
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Akuntansi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Interpersonal Skill |
6220103167 |
|
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
5 |
8 Mei 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Rendra Arief Hidayat, S.Pd., M.Sc.
|
Rendra Arief Hidayat, S.Pd., M.Sc.
|
Dr. Rohmawati Kusumaningtias, S.E., Ak., MSA. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menunjukkan kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
|
PO - 2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
|
PO - 3 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-4 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | ✔ | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-2 | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | | | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | | ✔ | | PO-3 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | ✔ | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Interpersonal Skill diberikan dengan maksud membantu untuk menelaah kembali apa saja yang terjadi pada proses hubungan kita. Dikatakan bahwa menjalin hubungan baru dengan orang-orang baru tidaklah mudah. Jika orang kita kenal tidak bertambah jumlahnya atau sama modelnya maka langakah kita untuk menaikkan prestasi juga akan terhambat. Matakuliah Interpersonal Skill akan membantu seseorang untuk berkomunikasi yang melibatkan emosi personal dan komitmen dalam menjalin hubungan itu. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Makiko Nakamuro, Hideo Owan, & Kaori Sato. (2021). The Power of Interpersonal Communication Skills in Enhancing Service Provision. ResearchGate.
- Hargie, Owen. (2020). The Handbook of Communication Skills. Routledge.
- Dale Carnegie Training. (2021). The 5 Essential People Skills: How to Assert Yourself, Listen to Others, and Resolve Conflicts. Per Capita Publishing.
- Schiefelbein, Jill. (2021). Dynamic Communication: Strategies to Grow, Lead, and Manage Your Business. Per Capita Publishing.
- Garavan, Thomas. (2021). Interpersonal Skills Training for Quality Service. Academic Publishing.
- Hardie, P. (2022). Interpersonal and Communication Skills Development in Online Education. ScienceDirect.
- Burch, Lisa. (2023). Communicating with Confidence: A Practical Guide. HarperCollins Publishers.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mengetahui dan memiliki gambaran awal mengenai mata kuliah “Interpersonal Skill” |
- Ketepatan dalam mengetahui bahan ajar dan jadwal perkuliahan Interpersonal Skill.
- Ketepatan dalam mengetahui dan memahami manfaat dari matakuliah Interpersonal Skill dalam dunia kerja khususnya dunia kesekretarisan.
- Ketepatan dalam mengenal dengan mahasiswa lainnya.
- Ketepatan dalam membangun hubungan baik antara mahasiswa dengan Dosen serta antara Mahasiswa dengan Mahasiswa lainnya
|
Kriteria:
Rubrik deskriptif Ketepatan mendeskripsikan dan menjelaskan “InterpersonalSkill” Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Menyusun ringkasan mengenai gambaran awal mengenai mata kuliah “InterpersonalSkill”
BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
|
ViLearning: SIDIA
|
Materi: Konsep Interpersonal Skill Pustaka: Hargie, Owen. (2020). The Handbook of Communication Skills. Routledge. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mengetahui arti dan pentingnya dari Interpersonal Skill untuk kehidupan sehari – hari; Mahasiswa mengetahui tentang self concept, self awareness, self ESTEEM |
- Ketepatan dalam memahami keinginan orang lain dan dalam membina hubungan yang harmonis.
- Ketepatan dalam memahami tentang pengenalan terhada diri sebelum memahami orang lain
- Ketepatan dalam menyadari konsep dirinya , kelemahan serta kekuatan dirinya, memiliki kemampuan menyadari siapa dirinya juga cara untuk menghargai diri.
|
Kriteria:
Mampu memahami dan menganalisa arti dan pentingnya dari Interpersonal Skill Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Menyusun ringkasan mengenai arti dan pentingnya dari Interpersonal Skill untuk kehidupan sehari - hari
BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
|
ViLearning: SIDIA
|
Materi: Self concept, self awareness, self ESTEEM Pustaka: Dale Carnegie Training. (2021). The 5 Essential People Skills: How to Assert Yourself, Listen to Others, and Resolve Conflicts. Per Capita Publishing. Materi: Peran Interpesonal Skill Pustaka: Hardie, P. (2022). Interpersonal and Communication Skills Development in Online Education. ScienceDirect. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mengetahui arti dan pentingnya dari Interpersonal Skill untuk kehidupan sehari – hari; Mahasiswa mengetahui tentang self concept, self awareness, self ESTEEM |
- Ketepatan dalam memahami keinginan orang lain dan dalam membina hubungan yang harmonis.
