuksesan dalam bekerja

  1. Ketepatan dalam memahami pengetahuan tentang diri, mengenal tanda – tanda dan penyebab munculnya emosi negatif dan sadar bagaimana mengendalikan diri (emosi)nya.
  2. Ketepatan dalam mengenal keberadaan diri, potensi/ kelemahannya, sehingga bisa menempatkan / menyesuaikan diri.
Kriteria:

Mampu menyusun analisis emosi dan potensi diri


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Studi kasus; menganalisis dan mengklasifikasikan emosi potensi diri
BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
ViLearning: SIDIA
Materi: Analisis emosi dan potensi diri
Pustaka: Burch, Lisa. (2023). Communicating with Confidence: A Practical Guide. HarperCollins Publishers.
5%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 100%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.