Universitas Negeri Surabaya
Fakultas PSDKU
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan)

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

INOVASI MEDIA DAN BAHAN AJAR DI SD

8624302054

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

15 Oktober 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Muh Syauqi Malik, M.Pd., Muhammad Imaduddin, M.Pd.




Muh Syauqi Malik, M.Pd.




DELIA INDRAWATI

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-5

Menganalisis penerapan keilmuan kependidikan dasar dengan mengedepankan pendidikan inklusi berbasis teknologi dan kearifan lokal.

PLO-10

Menunjukkan pengetahuan dan keterampilan pedagogik terkait merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan prinsip dasar media dan bahan ajar serta peranannya dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah dasar.

PO - 2

Mahasiswa mampu menganalisis berbagai model dan strategi inovasi media dan bahan ajar berbasis teknologi digital yang relevan dengan kebutuhan pembelajaran abad 21.

PO - 3

Mahasiswa mampu merancang media dan bahan ajar inovatif yang berbasis proyek dan sesuai dengan tujuan pembelajaran, menggunakan pendekatan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge).

PO - 4

Mahasiswa mampu melakukan validasi dan ujicoba terhadap media dan bahan ajar inovatif yang dikembangkan untuk menghasilkan media yang layak (Valid, Efektif dan Praktis)

PO - 5

Mahasiswa Mampu melakukan publikasi hasil Inovasi media dan bahan ajar di Sekolah Dasar kepada masyarakat secara luas

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-5PLO-10
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep dan aplikasi inovasi media dan bahan ajar yang relevan untuk sekolah dasar, dengan penekanan pada penerapan teknologi digital dan keterampilan abad 21. Mahasiswa akan mempelajari berbagai model dan strategi pembelajaran berbasis proyek yang memungkinkan mereka merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi media dan bahan ajar inovatif dan interaktif. Perkuliahan dilaksanakan dengan mengintegrasikan prinsip- prinsip TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) dan pembelajaran aktif untuk mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas. Mahasiswa akan berpartisipasi dalam proyek yang melibatkan penggunaan perangkat lunak pendidikan, media digital, dan alat-alat interaktif yang dirancang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Hasil akhir dari mata kuliah ini adalah portofolio media dan bahan ajar yang dapat diterapkan dalam lingkungan sekolah dasar, serta refleksi kritis terhadap proses pembelajaran yang telah dilakukan. Materi kuliah ini memuat Pendidikan Karakter, NAPZA, dan anti korupsi, dan mendukung SDGs (4) Pendidikan Berkualitas, (8) Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi serta (9) Industri, Inovasi dan Infrastruktur

Pustaka

Utama :

  1. Hanif, A., Herman, Mudinillah, A., & Rahmi, P. W. L. (2023). Development of the QUIZIZZ Platform as an Interactive Quiz-Based Learning Media for Arabic Language Lessons at Madrasah IBTIDAIYAH. International Journal of Membrane Science and Technology, 10(2), 372–384. https://doi.org/10.15379/ijmst.v10i2.1207
  2. Hidayah, R., Ngatman, Susiani, T. S., Salimi, M., & Suhartono. (2020). How elementary school teachers use ICT-based learning media? Journal of Physics: Conference Series, 1511(1), 012015. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1511/1/012015
  3. Liu, Z., Yang, H.-C., & Shiau, Y.-C. (2020). Investigation on Evaluation Framework of Elementary School Teaching Materials for Sustainable Development. Sustainability, 12(9), 3736. https://doi.org/10.3390/su12093736
  4. Nurasiah, I., Sumantri, M. S., Nurhasanah, N., & Casmana, A. R. (2022). Cultural Values’ Integration in Character Development in Elementary Schools: The Sukuraga as Learning Media. Frontiers in Education, 7. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.849218
  5. Sa’adah, A. M., Ardhianshih, F., Rahayu, S., Novita, D. A., & Malik, M. S. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Joyful Learning Pada Materi Membilang dan Operasi Hitung Kelas 1 MI/SD. FASHLUNA, 4(2), 101–118. https://doi.org/10.47625/fashluna.v4i2.519
  6. Nurlaily, V. A., Sholihah, H. I., Wulandari, R. A., & Sa’diyah, A. (2021). The Development of HOTS-Based Mathematics Teaching Materials in Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1842(1), 012042. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1842/1/012042
  7. Aminah, S., & Malik, M. S. (2023). Penggunaan Media Gambar Sebagai Sarana Peningkatan Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas 2 SD Negeri Rogomulyo 01 Kayen Pati. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(2), 194–202. https://doi.org/10.30998/diskursus.v6i2.18278
  8. Asmainnisah, F., Nafiah, K., Setiawati, D. A., & Malik, M. S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Media Interaktif Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Aprokmasi dan Sifat Segibanyak. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 64–73.
  9. Imaduddin, M., Andriningrum, H., Malik, M. S., Wati, I. F., Ardhyantama, V., Indrawati, D., & Wardani, H. K. (2024). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS SD Melalui Problem Based Learning Berbantuan Augmented Reality. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 406–415. https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.19919