- Ketepatan dalam memahami tentang pengenalan terhada diri sebelum memahami orang lain
- Ketepatan dalam menyadari konsep dirinya , kelemahan serta kekuatan dirinya, memiliki kemampuan menyadari siapa dirinya juga cara untuk menghargai diri.
|
Kriteria:
Mampu memahami dan menganalisa arti dan pentingnya dari Interpersonal Skill Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Menyusun ringkasan mengenai arti dan pentingnya dari Interpersonal Skill untuk kehidupan sehari - hari
BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
|
ViLearning: SIDIA
|
Materi: Self concept, self awareness, self ESTEEM Pustaka: Dale Carnegie Training. (2021). The 5 Essential People Skills: How to Assert Yourself, Listen to Others, and Resolve Conflicts. Per Capita Publishing. Materi: Peran Interpesonal Skill Pustaka: Hardie, P. (2022). Interpersonal and Communication Skills Development in Online Education. ScienceDirect. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menerima segala sesuatu yang ada di dalam dirinya; Mahasiswa memahami & membedakan bahwa untuk sukses dan berhasil tidak hanya mengandalkan Intelectual Question (IQ) tetapi terus mengasah emosional Question (EQ) |
- Ketepatan dalam menyadari dan menganalisa serta mampu melakukan perubahan di dalam dirinya dan juga kehidupannya.
- Ketepatan dalam menyadari hal – hal yang dapat diubah dan siapa yang dapat membantu mengubahnya.
- Ketepatan dalam mengetahui dan melaksanakan cara untuk mengasah aspek – aspek yang mendukung EQ.
- Ketepatan dalam mendapat memahami tentang dirinya mengapa harus melakukan /merubah/ membangun kebiasaan baru yang positif
|
Kriteria:
Mampu memahami dan menganalisa mengenai Intelectual Question (IQ) dan emosional Question (EQ) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Membuat resume dan menyelesaiakan soal mengenai Intelectual Question (IQ) dan emosional Question (EQ)
BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
|
ViLearning: SIDIA
|
Materi: Intelectual Question (IQ) dan emosional Question (EQ) Pustaka: Makiko Nakamuro, Hideo Owan, & Kaori Sato. (2021). The Power of Interpersonal Communication Skills in Enhancing Service Provision. ResearchGate. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menerima segala sesuatu yang ada di dalam dirinya; Mahasiswa memahami & membedakan bahwa untuk sukses dan berhasil tidak hanya mengandalkan Intelectual Question (IQ) tetapi terus mengasah emosional Question (EQ) |
- Ketepatan dalam menyadari dan menganalisa serta mampu melakukan perubahan di dalam dirinya dan juga kehidupannya.
- Ketepatan dalam menyadari hal – hal yang dapat diubah dan siapa yang dapat membantu mengubahnya.
- Ketepatan dalam mengetahui dan melaksanakan cara untuk mengasah aspek – aspek yang mendukung EQ.
- Ketepatan dalam mendapat memahami tentang dirinya mengapa harus melakukan /merubah/ membangun kebiasaan baru yang positif
|
Kriteria:
Mampu memahami dan menganalisa mengenai Intelectual Question (IQ) dan emosional Question (EQ) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Membuat resume dan menyelesaiakan soal mengenai Intelectual Question (IQ) dan emosional Question (EQ)
BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
|
ViLearning: SIDIA
|
Materi: Intelectual Question (IQ) dan emosional Question (EQ) Pustaka: Makiko Nakamuro, Hideo Owan, & Kaori Sato. (2021). The Power of Interpersonal Communication Skills in Enhancing Service Provision. ResearchGate. Materi: 5 Pustaka: |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mengetahui bagaimana cara untuk membuka suatu bentuk hubungan yang baru dengan orang lain, sehingga sebuah hubungan baru dapat meninggalkan kesan yang positif; Mahasiswa memahami bahwa untuk berinteraksi diperlukan kemampuan untuk mempertahankan sebuah hubungan |
- Ketepatan dalam membuka suatu hubungan dengan orang yang baru di temuinya.
- Ketepatan dalam bergaul secara benar, ada hubungan timbal balik , saling memberikan manfaat.
