Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Mendongeng Anak Usia Dini

8620702288

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

25 Juli 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Sri Widayati, S.Pd., M.Pd




Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

Menguasai kurikulum, teori belajar, model pembelajaran dan asesmen anak usia dini dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menganalisis mengenai pengertian bercerita dan mendongeng

PO - 2

mahasiswa mampumengenal danmengetahui macam buku cerita untuk anak

PO - 3

Mahasiswa mengetahui cara membuat rancangan cerita untuk anak berdasar karakteristik usia

PO - 4

Mahasiswa mampu membuat buku cerita

PO - 5

Mahasiswa mampu mengaplikasian kegiatan bercerita pada anak dengan menggunakan buku cerita karyanya

PO - 6

Mahasiswa mampu mengenal jenis dongeng

PO - 7

Mahasiswa mampu membuat perancangan cerita dongeng untuk AUD

PO - 8

Mahasiswa mampu mengerjakan ujian tengah semester dengan baik

PO - 9

Mahasiswa membuat evaluasi kegiatan bercerita/mendongeng

PO - 10

Mahasiswa mampu membuat media untuk kegiatan mendongeng

PO - 11

mahasiswa mampu membuat modul yang di dalamnya ada kegiatan mendongeng

PO - 12

Mahasiswa mampu mengaplikasian rancangan kegiatan mendongeng dilembaga PAUD

PO - 13

Mahasiswa menganalisis keberhasilan penerapan kegiatan mendongeng

PO - 14

Mahasiswa mampu membuat laporan kegiatan mendongeng

PO - 15

Mahasiswa mampu membuat jurnal terkait penerapankegiatanbercerita/mendongeng

PO - 16

Mahasiswa mampu menegrjakan ujian akhir dengan baik

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-7
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  
PO-8  
PO-9  
PO-10  
PO-11  
PO-12  
PO-13  
PO-14  
PO-15  
PO-16  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12
PO-13
PO-14
PO-15
PO-16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mahasiswa mampu memahami konsep bercerita dan mendongeng, manfaat bercerita dan mendongeng untuk AUD, tahapan/cara bercerita/mendongeng untuk aud, setting tempat untuk bercerita pada AUD, jenis-jenis buku cerita untuk AUD, mengetahui tehnik-tehnik mahasiswa dapat merancang, membuat dan aplikasikan buku cerita (dongeng) yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini serta mahasiswa mampu mengevaluasi implikasi kegiatan bercerita/ mendongeng. Strategi pembelajaran yang digunakan berupa Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi

Pustaka

Utama :

  1. Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage.
  2. Rukiyah, R. (2018). Dongeng, mendongeng, dan manfaatnya. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 2(1), 99-106.
  3. Pebriana, P. H. (2017). Analisis kemampuan berbahasa dan penanaman moral pada anak usia dini melalui metode mendongeng. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139-147.

Pendukung :

  1. Widayati, S., & Simatupang, N. D. (2019). Kegiatan bercerita dengan menggunakan buku cerita sederhana untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 53-59.

Dosen Pengampu

Dr. Nurul Khotimah, S.Pd., M.Pd.

Sri Widayati, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pengertian bercerita dan mendongeng

Memahami pengertian bercerita dan mendongeng

Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami pengertian bercerita dan mendongeng


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Materi: Pengertian bercerita dan mendongeng
Pustaka: Rukiyah, R. (2018). Dongeng, mendongeng, dan manfaatnya. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 2(1), 99-106.
2%

2

Minggu ke 2

mahasiswa mampu mengenal dan mengetahui macam buku cerita untuk anak

Mampu mengenal dan mengetahui macam buku cerita untuk anak

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengenal dan mengetahui macam buku cerita untuk anak


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Materi: Mengenal dan mengetahui macam buku cerita untuk anak
Pustaka: Rukiyah, R. (2018). Dongeng, mendongeng, dan manfaatnya. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 2(1), 99-106.
2%

3

Minggu ke 3

    memahami tentang rancangan cerita untuk anak berdasar jenis buku cerita

    Kriteria:

    Mahasiswa mampu memahami tentang rancangan cerita untuk anak berdasar jenis buku cerita


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
    2 X 50
    Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
    2 X 50
    Materi: membuat cerita anak berdasarkan jenis buku cerita
    Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage.
    2%

    4

    Minggu ke 4

    Pembuatan buku cerita untuk anak

    Membuat buku cerita untuk anak

    Kriteria:

    Mahasiswa mampu membuat buku cerita untuk anak


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
    2 X 50
    Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
    2 X 50
    Materi: membuat buku cerita untuk anak usia dini
    Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage.
    6%

    5

    Minggu ke 5

    Pengaplikasian kegiatan bercerita pada anak dengan menggunakan buku cerita karyanya

    Mengaplikasikan kegiatan bercerita pada anak dengan menggunakan buku cerita karyanya

    Kriteria:

    Mahasiswa mampu mengaplikasikan kegiatan bercerita pada anak dengan menggunakan buku cerita karyanya


    Bentuk Penilaian :
    Praktik / Unjuk Kerja
    Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
    2 X 50
    Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
    2 X 50
    Materi: aplikasi penerapan kegiatan bercerita
    Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage.
    2%

    6

    Minggu ke 6

      Mengenal jenis dongeng

      Kriteria:

