Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Ilmu Administrasi Negara

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Governansi dan Pembangunan

6320103664

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

25 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




EVA HANY FANIDA

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-7

Menguasai konsep pelayanan publik, governansi dan pembangunan, pemerintahan daerah, serta governansi digital.

PLO-13

Mampu mengorganisasikan kegiatan pelayanan publik dan pembangunan, baik organisasi pemerintah, swasta, nirlaba, atau badan usaha milik pemerintah yang memenuhi kepentingan publik yang berintegritas.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan konsep governansi dalam konteks pembangunan daerah (C3)

PO - 2

Mengevaluasi efektivitas model governansi digital dalam pembangunan (C5)

PO - 3

Menciptakan strategi kolaborasi multi-pihak untuk pembangunan inklusif (C6)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-7PLO-13
PO-1  
PO-2  
PO-3 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang perkembangan konsep governansi dan manajemen pembangunan, berbagai teori dasar governasi, struktur dan organisasi governansi, stakeholder dalam pembangunan, serta teori dasar dan konsep dari perencanaan dan kinerja pembangunan dalam tantangan dan masa depan governansi. Mata kuliah ini dilaksanakan dengan metode pembelajaran ceramah, diskusi kelompok, kuiz, studi kasus dan pembelajaran berbasis masalah.

Pustaka

Utama :

  1. Ansell, C., & Torfing, J. (Eds.). (2022). Handbook on Theories of Governance. Cheltenham, UK: Edward Elgar Publishing. https://doi.org/10.4337/9781800371972
  2. Willis, K. (2021). Theories and practices of development. (3rd ed.). Routledge
  3. Bawole, N. J., Hossain, F., Ghalib, K. A., Rees, J. C., & Mamman, A. (Eds.). (2017). Development Management Theory and practice. Routledge. www.routledge.com/
  4. Turner, M., Hulme, D., & McCourt, W. (2015). Governance, Management and Development. In Governance, Management and Development. Macmillan Education UK. https://doi.org/10.1007/978-1-137-53245-9
  5. Lenssen, J. J., Dentchev, N. A., & Roger, L. (2014). Sustainability, Risk management and governance: towards an integrative approach. Corporate Governance (Bingley), 14(5), 670–684. https://doi.org/10.1108/CG-07-2014-0077
  6. Aven, T., & Renn, O. (2010). Risk Management and Governance: Concepts, Guidelines and Applications (Vol. 16). Springer
  7. Osborne, S.P (Ed.). (2010). The New Public Governance? Emerging Perspectiveon the Theory and Practice of Public Governance. London: Routledge.
  8. Jan Nederveen Pieterse. (2010). Development theory: deconstructions/reconstructions. Sage Publication

Pendukung :

  1. Mabogunje, L. A. (2016). The Development Process: A spatial perspective (Vol. 14). Routledge.
  2. Osborne, S.P (Ed.). (2010). The New Public Governance? Emerging Perspectiveon the Theory and Practice of Public Governance. London: Routledge.

Dosen Pengampu

MUHAMMAD FARID MA'RUF

DEBY FEBRIYAN EPRILIANTO

AJIE HANIF MUZAQI

M. NOER FALAQ AL AMIN

ADAM JAMAL

Dr. Ajie Hanif Muzaqi, S.AP., M.AP.

Dr. Ajie Hanif Muzaqi, S.AP., M.AP.

Deby Febriyan Eprilianto, S.Sos., MPA.

Deby Febriyan Eprilianto, S.Sos., MPA.

Adam Jamal, S.I.P., M.P.A.

Adam Jamal, S.I.P., M.P.A.

Muhammad Farid Ma'ruf, S.Sos., M.AP.

Muhammad Farid Ma'ruf, S.Sos., M.AP.

M.Noer Falaq Al Amin, S.I.P., M.K.P.

M. Noer Falaq Al Amin, SIP., M.KP.

M.Noer Falaq Al Amin, S.I.P., M.K.P.

Adam Jamal, S.I.P., M.P.A.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menjelaskan konsep governansi dan manajemen pembangunan

Mahasiswa Mampu Ketepatan analisis untuk menjelaskan konsep governansi dalam pembangunan

Kriteria:

Ketepatan analisis untuk menjelaskan konsep governansi dalam pembangunan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Tanya Jawab
3 x 50

Materi: Definisi dan terminologi kunci Governansi dan manajemen pembangunan
Pustaka: Ansell, C., & Torfing, J. (Eds.). (2022). Handbook on Theories of Governance. Cheltenham, UK: Edward Elgar Publishing. https://doi.org/...
5%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 5%
5%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.