- Ketepatan dalam/ membangun kemampuan untuk mempertahankan suatu hubungan
|
Kriteria:
Mampu memahami interaksi dan membangun hubungan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Menyusun ringkasan dan studi Pustaka mengenai interaksi dan membangun hubungan BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
|
ViLearning: SIDIA
|
Materi: Interaksi dan membangun hubungan Pustaka: Burch, Lisa. (2023). Communicating with Confidence: A Practical Guide. HarperCollins Publishers. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mengetahui bagaimana cara untuk membuka suatu bentuk hubungan yang baru dengan orang lain, sehingga sebuah hubungan baru dapat meninggalkan kesan yang positif; Mahasiswa memahami bahwa untuk berinteraksi diperlukan kemampuan untuk mempertahankan sebuah hubungan |
- Ketepatan dalam membuka suatu hubungan dengan orang yang baru di temuinya.
- Ketepatan dalam bergaul secara benar, ada hubungan timbal balik , saling memberikan manfaat.
- Ketepatan dalam/ membangun kemampuan untuk mempertahankan suatu hubungan
|
Kriteria:
Mampu memahami interaksi dan membangun hubungan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Menyusun ringkasan dan studi Pustaka mengenai interaksi dan membangun hubungan BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
|
ViLearning: SIDIA
|
Materi: Interaksi dan membangun hubungan Pustaka: Burch, Lisa. (2023). Communicating with Confidence: A Practical Guide. HarperCollins Publishers. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
|
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa menyadari perlunya untuk terus memperbaiki kemampuan Interpersonal skill; Mahasiswa menemukan pengetahuan baru untuk dapat mengatasi konflik secara efektif sehingga mencapai kemenangan untuk kedua belah pihak |
- Ketepatan dalam pemahaman dalam diri untuk memperbaiki kemampuan Interpersonal
- Ketepatan dalam menyadari hambatan yang menyebabkan tidak tercapainya hubungan yang harmonis selama ini karna disebabkan tidak mau mengubah cara pandang baru dari dirinya.
- Ketepatan dalam mengontrol emosi / kendalil diri yang terjadi akibat konflik yang dialaminya sehingga mengakibatkan konflik dengan pihak lain
|
Kriteria:
Mampu memahami dan menganalisa konflik interpersonal skill Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Studi kasus; melakukan Analisa konflik interpersonal skill
BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
|
ViLearning: SIDIA
|
Materi: Konflik interpersonal skill Pustaka: Hargie, Owen. (2020). The Handbook of Communication Skills. Routledge. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa menyadari perlunya untuk terus memperbaiki kemampuan Interpersonal skill; Mahasiswa menemukan pengetahuan baru untuk dapat mengatasi konflik secara efektif sehingga mencapai kemenangan untuk kedua belah pihak |
- Ketepatan dalam pemahaman dalam diri untuk memperbaiki kemampuan Interpersonal
- Ketepatan dalam menyadari hambatan yang menyebabkan tidak tercapainya hubungan yang harmonis selama ini karna disebabkan tidak mau mengubah cara pandang baru dari dirinya.
- Ketepatan dalam mengontrol emosi / kendalil diri yang terjadi akibat konflik yang dialaminya sehingga mengakibatkan konflik dengan pihak lain
|
Kriteria:
Mampu memahami dan menganalisa konflik interpersonal skill Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Studi kasus; melakukan Analisa konflik interpersonal skill
BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
|
ViLearning: SIDIA
|
Materi: Konflik interpersonal skill Pustaka: Hargie, Owen. (2020). The Handbook of Communication Skills. Routledge. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa memiliki keterampilan berkomunikasi yang efektif dan dapat membedakan bahwa berkomunikasi berbeda dengan berbicara. |
- Ketepatan dalam berkomunikasi secara efektif ketika bertemu dengan orang lain terkait profesi sebagai seorang sekretaris.
