
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Mendongeng Anak Usia Dini |
8620702288 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
25 Juli 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Sri Widayati, S.Pd., M.Pd
|
Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-7 |
Menguasai kurikulum, teori belajar, model pembelajaran dan asesmen anak usia dini dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menganalisis mengenai pengertian bercerita dan mendongeng
|
PO - 2 |
mahasiswa mampumengenal danmengetahui macam buku cerita untuk anak
|
PO - 3 |
Mahasiswa mengetahui cara membuat rancangan cerita untuk anak berdasar karakteristik usia
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu membuat buku cerita
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu mengaplikasian kegiatan bercerita pada anak dengan menggunakan buku cerita karyanya
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu mengenal jenis dongeng
|
PO - 7 |
Mahasiswa mampu membuat perancangan cerita dongeng untuk AUD
|
PO - 8 |
Mahasiswa mampu mengerjakan ujian tengah semester dengan baik
|
PO - 9 |
Mahasiswa membuat evaluasi kegiatan bercerita/mendongeng
|
PO - 10 |
Mahasiswa mampu membuat media untuk kegiatan mendongeng
|
PO - 11 |
mahasiswa mampu membuat modul yang di dalamnya ada kegiatan mendongeng
|
PO - 12 |
Mahasiswa mampu mengaplikasian rancangan kegiatan mendongeng dilembaga PAUD
|
PO - 13 |
Mahasiswa menganalisis keberhasilan penerapan kegiatan mendongeng
|
PO - 14 |
Mahasiswa mampu membuat laporan kegiatan mendongeng
|
PO - 15 |
Mahasiswa mampu membuat jurnal terkait penerapankegiatanbercerita/mendongeng
|
PO - 16 |
Mahasiswa mampu menegrjakan ujian akhir dengan baik
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-7 | PO-1 | | ✔ | | PO-2 | | | ✔ | PO-3 | | | ✔ | PO-4 | ✔ | | | PO-5 | | | ✔ | PO-6 | | ✔ | | PO-7 | | ✔ | | PO-8 | | ✔ | | PO-9 | | | ✔ | PO-10 | ✔ | | | PO-11 | | | ✔ | PO-12 | | | ✔ | PO-13 | | ✔ | | PO-14 | | | ✔ | PO-15 | | | ✔ | PO-16 | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-11 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-12 | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-13 | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-14 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | PO-15 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | PO-16 | | | | | | | | | | | | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mahasiswa mampu memahami konsep bercerita dan mendongeng, manfaat bercerita dan mendongeng untuk AUD, tahapan/cara bercerita/mendongeng untuk aud, setting tempat untuk bercerita pada AUD, jenis-jenis buku cerita untuk AUD, mengetahui tehnik-tehnik mahasiswa dapat merancang, membuat dan aplikasikan buku cerita (dongeng) yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini serta mahasiswa mampu mengevaluasi implikasi kegiatan bercerita/ mendongeng. Strategi pembelajaran yang digunakan berupa Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage.
- Rukiyah, R. (2018). Dongeng, mendongeng, dan manfaatnya. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 2(1), 99-106.
- Pebriana, P. H. (2017). Analisis kemampuan berbahasa dan penanaman moral pada anak usia dini melalui metode mendongeng. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139-147.