      Mahasiswa mampu mengenal jenis dongeng


      Bentuk Penilaian :
      Aktifitas Partisipasif
      Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
      2 X 50
      Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
      2 X 50
      Materi: Mengenal jenis dongeng
      Pustaka: Pebriana, P. H. (2017). Analisis kemampuan berbahasa dan penanaman moral pada anak usia dini melalui metode mendongeng. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139-147.
      2%

      7

      Minggu ke 7

      Perancangan cerita dongeng untuk AUD

      Merancang cerita dongeng untuk AUD

      Kriteria:

      Mahasiswa mampu merancang cerita dongeng untuk AUD


      Bentuk Penilaian :
      Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
      Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
      2 X 50
      Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
      2 X 50
      Materi: Perancangan cerita dongeng untuk AUD
      Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage.
      2%

      8

      Minggu ke 8

      UTS

      Mengerjakan soal dengan tepat

      Kriteria:

      Mahasiswa mampu mengerjakan soal dengan tepat


      Bentuk Penilaian :
      Tes
      Tes Ujian/Sumatif
      2 X 50
      Tes Ujian/Sumatif
      2 X 50
      Materi: Mengenal kegiatan mendongeng
      Pustaka: Widayati, S., & Simatupang, N. D. (2019). Kegiatan bercerita dengan menggunakan buku cerita sederhana untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 53-59.
      10%

      9

      Minggu ke 9

        Membuat media untuk kegiatan mendongeng

        Kriteria:

        Mahasiswa mampu membuat media untuk kegiatan mendongeng


        Bentuk Penilaian :
        Praktik / Unjuk Kerja
        Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
        2 X 50
        Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
        2 X 50
        Materi: membuat media untuk mendongeng anak
        Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage.
        2%

        10

        Minggu ke 10

          Membuat evaluasi kegiatan bercerita/mendongeng

          Kriteria:

          Mahasiswa membuat evaluasi kegiatan bercerita/mendongeng


          Bentuk Penilaian :
          Praktik / Unjuk Kerja
          Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
          2 X 50
          Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
          2 X 50
          Materi: evaluasi kegiatan bercerita/mendongeng
          Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage.
          10%

          11

          Minggu ke 11

          Pembuatan modul yang di dalamnya ada kegiatan mendongeng

          Membuat modul yang di dalamnya ada kegiatan mendongeng

          Kriteria:

          Mahasiswa mampu modul yang di dalamnya ada kegiatan mendongeng


          Bentuk Penilaian :
          Praktik / Unjuk Kerja
          Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
          2 X 50
          Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
          2 X 50
          Materi: Pembuatan modul yang di dalamnya ada kegiatan mendongeng
          Pustaka: Widayati, S., & Simatupang, N. D. (2019). Kegiatan bercerita dengan menggunakan buku cerita sederhana untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 53-59.
          10%

          12

          Minggu ke 12

          Pengaplikasian rancangan kegiatan mendongeng di lembaga PAUD

          Mengaplikasikan rancangan kegiatan mendongeng di lembaga PAUD

          Kriteria:

          Mahasiswa mampu mengaplikasikan rancangan kegiatan mendongeng di lembaga PAUD


          Bentuk Penilaian :
          Praktik / Unjuk Kerja
          Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
          2 X 50
          Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
          2 X 50
          Materi: Pengaplikasian rancangan kegiatan mendongeng di lembaga PAUD
          Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage.
          10%

          13

          Minggu ke 13

          Analisis keberhasilan penerapan kegiatan mendongeng

          menganalisis keberhasilan penerapan kegiatan mendongeng

          Kriteria:

          Mahasiswa mampu menganalisis keberhasilan penerapan kegiatan mendongeng


          Bentuk Penilaian :
          Praktik / Unjuk Kerja
          Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
          2 X 50
          Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
          2 X 50
          Materi: Analisis keberhasilan penerapan kegiatan mendongeng
          Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage.
          10%

          14

          Minggu ke 14

          Pembuatan laporan kegiatan mendongeng

          Membuat laporan kegiatan mendongeng

          Kriteria:

          Mahasiswa mampu membuat laporan kegiatan mendongeng


          Bentuk Penilaian :
          Praktik / Unjuk Kerja
          Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
          2 X 50
          Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
          2 X 50
          Materi: Pembuatan laporan kegiatan mendongeng
          Pustaka: Pebriana, P. H. (2017). Analisis kemampuan berbahasa dan penanaman moral pada anak usia dini melalui metode mendongeng. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139-147.
          10%

          15

          Minggu ke 15

          Pembuatan jurnal terkait penerapan kegiatan bercerita/mendongeng

          Membuat jurnal terkait penerapan kegiatan bercerita/mendongeng

          Kriteria:

          Mahasiswa mampu membuat jurnal terkait penerapan kegiatan bercerita/mendongeng


          Bentuk Penilaian :
          Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
          Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
          2 X 50
          Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
          2 X 50
          Materi: jurnal penerapan bercerita/mendongeng
          Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage.
          10%

          16

          Minggu ke 16

          uas

          Mampu mengerjakan ujian dengan tepat

          Kriteria:

          Mahasiswa mampu mengerjakan ujian dengan tepat


          Bentuk Penilaian :
          Tes
          Tes Ujian/Sumatif
          2 X 50
          Tes Ujian/Sumatif
          2 X 50
          Materi: uas
          Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage.
          10%



          Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

          No Evaluasi Persentase
          1. Aktifitas Partisipasif 9%
          2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 16%
          3. Praktik / Unjuk Kerja 55%
          4. Tes 20%
          100%

          Catatan

          1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
          2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
          3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
          4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
          5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
          6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
          7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
          8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
          9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
          10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
          11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
          12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.