- Ketepatan dalam menanamkan pengetahuan pada diri sendiri untuk dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan menerima keberadaan pihak lain.
|
Kriteria:
Mampu menganalisis dan mengklasifikasikan kasus mengenai komunikasi yang efektif Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Studi kasus; menganalisis dan mengklasifikasikan kasus mengenai komunikasi yang efektif
BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
|
ViLearning: SIDIA
|
Materi: Kasus mengenai komunikasi yang efektif Pustaka: Makiko Nakamuro, Hideo Owan, & Kaori Sato. (2021). The Power of Interpersonal Communication Skills in Enhancing Service Provision. ResearchGate. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mengerti pentingnya memiliki cara berpikir yang positif untuk tercapainya interaksi yang baik; Mahasiswa memiliki pengetahuan untuk tercapainya komunikasi yang efektif diperlukan kemampuan untuk menyampaikan sesuatu hal secara jujur langsung dan pada tempatnya untuk dapat mengekspresikan diri |
- Ketepatan dalam mengatasi situasi – situasi yang menimbulkan stress dalam kehidupan dengan berpikir secara positif.
- Ketepatan dalam menguasai suatu sikap yang membuatnya sanggup mengekpresikan diri sesuai kebutuhan, kamuan dan perasaannya kepada orang lain.
|
Kriteria:
Mampu menyusun analisis ekspresi diri Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Studi kasus; menganalisis ekspresi diri
BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
|
ViLearning: SIDIA
|
Materi: Analisis ekspresi diri Pustaka: Dale Carnegie Training. (2021). The 5 Essential People Skills: How to Assert Yourself, Listen to Others, and Resolve Conflicts. Per Capita Publishing. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mengerti pentingnya memiliki cara berpikir yang positif untuk tercapainya interaksi yang baik; Mahasiswa memiliki pengetahuan untuk tercapainya komunikasi yang efektif diperlukan kemampuan untuk menyampaikan sesuatu hal secara jujur langsung dan pada tempatnya untuk dapat mengekspresikan diri |
- Ketepatan dalam mengatasi situasi – situasi yang menimbulkan stress dalam kehidupan dengan berpikir secara positif.
- Ketepatan dalam menguasai suatu sikap yang membuatnya sanggup mengekpresikan diri sesuai kebutuhan, kamuan dan perasaannya kepada orang lain.
|
Kriteria:
Mampu menyusun analisis ekspresi diri Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Studi kasus; menganalisis ekspresi diri
BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
|
ViLearning: SIDIA
|
Materi: Analisis ekspresi diri Pustaka: Dale Carnegie Training. (2021). The 5 Essential People Skills: How to Assert Yourself, Listen to Others, and Resolve Conflicts. Per Capita Publishing. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa memahami adanya hal yang dapat dipelajari untuk menentukan hubungan yang harmonis dengan orang lain; Mahasiswa dapat menyerap pengetahuan tentang kemampuan interpesonal untuk digunakan dalam setiap profesi untuk menjalankan kesuksesan dalam bekerja |
- Ketepatan dalam memahami pengetahuan tentang diri, mengenal tanda – tanda dan penyebab munculnya emosi negatif dan sadar bagaimana mengendalikan diri (emosi)nya.
- Ketepatan dalam mengenal keberadaan diri, potensi/ kelemahannya, sehingga bisa menempatkan / menyesuaikan diri.
|
Kriteria:
Mampu menyusun analisis emosi dan potensi diri Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Studi kasus; menganalisis dan mengklasifikasikan emosi potensi diri
BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
|
ViLearning: SIDIA
|
Materi: Analisis emosi dan potensi diri Pustaka: Burch, Lisa. (2023). Communicating with Confidence: A Practical Guide. HarperCollins Publishers. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa memahami adanya hal yang dapat dipelajari untuk menentukan hubungan yang harmonis dengan orang lain; Mahasiswa dapat menyerap pengetahuan tentang kemampuan interpesonal untuk digunakan dalam setiap profesi untuk menjalankan kesuksesan dalam bekerja |
- Ketepatan dalam memahami pengetahuan tentang diri, mengenal tanda – tanda dan penyebab munculnya emosi negatif dan sadar bagaimana mengendalikan diri (emosi)nya.
- Ketepatan dalam mengenal keberadaan diri, potensi/ kelemahannya, sehingga bisa menempatkan / menyesuaikan diri.
|
Kriteria:
Mampu menyusun analisis emosi dan potensi diri Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Studi kasus; menganalisis dan mengklasifikasikan emosi potensi diri
BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
|
ViLearning: SIDIA
|
Materi: Analisis emosi dan potensi diri Pustaka: Burch, Lisa. (2023). Communicating with Confidence: A Practical Guide. HarperCollins Publishers. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
|
|
15% |