|
Pendukung : |
|
- Widayati, S., & Simatupang, N. D. (2019). Kegiatan bercerita dengan menggunakan buku cerita sederhana untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 53-59.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Nurul Khotimah, S.Pd., M.Pd. Sri Widayati, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pengertian bercerita dan mendongeng |
Memahami pengertian bercerita dan mendongeng |
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami pengertian bercerita dan mendongeng Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Materi: Pengertian bercerita dan mendongeng Pustaka: Rukiyah, R. (2018). Dongeng, mendongeng, dan manfaatnya. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 2(1), 99-106. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
mahasiswa mampu mengenal dan mengetahui macam buku cerita untuk anak |
Mampu mengenal dan mengetahui macam buku cerita untuk anak |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengenal dan mengetahui macam buku cerita untuk anak Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Materi: Mengenal dan mengetahui macam buku cerita untuk anak Pustaka: Rukiyah, R. (2018). Dongeng, mendongeng, dan manfaatnya. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 2(1), 99-106. |
2% |
3
Minggu ke 3 |
|
memahami tentang rancangan cerita untuk anak berdasar jenis buku cerita |
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami tentang rancangan cerita untuk anak berdasar jenis buku cerita Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Materi: membuat cerita anak berdasarkan jenis buku cerita Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage. |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Pembuatan buku cerita untuk anak |
Membuat buku cerita untuk anak |
Kriteria:
Mahasiswa mampu membuat buku cerita untuk anak Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Materi: membuat buku cerita untuk anak usia dini Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage. |
6% |
5
Minggu ke 5 |
Pengaplikasian kegiatan bercerita pada anak dengan menggunakan buku cerita karyanya |
Mengaplikasikan kegiatan bercerita pada anak dengan menggunakan buku cerita karyanya |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengaplikasikan kegiatan bercerita pada anak dengan menggunakan buku cerita karyanya Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Materi: aplikasi penerapan kegiatan bercerita Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage. |
2% |
6
Minggu ke 6 |
|
Mengenal jenis dongeng |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengenal jenis dongeng Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Materi: Mengenal jenis dongeng Pustaka: Pebriana, P. H. (2017). Analisis kemampuan berbahasa dan penanaman moral pada anak usia dini melalui metode mendongeng. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139-147. |
2% |
7
Minggu ke 7 |
Perancangan cerita dongeng untuk AUD |
Merancang cerita dongeng untuk AUD |
Kriteria:
Mahasiswa mampu merancang cerita dongeng untuk AUD Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Materi: Perancangan cerita dongeng untuk AUD Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage. |
2% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
Mengerjakan soal dengan tepat |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengerjakan soal dengan tepat Bentuk Penilaian : Tes |
Tes Ujian/Sumatif 2 X 50 |
Tes Ujian/Sumatif 2 X 50 |
Materi: Mengenal kegiatan mendongeng Pustaka: Widayati, S., & Simatupang, N. D. (2019). Kegiatan bercerita dengan menggunakan buku cerita sederhana untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 53-59. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
|
Membuat media untuk kegiatan mendongeng |
Kriteria:
Mahasiswa mampu membuat media untuk kegiatan mendongeng Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Materi: membuat media untuk mendongeng anak Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage. |
2% |
10
Minggu ke 10 |
|
Membuat evaluasi kegiatan bercerita/mendongeng |
Kriteria:
Mahasiswa membuat evaluasi kegiatan bercerita/mendongeng Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Materi: evaluasi kegiatan bercerita/mendongeng Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage. |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Pembuatan modul yang di dalamnya ada kegiatan mendongeng |
Membuat modul yang di dalamnya ada kegiatan mendongeng |
Kriteria:
Mahasiswa mampu modul yang di dalamnya ada kegiatan mendongeng Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Materi: Pembuatan modul yang di dalamnya ada kegiatan mendongeng Pustaka: Widayati, S., & Simatupang, N. D. (2019). Kegiatan bercerita dengan menggunakan buku cerita sederhana untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 53-59. |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Pengaplikasian rancangan kegiatan mendongeng di lembaga PAUD |
Mengaplikasikan rancangan kegiatan mendongeng di lembaga PAUD |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengaplikasikan rancangan kegiatan mendongeng di lembaga PAUD Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Materi: Pengaplikasian rancangan kegiatan mendongeng di lembaga PAUD Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage. |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Analisis keberhasilan penerapan kegiatan mendongeng |
menganalisis keberhasilan penerapan kegiatan mendongeng |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menganalisis keberhasilan penerapan kegiatan mendongeng Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Materi: Analisis keberhasilan penerapan kegiatan mendongeng Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage. |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Pembuatan laporan kegiatan mendongeng |
Membuat laporan kegiatan mendongeng |
Kriteria:
Mahasiswa mampu membuat laporan kegiatan mendongeng Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Materi: Pembuatan laporan kegiatan mendongeng Pustaka: Pebriana, P. H. (2017). Analisis kemampuan berbahasa dan penanaman moral pada anak usia dini melalui metode mendongeng. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139-147. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Pembuatan jurnal terkait penerapan kegiatan bercerita/mendongeng |
Membuat jurnal terkait penerapan kegiatan bercerita/mendongeng |
Kriteria:
Mahasiswa mampu membuat jurnal terkait penerapan kegiatan bercerita/mendongeng Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Materi: jurnal penerapan bercerita/mendongeng Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
uas |
Mampu mengerjakan ujian dengan tepat |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengerjakan ujian dengan tepat Bentuk Penilaian : Tes |
Tes Ujian/Sumatif 2 X 50 |
Tes Ujian/Sumatif 2 X 50 |
Materi: uas Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage. |
10% |