Pendukung :

  1. Chikmah, L., Azhari, A., & Malik, M. S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Hand Out Berbasis Kode QR Dalam Materi Pengumpulan Data Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. FASHLUNA, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.47625/fashluna.v4i1.418
  2. Marini, A., Nafisah, S., Sekaringtyas, T., Safitri, D., Lestari, I., Suntari, Y., Umasih, Sudrajat, A., & Iskandar, R. (2022). Mobile Augmented Reality Learning Media with Metaverse to Improve Student Learning Outcomes in Science Class. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 16(07), 99–115. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i07.25727
  3. Munarohmaniyah, Z. F., Dewi, N. A., Romaniyah, R., & Malik, M. S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Handout Berbasis Pendekatan Keterampilan Proses Materi Data Diri Peserta Didik dan Lingkungan. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 52–64.

Dosen Pengampu

MUH SYAUQI MALIK

MUHAMMAD IMADUDDIN

Muhammad Imaduddin, M.Pd.

Muhammad Imaduddin, M.Pd.

Muh Syauqi Malik, M.Pd.

Muh Syauqi Malik, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa memahami Materi perkuliahan, sistem perkuliahan dan tagihan mata kuliah

Mahasiswa menyepakati kontrak perkuliahan

Kriteria:

Tes & Non-Tes. Bentuk : Tes tulis& kinerja (presentasi), Penilaian proyek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Presentasi; Diskusi; Tanya Jawab
Asynchronous Learning via Learning Management System (SIDIA UNESA)
Materi: kontrak perkuliahan Inovasi Media dan Bahan Ajar di SD
Pustaka: Hidayah, R., Ngatman, Susiani, T. S., Salimi, M., & Suhartono. (2020). How elementary school teachers use ICT-based learning media? Journal of Physics: Conference Series, 1511(1), 012015. https://doi.org/...
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa memahami macam- macam Media dan Bahan Ajar abad 21

  1. Mahasiswa memahami macam-macam media dan bahan ajar abad 21, termasuk yang berbasis digital dan interaktif.
  2. Mahasiswa mampu menganalisis berbagai model dan strategi inovasi media dan bahan ajar berbasis teknologi digital dalam konteks pembelajaran di sekolah dasar.
  3. Mahasiswa memahami penerapan teknologi digital dalam pembelajaran abad 21, baik dari segi konsep, prinsip, maupun relevansinya terhadap perkembangan peserta didik.
Kriteria:

Tes & Non-Tes. Bentuk : Tes tulis& kinerja (presentasi), Penilaian proyek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi; Diskusi; Tanya Jawab
Asynchronous Learning via Learning Management System (SIDIA UNESA)
Materi: macam- macam Media dan Bahan Ajar abad 21
Pustaka: Liu, Z., Yang, H.-C., & Shiau, Y.-C. (2020). Investigation on Evaluation Framework of Elementary School Teaching Materials for Sustainable Development. Sustainability, 12(9), 3736. https://doi.org/...
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa memahami penerapan Teknologi Digital dalam pembelajaran abad 21

  1. Mahasiswa memahami konsep dan aplikasi teknologi digital dalam pembelajaran abad 21.
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip dasar teknologi digital dalam pendidikan.
  3. Mahasiswa memahami pentingnya teknologi digital dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
Kriteria:

Tes & Non-Tes. Bentuk : Tes tulis& kinerja (presentasi), Penilaian proyek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi; Diskusi; Tanya Jawab
Asynchronous Learning via Learning Management System (SIDIA UNESA)
Materi: Penerapan Teknologi Digital dalam pembelajaran abad 21
Pustaka: Nurasiah, I., Sumantri, M. S., Nurhasanah, N., & Casmana, A. R. (2022). Cultural Values’ Integration in Character Development in Elementary Schools: The Sukuraga as Learning Media. Frontiers in Education, 7. https://doi.org/...
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa memahami Keterampilan yang dibutuhkan guru dalam pembelajaran abad 21

  1. Mahasiswa memahami keterampilan yang dibutuhkan guru dalam pembelajaran abad 21.
  2. Mahasiswa mampu menganalisis keterampilan guru dalam menggunakan teknologi digital.
  3. Mahasiswa memahami pentingnya keterampilan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
Kriteria:

Tes & Non-Tes. Bentuk : Tes tulis& kinerja (presentasi), Penilaian proyek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi; Diskusi; Tanya Jawab
Asynchronous Learning via Learning Management System (SIDIA UNESA)
Materi: Keterampilan yang dibutuhkan guru dalam pembelajaran abad 21
Pustaka: Nurasiah, I., Sumantri, M. S., Nurhasanah, N., & Casmana, A. R. (2022). Cultural Values’ Integration in Character Development in Elementary Schools: The Sukuraga as Learning Media. Frontiers in Education, 7. https://doi.org/...
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu membuat perencanaan, langkah langkah dan skenario pengembangan media dan bahan ajar yang Inovatif di Sekolah Dasar

  1. Mahasiswa mampu membuat perencanaan pengembangan media dan bahan ajar yang inovatif.
  2. Mahasiswa dapat menyusun langkah-langkah pengembangan media dan bahan ajar.
  3. Mahasiswa mampu membuat skenario pengembangan media dan bahan ajar yang inovatif.
Kriteria:

Tes & Non-Tes. Bentuk : Tes tulis& kinerja (presentasi), Penilaian proyek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi; Diskusi; Tanya Jawab
Asynchronous Learning via Learning Management System (SIDIA UNESA)
Materi: Perencanaan, langkah langkah dan skenario pengembangan media dan bahan ajar yang Inovatif di Sekolah Dasar
Pustaka: Imaduddin, M., Andriningrum, H., Malik, M. S., Wati, I. F., Ardhyantama, V., Indrawati, D., & Wardani, H. K. (2024). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS SD Melalui Problem Based Learning Berbantuan Augmented Reality. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 406–415. https://doi.org/...
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menyeminarkan rancangan pengembangan media dan bahan ajar inovatif dihadapan audience

  1. Mahasiswa mampu menyeminarkan rancangan pengembangan media dan bahan ajar inovatif.
  2. Mahasiswa dapat mempresentasikan hasil perencanaan pengembangan media dan bahan ajar.
  3. Mahasiswa mampu menerima umpan balik dari audiens.
Kriteria:

Tes & Non-Tes. Bentuk : Tes tulis& kinerja (presentasi), Penilaian proyek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Presentasi; Diskusi; Tanya Jawab
Asynchronous Learning via Learning Management System (SIDIA UNESA)
Materi: Menyeminarkan rancangan pengembangan media dan bahan ajar inovatif dihadapan audience
Pustaka: Sa’adah, A. M., Ardhianshih, F., Rahayu, S., Novita, D. A., & Malik, M. S. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Joyful Learning Pada Materi Membilang dan Operasi Hitung Kelas 1 MI/SD. FASHLUNA, 4(2), 101–118. https://doi.org/...
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu melakukan pengembangan media dan bahan ajar Inovatif di Sekolah Dasar

  1. Mahasiswa mampu melakukan pengembangan media dan bahan ajar inovatif.
  2. Mahasiswa dapat mengembangkan media dan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.
  3. Mahasiswa mampu melakukan uji coba pengembangan media dan bahan ajar.
Kriteria:

Tes & Non-Tes. Bentuk : Tes tulis& kinerja (presentasi), Penilaian proyek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi; Diskusi; Tanya Jawab
Asynchronous Learning via Learning Management System (SIDIA UNESA)
Materi: Pengembangan media dan bahan ajar Inovatif di Sekolah Dasar
Pustaka: Asmainnisah, F., Nafiah, K., Setiawati, D. A., & Malik, M. S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Media Interaktif Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Aprokmasi dan Sifat Segibanyak. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 64–73.
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa menguasai setengah capaian mata kuliah yang dipersyaratkan

Penilaian proyek

Kriteria:

Penilaian proyek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Materi: Materi yang telah dipelajari
Pustaka: Munarohmaniyah, Z. F., Dewi, N. A., Romaniyah, R., & Malik, M. S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Handout Berbasis Pendekatan Keterampilan Proses Materi Data Diri Peserta Didik dan Lingkungan. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 52–64.
9%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu melakukan pengembangan instrumen validasi media dan bahan ajar inovatif di Sekolah Dasar

  1. Mahasiswa mampu melakukan pengembangan instrumen validasi media dan bahan ajar inovatif.
  2. Mahasiswa dapat mengembangkan instrumen validasi yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.
  3. Mahasiswa mampu melakukan uji coba instrumen validasi.
Kriteria:

Tes & Non-Tes. Bentuk : Tes tulis& kinerja (presentasi), Penilaian proyek


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi; Diskusi; Tanya Jawab
Asynchronous Learning via Learning Management System (SIDIA UNESA)
Materi: Pengembangan instrumen validasi media dan bahan ajar inovatif di Sekolah Dasar
Pustaka: Nurlaily, V. A., Sholihah, H. I., Wulandari, R. A., & Sa’diyah, A. (2021). The Development of HOTS-Based Mathematics Teaching Materials in Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1842(1), 012042. https://doi.org/...
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu melakukan validasi bahan ajar mata pelajaran SD yang Inovatif

  1. Mahasiswa mampu melakukan validasi bahan ajar mata pelajaran SD yang inovatif.
  2. Mahasiswa dapat melakukan analisis hasil validasi bahan ajar.
  3. Mahasiswa mampu melakukan revisi bahan ajar berdasarkan hasil validasi.
Kriteria:

Tes & Non-Tes. Bentuk : Tes tulis& kinerja (presentasi), Penilaian proyek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Presentasi; Diskusi; Tanya Jawab
Asynchronous Learning via Learning Management System (SIDIA UNESA)
Materi: Validasi bahan ajar mata pelajaran SD yang Inovatif
Pustaka: Sa’adah, A. M., Ardhianshih, F., Rahayu, S., Novita, D. A., & Malik, M. S. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Joyful Learning Pada Materi Membilang dan Operasi Hitung Kelas 1 MI/SD. FASHLUNA, 4(2), 101–118. https://doi.org/...
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu melaksanakan uji coba terbatas media dan bahan ajar Inovatif di Sekolah Dasar

  1. Mahasiswa mampu melaksanakan uji coba terbatas media dan bahan ajar inovatif.
  2. Mahasiswa dapat melakukan analisis hasil uji coba terbatas.
  3. Mahasiswa mampu melakukan revisi media dan bahan ajar berdasarkan hasil uji coba.
Kriteria:

Tes & Non-Tes. Bentuk : Tes tulis& kinerja (presentasi), Penilaian proyek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi; Diskusi; Tanya Jawab
Asynchronous Learning via Learning Management System (SIDIA UNESA)
Materi: uji coba terbatas media dan bahan ajar Inovatif di Sekolah Dasar
Pustaka: Chikmah, L., Azhari, A., & Malik, M. S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Hand Out Berbasis Kode QR Dalam Materi Pengumpulan Data Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. FASHLUNA, 4(1), 1–9. https://doi.org/...
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu melakukan evaluasi media dan bahan ajar inovatif di Sekolah Dasar

  1. Mahasiswa mampu melakukan evaluasi media dan bahan ajar inovatif.
  2. Mahasiswa dapat melakukan analisis hasil evaluasi media dan bahan ajar.
  3. Mahasiswa mampu melakukan revisi media dan bahan ajar berdasarkan hasil evaluasi.
Kriteria:

Tes & Non-Tes. Bentuk : Tes tulis& kinerja (presentasi), Penilaian proyek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Presentasi; Diskusi; Tanya Jawab
Asynchronous Learning via Learning Management System (SIDIA UNESA)
Materi: Evaluasi media dan bahan ajar inovatif di Sekolah Dasar
Pustaka: Munarohmaniyah, Z. F., Dewi, N. A., Romaniyah, R., & Malik, M. S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Handout Berbasis Pendekatan Keterampilan Proses Materi Data Diri Peserta Didik dan Lingkungan. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 52–64.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu melaksanakan seminar hasil pengembangan media dan bahan ajar inovatif di Sekolah Dasar

  1. Mahasiswa mampu melaksanakan seminar hasil pengembangan media dan bahan ajar inovatif.
  2. Mahasiswa dapat mempresentasikan hasil pengembangan media dan bahan ajar.
  3. Mahasiswa mampu menerima umpan balik dari audiens.
Kriteria:

Tes & Non-Tes. Bentuk : Tes tulis& kinerja (presentasi), Penilaian proyek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi; Diskusi; Tanya Jawab
Asynchronous Learning via Learning Management System (SIDIA UNESA)
Materi: Seminar hasil pengembangan media dan bahan ajar inovatif di Sekolah Dasar
Pustaka: Marini, A., Nafisah, S., Sekaringtyas, T., Safitri, D., Lestari, I., Suntari, Y., Umasih, Sudrajat, A., & Iskandar, R. (2022). Mobile Augmented Reality Learning Media with Metaverse to Improve Student Learning Outcomes in Science Class. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 16(07), 99–115. https://doi.org/...
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa melakukan revisi hasil pengembangan media dan bahan ajar inovatif di Sekolah Dasar

  1. Mahasiswa melakukan revisi hasil pengembangan media dan bahan ajar inovatif.
  2. Mahasiswa dapat melakukan analisis hasil revisi media dan bahan ajar.
  3. Mahasiswa mampu melakukan publikasi hasil pengembangan media dan bahan ajar.
Kriteria:

Tes & Non-Tes. Bentuk : Tes tulis& kinerja (presentasi), Penilaian proyek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi; Diskusi; Tanya Jawab

Materi: Revisi hasil pengembangan media dan bahan ajar inovatif di Sekolah Dasar
Pustaka: Aminah, S., & Malik, M. S. (2023). Penggunaan Media Gambar Sebagai Sarana Peningkatan Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas 2 SD Negeri Rogomulyo 01 Kayen Pati. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(2), 194–202. https://doi.org/...
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa melakukan publikasi hasil pengembangan media dan bahan ajar inovatif di Sekolah Dasar

  1. Mahasiswa melakukan publikasi hasil pengembangan media dan bahan ajar inovatif.
  2. Mahasiswa dapat melakukan analisis hasil publikasi media dan bahan ajar.
  3. Mahasiswa mampu menerima umpan balik dari audiens.
Kriteria:

Tes & Non-Tes. Bentuk : Tes tulis& kinerja (presentasi), Penilaian proyek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi; Diskusi; Tanya Jawab
Asynchronous Learning via Learning Management System (SIDIA UNESA)
Materi: Publikasi hasil pengembangan media dan bahan ajar inovatif di Sekolah Dasar
Pustaka: Liu, Z., Yang, H.-C., & Shiau, Y.-C. (2020). Investigation on Evaluation Framework of Elementary School Teaching Materials for Sustainable Development. Sustainability, 12(9), 3736. https://doi.org/...
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa menguasai seluruh capaian mata kuliah yang dipersyaratkan

Penilaian proyek

Kriteria:

Penilaian proyek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Materi: Penilaian Proyek
Pustaka: Marini, A., Nafisah, S., Sekaringtyas, T., Safitri, D., Lestari, I., Suntari, Y., Umasih, Sudrajat, A., & Iskandar, R. (2022). Mobile Augmented Reality Learning Media with Metaverse to Improve Student Learning Outcomes in Science Class. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 16(07), 99–115. https://doi.org/...
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 20.01%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 58.18%
3. Penilaian Portofolio 9.17%
4. Praktik / Unjuk Kerja 10.01%
5. Tes 1.67%
99.04%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.